Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sprechen 2

7920603229

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

2

13 Juli 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ajeng Dianing Kartika, S.S, M.Hum




Lutfi Saksono, S.Pd, M.Pd




Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Mampu menguasai keterampilan berbahasa Jerman dan menerapkannya secara lisan dan tulis sesuai konteks dengan kompetensi setara Common European Framework of Reference (CEFR) level A1–B1.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inklusif, dan belajar sepanjang hayat selama proses perkuliahan dan menyelesaikan tugas dalam rangka menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman di tingkat A2.

PO - 2

Mahasiswa menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman di tingkat A2.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5
PO-1 
PO-2 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembekalan keterampilan berkomunikasi lisan dalam bahasa Jerrnan sehari-hari setingkat A1-A2. Tema-tema yang dipelajari dalam perkuliahan ini meliputi 10 tema, yaitu Meine Wohnung, Alles Arbeit, Kleidung und Mode, Gesund und munter, Ab in den Urlaub, Rund ums Essen, Nach der Schulzeit, Medien im Alltag, Große und kleine Gefühle, Was machen Sie beruflich. Kegiatan perkuliahan meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi, menyimak, unjuk kerja, baik secara individu dan kelompok dengan menggunakan media cetak, CD Player, dan Video. Penilaian diperoleh dari keaktivan di kelas, tugas, UTS dan UAS

Pustaka

Utama :

  1. Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A1 . Jakarta: Katalis.
  2. Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A1 . Jakarta: Katalis.
  3. Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.
  4. Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis.
  5. Funk, Hermann, dkk. 2008. Studio D A1 . Jakarta: Katalis.
  6. Funk, Hermann. 2010. Studio d A2 . Jakarta: Katalis.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd.

Lutfi Saksono, S.Pd., M.Pd.

Ajeng Dianing Kartika, S.S., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa mampu bersikap kolaboratif, adaptif, dan inklusif dalam diskusi tentang tujuan perkuliahan, penentuan materi-materi yang dipelajari, kontrak perkuliahan terkait dengan PBM. mahasiswa mampu berdialog tentang ruang-ruang dalam rumah beserta perabotannya serta menyebutkan tempat di yang paling disukai dalam bahasa Jerman
  2. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh dan mau belajar sepanjang hayat selama proses perkuliahan dan menyelesaikan tugas dalam rangka menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman dalam tema Meine Wohnung.
  1. Mahasiswa dapat ikut berperan aktif dalam memutuskan kontrak perkuliahan meliputi tujuan perkuliahan Sprechen 2, materi yang dipelajari selama proses perkuliahan, bentuk penugasan dan penilaiannya.
  2. Mahasiswa dapat menyusun mind mapping kosakata dalam bahasa Jerman dalam tema Meine Wohnung dengan rincian subtema ruang-ruang dalam rumah, perabotan di rumah, dan jenis-jenis tempat tinggal.
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan penggunaan preposisi dalam bahasa Jerman untuk menyebutkan tempat sesuai dengan gramatika bahasa Jerman yang benar.
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan penggunaan ungkapan-ungkapan komunikatif dalam bahasa Jerman untuk bercerita tentang tempat yang paling disukai di rumah.
  5. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh dan mau belajar sepanjang hayat selama proses perkuliahan dan menyelesaikan tugas dalam rangka menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman dalam tema Meine Wohnung.
Kriteria:

A jika mahasiswa sangat aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria terbaik dan aturan yang berlaku; B jika mahasiswa aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria baik dan aturan yang berlaku; C jika mahasiswa tidak aktif tetapi mengerjakan tugas kurang sesuai dengan kriteria terbaik atau aturan yang berlaku


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
belajar mandiri, berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen secara inklusif untuk menyelesaikan tugas, bermain peran
3 X 50

Materi: Kapitel 11
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A1 . Jakarta: Katalis.

Materi: Kapitel 11
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A1 . Jakarta: Katalis.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman dalam tema Meine Wohnung, dengan subtema menjelaskan jenis tempat tinggal dalam iklan sesuai dengan kriteria yang diinginkan calon penyewamahasiswa dapat menceritakan kembali peletakan perabotan rumahtangga ke rumah baru sesuai dengan rencana pemilik rumah

  1. Mahasiswa dapat mempresentasikan rumah impiannya secara lisan dalam bahasa Jerman, meliputi lokasi, luas tanah dan bangunannya, jumlah ruangannya, dan perabotannya.
  2. Mahasiswa dapat bermain peran sebagai calon penyewa rumah/apartemen dan penyewa dengan bertanya jawab tentang luas tanah dan bangunannya, serta jumlah ruangannya.
  3. Mahasiswa dapat menyatakan rasa senang terhadap benda atau ruangan atau tempat tinggal dalam bahasa Jerman secara lisan dengan ungkapan komunikatif yang tepat.
Kriteria:

Skor A jika mahasiswa menunjukkan kinerja sesuai dengan kriteria terbaik; skor B jika mahasiswa menunjukkan kinerja minimal 70% dari kriteria yang ditetapkan; skor C jika mahasiswa menunjukkan kinerja kurang dari 70% kriteria yang ditentukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
belajar mandiri, berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen secara inklusif untuk menyelesaikan tugas, bermain peran
3 X 50

Materi: Kapitel 11
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A1 . Jakarta: Katalis.

Materi: Kapitel 11
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A1 . Jakarta: Katalis.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh dan mau belajar sepanjang hayat selama proses perkuliahan dan menyelesaikan tugas dalam rangka menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman dalam tema Alles Arbeit.

  1. Mahasiswa dapat menyusun mind mapping kosakata dalam bahasa Jerman dalam tema Alles Arbeit dengan rincian subtema jenis-jenis pekerjaan baru, berbagai aktivitas di kantor, dan aktivitas di luar jam kerja.
  2. Mahasiswa dapat menyusun kalimat bentuk lampau dalam bahasa Jerman untuk bercerita tentang pengalaman di masa lalu ketika masih sekolah dalam bahasa Jerman yang benar.
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan penggunaan ungkapan-ungkapan komunikatif dalam bahasa Jerman untuk bercerita tentang pengalaman di masa lalu ketika masih sekolah dalam bahasa Jerman yang benar.
  4. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh dan mau belajar sepanjang hayat selama proses perkuliahan dan menyelesaikan tugas dalam rangka menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman dalam tema Alles Arbeit.
Kriteria:

A jika mahasiswa sangat aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria terbaik dan aturan yang berlaku; B jika mahasiswa aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria baik dan aturan yang berlaku; C jika mahasiswa tidak aktif tetapi mengerjakan tugas kurang sesuai dengan kriteria terbaik atau aturan yang berlaku


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
belajar mandiri, berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen secara inklusif untuk menyelesaikan tugas, bermain peran
3 X 50

Materi: Kapitel 1
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.

Materi: Kapitel 1
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman dalam tema Alles Arbeit beserta subtema yang menyertainya

  1. Mahasiswa dapat menyebutkan situasi dan aktivitas yang terlihat dalam foto dengan tema "Arbeit" secara lisan dengan bahasa Jerman sederhana rincian subtema jenis-jenis pekerjaan baru, berbagai aktivitas di kantor, dan aktivitas di luar jam kerja..
  2. Mahasiswa dapat bercerita secara lisan dalam bahasa Jerman tentang pengalaman di masa lalu ketika masih sekolah dengan kosakata, gramatika bentuk lampau dan ungkapan komunikatif yang sesuai.
Kriteria:

Skor A jika mahasiswa menunjukkan kinerja sesuai dengan kriteria terbaik; skor B jika mahasiswa menunjukkan kinerja minimal 70% dari kriteria yang ditetapkan; skor C jika mahasiswa menunjukkan kinerja kurang dari 70% kriteria yang ditentukan


Bentuk Penilaian :
Tes
belajar mandiri, berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen secara inklusif untuk menyelesaikan tugas, bermain peran
3 X 50

Materi: Kapitel 2
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.

Materi: Kapitel 2
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh dan mau belajar sepanjang hayat selama proses perkuliahan dan menyelesaikan tugas dalam rangka menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman dalam tema Kleidung und Mode.

  1. Mahasiswa dapat membuat plakat dengan tema Kleidung und Mode meliputi kosakata, ungkapan komunikatif yang digunakan dalam dialog antara penjual dan pembeli di toko pakaian dalam bahasa Jerman.
  2. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh dan mau belajar sepanjang hayat selama proses perkuliahan dan menyelesaikan tugas dalam rangka menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman dalam tema Kleidung und Mode.
Kriteria:

A jika mahasiswa sangat aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria terbaik dan aturan yang berlaku; B jika mahasiswa aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria baik dan aturan yang berlaku; C jika mahasiswa tidak aktif tetapi mengerjakan tugas kurang sesuai dengan kriteria terbaik atau aturan yang berlaku


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
belajar mandiri, berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen secara inklusif untuk menyelesaikan tugas, bermain peran
3 X 50

Materi: Kapitel 3
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.

Materi: Kapitel 3
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman dalam tema Kleidung und Mode beserta subtema yang menyertainya

Mahasiswa mampu berkomunikasi secara lisan dalam bahasa Jerman dalam tema Kleidung und Mode dengan situasi di toko pakaian, meliputi tanya jawab tentang jenis, warna, ukuran dan harga pakaian dengan kosa kata, ungkapan komunikatif dan gramatika yang sesuai.

Kriteria:

Skor A jika mahasiswa menunjukkan kinerja sesuai dengan kriteria terbaik; skor B jika mahasiswa menunjukkan kinerja minimal 70% dari kriteria yang ditetapkan; skor C jika mahasiswa menunjukkan kinerja kurang dari 70% kriteria yang ditentukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
belajar mandiri, berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen secara inklusif untuk menyelesaikan tugas, bermain peran.
3 X 50
belajar mandiri, berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen secara inklusif untuk menyelesaikan tugas, bermain peran
Materi: Kapitel 4
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.

Materi: Kapitel 4
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh dan mau belajar sepanjang hayat selama proses perkuliahan dan menyelesaikan tugas dalam rangka menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman dalam tema Gesund und munter.

  1. Mahasiswa dapat menyusun mind mapping kosakata dalam bahasa Jerman dalam tema Gesund und munter dengan rincian subtema kosakata tentang anggota badan manusia dan penyakit, ungkapan komunikatif untuk menanyakan dan menyatakan sakit, dan bentuk kalimat imperatif/perintah dalam bahasa Jerman.
  2. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh dan mau belajar sepanjang hayat selama proses perkuliahan dan menyelesaikan tugas dalam rangka menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman dalam tema Gesund und munter.
Kriteria:

A jika mahasiswa sangat aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria terbaik dan aturan yang berlaku; B jika mahasiswa aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria baik dan aturan yang berlaku; C jika mahasiswa tidak aktif tetapi mengerjakan tugas kurang sesuai dengan kriteria terbaik atau aturan yang berlaku


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
belajar mandiri, berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen secara inklusif untuk menyelesaikan tugas, bermain peran
3 X 50

Materi: Kapitel 5
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.

Materi: Kapitel 5
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman dalam tema Gesund und munter beserta subtema yang menyertainya.

  1. Mahasiswa mampu memainkan dialog antara dokter dan pasien di tempat praktik dokter dalam bahasa Jerman, dengan pembicaraan meliputi jenis penyakit, anggota badan yang sakit, hal-hal yang harus dilakukan dan dilarang terkait sakit yang diderita sesuai petunjuk dokter.
  2. Mahasiswa mampu menceritakan gambar berseri dalam tema kecelakaan dalam bahasa Jerman.
Kriteria:

Skor A jika mahasiswa menunjukkan kinerja sesuai dengan kriteria terbaik; skor B jika mahasiswa menunjukkan kinerja minimal 70% dari kriteria yang ditetapkan; skor C jika mahasiswa menunjukkan kinerja kurang dari 70% kriteria yang ditentukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
belajar mandiri, berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen secara inklusif untuk menyelesaikan tugas, bermain peran
3 X 50

Materi: Kapitel 5
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.

Materi: Kapitel 5
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis.
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inklusif, dan belajar sepanjang hayat untuk menyelesaikan Ujian Subsumatif dalam rangka menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman meliputi tema-tema yang sudah dibahas pada setengah semester pertama..

  1. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inklusif, dan belajar sepanjang hayat untuk menyelesaikan Ujian Subsumatif dalam rangka menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman meliputi tema-tema yang sudah dibahas pada setengah semester pertama..
  2. Mahasiswa mampu memilih satu di antara tema berikut ini Meine Wohnung, Alles Arbeit, Kleidung und Mode, Gesund und munter, dan menyusun mindmap tanpa bantuan media apapun.
Kriteria:

A jika mahasiswa sangat aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria terbaik dan aturan yang berlaku; B jika mahasiswa aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria baik dan aturan yang berlaku; C jika mahasiswa tidak aktif tetapi mengerjakan tugas kurang sesuai dengan kriteria terbaik atau aturan yang berlaku


Bentuk Penilaian :
Tes
belajar mandiri, berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen secara inklusif untuk menyelesaikan tugas, bermain peran
3 X 50

Materi: Kapitel 6
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.

Materi: Kapitel 6
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis.
10%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inklusif, dan belajar sepanjang hayat selama proses perkuliahan dan menyelesaikan tugas dalam rangka menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman Ab in den Urlaub.

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inklusif, dan belajar sepanjang hayat selama menyelesaikan tugas menyusun rencana wisata berkelompok dalam bahasa Jerman dalam tema Ab in den Urlaub.

Kriteria:

A jika mahasiswa sangat aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria terbaik dan aturan yang berlaku; B jika mahasiswa aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria baik dan aturan yang berlaku; C jika mahasiswa tidak aktif tetapi mengerjakan tugas kurang sesuai dengan kriteria terbaik atau aturan yang berlaku


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
belajar mandiri, berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen secara inklusif untuk menyelesaikan tugas, bermain peran
3 X 50

Materi: Kapitel 7
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.

Materi: Kapiytel 7
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman dalam tema Ab in den Urlaub beserta subtema yang menyertainya.

Mahasiswa mampu menampilkan komunikasi dalam diskusi kelompok yang membicarakan tentang rencana wisata di satu kota di Jerman dalam bahasa Jerman meliputi waktu berwisata, kegiatan yang dilakukan selama berwisata, barang-barang yang akan dibawa.

Kriteria:

A jika mahasiswa sangat aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria terbaik dan aturan yang berlaku; B jika mahasiswa aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria baik dan aturan yang berlaku; C jika mahasiswa tidak aktif tetapi mengerjakan tugas kurang sesuai dengan kriteria terbaik atau aturan yang berlaku


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
belajar mandiri, berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen secara inklusif untuk menyelesaikan tugas, bermain peran
3 X 50

Materi: Kapitel 8
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.

Materi: Kapitel 8
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inklusif, dan belajar sepanjang hayat selama proses perkuliahan dan menyelesaikan tugas dalam rangka menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman Rund ums Essen.

  1. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inklusif, dan belajar sepanjang hayat selama menyelesaikan tugas menyusun informasi tentang hospitality di negara Jerman meliputi jenis-jenis restoran dan pekerjaan yang ada di bidang hospitality dan tugas-tugasnya secara berkelompok dalam bahasa Jerman.
  2. Mahasiswa mampu menyusun daftar ungkapan komunikatif dalam bahasa Jerman untuk menyatakan dugaan, rasa suka dan tidak suka dalam konteks hospitality.
Kriteria:

A jika mahasiswa sangat aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria terbaik dan aturan yang berlaku; B jika mahasiswa aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria baik dan aturan yang berlaku; C jika mahasiswa tidak aktif tetapi mengerjakan tugas kurang sesuai dengan kriteria terbaik atau aturan yang berlaku


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
belajar mandiri, berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen secara inklusif untuk menyelesaikan tugas, bermain peran
3 X 50

Materi: Kapitel 1
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.

Materi: Kapitel 1
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman dalam tema Rund ums Essen beserta subtema yang menyertainya.

  1. Mahasiswa mampu mempresentasikan hospitality di negara Jerman meliputi jenis-jenis restoran dan pekerjaan yang ada di bidang hospitality dan tugas-tugasnya secara berkelompok dalam bahasa Jerman.
  2. Mahasiswa mampu mengungkapan secara lisan dalam bahasa Jerman untuk pernyataan tentang dugaan, rasa suka dan tidak suka dalam konteks hospitality dalam presentasi tentang hospitality di Jerman.
Kriteria:

A jika mahasiswa sangat aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria terbaik dan aturan yang berlaku; B jika mahasiswa aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria baik dan aturan yang berlaku; C jika mahasiswa tidak aktif tetapi mengerjakan tugas kurang sesuai dengan kriteria terbaik atau aturan yang berlaku


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
belajar mandiri, berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen secara inklusif untuk menyelesaikan tugas, bermain peran
3 X 50

Materi: Kapitel 1
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.

Materi: Kapitel 1
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inklusif, dan belajar sepanjang hayat selama proses perkuliahan dan menyelesaikan tugas dalam rangka menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman Nach der Schulzeit.

  1. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inklusif, dan belajar sepanjang hayat selama menyelesaikan tugas menyusun informasi tentang sistem pendidikan di Jerman dan membuat perbandingan dengan sistem pendidikan di Indonesia dalam bahasa Jerman dalam tema Nach der Schulzeit.
  2. Mahasiswa mampu menyusun daftar nama matapelajaran dalam bahasa Jerman dan bahasa Indonesia dalam tema Nach der Schulzeit.
Kriteria:

A jika mahasiswa sangat aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria terbaik dan aturan yang berlaku; B jika mahasiswa aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria baik dan aturan yang berlaku; C jika mahasiswa tidak aktif tetapi mengerjakan tugas kurang sesuai dengan kriteria terbaik atau aturan yang berlaku


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
belajar mandiri, berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen secara inklusif untuk menyelesaikan tugas, bermain peran
3 X 50

Materi: Kapitel 2
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.

Materi: Kapitel 2
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman dalam tema Nach der Schulzeit beserta subtema yang menyertainya.

  1. Mahasiswa mampu mempresentasikan sistem pendidikan di Jerman dan membuat perbandingan dengan sistem pendidikan di Indonesia dalam bahasa Jerman dalam tema Nach der Schulzeit.
  2. Mahasiswa mampu menyusun daftar nama matapelajaran dalam bahasa Jerman dan bahasa Indonesia dalam tema Nach der Schulzeit.
Kriteria:

A jika mahasiswa sangat aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria terbaik dan aturan yang berlaku; B jika mahasiswa aktif dan mengerjakan tugas sesuai dengan kriteria baik dan aturan yang berlaku; C jika mahasiswa tidak aktif tetapi mengerjakan tugas kurang sesuai dengan kriteria terbaik atau aturan yang berlaku


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
belajar mandiri, berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen secara inklusif untuk menyelesaikan tugas, bermain peran
3 X 50

Materi: Kapitel 2
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.

Materi: Kapitel 2
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Arbeitsbuch A2 . Jakarta: Katalis.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa menguasai keterampilan produktif lisan bahasa Jerman di tingkat A2.

Mahasiswa mampu memilih satu tema di level A2 dan mempresentasikan tema yang sudah dipilih tersebut

Kriteria:

Skor A jika mahasiswa menunjukkan kinerja sesuai dengan kriteria terbaik; skor B jika mahasiswa menunjukkan kinerja minimal 70% dari kriteria yang ditetapkan; skor C jika mahasiswa menunjukkan kinerja kurang dari 70% kriteria yang ditentukan


Bentuk Penilaian :
Tes
belajar mandiri, berkolaborasi dan berdiskusi dengan teman sejawat dan dosen secara inklusif untuk menyelesaikan tugas, bermain peran
3 x 50

Materi: Kapitel 10
Pustaka: Dengler Stefanie dkk.. 2019. Netzwerk: Kursbuch A2 . Jakarta: Katalis.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 47.5%
2. Penilaian Portofolio 17.5%
3. Tes 35%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.