
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas PSDKU
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Belajar Motorik |
8520802070 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
3 |
23 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Nanik Indahwati, S.Pd., M.Or. & Ghulam Zaky Ismail, S.Pd., M.Pd
|
.......................................
|
FUAD NOOR HEZA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. (P1) |
PLO-9 |
Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga (P5) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan keterampilan motorik pada individu (C4)
|
PO - 2 |
Menerapkan teori belajar motorik dalam menyusun strategi intervensi untuk individu dengan kebutuhan khusus (C3)
|
PO - 3 |
Menganalisis hubungan antara perkembangan motorik dengan aspek kognitif dan sosial dalam konteks pendidikan jasmani (C4)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-9 | | PO-1 | | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Belajar Motorik memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip, proses, dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan dan pembelajaran keterampilan motorik manusia. Isi mata kuliah mencakup teori belajar motorik, tahapan perkembangan motorik, klasifikasi keterampilan motorik, serta strategi pengajaran dan latihan untuk meningkatkan performa motorik. Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu menganalisis, merancang, dan menerapkan program pembelajaran motorik yang efektif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Ruang lingkup mata kuliah meliputi aplikasi dalam konteks pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan, dan rekreasi, dengan penekanan pada pengembangan keterampilan motorik dasar dan kompleks untuk berbagai kelompok usia di lingkungan dan sekitarnya. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Cech, D & Martin, S. Functional Movement Development Across the Life Span . Philadelpia. W.B. Saunders Company Hurlock, E. 1995.
- Belajar Motorik: Teori, Riset, dan Aplikasi. N Indahwati. Surabaya: Unesa University Press, 2023
- Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2015). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults. McGraw-Hill Education
- Magill, R. A., & Anderson, D. (2013). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill Education16.
- Strand & Wilson. 1993. Assessing Sport Skills . The United States of Amerika.Human Kinetics Publishers.
- Kathleen M. H & Nancy Getchell. 2009. Life Span Motor Development . United States of America: Human Kinetics Publisher.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
NANIK INDAHWATI Ghulam Zaky Ismail, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Nanik Indahwati, S.Pd., M.Or. Prof. Dr. Nanik Indahwati, S.Pd., M.Or. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip belajar motorik, menganalisis karakteristik peserta didik, dan merancang program latihan fisik yang efektif berdasarkan prinsip dan karakteristik tersebut. |
Kemampuan mengidentifikasi prinsip-prinsip belajar motorik dengan benar |
Kriteria:
- Nilai penuh diberikan jika mahasiswa melakukan tugas dan memprktikkannya.
- Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan demonstrasi praktik.
|
|
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Memahami pengertian danprinsip-prinsip, ciri-ciri,fase dan periodisasi tahapan perkembangan keterampilan gerak.
- Memahami faktor-faktor pendukung perkembangan gerak
|
- Nilai penuh diberikan jika mahasiswa melakukan tugas dan memprktikkannya.
- Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua
|
Kriteria:
Nilai penuh diberikan jika mahasiswa melakukan tugas dan memprktikkannya. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah, diskusi dan tanya jawab 2 X 50
|
Ceramah, diskusi dan tanya jawab 2 X 50
|
Materi: Memahami konsep belajar motorik, mengidentifikasi tahapan perkembangan motorik Pustaka: Belajar Motorik: Teori, Riset, dan Aplikasi. N Indahwati. Surabaya: Unesa University Press, 2023 |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi, membandingkan, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik pada berbagai tahap usia, serta menerapkan pengetahuan ini dalam konteks pendidikan dan intervensi motorik. |
- Kemampuan mengidentifikasi perkembangan motorik pada berbagai kategori usia
- Kemampuan menerapkan analisis faktor dalam studi kasus perkembangan motorik
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, presentasi, dan analisis video.
|
Analisis studi kasus perkembangan motorik melalui LMS dengan identifikasi dan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi
|
Materi: Faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik Pustaka: Belajar Motorik: Teori, Riset, dan Aplikasi. N Indahwati. Surabaya: Unesa University Press, 2023 |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat menganalisis, menilai, dan memberikan rekomendasi terhadap metode pembelajaran motorik berdasarkan tinjauan perkembangan fisik dan psikologis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran motorik. |
- 1.Mampu mengidentifikasi keterampilan gerak dasar yang tepat pada setiap situasi yang diberikan
- Mampu mengimplementasikan keterampilan gerak dasar dalam kegiatan olahraga yang berbeda-beda.
|
Kriteria:
- Nilai penuh diberikan jika mahasiswa menjawab dengan benar
- Nilai penuh diberikan jika mahasiswa melakukan tugas dan memprktikkannya.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis kritis terhadap literatur dan video pembelajaran motorik.
|
|
Materi: Kriteria perkembangan fisik dan psikologis dalam pembelajaran motorik, Metode-metode pembelajaran motorik (demonstrasi, latihan berulang, permainan, dll), Teknik evaluasi efektivitas metode pembelajaran, Studi kasus penerapan metode pembelajaran motorik dalam berbagai konteks Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat menganalisis, menilai, dan memberikan rekomendasi terhadap metode pembelajaran motorik berdasarkan tinjauan perkembangan fisik dan psikologis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran motorik. |
- 1.Mampu mengidentifikasi keterampilan gerak dasar yang tepat pada setiap situasi yang diberikan
- Mampu mengimplementasikan keterampilan gerak dasar dalam kegiatan olahraga yang berbeda-beda.
|
Kriteria:
- Nilai penuh diberikan jika mahasiswa menjawab dengan benar
- Nilai penuh diberikan jika mahasiswa melakukan tugas dan memprktikkannya.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis kritis terhadap literatur dan video pembelajaran motorik.
|
|
Materi: Kriteria perkembangan fisik dan psikologis dalam pembelajaran motorik, Metode-metode pembelajaran motorik (demonstrasi, latihan berulang, permainan, dll), Teknik evaluasi efektivitas metode pembelajaran, Studi kasus penerapan metode pembelajaran motorik dalam berbagai konteks Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Penggolongan Keterampilan gerak : Diskrit,serial, Kontiyu. Pustaka: Kathleen M. H & Nancy Getchell. 2009. Life Span Motor Development . United States of America: Human Kinetics Publisher. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi modifikasi permainan atau aktivitas fisik yang efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik dasar, serta menjelaskan dasar teoritis dan praktis dari modifikasi yang dibuat. |
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian belajar gerak
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri belajar gerak
- Mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam belajar gerak
- Mahasiswa dapat memaparkan tahapan belajar gerak
- Mahasiswa dapat menguraikan sistem penginderaan dalam belajar gerak
|
Kriteria:
- Kepahaman konsep
- Kualitas presentasi dan penyampaian
- .Kemampu ananalisis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case study learning, diskusi kelompok, presentasi, dan demonstrasi praktik.
|
|
Materi: Prinsip-prinsip modifikasi permainan dan aktivitas fisik, Teknik analisis kebutuhan dan konteks sasaran, Strategi pengembangan aktivitas inovatif untuk motorik dasar, Evaluasi efektivitas modifikasi aktivitas fisik Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: MotorLearning andControl: Konsepdan Aplikasi Pustaka: Magill, R. A., & Anderson, D. (2013). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill Education16. Materi: MotorLearning andPerformance:Pendekatan Pembelajaran Berbasis Situas Pustaka: Strand & Wilson. 1993. Assessing Sport Skills . The United States of Amerika.Human Kinetics Publishers. Materi: Perbedaan individual dalam Motorik Pustaka: Belajar Motorik: Teori, Riset, dan Aplikasi. N Indahwati. Surabaya: Unesa University Press, 2023 |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat menciptakan solusi kreatif berupa modifikasi permainan atau aktivitas fisik yang efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik dasar, serta mampu menjelaskan rasional dan implementasinya. |
- Kreativitas dalam mengintegrasikan prinsip belajar motorik ke dalam aktivitas fisik
- Kemampuan menjelaskan rasional dan manfaat dari modifikasi yang dibuat
- Kualitas presentasi atau demonstrasi modifikasi aktivitas
|
Kriteria:
- Ketepatan dan kejelasan penjelasan mengenai konsep dan teori analisis gerak.
- Kemampuan mengidentifikasi jenis gerakan dan menganalisis gerakan secara sistematis.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan demonstrasi praktik.
|
|
Materi: Prinsip-prinsip modifikasi permainan dan aktivitas fisik, Teknik kreatif dalam merancang aktivitas motorik, Integrasi teori belajar motorik ke dalam praktik, Evaluasi efektivitas modifikasi aktivitas Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Tes Tulis |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mampu memahami dan mengerjakan soal dengan tepat
|
|
Materi: Karakteristik individu dengan kebutuhan khusus dalam konteks motorik, Teori belajar motorik yang relevan untuk intervensi (seperti teori schema, dinamika sistem, dll.), Langkah-langkah penyusunan strategi intervensi motorik, Studi kasus penerapan intervensi pada berbagai kondisi kebutuhan khusus Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
9
Minggu ke 9 |
|
- Mampu mengidentifikasi jenis-jenis tes keterampilan gerak
- Mampu menjelaskan prosedur pelaksanaan tes keterampilan gerak
|
Kriteria:
- Ketepatan menjelaskan definisi dan konsep feedback dan reinforcement (30%)
- Ketepatan menjelaskan transfer of learning(30%)
- 3.Kemampuan menerapkan feedback dan reinforcement dalam praktik gerak(20%)
- Kemampuan menerapkan transfer of learning dalam situasi belajar gerak yang berbeda (20%)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
Diskusi Kelompok, Simulasi, Presentasi
|
|
Materi: Pendekatan pembelajaran dan performa berbasis situasi, meliputi faktor-faktor lingkungan dan tugas yang memengaruhi pembelajaran Pustaka: Kathleen M. H & Nancy Getchell. 2009. Life Span Motor Development . United States of America: Human Kinetics Publisher. Materi: Konsep dan aplikasi pembelajaran dan kontrol gerakan, termasuk teori dan prinsip dasar serta faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran gerakan Pustaka: Magill, R. A., & Anderson, D. (2013). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill Education16. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
|
- Mampu menjelaskan definisi dan konsep feedback dan reinforcement dalam belajar gerak
- Mampu menjelaskan transfer of learning dalam belajar gerak.
- Mampu menerapkan feedback dan reinforcement dalam praktik gerak.
- Mampu menerapkan transfer of learning dalam situasi belajar gerak yang berbeda.
|
Kriteria:
- Ketepatan menjelaskan definisi dan konsep feedback dan reinforcement (30%)
- Ketepatan menjelaskan transfer of learning(30%)
- 3.Kemampuan menerapkan feedback dan reinforcement dalam praktik gerak(20%)
- Kemampuan menerapkan transfer of learning dalam situasi belajar gerak yang berbeda (20%)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
diskusi kelompok, simulasi, praktikum,dan presentasi
|
|
Materi: Pendekatan pembelajaran dan performa berbasis situasi, meliputi faktor-faktor lingkungan dan tugas yang memengaruhi pembelajaran Pustaka: Kathleen M. H & Nancy Getchell. 2009. Life Span Motor Development . United States of America: Human Kinetics Publisher. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
|
- Mahasiswa mampu menyusun minimal dua model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas gerak
- Mahasiswa mampu menjelaskan dengan jelas dan sistematis model-model pembelajaran yang telah disusun
|
Kriteria:
- Kelengkapan penyusunan model pembelajaran (40%)
- .Kualitas penyajian model pembelajaran(30%)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
|
Materi: Designing Instructional Programs for Motor Skills Pustaka: Magill, R. A., & Anderson, D. (2013). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill Education16. Materi: Designing Instructional Program Pustaka: Kathleen M. H & Nancy Getchell. 2009. Life Span Motor Development . United States of America: Human Kinetics Publisher. Materi: Motor Learning and Control Pustaka: Strand & Wilson. 1993. Assessing Sport Skills . The United States of Amerika.Human Kinetics Publishers. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
|
- Mahasiswa dapat menjelaskan model-model pembelajaran aktivitas gerak pada anak sesuai dengan tingkat dan perkembangan anak
- Mahasiswa mampu mengimplementasikanmodel-model pembelajaran pada anak dengan baik dan benar.
- Mahasiswa dapat mengevaluasi hasil pembelajaran dan memberikan umpan balik kepada anak
|
Kriteria:
- Kepatuhan pada model pembelajaran: 30%
- Kemampuan untuk memberikan umpan balik yang sesuai:40%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Simulasi pembelajaran Diskusi Kelompok Praktik/Unjuk Kerja Presentasi
|
|
Materi: Perkembanganmotorik padaberbagai tahapkehidupan (infant,anak-anak,remaja, dandewasa) danfaktor-faktor yangmempengaruhinya Pustaka: Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2015). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults. McGraw-Hill Education Materi: Konsep-konsep dasar dalam motor learning seperti transfer oflearning, feedback, retention, dan performance Pustaka: Magill, R. A., & Anderson, D. (2013). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill Education16. Materi: Konsep"The Mountain ofMotorDevelopment"sebagairepresentasi visualdari tahapan-tahapanperkembanganmotorik padaanak-anak Pustaka: Cech, D & Martin, S. Functional Movement Development Across the Life Span . Philadelpia. W.B. Saunders Company Hurlock, E. 1995. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mempraktikkan rancangan pengembangan model aktivitas motorik inovatif dalam pembelajaran PJOK bagi siswaSD/SMP/SMA sebagai bentuk dukungan untuk perkembangan |
Mahasiswa mampu menganalisis kondisi siswa SD/SMP/SMA dalam hal perkembangan fisik motorik mereka |
Kriteria:
- Kepatuhan pada struktur case study dan diskusi kelompok
- Kemampuan dalam menganalisis kondisi siswa dan mengidentifikasi kebutuhan mereka
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Case study dan diskusi kelompok
|
|
Materi: Learning and Performance of Motor Skills Pustaka: Magill, R. A., & Anderson, D. (2013). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill Education16. Materi: Motor Development During Childhoodand Adolescence Pustaka: Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2015). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults. McGraw-Hill Education |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mempraktikkan rancangan pengembangan model aktivitas motorik inovatif dalam pembelajaran PJOK bagi siswaSD/SMP/SMA sebagai bentuk dukungan untuk perkembangan |
Mahasiswa mampu menganalisis kondisi siswa SD/SMP/SMA dalam hal perkembangan fisik motorik mereka |
Kriteria:
- Kepatuhan pada struktur case study dan diskusi kelompok
- Kemampuan dalam menganalisis kondisi siswa dan mengidentifikasi kebutuhan mereka
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Case study dan diskusi kelompok
|
|
Materi: Learning and Performance of Motor Skills Pustaka: Magill, R. A., & Anderson, D. (2013). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill Education16. Materi: Motor Development During Childhoodand Adolescence Pustaka: Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2015). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults. McGraw-Hill Education |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mempraktikkan rancangan pengembangan model aktivitas motorik inovatif dalam pembelajaran PJOK bagi siswaSD/SMP/SMA sebagai bentuk dukungan untuk perkembangan |
Mahasiswa mampu menganalisis kondisi siswa SD/SMP/SMA dalam hal perkembangan fisik motorik mereka |
Kriteria:
- Kepatuhan pada struktur case study dan diskusi kelompok
- Kemampuan dalam menganalisis kondisi siswa dan mengidentifikasi kebutuhan mereka
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Case study dan diskusi kelompok
|
|
Materi: Learning and Performance of Motor Skills Pustaka: Magill, R. A., & Anderson, D. (2013). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw-Hill Education16. Materi: Motor Development During Childhoodand Adolescence Pustaka: Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2015). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults. McGraw-Hill Education Materi: Langkah-langkahmerancang modelaktivitas motorikinovatif yangsesuai dengankarakteristik siswa Pustaka: Belajar Motorik: Teori, Riset, dan Aplikasi. N Indahwati. Surabaya: Unesa University Press, 2023 |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
UAS
|
|
Materi: UAS Pustaka: Belajar Motorik: Teori, Riset, dan Aplikasi. N Indahwati. Surabaya: Unesa University Press, 2023 |
10% |