
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sos Komunikasi |
6920102315 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=0 |
P=2 |
ECTS=3.18 |
3 |
15 Oktober 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Farid Pribadi M.Sosio
|
.......................................
|
AGUS MACHFUD FAUZI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai konsep-konsep dasar filosofi, paradigma, pendekatan dan teori-teori Sosiologi, berikut cabang-cabang keilmuannya, dan metode penelitian Sosiologi; |
PLO-10 |
Mampu mengidentifikasi karakteristik individu, keluarga dan masyarakat, masalah-masalah sosial dan perubahan sosial termasuk masalah pembangunan pendidikan dan masyarakat inklusif di dalam masyarakat lokal dengan wawasan global dan menganalisis dengan menggunakan konsep, teori dan metodologi penelitian Sosiologi dengan tepat; |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis teori komunikasi sosiologi klasik dan kontemporer, termasuk dampak globalisasi dan transformasi digital, untuk menjelaskan bagaimana simbol, bahasa, media, dan interaksi membentuk identitas, budaya, dan struktur sosial
|
PO - 2 |
Evaluasi peran komunikasi dalam kaitannya dengan ideologi, kekuasaan, kesenjangan, dan representasi di berbagai konteks seperti media, politik, organisasi, dan masyarakat digital
|
PO - 3 |
Membuat laporan ilmiah atau analisis studi kasus yang mengintegrasikan teori sosiologi, data empiris, dan perspektif kritis untuk mengatasi masalah komunikasi kontemporer
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-10 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Sosiologi Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai hubungan antara fenomena komunikasi dan struktur sosial dalam masyarakat. Mata kuliah ini memfokuskan pada analisis sosiologis terhadap proses komunikasi yang terjadi dalam berbagai konteks sosial, baik dalam lingkup mikro (interaksi interpersonal) maupun makro (komunikasi massa dan media). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Mahyuddin, M. A., & Mubaraq, D. F. (2019). Sosiologi Komunikasi: (Dinamika Relasi Sosial di dalam Era Virtualitas). Gowa: Penerbit Shofia.
- Horton, Paul B. & Chester L, Hunt, 1996, Sosiologi, Penerbit Erlangga.
- Littlejohn, Stephen W. 2001. Theories of Human Communication. USA: Wadsworth Publishing.
- McQuail, Denis, 1994. Teori Komunikas Massa:Suatu Pengantar, Penerbit Erlangga, Jakarta
- Gerbner G., Gross L., Jackson-Beeck, Jeffries-Fox S., Signorielli N. Cultural Indicators: Violence Profile // Journal of Communication, 1978, Vol. 28, №. 3. – Pp. 176-207.
- Blumer, Herbert, 1969, Symbolic Interacton: Perspective and Method. New York : Englewood Cliffs, Prentice-Hall Inc.
- Berger, Peter L.,1985, Humanisme Sosiologi, Jakarta : Inti Sarana Aksara.
- Erving Goffman(1959). The Presentation Of Sell Everyday Lofe. Jakarta : Erlangga.
- Creswell, John W. (2010). Research Design pendekatan kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terj,Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Denzin, N, & Lincoln, Y. (2009). HANDBOOK OF QUALITATIVE RESEARCH (Dariyanto, Badrus Samsul Fata, Abi, John Rinaldi,Terj.).Yogyakarta:Pustaka Pelajar
- McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail (Izzati Putri Iva, Terj.). Yogyakarta:Salemba Humanika
- Noelle-Neumann E. The Spiral of Silence. Chicago: University of Chicago, 1984. – 200 p.
- Baudrillard, J. 1998, The Consumer Society: Myths and Structures. Sage: London.
- Jenkins, H. (1992). Textual Poachers: Television Fans and Participatory Culture. New York: Routledge
- McLuhan M. Understanding Media: The Extensions of Man. –London and New York, McGraw-Hill, 1964. – 390 p.
- Alvermann, D. E,. Hagood, M.C. (2000). Fandom and Critical Media Literacy.
- McKee, Alan. (2007). The Fans of Culture Theory. Dalam Gray, J., Sandvoss, C., Lee, H. fandom Identities and Communities in a mediated world. New York:New York University Press
- Jenkins, H. (1992). Textual Poachers: Television Fans and Participatory Culture. New York: Routledge
- Wilcox, Allen J. (2007). Virtual Communities. Epidemology. 18(2), hal 185
- Brooker, Charlie. 2011, The Dark Side of Our Gadget Addiction, The Guardian.
- Fiske, John. 1982. Introduction to Communications Studies. London: Methuen & Co. London.
- Scheufele D. A. Framing as a theory of media effects //Journal of Communication, 1999, 49(1). – Pp. 103-122.
- SShoemaker P. J., & Reese S. D. Mediating the message: Theories of influences on mass media content (2nd ed.). – White Plains, NY, Longman, 1996. – 313 P. 16. Gans H. Deciding what’s news. New York, Pantheon Books, 1979. – 416 p.
- Baudrillard, J. 2005, The Conspiracy of Art, Semiotext(e): New York.
- Creswell, Jhon W. 2010. Research Design : Pendekatan Kalitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Belajar
- Hall S. Ideology and Communication Theory. In: B. Dervin, L. Grossberg, B. O'Keefe, E. Wartella (eds.). Rethinking Communication Theory. –Sage, Newbury Park, California, 1989, Vol. 1. – Pp. 40-52.
- Norris P. A Virtuous Circle: Political Communications in Postindustrial Societies. – Cambridge: Cambridge University Press, 2000. – 398 p.
- Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta
|
Pendukung : |
|
- Putri, R. T., & Reza, S. (2018). Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Penerapan Teknologi Tanam Jajar Legowo 2:1 (Kasus Kelompok Tani Gotong Royong 2 di Desa Klaseman, Kabupaten Probolinggo). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 2(3), 167–178.
- Prasetyo, G. J., Sumbawati, M. S., Khamidi, A., & Nursalim, M. (2024). The influence of digital literacy and self-efficacy on the professional competency of Unesa Labschool teachers in the Society 5.0 era. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1275–1286.
- Sadovnik, A. R. (2020). Sociology of Education: A Critical Reader (5th ed.). Routledge
- Suhada, I. (2022). Pendidikan sebagai proses sosialisasi: Perspektif sosiologi pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(2), 145–156
- Tilaar, H. A. R. (2021). Pedagogik Kritis: Perkembangan, Substansi, dan Perkembangannya di Indonesia. Rajawali Pers
|
Dosen Pengampu
|
FARID PRIBADI EUFRASIA KARTIKA HANINDRAPUTRI RIZKY TRISNA PUTRI Farid Pribadi, S.Sos., M.Sosio. Farid Pribadi, S.Sos., M.Sosio. Rizky Trisna Putri, S.P., M.Si. Rizky Trisna Putri, S.P., M.Si. Eufrasia Kartika Hanindraputri, M.Sos. Eufrasia Kartika Hanindraputri, M.Sos. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Dapat menjelaskan konsep dasar Sosiologi Komunikasi |
Partisipasi, Kuis |
Kriteria:
Kesesuaian Pemahaman sos komunikasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi 100 |
|
Materi: - Pengantar Sosiologi Komunikasi: Definisi dan Ruang Lingkup, Sejarah Perkembangan Sosiologi Komunikasi Pustaka: Mahyuddin & Mubaraq (2019) Materi: Hubungan antara Sosiologi dan Komunikasi ,Peran Sosiologi Komunikasi dalam Masyarakat Modern Pustaka: Horton & Hunt (1996) |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mengidentifikasi teori fungsionalisme dan konflik dalam komunikasi |
Analisis teori pada contoh kasus |
Kriteria:
Tajam, sesuai teori |
Diskusi kelompok, studi teks 100 |
|
Materi: Teori Fungsionalisme dalam Komunikasi ,Teori Konflik Sosial dalam Komunikasi Pustaka: Littlejohn (2001) Materi: - Teori Sistem dalam Komunikasi Pustaka: McQuail (1994) Materi: Teori Strukturalisme dan Pengaruhnya dalam Komunikasi Pustaka: Gerbner et al. (1978) |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis teori komunikasi kontemporer (Habermas, Bourdieu, Castells) |
Keterkaitan teori-kasus |
Kriteria:
Argumentatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Media, kekuasaan, jaringan digital 100 |
|
Materi: - Teori Interaksionisme Simbolik dalam Komunikasi Pustaka: Blumer (1969) Materi: - Teori Pertukaran Sosial dan Komunikasi Pustaka: Berger (1985) Materi: - Pendekatan Etnometodologi dalam Komunikasi Pustaka: Berger (1985) Materi: - Penggunaan Teori Dramaturgi dalam Analisis Komunikasi Pustaka: Goffman (1959) |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan hubungan komunikasi, sosialisasi & reproduksi budaya |
Tugas Penelitian |
Kriteria:
Tepat, kontekstual Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, studi kasus 100 |
|
Materi: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian Komunikasi Pustaka: Creswell (2010) Materi: Desain Penelitian dalam Sosiologi Komunikasi,Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Komunikasi , Analisis Data dalam Sosiologi Komunikasi Pustaka: Denzin & Lincoln (2009) Materi: Pengertian dan Ruang Lingkup Komunikasi Massa Pustaka: McQuail (1987) |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis dampak globalisasi terhadap komunikasi |
Analisis kasus globalisasi |
Kriteria:
Relevan, kritis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi literatur, diskusi 100 |
|
Materi: Pengertian dan Ruang Lingkup Komunikasi Massa Pustaka: McQuail (1987) Materi: Media Massa sebagai Agen Sosialisasi, Pengaruh Media Massa terhadap Masyarakat Pustaka: Gerbner et al. (1978), Materi: Teori Agenda Setting dan Komunikasi Massa Pustaka: Noelle-Neumann (1984) |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis transformasi digital dalam praktik komunikasi |
Kedalaman analisis |
Kriteria:
Tajam, berbasis teori |
Diskusi, analisis konten media 100 |
|
Materi: - Evolusi Teknologi Komunikasi Pustaka: Baudrillard (1998) Materi: Pengaruh Media Sosial terhadap Interaksi Sosial Pustaka: Jenkins (1992) Materi: - Digitalisasi dan Perubahan Sosial - Etika dalam Penggunaan Media Sosial Pustaka: McLuhan (1964) |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengevaluasi peran media dalam ideologi & hegemoni |
Ketepatan & kedalaman analisis |
Kriteria:
Tajam, berbasis teori |
Diskusi, analisis konten media 100 |
|
Materi: - Peran Komunikasi dalam Pembangunan Masyarakat Inklusi ,Perspektif Gender dalam Media Massa Pustaka: Norris P. A Virtuous Circle: Political Communications in Postindustrial Societies. – Cambridge: Cambridge University Press, 2000. – 398 p. Materi: Representasi Gender dalam Media Sosial,Studi Kasus: Pengaruh Media terhadap Isu Gender Pustaka: Hall S. Ideology and Communication Theory. In: B. Dervin, L. Grossberg, B. O'Keefe, E. Wartella (eds.). Rethinking Communication Theory. –Sage, Newbury Park, California, 1989, Vol. 1. – Pp. 40-52. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS: Analisis kasus komunikasi (teori klasik & kontemporer) |
Ketepatan & kedalaman analisis |
Kriteria:
Teoritis & aplikatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes 100 |
|
Materi: Peran Komunikasi dalam Meningkatkan Kesadaran akan Disabilitas, Media dan Representasi Disabilitas Pustaka: Alvermann & Hagood (2000), Materi: Komunitas Sosial dan Keterlibatan dalam Isu Disabilitas Pustaka: McKee (2007), Materi: Studi Kasus: Kampanye Media untuk Disabilitas Pustaka: Jenkins (1992) |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mengevaluasi komunikasi & ketidaksetaraan (kelas, gender, etnis) |
Laporan Studi Kasus |
Kriteria:
Menganalisis peran komunikasi dalam pemberdayaan disabilitas Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Studi Kasus, Diskusi 100 |
|
Materi: Peran Komunikasi dalam Meningkatkan Kesadaran akan Disabilitas Pustaka: Alvermann & Hagood (2000), Materi: edia dan Representasi Disabilitas Pustaka: McKee (2007), Materi: Komunitas Sosial dan Keterlibatan dalam Isu Disabilitas , Studi Kasus: Kampanye Media untuk Disabilitas Pustaka: Jenkins (1992) |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami peran komunikasi dalam konteks politik dan bencana |
Tugas, Partisipasi |
Kriteria:
Memahami peran komunikasi dalam konteks politik dan bencana Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
offline 100 |
|
Materi: komunitas virtual dan identitas sosial Pustaka: Shoemaker & Reese (1996), |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menganalisis dampak masyarakat |
Esai, Partisipasi |
Kriteria:
Menganalisis dampak komunitas online terhadap identitas sosial Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Analisis, Diskusi 100 |
|
Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial Pustaka: Wilcox (2007), Materi: Dampak Sosial dari Kehidupan Digital Pustaka: Brooker (2011) Materi: Tantangan dan Peluang dalam Masyarakat Maya Pustaka: Fiske (1982) Materi: Penjelaasan terkait peran penyuluh pertanian Pustaka: Putri, R. T., & Reza, S. (2018). Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Penerapan Teknologi Tanam Jajar Legowo 2:1 (Kasus Kelompok Tani Gotong Royong 2 di Desa Klaseman, Kabupaten Probolinggo). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 2(3), 167–178. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami etika dalam komunikasi sosial |
Kuis, Partisipasi |
Kriteria:
Memahami etika dalam komunikasi sosial Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
offline 100 |
|
Materi: Etika dalam Komunikasi: Prinsip dan Praktik Pustaka: Scheufele (2007), Materi: - Tantangan dalam Komunikasi Lintas Budaya - Privasi dan Keamanan dalam Komunikasi Digital Pustaka: Shoemaker & Reese (1996), Materi: - Studi Kasus: Pelanggaran Etika dalam Media Sosial Pustaka: Baudrillard (1998) |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian tentang komunikasi inklusi |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian |
Kriteria:
Pelaksanaan penelitian kecil Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
offline 100 |
|
Materi: Perumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian Pustaka: Creswell (2010) Materi: Metode dan Teknik Pengumpulan Data Pustaka: Sugiyono (2010) |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian tentang komunikasi inklusi |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian |
Kriteria:
Pelaksanaan penelitian kecil Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
offline 100 |
|
Materi: Perumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian Pustaka: Creswell (2010) Materi: Metode dan Teknik Pengumpulan Data Pustaka: Sugiyono (2010) |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian tentang komunikasi inklusi |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian |
Kriteria:
Pelaksanaan penelitian kecil Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
offline 100 |
|
Materi: Analisis Data dan Penyusunan Laporan Penelitian Pustaka: Creswell (2010) Materi: - Metode dan Teknik Pengumpulan Data - Analisis Data dan Penyusunan Laporan Penelitian - Presentasi Hasil Penelitian Pustaka: Sugiyono (2010) |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Presentasi |
Kesesuaian Presentasi |
Kriteria:
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian tentang komunikasi inklusi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
offline 100 |
|
Materi: Peran Komunikasi dalam Meningkatkan Kesadaran akan Disabilitas, Media dan Representasi Disabilitas Pustaka: Wilcox, Allen J. (2007). Virtual Communities. Epidemology. 18(2), hal 185 |
15% |