Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Dasar Tari Surakarta dan Yogyakarta

8820902601

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

13 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Eko Wahyuni Rahayu, M. Hum




Dr. Eko Wahyuni Rahayu, M. Hum




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-6

Menguasai ilmu pengetahuan, praktik dan penciptaan seni drama, tari dan musik, serta seni pertunjukan (dramaturgi, musikologi, kajian seni pertunjukan, koreologi, dan lain- lain).

PLO-8

Mampu berkreasi, berinovasi, mengkaji dan menyajikan seni pertunjukan budaya Jawa Timur dan wilayah Indonesia Timur

Program Objectives (PO)

PO - 1

Pemahanan pengetahuan Tari Klasik Gaya Surakarta dan Yogjakarta dalam bentuk tari tunggal putra dan putri

PO - 2

Penguasaan ketrampilan Tari Klasik Gaya Surakarta dan Yogjakarta dalam bentuk tari tunggal putra dan putri

PO - 3

Penguasaan keterampilan Tari Klasik Gaya Yogjakarta dalam bentuk tari tunggal putri (Sekar Pudyastuti) bagian awal

PO - 4

Penguasaan keterampilan teknik Tari Klasik Gaya Yogjakarta dalam bentuk tari tunggal putri Sekar Pudyastuti (bagian pokok)

PO - 5

Penguasaan keterampilan pola dan teknik gerak Tari Gaya Yogyakarta Putri (Sekar Pudyastuti) bagian pokok

PO - 6

Penguasaan keterampilan pola dan teknik gerak Tari Gaya Yogyakarta Putri (Sekar Pudyastuti) bagian pokok

PO - 7

Penguasaan keterampilan pola dan teknik gerak Tari Gaya Yogyakarta Putri (Sekar Pudyastuti) bagian akhir

PO - 8

Menguasai teknik pembawaan bentuk tari Sekar Pudyastuti (UTS)

PO - 9

Penguasaan keterampilan teknik gerak dasar tari Gaya Surakarta Putri

PO - 10

Penguasaan keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta Putra

PO - 11

Penguasaan keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta Putra Halus

PO - 12

Penguasaan keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta Putra Halus

PO - 13

Pilih Sumber Pustaka dibawah lalu tuliskan materi pembelajaran yg mecakup kemampuan akhir (sub CPMK) pada pertemuan ini

PO - 14

Penguasaan keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta putra halus

PO - 15

Penguasaan keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta Putra Halus

PO - 16

Memperagakan pola dan teknik gerak tari Gunungsari Gaya Surakarta Halus (UAS)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-6PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  
PO-9  
PO-10  
PO-11  
PO-12  
PO-13  
PO-14  
PO-15  
PO-16  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14
PO-15
PO-16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembekalan pengetahuan dan penguasaan ketrampilan Tari Klasik Gaya Surakarta dan Yogjakarta dalam bentuk tari tunggal putra dan putri.

Pustaka

Utama :

  1. Papenhuyzen, Clara Brakel. 1984. Seni Tari Jawa (Tradisi Surakarta dan Peristilahannya. Leiden: Universita Leyden Belanda
  2. Sasmintomardowo, R.L. (1983) Tuntunan Pelajaran Tari Klasik Gaya Yogyakarta. Yogyakarta: Ikatan Keluarga SMKI KONRI
  3. Wibowo, Fred (ed) 1981.Mengenal Tari Klasik Gaya Yogyakarta, Yogyakarta: Dewan Kesenian DIY
  4. Wibowo, Fred. 2002. Tari Gaya Yogyakarta. Yogyakarta:Yayasn Bentang

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Eko Wahyuni Rahayu, M.Hum.

Dra. Jajuk Dwi Sasanadjati, M.Hum.

Dra. Enie Wahyuning Handayani, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengetahuan Ruang lingkup Tari Jogjakarta Putri

Mampu memahami pengetahuan tentang Ruang lingkup Tari Jogjakarta Putri

Kriteria:

Memahami pengetahuan tentang Ruang Lingkup Tari Jogjakarta Putri


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
PJBL
2 X 50"

Materi: Wawasan bentuk-bentuk Tari Jogjakarta Putri
Pustaka: Wibowo, Fred (ed) 1981.Mengenal Tari Klasik Gaya Yogyakarta, Yogyakarta: Dewan Kesenian DIY
3%

2

Minggu ke 2

Terampil membawakan bentuk tari tunggal gaya Yogyakarta Putri (Sekar Pudyastuti) bagian awal

Penguasaan keterampilan teknik Tari Klasik Gaya Yogjakarta dalam bentuk tari tunggal putri (Sekar Pudyastuti)

Kriteria:

Menguasai keterampilan teknik gerak Tari Klasik Gaya Yogjakarta dalam bentuk tari tunggal putri (Sekar Pudyastuti)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PJBL
2 X 50"

Materi: Pola dan teknik gerak Tari Yogyakarta Putri
Pustaka: Sasmintomardowo, R.L. (1983) Tuntunan Pelajaran Tari Klasik Gaya Yogyakarta. Yogyakarta: Ikatan Keluarga SMKI KONRI

Materi: Pola dan teknik gerak Tari Yogyakarta Putri (Sekar Pudyastuti) bagian awal
Pustaka:
4%

3

Minggu ke 3

Penguasaan keterampilan Tari Klasik Gaya Yogjakarta dalam bentuk tari tunggal putri (Sekar Pudyastuti) bagian awal

Terampil melakukan pola dan teknik gerak Tari Yogyakarta putri

Kriteria:

Penguasaan keterampilan teknik gerak Tari Klasik Gaya Yogjakarta dalam bentuk tari tunggal putri


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL
2X50"

Materi: Penguasaan ketrampilan Tari Klasik Gaya Yogjakarta dalam bentuk tari tunggal putri
Pustaka: Sasmintomardowo, R.L. (1983) Tuntunan Pelajaran Tari Klasik Gaya Yogyakarta. Yogyakarta: Ikatan Keluarga SMKI KONRI
4%

4

Minggu ke 4

  1. Penguasaan keterampilan teknik gerak dasar tari Gaya Yogyakarta Putri
  2. Penguasaan keterampilan teknik Tari Klasik Gaya Yogjakarta dalam bentuk tari tunggal putri Sekar Pudyastuti (bagian pokok)

Menguasai keterampilan teknik gerak Tari Klasik Gaya Yogjakarta dalam bentuk tari tunggal putri (Sekar Pudyastuti)

Kriteria:

Terampil dalam membawakan teknik gerak Tari Yogyakarta Putri (Sekar Pudyastuti) bagian pokok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PJBL
2 X 50"

Materi: Pola dan teknik gerak tari Gaya Yogyakarta Putri bagian pokok (Sekar Pudyastuti)
Pustaka: Sasmintomardowo, R.L. (1983) Tuntunan Pelajaran Tari Klasik Gaya Yogyakarta. Yogyakarta: Ikatan Keluarga SMKI KONRI
4%

5

Minggu ke 5

Penguasaan keterampilan pola dan teknik gerak Tari Gaya Yogyakarta Putri (Sekar Pudyastuti) bagian pokok

Menguasai keterampilan teknik gerak Tari Klasik Gaya Yogjakarta dalam bentuk tari tunggal putri Sekar Pudyastuti (bagian tari pokok)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PJBL
2 X 50"

Materi: Pola dan teknik motif gerak Tari Sekar Pudyastuti bagian pokok
Pustaka: Sasmintomardowo, R.L. (1983) Tuntunan Pelajaran Tari Klasik Gaya Yogyakarta. Yogyakarta: Ikatan Keluarga SMKI KONRI
4%

6

Minggu ke 6

Penguasaan keterampilan pola dan teknik gerak Tari Gaya Yogyakarta Putri (Sekar Pudyastuti) bagian pokok

Menguasai keterampilan teknik gerak Tari Klasik Gaya Yogjakarta dalam bentuk tari tunggal putri Sekar Pudyastuti (bagian tari pokok)

Kriteria:

Penguasaan ketrampilan Tari Klasik Gaya Yogjakarta dalam bentuk tari Sekar Pudyastuti bagian pokok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PJBL
2 X 50"

Materi: Pola dan teknik motif gerak Tari Sekar Pudyastuti bagian pokok
Pustaka: Sasmintomardowo, R.L. (1983) Tuntunan Pelajaran Tari Klasik Gaya Yogyakarta. Yogyakarta: Ikatan Keluarga SMKI KONRI
3%

7

Minggu ke 7

Penguasaan keterampilan pola dan teknik gerak Tari Gaya Yogyakarta Putri (Sekar Pudyastuti) bagian akhir

Menguasai keterampilan teknik gerak Tari Klasik Gaya Yogjakarta dalam bentuk tari tunggal putri Sekar Pudyastuti (bagian tari pokok)

Kriteria:

Penguasaan ketrampilan Tari Klasik Gaya Yogjakarta dalam bentuk tari Sekar Pudyastuti bagian pokok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PJBL
2 X 50"

Materi: Pola dan teknik motif gerak Tari Sekar Pudyastuti bagian akhir
Pustaka:

Materi: Pola dan teknik motif gerak Tari Sekar Pudyastuti bagian akhir
Pustaka: Sasmintomardowo, R.L. (1983) Tuntunan Pelajaran Tari Klasik Gaya Yogyakarta. Yogyakarta: Ikatan Keluarga SMKI KONRI
4%

8

Minggu ke 8

Menguasai teknik pembawaan bentuk tari Sekar Pudyastuti (UTS)

Menguasai teknik Pembawaan Bentuk Tari Sekar Pudyastuti secara utuh sesuai karakter tarinya

Kriteria:

Penguasaan Teknik Pembawaan Bentuk Tari Sekar Pudyastuti secara utuh lengkap dengan rias dan busana tari


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
PJBL

Materi: Bentuk Tari Sekar Pudyastuti secara utuh dan lengkap dengan rias busana tari
Pustaka: Wibowo, Fred. 2002. Tari Gaya Yogyakarta. Yogyakarta:Yayasn Bentang
20%

9

Minggu ke 9

Penguasaan keterampilan teknik gerak dasar tari Gaya Surakarta Putri

Menguasai keterampilan teknik gerak dasar tari Gaya Surakarta Putra

Kriteria:

Penilaian produk hasil kerja yang sudah dikumpulkan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
PJBL

Materi: Penguasaan keterampilan teknik gerak dasar tari Gaya Surakarta Putra
Pustaka: Papenhuyzen, Clara Brakel. 1984. Seni Tari Jawa (Tradisi Surakarta dan Peristilahannya. Leiden: Universita Leyden Belanda
3%

10

Minggu ke 10

Penguasaan keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta Putra

Memperagakan keterampilan tari tunggal gaya Surakarta putra

Kriteria:

Menguasai keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta Putra


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PJBL
2 X 50

Materi: Pola dan teknik gerak tari gaya surakarta putra alus ragam gerak pambuka dua.
Pustaka: Papenhuyzen, Clara Brakel. 1984. Seni Tari Jawa (Tradisi Surakarta dan Peristilahannya. Leiden: Universita Leyden Belanda

Materi: Pola dan teknik gerak tari gaya surakarta putra alus ragam gerak pambuka dua.
Pustaka: Papenhuyzen, Clara Brakel. 1984. Seni Tari Jawa (Tradisi Surakarta dan Peristilahannya. Leiden: Universita Leyden Belanda
3%

11

Minggu ke 11

Penguasaan keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta Putra Halus

Menguasai keterampilan teknik gerak dasar tari Gaya Surakarta Putra halus

Kriteria:

Menguasai keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta Putra halus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PJBL
2 X 50

Materi: Pola dan teknik gerak tari gaya surakarta putra alus ragam gerak isi - 1
Pustaka: Papenhuyzen, Clara Brakel. 1984. Seni Tari Jawa (Tradisi Surakarta dan Peristilahannya. Leiden: Universita Leyden Belanda
2%

12

Minggu ke 12

Penguasaan keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta Putra Halus

Menguasai keterampilan teknik gerak dasar tari Gaya Surakarta Putra halus

Kriteria:

Menguasai keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta Putra halus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PJBL
2 X 50

Materi: Pola dan teknik gerak tari gaya surakarta putra alus ragam gerak isi - 2
Pustaka: Papenhuyzen, Clara Brakel. 1984. Seni Tari Jawa (Tradisi Surakarta dan Peristilahannya. Leiden: Universita Leyden Belanda
4%

13

Minggu ke 13

Penguasaan keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta Putra Halus

Menguasai keterampilan teknik gerak dasar tari Gaya Surakarta Putra halus

Kriteria:

Menguasai keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta Putra halus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PJBL
2 X 50

Materi: Pola dan teknik gerak tari gaya surakarta putra alus ragam gerak isi - 3
Pustaka: Papenhuyzen, Clara Brakel. 1984. Seni Tari Jawa (Tradisi Surakarta dan Peristilahannya. Leiden: Universita Leyden Belanda
4%

14

Minggu ke 14

Penguasaan keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta putra halus

Menguasai keterampilan teknik gerak dasar tari Gaya Surakarta Putra Halus

Kriteria:

Menguasai keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta Putra halus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PJBL
2 X 50

Materi: Pola dan teknik gerak tari gaya surakarta putra alus ragam gerak isi - 4
Pustaka: Papenhuyzen, Clara Brakel. 1984. Seni Tari Jawa (Tradisi Surakarta dan Peristilahannya. Leiden: Universita Leyden Belanda
4%

15

Minggu ke 15

Penguasaan keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta Putra Halus

Menguasai keterampilan teknik gerak dasar tari Gaya Surakarta Putra Halus

Kriteria:

Menguasai keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta Putra Halus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PBJL
2 X 50

Materi: Pola dan teknik gerak tari gaya surakarta putra alus ragam gerak mundur gawang
Pustaka: Papenhuyzen, Clara Brakel. 1984. Seni Tari Jawa (Tradisi Surakarta dan Peristilahannya. Leiden: Universita Leyden Belanda
4%

16

Minggu ke 16

Memperagakan pola dan teknik gerak tari Gunungsari Gaya Surakarta Halus (UAS)

Menguasai keterampilan teknik gerak dasar tari Gaya Surakarta Putra Halus

Kriteria:

Menguasai keterampilan tari tunggal Gaya Surakarta Putra Halus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PBJL
2 X 50

Materi: Pola dan teknik gerak tari gaya surakarta putra alus ragam gerak mundur gawang
Pustaka: Papenhuyzen, Clara Brakel. 1984. Seni Tari Jawa (Tradisi Surakarta dan Peristilahannya. Leiden: Universita Leyden Belanda
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 51.5%
2. Penilaian Portofolio 2.5%
3. Penilaian Praktikum 10%
4. Praktik / Unjuk Kerja 36%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.