Universitas Negeri Surabaya
Fakultas PSDKU
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Belajar Motorik

8520802070

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

3

23 November 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Nanik Indahwati, S.Pd., M.Or. & Ghulam Zaky Ismail, S.Pd., M.Pd




.......................................




FUAD NOOR HEZA

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. (P1)

PLO-9

Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga (P5)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan keterampilan motorik pada individu (C4)

PO - 2

Menerapkan teori belajar motorik dalam menyusun strategi intervensi untuk individu dengan kebutuhan khusus (C3)

PO - 3

Menganalisis hubungan antara perkembangan motorik dengan aspek kognitif dan sosial dalam konteks pendidikan jasmani (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Belajar Motorik memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip, proses, dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan dan pembelajaran keterampilan motorik manusia. Isi mata kuliah mencakup teori belajar motorik, tahapan perkembangan motorik, klasifikasi keterampilan motorik, serta strategi pengajaran dan latihan untuk meningkatkan performa motorik. Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu menganalisis, merancang, dan menerapkan program pembelajaran motorik yang efektif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Ruang lingkup mata kuliah meliputi aplikasi dalam konteks pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan, dan rekreasi, dengan penekanan pada pengembangan keterampilan motorik dasar dan kompleks untuk berbagai kelompok usia di lingkungan dan sekitarnya.

Pustaka

Utama :

  1. Cech, D & Martin, S. Functional Movement Development Across the Life Span . Philadelpia. W.B. Saunders Company Hurlock, E. 1995.
  2. Belajar Motorik: Teori, Riset, dan Aplikasi. N Indahwati. Surabaya: Unesa University Press, 2023
  3. Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2015). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults. McGraw-Hill Education
  4. Magill, R. A., & Anderson, D. (2013). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill Education16.
  5. Strand & Wilson. 1993. Assessing Sport Skills . The United States of Amerika.Human Kinetics Publishers.
  6. Kathleen M. H & Nancy Getchell. 2009. Life Span Motor Development . United States of America: Human Kinetics Publisher.

Pendukung :

Dosen Pengampu

NANIK INDAHWATI

Ghulam Zaky Ismail, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. Nanik Indahwati, S.Pd., M.Or.

Prof. Dr. Nanik Indahwati, S.Pd., M.Or.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip belajar motorik, menganalisis karakteristik peserta didik, dan merancang program latihan fisik yang efektif berdasarkan prinsip dan karakteristik tersebut.

Kemampuan mengidentifikasi prinsip-prinsip belajar motorik dengan benar

Kriteria:
  1. Nilai penuh diberikan jika mahasiswa melakukan tugas dan memprktikkannya.
  2. Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan demonstrasi praktik.

5%

2

Minggu ke 2

  1. Memahami pengertian danprinsip-prinsip, ciri-ciri,fase dan periodisasi tahapan perkembangan keterampilan gerak.
  2. Memahami faktor-faktor pendukung perkembangan gerak
  1. Nilai penuh diberikan jika mahasiswa melakukan tugas dan memprktikkannya.
  2. Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua
Kriteria:

Nilai penuh diberikan jika mahasiswa melakukan tugas dan memprktikkannya.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi dan tanya jawab 2 X 50
Ceramah, diskusi dan tanya jawab 2 X 50
Materi: Memahami konsep belajar motorik, mengidentifikasi tahapan perkembangan motorik
Pustaka: Belajar Motorik: Teori, Riset, dan Aplikasi. N Indahwati. Surabaya: Unesa University Press, 2023
10%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, membandingkan, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik pada berbagai tahap usia, serta menerapkan pengetahuan ini dalam konteks pendidikan dan intervensi motorik.

  1. Kemampuan mengidentifikasi perkembangan motorik pada berbagai kategori usia
  2. Kemampuan menerapkan analisis faktor dalam studi kasus perkembangan motorik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, presentasi, dan analisis video.
Analisis studi kasus perkembangan motorik melalui LMS dengan identifikasi dan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi
Materi: Faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik
Pustaka: Belajar Motorik: Teori, Riset, dan Aplikasi. N Indahwati. Surabaya: Unesa University Press, 2023
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat menganalisis, menilai, dan memberikan rekomendasi terhadap metode pembelajaran motorik berdasarkan tinjauan perkembangan fisik dan psikologis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran motorik.

  1. 1.Mampu mengidentifikasi keterampilan gerak dasar yang tepat pada setiap situasi yang diberikan
  2. Mampu mengimplementasikan keterampilan gerak dasar dalam kegiatan olahraga yang berbeda-beda.
Kriteria:
  1. Nilai penuh diberikan jika mahasiswa menjawab dengan benar
  2. Nilai penuh diberikan jika mahasiswa melakukan tugas dan memprktikkannya.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis kritis terhadap literatur dan video pembelajaran motorik.

Materi: Kriteria perkembangan fisik dan psikologis dalam pembelajaran motorik, Metode-metode pembelajaran motorik (demonstrasi, latihan berulang, permainan, dll), Teknik evaluasi efektivitas metode pembelajaran, Studi kasus penerapan metode pembelajaran motorik dalam berbagai konteks
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat menganalisis, menilai, dan memberikan rekomendasi terhadap metode pembelajaran motorik berdasarkan tinjauan perkembangan fisik dan psikologis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran motorik.

  1. 1.Mampu mengidentifikasi keterampilan gerak dasar yang tepat pada setiap situasi yang diberikan
  2. Mampu mengimplementasikan keterampilan gerak dasar dalam kegiatan olahraga yang berbeda-beda.
Kriteria:
  1. Nilai penuh diberikan jika mahasiswa menjawab dengan benar
  2. Nilai penuh diberikan jika mahasiswa melakukan tugas dan memprktikkannya.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis kritis terhadap literatur dan video pembelajaran motorik.

Materi: Kriteria perkembangan fisik dan psikologis dalam pembelajaran motorik, Metode-metode pembelajaran motorik (demonstrasi, latihan berulang, permainan, dll), Teknik evaluasi efektivitas metode pembelajaran, Studi kasus penerapan metode pembelajaran motorik dalam berbagai konteks
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Penggolongan Keterampilan gerak : Diskrit,serial, Kontiyu.
Pustaka: Kathleen M. H & Nancy Getchell. 2009. Life Span Motor Development . United States of America: Human Kinetics Publisher.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi modifikasi permainan atau aktivitas fisik yang efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik dasar, serta menjelaskan dasar teoritis dan praktis dari modifikasi yang dibuat.

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian belajar gerak
  2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri belajar gerak
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam belajar gerak
  4. Mahasiswa dapat memaparkan tahapan belajar gerak
  5. Mahasiswa dapat menguraikan sistem penginderaan dalam belajar gerak
Kriteria:
  1. Kepahaman konsep
  2. Kualitas presentasi dan penyampaian
  3. .Kemampu ananalisis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case study learning, diskusi kelompok, presentasi, dan demonstrasi praktik.

Materi: Prinsip-prinsip modifikasi permainan dan aktivitas fisik, Teknik analisis kebutuhan dan konteks sasaran, Strategi pengembangan aktivitas inovatif untuk motorik dasar, Evaluasi efektivitas modifikasi aktivitas fisik
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: MotorLearning andControl: Konsepdan Aplikasi
Pustaka: Magill, R. A., & Anderson, D. (2013). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill Education16.

Materi: MotorLearning andPerformance:Pendekatan Pembelajaran Berbasis Situas
Pustaka: Strand & Wilson. 1993. Assessing Sport Skills . The United States of Amerika.Human Kinetics Publishers.

Materi: Perbedaan individual dalam Motorik
Pustaka: Belajar Motorik: Teori, Riset, dan Aplikasi. N Indahwati. Surabaya: Unesa University Press, 2023
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat menciptakan solusi kreatif berupa modifikasi permainan atau aktivitas fisik yang efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik dasar, serta mampu menjelaskan rasional dan implementasinya.

  1. Kreativitas dalam mengintegrasikan prinsip belajar motorik ke dalam aktivitas fisik
  2. Kemampuan menjelaskan rasional dan manfaat dari modifikasi yang dibuat
  3. Kualitas presentasi atau demonstrasi modifikasi aktivitas
Kriteria:
  1. Ketepatan dan kejelasan penjelasan mengenai konsep dan teori analisis gerak.
  2. Kemampuan mengidentifikasi jenis gerakan dan menganalisis gerakan secara sistematis.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan demonstrasi praktik.

Materi: Prinsip-prinsip modifikasi permainan dan aktivitas fisik, Teknik kreatif dalam merancang aktivitas motorik, Integrasi teori belajar motorik ke dalam praktik, Evaluasi efektivitas modifikasi aktivitas
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

UTS

Tes Tulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mampu memahami dan mengerjakan soal dengan tepat

Materi: Karakteristik individu dengan kebutuhan khusus dalam konteks motorik, Teori belajar motorik yang relevan untuk intervensi (seperti teori schema, dinamika sistem, dll.), Langkah-langkah penyusunan strategi intervensi motorik, Studi kasus penerapan intervensi pada berbagai kondisi kebutuhan khusus
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

9

Minggu ke 9

  1. Mampu mengidentifikasi jenis-jenis tes keterampilan gerak
  2. Mampu menjelaskan prosedur pelaksanaan tes keterampilan gerak
Kriteria:
  1. Ketepatan menjelaskan definisi dan konsep feedback dan reinforcement (30%)
  2. Ketepatan menjelaskan transfer of learning(30%)
  3. 3.Kemampuan menerapkan feedback dan reinforcement dalam praktik gerak(20%)
  4. Kemampuan menerapkan transfer of learning dalam situasi belajar gerak yang berbeda (20%)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
Diskusi Kelompok, Simulasi, Presentasi

Materi: Pendekatan pembelajaran dan performa berbasis situasi, meliputi faktor-faktor lingkungan dan tugas yang memengaruhi pembelajaran
Pustaka: Kathleen M. H & Nancy Getchell. 2009. Life Span Motor Development . United States of America: Human Kinetics Publisher.

Materi: Konsep dan aplikasi pembelajaran dan kontrol gerakan, termasuk teori dan prinsip dasar serta faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran gerakan
Pustaka: Magill, R. A., & Anderson, D. (2013). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill Education16.
5%

10

Minggu ke 10

  1. Mampu menjelaskan definisi dan konsep feedback dan reinforcement dalam belajar gerak
  2. Mampu menjelaskan transfer of learning dalam belajar gerak.
  3. Mampu menerapkan feedback dan reinforcement dalam praktik gerak.
  4. Mampu menerapkan transfer of learning dalam situasi belajar gerak yang berbeda.
Kriteria:
  1. Ketepatan menjelaskan definisi dan konsep feedback dan reinforcement (30%)
  2. Ketepatan menjelaskan transfer of learning(30%)
  3. 3.Kemampuan menerapkan feedback dan reinforcement dalam praktik gerak(20%)
  4. Kemampuan menerapkan transfer of learning dalam situasi belajar gerak yang berbeda (20%)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
diskusi kelompok, simulasi, praktikum,dan presentasi

Materi: Pendekatan pembelajaran dan performa berbasis situasi, meliputi faktor-faktor lingkungan dan tugas yang memengaruhi pembelajaran
Pustaka: Kathleen M. H & Nancy Getchell. 2009. Life Span Motor Development . United States of America: Human Kinetics Publisher.
5%

11

Minggu ke 11

  1. Mahasiswa mampu menyusun minimal dua model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas gerak
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan dengan jelas dan sistematis model-model pembelajaran yang telah disusun
Kriteria:
  1. Kelengkapan penyusunan model pembelajaran (40%)
  2. .Kualitas penyajian model pembelajaran(30%)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio


Materi: Designing Instructional Programs for Motor Skills
Pustaka: Magill, R. A., & Anderson, D. (2013). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill Education16.

Materi: Designing Instructional Program
Pustaka: Kathleen M. H & Nancy Getchell. 2009. Life Span Motor Development . United States of America: Human Kinetics Publisher.

Materi: Motor Learning and Control
Pustaka: Strand & Wilson. 1993. Assessing Sport Skills . The United States of Amerika.Human Kinetics Publishers.
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan model-model pembelajaran aktivitas gerak pada anak sesuai dengan tingkat dan perkembangan anak
  2. Mahasiswa mampu mengimplementasikanmodel-model pembelajaran pada anak dengan baik dan benar.
  3. Mahasiswa dapat mengevaluasi hasil pembelajaran dan memberikan umpan balik kepada anak
Kriteria:
  1. Kepatuhan pada model pembelajaran: 30%
  2. Kemampuan untuk memberikan umpan balik yang sesuai:40%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Simulasi pembelajaran Diskusi Kelompok Praktik/Unjuk Kerja Presentasi

Materi: Perkembanganmotorik padaberbagai tahapkehidupan (infant,anak-anak,remaja, dandewasa) danfaktor-faktor yangmempengaruhinya
Pustaka: Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2015). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults. McGraw-Hill Education

Materi: Konsep-konsep dasar dalam motor learning seperti transfer oflearning, feedback, retention, dan performance
Pustaka: Magill, R. A., & Anderson, D. (2013). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill Education16.

Materi: Konsep"The Mountain ofMotorDevelopment"sebagairepresentasi visualdari tahapan-tahapanperkembanganmotorik padaanak-anak
Pustaka: Cech, D & Martin, S. Functional Movement Development Across the Life Span . Philadelpia. W.B. Saunders Company Hurlock, E. 1995.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mempraktikkan rancangan pengembangan model aktivitas motorik inovatif dalam pembelajaran PJOK bagi siswaSD/SMP/SMA sebagai bentuk dukungan untuk perkembangan

Mahasiswa mampu menganalisis kondisi siswa SD/SMP/SMA dalam hal perkembangan fisik motorik mereka

Kriteria:
  1. Kepatuhan pada struktur case study dan diskusi kelompok
  2. Kemampuan dalam menganalisis kondisi siswa dan mengidentifikasi kebutuhan mereka

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Case study dan diskusi kelompok

Materi: Learning and Performance of Motor Skills
Pustaka: Magill, R. A., & Anderson, D. (2013). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill Education16.

Materi: Motor Development During Childhoodand Adolescence
Pustaka: Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2015). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults. McGraw-Hill Education
10%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mempraktikkan rancangan pengembangan model aktivitas motorik inovatif dalam pembelajaran PJOK bagi siswaSD/SMP/SMA sebagai bentuk dukungan untuk perkembangan

Mahasiswa mampu menganalisis kondisi siswa SD/SMP/SMA dalam hal perkembangan fisik motorik mereka

Kriteria:
  1. Kepatuhan pada struktur case study dan diskusi kelompok
  2. Kemampuan dalam menganalisis kondisi siswa dan mengidentifikasi kebutuhan mereka

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Case study dan diskusi kelompok

Materi: Learning and Performance of Motor Skills
Pustaka: Magill, R. A., & Anderson, D. (2013). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill Education16.

Materi: Motor Development During Childhoodand Adolescence
Pustaka: Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2015). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults. McGraw-Hill Education
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mempraktikkan rancangan pengembangan model aktivitas motorik inovatif dalam pembelajaran PJOK bagi siswaSD/SMP/SMA sebagai bentuk dukungan untuk perkembangan

Mahasiswa mampu menganalisis kondisi siswa SD/SMP/SMA dalam hal perkembangan fisik motorik mereka

Kriteria:
  1. Kepatuhan pada struktur case study dan diskusi kelompok
  2. Kemampuan dalam menganalisis kondisi siswa dan mengidentifikasi kebutuhan mereka

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Case study dan diskusi kelompok

Materi: Learning and Performance of Motor Skills
Pustaka: Magill, R. A., & Anderson, D. (2013). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill Education16.

Materi: Motor Development During Childhoodand Adolescence
Pustaka: Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2015). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults. McGraw-Hill Education

Materi: Langkah-langkahmerancang modelaktivitas motorikinovatif yangsesuai dengankarakteristik siswa
Pustaka: Belajar Motorik: Teori, Riset, dan Aplikasi. N Indahwati. Surabaya: Unesa University Press, 2023
5%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS

Materi: UAS
Pustaka: Belajar Motorik: Teori, Riset, dan Aplikasi. N Indahwati. Surabaya: Unesa University Press, 2023
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 36.25%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10.42%
3. Penilaian Portofolio 7.92%
4. Penilaian Praktikum 2.5%
5. Praktik / Unjuk Kerja 15.83%
6. Tes 27.08%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.