
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Futsal |
8520203690 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
5 |
2 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
|
MUHAMMAD |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep periodisasi dalam program latihan futsal, termasuk perbedaan antara tahapan persiapan umum dan persiapan khusus
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menyusun tahapan persiapan umum yang fokus pada pengembangan komponen fisik aerobic endurance(kardiovaskular danotot), dengan latihan yang sesuai untuk meningkatkan daya tahan dasar
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merancang tahapan persiapan khusus yang memfokuskan pada pengembangan anaerobic endurance(kardiovaskular danotot), melalui latiha nyang ditujukan untuk daya tahan intensitas tinggi dalam futsal
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menerapkan strategi latihan untuk meningkatkan teknik menyerang dalam futsal, dengan menyesuaikan intensitas dan jenis latihan pada tahapan persiapan umum dan khusus
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengembangkan latihan bertahan yang efektif, termasuk prinsip dasar bertahan individu dan tim, sesuai dengan tahap periodisasi yang disusun
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu merencanakan latihan transisi, baik dari menyerang ke bertahan maupun sebaliknya, yang efektif dan sesuai dengan tuntutan taktik dalam permainan futsal pada tahapan persiapan yang dirancang
|
PO - 7 |
UTS
|
PO - 8 |
UAS
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-2 | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | | ✔ | ✔ | | PO-5 | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-7 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-8 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dalam merancang program latihan untuk atlet futsal tingkat elit. Mahasiswa akan mempelajari prinsip periodisasi, analisis kebutuhan fisik dan teknis, serta strategi latihan dan evaluasi performa |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
ARIF BULQINI I DEWA MADE ARYANANDA WIJAYA KUSUMA BHEKTI LESTARI AFIF DWI NUGRAHA RIZKY MUHAMMAD SIDIK Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed. Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed. Afif Dwi Nugraha, M.Pd. Afif Dwi Nugraha, M.Pd. Dr. I Dewa Made Aryananda Wijaya Kusuma, S.Pd., M.Or. Dr. I Dewa Made Aryananda Wijaya Kusuma, S.Pd., M.Or. Dr. Drs. Arif Bulqini, M.Kes. Dr. Drs. Arif Bulqini, M.Kes. Bhekti Lestari, S.Pd., M.Kes. Bhekti Lestari, S.Pd., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep periodisasi dalam program latihan futsal, termasuk perbedaan antara tahapan persiapan umum dan persiapan khusus. |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dasar periodisasi dan membedakan antara tujuan serta karakteristik tahapan persiapan umum dan persiapan khusus dalam program latihan futsal. |
Kriteria:
Penjelasan periodisasi dalam futsal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,Diskusi,Persentasi dan Tanya Jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep periodisasi dalam program latihan futsal, Perbedaan tahapan persiapan umum dan persiapan khusus Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep periodisasi dalam program latihan futsal, termasuk perbedaan antara tahapan persiapan umum dan persiapan khusus. |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dasar periodisasi dan membedakan antara tujuan serta karakteristik tahapan persiapan umum dan persiapan khusus dalam program latihan futsal. |
Kriteria:
Penjelasan periodisasi dalam futsal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,Diskusi,Persentasi dan Tanya Jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep periodisasi dalam program latihan futsal, Perbedaan tahapan persiapan umum dan persiapan khusus Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep periodisasi dalam program latihan futsal, termasuk perbedaan antara tahapan persiapan umum dan persiapan khusus. |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dasar periodisasi dan membedakan antara tujuan serta karakteristik tahapan persiapan umum dan persiapan khusus dalam program latihan futsal. |
Kriteria:
Penjelasan periodisasi dalam futsal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,Diskusi,Persentasi dan Tanya Jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep periodisasi dalam program latihan futsal, Perbedaan tahapan persiapan umum dan persiapan khusus Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep periodisasi dalam program latihan futsal, termasuk perbedaan antara tahapan persiapan umum dan persiapan khusus. |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dasar periodisasi dan membedakan antara tujuan serta karakteristik tahapan persiapan umum dan persiapan khusus dalam program latihan futsal. |
Kriteria:
Penjelasan periodisasi dalam futsal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,Diskusi,Persentasi dan Tanya Jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep periodisasi dalam program latihan futsal, Perbedaan tahapan persiapan umum dan persiapan khusus Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengembangkan latihan bertahan yang efektif, termasuk prinsip dasar bertahan individu dan tim, sesuai dengan tahap periodisasi yang disusun. |
Mahasiswa mampu mengembangkan dan menjelaskan latihan bertahan yang efektif berdasarkan prinsip pertahanan individu dan tim yang sesuai dengan tahap periodisasi latihan. |
Kriteria:
Penyusunan Periodesasi strategi latihan taktik bertahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,Diskusi,Persentasi dan Tanya Jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep anaerobic endurance dalam futsal, Prinsip latihan intensitas tinggi, Rancangan program latihan untuk pengembangan anaerobic endurance Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mengembangkan latihan bertahan yang efektif, termasuk prinsip dasar bertahan individu dan tim, sesuai dengan tahap periodisasi yang disusun. |
Mahasiswa mampu mengembangkan dan menjelaskan latihan bertahan yang efektif berdasarkan prinsip pertahanan individu dan tim yang sesuai dengan tahap periodisasi latihan. |
Kriteria:
Penyusunan Periodesasi strategi latihan taktik bertahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,Diskusi,Persentasi dan Tanya Jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep anaerobic endurance dalam futsal, Prinsip latihan intensitas tinggi, Rancangan program latihan untuk pengembangan anaerobic endurance Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengembangkan latihan bertahan yang efektif, termasuk prinsip dasar bertahan individu dan tim, sesuai dengan tahap periodisasi yang disusun. |
Mahasiswa mampu mengembangkan dan menjelaskan latihan bertahan yang efektif berdasarkan prinsip pertahanan individu dan tim yang sesuai dengan tahap periodisasi latihan. |
Kriteria:
Penyusunan Periodesasi strategi latihan taktik bertahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,Diskusi,Persentasi dan Tanya Jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep anaerobic endurance dalam futsal, Prinsip latihan intensitas tinggi, Rancangan program latihan untuk pengembangan anaerobic endurance Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengembangkan latihan bertahan yang efektif, termasuk prinsip dasar bertahan individu dan tim, sesuai dengan tahap periodisasi yang disusun. |
Mahasiswa mampu mengembangkan dan menjelaskan latihan bertahan yang efektif berdasarkan prinsip pertahanan individu dan tim yang sesuai dengan tahap periodisasi latihan. |
Kriteria:
Penyusunan Periodesasi strategi latihan taktik bertahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,Diskusi,Persentasi dan Tanya Jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep anaerobic endurance dalam futsal, Prinsip latihan intensitas tinggi, Rancangan program latihan untuk pengembangan anaerobic endurance Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan strategi latihan yang sesuai untuk meningkatkan teknik menyerang dalam futsal, dengan memperhatikan intensitas dan jenis latihan pada tahapan persiapan umum dan khusus. |
- teknik menyerang yang diperlihatkan dalam latihan
- penyesuaian intensitas latihan dengan tahapan persiapan
- pemahaman konsep strategi latihan futsal
|
Kriteria:
nilai penuh jika dapat melaksanakan tugas dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi, tanya jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep strategi latihan futsal, Penerapan intensitas latihan, Jenis latihan untuk meningkatkan teknik menyerang Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan strategi latihan yang sesuai untuk meningkatkan teknik menyerang dalam futsal, dengan memperhatikan intensitas dan jenis latihan pada tahapan persiapan umum dan khusus. |
- teknik menyerang yang diperlihatkan dalam latihan
- penyesuaian intensitas latihan dengan tahapan persiapan
- pemahaman konsep strategi latihan futsal
|
Kriteria:
nilai penuh jika dapat melaksanakan tugas dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi, tanya jawab 4 X 50 |
|
Materi: Konsep strategi latihan futsal, Penerapan intensitas latihan, Jenis latihan untuk meningkatkan teknik menyerang Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan latihan bertahan yang efektif dalam futsal, memahami prinsip dasar bertahan individu dan tim, serta menerapkan konsep periodisasi dalam perencanaan program latihan. |
- latihan bertahan individu yang efektif
- latihan bertahan tim yang terkoordinasi
- integrasi prinsip dasar bertahan dalam program latihan
|
Kriteria:
nilai penuh jika dapat melaksanakan tugas dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Kolaboratif. 4 X 50 |
Diskusi daring tentang penerapan prinsip dasar bertahan dalam situasi latihan futsal simulasi
|
Materi: Prinsip Dasar Bertahan Individu, Strategi Bertahan Tim, Periodisasi Latihan Futsal Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan latihan bertahan yang efektif dalam futsal, memahami prinsip dasar bertahan individu dan tim, serta menerapkan konsep periodisasi dalam perencanaan program latihan. |
- latihan bertahan individu yang efektif
- latihan bertahan tim yang terkoordinasi
- integrasi prinsip dasar bertahan dalam program latihan
|
Kriteria:
nilai penuh jika dapat melaksanakan tugas dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Kolaboratif. 4 X 50 |
Diskusi daring tentang penerapan prinsip dasar bertahan dalam situasi latihan futsal simulasi
|
Materi: Prinsip Dasar Bertahan Individu, Strategi Bertahan Tim, Periodisasi Latihan Futsal Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan merencanakan latihan transisi yang efektif dalam permainan futsal, sehingga dapat meningkatkan kualitas permainan tim dalam menghadapi situasi perubahan taktik. |
- Kemampuan merencanakan latihan transisi yang sesuai dengan taktik futsal
- Kemampuan menjelaskan prinsip-prinsip latihan transisi dalam futsal
- Kemampuan menerapkan latihan transisi dalam situasi permainan
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 4 X 50 |
|
Materi: Prinsip-prinsip Latihan Transisi dalam Futsal, Strategi Menyerang ke Bertahan dalam Futsal, Strategi Bertahan ke Menyerang dalam Futsal Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan merencanakan latihan transisi yang efektif dalam permainan futsal, sehingga dapat meningkatkan kualitas permainan tim dalam menghadapi situasi perubahan taktik. |
- Kemampuan merencanakan latihan transisi yang sesuai dengan taktik futsal
- Kemampuan menjelaskan prinsip-prinsip latihan transisi dalam futsal
- Kemampuan menerapkan latihan transisi dalam situasi permainan
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 4 X 50 |
|
Materi: Prinsip-prinsip Latihan Transisi dalam Futsal, Strategi Menyerang ke Bertahan dalam Futsal, Strategi Bertahan ke Menyerang dalam Futsal Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan merencanakan latihan transisi yang efektif dalam permainan futsal, sehingga dapat meningkatkan kualitas permainan tim dalam menghadapi situasi perubahan taktik. |
- Kemampuan merencanakan latihan transisi yang sesuai dengan taktik futsal
- Kemampuan menjelaskan prinsip-prinsip latihan transisi dalam futsal
- Kemampuan menerapkan latihan transisi dalam situasi permainan
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 4 X 50 |
|
Materi: Prinsip-prinsip Latihan Transisi dalam Futsal, Strategi Menyerang ke Bertahan dalam Futsal, Strategi Bertahan ke Menyerang dalam Futsal Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan merencanakan latihan transisi yang efektif dalam permainan futsal, sehingga dapat meningkatkan kualitas permainan tim dalam menghadapi situasi perubahan taktik. |
- Kemampuan merencanakan latihan transisi yang sesuai dengan taktik futsal
- Kemampuan menjelaskan prinsip-prinsip latihan transisi dalam futsal
- Kemampuan menerapkan latihan transisi dalam situasi permainan
|
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 4 X 50 |
|
Materi: Prinsip-prinsip Latihan Transisi dalam Futsal, Strategi Menyerang ke Bertahan dalam Futsal, Strategi Bertahan ke Menyerang dalam Futsal Pustaka: Handbook Perkuliahan |
25% |