Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

METODOLOGI PENELITIAN

6120903066

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

1 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M.




Achmad Kautsar, S.E., M.M.




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh

PLO-6

Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik

PLO-7

Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif

PLO-8

Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat

PLO-9

Mampu mengembangkan bisnis digital berdasarkan entrepreneurial leadership secara berkelanjutan

PLO-10

Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif

PLO-11

Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menguraikan perkembangan teori-teori bisnis digital mutakhir secara komprehensif

PO - 2

Mahasiswa mampu mengaitkan artikel-artikel yang sesuai dengan topik riset yang dipilih

PO - 3

Mahasiswa mampu membuat pra proposal skripsi sesuai pedoman

PO - 4

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter jujur dan kritis dalam menyampaikan informasi dan menyusun artikel ilmiah baik yang bersumber buku maupun hasil penelitian

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9PLO-10PLO-11
PO-1      
PO-2      
PO-3     
PO-4     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana mengkonstruksikan konsep dasar penelitian, masalah, variabel, kerangka teori, hipotesis, rancangan penelitian, populasi, sampel, teknik sampling, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data menurut pendekatan kuantitatif, kualitatif dan berbasis teknologi atau digitalisasi guna penyusunan proposal dan penelitian Tugas Akhir. Aplikasi pembelajarannya di kelas melalui analisis contoh-contoh artikel penelitian bidang pemasaran digital, technopreneur, dan konsultan bisnis digital, diutamakan berskala internasional dan bereputasi. Perkuliahan dilaksanakan dengan ceramah, diskusi,tugas presentasi, dan refleksi.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4rd Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
  2. Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
  3. Wieringa, R. J. (2014). Design science methodology for information systems and software engineering. Springer.
  4. Kaggle & UCI Repository (Sumber dataset publik untuk eksplorasi penelitian berbasis data).
  5. Provost, F., & Fawcett, T. (2013). Data Science for Business: What You Need to Know About Data Mining and Data-Analytic Thinking. O'Reilly Media.
  6. Wohlin, C., Runeson, P., Höst, M., Ohlsson, M.C., Regnell, B., & Wesslén, A. (2012). Experimentation in Software Engineering. Springer.
  7. Russell, S., & Norvig, P. (2021). Artificial Intelligence: A Modern Approach (4th ed.). Pearson.

Pendukung :

  1. Lim, W. M. (2022). The art of writing for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 41(6), 5-10. https://doi.org/10.1002/joe.22178
  2. Lim, W. M. (2022). The art of revising for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(1), 5-9. https://doi.org/10.1002/joe.22184
  3. Lim, W. M. (2022). Choosing a good research topic for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(2), 5-8. https://doi.org/10.1002/joe.22187

Dosen Pengampu

Dr. Nanang Hoesen Hidroes Abbrori, S.T., M.T.I.

Dr. Ratih Amelia, S.E., M.M.

Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M.

Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com.

Riska Dhenabayu, S.Kom., M.M.

Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM.

Dr Muhammad Fachmi, S.E., M.M.

Renny Sari Dewi, S. Kom., M. Kom., MCE., MOS.

Achmad Kautsar, S.E., M.M.

Anita Safitri, M. Kom.

Nadia Nur Thahirrah, S.E., M.SM.

Fresha Kharisma, S.E., M.SM.

Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mengidentifikasikan kedudukan penelitian dalam pengembangan ilmu pengetahuan

  1. Menjelaskan tentang ilmu pengetahuan dan sumber-sumber pengetahuan
  2. Menjelaskan definisi penelitian, tujuan dan kegunaan penelitian
  3. Menjelaskan jenis penelitian menurut tujuan dan sifat kealamiahan, serta penelitian terapan dan dasar
  4. Menjelaskan perbedaan penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif menurut aksioma dasar, proses dan karakteristik penelitian
  5. Menjelaskan kompetensi yang dibutuhkan bagi peneliti kuantitatif dan peneliti kualitatif
  6. Menjelaskan rancangan atau desain penelitian
  7. Menjelaskan etika dalam penelitian
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Pengantar penelitian
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.

Materi: Pendekatan ilmiah dan pendekatan alternatif untuk investigasi
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
2%

2

Minggu ke 2

Mampu merumuskan rumusan masalah penelitian berdasarkan gap riset, fenomena/fakta, dan teori

  1. Mendefiniskan pernyataan masalah serta mengidentifikasi jenis masalah dalam penelitian
  2. Menjelasan rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian
  3. Menjelaskan bukti ilmiah dari temuan yang kontradiktif dan hubungan yang kurang dieksplorasi
  4. Menjelaskan kondisi pasar dan laporan berita tentang masalah mendasar dan peluang yang belum dimanfaatkan
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Mendefinisikan dan menyempurnakan masalah
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
3%

3

Minggu ke 3

Mampu melakukan pendekatan terhadap tinjauan pustaka/literatur yang sesuai

  1. Melakukan pencarian literatur yang sesuai dengan topik penelitian
  2. Memilih sumber data pustaka, mengevaluasi pustaka serta mendokumentasikan tinjauan pustaka
  3. Mengetahui cara membaca hasil literatur terdahulu
  4. Mengoptimalkan peran teknologi dan internet guna proses pencarian literatur
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Tinjauan Literatur Kritis
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.

Materi: Tinjauan Literatur Kritis
Pustaka: Lim, W. M. (2022). Choosing a good research topic for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(2), 5-8. https://doi.org/...
2%

4

Minggu ke 4

Mampu mengetahui tentang teori, variabel, dan merumuskan hipotesis penelitian

  1. Mengidentifikasi penggunaan dasar teori dalam penelitian
  2. Mengetahui tentang konsep, konstruk, variabel, dimensi, indikator, butir item pernyataan/pertanyaan
  3. Mengetahui jenis-jenis variabel
  4. Merumuskan model kerangka konseptual
  5. Merumuskan rancangan instrumen penelitian
  6. Melakukan pembuatan atau pengembangan hipotesis
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Kerangka teori dan pengembangan hipotesis
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
3%

5

Minggu ke 5

Mampu menetapkan teknik pengambilan sampel yang sesuai

  1. Menjelaskan tentang populasi, elemen, sampel, unit pengambilan sampel, dan subjek
  2. Menjelaskan proses pengambilan sampel
  3. Menjelaskan pengambilan sampel probabilitas dan non-probabilitas
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Pengambilan sampel
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu mengidentifikasikan teknik pengumpulan dan analisis data

  1. Memilih teknik pengumpulan data yang sesuai
  2. Memahami tentang empat jenis skala secara umum
  3. Memahami tentang skala penilaian, skala pemeringkatan, skala pengukuran reflektif versus formatif
  4. Memahami kriteria kebaikan ukuran validitas, reliabilitas dan signifikansi
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Metode pengumpulan data: Wawancara, Observasi, Pemberian kuesioner
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.

Materi: Pengukuran: Skala, reliabilitas dan validitas
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu memilih dan menggunakan software pengolahan data statistik yang sesuai dengan teknik analisis data

  1. Memahami teknik analisis data regresi sederhana
  2. Memahami teknik analisis data regresi berganda
  3. Memahami teknik analisis data path analysis
  4. Memahami teknik analisis data Covariance Based (CB) / Partial Least Square (PLS) - Structural Equation Modeling (SEM)
  5. Menggunakan software pengolahan data statistik SPSS, Smart-PLS, dan AMOS
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Menelaah artikel jurnal/prosiding
Pustaka: Lim, W. M. (2022). Choosing a good research topic for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(2), 5-8. https://doi.org/...
5%

8

Minggu ke 8

Mampu Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester

Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tengah Semester
3 x 50
Soal Ujian Tengah Semester
3 x 50
Materi: Pertemuan 1-7
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
20%

9

Minggu ke 9

Mampu menjelaskan dan mengidentifikasikan pendekatan penelitian kualitatif dan uji keabsahan

  1. Menjelaskan tentang penelitian kualitatif
  2. Menjelaskan lima jenis pendekatan kualitatif
  3. Mengidentifikasikan empat uji keabsahan data penelitian kualitatif
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Analisis data kualitatif
Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4rd Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
2%

10

Minggu ke 10

Mampu menganalisis data penelitian kualitatif

  1. Mengidentifikasikan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman
  2. Mengidentifikasi tiga langkah penting dalam analisis data kualitatif
  3. Memahami keandalan dan validitas dalam penelitian kualitatif
  4. Memahami beberapa metode lain untuk mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Analisis data kualitatif
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
3%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami pendekatan dan tren penelitian terapan IT/SI

  1. Memahami tren dan tantangan penelitian terapan IT/SI
  2. Menjelaskan perbedaan penelitian fundamental, terapan, dan eksperimental
  3. Mengenal metodologi penelitian yang umum digunakan di bidang IT/SI
  4. Mengenal landscape penelitian penelitian terapan IT/SI (State of the Art)
  5. Mengenal data driven, eksperimental, dan rekayasa teknologi
  6. Mengenal metode eksperimen vs. metode berbasis data
  7. Mengetahui tantangan dan etika penelitian terapan IT/SI
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Pendekatan dan Tren Riset Terapan IT/SI
Pustaka: Wieringa, R. J. (2014). Design science methodology for information systems and software engineering. Springer.
2%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami metodologi penelitian terapan berbasis data (Data Driven Research)

  1. Memahami metode penelitian berbasis dataset
  2. Menentukan teknik pengolahan dataset yang sesuai untuk penelitian terapan IT/SI
  3. Menerapkan etika dan keamanan dalam pengolahan dataset penelitian
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Metodologi Penelitian Terapan Berbasis Data
Pustaka: Kaggle & UCI Repository (Sumber dataset publik untuk eksplorasi penelitian berbasis data).

Materi: Metodologi Penelitian Terapan Berbasis Data
Pustaka: Provost, F., & Fawcett, T. (2013). Data Science for Business: What You Need to Know About Data Mining and Data-Analytic Thinking. O'Reilly Media.
3%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami metodologi penelitian terapan berbasis eksperimen (Experimental Research)

  1. Memahami metode eksperimen dalam penelitian terapan IT/SI
  2. Teknik mendesain/merencanakan eksperimen
  3. Mensimulasi dan contoh eksperimen
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Metodologi Penelitian Terapan Berbasis Eksperimen
Pustaka: Wohlin, C., Runeson, P., Höst, M., Ohlsson, M.C., Regnell, B., & Wesslén, A. (2012). Experimentation in Software Engineering. Springer.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami metodologi penelitian terapan rekayasa teknologi berbantuan AI

  1. Memahami konsep rekayasa teknologi dalam penelitian terapan IT/SI
  2. Menerapkan AI dan AI Prompt dalam mengoptimalkan rancang bangun sistem IT/SI
  3. Menerapkan etika dalam penggunaan AI
  4. Metode pengembangan sistem (sdlc, gdlc, scrum, rad, agile)
  5. Menerapan AI dalam rancang bangun sistem berbasis IT/SI
  6. Mengenalkan model AI Deepseek, OpenAI
  7. Mengenalkan teknik AI Prompting untuk pengembangan sistem IT/SI
  8. Studi Kasus Penggunaan AI dalam Penelitian Terapan IT/SI
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Metodologi Penelitian Terapan Rekayasa Teknologi Berbantuan AI
Pustaka: Russell, S., & Norvig, P. (2021). Artificial Intelligence: A Modern Approach (4th ed.). Pearson.

Materi: Metodologi Penelitian Terapan Rekayasa Teknologi Berbantuan AI
Pustaka: Wieringa, R. J. (2014). Design science methodology for information systems and software engineering. Springer.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu memvalidasi dan analisis hasil penelitian terapan IT/SI

  1. Memahami teknik validasi hasil penelitian terapan IT/SI
  2. Menggunakan metode evaluasi yang tepat
  3. Melakukan teknik evaluasi pada penelitian terapan IT/SI
  4. Melakukan proses evaluasi performa sistem
  5. Menggunakan tools/software untuk validasi
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 x 50
Zoom meeting atau google meet
3 x 50
Materi: Penyusunan Bab 3 Proposal Penelitian
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.

Materi: Memvalidasi dan analisis hasil penelitian terapan IT/SI
Pustaka: Wieringa, R. J. (2014). Design science methodology for information systems and software engineering. Springer.
5%

16

Minggu ke 16

Mampu Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester

Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Akhir Semester
3 x 50
Ujian Akhir Semester
3 x 50
Materi: Pertemuan 9-15
Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 37.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 12.5%
3. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.