
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Bermain Anak Usia Dini |
8620702245 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
4 Oktober 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
KARTIKA RINAKIT ADHE |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini
|
PO - 2 |
Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas konsep, teori, dan praktik bermain sebagai bagian esensial dalam perkembangan anak usia dini. Mahasiswa diajak memahami makna bermain, jenis-jenis permainan, serta perannya dalam mendukung aspek perkembangan kognitif, sosial-emosional, fisik-motorik, bahasa, moral, dan kreativitas anak. Selain itu, mata kuliah ini juga menekankan keterampilan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan bermain yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, kebutuhan individual, dan konteks budaya. Melalui pembelajaran ini, mahasiswa akan mengkaji berbagai pendekatan bermain (bermain bebas, bermain terstruktur, bermain sensorimotor, bermain simbolik, dan bermain peran) serta penerapannya di kelas maupun lingkungan luar ruang. Mahasiswa juga diperkenalkan pada peran pendidik sebagai fasilitator yang mampu menciptakan lingkungan bermain yang aman, menyenangkan, inklusif, serta menumbuhkan nilai-nilai karakter. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52-64.
- Johnson, J. E., Sevimli-Celik, S., Al-Mansour, M. A., Tunçdemir, T. B. A., & Dong, P. I. (2019). Play in early childhood education. In Handbook of research on the education of young children (pp. 165-175). Routledge.
- Anggraini, F. G., Ningrum, M. A., Adhe, K. R., & Widayanti, M. D. (2024). Pengaruh Permainan Bisik Berantai dengan Media BATAKA terhadap Kemampuan Komunikasi Lisan pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Surabaya: The Effect Of A Chain Whisper Game Using BATAKA On Oral Communication Skills In Group B Children At Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Surabaya. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 86-99.
|
Pendukung : |
|
- Wolfgang, Charles H., School for Young Children Depevelopmentally Appropiate Practices. Needham Height Alyn and Bacon, 1992.
- Feeney, Stephanie, et all., Who am I in the Lives of Children. 7 ed., Pearson Education, Inc., 2006.
- "Froebel Web Time Line", 2015, < https://www.froebelweb.org/webline.html>
- Wulan, Sri, Laporan Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat: Workshop Pemanfaatan Alat dan Bahan Rumah Tangga sebagai Alat Permainan Anak Usia Dini bagi Tutor PAUD di DKI Jakarta, FIP UNJ, 2011.
- Wulan, Sri, Laporan Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat Pelatihan Membuat Media Belajar PAUD Menggunakan Bahan Daur Ulang Bagi Guru PAUD Di Bantar Gebang, Bekasi, FIP UNJ, 2020.
- Suryani, Yuni, Dhieni, N., Wulan, Sri., Development of Kucermat Media for Early Writing Skill Children Aged 5-6 Years, Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3 Nomor 2 (Desember 2019) ISSN 2549- 8371 | E-ISSN 2580-5843, https://ejournal.unisba.ac.id/in dex.php/golden_age/article/vi ew/5466/3586
|
Dosen Pengampu
|
SRI WIDAYATI MALLEVI AGUSTIN NINGRUM KARTIKA RINAKIT ADHE EKA CAHYA MAULIDIYAH Eka Cahya Maulidiyah, S.Pd., M.Pd. Eka Cahya Maulidiyah, S.Pd., M.Pd. Dr. Mallevi Agustin Ningrum, S.Pd., M.Pd. Dr. Mallevi Agustin Ningrum, S.Pd., M.Pd. Sri Widayati, S.Pd., M.Pd. Sri Widayati, S.Pd., M.Pd. Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Tahapan ini memperkenalkan mahasiswa pada urgensi dan definisi bermain dan permainan dalam konteks pendidikan anak usia dini. |
- Definisi bermain dan permainan dalam pendidikan anak usia dini
- Urgensi bermain dan permainan dalam pendidikan anak usia dini
|
Kriteria:
- Mahasiswa mampu memahami definisi bermain dan permainan dalam pendidikan anak usia dini
- Mahasiswa mampu memahami urgensi bermain dan permainan dalam pendidikan anak usia dini
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Materi: Urgensi dan definisi bermain dan permainan Pustaka: 1. Brewer, Jo Ann, Introduction to Early Childhood Education_Preschool through Primary School, 4th Press, USA: Pearson Education, Inc., 2007. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa akan memahami teori-teori modern dan klasik yang berkaitan dengan bermain dan permainan dalam pendidikan anak usia dini. |
Teori modern dan klasik yang berkaitan dengan bermain dan permainan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami teori modern dan klasik yang berkaitan dengan bermain dan permainan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Materi: Pemahaman tentang teori-teori modern dan klasik yang relevan dengan permainan dan pendidikan anak usia dini. Pustaka: 1. Brewer, Jo Ann, Introduction to Early Childhood Education_Preschool through Primary School, 4th Press, USA: Pearson Education, Inc., 2007. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Analisis perkembangan sejarah bermain dan permainan dalam anak usia dini. |
0 - 100 |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami perkembangan sejarah bermain dan permainan dalam anak usia dini Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Materi: Menganalisis perkembangan sejarah bermain dan permainan dalam anak usia dini. Pustaka: 1. Brewer, Jo Ann, Introduction to Early Childhood Education_Preschool through Primary School, 4th Press, USA: Pearson Education, Inc., 2007. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
- Karakteristik bermain anak usia dini.
- Jenis-jenis bermain (sensorimotor, konstruktif, simbolik, permainan sosial).
|
Pemahaman tahapan-tahapan bermain dalam perkembangan anak usia dini |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami tahapan-tahapan bermain dalam perkembangan anak usia dini Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Materi: Tahapan- tahapan bermain dalam perkembangan anak usia dibagi menjadi beberapa fase (Infant-toddler). Pustaka: 1. Brewer, Jo Ann, Introduction to Early Childhood Education_Preschool through Primary School, 4th Press, USA: Pearson Education, Inc., 2007. |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Tahapan-tahapan bermain dalam perkembangan anak usia dini. |
Pemahaman tahapan-tahapan bermain dalam perkembangan anak usia dini |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami tahapan-tahapan bermain dalam perkembangan anak usia dini Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Materi: Tahapan- tahapan bermain dalam perkembangan anak usia dibagi menjadi beberapa fase (Preschool-Kindergarten). Pustaka: 1. Brewer, Jo Ann, Introduction to Early Childhood Education_Preschool through Primary School, 4th Press, USA: Pearson Education, Inc., 2007. |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Fungsi bermain dalam perkembangan kognitif, bahasa, sosial-emosional, moral, dan fisik-motorik. |
Pemahaman structured play VS unstructured play (bermain terstruktur VS bermain tidak terstruktur) |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami structured play VS unstructured play (bermain terstruktur VS bermain tidak terstruktur) Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Materi: Menganalisis Games with Rules VS Free Play dan Indoor Play VS Outdoor Play Pustaka: Wolfgang, Charles H., School for Young Children Depevelopmentally Appropiate Practices. Needham Height Alyn and Bacon, 1992. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami Structured Play VS Unstructured Play (Bermain terstruktur Vs Bermain tak tersruktur) |
Pemahaman structured play VS unstructured play (bermain terstruktur VS bermain tidak terstruktur) |
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Materi: Menganalisis komponen Transformative Play dan Play as therapy Pustaka: Wolfgang, Charles H., School for Young Children Depevelopmentally Appropiate Practices. Needham Height Alyn and Bacon, 1992. |
2% |
8
Minggu ke 8 |
Menguji pemahaman konsep bermain dan permainan yang telah dipelajari dari materi 1-7 |
Mengerjakan soal dengan tepat |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan tepat Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tertulis/Sumatif 2 X 50 |
Tes Tulis/Sumatif 2 X 50 |
Materi: Mampu memahami dasar-dasar bermain dan permainan Pustaka: Johnson, J. E., Sevimli-Celik, S., Al-Mansour, M. A., Tunçdemir, T. B. A., & Dong, P. I. (2019). Play in early childhood education. In Handbook of research on the education of young children (pp. 165-175). Routledge. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Analisis tentang type dan jenis kegiatan bermain untuk Anak Usia Dini mencakup permainan aktif dan pasif. |
Menganalisa tentang type dan jenis kegiatan bermain untuk Anak Usia Dini mencakup permainan aktif dan pasif. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisa tentang type dan jenis kegiatan bermain untuk anak usia dini mencakup permainan aktif dan pasif Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Materi: Mengenal permainan aktif yang terdiri dari Taktil Play, Fungsional Play, Kontruktivis play, Destruktif Play, Kreativplay, Dramatic play (roleplay) dan Play Games Bermain pasif (reseptive play). Pustaka: Wolfgang, Charles H., School for Young Children Depevelopmentally Appropiate Practices. Needham Height Alyn and Bacon, 1992. |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Permainan tradisional sebagai sumber belajar. |
Pemahaman model bermain dan alat permainan menurut para ahli |
Kriteria:
Mahasiswa memahami model bermain dan alat permainan menurut para ahli Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Materi: Memahami model bermain dan alat permainan menurut para ahli seperti Pestalozi, Frobell dan Montessori. Pustaka: Feeney, Stephanie, et all., Who am I in the Lives of Children. 7 ed., Pearson Education, Inc., 2006. |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami model bermain dan alat permainan menurut para ahli. |
Pemahaman model bermain dan alat permainan menurut para ahli |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami model bermain dan alay permainan menurut para ahli Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Materi: Memahami model bermain dan alat permainan menurut para ahli seperti Decroly, Vygotsky dan Hurlock Pustaka: Wolfgang, Charles H., School for Young Children Depevelopmentally Appropiate Practices. Needham Height Alyn and Bacon, 1992. |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Bermain di dalam dan di luar ruangan (indoor & outdoor play) |
Analisa syarat bermain dan permainan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis syarat bermain dan permainan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Materi: Menganalisis syarat bermain dan permainan seperti Play space, play time, play fellos, play think dan play roles. Pustaka: Feeney, Stephanie, et all., Who am I in the Lives of Children. 7 ed., Pearson Education, Inc., 2006. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Menganalisis karakteristik dan jenis alat permainan edukatif yang mendukung bermain anak |
Analisis karakteristik dan jenis permainan edukatif |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik dan jenis permainan edukatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Materi: Menganalisis karakteristik dan jenis alat permainan edukatif sesuai dengan jenjang usia dari young infant (0-6 bulan) hingga primary school (6-8 tahun). Pustaka: 1. Brewer, Jo Ann, Introduction to Early Childhood Education_Preschool through Primary School, 4th Press, USA: Pearson Education, Inc., 2007. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
- Memahami definisi, tujuan fungsi, jenis,klasifikasi dan ciri permainan kreatif.
- Membuat permainan kreatif untuk anak usia dini
|
Memahami definisi, tujuan fungsi, jenis, klasifikasi, dan ciri permainan kreatif |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami definisi, tjuuan fungsi, jenis, klasifikasi, dan ciri permainan kreatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Materi: Memahami macam-macam permainan kreatif untuk anak usia dini. Pustaka: 1. Brewer, Jo Ann, Introduction to Early Childhood Education_Preschool through Primary School, 4th Press, USA: Pearson Education, Inc., 2007. |
15% |
15
Minggu ke 15 |
- Inklusi dalam bermain (anak berkebutuhan khusus).
- akan kegiatan bermain yang ramah dan adil untuk semua anak.
|
Penerapan model-model pembelajaran sentra dalam konteks pembelajaran anak usia dini, termasuk strategi implementasinya |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menerapkan model-model pembelajaran sentra dalam konteks pembelajaran anak usia dini, termasuk strategi implementasinya. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Ceramah, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, simulasi. 2 X 50 |
Materi: Mengenal Learning center dalam sentra, pijakan bermain dan macam-macam sentra bermain. Pustaka: 1. Brewer, Jo Ann, Introduction to Early Childhood Education_Preschool through Primary School, 4th Press, USA: Pearson Education, Inc., 2007. |
15% |
16
Minggu ke 16 |
Menguji pemahaman konsep bermain dan permainan yang telah dipelajari dalam mata kuliah bermain dan permainan |
Mengerjakan soal dengan tepat |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan tepat Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Tertulis/Sumatif 2 X 50 |
Tes Tertulis/Sumatif 2 X 50 |
|
15% |