Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

MANAJEMEN PENYELENGGARAAN DAN PERWASITAN GOLF

8520204748

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

6

1 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Mohammad Faruk, S. Pd., M. Kes.




Mohammad Faruk, S. Pd., M. Kes




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif.

PLO-9

Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami konsep dasar manajemen penyelenggaraan turnamen golf.

PO - 2

Menganalisis regulasi dan peraturan golf yang berlaku secara nasional dan internasional.

PO - 3

Merancang dan mengelola turnamen golf dengan memperhatikan aspek teknis dan non-teknis

PO - 4

Mengembangkan keterampilan perwasitan golf sesuai dengan standar yang berlaku.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-6PLO-7PLO-9
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dan praktik manajemen dalam penyelenggaraan perlombaan golf, termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Selain itu, mahasiswa akan mempelajari aspek perwasitan dalam cabor golf, serta etika dan aturan yang berlaku.

Pustaka

Utama :

  1. R&A & USGA. (2021). The Rules of Golf. R&A Rules Limited & United States Golf Association.
  2. Principles of Golf Course Management

Pendukung :

Dosen Pengampu

Mohammad Faruk, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

mahasiswa memahami dan menguasai tentang Sejarah dan perkembangan golf

mahasiswa mampu menjelaskan tentang sejarah dan pekembangan golf

Kriteria:

mejelaskan sejarah dan perkembangan golf


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
200 menit
mencari referensi yang relevan di internet
200 menit
Materi: perkembangan olahraga golf
Pustaka: R&A & USGA. (2021). The Rules of Golf. R&A Rules Limited & United States Golf Association.
5%

2

Minggu ke 2

Manajemen Penyelenggaraan Turnamen Golf

Tugas Individu

Kriteria:

mengejakan tugas individu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, studi kasus
200 menit

5%

3

Minggu ke 3

Perencanaan Turnamen Golf

Proposal turnamen

Kriteria:

menyusun proposal turnamen


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, simulasi
200 menit
Studi Literatur
100 menit
10%

4

Minggu ke 4

Peraturan Golf (Rules of Golf)

analisis regulasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, Studi kasus
200 menit

5%

5

Minggu ke 5

Tugas dan tanggung jawab wasit golf

laporan observasi

Kriteria:

observasi lapangan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
ceramadan diskusi
200 menit
studi literatur
100 menit
10%

6

Minggu ke 6

sistem skor dalam golf

latihan sistem skor

Kriteria:

latihan sistem skor


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Simulasi dan diskusi
200 menit
studi literatur di youtube
100 menit
5%

7

Minggu ke 7

proposal manajemen even

Kriteria:

menyelesaikan proposal


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, Simulasi
200 menit
studi literatur
100 menit
10%

8

Minggu ke 8

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ujian Tengah Semester
100 menit

10%

9

Minggu ke 9

Manajemen Keuangan dalam Turnamen Golf

Penyusunan anggaran

Kriteria:

Penyusunan anggaran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, Simulasi
200 menit
studi literatur
100 menit
5%

10

Minggu ke 10

Manajemen Risiko dalam Turnamen Golf

Identifikasi resiko


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
studi kasus
200 menit

5%

11

Minggu ke 11

Media dan Promosi Turnamen Golf

presentasi strategi promosi

Kriteria:

presentasi strategi promosi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi
200 menit
studi literatur
100 menit
10%

12

Minggu ke 12

Media dan Promosi Turnamen Golf

presentasi strategi promosi

Kriteria:

presentasi strategi promosi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah, diskusi
200 menit
studi literatur
100 menit
0%

13

Minggu ke 13

Etika dan Profesionalisme dalam Golf

Essay reflektif

Kriteria:

Essay reflektif


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, Studi kasus
200 menit

5%

14

Minggu ke 14

Praktik Penyelenggaraan dan Perwasitan

Laporan praktik

Kriteria:

Laporan praktik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek
200 menit

5%

15

Minggu ke 15

Praktik Penyelenggaraan dan Perwasitan

Laporan praktik

Kriteria:

Laporan praktik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek
200 menit

5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Ujian Praktik
100 menit
Ujian Tulis
100 menit
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 40%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 24.17%
3. Penilaian Praktikum 15.83%
4. Praktik / Unjuk Kerja 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.