
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas PSDKU
Program Studi S1 Ilmu Komunikasi (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Komunikasi dan Pembangunan Berkelanjutan |
7020703055 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
2 |
1 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Wahyu Mahesa Miarta, S.H., M.Sc. Gilang Gusti Aji, S.I.P., M.Si. Rizqi Mutqiyyah, S.I.Kom., M.Sc., Prof. Dr. Sarmini., M.Hum
|
MUHAMMAD DANU WINATA |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengaplikasikan teori komunikasi sosial pembangunan dan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dalam menyelesaikan masalah pembangunan.
|
PO - 2 |
Menguasai prinsip, strategi komunikasi, dan “issue” terkini dalam bidang pendidikan, lingkungan, gender, dan kesehatan masyarakat dengan memanfaatkan kearifan lokal.
|
PO - 3 |
Mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis data dan informasi dan memberikan beragam alternatif solusi dalam permasalahan pembangunan.
|
PO - 4 |
Bertanggung jawab pada penulisan makalah dan pemaparan analisis studi kasus.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | ✔ | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Komunikasi Dan Pembangunan Berkelanjutan membahas tentang hubungan antara komunikasi dan pembangunan berkelanjutan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang peran komunikasi dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Ruang lingkupnya mencakup teori-teori komunikasi, konsep pembangunan berkelanjutan, serta aplikasi komunikasi dalam konteks pembangunan berkelanjutan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge.
- 2. Mefalopulos, P. (2008). Development Communication Sourcebook: Broadening the Boundaries of Communication. Washington D.C.: The World Bank.
- 3. Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd.
- 4. Saebani, B. (2016). Sosiologi Pembangunan. Bandung: Pustaka Setia.
- 5. Wilkins, K., Tufte, T., and Obregon, R. (2014). The Handbook of Development Communication and Social Change. New Jersey: Wiley-Blackwell.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
SARMINI WAHYU MAHESA MIARTA GILANG GUSTI AJI RIZQI MUTQIYYAH Wahyu Mahesa Miarta, S.H., M.Sc. Wahyu Mahesa Miarta, S.H., M.Sc. Gilang Gusti Aji, S.I.P., M.Si. Gilang Gusti Aji, S.I.P., M.Si. Prof. Dr. Sarmini, M.Hum. Prof. Dr. Sarmini, M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Memahami definisi dunia ketiga, pembangunan, pemberdayaan, dan komunikasi pembangunan
- Mengindentifikasi ruang lingkup pembangunan
|
Menjelaskan definisi dunia ketiga, pembangunan, pemberdayaan, dan komunikasi pembangunan |
Kriteria:
mahasiswa mampu memjelaskan konsep KPB secara teoritis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd. Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Membedakan ciri khas setiap pendekatan komunikasi pembangunan |
Mengidentifikasi ciri khas setiap pendekatan komunikasi pembangunan |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2 x 50 |
|
Materi: Mefalopulos, P. (2008). Development Communication Sourcebook: Broadening the Boundaries of Communication. Washington D.C.: The World Bank. Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami teori modernisasi |
Mahasiswa kampu memahami konsep KPB |
Kriteria:
mahasiswa mampu menganalisis konsep KPB Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi. 2x50 |
|
Materi: Wilkins, K., Tufte, T., and Obregon, R. (2014). The Handbook of Development Communication and Social Change. New Jersey: Wiley-Blackwell. Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Membedakan aplikasi modernisasi dominan dalam aspek pembangunan |
Mengidentifikasi apikasi modernisasi dominan dalam aspek pembangunan |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Ceramah
- Diskusi
- Presentasi 3 X 50 |
|
Materi: Membaca referensi 3 hal 71-102 Pustaka: 3. Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami proses modernisasi di dunia ketiga dengan menggunakan pendekatan komunikasi |
Mahasiswa mampu memahami konsep KPB |
Kriteria:
- 5
- Mahasiswa mampu memahami konsep KPB secara teoritis dan praktik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, presentasi 1X 150 |
|
Materi: 3. Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd. Pustaka: 3. Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami teori ketergantungan |
- Menjelaskan konsep dasar teori ketergantungan yang mencakup sejarah, pembangunan di negara dunia ketiga, dampak dan kritik terhadap teori ketergantungan |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Ceramah
- Diskusi
- Analisis studi kasus 1 x 150 |
|
Materi: Teori Ketergantungan Pustaka: 4. Saebani, B. (2016). Sosiologi Pembangunan. Bandung: Pustaka Setia. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami konsep dasar teori pembangunan manusia |
- Menjelaskan konsep dasar teori pembangunan manusia yang mencakup definisi, arah pengembangan, pemberdayaan, kerja sama dan kesetaraan |
Kriteria:
- Konsep dasar teori pembangunan manusia yang mencakup definisi, arah pengembangan, pemberdayaan, kerja sama dan kesetaraan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Ceramah
- Diskusi 1 x 150 |
|
Materi: - Membaca referensi 4 hal 139-152 - Mendiskusikan konsep dasar teori pembangunan manusia yang mencakup definisi, arah pengembangan, pemberdayaan, kerja sama dan kesetaraan. Pustaka: 4. Saebani, B. (2016). Sosiologi Pembangunan. Bandung: Pustaka Setia. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
mahasiswa mampu memahami konsep KPB |
mampu menjawab pertanyaan |
Kriteria:
Mahasiswa memahami semua materi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
luring 150 menit |
|
Materi: 4. Sosiologi Pembangunan. Saebani Pustaka: 3. Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
mahasiswa mampu menganalisis teori Sarvodaya |
mahasiswa mampu memahami konsep Sarvodaya |
Kriteria:
mahasiswa mampu memahami konsep Sarvodaya dalam kehidupan sehari-hari Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 150 menit |
|
Materi: Community development di Brazil Pustaka: 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Sri Lanka (Sarvodaya) |
Mahasiswa mampu memahami konsep Sarvodaya |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Sri Lanka (Sarvodaya) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 150 menit |
|
Materi: Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Sri Lanka (Sarvodaya) Pustaka: 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Ghana (UNFPA) |
Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Ghana (UNFPA) |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Ghana (UNFPA) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 150 menit |
|
Materi: Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Ghana (UNFPA) Pustaka: 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Ghana (COMOG) |
Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Ghana (COMOG) |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Ghana (COMOG) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 150 menit |
|
Materi: Mahasiswa mampu memhamai konsep community development di Ghana (COMOG) Pustaka: 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka |
Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 150 menit |
|
Materi: Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka Pustaka: 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka |
mahasiswa mampu memecahkan community development di Indonesia |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Luring 150 menit |
|
Materi: Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka Pustaka: 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka |
Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Luring 150 menit |
|
Materi: Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka Pustaka: 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka dengan membuat artikel ilmiah |
Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka dengan membuat artikel ilmiah |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka dengan membuat artikel ilmiah Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 150 emnit |
|
Materi: Mahasiswa mampu mencari dan memecahkan masalah community development di Indonesia, khususnya dengan menerapkan teori KPB dari topik lingkungan sekitar terdekat mereka dengan membuat artikel ilmiah Pustaka: 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge. |
15% |