
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Sosiologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sosiologi Pariwisata |
6920102326 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=0 |
P=2 |
ECTS=3.18 |
4 |
1 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Arief Sudrajat, S.Ant, M.Si
|
Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami apa itu aktivitas waktu luang (leisure) dan bagaimana berkembang melintasi ruang dan waktu.
|
PO - 2 |
Memahami bagaimana aktivitas waktu luang merefleksikan, mencerminkan, melestarikan, dan mempengaruhi nilai-nilai budaya dan gaya hidup
|
PO - 3 |
Memahami bagaimana waktu luang berhubungan dengan institusi sosial lainnya, termasuk keluarga, sistem pendidikan, politik, ekonomi dan agama;
|
PO - 4 |
Memahami bagaimana keterlibatan waktu luang dimediasi oleh gender, ras, kelas, orientasi seksual, disabilitas dan usia.
|
PO - 5 |
Mengembangkan pemahaman tentang banyak manfaat dari keterlibatan waktu luang, hambatan-hambatan dan aktor-aktor yang mendorong partisipasi
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Penggunaan waktu luang merupakan penanda dari peradaban modern dan sesudahnya. Penggunaan waktu luang dihasilkan ketika aktivitas pokok telah dipenuhi. Oleh para ahli sosiologi, pengunaan waktu luang juga ditandai sebagai perilaku para bourguise yang memiliki kelimpahan waktu dibanding kelompok proletar. Di pihak lain,, penggunaan waktu luang juga telah menjadi industri yang dicerap oleh anggota masyarakat dengan alih-alih menandakan posisi sosialnya. Penggunaan waktu luang ternyata juga melibatkan berbagai institusi sosial dan para aktor dengan berbagai latar belakang sosialnya. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Wilson, John. 1980. Sociology of Leisure . Annual Review of Sociology, Vol. 6.
- Parker, Stanley. 2021. Sociology of Leisure. London: George Allen and Unwin,Ltd.
- Sandoval, Vania L. 2017. The Meaning of Leisure. Definitions and Practices among Migrant and Non-migrant Women in an Urban Space. Cham: Palgrave Macmillan..
- Blackshaw,Tony.(eds) 2013. Routledge handbook of leisure studies. London: Routledge. Taylor & Francis Group.
- Rojek, Chris. 2005. Leisure Theory. Principles and Practice. Hamphsire: Palgrave Macmillan.
- Benko, Zsuzsanna,et.al (eds). 2017. Leisure, Health and Well-Being. A Holistic Approach. Amsterdam: The Palgrave Macmillan.
- Veal,A.J. 2018. Research methods for leisure and tourism. Harlow,N.A.: Pearson Education,Ltd.
- Airey, David. And John Tribe. 2015. An International Handbook of Tourism Education. Amsterdam:Elsevier
- Dedge,et.al. 2015. The Routledge Handbook of Tourism Hospitality Education. Oxon: Routledge. Taylor and Francis Group.
- Asfag, Mohammad, and Shazia Praveen. 2015. Socio Economic Impact of Pilgrimage Tourism: A Geographical Enquiry of Matavashino Devi. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 4, Issue 7
- Babu, Sutheeshna,et.al (eds). 2008. Tourism Development Revisited. Concepts, Issues and Paradigm. LA: Response.
- Beniwal,Anju (eds.). Global Leisure and the Struggle for a Better World. Amsterdam: The Palgrave Macmillan.
- Burns, Peter M. and Marina Novelli. 2007. Tourism and Politics: Global Frameworks and Local Realities. Amsterdam: Elsevier.
- Cooper,Chris. 2016. Essentials of Tourism. Harlow, England: Pearson Education,Ltd.
- Dixit, Saurbah Kumar (eds). 2019. The Routledge Handbook of Gastronomic Tourism. Oxon: Routledge. Taylor and Francis Group.
- Hall, C. Michaell., et.al 2003. Food Tourism around the World. Development, Management and Markets. Amsterdam: Butterworth Heinemann.
- Hall, C. Michael., and Girish Prayag (eds). 2020. The Routledge Handbook of Halal Hospitality and Islamic Tourism. London: Routledge. Taylor and Francis Group
- Dwiyer, Larry., and Peter Forsyth.2006. International Handbook on the Economics of Tourism. Chettenham: Edward Elgar.
- Cograve, James F. (eds)., 2006. Sociology of Risk and Gambling Reader. NY: Routledge. Taylor and Francis Group.
- Casey,Emma. 2008. Women, Pleasure and the Gambling Experience. Hampshire: Ashgate.
- Coakley,Jay. 2015. Sport in Society. Issues and controversies. New York: McGraw Hill.
- Higham, James., and Tom Hinch. 2009. Sport and Tourism. Globalization, Mobility and Identity. Amsterdam: Elsevier
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Arief Sudrajat, S.Ant., M.Si. Eufrasia Kartika Hanindraputri, M.Sos. Khalid Syaifullah, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami apa itu aktivitas waktu luang (leisure) dan bagaimana berkembang melintasi ruang dan waktu. |
- Mahasiswa memahami Pengertian sosiologi pariwisata (leisure studies)
- Mahasiswa memahami Objek formal dan obyek material
|
Kriteria:
- Mahasiswa memahami pengertian sosiologi pariwisata (leisure studies)
- Mahasiswa memahami Objek formal dan obyek material
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah 2 x 50 |
|
Materi: Pengertian sosiologi pariwisata (leisure studies) Pustaka: Wilson, John. 1980. Sociology of Leisure . Annual Review of Sociology, Vol. 6. Materi: Objek formal dan obyek material pariwisata Pustaka: Parker, Stanley. 2021. Sociology of Leisure. London: George Allen and Unwin,Ltd. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami apa itu aktivitas waktu luang (leisure) dan bagaimana berkembang melintasi ruang dan waktu. |
- Menjelaskan teori-teori leisure, dari Veblen, Teori Fungsional, Positive Leisure, Feminis hingga Foucoult dan Bourdilard.
- Mahasiswa memahami dan menguasau pendekatan, paradigma dan metode penelitian sosiologi waktu luang dan pariwisata
|
Kriteria:
- Mahasiswa memahami dan menguasai teori-teori tentang aktivitas waktu luang dan pariwisata
- Mahasiswa memahami dan menguasau pendekatan, paradigma dan metode penelitian sosiologi waktu luang dan pariwisata
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah 2 X 50 |
|
Materi: Teori-teori tentang aktivitas waktu luang dan pariwisata Pustaka: Blackshaw,Tony.(eds) 2013. Routledge handbook of leisure studies. London: Routledge. Taylor & Francis Group. Materi: Pendekatan, paradigma dan metode penelitian sosiologi waktu luang dan pariwisata Pustaka: Blackshaw,Tony.(eds) 2013. Routledge handbook of leisure studies. London: Routledge. Taylor & Francis Group. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan sejarah leisure time dari masa ke masa |
Mahasiswa dapat menjelaskan aktivitas waktu luang dari masa ke masa sebagai produk gaya hidup elit pada masanya |
Kriteria:
Mahasiswa dapat menjelaskan aktivitas waktu luang dari masa ke masa sebagai produk gaya hidup elit pada masanya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah 2 X 50 |
|
Materi: Aktivitas waktu luang pada masa Yunani dan Romawi Pustaka: Wilson, John. 1980. Sociology of Leisure . Annual Review of Sociology, Vol. 6. Materi: Aktivitas waktu luang pada masa abad Pertengahan Pustaka: Wilson, John. 1980. Sociology of Leisure . Annual Review of Sociology, Vol. 6. Materi: Aktivitas waktu luang pada masa Industri Pustaka: Wilson, John. 1980. Sociology of Leisure . Annual Review of Sociology, Vol. 6. Materi: Aktivitas waktu luang pada kini dan mendatang Pustaka: Wilson, John. 1980. Sociology of Leisure . Annual Review of Sociology, Vol. 6. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan aktivitas waktu luang dalam keluarga |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 X 50 |
|
|
3% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan Sistem Pendidikan sebagai Produk Kreativitas dan Tenaga Kerja |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
2 x 50 |
|
|
6% |
6
Minggu ke 6 |
Menjelaskan Industri Waktu Luang |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
2 X 50 |
|
|
6% |
7
Minggu ke 7 |
Menjelaskan aspek politik dari aktivitas waktu luang |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
2 X 50 |
|
|
6% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
2 x 50 |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan aspek agama dari aktivitas waktu luang |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
2 X 50 |
|
|
6% |
10
Minggu ke 10 |
Menjelaskan ketidak-setaraan dalam Pariwisata |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
2 X 50 |
|
|
6% |
11
Minggu ke 11 |
Menjelaskan ketidak-setaraan dalam Pariwisata |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
2 X 50 |
|
|
6% |
12
Minggu ke 12 |
Menjelaskan Rekruitmen Pelaku-pelaku dalam Industri Waktu Luang |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
2 X 50 |
|
|
6% |
13
Minggu ke 13 |
Menjelaskan Pengelolaan Industri Aktivitas Waktu Luang |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
2 X 50 |
|
|
6% |
14
Minggu ke 14 |
Mengembangkan pemahaman tentang banyak manfaat dari keterlibatan waktu luang, hambatan-hambatan dan aktor-aktor yang mendorong partisipasi |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
2 X 50 |
|
|
6% |
15
Minggu ke 15 |
Mempresentasikan hasil penelitian |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
2 X 50 |
|
|
6% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
2 X 50 |
|
|
18% |