Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan IPS

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Geografi Regional Dunia

8420703106

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

2

1 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Ketut Prof. Dr. Ketut Prasetyo, M.S.Dr. Hendri Prastiyono, M.Pd.Dr. Durrotun Nafisah, S.pd., M.Pd




Prof. Ketut Prof. Dr. Ketut Prasetyo, M.S




Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal.

PLO-8

Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis perbedaan geografis antar wilayah di dunia berdasarkan faktor fisik dan manusia untuk memahami keragaman regional (C4)

PO - 2

Menciptakan model geografis yang mengintegrasikan data sosial, ekonomi, dan lingkungan untuk memprediksi perubahan regional (C6)

PO - 3

Menganalisis peran teknologi informasi dalam penyebaran dan pengelolaan data geografis untuk mendukung keputusan regional yang informasi (C4)

PO - 4

Mengevaluasi kebijakan regional dalam konteks globalisasi dan menilai efektivitasnya dalam mempertahankan identitas lokal (C5)

PO - 5

Menganalisis konflik dan kerjasama antar wilayah dengan mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan politik (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-5PLO-8
PO-1 
PO-2  
PO-3  
PO-4 
PO-5 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pada matakuliah ini proses pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dimana mahasiswa akan mencari tahu dan mengembangkan apa yang didapatkan mengenai kenampakan fisik dan sosial region, ekonomi, serta mampu menganalisis perbedaan dan permasalahan serta karakteristik masing-masing region dipermukaan bumi. Selain itu mahasiswa mampu memahami pola kerjasama antar region berdasarkan perbedaan karakteristik wilayah.

Pustaka

Utama :

  1. Bratamidjaja, Rachmat, 1990, Ensiklopedi Seri Geografi Indonesia, (ASIA, AMERIKA, EROPA, AFRIKA, AUSTRALIA-OSEANIA), PT Intermassa, Jakarta ----------------, 1990, ensiklopedi indonesia: seri geografi, AFRIKA, PT Intermasa, Jakarta ----------------, 1990, ensiklopedi indonesia: seri geografi, AMERIKA, PT Intermasa, Jakarta ----------------, 1990, ensiklopedi indonesia: seri geografi, ASIA, PT Intermasa, Jakarta ----------------, 1990, ensiklopedi indonesia: seri geografi, AUSTRALIA, PT Intermasa, Jakarta ----------------, ensiklopedi indonesia: seri geografi, EROPA, Jakarta ; PT Intermasa, 1990

Pendukung :

  1. Fadhillah. 2017. BENUA (LETAK, LUAS, IKLIM, GEOLOGI, RUPA BUMI, TATA AIR, TANAH, FLORA DAN FAUNA). Diunduh : http://fadhillah-xnd.blogspot.com/2017/09/benua-letak-luas-iklim- geologi-rupa.html. 25 November 2018. 19.09
  2. Harm J. De blij, 1970, Geography : Region and Concept, John Wiley & Sons, New York 149
  3. Jesse H. Wheeler, Jr. Et.al., 1960, Regional Geography of The World, Henry Holt and Co, New York
  4. Kuspriyanto, 1996, Geografi Regional Afrika, Unipress Unesa, Surabaya
  5. Sulistinah, Kuspriyanto, 2020, Geografi Regional Dunia, Unipress Unesa, Surabaya

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Ketut Prasetyo, M.S.

Dr. Hendri Prastiyono, M.Pd.

Dr. Durrotun Nafisah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengkaji konsep geografi regional dunia

  1. Mengkaji konsep geografi regional
  2. Mengkaji unsur-unsur regionalisasi
Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Luring dengan bentuk ceramah dan diskusi serta pemberian tugas
Pembelajaran luring dengan bentuk ceramah dan diskusi yang diakhiri pemberian tugas
Materi: Konsep Geografi Regional Dunia
Pustaka: Sulistinah, Kuspriyanto, 2020, Geografi Regional Dunia, Unipress Unesa, Surabaya
3%

2

Minggu ke 2

Menganalisis Realm Eropa Barat

  1. Menganalisis keadaan alam di Eropa Barat
  2. Menganalisis keadaan penduduk Eropa Barat
  3. Menganalisis bentuk-bentuk kegiatan ekonomi penduduk Eropa Barat

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Luring dengan bentuk ceramah dan diskusi serta pemberian tugas

Materi: Realm Eropa Barat
Pustaka: Sulistinah, Kuspriyanto, 2020, Geografi Regional Dunia, Unipress Unesa, Surabaya
3%

3

Minggu ke 3

Menganalisis realm Eropa Timur/RUSIA

  1. Menganalisis keadaan alam di eropa timur/ Rusia
  2. Menganalisis keadaan penduduk Eropa timur/ Rusia
  3. Menganalisis bentuk-bentuk kegiatan ekonomi penduduk timur/ Rusia

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring dengan bentuk diskusi serta pemberian tugas

Materi: Realm Eropa Timur/RUSIA
Pustaka: Sulistinah, Kuspriyanto, 2020, Geografi Regional Dunia, Unipress Unesa, Surabaya
4%

4

Minggu ke 4

Menganalisis realm Afrika Utara

  1. Menganalisis unsur-unsur dalam regionalisasi Benua Afrika
  2. Menganalisis keadaan penduduk, sumber alam dan kegiatan ekonomi penduduk Afrika Utara

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline dalam bentuk diskusi dan penugasa

Materi: Realm Afrika Utara
Pustaka: Sulistinah, Kuspriyanto, 2020, Geografi Regional Dunia, Unipress Unesa, Surabaya
4%

5

Minggu ke 5

  1. Menganalisis keadaan alam di Afrika Selatan
  2. Menganalisis keadaan penduduk di Afrika Selatan
  3. Menganalisis bentuk-bentuk kegiatan ekonomi penduduk Afrika Selatan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline diskusi dan penugasan

Materi: Realm Afrika Subsahara/Afrika Selatan
Pustaka: Sulistinah, Kuspriyanto, 2020, Geografi Regional Dunia, Unipress Unesa, Surabaya
3%

6

Minggu ke 6

Menganalisis realm Asia Barat

  1. Menganalisis keadaan alam di Asia Barat
  2. Menganalisis keadaan penduduk di Asia Barat
  3. Menganalisis bentuk-bentuk kegiatan ekonomi penduduk Asia Barat

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline diskusi dan tugas

Materi: Realm Asia Barat
Pustaka: Sulistinah, Kuspriyanto, 2020, Geografi Regional Dunia, Unipress Unesa, Surabaya
3%

7

Minggu ke 7

Menganalisis Relam Asia Selatan

  1. Menganalisis keadaan alam di Asia Selatan
  2. Menganalisis keadaan penduduk di Asia Selatan
  3. Menganalisis bentuk-bentuk kegiatan ekonomi penduduk Asia Selatan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline tugas dan diskusi

Materi: Relam Asia Selatan
Pustaka: Sulistinah, Kuspriyanto, 2020, Geografi Regional Dunia, Unipress Unesa, Surabaya
4%

8

Minggu ke 8

Ujuan Tengah Semester (UTS)

Ujian Tengah Semester (UTS)

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Tes
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline UTS

20%

9

Minggu ke 9

Menganalisis realm Asia Tenggara

  1. Menganalisis keadaan alam Benua Asia Tenggara
  2. Menjelaskan keadaan penduduk dan kegiatan ekonomi penduduk Asia Tenggara

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline diskusi dan penugasan

Materi: Realm Asia Tenggara
Pustaka: Sulistinah, Kuspriyanto, 2020, Geografi Regional Dunia, Unipress Unesa, Surabaya
4%

10

Minggu ke 10

Menganalisis realm Asia Timur

  1. Menganalisis keadaan alam benua Asia timur
  2. Menjelaskan keadaan penduduk dan kegiatan ekonomi penduduk Asia Timur

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline diskusi dan penugasan

Materi: Realm Asia Timur
Pustaka: Sulistinah, Kuspriyanto, 2020, Geografi Regional Dunia, Unipress Unesa, Surabaya
4%

11

Minggu ke 11

Menganalisis realm Amerika Utara

  1. Menganalisis keadaan alam benua amerika utara
  2. Menjelaskan keadaan penduduk dan kegiatan ekonomi penduduk Amerika Utara

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline diskusi dan penugasan

Materi: Realm Amerika Utara
Pustaka: Sulistinah, Kuspriyanto, 2020, Geografi Regional Dunia, Unipress Unesa, Surabaya
3%

12

Minggu ke 12

Menganalisis Relam Amerika Tengah

  1. Menganalisis keadaan alam Benua Amerika Tengah
  2. Menganalisis keadaan penduduk dan kegiatan ekonomi penduduk Amerika Tengah

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan Penugasan

Materi: Keadaan Alam Benua Amerika Tengah
Pustaka: Sulistinah, Kuspriyanto, 2020, Geografi Regional Dunia, Unipress Unesa, Surabaya
4%

13

Minggu ke 13

Menganalisis Realm Amerika Selatan

  1. Menganalisis keadaan alam Benua Amerika Selatan
  2. Mengalisis keadaan penduduk dan kegiatan ekonomi penduduk Amerika selatan
Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan penugasan

Materi: Realm Amerika Selatan
Pustaka: Sulistinah, Kuspriyanto, 2020, Geografi Regional Dunia, Unipress Unesa, Surabaya
4%

14

Minggu ke 14

Menganalisis Realm Australia

  1. Menganalisis keadaan alam benua Australia
  2. Menganalisis kegiatan ekonomi penduduk Australia
Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan Penugasan

Materi: Realm Benua Australia
Pustaka: Sulistinah, Kuspriyanto, 2020, Geografi Regional Dunia, Unipress Unesa, Surabaya
3%

15

Minggu ke 15

Menganalisis Realm Pasifik dan Oceania

  1. Menganalisis keadaan alam Pasifik dan Oceania
  2. Menganalisis kegiatan ekonomi penduduk Pasifik dan Oceania
Kriteria:

8


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan Penugasan

Materi: Realm Pasifik dan Oceania
Pustaka: Sulistinah, Kuspriyanto, 2020, Geografi Regional Dunia, Unipress Unesa, Surabaya
4%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Ujian Akhir Semester (UAS)


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Akhir Semester

Materi: Ujian Akhir Semester (UAS)
Pustaka: Sulistinah, Kuspriyanto, 2020, Geografi Regional Dunia, Unipress Unesa, Surabaya
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 4%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 43.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 2.5%
4. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.