
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Filsafat Ilmu Ekonomi |
8710302074 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
8 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Agung Listiadi, S.Pd., M.Ak.
|
Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D.
|
Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Menguasai teori perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang inovatif, efektif, dan sesuai perkembangan IPTEKS |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan pemahaman dan kemampuan untuk berfikir filosofis, logis kreatif dan kritis menurut kaidah-kaidah ilmiah
|
PO - 2 |
Memiliki pengetahuan dan wawasan tentang filsafat ilmu untuk berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.
|
PO - 3 |
Memiliki keterampilan berfikir kritis dan kreatif serta inovatif dalam menghadapi permasalahan
|
PO - 4 |
Memiliki sikap bertanggung jawab dan objektif dalam mengembangkan keterampilan berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.
|
PO - 5 |
Memiliki pengetahuan dan wawasan tentang filsafat ilmu untuk berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-6 | PO-1 | | | ✔ | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | ✔ | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | PO-5 | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini menjelaskan terkait: 1) Hakikat filsafat ilmu; (2) Pokok Ajaran Filsafat Bidang Filsafat Ilmu (materialisme, idealisme/spiritualisme, realisme); (3) teori-teori kebenaran ; (4) aspek ontologi, aspek epistemologi, dan aspek aksiologi; (5) Filsafat Pendidikan (Esensialisme, Perrenialisme, Progresivisme, Eksistensialisme, Rekonstruksi, Pedagogi Kritis); (6) Aliran Postmodernisme, (Konstruksionisme Sosial, Hermeneutika, Dekonstruksi, Strukturalisme); (7) Cara Berpikir Kritis
(relativitas daya nalar, penguasaan literasi dasar dan penguasaan literasi kritis.) |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Fautanu, Idzam.. 2012. Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya
- Jujun S. Suriasumantri. 2009. Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu
- Nigel Warbuton. 2013. Philosophy The Basics. New York: Routledge
- Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press
|
Pendukung : |
|
- James Ladyman. 2002. Understanding Philosophy of Science. London: Routledge
- The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
- Hariyati. Pengembangan Evaluasi Diri Unesa sebagai PTN-BH (Penelitian Penugasan Kebijakan Strategis Universitas Batch 3 Dana PNBP 2020)
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D. Prof. Dr. Agung Listiadi, S.Pd., M.Ak. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menguasai hakikat filsafat ilmu dan ruang lingkupnya. |
- Menjelaskan pengertian hakekat filsafat ilmu
- Mendeskripsikan Substansi Filsafat ilmu
- Menjelaskan Manfaat Berfikir filosofis
- Mengklasifikasi Karakteristik berfikir filosofis
- Mendeskripsikan Jaman Yunani kuno 6 SM
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Menguasai hakikat filsafat ilmu dan ruang lingkupnya. Pustaka: Fautanu, Idzam.. 2012. Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dari mito sampai logi. |
- Mendeskripsikan Jaman Yunani kuno 6 SM
- Menjelaskan Jaman Palto, Socrates dan Aristoteles
- Membedakan Abad kegelapan ilmu dan abad pencerahan
- Mendeskripsikan Jaman Aufklarung
- Mendeskripsikan Substansi Filsafat Ilmu
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Menganalisis sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dari mito sampai logi. Pustaka: Fautanu, Idzam.. 2012. Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis substansi dan fungsi filsafat ilmu |
- Mengklasifikasi Fungsi fisafat dalam kehidupan
- Membedakan Pendekatan -pendekatan filsafat
- Mendeskripsikan Pendekatan Ontology
- Menjelaskan Pendekatan Epistemology
- Mendeskripsikan Pendekatan Axiologi
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Menganalisis substansi dan fungsi filsafat ilmu Pustaka: Nigel Warbuton. 2013. Philosophy The Basics. New York: Routledge |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami kajian ontology, epistemology dan aksiologi. |
- Menjelaskan Ajaran filsafat materialism
- Mendeskripsikan Ajaran idealism
- Menjelaskan Ajaran realism
- Ajaran spiritualisme
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Memahami kajian ontology, epistemology dan aksiologi. Pustaka: Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Memahamai ajaran pokok filsafat materialisme, idealisme/ spiritualisme, realisme). |
- Menjelaskan Teori kebenaran koherensi
- Menjelaskan Teori korespondensi
- Mendeskripskan Teori pragmatism religius
- Mendeskripsikan Berfikir filosogis
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Memahamai ajaran pokok filsafat materialisme, idealisme/ spiritualisme, realisme). Pustaka: James Ladyman. 2002. Understanding Philosophy of Science. London: Routledge |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami teori -teori kebenaran (koherensi, kores - pondensi pragmatism, religius). |
- Menjelaskan Teori kebenaran koherensi
- Menjelaskan Teori korespondensi
- Mendeskripskan Teori pragmatism religius
- Mendeskripsikan Berfikir filosogis
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Memahami teori-teori kebenaran (koherensi, kores-pondensi pragmatism, religius). Pustaka: James Ladyman. 2002. Understanding Philosophy of Science. London: Routledge |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Terampil Berpikir Kritis (relativitas daya nalar, Penguasaan literasi dasar, penguasaan literasi kritis) |
- Mengklasifikasi Berfikir kritis
- Mendeskripsikan Penguasaan literasi
- Mendeskripsikan Pengembangan nalar
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Terampil Berpikir Kritis (relativitas daya nalar, Penguasaan literasi dasar, penguasaan literasi kritis) Pustaka: Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press |
7% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 100 menit |
UTS 100 menit |
Materi: - Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis gerakan Humanisme dan Renaissanse |
- jelaskan pengertian hakekat filsafat ilmu
- Jelaskan Substansi Filsafat ilmu
- jelaskan Manfaat Berfikir filosofis
- Jelaskan Karakteristik berfikir filosofis
- Jelaskan Jaman Yunani kuno 6 SM
- jelaskan Jaman Palto, Socrates dan Aristoteles
- Jelaskan Abad kegelapan ilmu dan abad pencerahan
- Jelaskan Jaman Aufklarung
- Jelaskan Substansi Filsafat Ilmu
- Jelaskan Fungsi fisafat dalam kehidupan
- Membedakan Pendekatan -pendekatan filsafat
- Jelaskan Pendekatan Ontology
- Jelaskan Pendekatan Epistemology
- Jelaskan Pendekatan Axiologi
- jelaskan Ajaran filsafat materialism
- Mendeskripsikan Ajaran idealism
- jelaskan Ajaran realism
- Ajaran spiritualisme
- Menjelaskan Teori kebenarankoherensi
- Melaskan Teori korespondensi
- Jelaskan Teori pragmatism religius
- Mendeskripsikan Berfikir filosogis
- Jelaskan Karakteristik berfikir ilmiah
- Mengklasifikasi Berfikir kritis
- Jelaska Penguasaan literasi
- Jelaskaikan Pengembangan nalar
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Menganalisis gerakan Humanisme dan Renaissanse Pustaka: Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Terampil berfikir rasional, empiris, kritis dan pragmatis. |
- Menjelaskan Gerakan humanism
- Mendeskripsikan Gerakan Renaissanse
- Mendeskripkan Aliran rasionalisme
- Menjelaskan Empirisme
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Terampil berfikir rasional, empiris, kritis dan pragmatis. Pustaka: Nigel Warbuton. 2013. Philosophy The Basics. New York: Routledge |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis aliran postmodern (Konstruksionisme Sosial, Hermeneuti ka) |
- Aliran postmodern
- Konstruksionisme social
- Hermeneutika
- Menjelaskan Aliran postmodern
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Menganalisis aliran postmodern (Konstruksionisme Sosial, Hermeneuti ka) Pustaka: Jujun S. Suriasumantri. 2009. Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami aliran postmodern (Dekonstruksi, Struktura-lisme). |
- Mendeskripsikan Kritisme
- Menjelaskan aliran Pragmatisme
- Aliran postmodern
- Konstruksionisme social
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Memahami aliran postmodern (Dekonstruk si, Struktura-lisme). Pustaka: Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Menganalisis aspek ontology tentang hakekat ada |
- Menjelaskan Aliran postmodern
- Mendeskripsikan Aliran dekonstruksi
- Mendeskripsikan Aliran Struktural lisasi
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Menganalisis aspek ontology tentang hakekat ada Pustaka: Walter Ott & Alex Dunn. 2010. Modern Philosophy. Virginia: University of Virginia press |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis aspek epistemology dalam aliran filsafat |
- MendeskripsikanAliran Struktural lisasi
- Menjelaskan aspek Ontologi dalam Hakekat yang ada
- Mendeskripsikan aspek Ontologi sains
- Mendeskripsikan Ontologi filsafat
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Menganalisis aspek epistemology dalam aliran filsafat Pustaka: Nigel Warbuton. 2013. Philosophy The Basics. New York: Routledge |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Terampil menerapkan aksiolgi dalam nilai kegunaan dan pertimbangan nilai dan ilmu |
- MendeskripsikanKonst ruktivisme individu dan social
- Membedakan Metode memperoleh pengetahuan
- Menjelaskan Kebenaran dalam epistemologi
|
Kriteria:
Tes lisan dan pelaporan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Terampil menerapkan aksiolgi dalam nilai kegunaan dan pertimbangan nilai dan ilmu Pustaka: James Ladyman. 2002. Understanding Philosophy of Science. London: Routledge |
7% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 100 |
UAS 100 |
Materi: - Pustaka: |
30% |