Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kimia Dasar

2020103456

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

2 Mei 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T.




Prof. Dr. Nurhayati, S.T., M.T.




Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip teknik elektro

PLO-6

Mampu mendesain komponen sistem dan/atau proses untuk dapat diaplikasikan di bidang teknik elektro

PLO-8

Mampu menerapkan prinsip – prinsip keteknikan, mengidentifikasi, merumuskan, dan menganalisis data/ informasi untuk menyelesaikan permasalahan di bidang elektro

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami konsep dasar kimia dan penerapannya dalam teknik elektro

PO - 2

Memahami konsep ikatan kimia dan reaksi kimia

PO - 3

Memahami konsep stoikiometri dan hukum dasar kimia

PO - 4

Memahami konsep larutan dan sifat koligatifnya

PO - 5

Memahami konsep termokimia dan aplikasinya

PO - 6

Memahami konsep elektrokimia dan penerapannya

PO - 7

Memahami konsep kinetika kimia dan kesetimbangan kimia

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6PLO-8
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman fundamental tentang prinsip-prinsip kimia yang relevan dalam bidang teknik. Materi perkuliahan mencakup struktur atom dan sistem periodik, ikatan kimia, stoikiometri, hukum-hukum dasar kimia, termokimia, kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, serta sifat larutan dan elektrokimia. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari konsep korosi dan perlindungan material, yang memiliki aplikasi penting dalam rekayasa elektro dan teknologi material. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami sifat-sifat dasar bahan dan reaksinya, yang dapat diterapkan dalam analisis dan pengembangan perangkat elektronik, sistem tenaga listrik, serta teknologi semikonduktor. Mata kuliah ini juga mencakup praktikum yang bertujuan untuk melatih keterampilan analisis kimia serta pemahaman terhadap fenomena kimia dalam konteks teknik elektro.

Pustaka

Utama :

  1. Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019
  2. Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018

Pendukung :

  1. Stefanos Trachanas, An Introduction to Quantum Physics: A First Course for Physicists, Chemists, Materials Scientists, and Engineers, Wiley-VCH, 2017
  2. Kingsley Augustine, Basic Chemistry Calculations: A book for Chemistry and Chemical Engineering Students,2021

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan konsep dasar atom, molekul, dan ion

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar atom, molekul, dan ion

Kriteria:

Ketepatan analisis dan pemahaman konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, latihan soal
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi, latihan soal
3 x 50 menit
Materi: Struktur atom dan sistem periodik
Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu Menentukan sifat periodik unsur dalam tabel periodik

mahasiswa mampu menentukan sifat periodik unsur dalam tabel periodik

Kriteria:

Ketepatan analisis dan pemahaman konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, latihan soal
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi, latihan soal
3 x 50 menit
Materi: Struktur atom dan sistem periodik
Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019

Materi: Sifat periodik unsur
Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019
2%

3

Minggu ke 3

Menjelaskan jenis-jenis ikatan kimia

mahasiswa mampu Menjelaskan jenis-jenis ikatan kimia

Kriteria:

Ketepatan analisis dan pemahaman konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, simulasi
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi, simulasi
3 x 50 menit
Materi: Sifat periodik unsur
Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019
2%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan jenis-jenis ikatan kimia

mahasiswa mampu Menjelaskan jenis-jenis ikatan kimia

Kriteria:

Ketepatan analisis energi ikatan dan stabilitas senyawa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, latihan soal
3 x 50 menit
Diskusi, latihan soal
3 x 50 menit
Materi: Energi ikatan dan stabilitas
Pustaka: Kingsley Augustine, Basic Chemistry Calculations: A book for Chemistry and Chemical Engineering Students,2021
2%

5

Minggu ke 5

Menjelaskan jenis-jenis ikatan kimia

mahasiswa mampu Menghitung massa molar dan jumlah mol suatu zat

Kriteria:

Ketepatan perhitungan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, latihan soal
3 x 50 menit
Ceramah, latihan soal
3 x 50 menit
Materi: Stoikiometri
Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018
2%

6

Minggu ke 6

Menentukan persamaan reaksi setara

mahasiswa mampu Menghitung massa molar dan jumlah mol suatu zat

Kriteria:

Ketepatan Menentukan persamaan reaksi setara


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, latihan soal
3 x 50 menit
Ceramah, latihan soal
3 x 50 menit
Materi: Penyetaraan reaksi
Pustaka: Stefanos Trachanas, An Introduction to Quantum Physics: A First Course for Physicists, Chemists, Materials Scientists, and Engineers, Wiley-VCH, 2017
2%

7

Minggu ke 7

Menjelaskan jenis-jenis larutan dan konsentrasinya

mahasiswa mampu Menghitung massa molar dan jumlah mol suatu zat

Kriteria:

Ketepatan Menentukan persamaan reaksi setara


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, latihan soal
3 x 50 menit
Ceramah, latihan soal
3 x 50 menit
Materi: Larutan dan konsentrasi
Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019
3%

8

Minggu ke 8

Menyelesaiakan soal-soal formatif

mahasiswa mampu Menghitung massa molar dan jumlah mol suatu zat

Kriteria:

Ketepatan Menentukan persamaan reaksi setara


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
tes
3 x 50 menit
tes
3 x 50 menit
Materi: Penyetaraan reaksi
Pustaka: Stefanos Trachanas, An Introduction to Quantum Physics: A First Course for Physicists, Chemists, Materials Scientists, and Engineers, Wiley-VCH, 2017

Materi: Larutan dan konsentrasi
Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019
20%

9

Minggu ke 9

Menjelaskan jenis-jenis larutan dan konsentrasinya

mahasiswa mampu Menghitung massa molar dan jumlah mol suatu zat

Kriteria:

Ketepatan Menentukan persamaan reaksi setara


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi
3 x 50 menit
Ceramah, latihan soal
3 x 50 menit
Materi: Hukum termodinamika
Pustaka: Karen Timberlake, William Timberlake, Basic Chemistry, Pearson, 2019
5%

10

Minggu ke 10

Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia

mahasiswa mampu Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia

Kriteria:

Ketepatan Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, lathan soal
3 x 50 menit
Ceramah, latihan soal
3 x 50 menit
Materi: Perubahan entalpi
Pustaka: Kingsley Augustine, Basic Chemistry Calculations: A book for Chemistry and Chemical Engineering Students,2021
5%

11

Minggu ke 11

Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia

mahasiswa mampu Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia

Kriteria:

KetepatanMenjelaskan prinsip dasar elektrokimia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi
3 x 50 menit
Materi: Prinsip dasar elektrokimia
Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018
5%

12

Minggu ke 12

Menganalisis reaksi redoks dan sel elektrokimia

mahasiswa mampu Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia

Kriteria:

Ketepatan Menganalisis reaksi redoks dan sel elektrokimia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi
3 x 50 menit
Materi: Prinsip dasar elektrokimia
Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018
5%

13

Minggu ke 13

Menganalisis reaksi redoks dan sel elektrokimia

mahasiswa mampu Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia

Kriteria:

Ketepatan Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus
3 x 50 menit
studi kasus
3 x 50 menit
Materi: Kinetika kimia
Pustaka: Kingsley Augustine, Basic Chemistry Calculations: A book for Chemistry and Chemical Engineering Students,2021
5%

14

Minggu ke 14

Menganalisis reaksi redoks dan sel elektrokimia

mahasiswa mampu Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia

Kriteria:

Ketepatan Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus
3 x 50 menit
studi kasus
3 x 50 menit
Materi: Prinsip dasar elektrokimia
Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018

Materi: Kinetika kimia
Pustaka: Kingsley Augustine, Basic Chemistry Calculations: A book for Chemistry and Chemical Engineering Students,2021
5%

15

Minggu ke 15

Menganalisis reaksi redoks dan sel elektrokimia

mahasiswa mampu Menghitung perubahan entalpi dalam reaksi kimia

Kriteria:

Ketepatan Menganalisis kesetimbangan kimia dalam sistem reaksi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi
3 x 50 menit
Materi: Prinsip dasar elektrokimia
Pustaka: Lawrence S. Brown, Tom Holme, Chemistry for Engineering Students, Cengage Learning, 2018

Materi: Kesetimbangan kimia
Pustaka: Kingsley Augustine, Basic Chemistry Calculations: A book for Chemistry and Chemical Engineering Students,2021
5%

16

Minggu ke 16

menyelesaikan sola sumatif

tes
tes
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60%
2. Tes 10%
70%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.