
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Statistik Deskriptif |
8721002145 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
10 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Choirul Nikmah, S.AB, M.AB
|
Fitriana Rahmawati, M.Pd.
|
Brillian Rosy, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Mampu merancang, mendesain, praktikum, melaksanakan dan analisis data untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan dan keilmuan administrasi perkantoran serta mempublikasikan hasilnya |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menunjukkan sikap tanggung jawab atas pekerjaan statistika baik secara mandiri maupun berkelompok
|
PO - 2 |
Mampu menentukan keputusan secara tepat dalam menyelesaikan permasalahan statistika dasar
|
PO - 3 |
Mampu merancang, mendesain, praktikum, melaksanakan dan analisis data untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah statistika
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-9 | PO-1 | | | | PO-2 | | | | PO-3 | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | ✔ | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Materi mata kuliah statistik penelitian ini membahas tentang konsep dasar statistik, analisis data penelitian kuantitatif, deskripsi data penelitian, statistik pada pengujian instrumen penelitian, pengujian persyartan analisis data, regresi, analisa komparasi |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan
- Mark L. Berenson., David M. Levine., Timothy C. Krehbiel. 2012. Basic Business Statistics: Concepts and Applications, Twelfth Edition. USA. Pearson
- Nurhasanah, S. 2016. Praktikum Statistika 1 Untuk Ekonomi dan Bisnis . Jakarta: Salemba Empat
- Nurhasanah, S. 2016. Praktikum Statistika 2 Untuk Ekonomi dan Bisnis . Jakarta: Salemba Empat
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D. Mohamad Arief Rafsanjani, S.Pd., M.Pd. Choirul Nikmah, S.AB., M.AB. Febrika Yogie Hermanto, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Menelaah konsep dasar statistik
- Mengklasifikasi statistik
- Menguraikan penelitian ilmiah
- Menguraikan fungsi teori pada penelitian ilmiah
- Mengaitkan teori dan statistik pada penelitian ilmiah
|
- Ketetapan menguraian statistik
- Ketepatan mengaitkan teori dan statistik pada penelitian ilmiah
|
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
|
3% |
2
Minggu ke 2 |
- Menelaah konsep dasar statistik
- Mengklasifikasi statistik
- Menguraikan penelitian ilmiah
- Menguraikan fungsi teori pada penelitian ilmiah
- Mengaitkan teori dan statistik pada penelitian ilmiah
|
- Ketetapan menguraian statistik
- Ketepatan mengaitkan teori dan statistik pada penelitian ilmiah
|
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
|
4% |
3
Minggu ke 3 |
- Menguraikan variabel penelitian
- Menelaah statistik deskriptif dan inferensial
- Menguraikan statistik parametrik dan non-parametrik
- Menentukan teknik analisis data
|
- Ketetapan membedakan statistik deskriptif dan inferensial
- Ketepatan menentukan teknik analisis data
|
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 2 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
4% |
4
Minggu ke 4 |
- Menguraikan data dan sumber data
- Menelaah penyajian data
- Menguraikan distribusi frekuensi
- Membuat grafik dari tabel distribusi frekuensi
- Menelaah uji kecenderungan data variabel penelitian
|
Ketetapan membuat grafik distribusi frekuensi |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 3 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Membuat grafik dari tabel distribusi frekuensi |
Ketetapan membuat grafik distribusi frekuensi |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 3 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
4% |
6
Minggu ke 6 |
- Menelaah pengertian validitas
- Menguraikan validitas instrumen
- Menguraikan reliabilitas instrumen
|
Ketetapan validitas dan reliabilitas instrumen |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: bab 6 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data
- Menelaah pengujian normalitas data
- Menlaah pengujian homogenitas data
- Menelaah pengujian kelinieran regresi
|
Ketepatan dalam menguji persyaratan analisis data |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 7 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data |
Ketetapan dalam menjawab soal |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Tes |
|
UTS 2 x 50 menit |
Materi: Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 6, dan Bab 7 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
15% |
9
Minggu ke 9 |
- Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data
- Menelaah pengujian normalitas data
- Menlaah pengujian homogenitas data
- Menelaah pengujian kelinieran regresi
|
Ketetapan validitas dan reliabilitas instrumen |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 7 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
4% |
10
Minggu ke 10 |
- Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data
- Menelaah pengujian normalitas data
- Menlaah pengujian homogenitas data
|
Ketetapan validitas dan reliabilitas instrumen |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 9 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
4% |
11
Minggu ke 11 |
- Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data
- Menelaah pengujian normalitas data
- Menlaah pengujian homogenitas data
|
Ketetapan validitas dan reliabilitas instrumen |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 9 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data |
Ketetapan validitas dan reliabilitas instrumen |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 9 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
4% |
13
Minggu ke 13 |
- Menelaah pengertian dan fungsi analaisa komparasi
- Menelaah analisa komparasi chi square
- Menelaah analisa komparasi student t (t-test)
- Menguraikan analisa komparasi analisis varians
|
- Ketepatan menilai analisa komparasi student (t test)
- Ketepatan menilai analisa komparasi analisis varians
|
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 10 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Menelaah pengertian dan fungsi analaisa komparasi
- Menelaah analisa komparasi chi square
- Menelaah analisa komparasi student t (t-test)
- Menguraikan analisa komparasi analisis varians
|
- Ketepatan menilai analisa komparasi student (t test)
- Ketepatan menilai analisa komparasi analisis varians
|
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 10 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Praktik menilai analisa komparasi |
Ketepatan menilai analisa komparasi |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 10 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Praktik menilai analisa komparasi |
Ketepatan menilai analisa komparasi |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Tes |
|
UAS 2 x 50 menit |
|
5% |