Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Statistik Deskriptif

8721002145

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

10 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Choirul Nikmah, S.AB, M.AB




Fitriana Rahmawati, M.Pd.




Brillian Rosy, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Mampu merancang, mendesain, praktikum, melaksanakan dan analisis data untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan dan keilmuan administrasi perkantoran serta mempublikasikan hasilnya

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan sikap tanggung jawab atas pekerjaan statistika baik secara mandiri maupun berkelompok

PO - 2

Mampu menentukan keputusan secara tepat dalam menyelesaikan permasalahan statistika dasar

PO - 3

Mampu merancang, mendesain, praktikum, melaksanakan dan analisis data untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah statistika

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-9
PO-1   
PO-2   
PO-3   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Materi mata kuliah statistik penelitian ini membahas tentang konsep dasar statistik, analisis data penelitian kuantitatif, deskripsi data penelitian, statistik pada pengujian instrumen penelitian, pengujian persyartan analisis data, regresi, analisa komparasi

Pustaka

Utama :

  1. Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan
  2. Mark L. Berenson., David M. Levine., Timothy C. Krehbiel. 2012. Basic Business Statistics: Concepts and Applications, Twelfth Edition. USA. Pearson
  3. Nurhasanah, S. 2016. Praktikum Statistika 1 Untuk Ekonomi dan Bisnis . Jakarta: Salemba Empat
  4. Nurhasanah, S. 2016. Praktikum Statistika 2 Untuk Ekonomi dan Bisnis . Jakarta: Salemba Empat

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D.

Mohamad Arief Rafsanjani, S.Pd., M.Pd.

Choirul Nikmah, S.AB., M.AB.

Febrika Yogie Hermanto, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Menelaah konsep dasar statistik
  2. Mengklasifikasi statistik
  3. Menguraikan penelitian ilmiah
  4. Menguraikan fungsi teori pada penelitian ilmiah
  5. Mengaitkan teori dan statistik pada penelitian ilmiah
  1. Ketetapan menguraian statistik
  2. Ketepatan mengaitkan teori dan statistik pada penelitian ilmiah
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, dan studi kasus
2 x 50 menit

3%

2

Minggu ke 2

  1. Menelaah konsep dasar statistik
  2. Mengklasifikasi statistik
  3. Menguraikan penelitian ilmiah
  4. Menguraikan fungsi teori pada penelitian ilmiah
  5. Mengaitkan teori dan statistik pada penelitian ilmiah
  1. Ketetapan menguraian statistik
  2. Ketepatan mengaitkan teori dan statistik pada penelitian ilmiah
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, dan studi kasus
2 x 50 menit

4%

3

Minggu ke 3

  1. Menguraikan variabel penelitian
  2. Menelaah statistik deskriptif dan inferensial
  3. Menguraikan statistik parametrik dan non-parametrik
  4. Menentukan teknik analisis data
  1. Ketetapan membedakan statistik deskriptif dan inferensial
  2. Ketepatan menentukan teknik analisis data
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi, dan studi kasus
2 x 50 menit

Materi: Bab 2
Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan
4%

4

Minggu ke 4

  1. Menguraikan data dan sumber data
  2. Menelaah penyajian data
  3. Menguraikan distribusi frekuensi
  4. Membuat grafik dari tabel distribusi frekuensi
  5. Menelaah uji kecenderungan data variabel penelitian

Ketetapan membuat grafik distribusi frekuensi

Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, dan studi kasus
2 x 50 menit

Materi: Bab 3
Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan
4%

5

Minggu ke 5

Membuat grafik dari tabel distribusi frekuensi

Ketetapan membuat grafik distribusi frekuensi

Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, dan studi kasus
2 x 50 menit

Materi: Bab 3
Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan
4%

6

Minggu ke 6

  1. Menelaah pengertian validitas
  2. Menguraikan validitas instrumen
  3. Menguraikan reliabilitas instrumen

Ketetapan validitas dan reliabilitas instrumen

Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, dan studi kasus
2 x 50 menit

Materi: bab 6
Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan
5%

7

Minggu ke 7

  1. Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data
  2. Menelaah pengujian normalitas data
  3. Menlaah pengujian homogenitas data
  4. Menelaah pengujian kelinieran regresi

Ketepatan dalam menguji persyaratan analisis data

Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, dan studi kasus
2 x 50 menit

Materi: Bab 7
Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan
5%

8

Minggu ke 8

Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data

Ketetapan dalam menjawab soal

Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Tes

UTS
2 x 50 menit
Materi: Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 6, dan Bab 7
Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan
15%

9

Minggu ke 9

  1. Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data
  2. Menelaah pengujian normalitas data
  3. Menlaah pengujian homogenitas data
  4. Menelaah pengujian kelinieran regresi

Ketetapan validitas dan reliabilitas instrumen

Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, dan studi kasus
2 x 50 menit

Materi: Bab 7
Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan
4%

10

Minggu ke 10

  1. Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data
  2. Menelaah pengujian normalitas data
  3. Menlaah pengujian homogenitas data

Ketetapan validitas dan reliabilitas instrumen

Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, dan studi kasus
2 x 50 menit

Materi: Bab 9
Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan
4%

11

Minggu ke 11

  1. Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data
  2. Menelaah pengujian normalitas data
  3. Menlaah pengujian homogenitas data

Ketetapan validitas dan reliabilitas instrumen

Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, dan studi kasus
2 x 50 menit

Materi: Bab 9
Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan
4%

12

Minggu ke 12

Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data

Ketetapan validitas dan reliabilitas instrumen

Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, dan studi kasus
2 x 50 menit

Materi: Bab 9
Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan
4%

13

Minggu ke 13

  1. Menelaah pengertian dan fungsi analaisa komparasi
  2. Menelaah analisa komparasi chi square
  3. Menelaah analisa komparasi student t (t-test)
  4. Menguraikan analisa komparasi analisis varians
  1. Ketepatan menilai analisa komparasi student (t test)
  2. Ketepatan menilai analisa komparasi analisis varians
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, dan studi kasus
2 x 50 menit

Materi: Bab 10
Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan
5%

14

Minggu ke 14

  1. Menelaah pengertian dan fungsi analaisa komparasi
  2. Menelaah analisa komparasi chi square
  3. Menelaah analisa komparasi student t (t-test)
  4. Menguraikan analisa komparasi analisis varians
  1. Ketepatan menilai analisa komparasi student (t test)
  2. Ketepatan menilai analisa komparasi analisis varians
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, dan studi kasus
2 x 50 menit

Materi: Bab 10
Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan
5%

15

Minggu ke 15

Praktik menilai analisa komparasi

Ketepatan menilai analisa komparasi

Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, dan studi kasus
2 x 50 menit

Materi: Bab 10
Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan
5%

16

Minggu ke 16

Praktik menilai analisa komparasi

Ketepatan menilai analisa komparasi

Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Tes

UAS
2 x 50 menit
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Portofolio 28%
3. Tes 22%
80%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.