
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Komunikasi (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Komunikasi dan Pembangunan Berkelanjutan |
7020703055 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
2 |
1 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Wahyu Mahesa Miarta, S.H., M.Sc. Gilang Gusti Aji, S.I.P., M.Si. Rizqi Mutqiyyah, S.I.Kom., M.Sc., Prof. Dr. Sarmini., M.Hum
|
Muhammad Danu Winata, S.Sos, M.A., M.Si (Han). |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengaplikasikan teori komunikasi sosial pembangunan dan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dalam menyelesaikan masalah pembangunan.
|
PO - 2 |
Menguasai prinsip, strategi komunikasi, dan “issue” terkini dalam bidang pendidikan, lingkungan, gender, dan kesehatan masyarakat dengan memanfaatkan kearifan lokal.
|
PO - 3 |
Mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis data dan informasi dan memberikan beragam alternatif solusi dalam permasalahan pembangunan.
|
PO - 4 |
Bertanggung jawab pada penulisan makalah dan pemaparan analisis studi kasus.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | ✔ | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Komunikasi Dan Pembangunan Berkelanjutan membahas tentang hubungan antara komunikasi dan pembangunan berkelanjutan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang peran komunikasi dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Ruang lingkupnya mencakup teori-teori komunikasi, konsep pembangunan berkelanjutan, serta aplikasi komunikasi dalam konteks pembangunan berkelanjutan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Lennie, J. and Tacchi, J. (2013). Evaluating Communication for Development: A Framework for Social Change. London: Routledge.
- 2. Mefalopulos, P. (2008). Development Communication Sourcebook: Broadening the Boundaries of Communication. Washington D.C.: The World Bank.
- 3. Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd.
- 4. Saebani, B. (2016). Sosiologi Pembangunan. Bandung: Pustaka Setia.
- 5. Wilkins, K., Tufte, T., and Obregon, R. (2014). The Handbook of Development Communication and Social Change. New Jersey: Wiley-Blackwell.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Sarmini, M.Hum. Wahyu Mahesa Miarta, S.H., M.Sc. Gilang Gusti Aji, S.I.P., M.Si. RIZQI MUTQIYYAH |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Memahami definisi dunia ketiga, pembangunan, pemberdayaan, dan komunikasi pembangunan
- Mengindentifikasi ruang lingkup pembangunan
|
Menjelaskan definisi dunia ketiga, pembangunan, pemberdayaan, dan komunikasi pembangunan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd. Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Membedakan ciri khas setiap pendekatan komunikasi pembangunan |
Mengidentifikasi ciri khas setiap pendekatan komunikasi pembangunan |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2 x 50 |
|
Materi: Mefalopulos, P. (2008). Development Communication Sourcebook: Broadening the Boundaries of Communication. Washington D.C.: The World Bank. Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami teori modernisasi |
15 |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi. 2x50 |
|
Materi: Wilkins, K., Tufte, T., and Obregon, R. (2014). The Handbook of Development Communication and Social Change. New Jersey: Wiley-Blackwell. Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Membedakan aplikasi modernisasi dominan dalam aspek pembangunan |
Mengidentifikasi apikasi modernisasi dominan dalam aspek pembangunan |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Ceramah
- Diskusi
- Presentasi 3 X 50 |
|
Materi: Membaca referensi 3 hal 71-102 Pustaka: 3. Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami proses modernisasi di dunia ketiga dengan menggunakan pendekatan komunikasi |
|
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, presentasi 1X 150 |
|
Materi: 3. Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd. Pustaka: 3. Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami teori ketergantungan |
- Menjelaskan konsep dasar teori ketergantungan yang mencakup sejarah, pembangunan di negara dunia ketiga, dampak dan kritik terhadap teori ketergantungan |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Ceramah
- Diskusi
- Analisis studi kasus 1 x 150 |
|
Materi: Teori Ketergantungan Pustaka: 4. Saebani, B. (2016). Sosiologi Pembangunan. Bandung: Pustaka Setia. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami konsep dasar teori pembangunan manusia |
- Menjelaskan konsep dasar teori pembangunan manusia yang mencakup definisi, arah pengembangan, pemberdayaan, kerja sama dan kesetaraan |
Kriteria:
- Konsep dasar teori pembangunan manusia yang mencakup definisi, arah pengembangan, pemberdayaan, kerja sama dan kesetaraan |
- Ceramah
- Diskusi 1 x 150 |
|
Materi: - Membaca referensi 4 hal 139-152 - Mendiskusikan konsep dasar teori pembangunan manusia yang mencakup definisi, arah pengembangan, pemberdayaan, kerja sama dan kesetaraan. Pustaka: 4. Saebani, B. (2016). Sosiologi Pembangunan. Bandung: Pustaka Setia. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
|
mampu menjawab pertanyaan |
Kriteria:
Mahasiswa memahami semua materi Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
Materi: 4. Sosiologi Pembangunan. Saebani Pustaka: 3. Melkote, S. and Steeves, H. (2005). Communication for Development in the Third World: Theory and Practice for Empowerment, 2nd edition. New Delhi: Sage Publication India Pvt Ltd. |
30% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |