
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Statistik Deskriptif |
8721002145 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
25 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Choirul Nikmah, S.AB, M.AB
|
Fitriana Rahmawati, M.Pd.
|
BRILLIAN ROSY |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Mampu merancang, mendesain, praktikum, melaksanakan dan analisis data untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan dan keilmuan administrasi perkantoran serta mempublikasikan hasilnya |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menunjukkan sikap tanggung jawab atas pekerjaan statistika baik secara mandiri maupun berkelompok
|
PO - 2 |
Mampu menentukan keputusan secara tepat dalam menyelesaikan permasalahan statistika dasar
|
PO - 3 |
Mampu merancang, mendesain, praktikum, melaksanakan dan analisis data untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah statistika
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Materi mata kuliah statistik penelitian ini membahas tentang konsep dasar statistik, analisis data penelitian kuantitatif, deskripsi data penelitian, statistik pada pengujian instrumen penelitian, pengujian persyartan analisis data, regresi, analisa komparasi |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan
- Mark L. Berenson., David M. Levine., Timothy C. Krehbiel. 2012. Basic Business Statistics: Concepts and Applications, Twelfth Edition. USA. Pearson
- Nurhasanah, S. 2016. Praktikum Statistika 1 Untuk Ekonomi dan Bisnis . Jakarta: Salemba Empat
- Nurhasanah, S. 2016. Praktikum Statistika 2 Untuk Ekonomi dan Bisnis . Jakarta: Salemba Empat
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
DWI YULI RAKHMAWATI MOHAMAD ARIEF RAFSANJANI CHOIRUL NIKMAH FEBRIKA YOGIE HERMANTO Choirul Nikmah, S.AB., M.AB. Choirul Nikmah, S.AB., M.AB. Mohamad Arief Rafsanjani, S.Pd., M.Pd. Mohamad Arief Rafsanjani, S.Pd., M.Pd. Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D. Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D. Febrika Yogie Hermanto, S.Pd., M.Pd. Febrika Yogie Hermanto, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Menelaah konsep dasar statistik
- Mengklasifikasi statistik
- Menguraikan penelitian ilmiah
- Menguraikan fungsi teori pada penelitian ilmiah
- Mengaitkan teori dan statistik pada penelitian ilmiah
|
- Ketetapan menguraian statistik
- Ketepatan mengaitkan teori dan statistik pada penelitian ilmiah
|
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Menelaah konsep dasar statistik
- Mengklasifikasi statistik
- Menguraikan penelitian ilmiah
- Menguraikan fungsi teori pada penelitian ilmiah
- Mengaitkan teori dan statistik pada penelitian ilmiah
|
- Ketetapan menguraian statistik
- Ketepatan mengaitkan teori dan statistik pada penelitian ilmiah
|
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Menguraikan variabel penelitian
- Menelaah statistik deskriptif dan inferensial
- Menguraikan statistik parametrik dan non-parametrik
- Menentukan teknik analisis data
|
- Ketetapan membedakan statistik deskriptif dan inferensial
- Ketepatan menentukan teknik analisis data
|
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 2 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Menguraikan data dan sumber data
- Menelaah penyajian data
- Menguraikan distribusi frekuensi
- Membuat grafik dari tabel distribusi frekuensi
- Menelaah uji kecenderungan data variabel penelitian
|
Ketetapan membuat grafik distribusi frekuensi |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 3 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Membuat grafik dari tabel distribusi frekuensi |
Ketetapan membuat grafik distribusi frekuensi |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 3 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Menelaah pengertian validitas
- Menguraikan validitas instrumen
- Menguraikan reliabilitas instrumen
|
Ketetapan validitas dan reliabilitas instrumen |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: bab 6 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data
- Menelaah pengujian normalitas data
- Menlaah pengujian homogenitas data
- Menelaah pengujian kelinieran regresi
|
Ketepatan dalam menguji persyaratan analisis data |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 7 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
- Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data
- UTS
|
|
|
|
2 x 50 menit |
Materi: Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 6, dan Bab 7 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
0% |
9
Minggu ke 9 |
- Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data
- Menelaah pengujian normalitas data
- Menlaah pengujian homogenitas data
- Menelaah pengujian kelinieran regresi
|
Ketetapan validitas dan reliabilitas instrumen |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 7 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data
- Menelaah pengujian normalitas data
- Menlaah pengujian homogenitas data
|
Ketetapan validitas dan reliabilitas instrumen |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 9 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
10% |
11
Minggu ke 11 |
- Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data
- Menelaah pengujian normalitas data
- Menlaah pengujian homogenitas data
|
Ketetapan validitas dan reliabilitas instrumen |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 9 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Menguraikan prosedur dalam pengujian persyaratan analisis data |
Ketetapan validitas dan reliabilitas instrumen |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 9 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
10% |
13
Minggu ke 13 |
- Menelaah pengertian dan fungsi analaisa komparasi
- Menelaah analisa komparasi chi square
- Menelaah analisa komparasi student t (t-test)
- Menguraikan analisa komparasi analisis varians
|
- Ketepatan menilai analisa komparasi student (t test)
- Ketepatan menilai analisa komparasi analisis varians
|
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 10 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
10% |
14
Minggu ke 14 |
- Menelaah pengertian dan fungsi analaisa komparasi
- Menelaah analisa komparasi chi square
- Menelaah analisa komparasi student t (t-test)
- Menguraikan analisa komparasi analisis varians
|
- Ketepatan menilai analisa komparasi student (t test)
- Ketepatan menilai analisa komparasi analisis varians
|
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 10 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Praktik menilai analisa komparasi |
Ketepatan menilai analisa komparasi |
Kriteria:
- 85 < A < 100
- 80 < A- < 85
- 75 < B < 80
- 70 < B < 75
- 65 < B- < 70
- 60 < C < 65
- 55 < C < 60
- 40 < D < 55
- 0 < E < 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, dan studi kasus 2 x 50 menit |
|
Materi: Bab 10 Pustaka: Ananda, R., Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan), CV. Widya Puspita, Medan |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Praktik menilai analisa komparasi |
|
|
|
2 x 50 menit |
|
0% |