Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Bulutangkis

8520206716

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=2

ECTS=6.36

5

1 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes.




Dr. Oce Wiriawan, M.Kes.




MUHAMMAD

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-10

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

PLO-11

Menguasai konsep, teoritis dan praktis bidang kepelatihan dan kependidikan olahraga

PLO-12

Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan konsep dasar analisis performa atlet dan ruang lingkupnya dalam bulutangkis

PO - 2

Menganalisis teknik dan biomekanika pukulan serta footwork pemain bulutangkis menggunakan prinsip ilmiah

PO - 3

Melakukan observasi dan pencatatan performa pertandingan menggunakan notation system

PO - 4

Menganalisis aspek taktik, fisik, dan psikologis atlet secara terintegrasi

PO - 5

Menggunakan teknologi analisis performa (software dan wearable) dalam mengumpulkan dan menginterpretasi data

PO - 6

Menyusun laporan analisis performa pertandingan dan menyampaikan hasilnya secara profesional

PO - 7

Menunjukkan sikap profesional, objektif, dan etis dalam proses analisis dan kerja tim

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-10PLO-11PLO-12
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    
PO-6    
PO-7    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Bulutangkis merupakan mata kuliah yang mempelajari berbagai aspek analisis performa atlet bulutangkis secara komprehensif. Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip dasar analisis performa, teknik pengukuran dan evaluasi kemampuan fisik, teknik, taktik, dan mental atlet bulutangkis. Mahasiswa akan mempelajari metode observasi langsung, penggunaan teknologi video analisis, dan alat ukur performa lainnya. Tujuan mata kuliah ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menganalisis kekuatan dan kelemahan atlet, mengidentifikasi area perbaikan, serta merancang program latihan yang efektif berdasarkan data analisis. Ruang lingkup mata kuliah mencakup analisis biomekanik teknik dasar (servis, pukulan, footwork), evaluasi kondisi fisik (kecepatan, kelincahan, daya tahan), analisis taktik permainan, pengukuran aspek psikologis, serta interpretasi data statistik pertandingan untuk pengembangan strategi coaching.

Pustaka

Utama :

  1. Jayadi, I., Wiriawan, O., Purnomo, M., Rusdiawan, A., & Triardhana, Y. A. (2023). Peraturan perwasitan bulutangkis. Uwais Inspirasi Indonesia
  2. James Poole. 2016. Belajar Bulutangkis. Bandung: Pioneir Jaya
  3. Badminton World Federation (BWF). Coaching & Technical Manuals.
  4. Grice, T. (2008). Badminton: Steps to Success. Human Kinetics.
  5. O’Donoghue, P. (2014). Performance Analysis of Sport. Routledge.

Pendukung :

Dosen Pengampu

IKA JAYADI

OCE WIRIAWAN

YANUAR ALFAN TRIARDHANA

MUHAMMAD LABIB SIENA AR RASYID

Muhammad Labib Siena Ar Rasyid, S.Pd., M.Pd.

Muhammad Labib Siena Ar Rasyid, S.Pd., M.Pd.

Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes.

Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes.

Dra. Ika Jayadi, M.Kes.

Dra. Ika Jayadi, M.Kes.

Dr. Oce Wiriawan, M.Kes.

Dr. Oce Wiriawan, M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami kontrak kuliah & ruang lingkup analisis performa bulutangkis

Menyebutkan indikator performa teknik, taktik, fisik, psikologis secara tepat

Kriteria:

Kehadiran dan Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Luring

5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami konsep dasar performa olahraga dan indikator kunci

Komponen performa (fisik, teknik, taktik, mental) dan Indikator performa bulutangkis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengidentifikasi teknik dasar & keterampilan bermain bulutangkis

Teknik pukulan, footwork

Kriteria:

Kehadiran dan Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memahami prinsip biomekanika gerak dalam pukulan & footwork

Biomekanika pukulan smash, dropshot, clear, serta Analisis postur & kecepatan

Kriteria:

Kehadiran dan Praktik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menggunakan tools analisis biomekanika sederhana

Penggunaan software Dartfish/Kinovea, Frame by frame analisis

Kriteria:

Praktik dan Kehadiran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa memahami analisis taktik dan strategi permainan

Pola serangan & pertahanan, Analisis rally & shot selection

Kriteria:

Praktik unjuk kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Luring

5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisis performa fisik atlet bulutangkis

Tes VO₂max, agility, speed, endurance, strength dan Interpretasi hasil tes

Kriteria:

Praktik dan Partisipasi Aktif


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring

5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu melakukan observasi dan pencatatan performa secara sistematis

Match notation & coding

Kriteria:

Kehadiran dan Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Luring

5%

9

Minggu ke 9

UTS

Ujian tengah semester (teori & praktik dasar analisis)

Kriteria:

Tes Teori dan Praktik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Luring

10%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mengintegrasikan teknik-taktik-fisik dalam satu analisis performa

Integrated performance profiling


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Luring

5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa memahami aspek psikologis dalam performa

Fokus, kontrol emosi, mental toughness dan Observasi aspek non-teknis

Kriteria:

Kehadiran dan Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menggunakan teknologi wearable & software analisis lanjutan

GPS, heart rate monitor, motion capture dan Integrasi data teknologi

Kriteria:

Praktik dan Kehadiran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Luring

5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat merancang format analisis performa pertandingan

Struktur laporan analisis pertandingan, Format evaluasi

Kriteria:

Kehadiran dan Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menyusun laporan analisis performa komprehensif

Pengumpulan data nyata serta Analisis lengkap teknik, taktik, fisik, mental

Kriteria:

Praktik dan Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

5%

15

Minggu ke 15

Presentasi hasil analisis performa pertandingan nyata

Presentasi kelompok laporan akhir

Kriteria:

Portofolio dan Praktik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Luring

5%

16

Minggu ke 16

UAS

Evaluasi akhir mata kuliah (teori & presentasi analisis)

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
Luring

20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 47.5%
2. Penilaian Portofolio 5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 22.5%
4. Tes 25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.