Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PEDAGOGI PENDIDIKAN JASMANI

8500102012

T=2

P=0

ECTS=5.04

1

1 November 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




HERYANTO NUR MUHAMMAD

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.

PLO-6

Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.

PLO-9

Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam Pendidikan Jasmani pada forum akademik dan public.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi dan berkolaborasi.

PO - 2

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.

PO - 3

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

PO - 4

Mampu merancang dan mengembangkan strategi pembelajaran pendidikan jasmani yang inovatif dan berbasis penelitian untuk berbagai konteks pendidikan.

PO - 5

Mampu melakukan evaluasi kritis terhadap efektivitas strategi pembelajaran pendidikan jasmani berdasarkan data empiris

PO - 6

Mampu mempresentasikan hasil penelitian dan pengembangan strategi pembelajaran pendidikan jasmani secara efektif dalam forum akademik.

PO - 7

Mampu melakukan refleksi kritis terhadap praktik pedagogi pendidikan jasmani dan mengembangkan solusi inovatif untuk peningkatan mutu pembelajaran.

PO - 8

UTS

PO - 9

Mampu menyusun dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian dan pengembangan pedagogi pendidikan jasmani sesuai standar jurnal nasional dan internasional.

PO - 10

Mampu merancang dan mengelola program pelatihan dan pengembangan profesional bagi pendidik jasmani berbasis pendekatan pedagogi terkini.

PO - 11

Mampu mengembangkan dan menerapkan kebijakan pendidikan jasmani yang berbasis pedagogi ilmiah dan hasil riset terkini.

PO - 12

Mampu mengembangkan jejaring dan kolaborasi riset serta praktik pedagogi pendidikan jasmani pada tingkat nasional dan internasional.

PO - 13

UAS

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-9
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    
PO-6    
PO-7    
PO-8    
PO-9    
PO-10    
PO-11    
PO-12    
PO-13    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pedagogi Pendidikan Jasmani pada jenjang S3 merupakan kajian mendalam tentang teori, penelitian, dan praktik terdepan dalam pengajaran pendidikan jasmani. Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi inovasi pedagogis berbasis evidence-based, serta berkontribusi pada pengembangan Pendidikan Jasmanil. Ruang lingkup mencakup analisis kritis paradigma pedagogis kontemporer, teknologi pendidikan dalam konteks jasmani, desain kurikulum berbasis kompetensi abad 21, assessment holistik, serta isu-isu global seperti inklusi, diversitas budaya, dan kebijakan pendidikan jasmani. Mahasiswa akan terlibat dalam diskusi filosofis, sintesis literatur mutakhir, dan pengembangan model pedagogis yang responsif terhadap tantangan pendidikan masa depan.

Pustaka

Utama :

  1. Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge.
  2. Hellison, D. R. (2011). Teaching Personal and Social Responsibility Through Physical Activity (3rd Edition). Human Kinetics.
  3. Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications.
  4. Kirk, D., Macdonald, D., & O’Sullivan, M. (Eds.). (2006). The Handbook of Physical Education. Sage Publications.

Pendukung :

  1. Journal of Teaching in Physical Education (JTPE)
  2. Physical Education and Sport Pedagogy Journal

Dosen Pengampu

NURHASAN

HERYANTO NUR MUHAMMAD

MUCHAMAD ARIF AL ARDHA

Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D.

Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D.

Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.

Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif

Luring
3x50menit

Materi: pedagogi
Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications.
3%

2

Minggu ke 2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50menit

Materi: pedagogi
Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications.

Materi: kaidah ilmiah pedagogi
Pustaka: Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge.
3%

3

Minggu ke 3

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50menit

Materi: pedagogi
Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications.

Materi: kaidah ilmiah pedagogi
Pustaka: Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge.
3%

4

Minggu ke 4

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50menit

Materi: pedagogi
Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications.

Materi: kaidah ilmiah pedagogi
Pustaka: Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge.
3%

5

Minggu ke 5

Mampu merancang dan mengembangkan strategi pembelajaran pendidikan jasmani yang inovatif dan berbasis penelitian untuk berbagai konteks pendidikan.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50menit

Materi: pedagogi
Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications.

Materi: kaidah ilmiah pedagogi
Pustaka: Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge.
3%

6

Minggu ke 6

Mampu melakukan evaluasi kritis terhadap efektivitas strategi pembelajaran pendidikan jasmani berdasarkan data empiris

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50menit

Materi: pedagogi
Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications.

Materi: kaidah ilmiah pedagogi
Pustaka: Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge.
3%

7

Minggu ke 7

Mampu mempresentasikan hasil penelitian dan pengembangan strategi pembelajaran pendidikan jasmani secara efektif dalam forum akademik

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50menit

Materi: pedagogi
Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications.

Materi: kaidah ilmiah pedagogi
Pustaka: Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge.

Materi: strategi pembelajaran efektif
Pustaka: Hellison, D. R. (2011). Teaching Personal and Social Responsibility Through Physical Activity (3rd Edition). Human Kinetics.
3%

8

Minggu ke 8

Mampu melakukan refleksi kritis terhadap praktik pedagogi pendidikan jasmani dan mengembangkan solusi inovatif untuk peningkatan mutu pembelajaran.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50menit

Materi: pedagogi
Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications.

Materi: kaidah ilmiah pedagogi
Pustaka: Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge.

Materi: strategi pembelajaran efektif
Pustaka: Hellison, D. R. (2011). Teaching Personal and Social Responsibility Through Physical Activity (3rd Edition). Human Kinetics.
3%

9

Minggu ke 9

UTS

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Luring
3x50menit

Materi: pedagogi
Pustaka: Penney, D., & Jess, M. (Eds.). (2004). Physical Education and Sport Pedagogy. Sage Publications.

Materi: kaidah ilmiah pedagogi
Pustaka: Metzler, M. W. (2011). Instructional Models for Physical Education (3rd Edition). Routledge.

Materi: strategi pembelajaran efektif
Pustaka: Hellison, D. R. (2011). Teaching Personal and Social Responsibility Through Physical Activity (3rd Edition). Human Kinetics.
15%

10

Minggu ke 10

Mampu menyusun dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian dan pengembangan pedagogi pendidikan jasmani sesuai standar jurnal nasional dan internasional.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: publikasu artikel ilmiah
Pustaka: Kirk, D., Macdonald, D., & O’Sullivan, M. (Eds.). (2006). The Handbook of Physical Education. Sage Publications.
3%

11

Minggu ke 11

Mampu menyusun dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian dan pengembangan pedagogi pendidikan jasmani sesuai standar jurnal nasional dan internasional.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: publikasu artikel ilmiah
Pustaka: Kirk, D., Macdonald, D., & O’Sullivan, M. (Eds.). (2006). The Handbook of Physical Education. Sage Publications.
3%

12

Minggu ke 12

Mampu menyusun dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian dan pengembangan pedagogi pendidikan jasmani sesuai standar jurnal nasional dan internasional.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
100menit

Materi: publikasu artikel ilmiah
Pustaka: Kirk, D., Macdonald, D., & O’Sullivan, M. (Eds.). (2006). The Handbook of Physical Education. Sage Publications.
3%

13

Minggu ke 13

Mampu menyusun dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian dan pengembangan pedagogi pendidikan jasmani sesuai standar jurnal nasional dan internasional.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
100menit

Materi: publikasu artikel ilmiah
Pustaka: Kirk, D., Macdonald, D., & O’Sullivan, M. (Eds.). (2006). The Handbook of Physical Education. Sage Publications.
3%

14

Minggu ke 14

UAS

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Luring
100menit

Materi: publikasu artikel ilmiah
Pustaka: Kirk, D., Macdonald, D., & O’Sullivan, M. (Eds.). (2006). The Handbook of Physical Education. Sage Publications.
50%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 45%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 18%
3. Penilaian Praktikum 10%
4. Praktik / Unjuk Kerja 10%
5. Tes 15%
98%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.