Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Kurikulum

8610302065

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

7 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Citra Fitri Kholidya, M.Pd.




Prof. Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd.




Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-9

Mampu menyelesaikan permasalahan pendidikan melalui kajian teknologi pendidikan/ pembelajaran secara multidispliner dengan memperhatikan faktor ekonomi, sosial kultural, teknologi informasi

PLO-10

Mampu melakukan pendalaman dan perluasan program pendidikan, pembelajaran dan pelatihan untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset dengan multidisipliner

PLO-11

Mampu menguasai pengetahuan tentang teori penerapan teknologi pendidikan/pembelajaran berdasarkan kawasan atau paradigma teknologi pendidikan/pembelajaran

PLO-12

Mampu menguasai pengetahuan tentang teori penerapan program pendidikan dan pelatihan (teknologi kinerja); konsep umum pengembangan kurikulum, pembelajaran, sumber belajar melalui pendekatan multidisipliner, riset dan pengembangan teknologi pendidikan/pembelajaran/ pelatihan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, mendapat pengakuan nasional maupun internasional

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menerapkan teori dan prinsip analisis kurikulum dalam konteks nyata untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (C3)

PO - 2

Mahasiswa dapat menganalisis struktur kurikulum yang ada dan mengidentifikasi kekuatan serta kelemahannya (C4)

PO - 3

Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas kurikulum berdasarkan hasil belajar siswa dan standar pendidikan yang berlaku (C5)

PO - 4

Mahasiswa dapat menciptakan desain kurikulum yang inovatif yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan masa kini dan mendatang (C6)

PO - 5

Mahasiswa dapat menerapkan pendekatan multidisipliner dalam analisis dan pengembangan kurikulum (C3)

PO - 6

Mahasiswa dapat menganalisis dampak teknologi informasi terhadap desain dan implementasi kurikulum (C4)

PO - 7

Mahasiswa dapat mengevaluasi dan mengintegrasikan aspek sosial-kultural dalam pengembangan kurikulum (C5)

PO - 8

Mahasiswa dapat menciptakan strategi penyebaran dan implementasi kurikulum yang efektif berdasarkan analisis kebutuhan dan kondisi lokal (C6)

PO - 9

Mahasiswa dapat menganalisis dan mengevaluasi peran pendidik dalam pengembangan dan penerapan kurikulum (C4, C5)

PO - 10

Mahasiswa dapat menciptakan metode evaluasi kurikulum yang adaptif dan responsif terhadap perubahan teknologi dan kebutuhan masyarakat (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-9PLO-10PLO-11PLO-12
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   
PO-8   
PO-9   
PO-10   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Analisis Kurikulum pada jenjang S2 program studi Teknologi Pendidikan bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep, teori, dan praktik terkait analisis kurikulum dalam konteks pendidikan. Mata kuliah ini mencakup pembahasan tentang berbagai pendekatan analisis kurikulum, metode evaluasi kurikulum, serta penerapan teknologi dalam proses analisis kurikulum. Mahasiswa akan diajak untuk mengkaji berbagai model kurikulum, menganalisis kebutuhan stakeholder dalam pengembangan kurikulum, serta merancang strategi evaluasi kurikulum yang efektif. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman mendalam tentang proses analisis kurikulum, peran teknologi dalam pengembangan kurikulum, serta keterkaitan antara analisis kurikulum dengan perbaikan mutu pendidikan.

Pustaka

Utama :

  1. Cousins,J.B. dan L.M. Earl. 1992. The case for participatory evaluation. Educational Evaluation and Policy Analysis , 14,
  2. Daugherty,R. 1995. National curriculum assessment: a Review of policy 1987 – 1994 . London: The Palmer Press.
  3. Daugherty,E. 2001. Shifting Gears: Standards, assessment, curriculum, and instruction . Fulcom Publishers

Pendukung :

  1. Forsyth,I., A. Jolliffe, dan D. Stevens (1999). Evaluating a course: Practical strategies for teachers, lecturers and trainers. Second Edition. London: Kogan Page.
  2. Garcia,G.E. dan P. D. Pearson (1994). Assessment and diversity.Review of Educational Research, 20.

Dosen Pengampu

Dr. H. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd.

Prof. Dr. Bachtiar Sjaiful Bachri, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan prinsip analisis kurikulum dalam konteks nyata untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

  1. teori analisis kurikulum diterapkan dengan tepat
  2. prinsip analisis kurikulum diimplementasikan secara efektif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang penerapan analisis kurikulum dalam kasus nyata
Materi: Pengertian Analisis Kurikulum, Tujuan Analisis Kurikulum, Metode Analisis Kurikulum, Penerapan Analisis Kurikulum dalam Pembelajaran
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami definisi, tujuan dan fungsi ev. kurikulum

memahami definisi, tujuan dan fungsi ev. kurikulum

Kriteria:

memahami definisi, tujuan dan fungsi ev. kurikulum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami tentang landasan evaluasi kurikulum

memahami tentang landasan evaluasi kurikulum

Kriteria:

memahami tentang landasan evaluasi kurikulum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memahami kriteria evaluasi kurikulum berbasis kuantitatif

memahami kriteria evaluasi kurikulum berbasis kuantitatif

Kriteria:

memahami kriteria evaluasi kurikulum berbasis kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa memahami kriteria evaluasi kurikulum berbasis kualitatif

memahami kriteria evaluasi kurikulum berbasis kualitatif

Kriteria:

memahami kriteria evaluasi kurikulum berbasis kualitatif


Bentuk Penilaian :
Tes


5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa memahami tentang ruang lingkup evaluasi kurikulum

memahami tentang ruang lingkup evaluasi kurikulum

Kriteria:

memahami tentang ruang lingkup evaluasi kurikulum


Bentuk Penilaian :
Tes


5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mengevaluasi kurikulum model Taba

mengevaluasi kurikulum model Taba

Kriteria:

Mahasiswa mengevaluasi kurikulum model Taba


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Tes


15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mengevaluasi kurikulum OLIVA

mengevaluasi kurikulum OLIVA

Kriteria:

mengevaluasi kurikulum OLIVA


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mengevaluasi model kurikulum Print

mengevaluasi model kurikulum Print

Kriteria:

mengevaluasi model kurikulum Print


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa menganalisis standar kurikulum di ASIA

menganalisis standar kurikulum di ASIA

Kriteria:

menganalisis standar kurikulum di ASIA


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa menganalisis standar evaluasi kurikulum EROPA

menganalisis standar evaluasi kurikulum EROPA

Kriteria:

menganalisis standar evaluasi kurikulum EROPA


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa menganalisis tentang prinsip dan komponen pengembangan kurikulum di Afrika

menganalisis tentang prinsip dan komponen pengembangan kurikulum di Afrika

Kriteria:

menganalisis tentang prinsip dan komponen pengembangan kurikulum di Afrika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

14

Minggu ke 14

menganalisis perkembangan kurikulum di AMERIKA

Kriteria:

menganalisis perkembangan kurikulum di AMERIKA


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa menganalisis tentang pengembangan kurikulum di Australia

menganalisis tentang pengembangan kurikulum di Australia

Kriteria:

menganalisis tentang pengembangan kurikulum di Australia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

16

Minggu ke 16

Membuat/menulis Karya Ilmiah hasil kajian tentang problematika pengembangan kurikulum yang dimuat/dipublish di media massa Cetak atau Elektronik atau Jurnal Ilmiah terakreditasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio


15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 55%
2. Penilaian Portofolio 17.5%
3. Tes 27.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.