
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Psikologi Umum I |
7320103118 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
25 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
YOHANA WURI SATWIKA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang hakekat dan ruang lingkup psikologi, dasar-dasar biologi perilaku, perkembangan manusia, sensasi dan persepsi, kesadaran, belajar dan ingatan manusia |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Laura A,King.2010. Psikologi Umum, sebuah pandangan apresiatif. Jakarta. Salemba Humanika
- Sarlito W, Sarwono.2013. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
- Alex Sobur. 2003. Psikologi Umum. Bandung.Pustaka Setia.
- Carole Wade & Carol Travis.2007. Psikologi, jilid 1. Jakarta. Erlangga.
- Robert S,Fieldman.2011. Pengantar Psikologi, buku 1. Jakarta. Salemba Humanika
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
HERMIEN LAKSMIWATI UMI ANUGERAH IZZATI MUHAMMAD SYAFIQ NI WAYAN SUKMAWATI PUSPITADEWI YOHANA WURI SATWIKA Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi. Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi. Muhammad Syafiq, S.Psi., M.Sc. Muhammad Syafiq, S.Psi., M.Sc. Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog. Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog. Ni Wayan Sukmawati Puspitadewi, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Ni Wayan Sukmawati Puspitadewi, S.Psi., M.Psi., Psikolog. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami hakekat dan ruang lingkup psikologi. |
Dapat menjelaskan hakekat, ruang lingkup, membedakan pengertian bidang-bidang kajian dalam psikologi, dapat menjelaskan pendekatan pendekatan dalam psikologi, dapat menjelaskan metode ilmiah dan penelitian-penelitian dalam psikologi.. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami hakekat dan ruang lingkup psikologi. |
Dapat menjelaskan hakekat, ruang lingkup, membedakan pengertian bidang-bidang kajian dalam psikologi, dapat menjelaskan pendekatan pendekatan dalam psikologi, dapat menjelaskan metode ilmiah dan penelitian-penelitian dalam psikologi. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami dasar-dasar biologis perilaku. |
Dapat menjelaskan System saraf, dapat menjelaskan Neuron, dapat menjelaskan struktur otak dan berbagai fungsinya. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami dasar-dasar biologis perilaku. |
Dapat menjelaskan System saraf, dapat menjelaskan Neuron, dapat menjelaskan struktur otak dan berbagai fungsinya. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami proses perkembangan manusia. |
- Dapat menjelaskan perkembangan masa kanak-kanak,
- Dapat menjelaskan perkembangan masa remaja,
- Dapat menjelaskan perkembangan dewasa dan lansia.
|
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami proses perkembangan manusia. |
Dapat menjelaskan perkembangan kanak-kanak, perkembangan remaja, perkembangan dewasa dan lansia. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami proses sensasi dan persepsi. |
Dapat menjelaskan bagaimana manusia mengindra.dan mempersepsi dunia, Sistem Visual, d Sistem Auditori, indra kulit, hidun. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Memahami proses sensasi dan persepsi. |
- Dapat menjelaskan bagaimana manusia mengindra.dan mempersepsi dunia, Sistem Visual, Sistem Auditori, indra kulit, hidung, lidah
- Dapat menjelaskan proses sensasi dan persepsi
|
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami hakekat dan ruang lingkup psikologi.Memahami dasar-dasar biologis perilaku.Memahami proses perkembangan manusia.Memahami proses sensasi dan persepsi.Ujian Tengah Semester |
- Dapat menjelaskan hakekat, ruang lingkup, membedakan pengertian bidang-bidang kajian dalam psikologi, dapat menjelaskan pendekatan pendekatan dalam psikologi, dapat menjelaskan metode ilmiah dan penelitian-penelitian dalam psikologi.
- Dapat menjelaskan System saraf, dapat menjelaskan Neuron, dapat menjelaskan struktur otak dan berbagai fungsinya.
- Dapat menjelaskan perkembangan kanak-kanak, perkembangan remaja, perkembangan dewasa dan lansia.
- Dapat menjelaskan bagaimana manusia mengindra.dan mempersepsi dunia, Sistem Visual, d Sistem Auditori, indra kulit, hidun.
|
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami proses kesadaran manusia. |
Dapat menjelaskan tentang hakikat kesadaran, proses tidur dan bermimpi, hypnosis dan kesadaran, pengaruh obat psikoaktif pada kesadaran. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami proses kesadaran manusia. |
Dapat menjelaskan tentang hakikat kesadaran, proses tidur dan bermimpi, hypnosis dan kesadaran, pengaruh obat psikoaktif pada kesadaran. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami perilaku belajar. |
Dapat menjelaskan tentang jenis-jenis pembelajaran, teori-teori belajar, factor kognitif dalam pembelajaran, tentang factor-faktor biologis, psikologis dan budaya dalam pembelajaran. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami perilaku belajar. |
Dapat menjelaskan tentang jenis-jenis pembelajaran, teori-teori belajar, factor kognitif dalam pembelajaran, tentang factor-faktor biologis, psikologis dan budaya dalam pembelajaran. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami sifat dasar ingatan, prosen encoding, storage, retrieval,tentang ingatan dan kesehatan. |
Dapat menjelaskan sifat dasar ingatan, proses encoding, storage, retrieval, ingatan dan kesehatan. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami proses ingatan manusia. |
Dapat menjelaskan sifat dasar ingatan, prosen encoding, storage, retrieval,tentang ingatan dan kesehatan. |
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Memahami hakekat dan ruang lingkup psikologi.Memahami dasar-dasar biologis perilaku.Memahami proses perkembangan manusia.Memahami proses sensasi dan persepsi.Ujian Tengah Memahami proses kesadaran manusia.Memahami perilaku belajar.Memahami proses ingatan manusia. |
- Dapat menjelaskan hakekat, ruang lingkup, membedakan pengertian bidang-bidang kajian dalam psikologi, dapat menjelaskan pendekatan pendekatan dalam psikologi, dapat menjelaskan metode ilmiah dan penelitian-penelitian dalam psikologi.
- Dapat menjelaskan System saraf, dapat menjelaskan Neuron, dapat menjelaskan struktur otak dan berbagai fungsinya.
- Dapat menjelaskan perkembangan kanak-kanak, perkembangan remaja, perkembangan dewasa dan lansia.
- Dapat menjelaskan bagaimana manusia mengindra.dan mempersepsi dunia, Sistem Visual, d Sistem Auditori, indra kulit, hidun.
- Dapat menjelaskan tentang hakikat kesadaran, proses tidur dan bermimpi, hypnosis dan kesadaran, pengaruh obat psikoaktif pada kesadaran.
- Dapat menjelaskan tentang jenis-jenis pembelajaran, teori-teori belajar, factor kognitif dalam pembelajaran, tentang factor-faktor biologis, psikologis dan budaya dalam pembelajaran.
- Dapat menjelaskan sifat dasar ingatan, prosen encoding, storage, retrieval,tentang ingatan dan kesehatan.
|
Kriteria:
Skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik.Skor 3 jika dilakukan dengan baik.Skor 2 jika dilakukan dengan cukup. Skor 1 jika tidak dilakukan.. |
Small Group Discussion (SGD).Contextual Instruction (CI). 3 X 50 |
|
|
0% |