
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Kurikulum |
8610302065 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
7 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Citra Fitri Kholidya, M.Pd.
|
Prof. Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd.
|
Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-9 |
Mampu menyelesaikan permasalahan pendidikan melalui kajian teknologi pendidikan/ pembelajaran secara multidispliner dengan memperhatikan faktor ekonomi, sosial kultural, teknologi informasi |
PLO-10 |
Mampu melakukan pendalaman dan perluasan program pendidikan, pembelajaran dan pelatihan untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset dengan multidisipliner |
PLO-11 |
Mampu menguasai pengetahuan tentang teori penerapan teknologi pendidikan/pembelajaran berdasarkan kawasan atau paradigma teknologi pendidikan/pembelajaran |
PLO-12 |
Mampu menguasai pengetahuan tentang teori penerapan program pendidikan dan pelatihan (teknologi kinerja); konsep umum pengembangan kurikulum, pembelajaran, sumber belajar melalui pendekatan multidisipliner, riset dan pengembangan teknologi pendidikan/pembelajaran/ pelatihan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, mendapat pengakuan nasional maupun internasional |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat menerapkan teori dan prinsip analisis kurikulum dalam konteks nyata untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (C3)
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat menganalisis struktur kurikulum yang ada dan mengidentifikasi kekuatan serta kelemahannya (C4)
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas kurikulum berdasarkan hasil belajar siswa dan standar pendidikan yang berlaku (C5)
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat menciptakan desain kurikulum yang inovatif yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan masa kini dan mendatang (C6)
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat menerapkan pendekatan multidisipliner dalam analisis dan pengembangan kurikulum (C3)
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat menganalisis dampak teknologi informasi terhadap desain dan implementasi kurikulum (C4)
|
PO - 7 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi dan mengintegrasikan aspek sosial-kultural dalam pengembangan kurikulum (C5)
|
PO - 8 |
Mahasiswa dapat menciptakan strategi penyebaran dan implementasi kurikulum yang efektif berdasarkan analisis kebutuhan dan kondisi lokal (C6)
|
PO - 9 |
Mahasiswa dapat menganalisis dan mengevaluasi peran pendidik dalam pengembangan dan penerapan kurikulum (C4, C5)
|
PO - 10 |
Mahasiswa dapat menciptakan metode evaluasi kurikulum yang adaptif dan responsif terhadap perubahan teknologi dan kebutuhan masyarakat (C6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-9 | PLO-10 | PLO-11 | PLO-12 | PO-1 | | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | ✔ | | | | PO-4 | | | ✔ | | PO-5 | | | | ✔ | PO-6 | | | | ✔ | PO-7 | | | ✔ | | PO-8 | | | | ✔ | PO-9 | | | ✔ | | PO-10 | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | ✔ | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-6 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | ✔ | | PO-7 | | | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | PO-8 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | PO-10 | | | | | | | | | ✔ | | | ✔ | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Analisis Kurikulum pada jenjang S2 program studi Teknologi Pendidikan bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep, teori, dan praktik terkait analisis kurikulum dalam konteks pendidikan. Mata kuliah ini mencakup pembahasan tentang berbagai pendekatan analisis kurikulum, metode evaluasi kurikulum, serta penerapan teknologi dalam proses analisis kurikulum. Mahasiswa akan diajak untuk mengkaji berbagai model kurikulum, menganalisis kebutuhan stakeholder dalam pengembangan kurikulum, serta merancang strategi evaluasi kurikulum yang efektif. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman mendalam tentang proses analisis kurikulum, peran teknologi dalam pengembangan kurikulum, serta keterkaitan antara analisis kurikulum dengan perbaikan mutu pendidikan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Cousins,J.B. dan L.M. Earl. 1992. The case for participatory evaluation. Educational Evaluation and Policy Analysis , 14,
- Daugherty,R. 1995. National curriculum assessment: a Review of policy 1987 – 1994 . London: The Palmer Press.
- Daugherty,E. 2001. Shifting Gears: Standards, assessment, curriculum, and instruction . Fulcom Publishers
|
Pendukung : |
|
- Forsyth,I., A. Jolliffe, dan D. Stevens (1999). Evaluating a course: Practical strategies for teachers, lecturers and trainers. Second Edition. London: Kogan Page.
- Garcia,G.E. dan P. D. Pearson (1994). Assessment and diversity.Review of Educational Research, 20.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. H. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd. Prof. Dr. Bachtiar Sjaiful Bachri, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan prinsip analisis kurikulum dalam konteks nyata untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. |
- teori analisis kurikulum diterapkan dengan tepat
- prinsip analisis kurikulum diimplementasikan secara efektif
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan analisis kurikulum dalam kasus nyata
|
Materi: Pengertian Analisis Kurikulum, Tujuan Analisis Kurikulum, Metode Analisis Kurikulum, Penerapan Analisis Kurikulum dalam Pembelajaran Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memahami definisi, tujuan dan fungsi ev. kurikulum |
memahami definisi, tujuan dan fungsi ev. kurikulum |
Kriteria:
memahami definisi, tujuan dan fungsi ev. kurikulum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami tentang landasan evaluasi kurikulum |
memahami tentang landasan evaluasi kurikulum |
Kriteria:
memahami tentang landasan evaluasi kurikulum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memahami kriteria evaluasi kurikulum berbasis kuantitatif |
memahami kriteria evaluasi kurikulum berbasis kuantitatif |
Kriteria:
memahami kriteria evaluasi kurikulum berbasis kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa memahami kriteria evaluasi kurikulum berbasis kualitatif |
memahami kriteria evaluasi kurikulum berbasis kualitatif |
Kriteria:
memahami kriteria evaluasi kurikulum berbasis kualitatif Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa memahami tentang ruang lingkup evaluasi kurikulum |
memahami tentang ruang lingkup evaluasi kurikulum |
Kriteria:
memahami tentang ruang lingkup evaluasi kurikulum Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mengevaluasi kurikulum model Taba |
mengevaluasi kurikulum model Taba |
Kriteria:
Mahasiswa mengevaluasi kurikulum model Taba Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mengevaluasi kurikulum OLIVA |
mengevaluasi kurikulum OLIVA |
Kriteria:
mengevaluasi kurikulum OLIVA Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mengevaluasi model kurikulum Print |
mengevaluasi model kurikulum Print |
Kriteria:
mengevaluasi model kurikulum Print Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa menganalisis standar kurikulum di ASIA |
menganalisis standar kurikulum di ASIA |
Kriteria:
menganalisis standar kurikulum di ASIA Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa menganalisis standar evaluasi kurikulum EROPA |
menganalisis standar evaluasi kurikulum EROPA |
Kriteria:
menganalisis standar evaluasi kurikulum EROPA Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa menganalisis tentang prinsip dan komponen pengembangan kurikulum di Afrika |
menganalisis tentang prinsip dan komponen pengembangan kurikulum di Afrika |
Kriteria:
menganalisis tentang prinsip dan komponen pengembangan kurikulum di Afrika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
|
menganalisis perkembangan kurikulum di AMERIKA |
Kriteria:
menganalisis perkembangan kurikulum di AMERIKA Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa menganalisis tentang pengembangan kurikulum di Australia |
menganalisis tentang pengembangan kurikulum di Australia |
Kriteria:
menganalisis tentang pengembangan kurikulum di Australia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
Membuat/menulis Karya Ilmiah hasil kajian tentang problematika pengembangan kurikulum yang dimuat/dipublish di media massa Cetak atau Elektronik atau Jurnal Ilmiah terakreditasi |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
|
|
15% |