
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Etika Profesi, Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (EPK3LH) |
8720902139 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
10 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Han Tantri Hardini, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Luqman Hakim, S.Pd., SE., M.SA.
|
Rochmawati, S.Pd., M.Ak. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu menerapkan nilai, norma, dan etika profesi pendidik akuntansi dan Keuangan |
PLO-11 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menguasai standar dan etika profesi dalam melaksanakan profesi guru Akuntansi (PLO 1)
|
PO - 2 |
Menguasai konsep, prinsip, teknik dan prosedur standar etika profesi secara mendalam dan merumuskannya dalam memecahkan masalah etika profesi guru Akuntansi (PLO 3)
|
PO - 3 |
Mampu menerapkan nilai, norma, dan erika profesi pendidik akuntansi dan keuangan dalam dunia kerja (PLO 6)
|
PO - 4 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam penyelesaian masalah etika profesi pendidik Akuntansi dan keuangan, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (PL0 11)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Etika Profesi, Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (EPK3LH) membahas tentang konsep, prinsip, dan praktik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan lingkungan hidup dalam konteks bidang pendidikan. Mahasiswa akan mempelajari tentang konsep etika mencakup konsep dan prinsip etika, identifikasi bahaya dan penilaian resiko, pengendalian resiko dan pencegahan kecelakaan kerja, perlindungan dan pemeliharaan Kesehatan pekerja; etika profesi guru Akuntansi yang mencakup Standar K3 Guru Pendidikan Akuntansi, Undang-Undang Guru dan Dosen terkait Etika Profesi Guru, Etika profesional Guru Pendidik Akuntansi, Persyaratan sertifikasi dan akreditasi Guru Pendidik Akuntansi, Pengembangan karir dan peningkatan kompetensi Guru Pendidik Akuntansi, Permasalahan Etika Profesi Guru Akuntansi di Indonesia saat ini, dan Penanggulangan Pelanggaran Etika Profesi Guru Akuntansi di Indonesia; dan Etika Lingkungan Hidup yang mencakup konsep kebijakan ramah lingkungan sampai dengan penyelenggaraan Pemerintahan yang baik dan pengelolaan Lingkungan hidup pada dunia pendidikan. Model pembelajaran menggunakan problem based learning, dengan metode ceramah, diskusi dan demonstrasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta
- 2. Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama
|
Pendukung : |
|
- 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA. Rochmawati, S.Pd., M.Ak. Han Tantri Hardini, S.Pd., M.Pd. Irwan Adimas Ganda Saputra, S.Pd., M.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu mengidentifikasi konsep dasar dan Prinsip Etika |
- 1. Menganalisis Konsep dasar dan Prinsip Etika
- 2. Mengidentifikasi Sejarah Etika
- 3. Menyebutkan macam-Macam Etika
- 4. Menyebutkan fungsi etika diterapkan
- 5. Menyebutkan tujuan etika
|
Kriteria:
Nilai maksimal mendapatkan poin 100, jika mahasiswa mengerjakan semua soal dengan benar (terdapat dalam rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, 1 sks |
Ceramah, Diskusi 1 sks |
Materi: konsep dasar dan Prinsip Etika Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa. Materi: konsep dasar dan Prinsip Etika Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mengidentifikasi Etika Profesi Guru |
- 1 Mengidentifikasi konsep etika Profesi Guru di Indonesia
- 2 Mengidentifikasi fungsi Etika guru
- 3 Mengidentifikasi tujuan etika profesi guru di Indonesia
- 4 Mengidentifikasi Standar Etika profesional Guru Pendidik Akuntansi terkait Undang-Undang Guru dan Dosen
- 5 Mengidentifikasi kode etik guru di Indonesia
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, presentasi 1 |
ceramah, diskusi, presentasi 1 |
Materi: Etika Profesi Guru Pustaka: 2. Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama Materi: Etika Profesi Guru Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu mengidentifikasi Etika Profesi Guru |
- 1 Mengidentifikasi konsep etika Profesi Guru di Indonesia
- 2 Mengidentifikasi fungsi Etika guru
- 3 Mengidentifikasi tujuan etika profesi guru di Indonesia
- 4 Mengidentifikasi Standar Etika profesional Guru Pendidik Akuntansi terkait Undang-Undang Guru dan Dosen
- 5 Mengidentifikasi kode etik guru di Indonesia
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, presentasi 1 |
ceramah, diskusi, presentasi 1 |
Materi: 2. Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama Pustaka: Materi: Etika Profesi Guru Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menganalisis Penerapan Etika Profesi Guru |
1 Menyebutkan contoh penerapan etika profesi Guru yang sesuai dengan aturan etika di Indonesia |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan 1 |
1 |
Materi: Penerapan Etika Profesi Guru Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta Materi: Penerapan Etika Profesi Guru Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menganalisis Penerapan Etika Profesi Guru |
1 Menyebutkan contoh penerapan etika profesi Guru yang sesuai dengan aturan etika di Indonesia |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan 1 |
1 |
Materi: Penerapan Etika Profesi Guru Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta Materi: Penerapan Etika Profesi Guru Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu mengidentifikasi konsep dan Prinsip Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) |
- 1. Menganalisis Sejarah K3
- 2. Mengidentifikasi definisi dan tujuan K3
- 3. Menganalisis Peraturan dan standar keselamatan kerja
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan 1 |
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan 1 |
Materi: konsep dan Prinsip Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta Materi: konsep dan Prinsip Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa. |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mengidentifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko di lingkungan kerja |
- 1. Menganalisis Sejarah K3
- 2. Mengidentifikasi definisi dan tujuan K3
- 3. Menganalisis Peraturan dan standar keselamatan kerja
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan 1 |
Diskusi, Presentasi, Ceramah, dan penugasan 1 |
Materi: Bahaya dan Penilaian Risiko di lingkungan kerja Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta Materi: Bahaya dan Penilaian Risiko di lingkungan kerja Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa. |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
- Mampu menguasai standar dan etika profesi dalam melaksanakan profesi guru Akuntansi
- Menguasai konsep, prinsip, teknik dan prosedur standar etika profesi secara mendalam dan merumuskannya dalam memecahkan masalah etika profesi guru Akuntansi
- Mampu menerapkan nilai, norma, dan erika profesi pendidik akuntansi dan keuangan dalam dunia kerja
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
Materi: Uts Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menerapkan pengendalian Risiko dan Pencegahan Kecelakaan Kerja |
- 1. Menganalisis Pengendalian risiko teknis, administratif, dan perilaku.
- 2. Menerapkan prosedur keselamatan kerja di lingkungan kerja
- 3. Menganalisis promosi budaya keselamatan kerja dan pengawasan keselamatan.
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
● Metode Pembelajaran: Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas dan kelompok
● Model pembelajaran: Problem Based Learning
● Media Pembelajaran : Kahoot, Sindig Unesa, Video
|
|
Materi: pengendalian Risiko dan Pencegahan Kecelakaan Kerja Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta Materi: pengendalian Risiko dan Pencegahan Kecelakaan Kerja Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep, prinsip, teknik, dan prosedur standar etika profesi secara mendalam dan mampu merumuskannya dalam memecahkan masalah etika profesi guru Akuntansi. |
- Pemahaman konsep etika profesi
- Kemampuan merumuskan solusi etika dalam konteks profesi guru Akuntansi
- Kemampuan menerapkan prinsip etika dalam kasus nyata
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas individu dan kelompok
|
|
Materi: Perlindungan dan Pemeliharaan Kesehatan Pekerja Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta Materi: Perlindungan dan Pemeliharaan Kesehatan Pekerja Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu mengidentifikasi Konsep dasar Lingkungan Hidup |
- 1. Mengindetifikasi Konsep dan Prinsip Dasar Lingkungan Hidup
- 2. Menganalisis sejarah Lingkungan Hidup
- 3. Mengidentifikasi fungsi dan tujuan etika lingkungan hidup
- 4. Menganalisis Prinsip-Prinsip Pengelolaan Lingkungan Hidup
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas individu dan kelompok
|
|
Materi: Konsep dasar Lingkungan Hidup Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta Materi: Konsep dasar Lingkungan Hidup Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah etika profesi pendidik Akuntansi dan Keuangan, serta mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data yang ada. |
- 1. Menjelaskan konsep ekonomi global
- 2. Menjelaskan konsep krisis ekologi
- 3. Menganalisis permasalahan ekonomi global
- 4. Menganalisis permasalahan krisis ekologi
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas individu dan kelompok
|
|
Materi: lingkungan Pada Ekonomi global dan krisis ekologi Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa. Materi: lingkungan Pada Ekonomi global dan krisis ekologi Pustaka: 2. Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi masalah etika profesi dalam bidang pendidikan Akuntansi dan Keuangan, menganalisis informasi dan data yang relevan, serta mengambil keputusan yang tepat dalam menyelesaikan masalah tersebut. |
- 1. Menjelaskan fungsi Pembangunan berkelanjutan
- 2. Mengidentifikasi jenis permasalahan lingkungan pendidikan di Indonesia
- 3. Menyebutkan contoh permasalahan lingkungan di Indonesia
- 4. Menganalisis Permasalahan Lingkungan di Indonesia terutama pada lingkungan pendidikan
|
Kriteria:
Nilai maksimal mendapatkan poin 100, jika mahasiswa mengerjakan semua soal dengan benar (terdapat dalam rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas individu dan kelompok
|
|
Materi: pembangunan Berkelanjutan dan Permasalahan Lingkungan di Indonesia terutama pada lingkungan pendidikan Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa. Materi: pembangunan Berkelanjutan dan Permasalahan Lingkungan di Indonesia terutama pada lingkungan pendidikan Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah etika profesi dalam bidang pendidikan Akuntansi dan Keuangan, serta mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data yang ada. |
- 5. Memberikan contoh upaya dari mahasiswa dalam mengatasi permasalah lingkungan hidup
- 6. Mengevaluasi strategi pemerintah dalam mengatasi permasalahan lingkungan pendidikan dan non kependidikan
- 7. Menganalisis upaya pemerintah dalam pembangunan Berkelanjutan
|
Kriteria:
Nilai maksimal mendapatkan poin 100, jika mahasiswa mengerjakan semua soal dengan benar (terdapat dalam rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas individu dan kelompok
|
|
Materi: pembangunan Berkelanjutan dan Permasalahan Lingkungan di Indonesia terutama pada lingkungan pendidikan Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa. Materi: pembangunan Berkelanjutan dan Permasalahan Lingkungan di Indonesia terutama pada lingkungan pendidikan Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta Materi: pembangunan Berkelanjutan dan Permasalahan Lingkungan di Indonesia terutama pada lingkungan pendidikan Pustaka: 2. Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama Materi: pembangunan Berkelanjutan dan Permasalahan Lingkungan di Indonesia terutama pada lingkungan pendidikan Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa. |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menganalisis penyelenggaraan Pemerintahan yang baik dan Pengelolaan Lingkungan hidup pada dunia pendidikan |
- 1. Mengidentifikasi penyelenggaraan pemerintah terkait lingkungan Hidup
- 2. Mengidentifikasi Pengelolaan lingkungan hidup pada dunia pendidikan
- 3. Menyebutkan peran pemerintah dalam lingkungan hidup
- 4. Menganalisis hasil kegiatan penyelenggaraan pemerintah terkait lingkungan hidup
|
Kriteria:
Nilai maksimal mendapatkan poin 100, jika mahasiswa mengerjakan semua soal dengan benar (terdapat dalam rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas individu dan kelompok
|
|
Materi: penyelenggaraan Pemerintahan yang baik dan Pengelolaan Lingkungan hidup pada dunia pendidikan Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa. Materi: penyelenggaraan Pemerintahan yang baik dan Pengelolaan Lingkungan hidup pada dunia pendidikan Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta Materi: penyelenggaraan Pemerintahan yang baik dan Pengelolaan Lingkungan hidup pada dunia pendidikan Pustaka: 2. Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama Materi: penyelenggaraan Pemerintahan yang baik dan Pengelolaan Lingkungan hidup pada dunia pendidikan Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa. |
4% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengambil keputusan yang tepat dalam penyelesaian masalah etika profesi pendidik Akuntansi dan Keuangan. |
- Analisis informasi dan data
- Keputusan yang tepat dalam penyelesaian masalah etika profesi
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Tes |
Mengerjakan Soal UAS
|
|
Materi: Pengendalian Risiko dan Pencegahan Kecelakaan Kerja, Perlindungan dan Pemeliharaan Kesehatan Pekerja, Konsep dasar Lingkungan Hidup, lingkungan Pada Ekonomi global dan krisis ekologi Pustaka: 1. Notoatmodjo, Soekidjo, 2018, Etika dan Hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta 2. Agustina, Enny, 2020, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Bandung: PT. Refika Aditama Materi: Pembangunan Berkelanjutan dan Permasalahan Lingkungan di Indonesia terutama pada lingkungan pendidikan Pustaka: 1. Sumber buku, internet, jurnal, dan berita dari media massa. |
30% |