Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Instrumen Penelitian

8610502059

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

5 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Mustakim, S.Pd.,M.Pd.




Dr. Rofik Jalal Rosyanafi, M.Pd.




Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Mampu mengembangkan teori, konsep dan gagasan ilmiah dalam bidang pendidikan nonformal dan pengembangan masyarakat

PLO-6

Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, produktif melalui penelitian ilmiah dan memimpin penelittian kolaboratif antar institusi

PLO-7

Mampu merancang program pendidikan yang inovatif dan pengembangan model-model pembelajaraan bagi pengelola pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal, pengembangan masyarakat dengan pendekatan pedagogik, andragogi dan heutagogi

PLO-8

Mampu mengelola dan mengevaluasi pembelajaraan pada satuan pendidikan nonformal serta menunjukkan kinerja profesi dan bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang PNF secara mandiri.

PLO-9

Mampu menerapkan konsep, teori dan praktek pendidikan nonformal, manajemen PNF berbasis teknologi serta kajian model bisnis sosial bidang PNF.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami konsep dan prinsip dasar pengembangan instrumen penelitian

PO - 2

Menyusun instrumen penelitian yang valid dan reliabel

PO - 3

Mengaplikasikan teknik pengujian validitas dan reliabilitas instrumen

PO - 4

Menganalisis dan menginterpretasikan hasil pengujian instrumen penelitian

PO - 5

Merevisi dan memodifikasi instrumen berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas

PO - 6

Mengimplementasikan instrumen penelitian dalam studi lapangan dan melaporkan hasil secara ilmiah

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     
PO-5     
PO-6     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pengembangan Instrumen Penelitian, merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep, prinsip, dan teknik dalam merancang serta mengembangkan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Mata kuliah ini menekankan keterampilan praktis dalam menyusun item instrumen, menguji validitas dan reliabilitas menggunakan metode kuantitatif, serta menganalisis hasil pengujian instrumen secara kritis dengan bantuan perangkat lunak statistik seperti SPSS, dan menggunakan metode kuantitatif, analisis yang digunakan pada metode ini dengan aplikasi Atlas.Ti 9.

Pustaka

Utama :

  1. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  2. Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
  3. Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., & Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. 8th Edition. New York: McGraw-Hill Education.
  4. Bryman, A. (2016). Social Research Methods. 5th Edition. Oxford University Press.
  5. Patton, M.Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods. 4th Edition. Sage Publications.
  6. Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and Reliability in Quantitative Studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66-67.
  7. Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and Reliability in Quantitative Studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66-67.

Pendukung :

  1. Hadi, S., & Suryono, Y. (2017). Pengembangan model evaluasi pendidikan kecakapan hidup pada pendidikan luar sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 18(2), 134-144. Diakses dari https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol18/iss2/
  2. Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadap pemilihan suplemen kesehatan dalam menghadapi Covid-19. ResearchGate. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/360521538_Uji_Validitas_dan_Reliabilitas_Instrumen_Penelitian_Tingkat_Pengetahuan_dan_Sikap_Mahasiswa_terhadap_Pemilihan_Suplemen_Kesehatan_dalam_Menghadapi_Covid-19

Dosen Pengampu

Prof.Dr. I Ketut Atmaja Johny Artha, M.Kes.

Dr. Rofik Jalal Rosyanafi, M.Pd.

Dr. Mustakim, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar instrumen penelitia

Pengenalan konsep instrumen penelitian: Definisi, fungsi, dan jenis instrumen

Kriteria:

Memahami konsep dasar instrumen penelitian, penilaian terhadap keaktifan mahasiswa dalam mengikuti diskusi, tanya jawab, dan refleksi,serta 75% mampu menjawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

Kehadiran, kontribusi dalam diskusi kelas
14.40 -16.20
Materi: Pengenalan konsep instrumen penelitian: Definisi, fungsi, jenis instrumen
Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
5%

2

Minggu ke 2

Memahami jenis validitas dan aplikasinya

Teori validitas instrumen (validitas isi, konstruk, kriteria)

Kriteria:

Memahami jenis validitas dan aplikasinya, penilaian terhadap keaktifan mahasiswa dalam mengikuti diskusi, tanya jawab, dan refleksi,serta 75% mampu menjawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Kehadiran, kontribusi dalam diskusi kelas
14.40 -16.20
Materi: Teori validitas instrumen (validitas isi, konstruk, kriteria)
Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
5%

3

Minggu ke 3

Memahami konsep reliabilitas dan pengukuran

Teori reliabilitas instrumen dan teknik pengukurannya

Kriteria:

Kehadiran, kontribusi dalam diskusi kelas, penilaian terhadap keaktifan mahasiswa dalam mengikuti diskusi, tanya jawab, dan refleksi,serta 75% mampu menjawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


14.40 -16.20
Materi: Teori reliabilitas instrumen dan teknik pengukurannya
Pustaka: Bryman, A. (2016). Social Research Methods. 5th Edition. Oxford University Press.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menyusun item instrumen penelitian yang baik

Penyusunan item instrumen: prinsip dan teknik

Kriteria:

Item instrumen memenuhi prinsip valid dan jelas, penilaian terhadap kemampuan mahasiswa dalam melakukan pengujian instrumen secara langsung dan menyusun laporan hasilnya, 75 % benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Workshop dan Diskusi
14.40 -16.20
Materi: Penyusunan item instrumen: prinsip dan teknik
Pustaka: Bryman, A. (2016). Social Research Methods. 5th Edition. Oxford University Press.
5%

5

Minggu ke 5

Memahami teknik sampling dan pengumpulan data

Teknik sampling dan pengumpulan data untuk pengujian instrumen

Kriteria:

Memahami teknik sampling dan pengumpulan data,7 5% mampu menjawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Memahami teknik sampling dan pengumpulan data
14.40 -16.20

Materi: Teknik sampling dan pengumpulan data untuk pengujian instrumen
Pustaka: Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and Reliability in Quantitative Studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66-67.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu melakukan uji validitas instrumen secara statistik

Analisis validitas menggunakan metode statistik (validitas isi dan konstruk)

Kriteria:

Mampu melakukan uji validitas instrumen secara statistik, 75% benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktikum, dan Diskusi
14.40 -16.20

Materi: Analisis validitas menggunakan metode statistik (validitas isi dan konstruk)
Pustaka: Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and Reliability in Quantitative Studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66-67.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu melakukan uji reliabilitas instrumen

Analisis reliabilitas (Cronbach alpha, split-half, test-retest)

Kriteria:

Mampu melakukan uji reliabilitas instrumen, 75% benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi studi kasus, dan presentasi hasil pengembangan instrumen
14.40 -16.20

Materi: Analisis reliabilitas (Cronbach alpha, split-half, test-retest)
Pustaka: Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and Reliability in Quantitative Studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66-67.
5%

8

Minggu ke 8

Mampu dalam menganalisis tugas ujian tengah semester

Menganlisis tugas ujian tengah semester

Kriteria:

Mahasiswa mampi dalam menjawab dengan benar soal-soal ujian, 75% benar.


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tengah Semester
14.40 -16.20

Materi: Ujian tengah semester
Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
15%

9

Minggu ke 9

Mampu merevisi instrumen berdasarkan hasil analisis

Perbaikan dan revisi instrumen berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas

Kriteria:

Mampu merevisi instrumen berdasarkan hasil analisis, 75% benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, dan Diskusi
14.40 -16.20

Materi: Perbaikan dan revisi instrumen berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas
Pustaka: Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and Reliability in Quantitative Studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66-67.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menganalisis dan mempresentasikan studi kasus

Studi kasus pengembangan instrumen dalam penelitian pendidikan

Kriteria:

Mampu menganalisis dan mempresentasikan studi kasus, 75% benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, dan Diskusi
14.40 -16.20

Materi: Studi kasus pengembangan instrumen dalam penelitian pendidikan
Pustaka: Patton, M.Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods. 4th Edition. Sage Publications.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menerapkan instrumen dalam penelitian nyata

Kriteria:

Mampu menerapkan instrumen dalam penelitian nyata, 75% benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi hasil pengembangan instrumen, dan tanya jawab
14.40 -16.20

Materi: Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa
Pustaka: Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu dalam mempresentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa

Mahasiswa mampu mempresentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa

Kriteria:

Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa, 75% benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi hasil pengembangan instrumen, dan tanya jawab
14.40 -16.20

Materi: Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa
Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
5%

13

Minggu ke 13

Mampu dalam mempresentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa

Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
presentasi hasil pengembangan instrumen, dan tanya jawab
14.40 -16.20

Materi: Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa
Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu dalam mempresentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa

Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa

Kriteria:

Mampu dalam mempresentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa, 75% benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
presentasi hasil pengembangan instrumen, dan tanya jawab
14.40 -16.20

Materi: Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa
Pustaka: Bryman, A. (2016). Social Research Methods. 5th Edition. Oxford University Press.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu dalam mempresentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa

Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa

Kriteria:

Mampu dalam mempresentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa,75% benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
presentasi hasil pengembangan instrumen, dan tanya jawab
14.40 -16.20

Materi: Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa
Pustaka: Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., & Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. 8th Edition. New York: McGraw-Hill Education.
5%

16

Minggu ke 16

Mampu dalam mengerjakan tugas ujian akhir semester

Mampu mengerjakan ujian akhir semester

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan soal ujian akhir semester, 75% benar.


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian akhir semester
14.40 -16.20

Materi: Ujian akhir semester
Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Materi: Ujian akhir semester
Pustaka: Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and Reliability in Quantitative Studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66-67.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 52.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 5%
3. Penilaian Portofolio 5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 7.5%
5. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.