
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sastra Kepulauan Maluku |
7920103205 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
8 |
16 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Setya Yuwana; Dr. Phil. Moh. Rokib, M.A.
|
Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.
|
Drs. Parmin, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-10 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi, serta menyusun deskripsi hasil kajian ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
• Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah dan penganalisisan aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia • Menguasai konsep-konsep dasar antropologi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia • Mengambil keputusan strategis dalam analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia • Bertanggung jawab dan menunjukkan kepemilikan karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mampu mengembangkan kemampuan menganalisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia dengan memanfaatkan konsep-konsep dasar antropologi sastra melalui kegiatan tatap muka, pelatihan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi guna menghasilkan artikel/makalah untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya jurusan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ahimsa-Putra, Heddy Shri. 2001. Strukturalisme Levi Strauss: Mitos dan Karya Sastra . Yogyakarta: Galang Press.
- Damono, Sapardi Djoko. 2000. Priyayi Abangan: Dunia Novel Jawa Tahun 1950-an . Yogyakarta: Bentang Budaya.
- Djamaris, Edwar. 2002. Pengantar Sastra Rakyat Minangkabau . Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
- Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Antropologi Sastra . Yogyakarta: Penerbit Ombak.
- Faruk, Bakdi Soemanto, Bambang Purwanto. 2000. Perlawanan Atas Diskriminasi Rasial-Etnik: Konteks Sosial-Ideologis Kritik Sastra Tionghoa Peranakan . Magelang: IndonesiaTera.
- Mahayana, Maman S.. 2001. Akar Melayu: Sistem Sastra dan Konflik Ideologi di Indonesia dan Malaysia . Magelang: IndonesiaTera.
- Napiah, Mana Sikana Abdul Rahman. 2003. Sastera Singapura dan Malaysia Diera Pascamoden . Singapura: Persama Enterprise.
- Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Antropologi Sastra: Peranan Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Yuwana, Setya. 2007. Antropologi Sastra . Surabaya: Unesa University Press
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
· Memahami konsep persinggungan konsep antara sastra dan antropologi sastra · Menerapkan dasar-dasar konsep antara sastra dan antropologi sastra |
Menjelaskan konsep persinggungan konsep antara sastra dan antropologi sastra |
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Orientasi perkuliahan Pustaka: Ahimsa-Putra, Heddy Shri. 2001. Strukturalisme Levi Strauss: Mitos dan Karya Sastra . Yogyakarta: Galang Press. Materi: Konsep-konsep antropologi sastra Pustaka: Yuwana, Setya. 2007. Antropologi Sastra . Surabaya: Unesa University Press Materi: konsep antropologi sastra Pustaka: Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Antropologi Sastra: Peranan Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: konsep antropologi sastra Pustaka: Mahayana, Maman S.. 2001. Akar Melayu: Sistem Sastra dan Konflik Ideologi di Indonesia dan Malaysia . Magelang: IndonesiaTera. |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami konsep karya sastra dalam studi antropologi |
- · Memahami konsep karya sastra dalam studi antropologi
- · Memanfaatkan internet untuk mencari konsep-konsep karya sastra dalam studi antropologi
- • Memahami konsep karya sastra dalam studi antropologi
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: • Memahami konsep karya sastra dalam studi antropologi Pustaka: Faruk, Bakdi Soemanto, Bambang Purwanto. 2000. Perlawanan Atas Diskriminasi Rasial-Etnik: Konteks Sosial-Ideologis Kritik Sastra Tionghoa Peranakan . Magelang: IndonesiaTera. Materi: • Memahami konsep karya sastra dalam studi antropologi Pustaka: Yuwana, Setya. 2007. Antropologi Sastra . Surabaya: Unesa University Press |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami konsep karya sastra dalam studi antropologi |
- · Memahami konsep karya sastra dalam studi antropologi
- · Memanfaatkan internet untuk mencari konsep-konsep karya sastra dalam studi antropologi
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: • konsep antropologi sastra dan interdisipliner ilmu lain Pustaka: Ahimsa-Putra, Heddy Shri. 2001. Strukturalisme Levi Strauss: Mitos dan Karya Sastra . Yogyakarta: Galang Press. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami konsep antropologi sastra dan interdisipliner ilmu lain· Memahami paradigma antropologi budaya untuk kajian sastra |
- · Memahami konsep antropologi sastra dan interdisipliner ilmu lain
- · Memanfaatkan internet untuk
- mencari konsep paradigma antropologi budaya untuk kajian sastra
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Memahami konsep antropologi sastra dan interdisipliner ilmu lain Pustaka: Yuwana, Setya. 2007. Antropologi Sastra . Surabaya: Unesa University Press Materi: Memahami konsep antropologi sastra dan interdisipliner ilmu lain Pustaka: Ahimsa-Putra, Heddy Shri. 2001. Strukturalisme Levi Strauss: Mitos dan Karya Sastra . Yogyakarta: Galang Press. Materi: • Memahami konsep antropologi sastra dan interdisipliner ilmu lain Pustaka: Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Antropologi Sastra: Peranan Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: • Memahami konsep antropologi sastra dan interdisipliner ilmu lain Pustaka: Mahayana, Maman S.. 2001. Akar Melayu: Sistem Sastra dan Konflik Ideologi di Indonesia dan Malaysia . Magelang: IndonesiaTera. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami konsep antropologi sastra dan interdisipliner ilmu lain· Memahami paradigma antropologi budaya untuk kajian sastra |
- · Memahami konsep antropologi sastra dan interdisipliner ilmu lain
- · Memanfaatkan internet untuk
- mencari konsep paradigma antropologi budaya untuk kajian sastra
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami konsep antropologi sastra dan interdisipliner ilmu lain· Memahami paradigma antropologi budaya untuk kajian sastra Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Antropologi Sastra . Yogyakarta: Penerbit Ombak. |
8% |
6
Minggu ke 6 |
· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami ruang lingkup antropologi sastra Menguasai konsep hakikat antropologi sastra |
- · Memahami ruang lingkup antropologi sastra
- Menguasai konsep hakikat antropologi sastra
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: emanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami ruang lingkup antropologi sastra Menguasai konsep hakikat antropologi sastra Pustaka: Ahimsa-Putra, Heddy Shri. 2001. Strukturalisme Levi Strauss: Mitos dan Karya Sastra . Yogyakarta: Galang Press. |
8% |
7
Minggu ke 7 |
· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami ruang lingkup antropologi sastra Menguasai konsep hakikat antropologi sastra |
- · Memahami ruang lingkup antropologi sastra
- Menguasai konsep hakikat antropologi sastra
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami ruang lingkup antropologi sastra Menguasai konsep hakikat antropologi sastra Pustaka: Faruk, Bakdi Soemanto, Bambang Purwanto. 2000. Perlawanan Atas Diskriminasi Rasial-Etnik: Konteks Sosial-Ideologis Kritik Sastra Tionghoa Peranakan . Magelang: IndonesiaTera. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
- uraian benar 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat 1: uraiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
- 2 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: Yuwana, Setya. 2007. Antropologi Sastra . Surabaya: Unesa University Press |
10% |
9
Minggu ke 9 |
· Memahami antropologi sastra:hubungan antra studi pustaka dan studi lapangan Menguasai konsep subjek kajian antropologi sastra |
• Memahami antropologi sastra:hubungan antra studi pustaka dan studi lapangan |
Kriteria:
Memahami antropologi sastra:hubungan antra studi pustaka dan studi lapangan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Memahami antropologi sastra:hubungan antra studi pustaka dan studi lapangan Pustaka: Yuwana, Setya. 2007. Antropologi Sastra . Surabaya: Unesa University Press |
10% |
10
Minggu ke 10 |
· Memahami antropologi sastra:hubungan antra studi pustaka dan studi lapangan Menguasai konsep subjek kajian antropologi sastra |
Memahami antropologi sastra:hubungan antra studi pustaka dan studi lapangan Menguasai konsep subjek kajian antropologi sastra |
Kriteria:
Memahami antropologi sastra:hubungan antra studi pustaka dan studi lapangan Menguasai konsep subjek kajian antropologi sastra Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Memahami antropologi sastra:hubungan antra studi pustaka dan studi lapangan Menguasai konsep subjek kajian antropologi sastra Pustaka: Yuwana, Setya. 2007. Antropologi Sastra . Surabaya: Unesa University Press |
10% |
11
Minggu ke 11 |
· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami teori-teori dalam antropologi sastra· Menguasai konsep-konsep dasar antropologi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia · Mengambil keputusan strategis dalam analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia |
Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami teori-teori dalam antropologi sastra· Menguasai konsep-konsep dasar antropologi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia · Mengambil keputusan strategis dalam analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia |
Kriteria:
Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami teori-teori dalam antropologi sastra· Menguasai konsep-konsep dasar antropologi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia · Mengambil keputusan strategis dalam analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 X 50 |
|
Materi: Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami teori-teori dalam antropologi sastra· Menguasai konsep-konsep dasar antropologi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia · Mengambil keputusan strategis dalam analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia Pustaka: Yuwana, Setya. 2007. Antropologi Sastra . Surabaya: Unesa University Press |
5% |
12
Minggu ke 12 |
· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami teori-teori dalam antropologi sastra· Menguasai konsep-konsep dasar antropologi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia · Mengambil keputusan strategis dalam analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia |
Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami teori-teori dalam antropologi sastra· Menguasai konsep-konsep dasar antropologi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia · Mengambil keputusan strategis dalam analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia |
Kriteria:
4: uraian benar 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat 1: uraiannya salah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
penugasan, diskusi, tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami teori-teori dalam antropologi sastra· Menguasai konsep-konsep dasar antropologi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia · Mengambil keputusan strategis dalam analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia Pustaka: Yuwana, Setya. 2007. Antropologi Sastra . Surabaya: Unesa University Press |
5% |
13
Minggu ke 13 |
· Memahami penetapan fokus antropologi sastra· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh prosa fiksi· Mengambil keputusan strategis dalam analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia |
Memahami penetapan fokus antropologi sastra· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh prosa fiksi· Mengambil keputusan strategis dalam analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia |
Kriteria:
Memahami penetapan fokus antropologi sastra· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh prosa fiksi· Mengambil keputusan strategis dalam analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
penugasan, tanya jawab, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: • penganalisisan aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia Pustaka: Yuwana, Setya. 2007. Antropologi Sastra . Surabaya: Unesa University Press |
5% |
14
Minggu ke 14 |
· Memahami penetapan fokus antropologi sastra· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh prosa fiksi· Mengambil keputusan strategis dalam analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia |
• Menjelaskan penetapan fokus antropologi sastra |
Kriteria:
Memahami penetapan fokus antropologi sastra· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh prosa fiksi· Mengambil keputusan strategis dalam analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
• Penugasan
• kinerja produk 2 X 50 |
|
Materi: Memahami penetapan fokus antropologi sastra· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh prosa fiksi· Mengambil keputusan strategis dalam analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia Pustaka: Yuwana, Setya. 2007. Antropologi Sastra . Surabaya: Unesa University Press |
5% |
15
Minggu ke 15 |
· Memahami metode penelitian antropologi sastra· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh analisis novel-novel etnografis· Mengambil keputusan strategis dalam analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia |
• Menjelaskan metode penelitian antropologi sastra dalam novel-novel etnografis |
Kriteria:
Menjelaskan metode penelitian antropologi sastra dalam novel-novel etnografis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
2 X 50 |
|
Materi: presentasi Pustaka: Ahimsa-Putra, Heddy Shri. 2001. Strukturalisme Levi Strauss: Mitos dan Karya Sastra . Yogyakarta: Galang Press. Materi: Menjelaskan metode penelitian antropologi sastra dalam novel-novel etnografis Pustaka: Yuwana, Setya. 2007. Antropologi Sastra . Surabaya: Unesa University Press |
5% |
16
Minggu ke 16 |
· Memahami metode penelitian antropologi sastra· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh analisis novel-novel etnografis· Mengambil keputusan strategis dalam analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan analisis aspek-aspek antropologis dalam teks sastra Indonesia |
• Menjelaskan metode penelitian antropologi sastra dalam novel-novel etnografis |
Kriteria:
Menjelaskan metode penelitian antropologi sastra dalam novel-novel etnografis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
2 X 50 |
|
Materi: presentasi Pustaka: Ahimsa-Putra, Heddy Shri. 2001. Strukturalisme Levi Strauss: Mitos dan Karya Sastra . Yogyakarta: Galang Press. Materi: Menjelaskan metode penelitian antropologi sastra dalam novel-novel etnografis Pustaka: Yuwana, Setya. 2007. Antropologi Sastra . Surabaya: Unesa University Press |
5% |