Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN ORGANISASI

5720102201

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

21 Maret 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Cendra Devayana Putra, S.Kom




.......................................




I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-6

Mampu mengambil keputusan secara tepat baik mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab dan sesuai etik dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mengkomunikasikannya secara efektif

PLO-15

Mampu memahami, menganalisis, menilai, dan mengevaluasi sistem informasi dalam mengelola data dan informasi bisnis serta merekomendasikan pengambilan keputusan dengan memperhatikan hukum kode etik dalam penggunaan informasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kepemimpinan dan manajemen dalam organisasi

PO - 2

Mahasiswa mampu mengenal manajemen modern dalam berorganisasi dan berbasis layanan yang bermutu

PO - 3

Mahasiswa mampu menampilkan kepemimpinan yang bertanggungjawab dalam pengelolaan organisasi

PO - 4

Mahasiswa mampu menampilkan nilai-nilai kepemimpinan dalam organisasi kerja

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-6PLO-15
PO-1  
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi adalah ilmu dan seni dalam mempengaruhi suatu perilaku dengan tujuan tertentu untuk mempengaruhi aktivitas para anggota kelompok dalam upaya mencapai tujuan bersama yang dirancang agar dapat memberikan manfaat kepada individu (anggota organisasi) dan organisasi serta ilmu dan seni dalam mengatur, mengendalikan, mengkomunikasikan dan memanfaatkan semua sumber daya yang ada dalam organisasi dengan memanfaatkan fungsi-fungsi manajemen (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) agar organisasi dapat mencapai tujuan secara efektif dan efesien

Pustaka

Utama :

  1. Etzioni, A. 1985. Organisasi-Organisasi Modern. Jakarta : UI Press.
  2. Hadari, N. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta : Gajah Mada University Press

Pendukung :

Dosen Pengampu

Aries Dwi Indriyanti, S.Kom., M.Kom.

Monica Cinthya, M.Kom.

Cendra Devayana Putra, S.Kom., M.IM.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Konsep dasar Kepemimpinan

  1. Memahami definisi dan konsep dasar kepemimpinan.
  2. Menjelaskan perbedaan antara kepemimpinan dan manajemen.
  3. Mengidentifikasi berbagai teori kepemimpinan (misalnya, Teori Sifat, Teori Perilaku, Teori
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Kepemimpinan


Bentuk Penilaian :
Tes
Diskusi
100 menit

Materi: Memahami definisi dan konsep dasar kepemimpinan.
Pustaka: Etzioni, A. 1985. Organisasi-Organisasi Modern. Jakarta : UI Press.
5%

2

Minggu ke 2

Konsep Manajemen organisasi

  1. Memahami definisi dan ruang lingkup manajemen organisasi.
  2. Menjelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut Henri Fayol (Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, dan Pengendalian).
  3. Mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar dalam manajemen organisasi.
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Kepemimpinan


Bentuk Penilaian :
Tes
Diskusi
100 menit

Materi: Konsep Manajemen organisasi
Pustaka: Etzioni, A. 1985. Organisasi-Organisasi Modern. Jakarta : UI Press.
5%

3

Minggu ke 3

Peran dan Strategi Pemimpin dalam organisasi Perencanaan Organisasi

  1. Menjelaskan strategi para pemimpin yang sukses
  2. Mengidentifikasi faktor yang membuat para pemimpin bisa sukses
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Kepemimpinan


Bentuk Penilaian :
Tes

100

Materi: Konsep Manajemen organisasi
Pustaka: Hadari, N. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta : Gajah Mada University Press
5%

4

Minggu ke 4

Perencanaan Organisasi

  1. menjelaskan berbagai teori organisasi yang mendasari perencanaan organisasi
  2. melakukan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk organisasi dan memahami faktor-faktor eksternal yang memengaruhi keputusan organisasi.
  3. merumuskan tujuan jangka pendek dan panjang organisasi serta menyusun strategi untuk mencapainya
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Kepemimpinan


Bentuk Penilaian :
Tes

100

Materi: Perencanaan Organisasi
Pustaka: Hadari, N. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta : Gajah Mada University Press
5%

5

Minggu ke 5

Dokumen Perencanaan dalam organisasi

  1. Menjelaskan alat bantu organisasi untuk merancang organisasi
  2. Dapat Menentukan alat bantu organisasi yang cocok untuk merancang organisasi
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Kepemimpinan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

100

Materi: Dokumen Perencanaan dalam organisasi
Pustaka: Etzioni, A. 1985. Organisasi-Organisasi Modern. Jakarta : UI Press.
10%

6

Minggu ke 6

Komunikasi Efektif dalam organisasi

  1. Memahami Importance of communication
  2. Memahami Communication Process
  3. Meningkatkan Communication in Organization
Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Tes

100

Materi: Komunikasi Efektif dalam organisasi
Pustaka: Etzioni, A. 1985. Organisasi-Organisasi Modern. Jakarta : UI Press.
10%

7

Minggu ke 7

Komunikasi Efektif dalam organisasi (2)

  1. Dapat menjelaskan komunikasi efektif
  2. dapat mempraktekan komunikasi efektif
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Kepemimpinan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes

100 menit

Materi: Komunikasi Efektif dalam organisasi
Pustaka: Etzioni, A. 1985. Organisasi-Organisasi Modern. Jakarta : UI Press.
5%

8

Minggu ke 8

Written and/or Practical Exam 2X50

Dapat menjelaskan materi Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Kepemimpinan


Bentuk Penilaian :
Tes
Written and/or Practical Exam 2X50
100 menit

Materi: Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi
Pustaka: Etzioni, A. 1985. Organisasi-Organisasi Modern. Jakarta : UI Press.

Materi: Pengelolaan Sumber daya organisasi
Pustaka: Etzioni, A. 1985. Organisasi-Organisasi Modern. Jakarta : UI Press.
3%

9

Minggu ke 9

Pengorganisasian kegiatan

Dapat Mengkoordinir Kegiatan

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Kepemimpinan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes

100 menit

Materi: Pengorganisasian kegiatan
Pustaka: Hadari, N. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta : Gajah Mada University Press
5%

10

Minggu ke 10

Pengelolaan Sumber daya organisasi

Dapat menjelaskan sumber daya organisasi

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Kepemimpinan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

100 menit

Materi: Pengelolaan Sumber daya organisasi
Pustaka: Etzioni, A. 1985. Organisasi-Organisasi Modern. Jakarta : UI Press.
10%

11

Minggu ke 11

Pengelolaan sumber daya manusia organisasi

Dapat menjelaskan pengelolaan sumber daya manusia di organisasi

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Kepemimpinan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes

100 menit

Materi: Pengelolaan sumber daya manusia organisasi
Pustaka: Etzioni, A. 1985. Organisasi-Organisasi Modern. Jakarta : UI Press.
6%

12

Minggu ke 12

Etika dan Nilai-nilai dalam Organisasi

Dapat menerapkan etika dan nilai-nilai organisasi

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Kepemimpinan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes

100 menit

Materi: Etika dan Nilai-nilai dalam Organisasi
Pustaka: Etzioni, A. 1985. Organisasi-Organisasi Modern. Jakarta : UI Press.
5%

13

Minggu ke 13

Konsep Layanan Prima

dapat menerapkan layanan prima organisasi

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Kepemimpinan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes

100 menit

Materi: Konsep Layanan Prima
Pustaka: Etzioni, A. 1985. Organisasi-Organisasi Modern. Jakarta : UI Press.
10%

14

Minggu ke 14

Quality Assurance (Penjaminan Mutu)

dapat memahami tugas/peran Penjamin Mutu Organisasi

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Kepemimpinan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes

100 menit

Materi: Quality Assurance
Pustaka: Hadari, N. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta : Gajah Mada University Press
5%

15

Minggu ke 15

Standar Operasional Prosedur (SOP)

Memahami pentingnya SOP untuk operasional Organisasi

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Kepemimpinan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes

100 menit

Materi: Standar Operasional Prosedur
Pustaka: Hadari, N. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta : Gajah Mada University Press
10%

16

Minggu ke 16

Final Examination

Dapat memahami Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Kepemimpinan


Bentuk Penilaian :
Tes

100 menit

Materi: Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi
Pustaka: Etzioni, A. 1985. Organisasi-Organisasi Modern. Jakarta : UI Press.
1%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 39.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 4.5%
3. Tes 56%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.