
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Ilmu Komunikasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Komunikasi Keluarga |
7020103141 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
14 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Teguh Dwi Putranto, M.Med.Kom.
|
Dr. Teguh Dwi Putranto, M.Med.Kom.
|
ANAM MIFTAKHUL HUDA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami dinamika komunikasi dalam keluarga dengan menggunakan perspektif interpersonal dan sistemik, termasuk faktor yang memengaruhi kedekatan, konflik, dan identitas keluarga.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis sikap empati, keterbukaan, dan penghargaan terhadap keragaman pola komunikasi keluarga, termasuk perbedaan budaya, generasi, dan latar belakang sosial.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merancang strategi komunikasi keluarga yang efektif untuk membangun kedekatan emosional, menyelesaikan konflik, dan menghadapi tantangan transisi kehidupan keluarga.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas proses komunikasi yang terjadi dalam konteks keluarga, baik dari sudut pandang interpersonal maupun sistemik. Mahasiswa akan mempelajari dinamika komunikasi antara anggota keluarga, termasuk komunikasi antara pasangan, orang tua dan anak, serta hubungan antar saudara. Selain itu, mata kuliah ini juga mengkaji peran komunikasi dalam membentuk identitas keluarga, menyelesaikan konflik, membangun kedekatan emosional, serta menghadapi berbagai tantangan keluarga seperti perceraian, perbedaan budaya, dan transisi kehidupan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge.
- Vangelisti, A. L. (Ed.). (2022). Routledge Handbook of Family Communication (Third Edition). New York: Routledge.
- Diggs, R. C., & Socha, T. J. (Eds.). (2023). Family communication and cultural transformation:(Re) awakening legacies of equality, social justice, freedom, and hope. Taylor & Francis.
- Manning, J., Allen, J., & Denker, K. J. (Eds.). (2022). Family Communication as... Exploring Metaphors for Family Communication. John Wiley & Sons.
- DeVito, J. A., & DeVito, J. (2019). The interpersonal communication book. Instructor, 1(18), 521-532.
- Fitzpatrick, M. A., & Vangelisti, A. L. (Eds.). (1995). Explaining family interactions. Sage Publications.
|
Pendukung : |
|
- Yoanita, D. (2022). Pola komunikasi keluarga di mata Generasi Z. Scriptura, 12(1), 33-42.
- Purnomo, E., Jermaina, N., Hambali, B., Amirudin, A., Cahyani, F. I., Dermawan, A., & Ningrum, D. T. M. (2024). Sports participation, family communication and positive youth development. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 12(4), 663-670.
- Monica, F. G., & Putranto, T. D. (2025). Dinamika Komunikasi Interpersonal dan Keharmonisan Keluarga: Tinjauan Sistematis Berbasis PRISMA. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(3), 552-565.
- Firmannandya, A., Prasetyo, B. D., & Safitri, R. (2021). The effect of playing online games on family communication pattern. Jurnal Studi Komunikasi, 5(2), 336-348.
|
Dosen Pengampu
|
DWI PRASETYO TEGUH DWI PUTRANTO ADE FIRMANNANDYA Ade Firmannandya, S.I.Kom., M.I.Kom. Ade Firmannandya, S.I.Kom., M.I.Kom. Dr. Teguh Dwi Putranto, S.Pd., S.I.Kom., M.Med.Kom. Dr. Teguh Dwi Putranto, S.Pd., S.I.Kom., M.Med.Kom. Dr. Dwi Prasetyo, S.Sos., M.PSDM. Dr. Dwi Prasetyo, S.Sos., M.PSDM. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengikuti perkuliahan sesuai kontrak perkuliahan yang telah disepakati bersama. |
Menyetujui kontrak perkuliahan pada mata kuliah komunikasi keluarga. |
Kriteria:
Hadir selama perkuliahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah & Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Introduction to the Family Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami kerangka kerja dalam komunikasi keluarga. |
Mendefinisikan ulang kerangka kerja dalam komunikasi keluarga. |
Kriteria:
Aktif bertanya selama perkuliahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah & Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Family Interactions Pustaka: Fitzpatrick, M. A., & Vangelisti, A. L. (Eds.). (1995). Explaining family interactions. Sage Publications. Materi: Framework for Family Communication Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami teori-teori dalam komunikasi keluarga. |
Mendefinisikan ulang kerangka kerja dalam komunikasi keluarga. |
Kriteria:
Aktif bertanya selama perkuliahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah & Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Family Theories Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge. Materi: Interpersonal Communication Pustaka: DeVito, J. A., & DeVito, J. (2019). The interpersonal communication book. Instructor, 1(18), 521-532. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami pola komunikasi dan pembentukan identitas keluarga. |
Mendefinisikan ulang pola komunikasi keluarga dan pembentukan identitas keluarga. |
Kriteria:
Aktif bertanya selama perkuliahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah & Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Communication Patterns and the Creation of Family Identity Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge. Materi: Family Communication Processes Pustaka: Vangelisti, A. L. (Ed.). (2022). Routledge Handbook of Family Communication (Third Edition). New York: Routledge. Materi: Communication Patterns Pustaka: Firmannandya, A., Prasetyo, B. D., & Safitri, R. (2021). The effect of playing online games on family communication pattern. Jurnal Studi Komunikasi, 5(2), 336-348. Materi: Communication Patterns Pustaka: Yoanita, D. (2022). Pola komunikasi keluarga di mata Generasi Z. Scriptura, 12(1), 33-42. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami upaya pemeliharaan hubungan dalam keluarga. |
Mendefinisikan ulang upaya pemeliharaan hubungan dalam keluarga. |
Kriteria:
Aktif bertanya selama perkuliahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah & Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Relational Maintenance within Families Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis kekompakan dalam hubungan pasangan dan keluarga. |
Menganalisis permasalahan yang berkaitan dengan kekompakan dalam hubungan pasangan dan keluarga. |
Kriteria:
Aktif bertanya selama perkuliahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah & Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Intimacy within Partnerships and Families Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge. Materi: Sports Participation & Family Communication Pustaka: Purnomo, E., Jermaina, N., Hambali, B., Amirudin, A., Cahyani, F. I., Dermawan, A., & Ningrum, D. T. M. (2024). Sports participation, family communication and positive youth development. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 12(4), 663-670. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis jenis dan peran komunikasi dan keluarga. |
Menganalisis permasalahan yang berkaitan dengan jenis dan peran komunikasi dan keluarga. |
Kriteria:
Aktif bertanya selama perkuliahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah & Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Communication and Family Roles and Types Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Menganalisis permasalahan yang terjadi dalam konteks komunikasi keluarga. |
Kriteria:
Kritis dalam menganalisis studi kasus. Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 3 x 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 1 - 7 Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Merancang strategi komunikasi dalam konflik keluarga. |
Membuat strategi komunikasi dalam konflik keluarga. |
Kriteria:
Aktif bertanya selama perkuliahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Komunikasi dan Konflik Keluarga Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge. Materi: Interpersonal Communication Pustaka: Monica, F. G., & Putranto, T. D. (2025). Dinamika Komunikasi Interpersonal dan Keharmonisan Keluarga: Tinjauan Sistematis Berbasis PRISMA. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(3), 552-565. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Merancang strategi komunikasi dalam konflik keluarga. |
Membuat strategi komunikasi dalam konflik keluarga. |
Kriteria:
Aktif bertanya selama perkuliahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Komunikasi dan Konflik Keluarga Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge. Materi: Interpersonal Communication Pustaka: Monica, F. G., & Putranto, T. D. (2025). Dinamika Komunikasi Interpersonal dan Keharmonisan Keluarga: Tinjauan Sistematis Berbasis PRISMA. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(3), 552-565. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Merancang strategi komunikasi dalam berbagai bentuk keluarga. |
Merancang strategi komunikasi dalam berbagai bentuk keluarga. |
Kriteria:
Aktif bertanya selama perkuliahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Communication in Various Family Forms Pustaka: Vangelisti, A. L. (Ed.). (2022). Routledge Handbook of Family Communication (Third Edition). New York: Routledge. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Merancang strategi komunikasi dalam berbagai bentuk keluarga. |
Merancang strategi komunikasi dalam berbagai bentuk keluarga. |
Kriteria:
Aktif bertanya selama perkuliahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Communication in Various Family Forms Pustaka: Vangelisti, A. L. (Ed.). (2022). Routledge Handbook of Family Communication (Third Edition). New York: Routledge. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Merancang strategi komunikasi dalam masalah keluarga kontemporer. |
Merancang strategi komunikasi dalam masalah keluarga kontemporer. |
Kriteria:
Aktif bertanya selama perkuliahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Communication and Contemporary Family Issues Pustaka: Vangelisti, A. L. (Ed.). (2022). Routledge Handbook of Family Communication (Third Edition). New York: Routledge. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Merancang strategi komunikasi dalam masalah keluarga kontemporer. |
Merancang strategi komunikasi dalam masalah keluarga kontemporer. |
Kriteria:
Aktif bertanya selama perkuliahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Communication and Contemporary Family Issues Pustaka: Vangelisti, A. L. (Ed.). (2022). Routledge Handbook of Family Communication (Third Edition). New York: Routledge. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Merancang strategi komunikasi dalam masalah keluarga kontemporer. |
Merancang strategi komunikasi dalam masalah keluarga kontemporer. |
Kriteria:
Aktif bertanya selama perkuliahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Communication and Contemporary Family Issues Pustaka: Vangelisti, A. L. (Ed.). (2022). Routledge Handbook of Family Communication (Third Edition). New York: Routledge. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Membuat rancangan strategi komunikasi keluarga berdasarkan permasalahan yang ditemui. |
Kriteria:
Membuat strategi komunikasi yang kreatif. Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 3 x 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 9 - 16 Pustaka: Braithwaite, D, O.,Schrodt, P., Warner, C., Galvin, K, M. (2025). Family communication: Cohesion and change (Eleventh Edition). New York: Routledge. |
20% |