Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Internship

8710304113

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=8.96

3

8 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA.




Prof. Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd.




Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan ekonomi secara mandiri, bermutu dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

PLO-6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja denga n pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dalam jangka pendek dan jangka panjang.

PLO-7

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya

PLO-8

Menguasai konsep dan prinsip pedagogi, didaktik dan ilmu ekonomika secara mendalam untuk melakukan perancangan, pengelolaan dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

PLO-9

Menguasai konsep teoritis perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi

PLO-10

Menguasai konsep teoritis metode penelitian dan mempublikasikan hasilnya sehingga dapat dipergunakan untuk kepentingan pemecahan masalah dalam pembelajaran ekonomi

PLO-11

Menguasai konsep dan prinsip pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan pembelajaran ekonomi

PLO-12

Mampu merancang, menerapkan, mengembangkan dan mengevaluasi konsep pembelajaran ekonomi dan prinsip-prinsip dalam bidang ilmu Pendidikan Ekonomi secara efektif, efisien, kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutakhir dan tepat guna

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mengaplikasikan bidang keahlian ekonomi mikro intermediate dan memanfaatkan IPTEK dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terkait dengan ekonomi mikro intermediate (perilaku konsumen dan produsen, kondisi pasar, barang public, game theory dan kesejahteraan) baik secara teoritis serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

PO - 2

Menguasai konsep teoritis tentang ekonomi mikro intermediate (perilaku konsumen dan produsen, kondisi pasar, barang public, game theory dan kesejahteraan) secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah ekonomi mikro intermediate secara prosedural.

PO - 3

Mampu menganalisis pengambilan keputusan ekonomi mikro intermediate secara tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

PO - 4

Mata kuliah ini menjelaskan terkait perilaku konsumen dan produsen, kondisi pasar, barang public, game theory dan kesejahteraan

PO - 5

Memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya sebagai ciptaan Tuhan yang Maha Esa dalam menyelesaikan masalah ekonomi mikro intermediate.

PO - 6

Memiliki karakter Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh ( Idaman Jelita ) dalam menyelesaikan masalah ekonomi mikro intermediate.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9PLO-10PLO-11PLO-12
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini menjelaskan terkait perilaku konsumen dan produsen, fungsi produksi, kondisi pasar, barang public, game theory dan kesejahteraan. Pelaksanaan perkuliahan Metode pembelajaran yang digunakan adalah Cooperative Learning (CL) dan Problem BaseLearning (PBL) untuk menumbuhkan kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya sebagai ciptaan Tuhan yang Maha Esa, berdasarkan Karakter cerdas, teliti, dan tangguh dalam membahas teori ekonomi mikro intermediate.

Pustaka

Utama :

  1. Argus, D., & Samson, D. (2020). Strategic Leadership for Business Value Creation Principles and Case Studies. In Springer . Springer Nature Singapore

Pendukung :

  1. Golensky, M., & Hager, M. A. (2021). Strategic Leadership and Management in Nonprofit Organizations (Second edi). Oxford University Press is a department of the University of Oxford
  2. Harti. 2020. Studi Eksploratif Penerapan Penggunaan Sistem Belajar Online pada Mata Kuliah Salesmanship di Tengah Pandemi Covid 19 (Penelitian Kebijakan Fakultas/Jurusan Dana PNBP 2020)

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan Pengertian dan langkah-langkah Internship

Mampu menjelaskan Pengertian dan langkah- langkah Internship

Kriteria:

Laporan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan Pengertian dan langkah-langkah Internship
Pustaka: Argus, D., & Samson, D. (2020). Strategic Leadership for Business Value Creation Principles and Case Studies. In Springer . Springer Nature Singapore
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan Pengertian dan langkah-langkah Internship

Mampu menjelaskan Pengertian dan langkah- langkah Internship

Kriteria:

Laporan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan Pengertian dan langkah-langkah Internship
Pustaka: Argus, D., & Samson, D. (2020). Strategic Leadership for Business Value Creation Principles and Case Studies. In Springer . Springer Nature Singapore
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan cara menyusun rancangan kegiatan studi lapangan

Mendeskripsikan rancangan kegiatan studi lapangan

Kriteria:

Laporan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan cara menyusun rancangan kegiatan studi lapangan
Pustaka: Harti. 2020. Studi Eksploratif Penerapan Penggunaan Sistem Belajar Online pada Mata Kuliah Salesmanship di Tengah Pandemi Covid 19 (Penelitian Kebijakan Fakultas/Jurusan Dana PNBP 2020)
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan cara menyusun rancangan kegiatan studi lapangan

Mendeskripsikan rancangan kegiatan studi lapangan

Kriteria:

Laporan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan cara menyusun rancangan kegiatan studi lapangan
Pustaka: Harti. 2020. Studi Eksploratif Penerapan Penggunaan Sistem Belajar Online pada Mata Kuliah Salesmanship di Tengah Pandemi Covid 19 (Penelitian Kebijakan Fakultas/Jurusan Dana PNBP 2020)
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengidentifikasi stakeholder yang terlibat dalam studi lapangan

Mengidentifikasi stakeholder yang telibat

Kriteria:

Laporan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Mahasiswa mampu mengidentifikasi stakeholder yang terlibat dalam studi lapangan
Pustaka: Golensky, M., & Hager, M. A. (2021). Strategic Leadership and Management in Nonprofit Organizations (Second edi). Oxford University Press is a department of the University of Oxford
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mengidentifikasi stakeholder yang terlibat dalam studi lapangan

Mengidentifikasi stakeholder yang telibat

Kriteria:

Laporan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Mahasiswa mampu mengidentifikasi stakeholder yang terlibat dalam studi lapangan
Pustaka: Golensky, M., & Hager, M. A. (2021). Strategic Leadership and Management in Nonprofit Organizations (Second edi). Oxford University Press is a department of the University of Oxford
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep Supervision

Menjelaskan pengertian, karakteristik, dan contoh Supervision

Kriteria:

Laporan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep Supervision
Pustaka: Argus, D., & Samson, D. (2020). Strategic Leadership for Business Value Creation Principles and Case Studies. In Springer . Springer Nature Singapore
3%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
100 menit
UTS
100 menit
Materi: -
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan alat dan bahan studi lapangan

Mendeskripsikan alat dan bahan studi lapangan

Kriteria:

non test : Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan alat dan bahan studi lapangan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100
Materi: Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan alat dan bahan studi lapangan
Pustaka: Harti. 2020. Studi Eksploratif Penerapan Penggunaan Sistem Belajar Online pada Mata Kuliah Salesmanship di Tengah Pandemi Covid 19 (Penelitian Kebijakan Fakultas/Jurusan Dana PNBP 2020)
7%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan alat dan bahan studi lapangan

Mendeskripsikan alat dan bahan studi lapangan

Kriteria:

non test : Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan alat dan bahan studi lapangan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100
Materi: Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan alat dan bahan studi lapangan
Pustaka: Harti. 2020. Studi Eksploratif Penerapan Penggunaan Sistem Belajar Online pada Mata Kuliah Salesmanship di Tengah Pandemi Covid 19 (Penelitian Kebijakan Fakultas/Jurusan Dana PNBP 2020)
7%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep Development Artefact and Learning Materials

Menjelaskan pengertian, karakteristik, dan contoh Development Artefact and Learning Materials

Kriteria:

Laporan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep Development Artefact and Learning Materials
Pustaka: Golensky, M., & Hager, M. A. (2021). Strategic Leadership and Management in Nonprofit Organizations (Second edi). Oxford University Press is a department of the University of Oxford
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep Development Artefact and Learning Materials

Menjelaskan pengertian, karakteristik, dan contoh Development Artefact and Learning Materials

Kriteria:

non test : Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep Development Artefact and Learning Materials


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep Development Artefact and Learning Materials
Pustaka: Golensky, M., & Hager, M. A. (2021). Strategic Leadership and Management in Nonprofit Organizations (Second edi). Oxford University Press is a department of the University of Oxford
3%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami dan terampil menerapkan mengembangkan instrumen

  1. Menjelaskankan pengertian
  2. Mengidentifikas
  3. Mengembangkan instrumen
Kriteria:

Laporan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan terampil menerapkan mengembangkan instrumen
Pustaka: Golensky, M., & Hager, M. A. (2021). Strategic Leadership and Management in Nonprofit Organizations (Second edi). Oxford University Press is a department of the University of Oxford
3%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami dan terampil menerapkan mengembangkan instrumen

  1. Menjelaskankan pengertian
  2. Mengidentifikasi
  3. Mengembangkan instrumen
Kriteria:

Laporan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan terampil menerapkan mengembangkan instrumen
Pustaka: Golensky, M., & Hager, M. A. (2021). Strategic Leadership and Management in Nonprofit Organizations (Second edi). Oxford University Press is a department of the University of Oxford
3%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami dan terampil menerapkan mengembangkan contoh

  1. Menjelaskan pengertian
  2. Mengidentifikasi
  3. Terampil mengembangkan contoh
Kriteria:

Laporan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian
100 menit
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan terampil menerapkan mengembangkan contoh
Pustaka: Golensky, M., & Hager, M. A. (2021). Strategic Leadership and Management in Nonprofit Organizations (Second edi). Oxford University Press is a department of the University of Oxford
3%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
100 menit
UAS
100 menit
Materi: -
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.