
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kimia Dasar |
2020103456 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
2 Mei 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T.
|
Prof. Dr. Nurhayati, S.T., M.T.
|
LUSIA RAKHMAWATI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip teknik elektro |
PLO-6 |
Mampu mendesain komponen sistem dan/atau proses untuk dapat diaplikasikan di bidang teknik elektro |
PLO-8 |
Mampu menerapkan prinsip – prinsip keteknikan, mengidentifikasi, merumuskan, dan menganalisis data/ informasi untuk menyelesaikan permasalahan di bidang elektro |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar kimia meliputi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar kimia meliputi Stoikiometri
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar kimia meliputi Termokimia dan Kinetika Reaksi
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar kimia meliputi Reaksi Redoks dan Elektrokimia Dasar
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu menggunakan konsep dasar kimia meliputi Material Padat termodifikasi dan aplikasinya
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan konsep dasar kimia dalam studi kasus yang relevan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ | | PO-5 | | | ✔ | | PO-6 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini
memberikan pemahaman fundamental tentang prinsip-prinsip kimia yang relevan dalam bidang teknik. Materi perkuliahan mencakup struktur atom dan sistem periodik, ikatan kimia, stoikiometri, hukum-hukum dasar kimia, termokimia, kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, serta sifat larutan dan elektrokimia. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari konsep korosi dan perlindungan material, yang memiliki aplikasi penting dalam rekayasa elektro dan teknologi material.
Melalui perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami sifat-sifat dasar bahan dan reaksinya, yang dapat diterapkan dalam analisis dan pengembangan perangkat elektronik, sistem tenaga listrik, serta teknologi semikonduktor. Mata kuliah ini juga mencakup praktikum yang bertujuan untuk melatih keterampilan analisis kimia serta pemahaman terhadap fenomena kimia dalam konteks teknik elektro. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019
- Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018
|
Pendukung : |
|
- Stefanos Trachanas, An Introduction to Quantum Physics: A First Course for Physicists, Chemists, Materials Scientists, and Engineers, Wiley-VCH, 2017
- Kingsley Augustine, Basic Chemistry Calculations: A book for Chemistry and Chemical Engineering Students,2021
|
Dosen Pengampu
|
WAHYU SASONGKO PUTRO PRADINI PUSPITANINGAYU IKA FITRI ULFINDRAYANI YANDHIKA SURYA AKBAR GUMILANG Yandhika Surya Akbar Gumilang, S.T., M.T. Yandhika Surya Akbar Gumilang, S.T., M.T. Ir. Wahyu Sasongko Putro, B.Eng., M.Sc., IPM., ASEAN Eng., APEC Eng. Ir. Wahyu Sasongko Putro, B.Eng., M.Sc., IPM., ASEAN Eng., APEC Eng. Pradini Puspitaningayu, S.T., M.T., Ph.D. Pradini Puspitaningayu, S.T., M.T., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menjelaskan konsep dasar atom, molekul, dan ion |
Mahasiswa mampu mengklasifikasikan konsep dasar atom, molekul, dan ion |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, latihan soal 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 3 x 50 menit |
Materi: Struktur atom dan sistem periodik Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019 |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mendefinisikan dan menggolongkan unsur dalam sistem periodik unsur |
Mahasiswa mampu menentukan sifat unsur dalam tabel periodik unsur melalui konfigurasi elektron |
Kriteria:
Ketepatan dalam menentukan sifat unsur dalam tabel periodik unsur melalui konfigurasi elektron Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah, diskusi, latihan soal 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 3 x 50 menit |
Materi: Konfigurasi Elektron Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019 |
3% |
3
Minggu ke 3 |
- Mampu mendefinisikan dan menggolongkan unsur dalam sistem periodik unsur
- Mampu mendefinisikan dan menggolongkan ikatan kimia
|
- Mahasiswa mampu menentukan sifat unsur dalam tabel periodik unsur
- Mahasiswa mampu membedakan perbedaan ikatan dalam senyawa kimia
|
Kriteria:
- Ketepatan dalam menentukan sifat unsur dalam tabel periodik unsur
- Ketepatan dalam membedakan jenis-jenis ikatan kimia
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah, diskusi, latihan soal 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 3 x 50 menit |
Materi: Sifat periodik unsur Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019 Materi: Ikatan Kimia dan Struktur Molekul Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018 |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahami konsep Stoikiometri |
Mahasiswa mampu memahami konsep penggunaan Hukum Dasar Kimia |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan pemahaman konsep penggunaan Stoikiometri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah, diskusi, simulasi 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, simulasi 3 x 50 menit |
Materi: Stoikiometri Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018 |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menyelesaikan perhitungan dasar stoikiometri |
Mahasiswa mampu menyelesaikan perhitungan dasar stoikiometri meliputi konsep mol, rumus empiris dan rumus molekul |
Kriteria:
Ketepatan dalam perhitungan stoikiometri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah, diskusi, simulasi 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, simulasi 3 x 50 menit |
Materi: Stoikiometri Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018 |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menyelesaikan perhitungan dasar Termokimia |
Mahasiswa mampu menyelesaikan perhitungan dasar Termokimia meliputi kapasitas panas, entalpi dan kalorimetri |
Kriteria:
Ketepatan dalam perhitungan dasar Termokimia meliputi kapasitas panas, entalpi dan kalorimetri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah, latihan soal 3 x 50 menit |
Ceramah, latihan soal 3 x 50 menit |
Materi: Termokimia Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018 |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menyelesaikan perhitungan dasar Kinetika Kimia |
Mahasiswa mampu menyelesaikan perhitungan dasar Kinetika Kimia meliputi penentuan laju reaksi, orde dan konstanta laju reaksi |
Kriteria:
Ketepatan dalam perhitungan dasar Kinetika Kimia meliputi penentuan laju reaksi, orde dan konstanta laju reaksi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah, latihan soal 3 x 50 menit |
Ceramah, latihan soal 3 x 50 menit |
Materi: Kinetika Kimia Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018 |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Menyelesaiakan soal-soal formatif |
Materi Pertemuan 1-7 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 3 x 50 menit |
Tes 3 x 50 menit |
Materi: Basic Chemistry Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019 |
25% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menjelaskan prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia |
Ketepatan menjelaskan prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia |
Kriteria:
Ketepatan dalam memahami prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah, latihan soal 3 x 50 menit |
Materi: Konsep reaksi redoks, Sel Volta dan Sel Elektrokimia Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019 |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menjelaskan prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia |
Ketepatan menjelaskan prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia |
Kriteria:
Ketepatan dalam memahami prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah, diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah, latihan soal 3 x 50 menit |
Materi: Elektrokimia Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018 |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menjelaskan prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia |
Ketepatan menjelaskan prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia |
Kriteria:
Ketepatan dalam memahami prinsip dasar reaksi redoks dan elektrokimia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah, diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah, latihan soal 3 x 50 menit |
Materi: Elektrokimia : Pengaruh konsentrasi dan Hukum Nerst Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019 |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami konsep dasar kimia material padat termodifikasi dan aplikasinya |
Mahasiswa mampu memahami konsep kimia material padat termodifikasi meliputi polimer dan nanomaterial konduktif |
Kriteria:
Ketepatan menjelaskan konsep material padat polimer dan nanomaterial konduktif dan aplikasinya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi 3 x 50 menit |
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memahami konsep dasar kimia material padat termodifikasi dan aplikasinya |
Mahasiswa mampu memahami konsep kimia material padat termodifikasi meliputi polimer dan nanomaterial konduktif |
Kriteria:
Ketepatan menjelaskan konsep material padat polimer dan nanomaterial konduktif dan aplikasinya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi 3 x 50 menit |
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengintegrasikan prinsip dasar pada studi kasus yang relevan menganai material padat konduktif |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan prinsip dasar kimia pada studi kasus yang relevan menganai material padat konduktif |
Kriteria:
Ketepatan mengintegrasikan prinsip dasar pada studi kasus yang relevan menganai material padat konduktif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus 3 x 50 menit |
studi kasus 3 x 50 menit |
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu mengintegrasikan prinsip dasar pada studi kasus yang relevan menganai material padat konduktif |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan prinsip dasar kimia pada studi kasus yang relevan menganai material padat konduktif |
Kriteria:
Ketepatan mengintegrasikan prinsip dasar pada studi kasus yang relevan menganai material padat konduktif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus 3 x 50 menit |
studi kasus 3 x 50 menit |
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
menyelesaikan sola sumatif |
Materi Pertemuan 9-15 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 3 x 50 menit |
Tes 3 x 50 menit |
Materi: Basic Chemistry Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019 |
25% |