
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
ANALISIS TES DAN PENGUKURAN PENDIDIKAN JASMANI |
8500103016 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
2 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
TIM MBKM
|
TIM MBKM
|
Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional. |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang Pendidikan Jasmani yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi. |
PLO-10 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi dan berkolaborasi.
|
PO - 2 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.
|
PO - 3 |
Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang Pendidikan Jasmani yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin.
|
PO - 4 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-7 | PLO-10 | PO-1 | | | | ✔ | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | ✔ | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | | | ✔ | | | | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar mengenai prinsip-prinsip, konsep, dan aplikasi tes serta pengukuran dalam pendidikan jasmani dan olahraga. Mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis tes, prosedur pengukuran, analisis data sederhana, dan interpretasi hasil untuk tujuan evaluasi, diagnosis, klasifikasi, motivasi, dan prediksi di bidang penjas. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Buku-buku dan jurnal relevan lainnya yang terkait dengan tes dan pengukuran dalam pendidikan jasmani dan olahraga.
- Dr. S. Jayasingh Albert Chandrasekar, K. Govindasamy and Dr. K. Govarthanan. Test and Measurement in Physical Education
- Dr Jethya Jatoth. Test, Measurement and Evaluation in Physical Education
- Dr. A. K. Uppal. Instant Notes on Test, Measurement and Evaluation in Physical Education (Textbook of Physical Education for BPEd, MPEd and Other Courses) Also Useful For Competitive Exams
|
Pendukung : |
|
- Artikel jurnal mutakhir
- Dr. Swami Nitesh Ramling. Test Measurement and Evaluation in Physical Education
- Barry L. Johnson. Practical measurements for evaluation in physical education 4th ed.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. H. Hari Setijono, M.Pd. Dr. Sapto Wibowo, S.Pd., M.Pd. Dr. Taufiq Hidayat, S.Pd., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian Konsep Dasar Tes, Pengukuran, dan Evaluasi dalam Penjas. Tujuan dan Fungsi Tes dalam Penjas.
- Mahasiswa mampu mengjabarkan Dasar Tes, Pengukuran, dan Evaluasi dalam Penjas serta apilaksi dilapangan
- Mahasiswa mampu mengakaji relevansi penjas dan karakter siswa
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50 |
|
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
Peran Tes dan Pengukuran dalam Proses Pembelajaran Penjas dan Pembinaan Olahraga. |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
Prinsip-prinsip Tes yang Baik: Validitas (Jenis-jenis Validitas) |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Prinsip-prinsip Tes yang Baik: Reliabilitas (Metode Pengujian Reliabilitas) |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Klasifikasi Tes dalam Penjas (Tes Motorik, Tes Kebugaran Jasmani, Tes Pengetahuan, Tes Keterampilan). Pengukuran Antropometri |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Prosedur Pelaksanaan Tes Kebugaran Jasmani |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring
|
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring
|
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Prosedur Pelaksanaan Tes Kebugaran Jasmani |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
Prosedur Pelaksanaan Tes Kebugaran Jasmani |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Prosedur Pelaksanaan Tes Keterampilan Olahraga |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Dasar-dasar Statistik Deskriptif |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Dasar-dasar Statistik Deskriptif |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring
|
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Norma dan Interpretasi Hasil Tes. |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Protokol Tes dan Pengukuran Penjas |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring
|
|
|
15% |