
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pendidikan Ekonomi Inovatif |
8700303004 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
1 |
24 Juli 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D. Dr. Luqman Hakim, S.Pd., SE., M.SA.
|
Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D.
|
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global. |
PLO-6 |
Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS. |
PLO-7 |
Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah. |
PLO-8 |
Menguasai filosofi teori manajerial serta mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
|
PO - 2 |
Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi, atribut inovasi pendidikan, keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi, jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi, jenis saluran komunikasi inovasi, dan karakteristik social budaya sasaran difusi
|
PO - 3 |
Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan
|
PO - 4 |
Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan
|
PO - 5 |
Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | PO-3 | | ✔ | | ✔ | | | | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah membahas berbagai kajian terhadap berbagai teori difusi inovasi pendidikan dari berbagai sudut pandang, dalam rangka memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam menganalisis system difusi inovasi pendidikan. Oleh karena itu matakuliah ini akan melakukan pembahasan tentang inovasi pendidikan mulai dari: peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi, atribut inovasi pendidikan, keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi, jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi, jenis saluran komunikasi inovasi, dan karakteristik social budaya sasaran difusi; kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan; perancangan implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan; penelitian implememtasi inovas pendidikan di lembaga formal. Model Pembelajaran yang digunakan case study, Project Based learning. Penilaian menggunakan partisipasi, tes dan non tes. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university
- 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press
- 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press
- 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York
- 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.
|
Pendukung : |
|
- 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan
- 2) Referensi lain yang relevan
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D. Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan |
- Mampu menjelaskan Definisi dan Konsep Dasar Difusi Inovasi
- Mampu mengidentifikasi Elemen-Elemen dalam Difusi Inovasi
- Mampu menjelaskan Kategori Adopter Inovasi
- Mampu menjelaskan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Difusi Inovasi
- Mampu menerapkan Studi Kasus Difusi Inovasi Pendidikan
- Mampu mengidentifikasi Peran Pemimpin Opini dan Agen Perubahan dalam Difusi Inovasi Pendidikan
- Mampu mengevaluasi Evaluasi Dampak Difusi Inovasi dalam Pendidikan
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, diskusi dan tanya jawab 120 Menit |
Case study, diskusi dan tanya jawab 120 Menit |
Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University. Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan |
- Mampu menjelaskan Definisi dan Konsep Dasar Difusi Inovasi
- Mampu mengidentifikasi Elemen-Elemen dalam Difusi Inovasi
- Mampu menjelaskan Kategori Adopter Inovasi
- Mampu menjelaskan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Difusi Inovasi
- Mampu menerapkan Studi Kasus Difusi Inovasi Pendidikan
- Mampu mengidentifikasi Peran Pemimpin Opini dan Agen Perubahan dalam Difusi Inovasi Pendidikan
- Mampu mengevaluasi Evaluasi Dampak Difusi Inovasi dalam Pendidikan
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, diskusi dan tanya jawab 120 Menit |
Case study, diskusi dan tanya jawab 120 Menit |
Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University. Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan |
- Mampu menjelaskan Definisi dan Konsep Dasar Difusi Inovasi
- Mampu mengidentifikasi Elemen-Elemen dalam Difusi Inovasi
- Mampu menjelaskan Kategori Adopter Inovasi
- Mampu menjelaskan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Difusi Inovasi
- Mampu menerapkan Studi Kasus Difusi Inovasi Pendidikan
- Mampu mengidentifikasi Peran Pemimpin Opini dan Agen Perubahan dalam Difusi Inovasi Pendidikan
- Mampu mengevaluasi Evaluasi Dampak Difusi Inovasi dalam Pendidikan
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, diskusi dan tanya jawab 120 Menit |
Case study, diskusi dan tanya jawab 120 Menit |
Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University. Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi |
- Mampu menjelaskan Dimensi Waktu dalam Difusi Inovasi
- Mampu menghubungkan Faktor Waktu dan Ketercapaian Tujuan Difusi
- Mampu mengidentifikasi Penentuan Waktu yang Tepat dalam Pelaksanaan Inovasi Pendidikan
- Mampu mengevaluasi Dampak Penundaan dan Percepatan Waktu dalam Difusi Inovasi Pendidikan
- Mampu menerapkan Studi Kasus Difusi Inovasi Pendidikan Terkait Waktu
- Mampu mengukur Keberhasilan Difusi Inovasi Pendidikan Berdasarkan Waktu
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Case study, diskusi dan tanya jawab 120 Menit |
Case study, diskusi dan tanya jawab 120 Menit |
Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University. Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: atribut inovasi pendidikan |
- Mampu mengidentifikasi Atribut Inovasi Pendidikan
- Mampu menjelaskan Peranan Waktu dalam Adopsi Inovasi Berdasarkan Atribut
- Mampu menjelaskan Waktu dan Perbedaan Respon Terhadap Atribut Inovasi
- Mampu menganalisis Atribut Inovasi dan Timing Implementasi yang tepat
- Mampu mengevaluasi Evaluasi Peranan Waktu dalam Difusi Inovasi Berdasarkan Atribut
- Mampu menganalisis Studi Kasus Difusi Inovasi Pendidikan terkait Atribut dan Waktu
- Mampu menjelaskan Pengaruh Waktu dalam Pengembangan dan Uji Coba Inovasi Pendidikan
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Case study, diskusi dan tanya jawab 120 Menit |
Case study, diskusi dan tanya jawab 120 Menit |
Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University. Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi |
- Mampu menjelaskan Keinovatifan dan Kategorisasi Adopter
- Mampu menganalisis Pengaruh Waktu terhadap Keinovatifan dalam Proses Adopsi
- Peranan Waktu dalam Penyebaran Inovasi antar Kelompok Sasaran
- Mampu menganalisis Waktu dan Dinamika Interaksi Kelompok Sasaran Difusi
- Mampu mengidentifikasi Faktor Waktu dalam Mendorong Keinovatifan Kelompok/Lembaga Pendidikan
- Mampu mengevaluasi Keinovatifan Perorangan dan Percepatan Difusi Inovasi
- Mampu menganalisis Studi Kasus: Peran Waktu dalam Mempercepat Difusi Inovasi Berdasarkan Keinovatifan
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study, diskusi dan tanya jawab 120 Menit |
Case Study, diskusi dan tanya jawab 120 Menit |
Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University. Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi |
- Mampu menjelaskan tentang Jenis Pengambilan Keputusan Inovasi
- Mampu mengevaluasi Peranan Waktu dalam Proses Pengambilan Keputusan Optional
- Mampu menganalisis Pengaruh Waktu dalam Pengambilan Keputusan Kolektif
- Mampu menganalisis Waktu dan Pengambilan Keputusan Otoritas
- Mampu mengevaluasi Proses Pengambilan Keputusan Berdasarkan Waktu dan Jenis Keputusan
- Mampu menganalisis Waktu dan Komitmen dalam Keputusan Kolektif serta Otoritas
- Mampu menganalisis Pengaruh Waktu terhadap Keputusan Menerima atau Menolak Inovasi
- Mampu menganalisis Studi Kasus Pengambilan Keputusan Inovasi Pendidikan
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case study, diskusi dan tanya jawab 120 Menit |
case study, diskusi dan tanya jawab 120 Menit |
Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University. Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 120 Menit |
UTS 120 Menit |
Materi: UTS Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis saluran komunikasi inovasi. |
- Mampu menjelaskan Pemahaman tentang Jenis Saluran Komunikasi dalam Difusi Inovasi
- Mampu menjelaskan Pengaruh Waktu dalam Penyebaran Inovasi melalui Komunikasi Interpersonal
- Mampu menganalisis Peranan Waktu dalam Komunikasi Massa untuk Difusi Inovasi
- Mampu mengevaluasi pengaruh Saluran Komunikasi Digital terhadap Waktu Difusi Inovasi
- Mampu menjelaskan Waktu yang Optimal untuk Memanfaatkan Berbagai Saluran Komunikasi
- Mampu mengevaluasi Efektivitas Saluran Komunikasi Berdasarkan Waktu
- Mampu menganalisis Studi Kasus Pengaruh Waktu terhadap Keberhasilan Saluran Komunikasi Inovasi
- Mampu menjelaskan Peranan Waktu dalam Membangun Kepercayaan melalui Komunikasi
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, diskusi, dan tanya jawab 120 Menit |
Case study, diskusi, dan tanya jawab 120 Menit |
Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis saluran komunikasi inovasi. Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis saluran komunikasi inovasi. Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis saluran komunikasi inovasi. Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis saluran komunikasi inovasi. Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis saluran komunikasi inovasi. Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University. Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis saluran komunikasi inovasi. Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: karakteristik social budaya sasaran difusi |
- Mampu menjelaskan tentang Karakteristik Sosial Budaya dalam Difusi Inovasi
- Mampu menganalisis Peranan Waktu dalam Adaptasi Inovasi terhadap Sosial Budaya
- Mampu menganalisis Pengaruh Waktu terhadap Perubahan Sosial Budaya dalam Difusi Inovasi
- Mampu menjelaskan Waktu dalam Penerimaan Inovasi oleh Berbagai Kelompok Budaya
- Mampu mengedentifikasi Strategi Pemanfaatan Waktu untuk Menghadapi Hambatan Sosial Budaya
- Mampu mengvaluasi Efektivitas Inovasi Berdasarkan Karakteristik Sosial Budaya dan Waktu
- Mampu menganalisis Studi Kasus: Pengaruh Waktu dan Sosial Budaya dalam Difusi Inovasi
- Mampu menjelaskan Peranan Waktu dalam Membangun Kepercayaan pada Kelompok Sosial Budaya
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, diskusi, dan tanya jawab 120 Menit |
Case study, diskusi, dan tanya jawab 120 Menit |
Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: karakteristik social budaya sasaran difusi Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: karakteristik social budaya sasaran difusi Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: karakteristik social budaya sasaran difusi Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: karakteristik social budaya sasaran difusi Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: karakteristik social budaya sasaran difusi Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University. Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: karakteristik social budaya sasaran difusi Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan |
- Mampu menjelaskan tentang Tahapan Pengambilan Keputusan dan Kondisi Kejiwaan
- Mampu menjelaskan Kondisi Kejiwaan pada Tahap Pengetahuan
- Mampu mengidentifikasi Kondisi Kejiwaan pada Tahap Persuasi
- Mampu menjelaskan Kondisi Kejiwaan pada Tahap Keputusan
- Mampu menjelaskan Kondisi Kejiwaan pada Tahap Implementasi
- Mampu menjelaskan Kondisi Kejiwaan pada Tahap Konfirmasi
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, diskusi, dan tanya jawab 120 Menit |
Case study, diskusi, dan tanya jawab 120 Menit |
Materi: Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university Materi: Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press Materi: Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press Materi: Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York Materi: Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University. Materi: Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan |
- Mampu menjelaskan tentang Kompleksitas Proses Perubahan
- Mampu menganalisis Faktor-Faktor Penyebab Kompleksitas
- Mampu merancang rencana Implementasi Berdasarkan Tingkat Kompleksitas
- Mampu mengidentifikasi strategi Pengelolaan Kompleksitas
- Mampu merancang strategi komunikasi dan koordinasi dalam Proses Perubahan
- Mampu mengevaluasi efektifikats pelatihan dan dukungan untuk Mengatasi Kompleksitas
- Mampu merancang sistem evaluasi dan Monitoring Implementasi
- Mampu menjelaskan Pengelolaan Risiko Terkait Kompleksitas
- Mampu menjelaskan keterlibatan Pemangku Kepentingan dalam Proses Perubahan
- Mampu menganalisis Studi Kasus dan Best Practices
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study, diskusi, dan tanya jawab 120 Menit |
Case Study, diskusi, dan tanya jawab 120 Menit |
Materi: Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university Materi: Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press Materi: Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press Materi: Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York Materi: Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University. Materi: Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal |
- marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan Mampu melaksanakan penelitian tentang Inovasi Pendidikan
- Mampu menyusun artikel hasil penelitian inovatif pendidikan
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, diskusi, dan tanya jawab 120 Menit |
Case study, diskusi, dan tanya jawab 120 Menit |
Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University. Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 2) Referensi lain yang relevan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal |
- marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan Mampu melaksanakan penelitian tentang Inovasi Pendidikan
- Mampu menyusun artikel hasil penelitian inovatif pendidikan
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, diskusi, dan tanya jawab 120 Menit |
Case study, diskusi, dan tanya jawab 120 Menit |
Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University. Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 2) Referensi lain yang relevan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal |
- marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan Mampu melaksanakan penelitian tentang Inovasi Pendidikan
- Mampu menyusun artikel hasil penelitian inovatif pendidikan
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, diskusi, dan tanya jawab 120 Menit |
Case study, diskusi, dan tanya jawab 120 Menit |
Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University. Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal Pustaka: 2) Referensi lain yang relevan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 120 Menit |
UAS 120 Menit |
Materi: UAS Pustaka: |
20% |