Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S2 Hukum

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen dan Regulasi Organissi Keolahragaan

7410802069

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

9 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. I Made Sriundi M., M.Pd.




Dr. Mieke Yusitia A.R.S., S.H., M.H.




Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab,bermoral, dan berintegritas

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menganalisis manajemen organisasi kelolahragaan sesuai dengan prinsip-prinsip hukum

PO - 2

Mahasiswa mampu mengalisis manajemen organisasi keolahragaan sesuai dengan perkembangan teori-teori hukum

PO - 3

mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam dan berintegritas dalam mengembangkan manajemen organisasi keolahragaan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dasar manajemen dan regulasi dalam konteks organisasi keolahragaan, termasuk perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengendalian, serta evaluasi.

Pustaka

Utama :

  1. Sembiring, U., Soegiyanto., Yudha, WD. 2020. Management of Sport Development Achievement of the Indonesian National Sports Committee Karo Regency, North Sumatra Provience. Jurnal Unnes. Vol.9 No.3
  2. Sulistyono, J. 2021. Implementasi Managemen Cabang Olahraga Para- Bulutangkis NPCI tahun 2021. Jurnal Abdimas FKIP UTP Vol. 02 No.02.
  3. 1. Sport Organisation dan Administration, 2014, E Eksten.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu teori olahraga dan manajemen

Mengidentifikasi kelemahan dan keterbatasan yang terdapat pada manajemen olahraga

Kriteria:

Mahasiswa mampu Menjelaskan pengertian teori olahraga dan manajemen 2.1.2. Mengidentifikasi tujuan dan fungsi manajemen oalahraga 3.1.3. Mengidentifikasi kelemahan dan keterbatasan yang terdapat pada manajemen olahraga


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

2

Minggu ke 2

Mampu teori olahraga dan manajemen

Mengidentifikasi tujuan dan fungsi manajemen oalahraga

Kriteria:

Mengidentifikasi tujuan dan fungsi manajemen oalahraga


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

3

Minggu ke 3

Mampu menganalisis prinsip organisasi dan klub olahraga

Mengevaluasi bentuk struktur organisasi yang telah dibuat/ada pada sebuah organisasi/klub


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

4

Minggu ke 4

Mampu mengalisis prinsip organisasi dan klub olahraga

Mengevaluasi bentuk struktur organisasi yang telah dibuat/ada pada sebuah organisasi/klub

Kriteria:

Mengevaluasi bentuk struktur organisasi yang telah dibuat/ada pada sebuah organisasi/klub


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

5

Minggu ke 5

  1. Mampu menguasai konsep grup dalam klub olahraga
  2. Mampu menguasai konsep grup dalam klub olahraga

.Menjela kan pengertian grup dan klub olahraga

Kriteria:

Menjela kan pengertian grup dan klub olahraga


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

6

Minggu ke 6

ampu menguasai konsep grup dalam klub olahraga

pengertian grup dan klub olahraga

Kriteria:

pengertian grup dan klub olahraga


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

7

Minggu ke 7


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

8

Minggu ke 8

mampu menyelesaikan soal-soal Ujian Tengah Semester


Bentuk Penilaian :
Tes
offline

0%

9

Minggu ke 9

M a m p u m e n g u a s ai konflik di klub olahraga

.M e n g e v alu a si hasil simulasi konflik dalamsebuah organisas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

10

Minggu ke 10

M a m p u m e n g u a s ai konflik di klub olahraga

.M e n g e v alu a si hasil simulasi konflik dalamsebuah organisasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

11

Minggu ke 11

M a m p u m e n g u a s ai konflik di klub olahraga

.M e n g e v alu a si hasil simulasi konflik dalamsebuah organisasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Hybrid

0%

12

Minggu ke 12

M a m p u m e n g u a s ai konsep administrasi pelatih dan orang tu a

M e m a h a mi aspek perkembangan keilmuan anak didik kepada or a n g t u a 6.4.M e m a h a mi permasalahan orang tua

Kriteria:

M e m a h a mi aspek perkembangan keilmuan anak didik kepada or a n g t u a 6.4.M e m a h a mi permasalahan orang tua


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

13

Minggu ke 13

M a m p u m e n g a n alisis a d minis t r a si keuangan d ala m o r g a nis a si ola h r a g a

Mengevaluasi proposal sponsorhip untuk sebuah event olahraga

Kriteria:

Mengevaluasi proposal sponsorhip untuk sebuah event olahraga


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

14

Minggu ke 14

M a m p u m e n g a n alisis m a n aje m e n r e sik o d a n e v e n t / k e gia t a n y a n g dia d a k a n ole h s e b u a h o r g a nis a si olahraga

.M e n g a n alisis p e n y ele n g g a r a a n a c a r a k e ola h r g a a n


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

15

Minggu ke 15

M a m p u m e n g a n alisis m a n aje m e n r e sik o d a n e v e n t / k e gia t a n y a n g dia d a k a n ole h s e b u a h o r g a nis a si olahraga

M e n g a n alisis p e n y ele n g g a r a a n a c a r a k e ola h r g a a


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
hybrid

0%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menyelesaikan soal-soal Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes
offline

Materi: semua materi perkuliahan dari pertemuan ke 9 sampai pertemuan ke 15
Pustaka: Sulistyono, J. 2021. Implementasi Managemen Cabang Olahraga Para- Bulutangkis NPCI tahun 2021. Jurnal Abdimas FKIP UTP Vol. 02 No.02.
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.