
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Instrumen Penelitian |
8610502059 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
5 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Mustakim, S.Pd.,M.Pd.
|
Dr. Rofik Jalal Rosyanafi, M.Pd.
|
Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Mampu mengembangkan teori, konsep dan gagasan ilmiah dalam bidang pendidikan nonformal dan pengembangan masyarakat |
PLO-6 |
Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, produktif melalui penelitian ilmiah dan memimpin penelittian kolaboratif antar institusi |
PLO-7 |
Mampu merancang program pendidikan yang inovatif dan pengembangan model-model pembelajaraan bagi pengelola pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal, pengembangan masyarakat dengan pendekatan pedagogik, andragogi dan heutagogi |
PLO-8 |
Mampu mengelola dan mengevaluasi pembelajaraan pada satuan pendidikan nonformal serta menunjukkan kinerja profesi dan bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang PNF secara mandiri. |
PLO-9 |
Mampu menerapkan konsep, teori dan praktek pendidikan nonformal, manajemen PNF berbasis teknologi serta kajian model bisnis sosial bidang PNF. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dan prinsip dasar pengembangan instrumen penelitian
|
PO - 2 |
Menyusun instrumen penelitian yang valid dan reliabel
|
PO - 3 |
Mengaplikasikan teknik pengujian validitas dan reliabilitas instrumen
|
PO - 4 |
Menganalisis dan menginterpretasikan hasil pengujian instrumen penelitian
|
PO - 5 |
Merevisi dan memodifikasi instrumen berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas
|
PO - 6 |
Mengimplementasikan instrumen penelitian dalam studi lapangan dan melaporkan hasil secara ilmiah
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | | ✔ | | | | | PO-2 | ✔ | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | PO-5 | | | | | ✔ | | PO-6 | | | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pengembangan Instrumen Penelitian, merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep, prinsip, dan teknik dalam merancang serta mengembangkan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Mata kuliah ini menekankan keterampilan praktis dalam menyusun item instrumen, menguji validitas dan reliabilitas menggunakan metode kuantitatif, serta menganalisis hasil pengujian instrumen secara kritis dengan bantuan perangkat lunak statistik seperti SPSS, dan menggunakan metode kuantitatif, analisis yang digunakan pada metode ini dengan aplikasi Atlas.Ti 9. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
- Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., & Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. 8th Edition. New York: McGraw-Hill Education.
- Bryman, A. (2016). Social Research Methods. 5th Edition. Oxford University Press.
- Patton, M.Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods. 4th Edition. Sage Publications.
- Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and Reliability in Quantitative Studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66-67.
- Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and Reliability in Quantitative Studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66-67.
|
Pendukung : |
|
- Hadi, S., & Suryono, Y. (2017). Pengembangan model evaluasi pendidikan kecakapan hidup pada pendidikan luar sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 18(2), 134-144. Diakses dari https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol18/iss2/
- Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadap pemilihan suplemen kesehatan dalam menghadapi Covid-19. ResearchGate. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/360521538_Uji_Validitas_dan_Reliabilitas_Instrumen_Penelitian_Tingkat_Pengetahuan_dan_Sikap_Mahasiswa_terhadap_Pemilihan_Suplemen_Kesehatan_dalam_Menghadapi_Covid-19
|
Dosen Pengampu
|
Prof.Dr. I Ketut Atmaja Johny Artha, M.Kes. Dr. Rofik Jalal Rosyanafi, M.Pd. Dr. Mustakim, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep dasar instrumen penelitia |
Pengenalan konsep instrumen penelitian: Definisi, fungsi, dan jenis instrumen |
Kriteria:
Memahami konsep dasar instrumen penelitian, penilaian terhadap keaktifan mahasiswa dalam mengikuti diskusi, tanya jawab, dan refleksi,serta 75% mampu menjawab dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Kehadiran, kontribusi dalam diskusi kelas 14.40 -16.20 |
Materi: Pengenalan konsep instrumen penelitian: Definisi, fungsi, jenis instrumen Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami jenis validitas dan aplikasinya |
Teori validitas instrumen (validitas isi, konstruk, kriteria) |
Kriteria:
Memahami jenis validitas dan aplikasinya, penilaian terhadap keaktifan mahasiswa dalam mengikuti diskusi, tanya jawab, dan refleksi,serta 75% mampu menjawab dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Kehadiran, kontribusi dalam diskusi kelas 14.40 -16.20 |
Materi: Teori validitas instrumen (validitas isi, konstruk, kriteria) Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami konsep reliabilitas dan pengukuran |
Teori reliabilitas instrumen dan teknik pengukurannya |
Kriteria:
Kehadiran, kontribusi dalam diskusi kelas, penilaian terhadap keaktifan mahasiswa dalam mengikuti diskusi, tanya jawab, dan refleksi,serta 75% mampu menjawab dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
14.40 -16.20 |
Materi: Teori reliabilitas instrumen dan teknik pengukurannya Pustaka: Bryman, A. (2016). Social Research Methods. 5th Edition. Oxford University Press. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menyusun item instrumen penelitian yang baik |
Penyusunan item instrumen: prinsip dan teknik |
Kriteria:
Item instrumen memenuhi prinsip valid dan jelas, penilaian terhadap kemampuan mahasiswa dalam melakukan pengujian instrumen secara langsung dan menyusun laporan hasilnya, 75 % benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Workshop dan Diskusi 14.40 -16.20 |
Materi: Penyusunan item instrumen: prinsip dan teknik Pustaka: Bryman, A. (2016). Social Research Methods. 5th Edition. Oxford University Press. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami teknik sampling dan pengumpulan data |
Teknik sampling dan pengumpulan data untuk pengujian instrumen |
Kriteria:
Memahami teknik sampling dan pengumpulan data,7 5% mampu menjawab dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Memahami teknik sampling dan pengumpulan data 14.40 -16.20 |
|
Materi: Teknik sampling dan pengumpulan data untuk pengujian instrumen Pustaka: Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and Reliability in Quantitative Studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66-67. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu melakukan uji validitas instrumen secara statistik |
Analisis validitas menggunakan metode statistik (validitas isi dan konstruk) |
Kriteria:
Mampu melakukan uji validitas instrumen secara statistik, 75% benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Praktikum, dan Diskusi 14.40 -16.20 |
|
Materi: Analisis validitas menggunakan metode statistik (validitas isi dan konstruk) Pustaka: Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and Reliability in Quantitative Studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66-67. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu melakukan uji reliabilitas instrumen |
Analisis reliabilitas (Cronbach alpha, split-half, test-retest) |
Kriteria:
Mampu melakukan uji reliabilitas instrumen, 75% benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi studi kasus, dan presentasi hasil pengembangan instrumen 14.40 -16.20 |
|
Materi: Analisis reliabilitas (Cronbach alpha, split-half, test-retest) Pustaka: Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and Reliability in Quantitative Studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66-67. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu dalam menganalisis tugas ujian tengah semester |
Menganlisis tugas ujian tengah semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampi dalam menjawab dengan benar soal-soal ujian, 75% benar. Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tengah Semester 14.40 -16.20 |
|
Materi: Ujian tengah semester Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu merevisi instrumen berdasarkan hasil analisis |
Perbaikan dan revisi instrumen berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas |
Kriteria:
Mampu merevisi instrumen berdasarkan hasil analisis, 75% benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, dan Diskusi 14.40 -16.20 |
|
Materi: Perbaikan dan revisi instrumen berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas Pustaka: Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and Reliability in Quantitative Studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66-67. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menganalisis dan mempresentasikan studi kasus |
Studi kasus pengembangan instrumen dalam penelitian pendidikan |
Kriteria:
Mampu menganalisis dan mempresentasikan studi kasus, 75% benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, dan Diskusi 14.40 -16.20 |
|
Materi: Studi kasus pengembangan instrumen dalam penelitian pendidikan Pustaka: Patton, M.Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods. 4th Edition. Sage Publications. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menerapkan instrumen dalam penelitian nyata |
|
Kriteria:
Mampu menerapkan instrumen dalam penelitian nyata, 75% benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi hasil pengembangan instrumen, dan tanya jawab 14.40 -16.20 |
|
Materi: Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa Pustaka: Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu dalam mempresentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa |
Mahasiswa mampu mempresentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa |
Kriteria:
Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa, 75% benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi hasil pengembangan instrumen, dan tanya jawab 14.40 -16.20 |
|
Materi: Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu dalam mempresentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa |
Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
presentasi hasil pengembangan instrumen, dan tanya jawab 14.40 -16.20 |
|
Materi: Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu dalam mempresentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa |
Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa |
Kriteria:
Mampu dalam mempresentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa, 75% benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
presentasi hasil pengembangan instrumen, dan tanya jawab 14.40 -16.20 |
|
Materi: Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa Pustaka: Bryman, A. (2016). Social Research Methods. 5th Edition. Oxford University Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu dalam mempresentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa |
Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa |
Kriteria:
Mampu dalam mempresentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa,75% benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
presentasi hasil pengembangan instrumen, dan tanya jawab 14.40 -16.20 |
|
Materi: Presentasi hasil pengembangan instrumen mahasiswa Pustaka: Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., & Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. 8th Edition. New York: McGraw-Hill Education. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu dalam mengerjakan tugas ujian akhir semester |
Mampu mengerjakan ujian akhir semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan soal ujian akhir semester, 75% benar. Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian akhir semester 14.40 -16.20 |
|
Materi: Ujian akhir semester Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications. Materi: Ujian akhir semester Pustaka: Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and Reliability in Quantitative Studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66-67. |
15% |