Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pemetaan Sosial untuk Pembangunan

6920102306

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=0

P=2

ECTS=3.18

4

31 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Arief Sudrajat, S.Ant, M.Si




Arief Sudrajat, S.Ant., M.Si.




Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Menguasai pengetahuan tentang masalah-masalah sosial berikut penyebabnya dan perubahan sosial, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

PLO-7

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasil¬kan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi, dan mengunggah¬nya;

PLO-9

Mampu mengidentifikasi karakteristik individu, keluarga dan masyarakat, masalah-masalah sosial dan perubahan sosial, termasuk masalah-masalah pembangunan pen-didikan dan masyarakat inklusif di dalam masyarakat lokal dengan wawasan global, dan meng¬analisisnya dengan menggunakan konsep, teori dan metodologi penelitian Sosiologi dengan tepat;

PLO-10

Mampu menyajikan dan mengorganisasi alternatif solusi dalam memecahkan masalah-masalah sosial, perubahan sosial, pembangunan, khususnya pendidikan dan masyarakat inklusif, serta pemberdayaan masyarakat.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami konsep dan prinsip pemetaan sosial dalam konteks pembangunan

PO - 2

Menganalisis isu-isu sosial, ekonomi, dan lingkungan menggunakan teknik pemetaan sosial.

PO - 3

Membuat peta sosial menggunakan berbagai perangkat lunak dan teknologi pemetaan.

PO - 4

Menunjukkan sikap kritis dan bertanggung jawab dalam menginterpretasi dan menggunakan data pemetaan sosial untuk pembangunan

PO - 5

Menunjukkan sikap kritis dan bertanggung jawab dalam menginterpretasi dan menggunakan data pemetaan sosial untuk pembangunan. C5: Merancang dan mempresentasikan rekomendasi berbasis pemetaan sosial untuk mendukung proses perencanaan dan implementasi pembangunan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-4PLO-6PLO-7PLO-9PLO-10
PO-1     
PO-2      
PO-3      
PO-4       
PO-5      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang konsep, prinsip, dan teknik pemetaan sosial sebagai alat untuk perencanaan dan implementasi pembangunan. Mahasiswa akan belajar cara mengidentifikasi masalah sosial di masyarakat, memahami dinamika sosial, dan mengaplikasikan hasil pemetaan sosial dalam perencanaan dan implementasi program pembangunan yang efektif dan berkelanjutan. Disamping itu, mahasiswa akan mempelajari cara mengidentifikasi, menganalisis, dan memvisualisasikan isu-isu sosial, ekonomi, dan lingkungan dalam konteks pembangunan. Penekanan diberikan pada pendekatan outcome-based education dengan fokus pada capaian pembelajaran yang terukur dan relevan dengan kebutuhan pembangunan.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Arief Sudrajat, S.Ant., M.Si.

Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A.

Rizky Trisna Putri, S.P., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengantar Pemetaan Sosial dan Pembangunan

Mahasiswa mampu menjelaskan pemetaan sosial dan pembangunan

Kriteria:

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah
2 X 45

3%

2

Minggu ke 2

Teori Sosial untuk Pemetaan

Mahasiswa mampu memahami Teori Sosial untuk Pemetaan

Kriteria:

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah
2 X 45

3%

3

Minggu ke 3

Metode Pemetaan Sosial

Mahasiswa mampu memahami Metode Pemetaan Sosial

Kriteria:

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah
2 X 45

3%

4

Minggu ke 4

Analisis Kebutuhan Masyarakat

Mahasiswa mampu memahami Analisis Kebutuhan Masyarakat

Kriteria:

Kesungguhan, ketepatan analisis, dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah
2 X 45

3%

5

Minggu ke 5

Teknik Pengumpulan Data Pemetaan Sosial

Mahasiswa mampu memahami Teknik Pengumpulan Data Pemetaan Sosial

Kriteria:

Kesungguhan, ketepatan analisis, dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah
2 X 45

6%

6

Minggu ke 6

Pemetaan dan Analisis Sumber Daya Sosial

Mahasiswa mampu memahami Pemetaan dan Analisis Sumber Daya Sosial

Kriteria:

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah
2 X 45

6%

7

Minggu ke 7

Analisis Konflik Sosial dalam Pembangunan

Mahasiswa mampu memahami Analisis Konflik Sosial dalam Pembangunan

Kriteria:

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah
2 X 45

6%

8

Minggu ke 8

uts


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian di Kelas
2 X 45

10%

9

Minggu ke 9

Pengolahan dan Penyajian Data Pemetaan

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri

Kriteria:

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah
2 X 45

6%

10

Minggu ke 10

Aplikasi Pemetaan Sosial dalam Program Pembangunan

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri

Kriteria:

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah
2 X 45

6%

11

Minggu ke 11

Evaluasi dan Monitoring Program Pembangunan

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri

Kriteria:

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah
2 X 45

6%

12

Minggu ke 12

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri

Kriteria:

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah
2 X 45

6%

13

Minggu ke 13

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri

Kriteria:

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah
2 X 45

6%

14

Minggu ke 14

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri

Kriteria:

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah
2 X 45

6%

15

Minggu ke 15

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri

Kriteria:

Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pendekatan Behavioristik/ Ekspositori/ Ceramah
2 X 45

6%

16

Minggu ke 16

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian di Kelas
2 X 45

18%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 12%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
3. Tes 28%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.