
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analis Data Kualitatif |
6720102030 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
4 |
25 September 2022 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Mubarok
|
.......................................
|
Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, etika akademik serta kepedulian terhadap kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (CPL Asosiasi) |
PLO-7 |
Mampu menganalisis fenomena politik dan isu-isu kontemporer. (CPL Asosiasi) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menganalisa dan mensintesa dalam melakukan investigasi peristiwa politik.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengorganisasi data kualitatif dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menyusun temuan-temuan hasil analisis data kualitatif dalam bentuk laporan penelitian atau artikel ilmiah
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu melakukan refleksi kritis terhadap validitas, reliabilitas, dan etika dalam proses analisis data kualitatif
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | ✔ | | | | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini bermanfaat bagi mahasiswa agar dapat menyusun proposal dan hasil laporan penelitian kualitatif. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1.Moleong,Lexy J.2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya
- 2. Irawan Prasetya, 2006. Penelitian Kualtatif dan Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial.Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi
- 3. Suyanto, B dan Sutinah. 2005 Metode Penelitian Sosial Berbagi Alternati Pendekatan.Jakarta:Prenamedia Group
- 4. Giddens. A. 2010 Metode Sosiologi Kaidah-kaidah baru. Jakarta: Pustaka Pelajar
- 5. Denzin,NK & Lincoln, Yvonna S.2011. The Sage Handbook of Qualitatative Research. California:Sage Publicatiom
- 6. Neuwman, Social Research Methods. Boston: Allyn and Bacon
|
Pendukung : |
|
- 1. Jurnal Artikel
- 2. Rangkuman Mahasiswa
- 3. Slide Power Point
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP. Dr. Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menganilisis silabus singkat, rencana, penugasan, dan kontrak perkuliahan |
- Mahasiswa mampu menganalisis rencana perkuliahan
- Mahasiswa mampu merespon dengan baik terkait kontrak kuliah dan oenugasan yang akan diberikan
|
Kriteria:
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
- Menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 270 menit |
|
Materi: Silabus singkat, rencana penugasan Pustaka: Materi: Kontrak perkuliahan Pustaka: |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis tentang paradigma posivistik dan interpretatif |
Ketepatan mahasiswa menganalisis tentang paradigma posivistik dan interpretatif |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Tes |
Case study 270 menit |
|
Materi: - Pustaka: 4. Giddens. A. 2010 Metode Sosiologi Kaidah-kaidah baru. Jakarta: Pustaka Pelajar |
7% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif |
Ketepatan mahasiswa menganalisis perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Tes |
Case study 270 menit |
|
Materi: - Pustaka: 6. Neuwman, Social Research Methods. Boston: Allyn and Bacon |
7% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis makna kebenaran dalam penelitian kualitatif |
Ketepatan mahasiswa menganalisis tentang makna kebenaran dalam penelitian kualitatif |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case study 270 menit |
|
Materi: - Pustaka: 5. Denzin,NK & Lincoln, Yvonna S.2011. The Sage Handbook of Qualitatative Research. California:Sage Publicatiom |
7% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis ciri utama penelitian kualitatif |
Ketepatan mahasiswa menganalisis sosialisasi dan pembentukan kepribadian |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 270 menit |
|
Materi: - Pustaka: 1.Moleong,Lexy J.2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya |
7% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menyusun proses penelitian kualitatif |
Ketepatan mahasiswa menyusun proses penelitian kualitatif |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Berbasiskan project 270 menit |
|
Materi: - Pustaka: 2. Irawan Prasetya, 2006. Penelitian Kualtatif dan Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial.Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi |
7% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menyusun Dasar-dasar teori kualitatif |
Ketepatan mahasiswa menyusun dasar-dasar teori kualitatif |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Berbasiskan project 270 menit |
|
Materi: - Pustaka: 5. Denzin,NK & Lincoln, Yvonna S.2011. The Sage Handbook of Qualitatative Research. California:Sage Publicatiom |
7% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa menguasai materi uts |
Uts |
Kriteria:
Uts Bentuk Penilaian : Tes |
offline 270 menit |
|
Materi: - Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menyusun metode-metode dalam penelitian kualitatif |
Ketepatan mahasiswa menyusun metode-metode dalam penelitian kualitatif |
Kriteria:
- Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Tes |
Berbasiskan project 270 menit |
|
Materi: - Pustaka: 1.Moleong,Lexy J.2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menyusun rumusan masalah dalam penelitian kualitatif |
Ketepatan mahasiswa menyusun dalam penelitian kualitatif |
Kriteria:
- Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Berbasiskan project 270 menit |
|
Materi: - Pustaka: 2. Irawan Prasetya, 2006. Penelitian Kualtatif dan Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial.Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menyusun instrumen penelitian |
Ketepatan mahasiswa menyusun instrumen penelitian |
Kriteria:
- Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Berbasiskan project dan diskusi tanya jawab 270 menit |
|
Materi: - Pustaka: 2. Irawan Prasetya, 2006. Penelitian Kualtatif dan Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial.Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menyusun pertanyaan dalam penelitian kualitatif |
Ketepatan mahasiswa menyusun pertanyaan dalam penelitian kualitatif |
Kriteria:
- Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Berbasiskan project 270 menit |
|
Materi: - Pustaka: 3. Suyanto, B dan Sutinah. 2005 Metode Penelitian Sosial Berbagi Alternati Pendekatan.Jakarta:Prenamedia Group |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menyusun teknik wawancara dalam penelitian kualitatif |
Mahasiswa mampu menyusun teknik wawancara dalam penelitian kualitatif |
Kriteria:
- kemampuan dalam mengamati dan menganalisis program pemberdayaan masyarakat
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
berbasiskan project 270 menit |
|
Materi: - Pustaka: 3. Suyanto, B dan Sutinah. 2005 Metode Penelitian Sosial Berbagi Alternati Pendekatan.Jakarta:Prenamedia Group |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menyusun analisis Data dalam Penelitian Kualitatif |
Ketepatan mahasiswa menyusun analisis data dalam penelitian kualitatif |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa mapu menyusun analisis data dalam penelitian kualitatif 270 menit |
|
Materi: - Pustaka: 2. Irawan Prasetya, 2006. Penelitian Kualtatif dan Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial.Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menyusun kesimpulan dalam penelitian kualitatif |
Ketepatan mahasiswa menyusun kesimpulan dalam penelitian kualitatif |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Berbasiskan project 270 menit |
|
Materi: - Pustaka: 2. Irawan Prasetya, 2006. Penelitian Kualtatif dan Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial.Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi |
7% |
16
Minggu ke 16 |
UAS. |
Uas |
Kriteria:
Uas Bentuk Penilaian : Tes |
offline 270 menit |
|
Materi: - Pustaka: |
20% |