Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Keuangan Lanjutan

6220103172

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

8 Mei 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ika Permatasari, SE., Ak., M.Ak., CA.




Bayu Rama Laksono SE., M.A.




ROHMAWATI KUSUMANINGTIAS

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai kode etik profesi dengan dukungan teknologi informasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang manajemen keuangan serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang tersebut.

PO - 2

Mampu menganalisis dan menginterpretasi laporan keuangan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis dengan dukungan teknologi informasi.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-8
PO-1 
PO-2 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dan melaksanakan penilaian profesional seperti yang diharapkan dari seorang eksekutif atau penasihat keuangan senior, dalam mengambil atau merekomendasikan keputusan yang berkaitan dengan manajemen keuangan organisasi di sektor swasta dan publik. Pembahasan dimulai dengan mengeksplorasi peran dan tanggung jawab eksekutif senior atau penasihat dalam memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan yang bersaing dalam lingkungan bisnis perusahaan multinasional. Pembahasan kemudian mengkaji ulang keputusan investasi dan pembiayaan, dengan penekanan pada konsekuensi strategis dari pengambilan keputusan tersebut dalam konteks domestik maupun internasional. Mahasiswa kemudian diharapkan untuk mengembangkan keterampilan konsultasi lebih lanjut dalam merencanakan akuisisi dan merger strategis serta reorganisasi perusahaan. Bagian selanjutnya membahas kembali keberadaan risiko dalam bisnis dan strategi kompleks yang digunakan untuk mengelola risiko tersebut.

Pustaka

Utama :

  1. Venkataraman, R., Yadav, R. A., & Shobha, C. (2022). Advanced Financial Management and Practices. Himalaya Publishing House.
  2. Emile Woolf International. (2024). Advanced Financial Management (AFM) Study Text – 2024-25. Emile Woolf International. ISBN 978-1-84843-504-9.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menerapkan teknik penilaian investasi yang sesuai dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang memengaruhi keputusan investasi.

  1. Ketepatan dalam menghitung investasi yang optimal dari capital rationing.
  2. Ketepatan dalam menganalisis investasi yang dilakukan oleh investor asing.
  3. Ketepatan dalam memahami dan menerapkan real option.
  4. Ketepatan dalam proyeksi berdasarkan triple bottom line dan isu keberlanjutan.
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran
Kuliah
Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
Membuat ringkasan materi kuliah.
Membuat power point presentation
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: penerapan teknik penilaian investasi yang sesuai dengan faktor-faktor lain yang memengaruhi keputusan investasi.
Pustaka: Venkataraman, R., Yadav, R. A., & Shobha, C. (2022). Advanced Financial Management and Practices. Himalaya Publishing House.
1%

2

Minggu ke 2

Menerapkan teknik penilaian investasi yang sesuai dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang memengaruhi keputusan investasi.

  1. Ketepatan dalam menghitung investasi yang optimal dari capital rationing.
  2. Ketepatan dalam menganalisis investasi yang dilakukan oleh investor asing.
  3. Ketepatan dalam memahami dan menerapkan real option.
  4. Ketepatan dalam proyeksi berdasarkan triple bottom line dan isu keberlanjutan.
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Bentuk Pembelajaran
Kuliah
Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
Membuat ringkasan materi kuliah.
Membuat power point presentation
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: penerapan teknik penilaian investasi yang sesuai dengan faktor-faktor lain yang memengaruhi keputusan investasi.
Pustaka: Venkataraman, R., Yadav, R. A., & Shobha, C. (2022). Advanced Financial Management and Practices. Himalaya Publishing House.
4%

3

Minggu ke 3

Menerapkan penilaian bisnis (business valuation).

  1. Ketepatan dalam menjelaskan dan mengevaluasi tujuan perusahaan dalam memaksimalkan kekayaan pemegang saham.
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dan mengevaluasi pembentukan dan penciptaan nilai perusahaan.
  3. Ketepatan dalam menjelaskan dan mendiskusikan tiga langkah dalam meningkatkan nilai perusahaan.
  4. Ketepatan dalam menghitung nilai dengan menggunakan arus kas.
  5. Ketepatan dalam menganalisis nilai dari pemegang saham.
  6. Ketepatan dalam menganalisis nilai perusahaan menggunakan real option pricing model.
  7. Ketepatan dalam memahami manajemen berbasis laba.
  8. Ketepatan dalam menghitung laba ekonomi.
  9. menghitung nilai tambah ekonomi (NITA)/economic value added (EVA)
  10. Ketepatan dalam menerapkan etika dan tata kelola terkait dengan nilai-nilai perusahaan.
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Bentuk Pembelajaran
Kuliah
Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
Membuat ringkasan materi kuliah.
Membuat power point presentation
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: penerapan penilaian bisnis (business valuation)
Pustaka: Venkataraman, R., Yadav, R. A., & Shobha, C. (2022). Advanced Financial Management and Practices. Himalaya Publishing House.
4%

4

Minggu ke 4

Menerapkan penilaian bisnis (business valuation).

  1. Ketepatan dalam menjelaskan dan mengevaluasi tujuan perusahaan dalam memaksimalkan kekayaan pemegang saham.
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dan mengevaluasi pembentukan dan penciptaan nilai perusahaan.
  3. Ketepatan dalam menjelaskan dan mendiskusikan tiga langkah dalam meningkatkan nilai perusahaan.
  4. Ketepatan dalam menghitung nilai dengan menggunakan arus kas.
  5. Ketepatan dalam menganalisis nilai dari pemegang saham.
  6. Ketepatan dalam menganalisis nilai perusahaan menggunakan real option pricing model.
  7. Ketepatan dalam memahami manajemen berbasis laba.
  8. Ketepatan dalam menghitung laba ekonomi.
  9. menghitung nilai tambah ekonomi (NITA)/economic value added (EVA)
  10. Ketepatan dalam menerapkan etika dan tata kelola terkait dengan nilai-nilai perusahaan.
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran
Kuliah
Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
Membuat ringkasan materi kuliah.
Membuat power point presentation
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: penerapan penilaian bisnis (business valuation)
Pustaka: Venkataraman, R., Yadav, R. A., & Shobha, C. (2022). Advanced Financial Management and Practices. Himalaya Publishing House.
4%

5

Minggu ke 5

Mengidentifikasi kebutuhan modal usaha, menilai pilihan pembiayaan, dan merekomendasikan metode pembiayaan yang relevan.

  1. Ketepatan dalam menganalisis efisiensi pasar uang.
  2. Ketepatan dalam menganalisis pasar uang internasional.
  3. Ketepatan dalam menjelaskan teori struktur modal.
  4. Ketepatan dalam menghitung dan menginterpretasikan biaya modal.
  5. Ketepatan dalam menghitung dan menjelaskan biaya ekuitas seperti capital asset pricing model (CAPM) dan arbitrage pricing theory (APT).
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Bentuk Pembelajaran
Kuliah
Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
Membuat ringkasan materi kuliah.
Membuat power point presentation
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: identifikasi kebutuhan modal usaha, menilai pilihan pembiayaan dan merekomendasikan metode pembiayaan yang relevan
Pustaka: Venkataraman, R., Yadav, R. A., & Shobha, C. (2022). Advanced Financial Management and Practices. Himalaya Publishing House.
5%

6

Minggu ke 6

Mengidentifikasi kebutuhan modal usaha, menilai pilihan pembiayaan, dan merekomendasikan metode pembiayaan yang relevan.

  1. Ketepatan dalam menganalisis efisiensi pasar uang.
  2. Ketepatan dalam menganalisis pasar uang internasional.
  3. Ketepatan dalam menjelaskan teori struktur modal.
  4. Ketepatan dalam menghitung dan menginterpretasikan biaya modal.
  5. Ketepatan dalam menghitung dan menjelaskan biaya ekuitas seperti capital asset pricing model (CAPM) dan arbitrage pricing theory (APT).
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran
Kuliah
Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
Membuat ringkasan materi kuliah.
Membuat power point presentation
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: identifikasi kebutuhan modal usaha, menilai pilihan pembiayaan dan merekomendasikan metode pembiayaan yang relevan
Pustaka: Venkataraman, R., Yadav, R. A., & Shobha, C. (2022). Advanced Financial Management and Practices. Himalaya Publishing House.
4%

7

Minggu ke 7

Mengevaluasi strategi keuangan dalam restrukturisasi, reorganisasi, dan kepailitan perusahaan (financial distress).

  1. Ketepatan dalam menjelaskan definisi dari financial distress.
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis tindakan yang dilakukan perusahaan ketika mengalami situasi financial distress.
  3. Ketepatan dalam menjelaskan definisi dari restrukturisasi, reorganisasi, dan kepailitan.
  4. Ketepatan dalam pilihan yang tepat antara private workout atau kepailitan.
  5. Ketepatan dalam prepackaged bankruptcy (kombinasi private workout dan legal bankruptcy).
  6. Ketepatan dalam memahami opsi Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) atau kepailitan.
  7. Ketepatan dalam prediksi kebangkrutan perusahaan menggunakan Z-score model.
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Bentuk Pembelajaran
Kuliah
Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
Membuat ringkasan materi kuliah.
Membuat power point presentation
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: evaluasi strategi keuangan dalam restrukturisasi, reorganisasi dan kepailiyam perusahaan (financial distress)
Pustaka: Emile Woolf International. (2024). Advanced Financial Management (AFM) Study Text – 2024-25. Emile Woolf International. ISBN 978-1-84843-504-9.
10%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Ketepatan dalam menjawab soal-soal UTS.

Kriteria:

Ujian tertulis


Bentuk Penilaian :
Tes


15%

9

Minggu ke 9

Menilai rencana dan proses merger, akuisisi, dan divestasi.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan bentuk dasar dari akuisisi.
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dampak akuisisi terhadap keuangan.
  3. Ketepatan dalam menganalisis dampak perpajakan dari akuisisi.
  4. Ketepatan dalam menerapkan akuntansi akuisisi.
  5. Ketepatan dalam konsep dari sinergi.
  6. Ketepatan dalam menjelaskan sumber dari sinergi.
  7. Ketepatan dalam menghitung nilai kini (NPV) dari proses merger.
  8. Ketepatan dalam memberikan penilaian apakah merger memberikan nilai tambah.
  9. Ketepatan dalam menjelaskan dan mengevaluasi pengambilalihan perusahaan (friendly versus hostile takeover).
  10. Ketepatan dalam menjelaskan going private dan leverage buyout.
  11. Ketepatan dalam menjelaskan konsep dari divestasi.
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Bentuk Pembelajaran
Kuliah
Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
Membuat ringkasan materi kuliah.
Membuat power point presentation
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: menilai rencana dan proses merger, akuisisi dan divestasi
Pustaka: Emile Woolf International. (2024). Advanced Financial Management (AFM) Study Text – 2024-25. Emile Woolf International. ISBN 978-1-84843-504-9.
6%

10

Minggu ke 10

Menilai rencana dan proses merger, akuisisi, dan divestasi.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan bentuk dasar dari akuisisi.
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dampak akuisisi terhadap keuangan.
  3. Ketepatan dalam menganalisis dampak perpajakan dari akuisisi.
  4. Ketepatan dalam menerapkan akuntansi akuisisi.
  5. Ketepatan dalam konsep dari sinergi.
  6. Ketepatan dalam menjelaskan sumber dari sinergi.
  7. Ketepatan dalam menghitung nilai kini (NPV) dari proses merger.
  8. Ketepatan dalam memberikan penilaian apakah merger memberikan nilai tambah.
  9. Ketepatan dalam menjelaskan dan mengevaluasi pengambilalihan perusahaan (friendly versus hostile takeover).
  10. Ketepatan dalam menjelaskan going private dan leverage buyout.
  11. Ketepatan dalam menjelaskan konsep dari divestasi.
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Bentuk Pembelajaran
Kuliah
Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
Membuat ringkasan materi kuliah.
Membuat power point presentation
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: menilai rencana dan proses merger, akuisisi dan divestasi
Pustaka: Emile Woolf International. (2024). Advanced Financial Management (AFM) Study Text – 2024-25. Emile Woolf International. ISBN 978-1-84843-504-9.
4%

11

Minggu ke 11

Memahami manajemen risiko keuangan terkait lindung nilai dan derivatif.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep lindung nilai.
  2. Ketepatan dalam memahami dan mendeskripsikan konsep derivatif.
  3. Ketepatan dalam menerapkan derivatif dalam lindung nilai.
  4. Ketepatan dalam menjelaskan definisi dari kontrak opsi.
  5. Ketepatan dalam menjelaskan dan mengaplikasikan call option.
  6. Ketepatan dalam menjelaskan dan menerapkan put option.
  7. Ketepatan dalam menjelaskan dan mengevaluasi kontrak opsi kombinasi (put dan call).
  8. Ketepatan dalam menilai kontrak opsi dengan model binomial dan black scholes.
  9. Ketepatan dalam menggunakan formula opsi keuangan.
  10. Ketepatan dalam memahami modal saham dan utang dalam suatu kontrak opsi.
  11. Ketepatan dalam menerapkan kontrak opsi dalam pengambilan keputusan perusahaan.
  12. Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung kontrak forward dan kontrak futures.
  13. Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung kontrak swap.
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran
Kuliah
Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
Membuat ringkasan materi kuliah.
Membuat power point presentation
Tatap muka (3 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (3 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (3 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (3 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (3 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (3 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: manajemen resiko keuangan terkait lindung nilai dan derivatif
Pustaka: Emile Woolf International. (2024). Advanced Financial Management (AFM) Study Text – 2024-25. Emile Woolf International. ISBN 978-1-84843-504-9.
6%

12

Minggu ke 12

Memahami manajemen risiko keuangan terkait lindung nilai dan derivatif.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep lindung nilai.
  2. Ketepatan dalam memahami dan mendeskripsikan konsep derivatif.
  3. Ketepatan dalam menerapkan derivatif dalam lindung nilai.
  4. Ketepatan dalam menjelaskan definisi dari kontrak opsi.
  5. Ketepatan dalam menjelaskan dan mengaplikasikan call option.
  6. Ketepatan dalam menjelaskan dan menerapkan put option.
  7. Ketepatan dalam menjelaskan dan mengevaluasi kontrak opsi kombinasi (put dan call).
  8. Ketepatan dalam menilai kontrak opsi dengan model binomial dan black scholes.
  9. Ketepatan dalam menggunakan formula opsi keuangan.
  10. Ketepatan dalam memahami modal saham dan utang dalam suatu kontrak opsi.
  11. Ketepatan dalam menerapkan kontrak opsi dalam pengambilan keputusan perusahaan.
  12. Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung kontrak forward dan kontrak futures.
  13. Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung kontrak swap.
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Bentuk Pembelajaran
Kuliah
Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
Membuat ringkasan materi kuliah.
Membuat power point presentation
Tatap muka (3 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (3 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (3 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (3 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (3 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (3 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: manajemen resiko keuangan terkait lindung nilai dan derivatif
Pustaka: Emile Woolf International. (2024). Advanced Financial Management (AFM) Study Text – 2024-25. Emile Woolf International. ISBN 978-1-84843-504-9.
2%

13

Minggu ke 13

Memahami manajemen risiko keuangan terkait lindung nilai dan derivatif.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep lindung nilai.
  2. Ketepatan dalam memahami dan mendeskripsikan konsep derivatif.
  3. Ketepatan dalam menerapkan derivatif dalam lindung nilai.
  4. Ketepatan dalam menjelaskan definisi dari kontrak opsi.
  5. Ketepatan dalam menjelaskan dan mengaplikasikan call option.
  6. Ketepatan dalam menjelaskan dan menerapkan put option.
  7. Ketepatan dalam menjelaskan dan mengevaluasi kontrak opsi kombinasi (put dan call).
  8. Ketepatan dalam menilai kontrak opsi dengan model binomial dan black scholes.
  9. Ketepatan dalam menggunakan formula opsi keuangan.
  10. Ketepatan dalam memahami modal saham dan utang dalam suatu kontrak opsi.
  11. Ketepatan dalam menerapkan kontrak opsi dalam pengambilan keputusan perusahaan.
  12. Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung kontrak forward dan kontrak futures.
  13. Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung kontrak swap.
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran
Kuliah
Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
Membuat ringkasan materi kuliah.
Membuat power point presentation
Tatap muka (3 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (3 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (3 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (3 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (3 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (3 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: manajemen resiko keuangan terkait lindung nilai dan derivatif
Pustaka: Emile Woolf International. (2024). Advanced Financial Management (AFM) Study Text – 2024-25. Emile Woolf International. ISBN 978-1-84843-504-9.
6%

14

Minggu ke 14

Memahami manajemen risiko keuangan terkait perdagangan internasional.

  1. Ketepatan dalam memahami perluasan geografis pasar valuta asing.
  2. Ketepatan dalam memahami dan menganalisis fungsi pasar valuta asing.
  3. Ketepatan dalam menyebutkan pelaku pasar valuta asing.
  4. Ketepatan dalam memahami dan menganalisis transaksi pasar valuta asing antarbank.
  5. Ketepatan dalam menghitung harga dan nilai tukar.
  6. Ketepatan dalam menghitung tingkat suku bunga dan nilai tukar.
  7. Ketepatan dalam memahami dan mengevaluasi forward rate sebagai prediktor tidak bias dari future spot rate.
  8. Ketepatan dalam menghitung harga, tingkat suku bunga, dan keseimbangan pasar.
  9. Ketepatan dalam menjelaskan tipe transaksi eksposur mata uang asing.
  10. Ketepatan dalam mengevaluasi syarat dilakukan lindung nilai.
  11. Ketepatan dalam menghitung eksposur transaksi.
  12. Ketepatan dalam menganalisis eksposur transaksi dan manajemen perdagangan.
  13. Ketepatan dalam menerapkan manajemen risiko ke dalam eksposur transaksi.
  14. Ketepatan dalam memahami eksposur translasi.
  15. Ketepatan dalam mengaplikasikan metode translasi.
  16. Ketepatan dalam membandingkan eksposur translasi dan eksposur operasi.
  17. Ketepatan dalam menerapkan manajemen eksposur translasi.
  18. Ketepatan dalam menyebutkan garis besar karakteristik eksposur operasi.
  19. Ketepatan dalam memahami dan mendiskusikan manajemen strategik eksposur operasi.
  20. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis pendekatan kontraktual: lindung nilai terhadap transaksi yang tidak dapat dilindungi.
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran
Kuliah
Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
Membuat ringkasan materi kuliah.
Membuat power point presentation
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: manajemen resiko keuangan terkait perdagangan internasional
Pustaka: Emile Woolf International. (2024). Advanced Financial Management (AFM) Study Text – 2024-25. Emile Woolf International. ISBN 978-1-84843-504-9.
10%

15

Minggu ke 15

Memahami manajemen risiko keuangan terkait perdagangan internasional.

  1. Ketepatan dalam memahami perluasan geografis pasar valuta asing.
  2. Ketepatan dalam memahami dan menganalisis fungsi pasar valuta asing.
  3. Ketepatan dalam menyebutkan pelaku pasar valuta asing.
  4. Ketepatan dalam memahami dan menganalisis transaksi pasar valuta asing antarbank.
  5. Ketepatan dalam menghitung harga dan nilai tukar.
  6. Ketepatan dalam menghitung tingkat suku bunga dan nilai tukar.
  7. Ketepatan dalam memahami dan mengevaluasi forward rate sebagai prediktor tidak bias dari future spot rate.
  8. Ketepatan dalam menghitung harga, tingkat suku bunga, dan keseimbangan pasar.
  9. Ketepatan dalam menjelaskan tipe transaksi eksposur mata uang asing.
  10. Ketepatan dalam mengevaluasi syarat dilakukan lindung nilai.
  11. Ketepatan dalam menghitung eksposur transaksi.
  12. Ketepatan dalam menganalisis eksposur transaksi dan manajemen perdagangan.
  13. Ketepatan dalam menerapkan manajemen risiko ke dalam eksposur transaksi.
  14. Ketepatan dalam memahami eksposur translasi.
  15. Ketepatan dalam mengaplikasikan metode translasi.
  16. Ketepatan dalam membandingkan eksposur translasi dan eksposur operasi.
  17. Ketepatan dalam menerapkan manajemen eksposur translasi.
  18. Ketepatan dalam menyebutkan garis besar karakteristik eksposur operasi.
  19. Ketepatan dalam memahami dan mendiskusikan manajemen strategik eksposur operasi.
  20. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis pendekatan kontraktual: lindung nilai terhadap transaksi yang tidak dapat dilindungi.
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran
Kuliah
Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
Membuat ringkasan materi kuliah.
Membuat power point presentation
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (2 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (2 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (2 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: manajemen resiko keuangan terkait perdagangan internasional
Pustaka: Emile Woolf International. (2024). Advanced Financial Management (AFM) Study Text – 2024-25. Emile Woolf International. ISBN 978-1-84843-504-9.
4%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Ketepatan dalam menjawab soal-soal UAS.

Kriteria:

Ujian tertulis


Bentuk Penilaian :
Tes


15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Portofolio 20%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.