
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
METODOLOGI PENELITIAN |
6120903066 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
7 |
1 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M.
|
Achmad Kautsar, S.E., M.M.
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh |
PLO-6 |
Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat |
PLO-9 |
Mampu mengembangkan bisnis digital berdasarkan entrepreneurial leadership secara berkelanjutan |
PLO-10 |
Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif |
PLO-11 |
Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menguraikan perkembangan teori-teori bisnis digital mutakhir secara komprehensif
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengaitkan artikel-artikel yang sesuai dengan topik riset yang dipilih
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu membuat pra proposal skripsi sesuai pedoman
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menunjukkan karakter jujur dan kritis dalam menyampaikan informasi dan menyusun artikel ilmiah baik yang bersumber buku maupun hasil penelitian
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana mengkonstruksikan konsep dasar penelitian, masalah, variabel, kerangka teori, hipotesis, rancangan penelitian, populasi, sampel, teknik sampling, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data menurut pendekatan kuantitatif, kualitatif dan berbasis teknologi atau digitalisasi guna penyusunan proposal dan penelitian Tugas Akhir. Aplikasi pembelajarannya di kelas melalui analisis contoh-contoh artikel penelitian bidang pemasaran digital, technopreneur, dan konsultan bisnis digital, diutamakan berskala internasional dan bereputasi. Perkuliahan dilaksanakan dengan ceramah, diskusi,tugas presentasi, dan refleksi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4rd Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
- Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
- Wieringa, R. J. (2014). Design science methodology for information systems and software engineering. Springer.
- Kaggle & UCI Repository (Sumber dataset publik untuk eksplorasi penelitian berbasis data).
- Provost, F., & Fawcett, T. (2013). Data Science for Business: What You Need to Know About Data Mining and Data-Analytic Thinking. O'Reilly Media.
- Wohlin, C., Runeson, P., Höst, M., Ohlsson, M.C., Regnell, B., & Wesslén, A. (2012). Experimentation in Software Engineering. Springer.
- Russell, S., & Norvig, P. (2021). Artificial Intelligence: A Modern Approach (4th ed.). Pearson.
|
Pendukung : |
|
- Lim, W. M. (2022). The art of writing for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 41(6), 5-10. https://doi.org/10.1002/joe.22178
- Lim, W. M. (2022). The art of revising for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(1), 5-9. https://doi.org/10.1002/joe.22184
- Lim, W. M. (2022). Choosing a good research topic for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(2), 5-8. https://doi.org/10.1002/joe.22187
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Nanang Hoesen Hidroes Abbrori, S.T., M.T.I. Dr. Ratih Amelia, S.E., M.M. Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M. Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com. Riska Dhenabayu, S.Kom., M.M. Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM. Dr Muhammad Fachmi, S.E., M.M. Renny Sari Dewi, S. Kom., M. Kom., MCE., MOS. Achmad Kautsar, S.E., M.M. Anita Safitri, M. Kom. Nadia Nur Thahirrah, S.E., M.SM. Fresha Kharisma, S.E., M.SM. Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu mengidentifikasikan kedudukan penelitian dalam pengembangan ilmu pengetahuan |
- Menjelaskan tentang ilmu pengetahuan dan sumber-sumber pengetahuan
- Menjelaskan definisi penelitian, tujuan dan kegunaan penelitian
- Menjelaskan jenis penelitian menurut tujuan dan sifat kealamiahan, serta penelitian terapan dan dasar
- Menjelaskan perbedaan penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif menurut aksioma dasar, proses dan karakteristik penelitian
- Menjelaskan kompetensi yang dibutuhkan bagi peneliti kuantitatif dan peneliti kualitatif
- Menjelaskan rancangan atau desain penelitian
- Menjelaskan etika dalam penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 3 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 x 50 |
Materi: Pengantar penelitian Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons. Materi: Pendekatan ilmiah dan pendekatan alternatif untuk investigasi Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu merumuskan rumusan masalah penelitian berdasarkan gap riset, fenomena/fakta, dan teori |
- Mendefiniskan pernyataan masalah serta mengidentifikasi jenis masalah dalam penelitian
- Menjelasan rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian
- Menjelaskan bukti ilmiah dari temuan yang kontradiktif dan hubungan yang kurang dieksplorasi
- Menjelaskan kondisi pasar dan laporan berita tentang masalah mendasar dan peluang yang belum dimanfaatkan
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 3 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 x 50 |
Materi: Mendefinisikan dan menyempurnakan masalah Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu melakukan pendekatan terhadap tinjauan pustaka/literatur yang sesuai |
- Melakukan pencarian literatur yang sesuai dengan topik penelitian
- Memilih sumber data pustaka, mengevaluasi pustaka serta mendokumentasikan tinjauan pustaka
- Mengetahui cara membaca hasil literatur terdahulu
- Mengoptimalkan peran teknologi dan internet guna proses pencarian literatur
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 3 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 x 50 |
Materi: Tinjauan Literatur Kritis Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons. Materi: Tinjauan Literatur Kritis Pustaka: Lim, W. M. (2022). Choosing a good research topic for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(2), 5-8. https://doi.org/... |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mengetahui tentang teori, variabel, dan merumuskan hipotesis penelitian |
- Mengidentifikasi penggunaan dasar teori dalam penelitian
- Mengetahui tentang konsep, konstruk, variabel, dimensi, indikator, butir item pernyataan/pertanyaan
- Mengetahui jenis-jenis variabel
- Merumuskan model kerangka konseptual
- Merumuskan rancangan instrumen penelitian
- Melakukan pembuatan atau pengembangan hipotesis
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 3 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 x 50 |
Materi: Kerangka teori dan pengembangan hipotesis Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menetapkan teknik pengambilan sampel yang sesuai |
- Menjelaskan tentang populasi, elemen, sampel, unit pengambilan sampel, dan subjek
- Menjelaskan proses pengambilan sampel
- Menjelaskan pengambilan sampel probabilitas dan non-probabilitas
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 3 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 x 50 |
Materi: Pengambilan sampel Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu mengidentifikasikan teknik pengumpulan dan analisis data |
- Memilih teknik pengumpulan data yang sesuai
- Memahami tentang empat jenis skala secara umum
- Memahami tentang skala penilaian, skala pemeringkatan, skala pengukuran reflektif versus formatif
- Memahami kriteria kebaikan ukuran validitas, reliabilitas dan signifikansi
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 3 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 x 50 |
Materi: Metode pengumpulan data: Wawancara, Observasi, Pemberian kuesioner Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons. Materi: Pengukuran: Skala, reliabilitas dan validitas Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu memilih dan menggunakan software pengolahan data statistik yang sesuai dengan teknik analisis data |
- Memahami teknik analisis data regresi sederhana
- Memahami teknik analisis data regresi berganda
- Memahami teknik analisis data path analysis
- Memahami teknik analisis data Covariance Based (CB) / Partial Least Square (PLS) - Structural Equation Modeling (SEM)
- Menggunakan software pengolahan data statistik SPSS, Smart-PLS, dan AMOS
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 3 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 x 50 |
Materi: Menelaah artikel jurnal/prosiding Pustaka: Lim, W. M. (2022). Choosing a good research topic for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(2), 5-8. https://doi.org/... |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester |
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tengah Semester 3 x 50 |
Soal Ujian Tengah Semester 3 x 50 |
Materi: Pertemuan 1-7 Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menjelaskan dan mengidentifikasikan pendekatan penelitian kualitatif dan uji keabsahan |
- Menjelaskan tentang penelitian kualitatif
- Menjelaskan lima jenis pendekatan kualitatif
- Mengidentifikasikan empat uji keabsahan data penelitian kualitatif
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 x 50 |
Materi: Analisis data kualitatif Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4rd Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall. |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menganalisis data penelitian kualitatif |
- Mengidentifikasikan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman
- Mengidentifikasi tiga langkah penting dalam analisis data kualitatif
- Memahami keandalan dan validitas dalam penelitian kualitatif
- Memahami beberapa metode lain untuk mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 x 50 |
Materi: Analisis data kualitatif Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami pendekatan dan tren penelitian terapan IT/SI |
- Memahami tren dan tantangan penelitian terapan IT/SI
- Menjelaskan perbedaan penelitian fundamental, terapan, dan eksperimental
- Mengenal metodologi penelitian yang umum digunakan di bidang IT/SI
- Mengenal landscape penelitian penelitian terapan IT/SI (State of the Art)
- Mengenal data driven, eksperimental, dan rekayasa teknologi
- Mengenal metode eksperimen vs. metode berbasis data
- Mengetahui tantangan dan etika penelitian terapan IT/SI
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 x 50 |
Materi: Pendekatan dan Tren Riset Terapan IT/SI Pustaka: Wieringa, R. J. (2014). Design science methodology for information systems and software engineering. Springer. |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami metodologi penelitian terapan berbasis data (Data Driven Research) |
- Memahami metode penelitian berbasis dataset
- Menentukan teknik pengolahan dataset yang sesuai untuk penelitian terapan IT/SI
- Menerapkan etika dan keamanan dalam pengolahan dataset penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 x 50 |
Materi: Metodologi Penelitian Terapan Berbasis Data Pustaka: Kaggle & UCI Repository (Sumber dataset publik untuk eksplorasi penelitian berbasis data). Materi: Metodologi Penelitian Terapan Berbasis Data Pustaka: Provost, F., & Fawcett, T. (2013). Data Science for Business: What You Need to Know About Data Mining and Data-Analytic Thinking. O'Reilly Media. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memahami metodologi penelitian terapan berbasis eksperimen (Experimental Research) |
- Memahami metode eksperimen dalam penelitian terapan IT/SI
- Teknik mendesain/merencanakan eksperimen
- Mensimulasi dan contoh eksperimen
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 x 50 |
Materi: Metodologi Penelitian Terapan Berbasis Eksperimen Pustaka: Wohlin, C., Runeson, P., Höst, M., Ohlsson, M.C., Regnell, B., & Wesslén, A. (2012). Experimentation in Software Engineering. Springer. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memahami metodologi penelitian terapan rekayasa teknologi berbantuan AI |
- Memahami konsep rekayasa teknologi dalam penelitian terapan IT/SI
- Menerapkan AI dan AI Prompt dalam mengoptimalkan rancang bangun sistem IT/SI
- Menerapkan etika dalam penggunaan AI
- Metode pengembangan sistem (sdlc, gdlc, scrum, rad, agile)
- Menerapan AI dalam rancang bangun sistem berbasis IT/SI
- Mengenalkan model AI Deepseek, OpenAI
- Mengenalkan teknik AI Prompting untuk pengembangan sistem IT/SI
- Studi Kasus Penggunaan AI dalam Penelitian Terapan IT/SI
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 x 50 |
Materi: Metodologi Penelitian Terapan Rekayasa Teknologi Berbantuan AI Pustaka: Russell, S., & Norvig, P. (2021). Artificial Intelligence: A Modern Approach (4th ed.). Pearson. Materi: Metodologi Penelitian Terapan Rekayasa Teknologi Berbantuan AI Pustaka: Wieringa, R. J. (2014). Design science methodology for information systems and software engineering. Springer. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu memvalidasi dan analisis hasil penelitian terapan IT/SI |
- Memahami teknik validasi hasil penelitian terapan IT/SI
- Menggunakan metode evaluasi yang tepat
- Melakukan teknik evaluasi pada penelitian terapan IT/SI
- Melakukan proses evaluasi performa sistem
- Menggunakan tools/software untuk validasi
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 x 50 |
Materi: Penyusunan Bab 3 Proposal Penelitian Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons. Materi: Memvalidasi dan analisis hasil penelitian terapan IT/SI Pustaka: Wieringa, R. J. (2014). Design science methodology for information systems and software engineering. Springer. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester |
Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Akhir Semester 3 x 50 |
Ujian Akhir Semester 3 x 50 |
Materi: Pertemuan 9-15 Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons. |
30% |