Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Tata Kelola Sistem Informasi

5720103152

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

17 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengaplikasikan keahlian, teknik, dan alat terkini pada bidang teknologi informasi, serta merumuskan deskripsi hasil kajian dalam bentuk dokumen

PLO-10

Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang.

PLO-15

Mampu memahami, menganalisis, menilai, dan mengevaluasi sistem informasi dalam mengelola data dan informasi bisnis serta merekomendasikan pengambilan keputusan dengan memperhatikan hukum kode etik dalam penggunaan informasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan prinsip dasar tata kelola TI.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan dan standar tata kelola TI.

PO - 3

Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan tata kelola TI di organisasi.

PO - 4

Mengidentifikasi dan mengelola risiko yang terkait dengan implementasi TI dalam organisasi.

PO - 5

Mahasiswa mampu mengelola perubahan dalam implementasi tata kelola TI untuk mendukung transformasi digital organisasi.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-10PLO-15
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang teori dan praktik tata kelola teknologi informasi yang efektif dan efisien dalam organisasi. Mahasiswa akan mempelajari berbagai model tata kelola TI yang ada, peran dan tanggung jawab pemangku kepentingan, serta penerapan tata kelola TI dalam mendukung transformasi digital dan tujuan organisasi.

Pustaka

Utama :

  1. ISACA (2012). COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. ISACA.
  2. Axelos (2019). ITIL Foundation: ITIL 4 Edition. Axelos.
  3. ISO/IEC 38500 (2015). Governance of IT for the Organization.
  4. ISACA (2019). COBIT 2019: FRAMEWORK: INTRODUCTION & METHODOLOGY. ISACA

Pendukung :

  1. 2016. Konsep Dasar Tata Kelola TI, Richadus Eko Indrajit
  2. 2012. Digital Governance:New Technologies for Improving Public Service and Participation. Michael E. Milakovich

Dosen Pengampu

Rahadian Bisma, S.Kom., M.Kom.

Anggraeni Widya Purwita, M.Kom.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami terkait Pendahuluan Konsep Dasar Tata Kelola TI

  1. Mampu memahami Definisi Tata Kelola TI, Tujuan Tata Kelola TI, Prinsip-prinsip dasar
  2. Mampu memahami Tujuan Tata Kelola TI
Kriteria:

Partisipasi dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Ceramah, Diskusi
3 x 50 menit

Materi: Concept of IT Governance
Pustaka: ISACA (2012). COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. ISACA.

Materi: Organisasi dan TI
Pustaka: 2016. Konsep Dasar Tata Kelola TI, Richadus Eko Indrajit
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami konsep manajemen dan Tata Kelola TI

  1. Mampu memahami IT Manajemen
  2. Mampu memahami IT Governance
  3. Mampu membedakan IT Manajemen dan IT Governance
Kriteria:

Mampu menganalisis perbedaan IT manajemen dan IT Governance


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, studi kasus
3 x 50 menit

Materi: Principle of IT Governance
Pustaka: ISACA (2012). COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. ISACA.

Materi: Manajemen dan Governance IT
Pustaka: 2016. Konsep Dasar Tata Kelola TI, Richadus Eko Indrajit
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami Tujuan dan Prinsip Tata Kelola TI

  1. Mampu menganalisis Tujuan Tata Kelola TI
  2. Mampu menjelaskan Prinsip-prinsip Tata Kelola TI
Kriteria:

Mampu menganalisis tujuan dan prinsip tata kelola TI


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, studi kasus
3 x 50 menit

Materi: Principle of IT Governance
Pustaka: ISACA (2012). COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. ISACA.

Materi: Model tata kelola TI
Pustaka: 2016. Konsep Dasar Tata Kelola TI, Richadus Eko Indrajit
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat memahami kerangka kerja COBIT, ITIL, dan ISO 38500

  1. Mampu menjelaskan COBIT
  2. Mampu menjelaskan ITIL
  3. Mampu menjelaskan ISO 38500
  4. Mampu menjelaskan perbedaan antara COBIT, ITIL, dan ISO 38500
Kriteria:

Pemahaman terhadap kerangka kerja COBIT, ITIL, dan ISO 38500


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi
3 x 50 menit

Materi: overview
Pustaka: ISACA (2012). COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. ISACA.

Materi: overview
Pustaka: Axelos (2019). ITIL Foundation: ITIL 4 Edition. Axelos.

Materi: overview
Pustaka: ISO/IEC 38500 (2015). Governance of IT for the Organization.
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan Peran Tata Kelola TI dalam Mencapai Tujuan Bisnis

  1. Mampu menjelaskan Hubungan antara TI dan strategi bisnis
  2. Mampu menjelaskan Peran Tata Kelola TI dalam pencapaian tujuan organisasi
Kriteria:

Kemampuan menghubungkan TI dengan tujuan bisnis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi kelompok
3 x 50 menit

Materi: Meeting Stakeholder Needs
Pustaka: ISACA (2012). COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. ISACA.
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mendefiniskan Peran dan Tanggung Jawab Stakeholder dalam Tata Kelola TI

  1. Mampu mengidentifikasi Pemangku Kepentingan Utama
  2. Mampu memahami Tanggung Jawab Pengelola TI
  3. Mampu mendeskripsikan Peran CIO dan Tim TI
Kriteria:

Kemampuan analisis terkait peran stakeholder dan tanggung jawab dalam Tata kelola TI


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi, studi kasus, dan presentasi.
3 x 50 menit

Materi: Meeting Stakeholder Needs
Pustaka: ISACA (2012). COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. ISACA.

Materi: 2
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menerapkan Struktur Organisasi dalam Tata Kelola TI

  1. Mampu menerapkan Struktur Tata Kelola TI di Perusahaan
  2. Mampu menganalisis Hubungan Antara TI dan Divisi Bisnis
Kriteria:

mampu menganalisis struktur tata kelola TI dan HUbungan antara TI dan Divisi Bisnis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, studi kasus
3 x 50 menit

Materi: COBIT 5 Enabler: Organisational Structures
Pustaka: ISACA (2012). COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. ISACA.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

UTS

Kriteria:

Implementasi Materi Ke-1 sampai 7


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Evaluasi Materi Pertemuan Ke-1 - 7
2 x 50 menit

Materi: materi 1 - 7
Pustaka: ISACA (2012). COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. ISACA.

Materi: materi 1 - 7
Pustaka: 2016. Konsep Dasar Tata Kelola TI, Richadus Eko Indrajit
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan pengelolaan TI yang efektif

  1. Mampu mendefiniskan pengelolaan TI berbasis strategi bisnis
  2. Mampu menyelaraskan Hubungan TI dengan nilai tambah organisasi
Kriteria:

Pemahaman terhadap strategi TI organisasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, studi kasus
3 x 50 menit

Materi: Enabling a Holistic Approach
Pustaka: ISACA (2012). COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. ISACA.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan Pengelolaan Risiko dalam Tata Kelola TI

  1. Mampu memahami Konsep risiko TI
  2. Mampu menyusun Strategi mitigasi risiko TI
Kriteria:

Kemampuan menganalisis risiko TI


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, studi kasus, diskusi
3 x 50 menit

Materi: Risk Profile Design Factors (IT Risk Categories)
Pustaka: ISACA (2019). COBIT 2019: FRAMEWORK: INTRODUCTION & METHODOLOGY. ISACA
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu melakukan Evaluasi dan Pengendalian TI dalam Organisasi

  1. Mampu menerapkan Kerangka pengendalian TI
  2. Mampu mengevaluasi dan pengukuran kinerja TI

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi
3 x 50 menit

Materi: Process Control
Pustaka: ISACA (2019). COBIT 2019: FRAMEWORK: INTRODUCTION & METHODOLOGY. ISACA
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami Kepatuhan dan Keamanan dalam Tata Kelola TI

  1. Mampu memahami Kepatuhan TI (Compliance)
  2. Mampu memehami Isu keamanan dalam tata kelola TI
Kriteria:

Pemahaman terhadap kepatuhan dan isu keamanan

Ceramah, studi kasus
3 x 50 menit

Materi: Security
Pustaka: ISACA (2012). COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. ISACA.
2%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami Pengelolaan Sumber Daya TI

  1. Mampu memahami Manajemen SDM TI
  2. Mampu memahami Infrastruktur TI
  3. Mampu memahami Pengelolaan anggaran TI
Kriteria:

Mampu menjelaskan pentingnya manajemen sumber daya TI


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi kelompok
3 x 50 menit

Materi: Resource
Pustaka: ISACA (2012). COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. ISACA.
3%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami Pengelolaan Layanan TI dan Keberlanjutan

  1. Mampu memahani Pengelolaan layanan TI
  2. Mampu menerapkan Keberlanjutan dalam pengelolaan TI
Kriteria:

Kemampuan mempresentasikan solusi TI yang berkelanjutan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, studi kasus
3 x 50 menit

Materi: Service Management
Pustaka: Axelos (2019). ITIL Foundation: ITIL 4 Edition. Axelos.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami Penerapan Praktik Terbaik dan Evaluasi dalam Tata Kelola TI

  1. Mampu menganalisis Best practices dalam Tata Kelola TI
  2. Mampu mengevaluasi Tata Kelola TI
Kriteria:

Analisis penerapan praktik terbaik dan evaluasi Tata Kelola TI


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah, studi kasus, diskusi
3 x 50 menit

Materi: Best Practices
Pustaka: ISACA (2019). COBIT 2019: FRAMEWORK: INTRODUCTION & METHODOLOGY. ISACA

Materi: Best Practices
Pustaka: ISACA (2012). COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. ISACA.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Implementasi materi pertemuan ke-1 sampai ke-15

Kriteria:

Kesesuaian Project akhir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Evaluasi Materi 1 - 15
2 x 50 menit
Diskusi daring tentang penerapan prinsip tata kelola sistem informasi dalam studi kasus organisasi terkait
Materi: Best practices
Pustaka: ISACA (2012). COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. ISACA.

Materi: best practices
Pustaka: Axelos (2019). ITIL Foundation: ITIL 4 Edition. Axelos.

Materi: best practices
Pustaka: ISO/IEC 38500 (2015). Governance of IT for the Organization.

Materi: best practices
Pustaka: ISACA (2019). COBIT 2019: FRAMEWORK: INTRODUCTION & METHODOLOGY. ISACA

Materi: materi 1- 15
Pustaka: 2016. Konsep Dasar Tata Kelola TI, Richadus Eko Indrajit
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 18.51%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 44.34%
3. Penilaian Portofolio 10.51%
4. Praktik / Unjuk Kerja 1.5%
5. Tes 27.17%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.