
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kimia Dasar |
2020103456 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
2 Mei 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T.
|
Prof. Dr. Nurhayati, S.T., M.T.
|
Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip teknik elektro |
PLO-6 |
Mampu mendesain komponen sistem dan/atau proses untuk dapat diaplikasikan di bidang teknik elektro |
PLO-8 |
Mampu menerapkan prinsip – prinsip keteknikan, mengidentifikasi, merumuskan, dan menganalisis data/ informasi untuk menyelesaikan permasalahan di bidang elektro |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dasar kimia dan penerapannya dalam teknik elektro
|
PO - 2 |
Memahami konsep ikatan kimia dan reaksi kimia
|
PO - 3 |
Memahami konsep stoikiometri dan hukum dasar kimia
|
PO - 4 |
Memahami konsep larutan dan sifat koligatifnya
|
PO - 5 |
Memahami konsep termokimia dan aplikasinya
|
PO - 6 |
Memahami konsep elektrokimia dan penerapannya
|
PO - 7 |
Memahami konsep kinetika kimia dan kesetimbangan kimia
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | | PO-5 | | | ✔ | | PO-6 | | | ✔ | | PO-7 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini
memberikan pemahaman fundamental tentang prinsip-prinsip kimia yang relevan dalam bidang teknik. Materi perkuliahan mencakup struktur atom dan sistem periodik, ikatan kimia, stoikiometri, hukum-hukum dasar kimia, termokimia, kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, serta sifat larutan dan elektrokimia. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari konsep korosi dan perlindungan material, yang memiliki aplikasi penting dalam rekayasa elektro dan teknologi material.
Melalui perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami sifat-sifat dasar bahan dan reaksinya, yang dapat diterapkan dalam analisis dan pengembangan perangkat elektronik, sistem tenaga listrik, serta teknologi semikonduktor. Mata kuliah ini juga mencakup praktikum yang bertujuan untuk melatih keterampilan analisis kimia serta pemahaman terhadap fenomena kimia dalam konteks teknik elektro. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019
- Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018
|
Pendukung : |
|
- Stefanos Trachanas, An Introduction to Quantum Physics: A First Course for Physicists, Chemists, Materials Scientists, and Engineers, Wiley-VCH, 2017
- Kingsley Augustine, Basic Chemistry Calculations: A book for Chemistry and Chemical Engineering Students,2021
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan konsep dasar atom, molekul, dan ion |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar atom, molekul, dan ion |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, latihan soal 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 3 x 50 menit |
Materi: Struktur atom dan sistem periodik Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019 |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu Menentukan sifat periodik unsur dalam tabel periodik |
mahasiswa mampu menentukan sifat periodik unsur dalam tabel periodik |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, latihan soal 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 3 x 50 menit |
Materi: Struktur atom dan sistem periodik Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019 Materi: Sifat periodik unsur Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019 |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan jenis-jenis ikatan kimia |
mahasiswa mampu Menjelaskan jenis-jenis ikatan kimia |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan pemahaman konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, simulasi 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, simulasi 3 x 50 menit |
Materi: Sifat periodik unsur Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019 |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan jenis-jenis ikatan kimia |
mahasiswa mampu Menjelaskan jenis-jenis ikatan kimia |
Kriteria:
Ketepatan analisis energi ikatan dan stabilitas senyawa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, latihan soal 3 x 50 menit |
Diskusi, latihan soal 3 x 50 menit |
Materi: Energi ikatan dan stabilitas Pustaka: Kingsley Augustine, Basic Chemistry Calculations: A book for Chemistry and Chemical Engineering Students,2021 |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan jenis-jenis ikatan kimia |
mahasiswa mampu Menghitung massa molar dan jumlah mol suatu zat |
Kriteria:
Ketepatan perhitungan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, latihan soal 3 x 50 menit |
Ceramah, latihan soal 3 x 50 menit |
Materi: Stoikiometri Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018 |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Menentukan persamaan reaksi setara |
mahasiswa mampu Menghitung massa molar dan jumlah mol suatu zat |
Kriteria:
Ketepatan Menentukan persamaan reaksi setara Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, latihan soal 3 x 50 menit |
Ceramah, latihan soal 3 x 50 menit |
Materi: Penyetaraan reaksi Pustaka: Stefanos Trachanas, An Introduction to Quantum Physics: A First Course for Physicists, Chemists, Materials Scientists, and Engineers, Wiley-VCH, 2017 |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Menjelaskan jenis-jenis larutan dan konsentrasinya |
mahasiswa mampu Menghitung massa molar dan jumlah mol suatu zat |
Kriteria:
Ketepatan Menentukan persamaan reaksi setara Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, latihan soal 3 x 50 menit |
Ceramah, latihan soal 3 x 50 menit |
Materi: Larutan dan konsentrasi Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019 |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Menyelesaiakan soal-soal formatif |
mahasiswa mampu Menghitung massa molar dan jumlah mol suatu zat |
Kriteria:
Ketepatan Menentukan persamaan reaksi setara Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
tes 3 x 50 menit |
tes 3 x 50 menit |
Materi: Penyetaraan reaksi Pustaka: Stefanos Trachanas, An Introduction to Quantum Physics: A First Course for Physicists, Chemists, Materials Scientists, and Engineers, Wiley-VCH, 2017 Materi: Larutan dan konsentrasi Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019 |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan jenis-jenis larutan dan konsentrasinya |
mahasiswa mampu Menghitung massa molar dan jumlah mol suatu zat |
Kriteria:
Ketepatan Menentukan persamaan reaksi setara Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah, latihan soal 3 x 50 menit |
Materi: Hukum termodinamika Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019 |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia |
mahasiswa mampu Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia |
Kriteria:
Ketepatan Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, lathan soal 3 x 50 menit |
Ceramah, latihan soal 3 x 50 menit |
Materi: Perubahan entalpi Pustaka: Kingsley Augustine, Basic Chemistry Calculations: A book for Chemistry and Chemical Engineering Students,2021 |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia |
mahasiswa mampu Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia |
Kriteria:
KetepatanMenjelaskan prinsip dasar elektrokimia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi 3 x 50 menit |
Materi: Prinsip dasar elektrokimia Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018 |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis reaksi redoks dan sel elektrokimia |
mahasiswa mampu Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia |
Kriteria:
Ketepatan Menganalisis reaksi redoks dan sel elektrokimia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi 3 x 50 menit |
Materi: Prinsip dasar elektrokimia Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018 |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menganalisis reaksi redoks dan sel elektrokimia |
mahasiswa mampu Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia |
Kriteria:
Ketepatan Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus 3 x 50 menit |
studi kasus 3 x 50 menit |
Materi: Kinetika kimia Pustaka: Kingsley Augustine, Basic Chemistry Calculations: A book for Chemistry and Chemical Engineering Students,2021 |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis reaksi redoks dan sel elektrokimia |
mahasiswa mampu Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia |
Kriteria:
Ketepatan Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus 3 x 50 menit |
studi kasus 3 x 50 menit |
Materi: Prinsip dasar elektrokimia Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018 Materi: Kinetika kimia Pustaka: Kingsley Augustine, Basic Chemistry Calculations: A book for Chemistry and Chemical Engineering Students,2021 |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis reaksi redoks dan sel elektrokimia |
mahasiswa mampu Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia |
Kriteria:
Ketepatan Menganalisis kesetimbangan kimia dalam sistem reaksi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi 3 x 50 menit |
Materi: Prinsip dasar elektrokimia Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018 Materi: Kesetimbangan kimia Pustaka: Kingsley Augustine, Basic Chemistry Calculations: A book for Chemistry and Chemical Engineering Students,2021 |
5% |
16
Minggu ke 16 |
menyelesaikan sola sumatif |
|
|
tes
|
tes
|
|
30% |