Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pendidikan Ekonomi Inovatif

8700303004

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=7.56

1

24 Juli 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D. Dr. Luqman Hakim, S.Pd., SE., M.SA.




Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D.




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

PLO-6

Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS.

PLO-7

Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah.

PLO-8

Menguasai filosofi teori manajerial serta mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan

PO - 2

Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi, atribut inovasi pendidikan, keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi, jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi, jenis saluran komunikasi inovasi, dan karakteristik social budaya sasaran difusi

PO - 3

Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan

PO - 4

Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan

PO - 5

Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1     
PO-2    
PO-3     
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah membahas berbagai kajian terhadap berbagai teori difusi inovasi pendidikan dari berbagai sudut pandang, dalam rangka memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam menganalisis system difusi inovasi pendidikan. Oleh karena itu matakuliah ini akan melakukan pembahasan tentang inovasi pendidikan mulai dari: peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi, atribut inovasi pendidikan, keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi, jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi, jenis saluran komunikasi inovasi, dan karakteristik social budaya sasaran difusi; kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan; perancangan implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan; penelitian implememtasi inovas pendidikan di lembaga formal. Model Pembelajaran yang digunakan case study, Project Based learning. Penilaian menggunakan partisipasi, tes dan non tes.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university
  2. 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press
  3. 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press
  4. 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York
  5. 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.

Pendukung :

  1. 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan
  2. 2) Referensi lain yang relevan

Dosen Pengampu

Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D.

Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan

  1. Mampu menjelaskan Definisi dan Konsep Dasar Difusi Inovasi
  2. Mampu mengidentifikasi Elemen-Elemen dalam Difusi Inovasi
  3. Mampu menjelaskan Kategori Adopter Inovasi
  4. Mampu menjelaskan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Difusi Inovasi
  5. Mampu menerapkan Studi Kasus Difusi Inovasi Pendidikan
  6. Mampu mengidentifikasi Peran Pemimpin Opini dan Agen Perubahan dalam Difusi Inovasi Pendidikan
  7. Mampu mengevaluasi Evaluasi Dampak Difusi Inovasi dalam Pendidikan
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, diskusi dan tanya jawab
120 Menit
Case study, diskusi dan tanya jawab
120 Menit
Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university

Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press

Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press

Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York

Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.

Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan

  1. Mampu menjelaskan Definisi dan Konsep Dasar Difusi Inovasi
  2. Mampu mengidentifikasi Elemen-Elemen dalam Difusi Inovasi
  3. Mampu menjelaskan Kategori Adopter Inovasi
  4. Mampu menjelaskan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Difusi Inovasi
  5. Mampu menerapkan Studi Kasus Difusi Inovasi Pendidikan
  6. Mampu mengidentifikasi Peran Pemimpin Opini dan Agen Perubahan dalam Difusi Inovasi Pendidikan
  7. Mampu mengevaluasi Evaluasi Dampak Difusi Inovasi dalam Pendidikan
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, diskusi dan tanya jawab
120 Menit
Case study, diskusi dan tanya jawab
120 Menit
Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university

Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press

Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press

Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York

Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.

Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan
5%

3

Minggu ke 3

Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan

  1. Mampu menjelaskan Definisi dan Konsep Dasar Difusi Inovasi
  2. Mampu mengidentifikasi Elemen-Elemen dalam Difusi Inovasi
  3. Mampu menjelaskan Kategori Adopter Inovasi
  4. Mampu menjelaskan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Difusi Inovasi
  5. Mampu menerapkan Studi Kasus Difusi Inovasi Pendidikan
  6. Mampu mengidentifikasi Peran Pemimpin Opini dan Agen Perubahan dalam Difusi Inovasi Pendidikan
  7. Mampu mengevaluasi Evaluasi Dampak Difusi Inovasi dalam Pendidikan
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, diskusi dan tanya jawab
120 Menit
Case study, diskusi dan tanya jawab
120 Menit
Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university

Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press

Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press

Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York

Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.

Materi: Mampu menganalisis sistem difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi

  1. Mampu menjelaskan Dimensi Waktu dalam Difusi Inovasi
  2. Mampu menghubungkan Faktor Waktu dan Ketercapaian Tujuan Difusi
  3. Mampu mengidentifikasi Penentuan Waktu yang Tepat dalam Pelaksanaan Inovasi Pendidikan
  4. Mampu mengevaluasi Dampak Penundaan dan Percepatan Waktu dalam Difusi Inovasi Pendidikan
  5. Mampu menerapkan Studi Kasus Difusi Inovasi Pendidikan Terkait Waktu
  6. Mampu mengukur Keberhasilan Difusi Inovasi Pendidikan Berdasarkan Waktu
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Case study, diskusi dan tanya jawab
120 Menit
Case study, diskusi dan tanya jawab
120 Menit
Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi
Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university

Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi
Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press

Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi
Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press

Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi
Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York

Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi
Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.

Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi
Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan
5%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: atribut inovasi pendidikan

  1. Mampu mengidentifikasi Atribut Inovasi Pendidikan
  2. Mampu menjelaskan Peranan Waktu dalam Adopsi Inovasi Berdasarkan Atribut
  3. Mampu menjelaskan Waktu dan Perbedaan Respon Terhadap Atribut Inovasi
  4. Mampu menganalisis Atribut Inovasi dan Timing Implementasi yang tepat
  5. Mampu mengevaluasi Evaluasi Peranan Waktu dalam Difusi Inovasi Berdasarkan Atribut
  6. Mampu menganalisis Studi Kasus Difusi Inovasi Pendidikan terkait Atribut dan Waktu
  7. Mampu menjelaskan Pengaruh Waktu dalam Pengembangan dan Uji Coba Inovasi Pendidikan
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Case study, diskusi dan tanya jawab
120 Menit
Case study, diskusi dan tanya jawab
120 Menit
Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi
Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university

Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi
Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press

Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi
Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press

Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi
Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York

Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi
Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.

Materi: Mampu menganalisis peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: ketercapaian tujuan difusi
Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan
5%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi

  1. Mampu menjelaskan Keinovatifan dan Kategorisasi Adopter
  2. Mampu menganalisis Pengaruh Waktu terhadap Keinovatifan dalam Proses Adopsi
  3. Peranan Waktu dalam Penyebaran Inovasi antar Kelompok Sasaran
  4. Mampu menganalisis Waktu dan Dinamika Interaksi Kelompok Sasaran Difusi
  5. Mampu mengidentifikasi Faktor Waktu dalam Mendorong Keinovatifan Kelompok/Lembaga Pendidikan
  6. Mampu mengevaluasi Keinovatifan Perorangan dan Percepatan Difusi Inovasi
  7. Mampu menganalisis Studi Kasus: Peran Waktu dalam Mempercepat Difusi Inovasi Berdasarkan Keinovatifan
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Study, diskusi dan tanya jawab
120 Menit
Case Study, diskusi dan tanya jawab
120 Menit
Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi
Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi
Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi
Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi
Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi
Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: keinovatifan perorangan/ kelompok/ lembaga/ sasaran difusi
Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan
5%

7

Minggu ke 7

Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi

  1. Mampu menjelaskan tentang Jenis Pengambilan Keputusan Inovasi
  2. Mampu mengevaluasi Peranan Waktu dalam Proses Pengambilan Keputusan Optional
  3. Mampu menganalisis Pengaruh Waktu dalam Pengambilan Keputusan Kolektif
  4. Mampu menganalisis Waktu dan Pengambilan Keputusan Otoritas
  5. Mampu mengevaluasi Proses Pengambilan Keputusan Berdasarkan Waktu dan Jenis Keputusan
  6. Mampu menganalisis Waktu dan Komitmen dalam Keputusan Kolektif serta Otoritas
  7. Mampu menganalisis Pengaruh Waktu terhadap Keputusan Menerima atau Menolak Inovasi
  8. Mampu menganalisis Studi Kasus Pengambilan Keputusan Inovasi Pendidikan
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
case study, diskusi dan tanya jawab
120 Menit
case study, diskusi dan tanya jawab
120 Menit
Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi
Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi
Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi
Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi
Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi
Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi
Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
120 Menit
UTS
120 Menit
Materi: UTS
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis saluran komunikasi inovasi.

  1. Mampu menjelaskan Pemahaman tentang Jenis Saluran Komunikasi dalam Difusi Inovasi
  2. Mampu menjelaskan Pengaruh Waktu dalam Penyebaran Inovasi melalui Komunikasi Interpersonal
  3. Mampu menganalisis Peranan Waktu dalam Komunikasi Massa untuk Difusi Inovasi
  4. Mampu mengevaluasi pengaruh Saluran Komunikasi Digital terhadap Waktu Difusi Inovasi
  5. Mampu menjelaskan Waktu yang Optimal untuk Memanfaatkan Berbagai Saluran Komunikasi
  6. Mampu mengevaluasi Efektivitas Saluran Komunikasi Berdasarkan Waktu
  7. Mampu menganalisis Studi Kasus Pengaruh Waktu terhadap Keberhasilan Saluran Komunikasi Inovasi
  8. Mampu menjelaskan Peranan Waktu dalam Membangun Kepercayaan melalui Komunikasi
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, diskusi, dan tanya jawab
120 Menit
Case study, diskusi, dan tanya jawab
120 Menit
Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis saluran komunikasi inovasi.
Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis saluran komunikasi inovasi.
Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis saluran komunikasi inovasi.
Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis saluran komunikasi inovasi.
Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis saluran komunikasi inovasi.
Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: jenis saluran komunikasi inovasi.
Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan
5%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: karakteristik social budaya sasaran difusi

  1. Mampu menjelaskan tentang Karakteristik Sosial Budaya dalam Difusi Inovasi
  2. Mampu menganalisis Peranan Waktu dalam Adaptasi Inovasi terhadap Sosial Budaya
  3. Mampu menganalisis Pengaruh Waktu terhadap Perubahan Sosial Budaya dalam Difusi Inovasi
  4. Mampu menjelaskan Waktu dalam Penerimaan Inovasi oleh Berbagai Kelompok Budaya
  5. Mampu mengedentifikasi Strategi Pemanfaatan Waktu untuk Menghadapi Hambatan Sosial Budaya
  6. Mampu mengvaluasi Efektivitas Inovasi Berdasarkan Karakteristik Sosial Budaya dan Waktu
  7. Mampu menganalisis Studi Kasus: Pengaruh Waktu dan Sosial Budaya dalam Difusi Inovasi
  8. Mampu menjelaskan Peranan Waktu dalam Membangun Kepercayaan pada Kelompok Sosial Budaya
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, diskusi, dan tanya jawab
120 Menit
Case study, diskusi, dan tanya jawab
120 Menit
Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: karakteristik social budaya sasaran difusi
Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: karakteristik social budaya sasaran difusi
Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: karakteristik social budaya sasaran difusi
Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: karakteristik social budaya sasaran difusi
Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: karakteristik social budaya sasaran difusi
Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.

Materi: Mampu memahami peranan waktu dalam difusi inovasi pendidikan terkait: karakteristik social budaya sasaran difusi
Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan
5%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan

  1. Mampu menjelaskan tentang Tahapan Pengambilan Keputusan dan Kondisi Kejiwaan
  2. Mampu menjelaskan Kondisi Kejiwaan pada Tahap Pengetahuan
  3. Mampu mengidentifikasi Kondisi Kejiwaan pada Tahap Persuasi
  4. Mampu menjelaskan Kondisi Kejiwaan pada Tahap Keputusan
  5. Mampu menjelaskan Kondisi Kejiwaan pada Tahap Implementasi
  6. Mampu menjelaskan Kondisi Kejiwaan pada Tahap Konfirmasi
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, diskusi, dan tanya jawab
120 Menit
Case study, diskusi, dan tanya jawab
120 Menit
Materi: Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university

Materi: Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press

Materi: Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press

Materi: Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York

Materi: Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.

Materi: Mampu memahami kondisi kejiwaan yang dialami individu pada setiap tahapan pengambilan keputusan untuk menerima/menolak inovasi oleh perorangan dan implikasinya pada kegiatan perencanaan dan rancangan penelitian difusi inovasi pendidikan
Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan
5%

12

Minggu ke 12

Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan

  1. Mampu menjelaskan tentang Kompleksitas Proses Perubahan
  2. Mampu menganalisis Faktor-Faktor Penyebab Kompleksitas
  3. Mampu merancang rencana Implementasi Berdasarkan Tingkat Kompleksitas
  4. Mampu mengidentifikasi strategi Pengelolaan Kompleksitas
  5. Mampu merancang strategi komunikasi dan koordinasi dalam Proses Perubahan
  6. Mampu mengevaluasi efektifikats pelatihan dan dukungan untuk Mengatasi Kompleksitas
  7. Mampu merancang sistem evaluasi dan Monitoring Implementasi
  8. Mampu menjelaskan Pengelolaan Risiko Terkait Kompleksitas
  9. Mampu menjelaskan keterlibatan Pemangku Kepentingan dalam Proses Perubahan
  10. Mampu menganalisis Studi Kasus dan Best Practices
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Study, diskusi, dan tanya jawab
120 Menit
Case Study, diskusi, dan tanya jawab
120 Menit
Materi: Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan
Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university

Materi: Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan
Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press

Materi: Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan
Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press

Materi: Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan
Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York

Materi: Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan
Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.

Materi: Mampu marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan
Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan
5%

13

Minggu ke 13

Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal

  1. marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan Mampu melaksanakan penelitian tentang Inovasi Pendidikan
  2. Mampu menyusun artikel hasil penelitian inovatif pendidikan
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, diskusi, dan tanya jawab
120 Menit
Case study, diskusi, dan tanya jawab
120 Menit
Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 2) Referensi lain yang relevan
5%

14

Minggu ke 14

Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal

  1. marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan Mampu melaksanakan penelitian tentang Inovasi Pendidikan
  2. Mampu menyusun artikel hasil penelitian inovatif pendidikan
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, diskusi, dan tanya jawab
120 Menit
Case study, diskusi, dan tanya jawab
120 Menit
Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 2) Referensi lain yang relevan
5%

15

Minggu ke 15

Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal

  1. marancang implemtasi inovasi pendidikan di lembaga formal berkaitan dengan kompleksitas proses perubahan Mampu melaksanakan penelitian tentang Inovasi Pendidikan
  2. Mampu menyusun artikel hasil penelitian inovatif pendidikan
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, diskusi, dan tanya jawab
120 Menit
Case study, diskusi, dan tanya jawab
120 Menit
Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 1. Fullan, Michael. 1982. The Meaning of Educational Change, New York : Teachers College Press, Columbia university

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 2. ___________________. 2000. Change Force, The Sequel, London : Palmer Press

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 3. Miles B Mathew dan Michael A. Huberman. 1984 Innovation Up Close (How School Improvement Works) New York, Plenum Press

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 4. Everett Roger M. 1983. Diffusion of Innovation, Fourth Edition, New York

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 5. Kenneth A.Strikedan Jonas F. Soltis , 2009. The Ethics of Teaching , New York : Columbia University.

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 1) Artikel Jurnal Internasional yang relevan

Materi: Mampu meneliti implememtasi inovasi pendidikan di lembaga formal
Pustaka: 2) Referensi lain yang relevan
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
120 Menit
UAS
120 Menit
Materi: UAS
Pustaka:
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 65%
2. Praktik / Unjuk Kerja 5%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.