Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan IPS

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Literasi Keuangan dan Investasi

8420703111

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

3

24 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Asnimawati, M.Pd. Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd., Nurul Hasanah, M.Pd.




Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.,




NUANSA BAYU SEGARA

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal.

PLO-8

Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai pengetahuan faktual konsep dasar literasi keuangan dan investasi dari perspektif ilmu sosial.

PO - 2

Menguasai penggunaan teknologi informasi untuk mengakses data keuangan, investasi dan melakukan analisis sederhana.

PO - 3

Menguasai strategi untuk penganggaran, menabung, berinvestasi, dan mengelola risiko keuangan.

PO - 4

Mampu menyusun perencanaan keuangan pribadi jangka panjang dan menentukan jenis investasi yang tepat.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-8
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman, keterampilan, dan sikap terkait literasi keuangan dan investasi. Mahasiswa mempelajari konsep dasar keuangan pribadi, lembaga keuangan, produk dan instrumen investasi, manajemen keuangan, serta praktik investasi yang etis dan berkelanjutan. Pembelajaran menekankan pada project-based learning (PjBL) agar mahasiswa mampu mengelola keuangan dan membuat keputusan investasi yang cerdas, berbasis perspektif keilmuan IPS. Mata kuliah ini menekankan peran pendidik IPS dalam menumbuhkan kesadaran dan inklusi keuangan dari perspektif ilmu sosial.

Pustaka

Utama :

  1. Kasmir. (2019). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
  2. Sari, D. (2020). Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa.
  3. Sapriya. (2017). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  4. Halim, A. (2018). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
  5. Fahmi, I. (2015). Manajemen Investasi. Bandung: Alfabeta.
  6. Supriyanto, A. (2020). Ekonomi Digital dan Literasi Keuangan. Yogyakarta: Deepublish.
  7. Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
  8. Corrado, Charles J., dan Jordan, Bradford D. 2005. Fundamental of Investment, Valuation and Management, 3rd Edition, McGraw Hill.

Pendukung :

  1. Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of financial management (Fifteenth edition). Cengage: Boston.
  2. Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2019). Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan. Jakarta: OJK.
  3. Corrado, Charles J., dan Jordan, Bradford D. 2005. Fundamental of Investment, Valuation and Management, 3rd Edition, McGraw Hill.
  4. https://repository.unai.edu/id/eprint/663/1/[III.A.1.a.2.16]%20FullBook%20Literasi%20Keuangan.pdf

Dosen Pengampu

NUANSA BAYU SEGARA

ASNIMAWATI

NURUL HASANAH

Dr. Asnimawati, M.Pd.

Dr. Asnimawati, M.Pd.

Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.

Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.

Nurul Hasanah, M.Pd.

Nurul Hasanah, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian literasi keuangan, urgensinya dalam kehidupan, serta kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat dan pendidikan IPS.

  1. Menjelaskan Pengertian dan pentingnya literasi keuangan
  2. Menjelaskan Hubungan literasi keuangan dengan kesejahteraan individu dan masyarakat
  3. Menganalisis literasi keuangan dalam persfektif IPS.
Kriteria:
  1. Assessment criteria: rubric
  2. Assessment form: Participatory Activities

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal
3x50
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
Materi: Pengantar Literasi Keuangan
Pustaka: Kasmir. (2019). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menganalisis teori literasi keuangan, memahami model internasional, serta menilai kondisi literasi keuangan di Indonesia.

  1. 2.1 Menjelaskan Komponen literasi keuangan (pengetahuan, sikap, keterampilan)keuangan
  2. 2.2 Menjelaskan Model literasi keuangan internasional
  3. 2.3 Menganalisis Literasi keuangan di Indonesia
Kriteria:
  1. Assessment criteria: rubric
  2. Assessment form: Participatory Activities

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal
3x50
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
Materi: Teori dan Ruang Lingkup Literasi Keuangan
Pustaka: Fahmi, I. (2015). Manajemen Investasi. Bandung: Alfabeta.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep literasi keuangan digital, menerapkan keamanan dalam transaksi digital, serta menilai pentingnya edukasi keuangan digital di kalangan generasi muda.

  1. Menjelaskan Perkembangan fintech di Indonesia
  2. Menjelaskan Transaksi digital dan keamanan finansial
  3. Mendeskripsikan Edukasi keuangan digital bagi generasi muda
  4. Menjelaskan Studi kasus literasi keuangan digital di masyarakat
Kriteria:
  1. Assessment criteria: rubric
  2. Assessment form: Participatory Activities

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal
3x50
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
Materi: Literasi Keuangan Digital dan Teknologi Keuangan.
Pustaka: Supriyanto, A. (2020). Ekonomi Digital dan Literasi Keuangan. Yogyakarta: Deepublish.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan keuangan pribadi (jangka pendek, menengah, panjang) dengan menetapkan tujuan keuangan yang realistis.

  1. Mendesain Perencanaan keuangan jangka pendek, menengah, panjang
  2. Menganalisis financial goals dan strategi pencapaian
  3. Menjelaskan pentingnya disiplin keuangan
Kriteria:
  1. Assessment criteria: rubric
  2. Assessment form: Participatory Activities

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal
3x50
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
Materi: Perencanaan Keuangan Pribadi
Pustaka: Halim, A. (2018). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip etika dalam pengelolaan keuangan, menjelaskan konsep investasi berkelanjutan (green investment, ESG, impact investing), serta menilai implikasinya bagi masyarakat.

  1. Menjelaskan Etika dalam pengelolaan keuangan
  2. Menjelaskan Konsep green investment dan ESG (Environmental, Social, Governance).
  3. Menganalisis studi kasus
Kriteria:
  1. Assessment criteria: rubric
  2. Assessment form: Participatory Activities

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal
3x50
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
Materi: Etika Keuangan dan Investasi Berkelanjutan
Pustaka: Halim, A. (2018). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah, fungsi, tugas, dan wewenang OJK dalam mengatur, mengawasi, serta melindungi konsumen jasa keuangan; serta mengevaluasi peran OJK dalam literasi keuangan masyarakat.

  1. Menjelaskan Sejarah dan dasar hukum pembentukan OJK.
  2. Menjelaskan Fungsi utama OJK dalam sistem keuangan.
  3. Mendeskripsikan Tugas OJK dalam sektor: Perbankan, Pasar modal, Industri keuangan non-bank (IKNB)
  4. Menjelaskan wewenang OJK dalam pengawasan dan penegakan hukum.
  5. Menganalisis peran OJK dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat
Kriteria:
  1. Assessment criteria: rubric
  2. Assessment form: Participatory Activities

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal
3x50
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
Materi: Fungsi tugas dan wewenang OJK
Pustaka: Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2019). Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan. Jakarta: OJK.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengintegrasikan literasi keuangan ke dalam pembelajaran IPS, menyusun rancangan pembelajaran berbasis literasi keuangan, serta mempresentasikan proyek perencanaan keuangan/investasi sederhana.

  1. Menjelaskan Peran guru IPS dalam membangun kesadaran finansial siswa
  2. Menganalisis Literasi keuangan sebagai bagian dari literasi sosial.
  3. Menjelaskan contoh praktik pembelajaran IPS berbasis literasi keuangan.
Kriteria:
  1. Assessment criteria: rubric
  2. Assessment form: Participatory Activities

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal
3x50
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
Materi: Integrasi Literasi Keuangan dalam IPS
Pustaka: Sapriya. (2017). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Melakukan pengujian tertulis hasil pembelajaran kemudian penilaian dan
evaluasi untuk proses pembelajaran berikutnya

10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian Investasi, membedakan investasi, menabung dan spekulasi, serta kaitannya dengan pendidikan IPS.

  1. Menjelaskan Definisi dan tujuan investasi
  2. Menganalisis Perbedaan investasi, menabung, dan spekulasi
Kriteria:

Assessment criteria: rubric Assessment form: Participatory Activities


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal
3x50
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
Materi: Konsep Dasar Investasi
Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menganalisis jenis investasi keuangan, membedakan investasi keuangan dan non keuangan dan mengklasifikasi contoh dalam masyarakat.

  1. Menjelaskan Investasi keuangan: deposito, obligasi, saham, reksa dana.
  2. Menganalisis perbedaan Investasi non-keuangan: emas, properti, usaha kecil
Kriteria:

Assessment criteria: rubric Assessment form: Participatory Activities


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal
3x50
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
Materi: Jenis-jenis Instrumen Investasi
Pustaka: Corrado, Charles J., dan Jordan, Bradford D. 2005. Fundamental of Investment, Valuation and Management, 3rd Edition, McGraw Hill.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menganalisis resiko investasi, membedakan jenis resiko investasi dan melakukan analisis studi kasus tentang resiko investasi

  1. Menjelaskan Risiko pasar, risiko likuiditas, risiko inflasi
  2. Menganalisis Risiko vs. return sederhana
  3. Menganalisis Studi kasus investasi aman vs. berisiko
Kriteria:

Assessment criteria: rubric Assessment form: Participatory Activities


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal
3x50
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
Materi: Resiko dan Keuntungan Investasi
Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menganalisis fungsi dan pesan lembaga investasi serta menjelaskan kontribusi pasar modal terhadapat ekonomi.

  1. Menjelaskan Fungsi pasar modal-BEI, OJK, peran investor
  2. Menganalisis Kontribusi pasar modal terhadap pembangunan ekonomi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal
3x50
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
Materi: Peran Pasar Modal dalam Perekonomian
Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang peran saham serta menganalisis contoh investasi dan reksa dana.

  1. Membaca harga saham & grafik sederhana
  2. Menjelaskan Konsep NAB pada reksa dana
  3. Menjelaskan contoh investasi Rp1 juta di saham & reksa dana
Kriteria:

Assessment criteria: rubric Assessment form: Participatory Activities


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal
3x50
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
Materi: Analisis Sederhana Saham & Reksa Dana
Pustaka: Corrado, Charles J., dan Jordan, Bradford D. 2005. Fundamental of Investment, Valuation and Management, 3rd Edition, McGraw Hill.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang peran saham serta menganalisis contoh investasi dan reksa dana.

  1. Menentukan tujuan keuangan (jangka pendek, menengah, panjang)
  2. Menentukan profil risiko (konservatif, moderat, agresif)
  3. Menentukan alokasi aset sederhana (misal: tabungan 40%, reksa dana 30%, emas 30%)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal
3x50
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
Materi: Perencanaan Investasi (Investment Planning)
Pustaka: Corrado, Charles J., dan Jordan, Bradford D. 2005. Fundamental of Investment, Valuation and Management, 3rd Edition, McGraw Hill.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mempraktikkan kegiatan investasi dan membuat simulasi tentang investasi.

  1. Mampu melakukan simulasi pembelian saham/reksa dana melalui aplikasi demo BEI atau platform simulasi
  2. Merencanakan latihan mencatat hasil investasi selama simulasi- Diskusi refleksi: pelajaran dari simulasi
Kriteria:

Assessment criteria: rubric Assessment form: Participatory Activities


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal
3x50
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
Materi: Praktik Investasi Sederhana
Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mempraktikkan kegiatan investasi dan membuat simulasi tentang investasi.

  1. Mampu melakukan simulasi pembelian saham/reksa dana melalui aplikasi demo BEI atau platform simulasi
  2. Merencanakan latihan mencatat hasil investasi selama simulasi- Diskusi refleksi: pelajaran dari simulasi
Kriteria:

Assessment criteria: rubric Assessment form: Participatory Activities


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal
3x50
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
Materi: Praktik Investasi Sederhana
Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 41.67%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 41.67%
3. Penilaian Portofolio 5%
4. Tes 11.67%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.