Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Etika Profesi, Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (EPK3LH)

8720902139

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

10 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Han Tantri Hardini, S.Pd., M.Pd.




Dr. Luqman Hakim, S.Pd., SE., M.SA.




Rochmawati, S.Pd., M.Ak.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu menerapkan nilai, norma, dan etika profesi pendidik akuntansi dan Keuangan

PLO-11

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menguasai standar dan etika profesi dalam melaksanakan profesi guru Akuntansi (PLO 1)

PO - 2

Menguasai konsep, prinsip, teknik dan prosedur standar etika profesi secara mendalam dan merumuskannya dalam memecahkan masalah etika profesi guru Akuntansi (PLO 3)

PO - 3

Mampu menerapkan nilai, norma, dan erika profesi pendidik akuntansi dan keuangan dalam dunia kerja (PLO 6)

PO - 4

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam penyelesaian masalah etika profesi pendidik Akuntansi dan keuangan, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (PL0 11)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-6PLO-11
PO-1
PO-2 
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Etika Profesi, Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (EPK3LH) membahas tentang konsep, prinsip, dan praktik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan lingkungan hidup dalam konteks bidang pendidikan. Mahasiswa akan mempelajari tentang konsep etika mencakup konsep dan prinsip etika, identifikasi bahaya dan penilaian resiko, pengendalian resiko dan pencegahan kecelakaan kerja, perlindungan dan pemeliharaan Kesehatan pekerja; etika profesi guru Akuntansi yang mencakup Standar K3 Guru Pendidikan Akuntansi, Undang-Undang Guru dan Dosen terkait Etika Profesi Guru, Etika profesional Guru Pendidik Akuntansi, Persyaratan sertifikasi dan akreditasi Guru Pendidik Akuntansi, Pengembangan karir dan peningkatan kompetensi Guru Pendidik Akuntansi, Permasalahan Etika Profesi Guru Akuntansi di Indonesia saat ini, dan Penanggulangan Pelanggaran Etika Profesi Guru Akuntansi di Indonesia; dan Etika Lingkungan Hidup yang mencakup konsep kebijakan ramah lingkungan sampai dengan penyelenggaraan Pemerintahan yang baik dan pengelolaan Lingkungan hidup pada dunia pendidikan. Model pembelajaran menggunakan problem based learning, dengan metode ceramah, diskusi dan demonstrasi.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta
  2. 2. Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama

Pendukung :

  1. 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.

Dosen Pengampu

Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA.

Rochmawati, S.Pd., M.Ak.

Han Tantri Hardini, S.Pd., M.Pd.

Irwan Adimas Ganda Saputra, S.Pd., M.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mengidentifikasi konsep dasar dan Prinsip Etika

  1. 1. Menganalisis Konsep dasar dan Prinsip Etika
  2. 2. Mengidentifikasi Sejarah Etika
  3. 3. Menyebutkan macam-Macam Etika
  4. 4. Menyebutkan fungsi etika diterapkan
  5. 5. Menyebutkan tujuan etika
Kriteria:

Nilai maksimal mendapatkan poin 100, jika mahasiswa mengerjakan semua soal dengan benar (terdapat dalam rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi,
1 sks
Ceramah, Diskusi
1 sks
Materi: konsep dasar dan Prinsip Etika
Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.

Materi: konsep dasar dan Prinsip Etika
Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta
3%

2

Minggu ke 2

Mampu mengidentifikasi Etika Profesi Guru

  1. 1 Mengidentifikasi konsep etika Profesi Guru di Indonesia
  2. 2 Mengidentifikasi fungsi Etika guru
  3. 3 Mengidentifikasi tujuan etika profesi guru di Indonesia
  4. 4 Mengidentifikasi Standar Etika profesional Guru Pendidik Akuntansi terkait Undang-Undang Guru dan Dosen
  5. 5 Mengidentifikasi kode etik guru di Indonesia
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi, presentasi
1
ceramah, diskusi, presentasi
1
Materi: Etika Profesi Guru
Pustaka: 2. Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama

Materi: Etika Profesi Guru
Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.
3%

3

Minggu ke 3

Mampu mengidentifikasi Etika Profesi Guru

  1. 1 Mengidentifikasi konsep etika Profesi Guru di Indonesia
  2. 2 Mengidentifikasi fungsi Etika guru
  3. 3 Mengidentifikasi tujuan etika profesi guru di Indonesia
  4. 4 Mengidentifikasi Standar Etika profesional Guru Pendidik Akuntansi terkait Undang-Undang Guru dan Dosen
  5. 5 Mengidentifikasi kode etik guru di Indonesia
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi, presentasi
1
ceramah, diskusi, presentasi
1
Materi: 2. Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama
Pustaka:

Materi: Etika Profesi Guru
Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta
3%

4

Minggu ke 4

Mampu menganalisis Penerapan Etika Profesi Guru

1 Menyebutkan contoh penerapan etika profesi Guru yang sesuai dengan aturan etika di Indonesia

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan
1

1
Materi: Penerapan Etika Profesi Guru
Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Materi: Penerapan Etika Profesi Guru
Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.
4%

5

Minggu ke 5

Mampu menganalisis Penerapan Etika Profesi Guru

1 Menyebutkan contoh penerapan etika profesi Guru yang sesuai dengan aturan etika di Indonesia

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan
1

1
Materi: Penerapan Etika Profesi Guru
Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Materi: Penerapan Etika Profesi Guru
Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.
4%

6

Minggu ke 6

Mampu mengidentifikasi konsep dan Prinsip Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3)

  1. 1. Menganalisis Sejarah K3
  2. 2. Mengidentifikasi definisi dan tujuan K3
  3. 3. Menganalisis Peraturan dan standar keselamatan kerja
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan
1
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan
1
Materi: konsep dan Prinsip Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3)
Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Materi: konsep dan Prinsip Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3)
Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.
4%

7

Minggu ke 7

Mampu mengidentifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko di lingkungan kerja

  1. 1. Menganalisis Sejarah K3
  2. 2. Mengidentifikasi definisi dan tujuan K3
  3. 3. Menganalisis Peraturan dan standar keselamatan kerja
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan
1
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan
1
Materi: Bahaya dan Penilaian Risiko di lingkungan kerja
Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Materi: Bahaya dan Penilaian Risiko di lingkungan kerja
Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.
4%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

  1. Mampu menguasai standar dan etika profesi dalam melaksanakan profesi guru Akuntansi
  2. Menguasai konsep, prinsip, teknik dan prosedur standar etika profesi secara mendalam dan merumuskannya dalam memecahkan masalah etika profesi guru Akuntansi
  3. Mampu menerapkan nilai, norma, dan erika profesi pendidik akuntansi dan keuangan dalam dunia kerja
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes


Materi: Uts
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Mampu menerapkan pengendalian Risiko dan Pencegahan Kecelakaan Kerja

  1. 1. Menganalisis Pengendalian risiko teknis, administratif, dan perilaku.
  2. 2. Menerapkan prosedur keselamatan kerja di lingkungan kerja
  3. 3. Menganalisis promosi budaya keselamatan kerja dan pengawasan keselamatan.
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
● Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
● Model pembelajaran: Problem Based Learning
● Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa, Video

Materi: pengendalian Risiko dan Pencegahan Kecelakaan Kerja
Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Materi: pengendalian Risiko dan Pencegahan Kecelakaan Kerja
Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep, prinsip, teknik, dan prosedur standar etika profesi secara mendalam dan mampu merumuskannya dalam memecahkan masalah etika profesi guru Akuntansi.

  1. Pemahaman konsep etika profesi
  2. Kemampuan merumuskan solusi etika dalam konteks profesi guru Akuntansi
  3. Kemampuan menerapkan prinsip etika dalam kasus nyata
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas individu dan kelompok

Materi: Perlindungan dan Pemeliharaan Kesehatan Pekerja
Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Materi: Perlindungan dan Pemeliharaan Kesehatan Pekerja
Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.
3%

11

Minggu ke 11

Mampu mengidentifikasi Konsep dasar Lingkungan Hidup

  1. 1. Mengindetifikasi Konsep dan Prinsip Dasar Lingkungan Hidup
  2. 2. Menganalisis sejarah Lingkungan Hidup
  3. 3. Mengidentifikasi fungsi dan tujuan etika lingkungan hidup
  4. 4. Menganalisis Prinsip-Prinsip Pengelolaan Lingkungan Hidup
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas individu dan kelompok

Materi: Konsep dasar Lingkungan Hidup
Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Materi: Konsep dasar Lingkungan Hidup
Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah etika profesi pendidik Akuntansi dan Keuangan, serta mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data yang ada.

  1. 1. Menjelaskan konsep ekonomi global
  2. 2. Menjelaskan konsep krisis ekologi
  3. 3. Menganalisis permasalahan ekonomi global
  4. 4. Menganalisis permasalahan krisis ekologi
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas individu dan kelompok

Materi: lingkungan Pada Ekonomi global dan krisis ekologi
Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.

Materi: lingkungan Pada Ekonomi global dan krisis ekologi
Pustaka: 2. Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama
4%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi masalah etika profesi dalam bidang pendidikan Akuntansi dan Keuangan, menganalisis informasi dan data yang relevan, serta mengambil keputusan yang tepat dalam menyelesaikan masalah tersebut.

  1. 1. Menjelaskan fungsi Pembangunan berkelanjutan
  2. 2. Mengidentifikasi jenis permasalahan lingkungan pendidikan di Indonesia
  3. 3. Menyebutkan contoh permasalahan lingkungan di Indonesia
  4. 4. Menganalisis Permasalahan Lingkungan di Indonesia terutama pada lingkungan pendidikan
Kriteria:

Nilai maksimal mendapatkan poin 100, jika mahasiswa mengerjakan semua soal dengan benar (terdapat dalam rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas individu dan kelompok

Materi: pembangunan Berkelanjutan dan Permasalahan Lingkungan di Indonesia terutama pada lingkungan pendidikan
Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.

Materi: pembangunan Berkelanjutan dan Permasalahan Lingkungan di Indonesia terutama pada lingkungan pendidikan
Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta
4%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah etika profesi dalam bidang pendidikan Akuntansi dan Keuangan, serta mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data yang ada.

  1. 5. Memberikan contoh upaya dari mahasiswa dalam mengatasi permasalah lingkungan hidup
  2. 6. Mengevaluasi strategi pemerintah dalam mengatasi permasalahan lingkungan pendidikan dan non kependidikan
  3. 7. Menganalisis upaya pemerintah dalam pembangunan Berkelanjutan
Kriteria:

Nilai maksimal mendapatkan poin 100, jika mahasiswa mengerjakan semua soal dengan benar (terdapat dalam rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas individu dan kelompok

Materi: pembangunan Berkelanjutan dan Permasalahan Lingkungan di Indonesia terutama pada lingkungan pendidikan
Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.

Materi: pembangunan Berkelanjutan dan Permasalahan Lingkungan di Indonesia terutama pada lingkungan pendidikan
Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Materi: pembangunan Berkelanjutan dan Permasalahan Lingkungan di Indonesia terutama pada lingkungan pendidikan
Pustaka: 2. Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama

Materi: pembangunan Berkelanjutan dan Permasalahan Lingkungan di Indonesia terutama pada lingkungan pendidikan
Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.
4%

15

Minggu ke 15

Mampu menganalisis penyelenggaraan Pemerintahan yang baik dan Pengelolaan Lingkungan hidup pada dunia pendidikan

  1. 1. Mengidentifikasi penyelenggaraan pemerintah terkait lingkungan Hidup
  2. 2. Mengidentifikasi Pengelolaan lingkungan hidup pada dunia pendidikan
  3. 3. Menyebutkan peran pemerintah dalam lingkungan hidup
  4. 4. Menganalisis hasil kegiatan penyelenggaraan pemerintah terkait lingkungan hidup
Kriteria:

Nilai maksimal mendapatkan poin 100, jika mahasiswa mengerjakan semua soal dengan benar (terdapat dalam rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas individu dan kelompok

Materi: penyelenggaraan Pemerintahan yang baik dan Pengelolaan Lingkungan hidup pada dunia pendidikan
Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.

Materi: penyelenggaraan Pemerintahan yang baik dan Pengelolaan Lingkungan hidup pada dunia pendidikan
Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Materi: penyelenggaraan Pemerintahan yang baik dan Pengelolaan Lingkungan hidup pada dunia pendidikan
Pustaka: 2. Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama

Materi: penyelenggaraan Pemerintahan yang baik dan Pengelolaan Lingkungan hidup pada dunia pendidikan
Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.
4%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengambil keputusan yang tepat dalam penyelesaian masalah etika profesi pendidik Akuntansi dan Keuangan.

  1. Analisis informasi dan data
  2. Keputusan yang tepat dalam penyelesaian masalah etika profesi
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Mengerjakan Soal UAS

Materi: Pengendalian Risiko dan Pencegahan Kecelakaan Kerja, Perlindungan dan Pemeliharaan Kesehatan Pekerja, Konsep dasar Lingkungan Hidup, lingkungan Pada Ekonomi global dan krisis ekologi
Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta 2. Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama

Materi: Pembangunan Berkelanjutan dan Permasalahan Lingkungan di Indonesia terutama pada lingkungan pendidikan
Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 33.57%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 7.07%
3. Penilaian Portofolio 8.57%
4. Tes 50.75%
99.96%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.