Universitas Negeri Surabaya
Fakultas PSDKU
Program Studi S1 Ilmu Komunikasi (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Komunikasi dan Pembangunan Berkelanjutan

7020703055

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

2

1 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Wahyu Mahesa Miarta, S.H., M.Sc. Gilang Gusti Aji, S.I.P., M.Si. Rizqi Mutqiyyah, S.I.Kom., M.Sc., Prof. Dr. Sarmini., M.Hum




MUHAMMAD DANU WINATA

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengaplikasikan teori komunikasi sosial pembangunan dan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dalam menyelesaikan masalah pembangunan.

PO - 2

Menguasai prinsip, strategi komunikasi, dan “issue” terkini dalam bidang pendidikan, lingkungan, gender, dan kesehatan masyarakat dengan memanfaatkan kearifan lokal.

PO - 3

Mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis data dan informasi dan memberikan beragam alternatif solusi dalam permasalahan pembangunan.

PO - 4

Bertanggung jawab pada penulisan makalah dan pemaparan analisis studi kasus.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Komunikasi Dan Pembangunan Berkelanjutan membahas tentang hubungan antara komunikasi dan pembangunan berkelanjutan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang peran komunikasi dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Ruang lingkupnya mencakup teori-teori komunikasi, konsep pembangunan berkelanjutan, serta aplikasi komunikasi dalam konteks pembangunan berkelanjutan.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge.
  2. 2. Mefalopulos, P. (2008). Development Communication Sourcebook: Broadening the Boundaries of Communication. Washington D.C.: The World Bank.
  3. 3. Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd.
  4. 4. Saebani, B. (2016). Sosiologi Pembangunan. Bandung: Pustaka Setia.
  5. 5. Wilkins, K., Tufte, T., and Obregon, R. (2014). The Handbook of Development Communication and Social Change. New Jersey: Wiley-Blackwell.

Pendukung :

Dosen Pengampu

SARMINI

WAHYU MAHESA MIARTA

GILANG GUSTI AJI

RIZQI MUTQIYYAH

Wahyu Mahesa Miarta, S.H., M.Sc.

Wahyu Mahesa Miarta, S.H., M.Sc.

Gilang Gusti Aji, S.I.P., M.Si.

Gilang Gusti Aji, S.I.P., M.Si.

Prof. Dr. Sarmini, M.Hum.

Prof. Dr. Sarmini, M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Memahami definisi dunia ketiga, pembangunan, pemberdayaan, dan komunikasi pembangunan
  2. Mengindentifikasi ruang lingkup pembangunan

Menjelaskan definisi dunia ketiga, pembangunan, pemberdayaan, dan komunikasi pembangunan

Kriteria:

mahasiswa mampu memjelaskan konsep KPB secara teoritis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

Materi: Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd.
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Membedakan ciri khas setiap pendekatan komunikasi pembangunan

Mengidentifikasi ciri khas setiap pendekatan komunikasi pembangunan

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2 x 50

Materi: Mefalopulos, P. (2008). Development Communication Sourcebook: Broadening the Boundaries of Communication. Washington D.C.: The World Bank.
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Memahami teori modernisasi

Mahasiswa kampu memahami konsep KPB

Kriteria:

mahasiswa mampu menganalisis konsep KPB


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi.
2x50

Materi: Wilkins, K., Tufte, T., and Obregon, R. (2014). The Handbook of Development Communication and Social Change. New Jersey: Wiley-Blackwell.
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Membedakan aplikasi modernisasi dominan dalam aspek pembangunan

Mengidentifikasi apikasi modernisasi dominan dalam aspek pembangunan

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Ceramah
- Diskusi
- Presentasi
3 X 50

Materi: Membaca referensi 3 hal 71-102
Pustaka: 3. Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd.
5%

5

Minggu ke 5

Memahami proses modernisasi di dunia ketiga dengan menggunakan pendekatan komunikasi

Mahasiswa mampu memahami konsep KPB

Kriteria:
  1. 5
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep KPB secara teoritis dan praktik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi, presentasi
1X 150

Materi: 3. Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd.
Pustaka: 3. Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd.
5%

6

Minggu ke 6

Memahami teori ketergantungan

- Menjelaskan konsep dasar teori ketergantungan yang mencakup sejarah, pembangunan di negara dunia ketiga, dampak dan kritik terhadap teori ketergantungan

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Ceramah
- Diskusi
- Analisis studi kasus
1 x 150

Materi: Teori Ketergantungan
Pustaka: 4. Saebani, B. (2016). Sosiologi Pembangunan. Bandung: Pustaka Setia.
5%

7

Minggu ke 7

Memahami konsep dasar teori pembangunan manusia

- Menjelaskan konsep dasar teori pembangunan manusia yang mencakup definisi, arah pengembangan, pemberdayaan, kerja sama dan kesetaraan

Kriteria:

- Konsep dasar teori pembangunan manusia yang mencakup definisi, arah pengembangan, pemberdayaan, kerja sama dan kesetaraan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Ceramah
- Diskusi
1 x 150

Materi: - Membaca referensi 4 hal 139-152 - Mendiskusikan konsep dasar teori pembangunan manusia yang mencakup definisi, arah pengembangan, pemberdayaan, kerja sama dan kesetaraan.
Pustaka: 4. Saebani, B. (2016). Sosiologi Pembangunan. Bandung: Pustaka Setia.
5%

8

Minggu ke 8

mahasiswa mampu memahami konsep KPB

mampu menjawab pertanyaan

Kriteria:

Mahasiswa memahami semua materi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
luring
150 menit

Materi: 4. Sosiologi Pembangunan. Saebani
Pustaka: 3. Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd.
15%

9

Minggu ke 9

mahasiswa mampu menganalisis teori Sarvodaya

mahasiswa mampu memahami konsep Sarvodaya

Kriteria:

mahasiswa mampu memahami konsep Sarvodaya dalam kehidupan sehari-hari


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
150 menit

Materi: Community development di Brazil
Pustaka: 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Sri Lanka (Sarvodaya)

Mahasiswa mampu memahami konsep Sarvodaya

Kriteria:

Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Sri Lanka (Sarvodaya)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
150 menit

Materi: Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Sri Lanka (Sarvodaya)
Pustaka: 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Ghana (UNFPA)

Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Ghana (UNFPA)

Kriteria:

Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Ghana (UNFPA)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
150 menit

Materi: Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Ghana (UNFPA)
Pustaka: 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Ghana (COMOG)

Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Ghana (COMOG)

Kriteria:

Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Ghana (COMOG)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
150 menit

Materi: Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Ghana (COMOG)
Pustaka: 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka

Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka

Kriteria:

Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
150 menit

Materi: Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka
Pustaka: 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka

mahasiswa mampu memecahkan community development di Indonesia

Kriteria:

Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Luring
150 menit

Materi: Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka
Pustaka: 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka

Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka

Kriteria:

Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Luring
150 menit

Materi: Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka
Pustaka: 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka dengan membuat artikel ilmiah

Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka dengan membuat artikel ilmiah

Kriteria:

Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka dengan membuat artikel ilmiah


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
150 emnit

Materi: Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka dengan membuat artikel ilmiah
Pustaka: 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 32.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 55%
3. Penilaian Portofolio 5%
4. Tes 7.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.