Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sos Komunikasi

6920102315

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=0

P=2

ECTS=3.18

3

15 Oktober 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Farid Pribadi M.Sosio




.......................................




AGUS MACHFUD FAUZI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai konsep-konsep dasar filosofi, paradigma, pendekatan dan teori-teori Sosiologi, berikut cabang-cabang keilmuannya, dan metode penelitian Sosiologi;

PLO-10

Mampu mengidentifikasi karakteristik individu, keluarga dan masyarakat, masalah-masalah sosial dan perubahan sosial termasuk masalah pembangunan pendidikan dan masyarakat inklusif di dalam masyarakat lokal dengan wawasan global dan menganalisis dengan menggunakan konsep, teori dan metodologi penelitian Sosiologi dengan tepat;

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis teori komunikasi sosiologi klasik dan kontemporer, termasuk dampak globalisasi dan transformasi digital, untuk menjelaskan bagaimana simbol, bahasa, media, dan interaksi membentuk identitas, budaya, dan struktur sosial

PO - 2

Evaluasi peran komunikasi dalam kaitannya dengan ideologi, kekuasaan, kesenjangan, dan representasi di berbagai konteks seperti media, politik, organisasi, dan masyarakat digital

PO - 3

Membuat laporan ilmiah atau analisis studi kasus yang mengintegrasikan teori sosiologi, data empiris, dan perspektif kritis untuk mengatasi masalah komunikasi kontemporer

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Sosiologi Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai hubungan antara fenomena komunikasi dan struktur sosial dalam masyarakat. Mata kuliah ini memfokuskan pada analisis sosiologis terhadap proses komunikasi yang terjadi dalam berbagai konteks sosial, baik dalam lingkup mikro (interaksi interpersonal) maupun makro (komunikasi massa dan media).

Pustaka

Utama :

  1. Mahyuddin, M. A., & Mubaraq, D. F. (2019). Sosiologi Komunikasi: (Dinamika Relasi Sosial di dalam Era Virtualitas). Gowa: Penerbit Shofia.
  2. Horton, Paul B. & Chester L, Hunt, 1996, Sosiologi, Penerbit Erlangga.
  3. Littlejohn, Stephen W. 2001. Theories of Human Communication. USA: Wadsworth Publishing.
  4. McQuail, Denis, 1994. Teori Komunikas Massa:Suatu Pengantar, Penerbit Erlangga, Jakarta
  5. Gerbner G., Gross L., Jackson-Beeck, Jeffries-Fox S., Signorielli N. Cultural Indicators: Violence Profile // Journal of Communication, 1978, Vol. 28, №. 3. – Pp. 176-207.
  6. Blumer, Herbert, 1969, Symbolic Interacton: Perspective and Method. New York : Englewood Cliffs, Prentice-Hall Inc.
  7. Berger, Peter L.,1985, Humanisme Sosiologi, Jakarta : Inti Sarana Aksara.
  8. Erving Goffman(1959). The Presentation Of Sell Everyday Lofe. Jakarta : Erlangga.
  9. Creswell, John W. (2010). Research Design pendekatan kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terj,Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  10. Denzin, N, & Lincoln, Y. (2009). HANDBOOK OF QUALITATIVE RESEARCH (Dariyanto, Badrus Samsul Fata, Abi, John Rinaldi,Terj.).Yogyakarta:Pustaka Pelajar
  11. McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail (Izzati Putri Iva, Terj.). Yogyakarta:Salemba Humanika
  12. Noelle-Neumann E. The Spiral of Silence. Chicago: University of Chicago, 1984. – 200 p.
  13. Baudrillard, J. 1998, The Consumer Society: Myths and Structures. Sage: London.
  14. Jenkins, H. (1992). Textual Poachers: Television Fans and Participatory Culture. New York: Routledge
  15. McLuhan M. Understanding Media: The Extensions of Man. –London and New York, McGraw-Hill, 1964. – 390 p.
  16. Alvermann, D. E,. Hagood, M.C. (2000). Fandom and Critical Media Literacy.
  17. McKee, Alan. (2007). The Fans of Culture Theory. Dalam Gray, J., Sandvoss, C., Lee, H. fandom Identities and Communities in a mediated world. New York:New York University Press
  18. Jenkins, H. (1992). Textual Poachers: Television Fans and Participatory Culture. New York: Routledge
  19. Wilcox, Allen J. (2007). Virtual Communities. Epidemology. 18(2), hal 185
  20. Brooker, Charlie. 2011, The Dark Side of Our Gadget Addiction, The Guardian.
  21. Fiske, John. 1982. Introduction to Communications Studies. London: Methuen & Co. London.
  22. Scheufele D. A. Framing as a theory of media effects //Journal of Communication, 1999, 49(1). – Pp. 103-122.
  23. SShoemaker P. J., & Reese S. D. Mediating the message: Theories of influences on mass media content (2nd ed.). – White Plains, NY, Longman, 1996. – 313 P. 16. Gans H. Deciding what’s news. New York, Pantheon Books, 1979. – 416 p.
  24. Baudrillard, J. 2005, The Conspiracy of Art, Semiotext(e): New York.
  25. Creswell, Jhon W. 2010. Research Design : Pendekatan Kalitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Belajar
  26. Hall S. Ideology and Communication Theory. In: B. Dervin, L. Grossberg, B. O'Keefe, E. Wartella (eds.). Rethinking Communication Theory. –Sage, Newbury Park, California, 1989, Vol. 1. – Pp. 40-52.
  27. Norris P. A Virtuous Circle: Political Communications in Postindustrial Societies. – Cambridge: Cambridge University Press, 2000. – 398 p.
  28. Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta

Pendukung :

  1. Putri, R. T., & Reza, S. (2018). Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Penerapan Teknologi Tanam Jajar Legowo 2:1 (Kasus Kelompok Tani Gotong Royong 2 di Desa Klaseman, Kabupaten Probolinggo). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 2(3), 167–178.
  2. Prasetyo, G. J., Sumbawati, M. S., Khamidi, A., & Nursalim, M. (2024). The influence of digital literacy and self-efficacy on the professional competency of Unesa Labschool teachers in the Society 5.0 era. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1275–1286.
  3. Sadovnik, A. R. (2020). Sociology of Education: A Critical Reader (5th ed.). Routledge
  4. Suhada, I. (2022). Pendidikan sebagai proses sosialisasi: Perspektif sosiologi pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(2), 145–156
  5. Tilaar, H. A. R. (2021). Pedagogik Kritis: Perkembangan, Substansi, dan Perkembangannya di Indonesia. Rajawali Pers

Dosen Pengampu

FARID PRIBADI

EUFRASIA KARTIKA HANINDRAPUTRI

RIZKY TRISNA PUTRI

Farid Pribadi, S.Sos., M.Sosio.

Farid Pribadi, S.Sos., M.Sosio.

Rizky Trisna Putri, S.P., M.Si.

Rizky Trisna Putri, S.P., M.Si.

Eufrasia Kartika Hanindraputri, M.Sos.

Eufrasia Kartika Hanindraputri, M.Sos.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Dapat menjelaskan konsep dasar Sosiologi Komunikasi

Partisipasi, Kuis

Kriteria:

Kesesuaian Pemahaman sos komunikasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi
100

Materi: - Pengantar Sosiologi Komunikasi: Definisi dan Ruang Lingkup, Sejarah Perkembangan Sosiologi Komunikasi
Pustaka: Mahyuddin & Mubaraq (2019)

Materi: Hubungan antara Sosiologi dan Komunikasi ,Peran Sosiologi Komunikasi dalam Masyarakat Modern
Pustaka: Horton & Hunt (1996)
5%

2

Minggu ke 2

Mampu mengidentifikasi teori fungsionalisme dan konflik dalam komunikasi

Analisis teori pada contoh kasus

Kriteria:

Tajam, sesuai teori

Diskusi kelompok, studi teks
100

Materi: Teori Fungsionalisme dalam Komunikasi ,Teori Konflik Sosial dalam Komunikasi
Pustaka: Littlejohn (2001)

Materi: - Teori Sistem dalam Komunikasi
Pustaka: McQuail (1994)

Materi: Teori Strukturalisme dan Pengaruhnya dalam Komunikasi
Pustaka: Gerbner et al. (1978)
5%

3

Minggu ke 3

Menganalisis teori komunikasi kontemporer (Habermas, Bourdieu, Castells)

Keterkaitan teori-kasus

Kriteria:

Argumentatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Media, kekuasaan, jaringan digital
100

Materi: - Teori Interaksionisme Simbolik dalam Komunikasi
Pustaka: Blumer (1969)

Materi: - Teori Pertukaran Sosial dan Komunikasi
Pustaka: Berger (1985)

Materi: - Pendekatan Etnometodologi dalam Komunikasi
Pustaka: Berger (1985)

Materi: - Penggunaan Teori Dramaturgi dalam Analisis Komunikasi
Pustaka: Goffman (1959)
5%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan hubungan komunikasi, sosialisasi & reproduksi budaya

Tugas Penelitian

Kriteria:

Tepat, kontekstual


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, studi kasus
100

Materi: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian Komunikasi
Pustaka: Creswell (2010)

Materi: Desain Penelitian dalam Sosiologi Komunikasi,Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Komunikasi , Analisis Data dalam Sosiologi Komunikasi
Pustaka: Denzin & Lincoln (2009)

Materi: Pengertian dan Ruang Lingkup Komunikasi Massa
Pustaka: McQuail (1987)
5%

5

Minggu ke 5

Menganalisis dampak globalisasi terhadap komunikasi

Analisis kasus globalisasi

Kriteria:

Relevan, kritis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi literatur, diskusi
100

Materi: Pengertian dan Ruang Lingkup Komunikasi Massa
Pustaka: McQuail (1987)

Materi: Media Massa sebagai Agen Sosialisasi, Pengaruh Media Massa terhadap Masyarakat
Pustaka: Gerbner et al. (1978),

Materi: Teori Agenda Setting dan Komunikasi Massa
Pustaka: Noelle-Neumann (1984)
5%

6

Minggu ke 6

Menganalisis transformasi digital dalam praktik komunikasi

Kedalaman analisis

Kriteria:

Tajam, berbasis teori

Diskusi, analisis konten media
100

Materi: - Evolusi Teknologi Komunikasi
Pustaka: Baudrillard (1998)

Materi: Pengaruh Media Sosial terhadap Interaksi Sosial
Pustaka: Jenkins (1992)

Materi: - Digitalisasi dan Perubahan Sosial - Etika dalam Penggunaan Media Sosial
Pustaka: McLuhan (1964)
5%

7

Minggu ke 7

Mengevaluasi peran media dalam ideologi & hegemoni

Ketepatan & kedalaman analisis

Kriteria:

Tajam, berbasis teori

Diskusi, analisis konten media
100

Materi: - Peran Komunikasi dalam Pembangunan Masyarakat Inklusi ,Perspektif Gender dalam Media Massa
Pustaka: Norris P. A Virtuous Circle: Political Communications in Postindustrial Societies. – Cambridge: Cambridge University Press, 2000. – 398 p.

Materi: Representasi Gender dalam Media Sosial,Studi Kasus: Pengaruh Media terhadap Isu Gender
Pustaka: Hall S. Ideology and Communication Theory. In: B. Dervin, L. Grossberg, B. O'Keefe, E. Wartella (eds.). Rethinking Communication Theory. –Sage, Newbury Park, California, 1989, Vol. 1. – Pp. 40-52.
5%

8

Minggu ke 8

UTS: Analisis kasus komunikasi (teori klasik & kontemporer)

Ketepatan & kedalaman analisis

Kriteria:

Teoritis & aplikatif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tes
100

Materi: Peran Komunikasi dalam Meningkatkan Kesadaran akan Disabilitas, Media dan Representasi Disabilitas
Pustaka: Alvermann & Hagood (2000),

Materi: Komunitas Sosial dan Keterlibatan dalam Isu Disabilitas
Pustaka: McKee (2007),

Materi: Studi Kasus: Kampanye Media untuk Disabilitas
Pustaka: Jenkins (1992)
15%

9

Minggu ke 9

Mengevaluasi komunikasi & ketidaksetaraan (kelas, gender, etnis)

Laporan Studi Kasus

Kriteria:

Menganalisis peran komunikasi dalam pemberdayaan disabilitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Studi Kasus, Diskusi
100

Materi: Peran Komunikasi dalam Meningkatkan Kesadaran akan Disabilitas
Pustaka: Alvermann & Hagood (2000),

Materi: edia dan Representasi Disabilitas
Pustaka: McKee (2007),

Materi: Komunitas Sosial dan Keterlibatan dalam Isu Disabilitas , Studi Kasus: Kampanye Media untuk Disabilitas
Pustaka: Jenkins (1992)
5%

10

Minggu ke 10

Memahami peran komunikasi dalam konteks politik dan bencana

Tugas, Partisipasi

Kriteria:

Memahami peran komunikasi dalam konteks politik dan bencana


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
offline
100

Materi: komunitas virtual dan identitas sosial
Pustaka: Shoemaker & Reese (1996),
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menganalisis dampak masyarakat

Esai, Partisipasi

Kriteria:

Menganalisis dampak komunitas online terhadap identitas sosial


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Analisis, Diskusi
100

Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial
Pustaka: Wilcox (2007),

Materi: Dampak Sosial dari Kehidupan Digital
Pustaka: Brooker (2011)

Materi: Tantangan dan Peluang dalam Masyarakat Maya
Pustaka: Fiske (1982)

Materi: Penjelaasan terkait peran penyuluh pertanian
Pustaka: Putri, R. T., & Reza, S. (2018). Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Penerapan Teknologi Tanam Jajar Legowo 2:1 (Kasus Kelompok Tani Gotong Royong 2 di Desa Klaseman, Kabupaten Probolinggo). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 2(3), 167–178.
5%

12

Minggu ke 12

Memahami etika dalam komunikasi sosial

Kuis, Partisipasi

Kriteria:

Memahami etika dalam komunikasi sosial


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
100

Materi: Etika dalam Komunikasi: Prinsip dan Praktik
Pustaka: Scheufele (2007),

Materi: - Tantangan dalam Komunikasi Lintas Budaya - Privasi dan Keamanan dalam Komunikasi Digital
Pustaka: Shoemaker & Reese (1996),

Materi: - Studi Kasus: Pelanggaran Etika dalam Media Sosial
Pustaka: Baudrillard (1998)
5%

13

Minggu ke 13

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian tentang komunikasi inklusi

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian

Kriteria:

Pelaksanaan penelitian kecil


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
100

Materi: Perumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian
Pustaka: Creswell (2010)

Materi: Metode dan Teknik Pengumpulan Data
Pustaka: Sugiyono (2010)
5%

14

Minggu ke 14

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian tentang komunikasi inklusi

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian

Kriteria:

Pelaksanaan penelitian kecil


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
100

Materi: Perumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian
Pustaka: Creswell (2010)

Materi: Metode dan Teknik Pengumpulan Data
Pustaka: Sugiyono (2010)
5%

15

Minggu ke 15

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian tentang komunikasi inklusi

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian

Kriteria:

Pelaksanaan penelitian kecil


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
100

Materi: Analisis Data dan Penyusunan Laporan Penelitian
Pustaka: Creswell (2010)

Materi: - Metode dan Teknik Pengumpulan Data - Analisis Data dan Penyusunan Laporan Penelitian - Presentasi Hasil Penelitian
Pustaka: Sugiyono (2010)
5%

16

Minggu ke 16

Presentasi

Kesesuaian Presentasi

Kriteria:

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian tentang komunikasi inklusi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
100

Materi: Peran Komunikasi dalam Meningkatkan Kesadaran akan Disabilitas, Media dan Representasi Disabilitas
Pustaka: Wilcox, Allen J. (2007). Virtual Communities. Epidemology. 18(2), hal 185
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 21.67%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 54.17%
3. Penilaian Portofolio 9.17%
85.01%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.