
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sains Lingkungan |
8420803201 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
23 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Dyah Astriani, S.Pd., M.Pd., Dr. An Nuril MF, S.Pd., M.Pd., Dra. Martini, M.Pd., dan Enny Susiyawati, Ph.D.
|
Dr. Dyah Astriani, S.Pd., M.Pd.
|
ERMAN |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan sains terintegrasi |
PLO-10 |
Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen/penyelidikan dalam pembelajaran sains terintegrasi untuk menjelaskan kasus dan isu sains dan memecahkan masalah, , dan menginterpretasi data |
PLO-11 |
Mampu mengkomunikasikan ide, gagasan, dan hasil observasi/eksperimen/penyelidikan secara efektif, baik lisan maupun tulisan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
menjelaskan konsep-konsep dasar sains lingkungan secara interdisipliner
|
PO - 2 |
merancang dan melaksanakan eksperimen/penyelidikan terkait isu lingkungan serta menganalisis hasilnya
|
PO - 3 |
mengkomunikasikan gagasan, hasil kajian, dan rekomendasi solusi terhadap permasalahan lingkungan secara efektif dalam bentuk lisan maupun tulisan
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-6 | PLO-10 | PLO-11 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas keterkaitan konsep dasar sains (fisika, kimia, biologi) dengan isu-isu lingkungan seperti ekosistem, pencemaran, perubahan iklim, dan energi berkelanjutan. Mahasiswa tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga melaksanakan penyelidikan dan proyek berbasis isu lingkungan untuk melatih keterampilan merancang eksperimen, menganalisis data, serta mengkomunikasikan solusi secara ilmiah. Mata kuliah ini mendukung capaian pembelajaran lulusan terkait penguasaan sains terintegrasi, kemampuan penyelidikan, dan komunikasi ilmiah. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Miller, G.T. & Spoolman, S. (2021). Environmental Science. Cengage Learning.
- Cunningham, W.P. & Cunningham, M.A. (2017). Principles of Environmental Science. McGraw-Hill.
- Odum, E.P. (2014). Fundamentals of Ecology. Cengage.
|
Pendukung : |
|
- Artikel ilmiah dan laporan terkini terkait isu lingkungan.
- United Nations. (2020). The Sustainable Development Goals Report 2020. United Nations.
- UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. UNESCO Publishing.
|
Dosen Pengampu
|
DYAH ASTRIANI AHMAD QOSYIM ENNY SUSIYAWATI DHITA AYU PERMATA SARI ARIS RUDI PURNOMO WAHYU BUDI SABTIAWAN SAPTI PUSPITARINI FIKKY DIAN ROQOBIH Enny Susiyawati, S.Si., M.Sc., M.Pd., Ph.D. Enny Susiyawati, S.Si., M.Sc., M.Pd., Ph.D. Dhita Ayu Permata Sari, S.Pd., M.Pd. Dhita Ayu Permata Sari, S.Pd., M.Pd. Wahyu Budi Sabtiawan, S.Si., M.Pd., M.Sc. Wahyu Budi Sabtiawan, S.Si., M.Pd., M.Sc. Dr. Sapti Puspitarini, S.Si., M.Si. Dr. Sapti Puspitarini, S.Si., M.Si. Aris Rudi Purnomo, S.Si., M.Pd., M.Sc. Aris Rudi Purnomo, S.Si., M.Pd., M.Sc. Dr. Dyah Astriani, S.Pd., M.Pd. Dr. Dyah Astriani, S.Pd., M.Pd. Ahmad Qosyim, S.Si., M.Pd. Ahmad Qosyim, S.Si., M.Pd. Fikky Dian Roqobih, S.Pd., M.Pd. Fikky Dian Roqobih, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan ruang lingkup dan urgensi sains lingkungan |
- Ketepatan menjelaskan ruang lingkup sains lingkungan
- Ketepatan menjelaskan urgensi sains lingkungan
- Keaktivan dalam diskusi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif, diskusi kelas 3 x 50‘ |
Video pengantar, forum diskusi 3 x 2 x 60‘ |
Materi: Pengantar Sains Lingkungan Pustaka: Cunningham, W.P. & Cunningham, M.A. (2017). Principles of Environmental Science. McGraw-Hill. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentifikasi komponen lingkungan dan interaksinya |
- Ketepatan mengidentifikasi komponen ekosistem dan interaksinya
- Ketepatan menganalisis interaksi dalam ekosistem
|
Kriteria:
Pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Tes |
Diskusi dan presentasi mind mapping ekosistem 3 x 50‘ |
Pembuatan mind mapping, kuis online, forum refleksi 3 x 2 x 60‘ |
Materi: Ekosistem & interaksi Pustaka: Odum, E.P. (2014). Fundamentals of Ecology. Cengage. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan pencemaran lingkungan dan dampaknya |
- Ketepatan menganalisis jenis pencemaran lingkungan
- Ketepatan menganalisis penyebab pencemaran lingkungan
- Ketepatan menganalisis dampak pencemaran lingkungan
- Ketepatan menentukan solusi untuk pencemaran lingkungan
|
Kriteria:
Rubrik penilaian laporan studi kasus Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus pencemaran 3 x 50‘ |
Diskusi daring berbasis kasus, Tugas analisis kasus 3 x 2 x 60‘ |
Materi: Pencemaran lingkungan Pustaka: Miller, G.T. & Spoolman, S. (2021). Environmental Science. Cengage Learning. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis isu perubahan iklim dan keanekaragaman hayati |
- Ketepatan menganalisis penyebab kasus perubahan iklim dan keanekaragaman hayati
- Ketepatan menganalisis dampak kasus perubahan iklim dan keanekaragaman hayati
- Ketepatan menganalisis dampak kasus perubahan iklim dan keanekaragaman hayati
- Ketepatan menentukan solusi kasus perubahan iklim dan keanekaragaman hayati
|
Kriteria:
Rubrik penilaian laporan studi kasus Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Studi kasus perubahan iklim dan dan keanekaragaman hayati 3 x 50‘ |
Diskusi daring berbasis kasus, Tugas analisis kasus 3 x 2 x 60‘ |
Materi: Dampak pencemaran Pustaka: Miller, G.T. & Spoolman, S. (2021). Environmental Science. Cengage Learning. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Menghungkan konsep pembangunan berkelanjutan dengan sains lingkungan |
- Ketepatan menentukan tujuan pembagunan berkelanjutan yang sesuai dengan sains lingkungan
- Ketepatan menjabarkan kaitan tujuan pembagunan berkelanjutan yang sesuai dengan sains lingkungan
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan Diskusi 3 x 50‘ |
Review artikel online, pembuatan PPT presentasi 3 x 2 x 60‘ |
Materi: Sustainable development goals Pustaka: United Nations. (2020). The Sustainable Development Goals Report 2020. United Nations. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Merancang penyelidikan sederhana terkait kualitas lingkungan |
Ketepatan merancang penyelidikan terkait kualitas lingkungan |
|
Inquiry-based learning 3 x 50‘ |
Tugas merancang praktikum terkait kualitas lingkungan 3 x 2 x 60‘ |
Materi: Prinsip dasar metode ilmiah dalam kajian lingkungan Pustaka: Cunningham, W.P. & Cunningham, M.A. (2017). Principles of Environmental Science. McGraw-Hill. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Melaksanakan penyelidikan mini di kelas terkait kualitas lingkungan |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Inquiry-based learning, melaksanakan praktikum kualitas lingkungan 2 x 3 x 50‘ |
Tugas menganalisis data praktikum terkait kualitas lingkungan 3 x 50‘ |
Materi: Prinsip dasar metode ilmiah dalam kajian lingkungan Pustaka: Cunningham, W.P. & Cunningham, M.A. (2017). Principles of Environmental Science. McGraw-Hill. |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Menganalisis dan menginterpretasi data hasil penyelidikan kualitas lingkungan |
- Ketepatan interpretasi data praktikum terkait kualitas lingkungan
- Ketepatan analisis data praktikum terkait kualitas lingkungan
- Ketepatan penulisan laporan praktikum
|
Kriteria:
Rubrik penilaian laporan praktikum Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Inquiry-based learning 3 x 50‘ |
Tugas menganalisis dan interpretasi data praktikum terkait kualitas lingkungan, membuat laporan praktikum 2 x 3 x 50‘ |
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mengidentifikasi isu lingkungan lokal untuk kegiatan proyek |
Ketepatan membuat resume kasus lingkungan lokal untuk kegiatan proyek sains lingkungan |
Kriteria:
Rubrik penilaian resume kasus Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Tugas mengidentifikasi isu lingkungan lokal untuk kegiatan proyek, resume kasus 2 x 3 x 50‘ |
Materi: Proyek Lingkungan Pustaka: Miller, G.T. & Spoolman, S. (2021). Environmental Science. Cengage Learning. |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Merancang kegiatan proyek berbasis isu lingkungan |
Ketepatan proposal kegiatan proyek berbasis isu lingkungan |
Kriteria:
Rubrik penilaian proposal kegiatan proyek berbasis isu lingkungan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning, diskusi dan presentasi proposal 3 x 50‘ |
Membuat proposal kegiatan proyek berbasis isu lingkungan 2 x 3 x 50‘ |
Materi: Proyek Lingkungan Pustaka: Miller, G.T. & Spoolman, S. (2021). Environmental Science. Cengage Learning. |
8% |
11
Minggu ke 11 |
Melaksanakan pengumpulan data proyek berbasis lingkungan |
Ketepatan pengumpulan data proyek berbasis lingkungan |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Penyusunan logbook pengumpulan data proyek berbasis lingkungan 2 x 3 x 50‘ |
Materi: Proyek Lingkungan Pustaka: Miller, G.T. & Spoolman, S. (2021). Environmental Science. Cengage Learning. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Melaksanakan analisis data proyek berbasis lingkungan |
Ketepatan penyusunan laporan analisis data proyek berbasis lingkungan |
Kriteria:
Rubrik penilaian laporan analisis data proyek berbasis lingkungan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Penyusunan laporan analisis data proyek berbasis lingkungan 2 x 3 x 50‘ |
Materi: Proyek Lingkungan Pustaka: Miller, G.T. & Spoolman, S. (2021). Environmental Science. Cengage Learning. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mengevaluasi solusi pada kegiatan proyek berbasis lingkungan |
Ketepatan penyusunan draf laporan akhir proyek berbasis lingkungan |
Kriteria:
Rubrik penilaian laporan akhir proyek berbasis lingkungan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Penyusunan draf laporan akhir proyek berbasis lingkungan 2 x 3 x 50‘ |
Materi: Proyek Lingkungan Pustaka: Miller, G.T. & Spoolman, S. (2021). Environmental Science. Cengage Learning. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menyusun laporan akhir proyek berbasis lingkungan |
Ketepatan draf laporan akhir proyek berbasis lingkungan |
Kriteria:
Rubrik penilaian laporan akhir proyek berbasis lingkungan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning dan diskusi 3 x 50‘ |
Penyusunan draf laporan akhir proyek berbasis lingkungan 2 x 3 x 50‘ |
Materi: Proyek Lingkungan Pustaka: Miller, G.T. & Spoolman, S. (2021). Environmental Science. Cengage Learning. |
15% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun presentasi komunikasi hasil proyek berbasis lingkungan |
Ketepatan PPT Presentasi proyek berbasis lingkungan |
Kriteria:
Rubrik penilaian PPT Presentasi proyek berbasis lingkungan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning dan diskusi
|
Penyusunan PPT Presentasi proyek berbasis lingkungan
|
Materi: Proyek Lingkungan Pustaka: Miller, G.T. & Spoolman, S. (2021). Environmental Science. Cengage Learning. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
- Mempresentasikan hasil proyek berbasis lingkungan
- Mengevaluasi pelaksanaa proyek berbasis lingkungan
|
Ketepatan presentasi proyek berbasis lingkungan |
Kriteria:
Rubrik penilaian presentasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning dan presentasi proyek berbasis lingkungan 2 x 3 x 50‘ |
Persiapan presentasi proyek berbasis lingkungan 3 x 50‘ |
Materi: Proyek Lingkungan Pustaka: Miller, G.T. & Spoolman, S. (2021). Environmental Science. Cengage Learning. |
20% |