Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Ilmu Komunikasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Komunikasi Keluarga

7020103141

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

14 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Teguh Dwi Putranto, M.Med.Kom.




Dr. Teguh Dwi Putranto, M.Med.Kom.




ANAM MIFTAKHUL HUDA

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami dinamika komunikasi dalam keluarga dengan menggunakan perspektif interpersonal dan sistemik, termasuk faktor yang memengaruhi kedekatan, konflik, dan identitas keluarga.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis sikap empati, keterbukaan, dan penghargaan terhadap keragaman pola komunikasi keluarga, termasuk perbedaan budaya, generasi, dan latar belakang sosial.

PO - 3

Mahasiswa mampu merancang strategi komunikasi keluarga yang efektif untuk membangun kedekatan emosional, menyelesaikan konflik, dan menghadapi tantangan transisi kehidupan keluarga.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas proses komunikasi yang terjadi dalam konteks keluarga, baik dari sudut pandang interpersonal maupun sistemik. Mahasiswa akan mempelajari dinamika komunikasi antara anggota keluarga, termasuk komunikasi antara pasangan, orang tua dan anak, serta hubungan antar saudara. Selain itu, mata kuliah ini juga mengkaji peran komunikasi dalam membentuk identitas keluarga, menyelesaikan konflik, membangun kedekatan emosional, serta menghadapi berbagai tantangan keluarga seperti perceraian, perbedaan budaya, dan transisi kehidupan.

Pustaka

Utama :

  1. Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge.
  2. Vangelisti, A. L. (Ed.). (2022). Routledge Handbook of Family Communication (Third Edition). New York: Routledge.
  3. Diggs, R. C., & Socha, T. J. (Eds.). (2023). Family communication and cultural transformation:(Re) awakening legacies of equality, social justice, freedom, and hope. Taylor & Francis.
  4. Manning, J., Allen, J., & Denker, K. J. (Eds.). (2022). Family Communication as... Exploring Metaphors for Family Communication. John Wiley & Sons.
  5. DeVito, J. A., & DeVito, J. (2019). The interpersonal communication book. Instructor, 1(18), 521-532.
  6. Fitzpatrick, M. A., & Vangelisti, A. L. (Eds.). (1995). Explaining family interactions. Sage Publications.

Pendukung :

  1. Yoanita, D. (2022). Pola komunikasi keluarga di mata Generasi Z. Scriptura, 12(1), 33-42.
  2. Purnomo, E., Jermaina, N., Hambali, B., Amirudin, A., Cahyani, F. I., Dermawan, A., & Ningrum, D. T. M. (2024). Sports participation, family communication and positive youth development. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 12(4), 663-670.
  3. Monica, F. G., & Putranto, T. D. (2025). Dinamika Komunikasi Interpersonal dan Keharmonisan Keluarga: Tinjauan Sistematis Berbasis PRISMA. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(3), 552-565.
  4. Firmannandya, A., Prasetyo, B. D., & Safitri, R. (2021). The effect of playing online games on family communication pattern. Jurnal Studi Komunikasi, 5(2), 336-348.

Dosen Pengampu

DWI PRASETYO

TEGUH DWI PUTRANTO

ADE FIRMANNANDYA

Ade Firmannandya, S.I.Kom., M.I.Kom.

Ade Firmannandya, S.I.Kom., M.I.Kom.

Dr. Teguh Dwi Putranto, S.Pd., S.I.Kom., M.Med.Kom.

Dr. Teguh Dwi Putranto, S.Pd., S.I.Kom., M.Med.Kom.

Dr. Dwi Prasetyo, S.Sos., M.PSDM.

Dr. Dwi Prasetyo, S.Sos., M.PSDM.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengikuti perkuliahan sesuai kontrak perkuliahan yang telah disepakati bersama.

Menyetujui kontrak perkuliahan pada mata kuliah komunikasi keluarga.

Kriteria:

Hadir selama perkuliahan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah & Diskusi
3 x 50

Materi: Introduction to the Family
Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge.
5%

2

Minggu ke 2

Memahami kerangka kerja dalam komunikasi keluarga.

Mendefinisikan ulang kerangka kerja dalam komunikasi keluarga.

Kriteria:

Aktif bertanya selama perkuliahan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah & Diskusi
3 x 50

Materi: Family Interactions
Pustaka: Fitzpatrick, M. A., & Vangelisti, A. L. (Eds.). (1995). Explaining family interactions. Sage Publications.

Materi: Framework for Family Communication
Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge.
5%

3

Minggu ke 3

Memahami teori-teori dalam komunikasi keluarga.

Mendefinisikan ulang kerangka kerja dalam komunikasi keluarga.

Kriteria:

Aktif bertanya selama perkuliahan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah & Diskusi
3 x 50

Materi: Family Theories
Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge.

Materi: Interpersonal Communication
Pustaka: DeVito, J. A., & DeVito, J. (2019). The interpersonal communication book. Instructor, 1(18), 521-532.
5%

4

Minggu ke 4

Memahami pola komunikasi dan pembentukan identitas keluarga.

Mendefinisikan ulang pola komunikasi keluarga dan pembentukan identitas keluarga.

Kriteria:

Aktif bertanya selama perkuliahan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah & Diskusi
3 x 50

Materi: Communication Patterns and the Creation of Family Identity
Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge.

Materi: Family Communication Processes
Pustaka: Vangelisti, A. L. (Ed.). (2022). Routledge Handbook of Family Communication (Third Edition). New York: Routledge.

Materi: Communication Patterns
Pustaka: Firmannandya, A., Prasetyo, B. D., & Safitri, R. (2021). The effect of playing online games on family communication pattern. Jurnal Studi Komunikasi, 5(2), 336-348.

Materi: Communication Patterns
Pustaka: Yoanita, D. (2022). Pola komunikasi keluarga di mata Generasi Z. Scriptura, 12(1), 33-42.
5%

5

Minggu ke 5

Memahami upaya pemeliharaan hubungan dalam keluarga.

Mendefinisikan ulang upaya pemeliharaan hubungan dalam keluarga.

Kriteria:

Aktif bertanya selama perkuliahan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah & Diskusi
3 x 50

Materi: Relational Maintenance within Families
Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge.
5%

6

Minggu ke 6

Menganalisis kekompakan dalam hubungan pasangan dan keluarga.

Menganalisis permasalahan yang berkaitan dengan kekompakan dalam hubungan pasangan dan keluarga.

Kriteria:

Aktif bertanya selama perkuliahan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah & Diskusi
3 x 50

Materi: Intimacy within Partnerships and Families
Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge.

Materi: Sports Participation & Family Communication
Pustaka: Purnomo, E., Jermaina, N., Hambali, B., Amirudin, A., Cahyani, F. I., Dermawan, A., & Ningrum, D. T. M. (2024). Sports participation, family communication and positive youth development. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 12(4), 663-670.
5%

7

Minggu ke 7

Menganalisis jenis dan peran komunikasi dan keluarga.

Menganalisis permasalahan yang berkaitan dengan jenis dan peran komunikasi dan keluarga.

Kriteria:

Aktif bertanya selama perkuliahan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah & Diskusi
3 x 50

Materi: Communication and Family Roles and Types
Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Menganalisis permasalahan yang terjadi dalam konteks komunikasi keluarga.

Kriteria:

Kritis dalam menganalisis studi kasus.


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
3 x 50

Materi: Materi pertemuan 1 - 7
Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge.
10%

9

Minggu ke 9

Merancang strategi komunikasi dalam konflik keluarga.

Membuat strategi komunikasi dalam konflik keluarga.

Kriteria:

Aktif bertanya selama perkuliahan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
3 x 50

Materi: Komunikasi dan Konflik Keluarga
Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge.

Materi: Interpersonal Communication
Pustaka: Monica, F. G., & Putranto, T. D. (2025). Dinamika Komunikasi Interpersonal dan Keharmonisan Keluarga: Tinjauan Sistematis Berbasis PRISMA. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(3), 552-565.
5%

10

Minggu ke 10

Merancang strategi komunikasi dalam konflik keluarga.

Membuat strategi komunikasi dalam konflik keluarga.

Kriteria:

Aktif bertanya selama perkuliahan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
3 x 50

Materi: Komunikasi dan Konflik Keluarga
Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge.

Materi: Interpersonal Communication
Pustaka: Monica, F. G., & Putranto, T. D. (2025). Dinamika Komunikasi Interpersonal dan Keharmonisan Keluarga: Tinjauan Sistematis Berbasis PRISMA. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(3), 552-565.
5%

11

Minggu ke 11

Merancang strategi komunikasi dalam berbagai bentuk keluarga.

Merancang strategi komunikasi dalam berbagai bentuk keluarga.

Kriteria:

Aktif bertanya selama perkuliahan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
3 x 50

Materi: Communication in Various Family Forms
Pustaka: Vangelisti, A. L. (Ed.). (2022). Routledge Handbook of Family Communication (Third Edition). New York: Routledge.
5%

12

Minggu ke 12

Merancang strategi komunikasi dalam berbagai bentuk keluarga.

Merancang strategi komunikasi dalam berbagai bentuk keluarga.

Kriteria:

Aktif bertanya selama perkuliahan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
3 x 50

Materi: Communication in Various Family Forms
Pustaka: Vangelisti, A. L. (Ed.). (2022). Routledge Handbook of Family Communication (Third Edition). New York: Routledge.
5%

13

Minggu ke 13

Merancang strategi komunikasi dalam masalah keluarga kontemporer.

Merancang strategi komunikasi dalam masalah keluarga kontemporer.

Kriteria:

Aktif bertanya selama perkuliahan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
3 x 50

Materi: Communication and Contemporary Family Issues
Pustaka: Vangelisti, A. L. (Ed.). (2022). Routledge Handbook of Family Communication (Third Edition). New York: Routledge.
5%

14

Minggu ke 14

Merancang strategi komunikasi dalam masalah keluarga kontemporer.

Merancang strategi komunikasi dalam masalah keluarga kontemporer.

Kriteria:

Aktif bertanya selama perkuliahan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
3 x 50

Materi: Communication and Contemporary Family Issues
Pustaka: Vangelisti, A. L. (Ed.). (2022). Routledge Handbook of Family Communication (Third Edition). New York: Routledge.
5%

15

Minggu ke 15

Merancang strategi komunikasi dalam masalah keluarga kontemporer.

Merancang strategi komunikasi dalam masalah keluarga kontemporer.

Kriteria:

Aktif bertanya selama perkuliahan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
3 x 50

Materi: Communication and Contemporary Family Issues
Pustaka: Vangelisti, A. L. (Ed.). (2022). Routledge Handbook of Family Communication (Third Edition). New York: Routledge.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Membuat rancangan strategi komunikasi keluarga berdasarkan permasalahan yang ditemui.

Kriteria:

Membuat strategi komunikasi yang kreatif.


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
3 x 50

Materi: Materi pertemuan 9 - 16
Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 70%
2. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.