
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Sosiologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pemetaan Sosial untuk Pembangunan |
6920102306 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=0 |
P=2 |
ECTS=3.18 |
4 |
31 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Arief Sudrajat, S.Ant, M.Si
|
Arief Sudrajat, S.Ant., M.Si.
|
Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Menguasai pengetahuan tentang masalah-masalah sosial berikut penyebabnya dan perubahan sosial, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. |
PLO-7 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasil¬kan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi, dan mengunggah¬nya; |
PLO-9 |
Mampu mengidentifikasi karakteristik individu, keluarga dan masyarakat, masalah-masalah sosial dan perubahan sosial, termasuk masalah-masalah pembangunan pen-didikan dan masyarakat inklusif di dalam masyarakat lokal dengan wawasan global, dan meng¬analisisnya dengan menggunakan konsep, teori dan metodologi penelitian Sosiologi dengan tepat; |
PLO-10 |
Mampu menyajikan dan mengorganisasi alternatif solusi dalam memecahkan masalah-masalah sosial, perubahan sosial, pembangunan, khususnya pendidikan dan masyarakat inklusif, serta pemberdayaan masyarakat. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dan prinsip pemetaan sosial dalam konteks pembangunan
|
PO - 2 |
Menganalisis isu-isu sosial, ekonomi, dan lingkungan menggunakan teknik pemetaan sosial.
|
PO - 3 |
Membuat peta sosial menggunakan berbagai perangkat lunak dan teknologi pemetaan.
|
PO - 4 |
Menunjukkan sikap kritis dan bertanggung jawab dalam menginterpretasi dan menggunakan data pemetaan sosial untuk pembangunan
|
PO - 5 |
Menunjukkan sikap kritis dan bertanggung jawab dalam menginterpretasi dan menggunakan data pemetaan sosial untuk pembangunan. C5: Merancang dan mempresentasikan rekomendasi berbasis pemetaan sosial untuk mendukung proses perencanaan dan implementasi pembangunan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-4 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | | | ✔ | | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang konsep, prinsip, dan teknik pemetaan sosial sebagai alat untuk perencanaan dan implementasi pembangunan. Mahasiswa akan belajar cara mengidentifikasi masalah sosial di masyarakat, memahami dinamika sosial, dan mengaplikasikan hasil pemetaan sosial dalam perencanaan dan implementasi program pembangunan yang efektif dan berkelanjutan. Disamping itu, mahasiswa akan mempelajari cara mengidentifikasi, menganalisis, dan memvisualisasikan isu-isu sosial, ekonomi, dan lingkungan dalam konteks pembangunan. Penekanan diberikan pada pendekatan outcome-based education dengan fokus pada capaian pembelajaran yang terukur dan relevan dengan kebutuhan pembangunan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Arief Sudrajat, S.Ant., M.Si. Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A. Rizky Trisna Putri, S.P., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengantar Pemetaan Sosial dan Pembangunan |
Mahasiswa mampu menjelaskan pemetaan sosial dan pembangunan |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah 2 X 45 |
|
|
3% |
2
Minggu ke 2 |
Teori Sosial untuk Pemetaan |
Mahasiswa mampu memahami Teori Sosial untuk Pemetaan |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah 2 X 45 |
|
|
3% |
3
Minggu ke 3 |
Metode Pemetaan Sosial |
Mahasiswa mampu memahami Metode Pemetaan Sosial |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah 2 X 45 |
|
|
3% |
4
Minggu ke 4 |
Analisis Kebutuhan Masyarakat |
Mahasiswa mampu memahami Analisis Kebutuhan Masyarakat |
Kriteria:
Kesungguhan, ketepatan analisis, dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah 2 X 45 |
|
|
3% |
5
Minggu ke 5 |
Teknik Pengumpulan Data Pemetaan Sosial |
Mahasiswa mampu memahami Teknik Pengumpulan Data Pemetaan Sosial |
Kriteria:
Kesungguhan, ketepatan analisis, dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah 2 X 45 |
|
|
6% |
6
Minggu ke 6 |
Pemetaan dan Analisis Sumber Daya Sosial |
Mahasiswa mampu memahami Pemetaan dan Analisis Sumber Daya Sosial |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah 2 X 45 |
|
|
6% |
7
Minggu ke 7 |
Analisis Konflik Sosial dalam Pembangunan |
Mahasiswa mampu memahami Analisis Konflik Sosial dalam Pembangunan |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah 2 X 45 |
|
|
6% |
8
Minggu ke 8 |
uts |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian di Kelas 2 X 45 |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Pengolahan dan Penyajian Data Pemetaan |
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah 2 X 45 |
|
|
6% |
10
Minggu ke 10 |
Aplikasi Pemetaan Sosial dalam Program Pembangunan |
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah 2 X 45 |
|
|
6% |
11
Minggu ke 11 |
Evaluasi dan Monitoring Program Pembangunan |
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah 2 X 45 |
|
|
6% |
12
Minggu ke 12 |
|
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah 2 X 45 |
|
|
6% |
13
Minggu ke 13 |
|
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah 2 X 45 |
|
|
6% |
14
Minggu ke 14 |
|
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah 2 X 45 |
|
|
6% |
15
Minggu ke 15 |
|
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah 2 X 45 |
|
|
6% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian di Kelas 2 X 45 |
|
|
18% |