
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan IPS
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Literasi Keuangan dan Investasi |
8420703111 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
3 |
24 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Asnimawati, M.Pd. Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd., Nurul Hasanah, M.Pd.
|
Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.,
|
NUANSA BAYU SEGARA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal. |
PLO-8 |
Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai pengetahuan faktual konsep dasar literasi keuangan dan investasi dari perspektif ilmu sosial.
|
PO - 2 |
Menguasai penggunaan teknologi informasi untuk mengakses data keuangan, investasi dan melakukan analisis sederhana.
|
PO - 3 |
Menguasai strategi untuk penganggaran, menabung, berinvestasi, dan mengelola risiko keuangan.
|
PO - 4 |
Mampu menyusun perencanaan keuangan pribadi jangka panjang dan menentukan jenis investasi yang tepat.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-8 | | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | | | | | | ✔ | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman, keterampilan, dan sikap terkait literasi keuangan dan investasi. Mahasiswa mempelajari konsep dasar keuangan pribadi, lembaga keuangan, produk dan instrumen investasi, manajemen keuangan, serta praktik investasi yang etis dan berkelanjutan. Pembelajaran menekankan pada project-based learning (PjBL) agar mahasiswa mampu mengelola keuangan dan membuat keputusan investasi yang cerdas, berbasis perspektif keilmuan IPS. Mata kuliah ini menekankan peran pendidik IPS dalam menumbuhkan kesadaran dan inklusi keuangan dari perspektif ilmu sosial. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Kasmir. (2019). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
- Sari, D. (2020). Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa.
- Sapriya. (2017). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Halim, A. (2018). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
- Fahmi, I. (2015). Manajemen Investasi. Bandung: Alfabeta.
- Supriyanto, A. (2020). Ekonomi Digital dan Literasi Keuangan. Yogyakarta: Deepublish.
- Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
- Corrado, Charles J., dan Jordan, Bradford D. 2005. Fundamental of Investment, Valuation and Management, 3rd Edition, McGraw Hill.
|
Pendukung : |
|
- Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of financial management (Fifteenth edition). Cengage: Boston.
- Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2019). Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan. Jakarta: OJK.
- Corrado, Charles J., dan Jordan, Bradford D. 2005. Fundamental of Investment, Valuation and Management, 3rd Edition, McGraw Hill.
- https://repository.unai.edu/id/eprint/663/1/[III.A.1.a.2.16]%20FullBook%20Literasi%20Keuangan.pdf
|
Dosen Pengampu
|
NUANSA BAYU SEGARA ASNIMAWATI NURUL HASANAH Dr. Asnimawati, M.Pd. Dr. Asnimawati, M.Pd. Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd. Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd. Nurul Hasanah, M.Pd. Nurul Hasanah, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian literasi keuangan, urgensinya dalam kehidupan, serta kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat dan pendidikan IPS. |
- Menjelaskan Pengertian dan pentingnya literasi keuangan
- Menjelaskan Hubungan literasi keuangan dengan kesejahteraan individu dan masyarakat
- Menganalisis literasi keuangan dalam persfektif IPS.
|
Kriteria:
- Assessment criteria: rubric
- Assessment form: Participatory Activities
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal 3x50 |
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
|
Materi: Pengantar Literasi Keuangan Pustaka: Kasmir. (2019). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo Persada. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis teori literasi keuangan, memahami model internasional, serta menilai kondisi literasi keuangan di Indonesia. |
- 2.1 Menjelaskan Komponen literasi keuangan (pengetahuan, sikap, keterampilan)keuangan
- 2.2 Menjelaskan Model literasi keuangan internasional
- 2.3 Menganalisis Literasi keuangan di Indonesia
|
Kriteria:
- Assessment criteria: rubric
- Assessment form: Participatory Activities
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal 3x50 |
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
|
Materi: Teori dan Ruang Lingkup Literasi Keuangan Pustaka: Fahmi, I. (2015). Manajemen Investasi. Bandung: Alfabeta. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep literasi keuangan digital, menerapkan keamanan dalam transaksi digital, serta menilai pentingnya edukasi keuangan digital di kalangan generasi muda. |
- Menjelaskan Perkembangan fintech di Indonesia
- Menjelaskan Transaksi digital dan keamanan finansial
- Mendeskripsikan Edukasi keuangan digital bagi generasi muda
- Menjelaskan Studi kasus literasi keuangan digital di masyarakat
|
Kriteria:
- Assessment criteria: rubric
- Assessment form: Participatory Activities
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal 3x50 |
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
|
Materi: Literasi Keuangan Digital dan Teknologi Keuangan. Pustaka: Supriyanto, A. (2020). Ekonomi Digital dan Literasi Keuangan. Yogyakarta: Deepublish. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan keuangan pribadi (jangka pendek, menengah, panjang) dengan menetapkan tujuan keuangan yang realistis. |
- Mendesain Perencanaan keuangan jangka pendek, menengah, panjang
- Menganalisis financial goals dan strategi pencapaian
- Menjelaskan pentingnya disiplin keuangan
|
Kriteria:
- Assessment criteria: rubric
- Assessment form: Participatory Activities
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal 3x50 |
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
|
Materi: Perencanaan Keuangan Pribadi Pustaka: Halim, A. (2018). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menerapkan prinsip etika dalam pengelolaan keuangan, menjelaskan konsep investasi berkelanjutan (green investment, ESG, impact investing), serta menilai implikasinya bagi masyarakat. |
- Menjelaskan Etika dalam pengelolaan keuangan
- Menjelaskan Konsep green investment dan ESG (Environmental, Social, Governance).
- Menganalisis studi kasus
|
Kriteria:
- Assessment criteria: rubric
- Assessment form: Participatory Activities
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal 3x50 |
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
|
Materi: Etika Keuangan dan Investasi Berkelanjutan Pustaka: Halim, A. (2018). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah, fungsi, tugas, dan wewenang OJK dalam mengatur, mengawasi, serta melindungi konsumen jasa keuangan; serta mengevaluasi peran OJK dalam literasi keuangan masyarakat. |
- Menjelaskan Sejarah dan dasar hukum pembentukan OJK.
- Menjelaskan Fungsi utama OJK dalam sistem keuangan.
- Mendeskripsikan Tugas OJK dalam sektor: Perbankan, Pasar modal, Industri keuangan non-bank (IKNB)
- Menjelaskan wewenang OJK dalam pengawasan dan penegakan hukum.
- Menganalisis peran OJK dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat
|
Kriteria:
- Assessment criteria: rubric
- Assessment form: Participatory Activities
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal 3x50 |
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
|
Materi: Fungsi tugas dan wewenang OJK Pustaka: Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2019). Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan. Jakarta: OJK. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan literasi keuangan ke dalam pembelajaran IPS, menyusun rancangan pembelajaran berbasis literasi keuangan, serta mempresentasikan proyek perencanaan keuangan/investasi sederhana. |
- Menjelaskan Peran guru IPS dalam membangun kesadaran finansial siswa
- Menganalisis Literasi keuangan sebagai bagian dari literasi sosial.
- Menjelaskan contoh praktik pembelajaran IPS berbasis literasi keuangan.
|
Kriteria:
- Assessment criteria: rubric
- Assessment form: Participatory Activities
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal 3x50 |
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
|
Materi: Integrasi Literasi Keuangan dalam IPS Pustaka: Sapriya. (2017). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
Melakukan pengujian tertulis hasil pembelajaran kemudian penilaian dan
evaluasi untuk proses pembelajaran berikutnya
|
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian Investasi, membedakan investasi, menabung dan spekulasi, serta kaitannya dengan pendidikan IPS. |
- Menjelaskan Definisi dan tujuan investasi
- Menganalisis Perbedaan investasi, menabung, dan spekulasi
|
Kriteria:
Assessment criteria: rubric Assessment form: Participatory Activities Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal 3x50 |
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
|
Materi: Konsep Dasar Investasi Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menganalisis jenis investasi keuangan, membedakan investasi keuangan dan non keuangan dan mengklasifikasi contoh dalam masyarakat. |
- Menjelaskan Investasi keuangan: deposito, obligasi, saham, reksa dana.
- Menganalisis perbedaan Investasi non-keuangan: emas, properti, usaha kecil
|
Kriteria:
Assessment criteria: rubric Assessment form: Participatory Activities Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal 3x50 |
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
|
Materi: Jenis-jenis Instrumen Investasi Pustaka: Corrado, Charles J., dan Jordan, Bradford D. 2005. Fundamental of Investment, Valuation and Management, 3rd Edition, McGraw Hill. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menganalisis resiko investasi, membedakan jenis resiko investasi dan melakukan analisis studi kasus tentang resiko investasi |
- Menjelaskan Risiko pasar, risiko likuiditas, risiko inflasi
- Menganalisis Risiko vs. return sederhana
- Menganalisis Studi kasus investasi aman vs. berisiko
|
Kriteria:
Assessment criteria: rubric Assessment form: Participatory Activities Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal 3x50 |
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
|
Materi: Resiko dan Keuntungan Investasi Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisis fungsi dan pesan lembaga investasi serta menjelaskan kontribusi pasar modal terhadapat ekonomi. |
- Menjelaskan Fungsi pasar modal-BEI, OJK, peran investor
- Menganalisis Kontribusi pasar modal terhadap pembangunan ekonomi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal 3x50 |
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
|
Materi: Peran Pasar Modal dalam Perekonomian Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang peran saham serta menganalisis contoh investasi dan reksa dana. |
- Membaca harga saham & grafik sederhana
- Menjelaskan Konsep NAB pada reksa dana
- Menjelaskan contoh investasi Rp1 juta di saham & reksa dana
|
Kriteria:
Assessment criteria: rubric Assessment form: Participatory Activities Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal 3x50 |
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
|
Materi: Analisis Sederhana Saham & Reksa Dana Pustaka: Corrado, Charles J., dan Jordan, Bradford D. 2005. Fundamental of Investment, Valuation and Management, 3rd Edition, McGraw Hill. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang peran saham serta menganalisis contoh investasi dan reksa dana. |
- Menentukan tujuan keuangan (jangka pendek, menengah, panjang)
- Menentukan profil risiko (konservatif, moderat, agresif)
- Menentukan alokasi aset sederhana (misal: tabungan 40%, reksa dana 30%, emas 30%)
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal 3x50 |
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
|
Materi: Perencanaan Investasi (Investment Planning) Pustaka: Corrado, Charles J., dan Jordan, Bradford D. 2005. Fundamental of Investment, Valuation and Management, 3rd Edition, McGraw Hill. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mempraktikkan kegiatan investasi dan membuat simulasi tentang investasi. |
- Mampu melakukan simulasi pembelian saham/reksa dana melalui aplikasi demo BEI atau platform simulasi
- Merencanakan latihan mencatat hasil investasi selama simulasi- Diskusi refleksi: pelajaran dari simulasi
|
Kriteria:
Assessment criteria: rubric Assessment form: Participatory Activities Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal 3x50 |
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
|
Materi: Praktik Investasi Sederhana Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mempraktikkan kegiatan investasi dan membuat simulasi tentang investasi. |
- Mampu melakukan simulasi pembelian saham/reksa dana melalui aplikasi demo BEI atau platform simulasi
- Merencanakan latihan mencatat hasil investasi selama simulasi- Diskusi refleksi: pelajaran dari simulasi
|
Kriteria:
Assessment criteria: rubric Assessment form: Participatory Activities Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Responsi pembelajaran kooperatif pembelajaran berbasis masalah review artikel jurnal 3x50 |
Penugasan pembelajaran mandiri menyusun anotasi bibiliografi
|
Materi: Praktik Investasi Sederhana Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. |
20% |