Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kimia Dasar

2020103456

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

2 Mei 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T.




Prof. Dr. Nurhayati, S.T., M.T.




LUSIA RAKHMAWATI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip teknik elektro

PLO-6

Mampu mendesain komponen sistem dan/atau proses untuk dapat diaplikasikan di bidang teknik elektro

PLO-8

Mampu menerapkan prinsip – prinsip keteknikan, mengidentifikasi, merumuskan, dan menganalisis data/ informasi untuk menyelesaikan permasalahan di bidang elektro

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar kimia meliputi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur

PO - 2

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar kimia meliputi Stoikiometri

PO - 3

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar kimia meliputi Termokimia dan Kinetika Reaksi

PO - 4

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar kimia meliputi Reaksi Redoks dan Elektrokimia Dasar

PO - 5

Mahasiswa mampu menggunakan konsep dasar kimia meliputi Material Padat termodifikasi dan aplikasinya

PO - 6

Mahasiswa mampu mengintegrasikan konsep dasar kimia dalam studi kasus yang relevan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6PLO-8
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman fundamental tentang prinsip-prinsip kimia yang relevan dalam bidang teknik. Materi perkuliahan mencakup struktur atom dan sistem periodik, ikatan kimia, stoikiometri, hukum-hukum dasar kimia, termokimia, kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, serta sifat larutan dan elektrokimia. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari konsep korosi dan perlindungan material, yang memiliki aplikasi penting dalam rekayasa elektro dan teknologi material. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami sifat-sifat dasar bahan dan reaksinya, yang dapat diterapkan dalam analisis dan pengembangan perangkat elektronik, sistem tenaga listrik, serta teknologi semikonduktor. Mata kuliah ini juga mencakup praktikum yang bertujuan untuk melatih keterampilan analisis kimia serta pemahaman terhadap fenomena kimia dalam konteks teknik elektro.

Pustaka

Utama :

  1. Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019
  2. Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018

Pendukung :

  1. Stefanos Trachanas, An Introduction to Quantum Physics: A First Course for Physicists, Chemists, Materials Scientists, and Engineers, Wiley-VCH, 2017
  2. Kingsley Augustine, Basic Chemistry Calculations: A book for Chemistry and Chemical Engineering Students,2021

Dosen Pengampu

WAHYU SASONGKO PUTRO

PRADINI PUSPITANINGAYU

IKA FITRI ULFINDRAYANI

YANDHIKA SURYA AKBAR GUMILANG

Yandhika Surya Akbar Gumilang, S.T., M.T.

Yandhika Surya Akbar Gumilang, S.T., M.T.

Ir. Wahyu Sasongko Putro, B.Eng., M.Sc., IPM., ASEAN Eng., APEC Eng.

Ir. Wahyu Sasongko Putro, B.Eng., M.Sc., IPM., ASEAN Eng., APEC Eng.

Pradini Puspitaningayu, S.T., M.T., Ph.D.

Pradini Puspitaningayu, S.T., M.T., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjelaskan konsep dasar atom, molekul, dan ion

Mahasiswa mampu mengklasifikasikan konsep dasar atom, molekul, dan ion

Kriteria:

Ketepatan analisis dan pemahaman konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, latihan soal
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi, latihan soal
3 x 50 menit
Materi: Struktur atom dan sistem periodik
Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019
2%

2

Minggu ke 2

Mampu mendefinisikan dan menggolongkan unsur dalam sistem periodik unsur

Mahasiswa mampu menentukan sifat unsur dalam tabel periodik unsur melalui konfigurasi elektron

Kriteria:

Ketepatan dalam menentukan sifat unsur dalam tabel periodik unsur melalui konfigurasi elektron


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi, latihan soal
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi, latihan soal
3 x 50 menit
Materi: Konfigurasi Elektron
Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019
3%

3

Minggu ke 3

  1. Mampu mendefinisikan dan menggolongkan unsur dalam sistem periodik unsur
  2. Mampu mendefinisikan dan menggolongkan ikatan kimia
  1. Mahasiswa mampu menentukan sifat unsur dalam tabel periodik unsur
  2. Mahasiswa mampu membedakan perbedaan ikatan dalam senyawa kimia
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menentukan sifat unsur dalam tabel periodik unsur
  2. Ketepatan dalam membedakan jenis-jenis ikatan kimia

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi, latihan soal
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi, latihan soal
3 x 50 menit
Materi: Sifat periodik unsur
Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019

Materi: Ikatan Kimia dan Struktur Molekul
Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018
3%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami konsep Stoikiometri

Mahasiswa mampu memahami konsep penggunaan Hukum Dasar Kimia

Kriteria:

Ketepatan analisis dan pemahaman konsep penggunaan Stoikiometri


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi, simulasi
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi, simulasi
3 x 50 menit
Materi: Stoikiometri
Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018
3%

5

Minggu ke 5

Mampu menyelesaikan perhitungan dasar stoikiometri

Mahasiswa mampu menyelesaikan perhitungan dasar stoikiometri meliputi konsep mol, rumus empiris dan rumus molekul

Kriteria:

Ketepatan dalam perhitungan stoikiometri


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi, simulasi
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi, simulasi
3 x 50 menit
Materi: Stoikiometri
Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018
3%

6

Minggu ke 6

Mampu menyelesaikan perhitungan dasar Termokimia

Mahasiswa mampu menyelesaikan perhitungan dasar Termokimia meliputi kapasitas panas, entalpi dan kalorimetri

Kriteria:

Ketepatan dalam perhitungan dasar Termokimia meliputi kapasitas panas, entalpi dan kalorimetri


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, latihan soal
3 x 50 menit
Ceramah, latihan soal
3 x 50 menit
Materi: Termokimia
Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018
4%

7

Minggu ke 7

Mampu menyelesaikan perhitungan dasar Kinetika Kimia

Mahasiswa mampu menyelesaikan perhitungan dasar Kinetika Kimia meliputi penentuan laju reaksi, orde dan konstanta laju reaksi

Kriteria:

Ketepatan dalam perhitungan dasar Kinetika Kimia meliputi penentuan laju reaksi, orde dan konstanta laju reaksi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, latihan soal
3 x 50 menit
Ceramah, latihan soal
3 x 50 menit
Materi: Kinetika Kimia
Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018
3%

8

Minggu ke 8

Menyelesaiakan soal-soal formatif

Materi Pertemuan 1-7

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
3 x 50 menit
Tes
3 x 50 menit
Materi: Basic Chemistry
Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019
25%

9

Minggu ke 9

Mampu menjelaskan prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia

Ketepatan menjelaskan prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia

Kriteria:

Ketepatan dalam memahami prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ceramah, diskusi
3 x 50 menit
Ceramah, latihan soal
3 x 50 menit
Materi: Konsep reaksi redoks, Sel Volta dan Sel Elektrokimia
Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019
3%

10

Minggu ke 10

Mampu menjelaskan prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia

Ketepatan menjelaskan prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia

Kriteria:

Ketepatan dalam memahami prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi
3 x 50 menit
Ceramah, latihan soal
3 x 50 menit
Materi: Elektrokimia
Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018
3%

11

Minggu ke 11

Mampu menjelaskan prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia

Ketepatan menjelaskan prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia

Kriteria:

Ketepatan dalam memahami prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi
3 x 50 menit
Ceramah, latihan soal
3 x 50 menit
Materi: Elektrokimia : Pengaruh konsentrasi dan Hukum Nerst
Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019
3%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami konsep dasar kimia material padat termodifikasi dan aplikasinya

Mahasiswa mampu memahami konsep kimia material padat termodifikasi meliputi polimer dan nanomaterial konduktif

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan konsep material padat polimer dan nanomaterial konduktif dan aplikasinya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi
3 x 50 menit
5%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami konsep dasar kimia material padat termodifikasi dan aplikasinya

Mahasiswa mampu memahami konsep kimia material padat termodifikasi meliputi polimer dan nanomaterial konduktif

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan konsep material padat polimer dan nanomaterial konduktif dan aplikasinya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi
3 x 50 menit
5%

14

Minggu ke 14

Mampu mengintegrasikan prinsip dasar pada studi kasus yang relevan menganai material padat konduktif

Mahasiswa mampu mengintegrasikan prinsip dasar kimia pada studi kasus yang relevan menganai material padat konduktif

Kriteria:

Ketepatan mengintegrasikan prinsip dasar pada studi kasus yang relevan menganai material padat konduktif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus
3 x 50 menit
studi kasus
3 x 50 menit
5%

15

Minggu ke 15

Mampu mengintegrasikan prinsip dasar pada studi kasus yang relevan menganai material padat konduktif

Mahasiswa mampu mengintegrasikan prinsip dasar kimia pada studi kasus yang relevan menganai material padat konduktif

Kriteria:

Ketepatan mengintegrasikan prinsip dasar pada studi kasus yang relevan menganai material padat konduktif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus
3 x 50 menit
studi kasus
3 x 50 menit
5%

16

Minggu ke 16

menyelesaikan sola sumatif

Materi Pertemuan 9-15

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
3 x 50 menit
Tes
3 x 50 menit
Materi: Basic Chemistry
Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 35.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 1%
3. Tes 63.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.