Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sosiologi Pariwisata

6920102326

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=0

P=2

ECTS=3.18

4

1 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Arief Sudrajat, S.Ant, M.Si




AGUS MACHFUD FAUZI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-11

mampu menyajikan dan mengorganisasi alternatif solusi dalam memecahkan masalah-masalah sosial, perubahan sosial, pembangunan, khususnya pendidikan dan masyarakat inklusif, serta pemberdayaan masyarakat;

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis fenomena pariwisata melalui perspektif sosiologis, termasuk hubungan tuan rumah–tamu, interaksi budaya, serta dampaknya terhadap perubahan sosial dan dinamika komunitas.

PO - 2

Mengevaluasi implikasi budaya, sosial, dan ekonomi dari pariwisata, khususnya isu komodifikasi budaya, konstruksi identitas, dan pembangunan berkelanjutan.

PO - 3

Menciptakan solusi berbasis proyek dan model inovatif praktik pariwisata berkelanjutan yang mendorong masyarakat inklusif dan memberdayakan komunitas lokal.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-11
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Penggunaan waktu luang merupakan penanda dari peradaban modern dan sesudahnya. Penggunaan waktu luang dihasilkan ketika aktivitas pokok telah dipenuhi. Oleh para ahli sosiologi, pengunaan waktu luang juga ditandai sebagai perilaku para bourguise yang memiliki kelimpahan waktu dibanding kelompok proletar. Di pihak lain,, penggunaan waktu luang juga telah menjadi industri yang dicerap oleh anggota masyarakat dengan alih-alih menandakan posisi sosialnya. Penggunaan waktu luang ternyata juga melibatkan berbagai institusi sosial dan para aktor dengan berbagai latar belakang sosialnya.

Pustaka

Utama :

  1. Wilson, John. 1980. Sociology of Leisure . Annual Review of Sociology, Vol. 6.
  2. Parker, Stanley. 2021. Sociology of Leisure. London: George Allen and Unwin,Ltd.
  3. Sandoval, Vania L. 2017. The Meaning of Leisure. Definitions and Practices among Migrant and Non-migrant Women in an Urban Space. Cham: Palgrave Macmillan..
  4. Blackshaw,Tony.(eds) 2013. Routledge handbook of leisure studies. London: Routledge. Taylor & Francis Group.
  5. Rojek, Chris. 2005. Leisure Theory. Principles and Practice. Hamphsire: Palgrave Macmillan.
  6. Benko, Zsuzsanna,et.al (eds). 2017. Leisure, Health and Well-Being. A Holistic Approach. Amsterdam: The Palgrave Macmillan.
  7. Veal,A.J. 2018. Research methods for leisure and tourism. Harlow,N.A.: Pearson Education,Ltd.
  8. Airey, David. And John Tribe. 2015. An International Handbook of Tourism Education. Amsterdam:Elsevier
  9. Dedge,et.al. 2015. The Routledge Handbook of Tourism Hospitality Education. Oxon: Routledge. Taylor and Francis Group.
  10. Asfag, Mohammad, and Shazia Praveen. 2015. Socio Economic Impact of Pilgrimage Tourism: A Geographical Enquiry of Matavashino Devi. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 4, Issue 7
  11. Babu, Sutheeshna,et.al (eds). 2008. Tourism Development Revisited. Concepts, Issues and Paradigm. LA: Response.
  12. Beniwal,Anju (eds.). Global Leisure and the Struggle for a Better World. Amsterdam: The Palgrave Macmillan.
  13. Burns, Peter M. and Marina Novelli. 2007. Tourism and Politics: Global Frameworks and Local Realities. Amsterdam: Elsevier.
  14. Cooper,Chris. 2016. Essentials of Tourism. Harlow, England: Pearson Education,Ltd.
  15. Dixit, Saurbah Kumar (eds). 2019. The Routledge Handbook of Gastronomic Tourism. Oxon: Routledge. Taylor and Francis Group.
  16. Hall, C. Michaell., et.al 2003. Food Tourism around the World. Development, Management and Markets. Amsterdam: Butterworth Heinemann.
  17. Hall, C. Michael., and Girish Prayag (eds). 2020. The Routledge Handbook of Halal Hospitality and Islamic Tourism. London: Routledge. Taylor and Francis Group
  18. Dwiyer, Larry., and Peter Forsyth.2006. International Handbook on the Economics of Tourism. Chettenham: Edward Elgar.
  19. Cograve, James F. (eds)., 2006. Sociology of Risk and Gambling Reader. NY: Routledge. Taylor and Francis Group.
  20. Casey,Emma. 2008. Women, Pleasure and the Gambling Experience. Hampshire: Ashgate.
  21. Coakley,Jay. 2015. Sport in Society. Issues and controversies. New York: McGraw Hill.
  22. Higham, James., and Tom Hinch. 2009. Sport and Tourism. Globalization, Mobility and Identity. Amsterdam: Elsevier

Pendukung :

  1. Parker, S. (2021). The sociology of leisure. Routledge.
  2. Zarotis, G., & Tokarski, W. (2020). Theoretical and Sociological Aspects of Leisure Time. Saudi Journal of Business and Management Studies, 5(7), 380-387.\
  3. Tobias, A. (2020). Focus on Sociology of Leisure: from Theory to daily Life. Revista Universitară de Sociologie, 16(1), 225-240.
  4. Harrington, M. (2020). Family leisure. In Routledge handbook of leisure studies (pp. 230-242). Routledge.
  5. Veal, A. J. (2020). Is there enough leisure time? Leisure studies, work-life balance, the realm of necessity and the realm of freedom. World Leisure Journal, 62(2), 89-113.
  6. Gokmenoglu, B. (2022). Temporality in the social sciences: New directions for a political sociology of time. The British Journal of Sociology, 73(3), 643-653.
  7. Tomasiello, D. B., & Giannotti, M. (2023). Unfolding time, race and class inequalities to access leisure. Environment and Planning B: Urban Analytics and City Science, 50(4), 927-941.
  8. Mutz, M., & Müller, J. (2021). Social stratification of leisure time sport and exercise activities: comparison of ten popular sports activities. Leisure Studies, 40(5), 597-611.
  9. Ekka, P. M., & Annamalai, B. (2022). Sustainable Tourism During Covid-19: Literature Reviewand Research Agenda. ASEAN Journal on Hospitality and Tourism, 20(3), 34–51.
  10. Gursoy, D., & Çelik, S. (Eds.). (2022). Routledge Handbook of Social Psychology of Tourism. Routledge.
  11. Mondéjar-Jiménez, J., & Ferrari, G. (2022). Sustainable Tourism Destinations. Journal of Hospitality & Tourism Research, 46(7).
  12. Séraphin, H., & Korstanje, M. E. (2024). Solo Travel, Tourism and Loneliness: A Critical Sociology. Routledge Focus on Tourism and Hospitality. ISBN 978-1032817101.
  13. Zhau, J., Yu, S., Airey, D., & Zhang, H. (2024). Reflexivity in current themes in sociology of tourism. Current Issues in Tourism, 28(3), 359–375.

Dosen Pengampu

ARIEF SUDRAJAT

EUFRASIA KARTIKA HANINDRAPUTRI

KHALID SYAIFULLAH

Arief Sudrajat, S.Ant., M.Si.

Arief Sudrajat, S.Ant., M.Si.

Khalid Syaifullah, M.Si.

Khalid Syaifullah, M.Si.

Eufrasia Kartika Hanindraputri, M.Sos.

Eufrasia Kartika Hanindraputri, M.Sos.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami ruang lingkup & konsep dasar sosiologi pariwisata

Menjelaskan definisi, ruang lingkup, dan teori awal pariwisata

Kriteria:

Kriteria: kejelasan konsep. Bentuk: kuis & diskusi reflektif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Interactive lecture, small group discussion
100

Materi: Pengertian sosiologi pariwisata (leisure studies)
Pustaka: Wilson, John. 1980. Sociology of Leisure . Annual Review of Sociology, Vol. 6.

Materi: Objek formal dan obyek material pariwisata
Pustaka: Parker, Stanley. 2021. Sociology of Leisure. London: George Allen and Unwin,Ltd.

Materi: Pengertian sosiologi pariwisata (leisure studies)
Pustaka: Parker, S. (2021). The sociology of leisure. Routledge.
5%

2

Minggu ke 2

Analisis leisure, travel, dan cultural exchange

Menguraikan keterkaitan pariwisata dengan rekreasi dan pertukaran budaya

Kriteria:

Kriteria: relevansi & ketepatan contoh. Bentuk: esai singkat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, collaborative learning
100

Materi: Teori-teori tentang aktivitas waktu luang dan pariwisata
Pustaka: Blackshaw,Tony.(eds) 2013. Routledge handbook of leisure studies. London: Routledge. Taylor & Francis Group.

Materi: Pendekatan, paradigma dan metode penelitian sosiologi waktu luang dan pariwisata
Pustaka: Blackshaw,Tony.(eds) 2013. Routledge handbook of leisure studies. London: Routledge. Taylor & Francis Group.

Materi: Teori-teori tentang aktivitas waktu luang dan pariwisata
Pustaka: Zarotis, G., & Tokarski, W. (2020). Theoretical and Sociological Aspects of Leisure Time. Saudi Journal of Business and Management Studies, 5(7), 380-387.\
5%

3

Minggu ke 3

Analisis hubungan tuan rumah–tamu

Mendeskripsikan pola interaksi host–guest

Kriteria:

Kriteria: analisis kritis, kontekstual. Bentuk: presentasi kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Role play, seminar
100

Materi: Aktivitas waktu luang pada masa Yunani dan Romawi
Pustaka: Wilson, John. 1980. Sociology of Leisure . Annual Review of Sociology, Vol. 6.

Materi: Aktivitas waktu luang pada masa abad Pertengahan
Pustaka: Wilson, John. 1980. Sociology of Leisure . Annual Review of Sociology, Vol. 6.

Materi: Aktivitas waktu luang pada masa Industri
Pustaka: Wilson, John. 1980. Sociology of Leisure . Annual Review of Sociology, Vol. 6.

Materi: Aktivitas waktu luang pada kini dan mendatang
Pustaka: Wilson, John. 1980. Sociology of Leisure . Annual Review of Sociology, Vol. 6.

Materi: Aktivitas waktu luang pada kini dan mendatang
Pustaka: Tobias, A. (2020). Focus on Sociology of Leisure: from Theory to daily Life. Revista Universitară de Sociologie, 16(1), 225-240.
5%

4

Minggu ke 4

Analisis pertemuan lintas budaya & dampaknya

Mengidentifikasi perubahan sosial akibat interaksi lintas budaya

Kriteria:

Kriteria: orisinalitas & kedalaman analisis. Bentuk: studi kasus tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case discussion, problem-based learning
100

Materi: fungsi leisure dalam keluarga
Pustaka: Harrington, M. (2020). Family leisure. In Routledge handbook of leisure studies (pp. 230-242). Routledge.
5%

5

Minggu ke 5

Analisis pariwisata, globalisasi & identitas

Mahasiswa dapat menghubungkan pariwisata dengan arus transnasional & identitas

Kriteria:

Kriteria: argumentasi logis & kritis. Bentuk: policy brief mini


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Document analysis, discussion
100

Materi: hubungan antara sistem pendidikan, kreativitas, dan tenaga kerja
Pustaka: Veal, A. J. (2020). Is there enough leisure time? Leisure studies, work-life balance, the realm of necessity and the realm of freedom. World Leisure Journal, 62(2), 89-113.
5%

6

Minggu ke 6

Analisis pariwisata & pembangunan ekonomi

Mahasiswa mampu menganalisis peran industri leisure sebagai sektor ekonomi, ditunjukkan melalui identifikasi aktor, produk, dan mekanisme pasar leisure.

Kriteria:

Kriteria: kejelasan analisis data. Bentuk: laporan singkat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Collaborative learning, field case study
100

Materi: peran industri leisure sebagai sektor ekonomi
Pustaka: Parker, S. (2021). The sociology of leisure. Routledge.
5%

7

Minggu ke 7

Evaluasi dampak budaya pariwisata

Mengkritisi komodifikasi, autentisitas, & konstruksi identitas

Kriteria:

Kriteria: ketajaman kritik. Bentuk: review literatur


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Literature review, seminar
100

Materi: keterkaitan aktivitas leisure dengan politik
Pustaka: Gokmenoglu, B. (2022). Temporality in the social sciences: New directions for a political sociology of time. The British Journal of Sociology, 73(3), 643-653.
5%

8

Minggu ke 8

Integrasi teori & kasus pariwisata

Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Kriteria: analisis komprehensif & sintesis teori-kasus. Bentuk: UTS esai berbasis kasus


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ujian Tengah Semester
100

Materi: Materi sosiologi pariwisata sebagai bahan ujian
Pustaka: Zarotis, G., & Tokarski, W. (2020). Theoretical and Sociological Aspects of Leisure Time. Saudi Journal of Business and Management Studies, 5(7), 380-387.\
15%

9

Minggu ke 9

Evaluasi tantangan lingkungan & sosial pariwisata

Menilai isu overtourism & degradasi ekologi

Kriteria:

Kriteria: relevansi & ketajaman analisis. Bentuk: diskusi panel


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Debate, panel discussion
100

Materi: peran agama dalam membentuk praktik leisure
Pustaka: Tobias, A. (2020). Focus on Sociology of Leisure: from Theory to daily Life. Revista Universitară de Sociologie, 16(1), 225-240.
5%

10

Minggu ke 10

Evaluasi kebijakan & tata kelola pariwisata

Menganalisis efektivitas strategi perencanaan pariwisata

Kriteria:

Kriteria: berbasis data & kebijakan. Bentuk: policy analysis paper


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Policy review, group discussion
100

Materi: ketidaksetaraan dalam pariwisata
Pustaka: Tomasiello, D. B., & Giannotti, M. (2023). Unfolding time, race and class inequalities to access leisure. Environment and Planning B: Urban Analytics and City Science, 50(4), 927-941.
5%

11

Minggu ke 11

Evaluasi dimensi etika pariwisata

Mahasiswa dapat menganalisis dampak ketidaksetaraan pariwisata terhadap akses leisure, ditunjukkan melalui diskusi kritis atau mini-essay.

Kriteria:

Kriteria: reflektif & kritis. Bentuk: esai reflektif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Reflective writing workshop
100

Materi: dampak ketidaksetaraan pariwisata terhadap akses leisure
Pustaka: Tomasiello, D. B., & Giannotti, M. (2023). Unfolding time, race and class inequalities to access leisure. Environment and Planning B: Urban Analytics and City Science, 50(4), 927-941.
5%

12

Minggu ke 12

Penciptaan solusi berbasis proyek

Mendesain model pariwisata berkelanjutan yang inovatif

Kriteria:

Kriteria: kreatif, aplikatif, & realistis. Bentuk: proposal proyek kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project-based learning
100

Materi: mekanisme rekrutmen pelaku industri
Pustaka: Veal, A. J. (2020). Is there enough leisure time? Leisure studies, work-life balance, the realm of necessity and the realm of freedom. World Leisure Journal, 62(2), 89-113.
5%

13

Minggu ke 13

Penciptaan pariwisata berbasis komunitas

Mengintegrasikan partisipasi lokal & mekanisme pembagian manfaat

Kriteria:

Kriteria: keberlanjutan & inklusivitas. Bentuk: laporan proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Community-based project, cooperative learning
100

Materi: strategi pengelolaan industri leisure
Pustaka: Parker, S. (2021). The sociology of leisure. Routledge.
5%

14

Minggu ke 14

Penulisan laporan riset pariwisata

Menyusun laporan berbasis teori & data lapangan

Kriteria:

Kriteria: koherensi teori–data. Bentuk: laporan riset individu/kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Field study, research-based learning
100

Materi: manfaat leisure, hambatan partisipasi, serta aktor yang mendorong partisipasi leisure
Pustaka: Tomasiello, D. B., & Giannotti, M. (2023). Unfolding time, race and class inequalities to access leisure. Environment and Planning B: Urban Analytics and City Science, 50(4), 927-941.

Materi: manfaat leisure, hambatan partisipasi, serta aktor yang mendorong partisipasi leisure
Pustaka: Mutz, M., & Müller, J. (2021). Social stratification of leisure time sport and exercise activities: comparison of ten popular sports activities. Leisure Studies, 40(5), 597-611.
5%

15

Minggu ke 15

Presentasi multimedia investigatif

Menyajikan hasil riset dalam bentuk presentasi multimedia

Kriteria:

Kriteria: kejelasan, komunikasi visual, & kritis. Bentuk: presentasi kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Seminar, peer assessment
100

5%

16

Minggu ke 16

Sintesis teori, praktik, & inovasi

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Kriteria: integrasi teori-kasus, orisinalitas solusi, kejelasan presentasi. Bentuk: UAS tertulis laporan akhir proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ujian Akhir Semester
100

15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Penilaian Portofolio 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.