Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS TES DAN PENGUKURAN PENDIDIKAN JASMANI

8500103016

T=3

P=0

ECTS=7.56

2

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.

PLO-7

Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang Pendidikan Jasmani yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.

PLO-10

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi dan berkolaborasi.

PO - 2

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.

PO - 3

Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang Pendidikan Jasmani yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin.

PO - 4

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-7PLO-10
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar mengenai prinsip-prinsip, konsep, dan aplikasi tes serta pengukuran dalam pendidikan jasmani dan olahraga. Mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis tes, prosedur pengukuran, analisis data sederhana, dan interpretasi hasil untuk tujuan evaluasi, diagnosis, klasifikasi, motivasi, dan prediksi di bidang penjas.

Pustaka

Utama :

  1. Buku-buku dan jurnal relevan lainnya yang terkait dengan tes dan pengukuran dalam pendidikan jasmani dan olahraga.
  2. Dr. S. Jayasingh Albert Chandrasekar, K. Govindasamy and Dr. K. Govarthanan. Test and Measurement in Physical Education
  3. Dr Jethya Jatoth. Test, Measurement and Evaluation in Physical Education
  4. Dr. A. K. Uppal. Instant Notes on Test, Measurement and Evaluation in Physical Education (Textbook of Physical Education for BPEd, MPEd and Other Courses) Also Useful For Competitive Exams

Pendukung :

  1. Artikel jurnal mutakhir
  2. Dr. Swami Nitesh Ramling. Test Measurement and Evaluation in Physical Education
  3. Barry L. Johnson. Practical measurements for evaluation in physical education 4th ed.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. H. Hari Setijono, M.Pd.

Dr. Sapto Wibowo, S.Pd., M.Pd.

Dr. Taufiq Hidayat, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian Konsep Dasar Tes, Pengukuran, dan Evaluasi dalam Penjas. Tujuan dan Fungsi Tes dalam Penjas.
  2. Mahasiswa mampu mengjabarkan Dasar Tes, Pengukuran, dan Evaluasi dalam Penjas serta apilaksi dilapangan
  3. Mahasiswa mampu mengakaji relevansi penjas dan karakter siswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50

5%

2

Minggu ke 2

Peran Tes dan Pengukuran dalam Proses Pembelajaran Penjas dan Pembinaan Olahraga.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

5%

3

Minggu ke 3

Prinsip-prinsip Tes yang Baik: Validitas (Jenis-jenis Validitas)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

5%

4

Minggu ke 4

Prinsip-prinsip Tes yang Baik: Reliabilitas (Metode Pengujian Reliabilitas)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

5%

5

Minggu ke 5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

5%

6

Minggu ke 6

Klasifikasi Tes dalam Penjas (Tes Motorik, Tes Kebugaran Jasmani, Tes Pengetahuan, Tes Keterampilan). Pengukuran Antropometri


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

5%

7

Minggu ke 7

Prosedur Pelaksanaan Tes Kebugaran Jasmani


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring

5%

8

Minggu ke 8

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring

15%

9

Minggu ke 9

Prosedur Pelaksanaan Tes Kebugaran Jasmani


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

5%

10

Minggu ke 10

Prosedur Pelaksanaan Tes Kebugaran Jasmani


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Luring

5%

11

Minggu ke 11

Prosedur Pelaksanaan Tes Keterampilan Olahraga


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

5%

12

Minggu ke 12

Dasar-dasar Statistik Deskriptif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

5%

13

Minggu ke 13

Dasar-dasar Statistik Deskriptif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring

5%

14

Minggu ke 14

Norma dan Interpretasi Hasil Tes.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

5%

15

Minggu ke 15

Protokol Tes dan Pengukuran Penjas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

5%

16

Minggu ke 16

UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring

15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 77.5%
2. Penilaian Portofolio 5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 2.5%
4. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.