Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Geografi Politik

6720102028

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

25 September 2022

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.




Bambang Sigit Widodo




Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, etika akademik serta kepedulian terhadap kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (CPL Asosiasi)

PLO-7

Mampu menganalisis fenomena politik dan isu-isu kontemporer. (CPL Asosiasi)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mengkomunikasikan gagasan dan hasil kajian politik secara efektif melalui media lisan, tulisan, dan digital serta membangun jejaring kerja lintas sektor

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-7
PO-1  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bermanfat bagi mahasiswa untuk memahami geografi politik.Mata kuliah ini memperkuat kemampuan mahasiswa untuk memahami pengaruh ruang (wilayah) dalam politik

Pustaka

Utama :

  1. 1. Barker, Chris, Cultural Studies, 2005, Cultural Studies, Yogyakarta:Bentang
  2. 2. Giddens, Anthony, 2000, The Third Way,Jalan Ketiga Pembaruan Demokrasi Sosial, Jakarta:Gramedia Pustaka
  3. 3. Retnaningsih,Ning, 2007, Ruang Untuk Memperjuangkan Kepentingan Politik, Salatiga:Percik
  4. 4. Isyhiyama,John T & Breuning,Marijke. 2013. Ilmu Politik Dalam Paradigma abad ke 21, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  5. 5. Ritzer,George dan Smart,Barry, 2001, Handbook of Social Theory, London:Sage University
  6. 6. Hartley,John, 2002, Communication,Cultural, and Media Studies, London: Routledge
  7. 7. Faqih, Mansour, 2002 Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi, Yogyakarta: Insist dan Pustaka Pelajar
  8. 8. Prasetyo,Sukma Perdana, 2015, Geograpi Politik Sebagai Penguatan Wawasan Kebangsaan, Yogyakarta: Yayasan Ombak

Pendukung :

  1. 1. Jurnal Artikel
  2. 2. Rangkuman mahasiswa
  3. 3. Slide Power Point

Dosen Pengampu

Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd.

Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganilisis silabus singkat, rencana, penugasan, dan kontrak perkuliahan

  1. Mahasiswa mampu menguasai rencana perkuliahan
  2. Mahasiswa mampu merespon dengan baik terkait kontrak kuliah dan penugasan yang akan diberikan
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab
60 menit

Materi: -
Pustaka:

Materi: Silabus singkat, rencana penugasan
Pustaka:

Materi: kontrak perkuliahan
Pustaka:
0%

2

Minggu ke 2

Konsepsi ruang dalam geografi politik

Mahasiswa mampu nmenganalisis tentang ruang lingkup ilmu politik

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan tanya jawab
90 menit

Materi: Retningsih,Ning,2007, Ruang untuk memperjuangkan kepentingan Politik, Salatiga:Percik
Pustaka:

Materi: Ritzer,Geroge dan Smart,Barry, 2001, Handbook of social Theory, London:sage University
Pustaka:
6%

3

Minggu ke 3

Relasi wilayah (ruang) dan politik

Ketepatan dalam mempelajari proses keilmuan dalam ilmu politik

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab
90 menit

Materi: -
Pustaka: 1. Barker, Chris, Cultural Studies, 2005, Cultural Studies, Yogyakarta:Bentang
6%

4

Minggu ke 4

Ruang publik

  1. Ketepatan mempelajari dan membuat materi yang diberikan
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.
Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tatap muka
90 menit

Materi: Habermas, Juergen, 2005, Ruang Publik, Yogyakarta: Kreasi Wacana
Pustaka:
0%

5

Minggu ke 5

Ruang Untuk meperjuangkan kepentingan politik

Respon aktif mahasiswa di kelas.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tatap muka
90 menit

Materi: -
Pustaka: 3. Retnaningsih,Ning, 2007, Ruang Untuk Memperjuangkan Kepentingan Politik, Salatiga:Percik
6%

6

Minggu ke 6

Sumber daya alam dalam politik

  1. Ketepatan mempelajari dan membuat materi yang diberikan
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan
Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tatap muka
90 menit

Materi: -
Pustaka: 5. Ritzer,George dan Smart,Barry, 2001, Handbook of Social Theory, London:Sage University
0%

7

Minggu ke 7

Sumber daya manusia dalam politik

Ketepatan mempelajari dan membuat materi yang diberikan

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tatap muka
90 menit

Materi: -
Pustaka: 4. Isyhiyama,John T & Breuning,Marijke. 2013. Ilmu Politik Dalam Paradigma abad ke 21, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
6%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
120 menit

Materi: UTS
Pustaka:
15%

9

Minggu ke 9

Relasi letak,ruamg dan politik

  1. Ketepatan merancang dan membuat materi yang diberikan
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
Kriteria:

Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembuatan makalah tugas kelompok dan presentasi tugas kelompok
Diskusi dan tanya jawab
90

Materi: -
Pustaka: 8. Prasetyo,Sukma Perdana, 2015, Geograpi Politik Sebagai Penguatan Wawasan Kebangsaan, Yogyakarta: Yayasan Ombak
6%

10

Minggu ke 10

Konflik ruang dalam politik

  1. Ketepatan menganalisis dan membuat materi yang diberikan.
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
Kriteria:
  1. Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Tes
Pembuatan makalah tugas kelompok dan presentasi tugas kelompok
Diskusi dan tanya jawab
90 menit

Materi: Retningsih,Ning,2007, Ruang untuk memperjuangkan kepentingan Politik, Salatiga:Percik
Pustaka:
6%

11

Minggu ke 11

Batas negara dalam politik global

  1. Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
Kriteria:

Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah


Bentuk Penilaian :
Tes
Pembuatan makalah tugas kelompok dan presentasi tugas makalah
Diskusi dan tanya jawab
90 menit

Materi: Ritzer,George, dan Smart,Barry, 2001, Handbook of Social Theory, London:Sage University
Pustaka:
6%

12

Minggu ke 12

Geopolotik Indonesia dalam Politik Internasional

  1. Ketepatan menganalisa dan membuat materi yang diberikan.
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
Kriteria:
  1. Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Tes
Pembuatan makalah tugas kelompok dan presentasi tugas kelompok
Diskusi dan tanya jawab
90

Materi: Faqih, Mansour, 2002 Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi, Yogyakarta: Insist dan Pustaka Pelajar
Pustaka:
0%

13

Minggu ke 13

Globalisasi Sebagai Keniscayaan

  1. Ketepatan menganalisis dan membuat materi yang diberikan.
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
Kriteria:
  1. kemampuan dalam mengamati dan menganalisis program pemberdayaan masyarakat
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Tes
Tatap muka
90 menit

Materi: Giddens, Anthony, 2002, The Third Way,Jalan Ketiga Pembaruan Demokrasi Sosial, Jakarta:Gramedia Pustaka
Pustaka:
6%

14

Minggu ke 14

Globalisasi bagi negara dan Politik Jalan Tengah Indonesia diera global

  1. Ketepatan merancang dan membuat materi yang diberikan
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
-Tatap muka langsung dan tidak langsung
-Ceramah dan tanya jawab
120 menit

Materi: Hartley,John, 2002, Communication,Cultural, and Media Studies, London: Routledge
Pustaka:

Materi: Giddens, Anthony, 2002, The Third Way,Jalan Ketiga Pembaruan Demokrasi Sosial, Jakarta:Gramedia Pustaka
Pustaka:

Materi: Faqih, Mansour, 2002 Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi, Yogyakarta: Insist dan Pustaka
Pustaka:
6%

15

Minggu ke 15

Globalisasi bagi negara dan Politik Jalan Tengah Indonesia diera global

  1. Ketepatan merancang dan membuat materi yang diberikan
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
-Tatap muka langsung dan tidak langsung
- Ceramah dan tanya jawab
120 menit

Materi: Hartley,John, 2002, Communication,Cultural, and Media Studies, London: Routledge
Pustaka:

Materi: Giddens, Anthony, 2002, The Third Way,Jalan Ketiga Pembaruan Demokrasi Sosial, Jakarta:Gramedia Pustaka
Pustaka:

Materi: Faqih, Mansour, 2002 Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi, Yogyakarta: Insist dan Pustaka
Pustaka:
6%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
120

Materi: UAS
Pustaka:
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 36%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 6%
3. Tes 58%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.