Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi Islam

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Praktik Kewirausahaan Islami

6020203124

T=0

P=3

ECTS=4.77

4

29 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI.




Dr. Khusnul Fikriyah, S.Pd., M.SEI.




Clarashinta Canggih, S.E., CIFP.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai konsep teoritis bidang Ekonomi Islam, Bisnis Islam dan Keuangan Islam secara umum dan khusus untuk menyelesaikan masalah secara prosedural sesuai dengan lingkup pekerjaannya.

PLO-8

Mampu mendesain dan mengimplementasikan perencanaan bisnis yang sesuai dengan konsep Islam.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Bertanggung jawab terhadap pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas praktik kewirausahaan yang dilakukan baik secara individu maupun kelompok

PO - 2

Mampu menguasai teori Kewirausahaan berbasis Ekonomi Islam, Bisnis Islam, dan Keuangan Islam secara menyeluruh

PO - 3

Mampu melakukan pengembangan diri secara berkelanjutan melalui kegiatan praktik kewirausahaan untuk mendukung kemampuan berwirausaha berbasis ekonomi Islam

PO - 4

Mampu merancang rencana bisnis yang sesuai dengan konsep Syariah, dan mengimplementasikannya dalam kegiatan kewirausahaan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-5PLO-8
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini berisi tentang konsep dan menerapkan bisnis plan yang telah dibuat dengan mengacu pada konsep Strategi Memulai Usaha, Salesmanship, Pengukuran Kinerja Bisnis, dan Rencana Bisnis. Metode pembelajaran yang digunakan adalah Project Based Learning dengan sistem diskusi, tugas proyek, dan refleksi.

Pustaka

Utama :

  1. Rafiki, A., Pananjung, A. G., & Nasution, M. D. T. P. (Eds.). (2023). Strategies and applications of Islamic entrepreneurship. IGI Global.
  2. Ramadani, V., Dana, L.-P., & Ratten, V. (Eds.). (2022). Entrepreneurship and management in an Islamic context. Springer
  3. Kaplan, Robert S. 2010. Conceptual Foundation of the Balance Scorecard Working Paper. Harvard Business School
  4. Fikriyah, Khusnul, Susilowati, Fitriah Dwi, 2024. Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
  5. Ridlwan, Ahmad Ajib, & Hermanto, Febrika Yogie. 2022. Kewirausahaan Islam. Jakarta: PT Mitra Edukasi dan Publikasi.
  6. Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS

Pendukung :

  1. Timur, Y. P. (2022). The influence of entrepreneurship education on entrepreneurial intentions in Generation Z Muslim. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Airlangga, 32(1), 81-92.
  2. Anwar, M. K., Ridlwan, A. A., Timur, Y. P., Dewi, T. N. L. C., Juliana, J., & Shikur, A. A. (2024). Business Success of Asnāf Women’s Entrepreneur: an Islamic Law Perspective. AL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 19(1), 1-26.
  3. Suryaningsih, Sri Abidah, Abdul Hafidz, Ahmad Ajib Ridlwan, Muhammad Farid Ilhamuddin, and Khusnul Fikriyah. 2021. “Rebranding Dan Peningkatan Kualitas Produk Air Minum Dalam Kemasan ‘Maden’ Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Jombang”. Inspirasi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 1 (1):1-13. https://journal.inspirasi.or.id/jppm/article/view/18.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu merumuskan strategi dalam memulai usaha berdasarkan nilai-nilai syariah

  1. Mahasiswa mampu membedakan bentuk-bentuk usaha berdasarkan prinsip syariah
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan bentuk-bentuk usaha sesuai dengan kaidah syariah
  3. Mahasiswa mampu merumuskan teknik dan strategi memulai usaha berbasiskan nilai-nilai syariah, seperti kejujuran (shiddiq), amanah, keadilan, dan keberkahan dalam bisnis
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Kuliah dengan menggunakan project based learning
- Diskusi tentang: Bentuk-bentuk usaha, Keunggulan dan kelemahan bentuk-bentuk usaha, Teknik dan strategi memulai usaha.

Tugas 1:
Observasi datang ke UMKM yang menerapkan prinsip syariah untuk melakukan pendataan bentuk usaha, dan mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan usaha untuk, kemudian merumuskan strategi

Materi: merumuskan strategi dalam memulai usaha berdasarkan nilai-nilai syariah
Pustaka: Rafiki, A., Pananjung, A. G., & Nasution, M. D. T. P. (Eds.). (2023). Strategies and applications of Islamic entrepreneurship. IGI Global.

Materi: merumuskan strategi dalam memulai usaha berdasarkan nilai-nilai syariah
Pustaka: Fikriyah, Khusnul, Susilowati, Fitriah Dwi, 2024. Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami konsep salesmanship yang sesuai dengan etika Islam

  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dan unsur dalam menjual yang sesuai dengan etika Islam
  2. Mahasiswa mampu menyebutkan karakter syarat penjual yang sesuai dengan etika Islam
  3. Mahasiswa mampu menyebutkan tipe-tipe pembeli yang sesuai dengan etika Islam
  4. Mahasiswa mampu menelaah proses penjualan yang sesuai dengan etika Islam
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Kuliah dengan menggunakan project based learning
- Diskusi tentang: Konsep dan unsur dalam menjual, Karakter syarat penjual, tipe-tipe pembeli, dan Proses penjualan yang sesuai dengan etika Islam

Materi: memahami konsep salesmanship yang sesuai dengan etika Islam
Pustaka: Ridlwan, Ahmad Ajib, & Hermanto, Febrika Yogie. 2022. Kewirausahaan Islam. Jakarta: PT Mitra Edukasi dan Publikasi.
2%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengevaluasi pengukuran kinerja bisnis berbasis akuntansi Syariah

  1. Mahasiswa mampu menganalisis laporan keuangan berbasis akuntansi syariah
  2. Mahasiswa mampu menganalisis analisis break even point berbasis akuntansi syariah
  3. Mahasiswa mampu menganalisis arus kas berbasis akuntansi syariah
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Kuliah dengan menggunakan project based learning
- Diskusi tentang: Analisis laporan keuangan, Analisis Break Even Point, Analisis arus kas berbasis akuntansi syariah

Materi: mengevaluasi pengukuran kinerja bisnis berbasis akuntansi Syariah
Pustaka: Kaplan, Robert S. 2010. Conceptual Foundation of the Balance Scorecard Working Paper. Harvard Business School
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis rencana bisnis berbasis Syariah

  1. Mahasiswa mampu merumuskan rencana bisnis (bussines plan) sesuai dengan prinsip syariah
  2. Mahasiswa mampu menyusun rencana pemasaran sesuai dengan prinsip pemasaran syariah
  3. Mahasiswa mampu menyusun rencana SDM sesuai dengan prinsip sumber daya insani Islami
  4. Mahasiswa mampu menyusun rencana operasional sesuai dengan prinsip syariah
  5. Mahasiswa mampu menyusun rencana keuangan sesuai dengan prinsip akuntansi syariah
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
menggunakan project based learning
- Diskusi tentang: Rencana Bisnis (Bussines Plan), Rencana Pemasaran, Rencana SDM, Rencana Operasional, Rencana Keuangan

Tugas 2:
Membentuk tim yg terdiri dari 3 mahasiswa, kemudian menyusun business plan.

Materi: menganalisis rencana bisnis berbasis Syariah
Pustaka: Kaplan, Robert S. 2010. Conceptual Foundation of the Balance Scorecard Working Paper. Harvard Business School
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa melakukan magang di Industri halal yang menerapkan prinsip syariah

Mahasiswa mampu menggali praktik bisnis di UMKM yang bergerak di industri halal sesuai dengan prinsip syariah

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
- Magang di UMKM halal

Tugas 3:
Menyusun logbook dan laporan magang di industri halal

Materi: melakukan magang di Industri halal yang menerapkan prinsip syariah
Pustaka: Rafiki, A., Pananjung, A. G., & Nasution, M. D. T. P. (Eds.). (2023). Strategies and applications of Islamic entrepreneurship. IGI Global.
4%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa melakukan magang di Industri halal yang menerapkan prinsip syariah

Mahasiswa mampu menggali praktik bisnis di UMKM yang bergerak di industri halal sesuai dengan prinsip syariah

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
- Magang di UMKM halal

Tugas 3:
Menyusun logbook dan laporan magang di industri halal

Materi: melakukan magang di Industri halal yang menerapkan prinsip syariah
Pustaka: Ramadani, V., Dana, L.-P., & Ratten, V. (Eds.). (2022). Entrepreneurship and management in an Islamic context. Springer
4%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa melakukan magang di Industri halal yang menerapkan prinsip syariah

Mahasiswa mampu menggali praktik bisnis di UMKM yang bergerak di industri halal sesuai dengan prinsip syariah

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
- Magang di UMKM halal

Tugas 3:
Menyusun logbook dan laporan magang di industri halal

Materi: melakukan magang di Industri halal yang menerapkan prinsip syariah
Pustaka: Ramadani, V., Dana, L.-P., & Ratten, V. (Eds.). (2022). Entrepreneurship and management in an Islamic context. Springer
4%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

Rubrik Penilaian UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UTS

Materi: UTS
Pustaka: Ramadani, V., Dana, L.-P., & Ratten, V. (Eds.). (2022). Entrepreneurship and management in an Islamic context. Springer
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa melakukan praktik kewirausahaan di industri halal

Mahasiswa mampu menggali praktik bisnis UMKM di industri halal

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Minggu ke-9 sampai 14
- Kuliah dengan menggunakan project based learning
- Diskusi tentang: gebyar wirausaha mahasiswa

Materi: melakukan praktik kewirausahaan di industri halal
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS

Materi: melakukan praktik kewirausahaan di industri halal
Pustaka: Anwar, M. K., Ridlwan, A. A., Timur, Y. P., Dewi, T. N. L. C., Juliana, J., & Shikur, A. A. (2024). Business Success of Asnāf Women’s Entrepreneur: an Islamic Law Perspective. AL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 19(1), 1-26.
4%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa melakukan praktik kewirausahaan di industri halal

Mahasiswa mampu menggali praktik bisnis UMKM di industri halal

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Minggu ke-9 sampai 14
- Kuliah dengan menggunakan project based learning
- Diskusi tentang: gebyar wirausaha mahasiswa

Materi: melakukan praktik kewirausahaan di industri halal
Pustaka: Timur, Y. P. (2022). The influence of entrepreneurship education on entrepreneurial intentions in Generation Z Muslim. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Airlangga, 32(1), 81-92.

Materi: melakukan praktik kewirausahaan di industri halal
Pustaka: Anwar, M. K., Ridlwan, A. A., Timur, Y. P., Dewi, T. N. L. C., Juliana, J., & Shikur, A. A. (2024). Business Success of Asnāf Women’s Entrepreneur: an Islamic Law Perspective. AL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 19(1), 1-26.
4%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa melakukan praktik kewirausahaan di industri halal

Mahasiswa mampu menggali praktik bisnis UMKM di industri halal

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Minggu ke-9 sampai 14
- Kuliah dengan menggunakan project based learning
- Diskusi tentang: gebyar wirausaha mahasiswa

Materi: melakukan praktik kewirausahaan di industri halal
Pustaka: Timur, Y. P. (2022). The influence of entrepreneurship education on entrepreneurial intentions in Generation Z Muslim. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Airlangga, 32(1), 81-92.

Materi: melakukan praktik kewirausahaan di industri halal
Pustaka: Anwar, M. K., Ridlwan, A. A., Timur, Y. P., Dewi, T. N. L. C., Juliana, J., & Shikur, A. A. (2024). Business Success of Asnāf Women’s Entrepreneur: an Islamic Law Perspective. AL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 19(1), 1-26.
4%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa melakukan praktik kewirausahaan di industri halal

Mahasiswa mampu menggali praktik bisnis UMKM di industri halal

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Minggu ke-9 sampai 14
- Kuliah dengan menggunakan project based learning
- Diskusi tentang: gebyar wirausaha mahasiswa

Materi: melakukan praktik kewirausahaan di industri halal
Pustaka: Anwar, M. K., Ridlwan, A. A., Timur, Y. P., Dewi, T. N. L. C., Juliana, J., & Shikur, A. A. (2024). Business Success of Asnāf Women’s Entrepreneur: an Islamic Law Perspective. AL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 19(1), 1-26.

Materi: melakukan praktik kewirausahaan di industri halal
Pustaka: Anwar, M. K., Ridlwan, A. A., Timur, Y. P., Dewi, T. N. L. C., Juliana, J., & Shikur, A. A. (2024). Business Success of Asnāf Women’s Entrepreneur: an Islamic Law Perspective. AL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 19(1), 1-26.
4%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa melakukan praktik kewirausahaan di industri halal

Mahasiswa mampu menggali praktik bisnis UMKM di industri halal

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Minggu ke-9 sampai 14
- Kuliah dengan menggunakan project based learning
- Diskusi tentang: gebyar wirausaha mahasiswa

Materi: melakukan praktik kewirausahaan di industri halal
Pustaka: Anwar, M. K., Ridlwan, A. A., Timur, Y. P., Dewi, T. N. L. C., Juliana, J., & Shikur, A. A. (2024). Business Success of Asnāf Women’s Entrepreneur: an Islamic Law Perspective. AL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 19(1), 1-26.
4%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa melakukan praktik kewirausahaan di industri halal

Mahasiswa mampu menggali praktik bisnis UMKM di industri halal

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Minggu ke-9 sampai 14
- Kuliah dengan menggunakan project based learning
- Diskusi tentang: gebyar wirausaha mahasiswa

Materi: melakukan praktik kewirausahaan di industri halal
Pustaka: Suryaningsih, Sri Abidah, Abdul Hafidz, Ahmad Ajib Ridlwan, Muhammad Farid Ilhamuddin, and Khusnul Fikriyah. 2021. “Rebranding Dan Peningkatan Kualitas Produk Air Minum Dalam Kemasan ‘Maden’ Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Jombang”. Inspirasi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 1 (1):1-13. https://journal.inspirasi.or.id/....

Materi: melakukan praktik kewirausahaan di industri halal
Pustaka: Suryaningsih, Sri Abidah, Abdul Hafidz, Ahmad Ajib Ridlwan, Muhammad Farid Ilhamuddin, and Khusnul Fikriyah. 2021. “Rebranding Dan Peningkatan Kualitas Produk Air Minum Dalam Kemasan ‘Maden’ Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Jombang”. Inspirasi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 1 (1):1-13. https://journal.inspirasi.or.id/....
4%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa melakukan praktik kewirausahaan di industri halal

Mahasiswa mampu menggali praktik bisnis UMKM di industri halal

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Minggu ke 15:
- Pelaksanaan gebyar wirausaha mahasiswa

Materi: melakukan praktik kewirausahaan di industri halal
Pustaka: Suryaningsih, Sri Abidah, Abdul Hafidz, Ahmad Ajib Ridlwan, Muhammad Farid Ilhamuddin, and Khusnul Fikriyah. 2021. “Rebranding Dan Peningkatan Kualitas Produk Air Minum Dalam Kemasan ‘Maden’ Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Jombang”. Inspirasi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 1 (1):1-13. https://journal.inspirasi.or.id/....
4%

16

Minggu ke 16

UAS

Kriteria:

Rubrik Penilaian UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UAS

Materi: UAS
Pustaka: Suryaningsih, Sri Abidah, Abdul Hafidz, Ahmad Ajib Ridlwan, Muhammad Farid Ilhamuddin, and Khusnul Fikriyah. 2021. “Rebranding Dan Peningkatan Kualitas Produk Air Minum Dalam Kemasan ‘Maden’ Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Jombang”. Inspirasi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 1 (1):1-13. https://journal.inspirasi.or.id/....
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 10%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Penilaian Portofolio 12%
4. Praktik / Unjuk Kerja 28%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.