
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Geografi Politik |
6720102028 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
25 September 2022 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.
|
Bambang Sigit Widodo
|
Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, etika akademik serta kepedulian terhadap kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (CPL Asosiasi) |
PLO-7 |
Mampu menganalisis fenomena politik dan isu-isu kontemporer. (CPL Asosiasi) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mengkomunikasikan gagasan dan hasil kajian politik secara efektif melalui media lisan, tulisan, dan digital serta membangun jejaring kerja lintas sektor
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | ✔ | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini bermanfat bagi mahasiswa untuk memahami geografi politik.Mata kuliah ini memperkuat kemampuan mahasiswa untuk memahami pengaruh ruang (wilayah) dalam politik |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Barker, Chris, Cultural Studies, 2005, Cultural Studies, Yogyakarta:Bentang
- 2. Giddens, Anthony, 2000, The Third Way,Jalan Ketiga Pembaruan Demokrasi Sosial, Jakarta:Gramedia Pustaka
- 3. Retnaningsih,Ning, 2007, Ruang Untuk Memperjuangkan Kepentingan Politik, Salatiga:Percik
- 4. Isyhiyama,John T & Breuning,Marijke. 2013. Ilmu Politik Dalam Paradigma abad ke 21, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
- 5. Ritzer,George dan Smart,Barry, 2001, Handbook of Social Theory, London:Sage University
- 6. Hartley,John, 2002, Communication,Cultural, and Media Studies, London: Routledge
- 7. Faqih, Mansour, 2002 Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi, Yogyakarta: Insist dan Pustaka Pelajar
- 8. Prasetyo,Sukma Perdana, 2015, Geograpi Politik Sebagai Penguatan Wawasan Kebangsaan, Yogyakarta: Yayasan Ombak
|
Pendukung : |
|
- 1. Jurnal Artikel
- 2. Rangkuman mahasiswa
- 3. Slide Power Point
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd. Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menganilisis silabus singkat, rencana, penugasan, dan kontrak perkuliahan |
- Mahasiswa mampu menguasai rencana perkuliahan
- Mahasiswa mampu merespon dengan baik terkait kontrak kuliah dan penugasan yang akan diberikan
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab 60 menit |
|
Materi: - Pustaka: Materi: Silabus singkat, rencana penugasan Pustaka: Materi: kontrak perkuliahan Pustaka: |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Konsepsi ruang dalam geografi politik |
Mahasiswa mampu nmenganalisis tentang ruang lingkup ilmu politik |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan tanya jawab 90 menit |
|
Materi: Retningsih,Ning,2007, Ruang untuk memperjuangkan kepentingan Politik, Salatiga:Percik Pustaka: Materi: Ritzer,Geroge dan Smart,Barry, 2001, Handbook of social Theory, London:sage University Pustaka: |
6% |
3
Minggu ke 3 |
Relasi wilayah (ruang) dan politik |
Ketepatan dalam mempelajari proses keilmuan dalam ilmu politik |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab 90 menit |
|
Materi: - Pustaka: 1. Barker, Chris, Cultural Studies, 2005, Cultural Studies, Yogyakarta:Bentang |
6% |
4
Minggu ke 4 |
Ruang publik |
- Ketepatan mempelajari dan membuat materi yang diberikan
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.
|
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tatap muka 90 menit |
|
Materi: Habermas, Juergen, 2005, Ruang Publik, Yogyakarta: Kreasi Wacana Pustaka: |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Ruang Untuk meperjuangkan kepentingan politik |
Respon aktif mahasiswa di kelas. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tatap muka 90 menit |
|
Materi: - Pustaka: 3. Retnaningsih,Ning, 2007, Ruang Untuk Memperjuangkan Kepentingan Politik, Salatiga:Percik |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Sumber daya alam dalam politik |
- Ketepatan mempelajari dan membuat materi yang diberikan
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan
|
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tatap muka 90 menit |
|
Materi: - Pustaka: 5. Ritzer,George dan Smart,Barry, 2001, Handbook of Social Theory, London:Sage University |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Sumber daya manusia dalam politik |
Ketepatan mempelajari dan membuat materi yang diberikan |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tatap muka 90 menit |
|
Materi: - Pustaka: 4. Isyhiyama,John T & Breuning,Marijke. 2013. Ilmu Politik Dalam Paradigma abad ke 21, Jakarta: Kencana Prenada Media Group |
6% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 120 menit |
|
Materi: UTS Pustaka: |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Relasi letak,ruamg dan politik |
- Ketepatan merancang dan membuat materi yang diberikan
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
|
Kriteria:
Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembuatan makalah tugas kelompok dan presentasi tugas kelompok
Diskusi dan tanya jawab 90 |
|
Materi: - Pustaka: 8. Prasetyo,Sukma Perdana, 2015, Geograpi Politik Sebagai Penguatan Wawasan Kebangsaan, Yogyakarta: Yayasan Ombak |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Konflik ruang dalam politik |
- Ketepatan menganalisis dan membuat materi yang diberikan.
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
|
Kriteria:
- Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Tes |
Pembuatan makalah tugas kelompok dan presentasi tugas kelompok
Diskusi dan tanya jawab 90 menit |
|
Materi: Retningsih,Ning,2007, Ruang untuk memperjuangkan kepentingan Politik, Salatiga:Percik Pustaka: |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Batas negara dalam politik global |
- Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan.
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
|
Kriteria:
Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah Bentuk Penilaian : Tes |
Pembuatan makalah tugas kelompok dan presentasi tugas makalah
Diskusi dan tanya jawab 90 menit |
|
Materi: Ritzer,George, dan Smart,Barry, 2001, Handbook of Social Theory, London:Sage University Pustaka: |
6% |
12
Minggu ke 12 |
Geopolotik Indonesia dalam Politik Internasional |
- Ketepatan menganalisa dan membuat materi yang diberikan.
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
|
Kriteria:
- Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Tes |
Pembuatan makalah tugas kelompok dan presentasi tugas kelompok
Diskusi dan tanya jawab 90 |
|
Materi: Faqih, Mansour, 2002 Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi, Yogyakarta: Insist dan Pustaka Pelajar Pustaka: |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Globalisasi Sebagai Keniscayaan |
- Ketepatan menganalisis dan membuat materi yang diberikan.
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
|
Kriteria:
- kemampuan dalam mengamati dan menganalisis program pemberdayaan masyarakat
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Tes |
Tatap muka 90 menit |
|
Materi: Giddens, Anthony, 2002, The Third Way,Jalan Ketiga Pembaruan Demokrasi Sosial, Jakarta:Gramedia Pustaka Pustaka: |
6% |
14
Minggu ke 14 |
Globalisasi bagi negara dan Politik Jalan Tengah Indonesia diera global |
- Ketepatan merancang dan membuat materi yang diberikan
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
|
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
-Tatap muka langsung dan tidak langsung
-Ceramah dan tanya jawab 120 menit |
|
Materi: Hartley,John, 2002, Communication,Cultural, and Media Studies, London: Routledge Pustaka: Materi: Giddens, Anthony, 2002, The Third Way,Jalan Ketiga Pembaruan Demokrasi Sosial, Jakarta:Gramedia Pustaka Pustaka: Materi: Faqih, Mansour, 2002 Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi, Yogyakarta: Insist dan Pustaka Pustaka: |
6% |
15
Minggu ke 15 |
Globalisasi bagi negara dan Politik Jalan Tengah Indonesia diera global |
- Ketepatan merancang dan membuat materi yang diberikan
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
|
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
-Tatap muka langsung dan tidak langsung
- Ceramah dan tanya jawab 120 menit |
|
Materi: Hartley,John, 2002, Communication,Cultural, and Media Studies, London: Routledge Pustaka: Materi: Giddens, Anthony, 2002, The Third Way,Jalan Ketiga Pembaruan Demokrasi Sosial, Jakarta:Gramedia Pustaka Pustaka: Materi: Faqih, Mansour, 2002 Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi, Yogyakarta: Insist dan Pustaka Pustaka: |
6% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 120 |
|
Materi: UAS Pustaka: |
25% |