
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Internship |
8710304113 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=8.96 |
3 |
8 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Luqman Hakim, S.Pd., S.E., M.SA.
|
Prof. Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd.
|
Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan ekonomi secara mandiri, bermutu dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
PLO-6 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja denga n pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dalam jangka pendek dan jangka panjang. |
PLO-7 |
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya |
PLO-8 |
Menguasai konsep dan prinsip pedagogi, didaktik dan ilmu ekonomika secara mendalam untuk melakukan perancangan, pengelolaan dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
PLO-9 |
Menguasai konsep teoritis perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi |
PLO-10 |
Menguasai konsep teoritis metode penelitian dan mempublikasikan hasilnya sehingga dapat dipergunakan untuk kepentingan pemecahan masalah dalam pembelajaran ekonomi |
PLO-11 |
Menguasai konsep dan prinsip pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan pembelajaran ekonomi |
PLO-12 |
Mampu merancang, menerapkan, mengembangkan dan mengevaluasi konsep pembelajaran ekonomi dan prinsip-prinsip dalam bidang ilmu Pendidikan Ekonomi secara efektif, efisien, kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutakhir dan tepat guna |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mengaplikasikan bidang keahlian ekonomi mikro intermediate dan memanfaatkan IPTEK dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terkait dengan ekonomi mikro intermediate (perilaku konsumen dan produsen, kondisi pasar, barang public, game theory dan kesejahteraan) baik secara teoritis serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
|
PO - 2 |
Menguasai konsep teoritis tentang ekonomi mikro intermediate (perilaku konsumen dan produsen, kondisi pasar, barang public, game theory dan kesejahteraan) secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah ekonomi mikro intermediate secara prosedural.
|
PO - 3 |
Mampu menganalisis pengambilan keputusan ekonomi mikro intermediate secara tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
|
PO - 4 |
Mata kuliah ini menjelaskan terkait perilaku konsumen dan produsen, kondisi pasar, barang public, game theory dan kesejahteraan
|
PO - 5 |
Memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya sebagai ciptaan Tuhan yang Maha Esa dalam menyelesaikan masalah ekonomi mikro intermediate.
|
PO - 6 |
Memiliki karakter Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh ( Idaman Jelita ) dalam menyelesaikan masalah ekonomi mikro intermediate.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PLO-11 | PLO-12 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-4 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-6 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini menjelaskan terkait perilaku konsumen dan produsen, fungsi produksi, kondisi pasar, barang public, game theory dan kesejahteraan. Pelaksanaan perkuliahan Metode pembelajaran yang digunakan adalah Cooperative Learning (CL) dan Problem BaseLearning (PBL) untuk menumbuhkan kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya sebagai ciptaan Tuhan yang Maha Esa, berdasarkan Karakter cerdas, teliti, dan tangguh dalam membahas teori ekonomi mikro intermediate. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Argus, D., & Samson, D. (2020). Strategic Leadership for Business Value Creation Principles and Case Studies. In Springer . Springer Nature Singapore
|
Pendukung : |
|
- Golensky, M., & Hager, M. A. (2021). Strategic Leadership and Management in Nonprofit Organizations (Second edi). Oxford University Press is a department of the University of Oxford
- Harti. 2020. Studi Eksploratif Penerapan Penggunaan Sistem Belajar Online pada Mata Kuliah Salesmanship di Tengah Pandemi Covid 19 (Penelitian Kebijakan Fakultas/Jurusan Dana PNBP 2020)
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan Pengertian dan langkah-langkah Internship |
Mampu menjelaskan Pengertian dan langkah- langkah Internship |
Kriteria:
Laporan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan Pengertian dan langkah-langkah Internship Pustaka: Argus, D., & Samson, D. (2020). Strategic Leadership for Business Value Creation Principles and Case Studies. In Springer . Springer Nature Singapore |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan Pengertian dan langkah-langkah Internship |
Mampu menjelaskan Pengertian dan langkah- langkah Internship |
Kriteria:
Laporan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan Pengertian dan langkah-langkah Internship Pustaka: Argus, D., & Samson, D. (2020). Strategic Leadership for Business Value Creation Principles and Case Studies. In Springer . Springer Nature Singapore |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan cara menyusun rancangan kegiatan studi lapangan |
Mendeskripsikan rancangan kegiatan studi lapangan |
Kriteria:
Laporan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan cara menyusun rancangan kegiatan studi lapangan Pustaka: Harti. 2020. Studi Eksploratif Penerapan Penggunaan Sistem Belajar Online pada Mata Kuliah Salesmanship di Tengah Pandemi Covid 19 (Penelitian Kebijakan Fakultas/Jurusan Dana PNBP 2020) |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan cara menyusun rancangan kegiatan studi lapangan |
Mendeskripsikan rancangan kegiatan studi lapangan |
Kriteria:
Laporan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan cara menyusun rancangan kegiatan studi lapangan Pustaka: Harti. 2020. Studi Eksploratif Penerapan Penggunaan Sistem Belajar Online pada Mata Kuliah Salesmanship di Tengah Pandemi Covid 19 (Penelitian Kebijakan Fakultas/Jurusan Dana PNBP 2020) |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi stakeholder yang terlibat dalam studi lapangan |
Mengidentifikasi stakeholder yang telibat |
Kriteria:
Laporan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Mahasiswa mampu mengidentifikasi stakeholder yang terlibat dalam studi lapangan Pustaka: Golensky, M., & Hager, M. A. (2021). Strategic Leadership and Management in Nonprofit Organizations (Second edi). Oxford University Press is a department of the University of Oxford |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi stakeholder yang terlibat dalam studi lapangan |
Mengidentifikasi stakeholder yang telibat |
Kriteria:
Laporan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Mahasiswa mampu mengidentifikasi stakeholder yang terlibat dalam studi lapangan Pustaka: Golensky, M., & Hager, M. A. (2021). Strategic Leadership and Management in Nonprofit Organizations (Second edi). Oxford University Press is a department of the University of Oxford |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep Supervision |
Menjelaskan pengertian, karakteristik, dan contoh Supervision |
Kriteria:
Laporan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep Supervision Pustaka: Argus, D., & Samson, D. (2020). Strategic Leadership for Business Value Creation Principles and Case Studies. In Springer . Springer Nature Singapore |
3% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 100 menit |
UTS 100 menit |
Materi: - Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan alat dan bahan studi lapangan |
Mendeskripsikan alat dan bahan studi lapangan |
Kriteria:
non test : Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan alat dan bahan studi lapangan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 |
Materi: Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan alat dan bahan studi lapangan Pustaka: Harti. 2020. Studi Eksploratif Penerapan Penggunaan Sistem Belajar Online pada Mata Kuliah Salesmanship di Tengah Pandemi Covid 19 (Penelitian Kebijakan Fakultas/Jurusan Dana PNBP 2020) |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan alat dan bahan studi lapangan |
Mendeskripsikan alat dan bahan studi lapangan |
Kriteria:
non test : Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan alat dan bahan studi lapangan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 |
Materi: Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan alat dan bahan studi lapangan Pustaka: Harti. 2020. Studi Eksploratif Penerapan Penggunaan Sistem Belajar Online pada Mata Kuliah Salesmanship di Tengah Pandemi Covid 19 (Penelitian Kebijakan Fakultas/Jurusan Dana PNBP 2020) |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep Development Artefact and Learning Materials |
Menjelaskan pengertian, karakteristik, dan contoh Development Artefact and Learning Materials |
Kriteria:
Laporan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 |
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep Development Artefact and Learning Materials Pustaka: Golensky, M., & Hager, M. A. (2021). Strategic Leadership and Management in Nonprofit Organizations (Second edi). Oxford University Press is a department of the University of Oxford |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep Development Artefact and Learning Materials |
Menjelaskan pengertian, karakteristik, dan contoh Development Artefact and Learning Materials |
Kriteria:
non test : Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep Development Artefact and Learning Materials Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep Development Artefact and Learning Materials Pustaka: Golensky, M., & Hager, M. A. (2021). Strategic Leadership and Management in Nonprofit Organizations (Second edi). Oxford University Press is a department of the University of Oxford |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami dan terampil menerapkan mengembangkan instrumen |
- Menjelaskankan pengertian
- Mengidentifikas
- Mengembangkan instrumen
|
Kriteria:
Laporan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan terampil menerapkan mengembangkan instrumen Pustaka: Golensky, M., & Hager, M. A. (2021). Strategic Leadership and Management in Nonprofit Organizations (Second edi). Oxford University Press is a department of the University of Oxford |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami dan terampil menerapkan mengembangkan instrumen |
- Menjelaskankan pengertian
- Mengidentifikasi
- Mengembangkan instrumen
|
Kriteria:
Laporan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan terampil menerapkan mengembangkan instrumen Pustaka: Golensky, M., & Hager, M. A. (2021). Strategic Leadership and Management in Nonprofit Organizations (Second edi). Oxford University Press is a department of the University of Oxford |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami dan terampil menerapkan mengembangkan contoh |
- Menjelaskan pengertian
- Mengidentifikasi
- Terampil mengembangkan contoh
|
Kriteria:
Laporan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Kuliah, Cooperative Learning, Menganalisis Studi kasus terkait bahan kajian 100 menit |
Materi: Mahasiswa mampu memahami dan terampil menerapkan mengembangkan contoh Pustaka: Golensky, M., & Hager, M. A. (2021). Strategic Leadership and Management in Nonprofit Organizations (Second edi). Oxford University Press is a department of the University of Oxford |
3% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 100 menit |
UAS 100 menit |
Materi: - Pustaka: |
30% |