Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analis Data Kualitatif

6720102030

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

4

25 September 2022

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Mubarok




.......................................




Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, etika akademik serta kepedulian terhadap kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (CPL Asosiasi)

PLO-7

Mampu menganalisis fenomena politik dan isu-isu kontemporer. (CPL Asosiasi)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menganalisa dan mensintesa dalam melakukan investigasi peristiwa politik.

PO - 2

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengorganisasi data kualitatif dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi

PO - 3

Mahasiswa mampu menyusun temuan-temuan hasil analisis data kualitatif dalam bentuk laporan penelitian atau artikel ilmiah

PO - 4

Mahasiswa mampu melakukan refleksi kritis terhadap validitas, reliabilitas, dan etika dalam proses analisis data kualitatif

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bermanfaat bagi mahasiswa agar dapat menyusun proposal dan hasil laporan penelitian kualitatif.

Pustaka

Utama :

  1. 1.Moleong,Lexy J.2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya
  2. 2. Irawan Prasetya, 2006. Penelitian Kualtatif dan Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial.Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi
  3. 3. Suyanto, B dan Sutinah. 2005 Metode Penelitian Sosial Berbagi Alternati Pendekatan.Jakarta:Prenamedia Group
  4. 4. Giddens. A. 2010 Metode Sosiologi Kaidah-kaidah baru. Jakarta: Pustaka Pelajar
  5. 5. Denzin,NK & Lincoln, Yvonna S.2011. The Sage Handbook of Qualitatative Research. California:Sage Publicatiom
  6. 6. Neuwman, Social Research Methods. Boston: Allyn and Bacon

Pendukung :

  1. 1. Jurnal Artikel
  2. 2. Rangkuman Mahasiswa
  3. 3. Slide Power Point

Dosen Pengampu

Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Dr. Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganilisis silabus singkat, rencana, penugasan, dan kontrak perkuliahan

  1. Mahasiswa mampu menganalisis rencana perkuliahan
  2. Mahasiswa mampu merespon dengan baik terkait kontrak kuliah dan oenugasan yang akan diberikan
Kriteria:
  1. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
  2. Menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
270 menit

Materi: Silabus singkat, rencana penugasan
Pustaka:

Materi: Kontrak perkuliahan
Pustaka:
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menganalisis tentang paradigma posivistik dan interpretatif

Ketepatan mahasiswa menganalisis tentang paradigma posivistik dan interpretatif

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Tes
Case study
270 menit

Materi: -
Pustaka: 4. Giddens. A. 2010 Metode Sosiologi Kaidah-kaidah baru. Jakarta: Pustaka Pelajar
7%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif

Ketepatan mahasiswa menganalisis perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Tes
Case study
270 menit

Materi: -
Pustaka: 6. Neuwman, Social Research Methods. Boston: Allyn and Bacon
7%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis makna kebenaran dalam penelitian kualitatif

Ketepatan mahasiswa menganalisis tentang makna kebenaran dalam penelitian kualitatif

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case study
270 menit

Materi: -
Pustaka: 5. Denzin,NK & Lincoln, Yvonna S.2011. The Sage Handbook of Qualitatative Research. California:Sage Publicatiom
7%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisis ciri utama penelitian kualitatif

Ketepatan mahasiswa menganalisis sosialisasi dan pembentukan kepribadian

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
270 menit

Materi: -
Pustaka: 1.Moleong,Lexy J.2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya
7%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menyusun proses penelitian kualitatif

Ketepatan mahasiswa menyusun proses penelitian kualitatif

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Berbasiskan project
270 menit

Materi: -
Pustaka: 2. Irawan Prasetya, 2006. Penelitian Kualtatif dan Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial.Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi
7%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menyusun Dasar-dasar teori kualitatif

Ketepatan mahasiswa menyusun dasar-dasar teori kualitatif

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Berbasiskan project
270 menit

Materi: -
Pustaka: 5. Denzin,NK & Lincoln, Yvonna S.2011. The Sage Handbook of Qualitatative Research. California:Sage Publicatiom
7%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa menguasai materi uts

Uts

Kriteria:

Uts


Bentuk Penilaian :
Tes
offline
270 menit

Materi: -
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menyusun metode-metode dalam penelitian kualitatif

Ketepatan mahasiswa menyusun metode-metode dalam penelitian kualitatif

Kriteria:
  1. Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Tes
Berbasiskan project
270 menit

Materi: -
Pustaka: 1.Moleong,Lexy J.2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya
7%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menyusun rumusan masalah dalam penelitian kualitatif

Ketepatan mahasiswa menyusun dalam penelitian kualitatif

Kriteria:
  1. Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Berbasiskan project
270 menit

Materi: -
Pustaka: 2. Irawan Prasetya, 2006. Penelitian Kualtatif dan Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial.Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi
7%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menyusun instrumen penelitian

Ketepatan mahasiswa menyusun instrumen penelitian

Kriteria:
  1. Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Berbasiskan project dan diskusi tanya jawab
270 menit

Materi: -
Pustaka: 2. Irawan Prasetya, 2006. Penelitian Kualtatif dan Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial.Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi
0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menyusun pertanyaan dalam penelitian kualitatif

Ketepatan mahasiswa menyusun pertanyaan dalam penelitian kualitatif

Kriteria:
  1. Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Berbasiskan project
270 menit

Materi: -
Pustaka: 3. Suyanto, B dan Sutinah. 2005 Metode Penelitian Sosial Berbagi Alternati Pendekatan.Jakarta:Prenamedia Group
0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menyusun teknik wawancara dalam penelitian kualitatif

Mahasiswa mampu menyusun teknik wawancara dalam penelitian kualitatif

Kriteria:
  1. kemampuan dalam mengamati dan menganalisis program pemberdayaan masyarakat
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
berbasiskan project
270 menit

Materi: -
Pustaka: 3. Suyanto, B dan Sutinah. 2005 Metode Penelitian Sosial Berbagi Alternati Pendekatan.Jakarta:Prenamedia Group
0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menyusun analisis Data dalam Penelitian Kualitatif

Ketepatan mahasiswa menyusun analisis data dalam penelitian kualitatif

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mahasiswa mapu menyusun analisis data dalam penelitian kualitatif
270 menit

Materi: -
Pustaka: 2. Irawan Prasetya, 2006. Penelitian Kualtatif dan Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial.Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi
7%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menyusun kesimpulan dalam penelitian kualitatif

Ketepatan mahasiswa menyusun kesimpulan dalam penelitian kualitatif

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Berbasiskan project
270 menit

Materi: -
Pustaka: 2. Irawan Prasetya, 2006. Penelitian Kualtatif dan Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial.Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi
7%

16

Minggu ke 16

UAS.

Uas

Kriteria:

Uas


Bentuk Penilaian :
Tes
offline
270 menit

Materi: -
Pustaka:
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 45.5%
2. Tes 54.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.