
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
PEDAGOGI PENDIDIKAN JASMANI |
8500102012 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
1 |
1 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
TIM MBKM
|
TIM MBKM
|
HERYANTO NUR MUHAMMAD |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional. |
PLO-6 |
Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif. |
PLO-9 |
Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam Pendidikan Jasmani pada forum akademik dan public. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi dan berkolaborasi.
|
PO - 2 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.
|
PO - 3 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.
|
PO - 4 |
Mampu merancang dan mengembangkan strategi pembelajaran pendidikan jasmani yang inovatif dan berbasis penelitian untuk berbagai konteks pendidikan.
|
PO - 5 |
Mampu melakukan evaluasi kritis terhadap efektivitas strategi pembelajaran pendidikan jasmani berdasarkan data empiris
|
PO - 6 |
Mampu mempresentasikan hasil penelitian dan pengembangan strategi pembelajaran pendidikan jasmani secara efektif dalam forum akademik.
|
PO - 7 |
Mampu melakukan refleksi kritis terhadap praktik pedagogi pendidikan jasmani dan mengembangkan solusi inovatif untuk peningkatan mutu pembelajaran.
|
PO - 8 |
UTS
|
PO - 9 |
Mampu menyusun dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian dan pengembangan pedagogi pendidikan jasmani sesuai standar jurnal nasional dan internasional.
|
PO - 10 |
Mampu merancang dan mengelola program pelatihan dan pengembangan profesional bagi pendidik jasmani berbasis pendekatan pedagogi terkini.
|
PO - 11 |
Mampu mengembangkan dan menerapkan kebijakan pendidikan jasmani yang berbasis pedagogi ilmiah dan hasil riset terkini.
|
PO - 12 |
Mampu mengembangkan jejaring dan kolaborasi riset serta praktik pedagogi pendidikan jasmani pada tingkat nasional dan internasional.
|
PO - 13 |
UAS
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-9 | | PO-1 | ✔ | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | PO-3 | | | | ✔ | | | PO-4 | | | | | ✔ | | PO-5 | | | ✔ | | | | PO-6 | ✔ | | | | | | PO-7 | | ✔ | | | | | PO-8 | | | | ✔ | | | PO-9 | | | | ✔ | | | PO-10 | | | | ✔ | | | PO-11 | | | | | ✔ | | PO-12 | | ✔ | | | | | PO-13 | | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | | | ✔ | | PO-4 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | ✔ | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-7 | | | | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pedagogi Pendidikan Jasmani pada jenjang S3 merupakan kajian mendalam tentang teori, penelitian, dan praktik terdepan dalam pengajaran pendidikan jasmani. Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi inovasi pedagogis berbasis evidence-based, serta berkontribusi pada pengembangan Pendidikan Jasmanil. Ruang lingkup mencakup analisis kritis paradigma pedagogis kontemporer, teknologi pendidikan dalam konteks jasmani, desain kurikulum berbasis kompetensi abad 21, assessment holistik, serta isu-isu global seperti inklusi, diversitas budaya, dan kebijakan pendidikan jasmani. Mahasiswa akan terlibat dalam diskusi filosofis, sintesis literatur mutakhir, dan pengembangan model pedagogis yang responsif terhadap tantangan pendidikan masa depan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge.
- Hellison, D. R. (2011). Teaching Personal and Social Responsibility Through Physical Activity (3rd Edition). Human Kinetics.
- Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications.
- Kirk, D., Macdonald, D., & O’Sullivan, M. (Eds.). (2006). The Handbook of Physical Education. Sage Publications.
|
Pendukung : |
|
- Journal of Teaching in Physical Education (JTPE)
- Physical Education and Sport Pedagogy Journal
|
Dosen Pengampu
|
NURHASAN HERYANTO NUR MUHAMMAD MUCHAMAD ARIF AL ARDHA Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D. Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D. Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd. Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif |
Luring 3x50menit |
|
Materi: pedagogi Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50menit |
|
Materi: pedagogi Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications. Materi: kaidah ilmiah pedagogi Pustaka: Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50menit |
|
Materi: pedagogi Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications. Materi: kaidah ilmiah pedagogi Pustaka: Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50menit |
|
Materi: pedagogi Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications. Materi: kaidah ilmiah pedagogi Pustaka: Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu merancang dan mengembangkan strategi pembelajaran pendidikan jasmani yang inovatif dan berbasis penelitian untuk berbagai konteks pendidikan. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50menit |
|
Materi: pedagogi Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications. Materi: kaidah ilmiah pedagogi Pustaka: Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu melakukan evaluasi kritis terhadap efektivitas strategi pembelajaran pendidikan jasmani berdasarkan data empiris |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50menit |
|
Materi: pedagogi Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications. Materi: kaidah ilmiah pedagogi Pustaka: Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mempresentasikan hasil penelitian dan pengembangan strategi pembelajaran pendidikan jasmani secara efektif dalam forum akademik |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50menit |
|
Materi: pedagogi Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications. Materi: kaidah ilmiah pedagogi Pustaka: Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge. Materi: strategi pembelajaran efektif Pustaka: Hellison, D. R. (2011). Teaching Personal and Social Responsibility Through Physical Activity (3rd Edition). Human Kinetics. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu melakukan refleksi kritis terhadap praktik pedagogi pendidikan jasmani dan mengembangkan solusi inovatif untuk peningkatan mutu pembelajaran. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50menit |
|
Materi: pedagogi Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications. Materi: kaidah ilmiah pedagogi Pustaka: Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge. Materi: strategi pembelajaran efektif Pustaka: Hellison, D. R. (2011). Teaching Personal and Social Responsibility Through Physical Activity (3rd Edition). Human Kinetics. |
3% |
9
Minggu ke 9 |
UTS |
|
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Luring 3x50menit |
|
Materi: pedagogi Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications. Materi: kaidah ilmiah pedagogi Pustaka: Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge. Materi: strategi pembelajaran efektif Pustaka: Hellison, D. R. (2011). Teaching Personal and Social Responsibility Through Physical Activity (3rd Edition). Human Kinetics. |
15% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menyusun dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian dan pengembangan pedagogi pendidikan jasmani sesuai standar jurnal nasional dan internasional. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: publikasu artikel ilmiah Pustaka: Kirk, D., Macdonald, D., & O’Sullivan, M. (Eds.). (2006). The Handbook of Physical Education. Sage Publications. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menyusun dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian dan pengembangan pedagogi pendidikan jasmani sesuai standar jurnal nasional dan internasional. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: publikasu artikel ilmiah Pustaka: Kirk, D., Macdonald, D., & O’Sullivan, M. (Eds.). (2006). The Handbook of Physical Education. Sage Publications. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menyusun dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian dan pengembangan pedagogi pendidikan jasmani sesuai standar jurnal nasional dan internasional. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 100menit |
|
Materi: publikasu artikel ilmiah Pustaka: Kirk, D., Macdonald, D., & O’Sullivan, M. (Eds.). (2006). The Handbook of Physical Education. Sage Publications. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menyusun dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian dan pengembangan pedagogi pendidikan jasmani sesuai standar jurnal nasional dan internasional. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 100menit |
|
Materi: publikasu artikel ilmiah Pustaka: Kirk, D., Macdonald, D., & O’Sullivan, M. (Eds.). (2006). The Handbook of Physical Education. Sage Publications. |
3% |
14
Minggu ke 14 |
UAS |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Luring 100menit |
|
Materi: publikasu artikel ilmiah Pustaka: Kirk, D., Macdonald, D., & O’Sullivan, M. (Eds.). (2006). The Handbook of Physical Education. Sage Publications. |
50% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |