
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Language and Literature Education Seminar 2 |
8800104147 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=10.08 |
2 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
mampu menguasai kebijakan dan pengelolaan pembelajaran bahasa dan sastra |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memanfaatkan ipteks untuk menyusun konten bab I proposal disertasi
|
PO - 2 |
Menguasai konsep teoretis aspek-aspek dan konten bab III proposal disertasi
|
PO - 3 |
Mengambil keputusan strategis dalam konteks penyelesaian bab III proposal disertasi
|
PO - 4 |
Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas yang terkait dengan penyelesaian bab III proposal disertasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | | | | ✔ | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Penggunaan teori dan hasil penelitian yang relevan dengan topik penelitian disertasi untuk penyusunan metode penelitian disertasi secara fundamental, komprehensif, integratif, dan konstruktif. Topik mata kuliah ini meliputi pengajian unsur-unsur wajib dan opsional metode penelitian dan kontennya, perbedaan gaya ungkap proposal dan laporan penelitian, dan praktik penyusunan bab III proposal disertasi melalui belajar mandiri, presentasi, diskusi, atau pun publikasi dengan produk akhir berupa bab III yang dapat disertai makalah atau artikel |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.
- Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). Qualitative research: A guide to design and implementation (4th ed.). Jossey-Bass.
|
Pendukung : |
|
- Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications.
- Creswell, John W., & Poth, Cheryl N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
- Richards, Lyn, & Morse, Janice M. (2013). README FIRST for a User's Guide to Qualitative Methods (3rd ed.). SAGE Publications.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D. Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. Dr. Widyastuti, S.S., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu mengidentifikasi permasalahan dalam penulisan disertasi |
Mampu menuliskan dan mengidentifikasi masalah penulisan disertasi untuk kepentingan penyelesaian tugas akhir |
Kriteria:
Mampu menuliskan dan mengidentifikasi masalah penulisan disertasi untuk kepentingan penyelesaian tugas akhir Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Offline 2 x 50 |
|
Materi: How to write a better proposal Pustaka: Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications. Materi: Research Publication Pustaka: Creswell, John W., & Poth, Cheryl N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mengidentifikasi permasalahan dalam penulisan disertasi yang dituangkan dalam beberapa pertanyaan penelitian dan thesis statement |
Mahasiswa mampu menyusun rumusan masalah penelitian yang teoritis, filosofis, dan pedagogis |
Kriteria:
Mampu menuangkan gagasan dalam pertanyaan penelitian yang baik dan berkualitas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 x 50 |
|
Materi: How to start a good research Pustaka: Creswell, John W., & Poth, Cheryl N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menyusun bab I disertasi yang berbobot dan berkualitas dengan mempertimbangkan rangkaian teoretis, filosofis, dan pedagogis penelitian |
Mampu menyelesakan Bab I proposal disertasi dengan baik dan benar sesuai panduan |
Kriteria:
Mampu menyusun tiap bagian dari Bab I disertasi dengan baik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Offline 2 x 50 |
|
Materi: How to do draw out a good research question Pustaka: Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menyusun bab II proposal disertasi |
Mahasiswa mampu menyusun bab II proposal disertasi dengan baik dan benar sesuai buku pedoman |
Kriteria:
Mampu menyusun Bab II proposal disertasi dengan memperhatikan aspek teoritis, filosofis dan pedagogis proposal disertasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 x 50 |
|
Materi: How to write theoretical framework Pustaka: Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Menyusun Bab II proposal disertasi dengan baik dan benar sesuai dengan buku pedoman dan sesuai dengan standart kualitas disertasi |
Mampu menyusun kerangka teoritis proposal disertasi yang berkualitas dan sesuai dengan kerangka teoretis yang dapat dilaksanakan dengan baik dan mudah dilaksanakan |
Kriteria:
Mampu menyusun kerangka teoretis Bab II disertasi yang baik dan benar sesuai buku panduan disertasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 x 50 |
|
Materi: How to cite and recite a reference for a better theoretical framework Pustaka: Richards, Lyn, & Morse, Janice M. (2013). README FIRST for a User's Guide to Qualitative Methods (3rd ed.). SAGE Publications. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menfinalisasi kerangka teoritis bab II disertasi sesuai dengan standart penulisn disertasi yang memperhatikan aspek teoritis, filosofis dan pedagogis |
Mampu menghasilkan kerangka teoritis disertasi yang baik dan sesuai dengan kerangka teoritis, filosofis dan pedagogis dalam menyusun disertasi |
Kriteria:
Menghasilkan bab II yang baik dan sesuai pedoman penulisan disertasi dengan kriteria yang baik dan benar serta dapat dilaksanakan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 x 50 |
|
Materi: How to select a theoretical framework for a good research Pustaka: Richards, Lyn, & Morse, Janice M. (2013). README FIRST for a User's Guide to Qualitative Methods (3rd ed.). SAGE Publications. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menyusun bab III proposal disertasi yang baik dan benar sesuai dengan panduan penulisan disertasi |
Mampu menghasilkan Bab III proposal disertasi yang baik dan benar dan dapat dilaksanakan |
Kriteria:
Bab III yang dapat dilaksanakan dan dapat direplikasi di kemudian hari langkah kerjanya Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
|
Materi: How to determine a research method for a good research Pustaka: Creswell, John W., & Poth, Cheryl N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications. |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu menghasilkan metode penelitian yang dapat dilaksanakan dan mudah diterapkan sesuai dengan langkah kerja teoritis |
Mampu menuangkan gagasan dalam menyusun metode penelitian yang dapat dilaksanakan dan mudah diterapkan |
Kriteria:
Mampu menuangkan gagasan dalam menyusun metode penelitian yang dapat dilaksanakan dan mudah diterapkan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline dan presentasi 2 x 50 |
|
Materi: Steps in determining a research method Pustaka: Creswell, John W., & Poth, Cheryl N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications. |
4% |
9
Minggu ke 9 |
Menentukan hipotesis dan asumsi penelitian yang baik dan benar |
Mampu menuangkan gagasan dalam menentukan hipotesis dan asumsi penelitian |
Kriteria:
Hipotesis dan asumsi penelitian yang mudah dipahami dan dapat dilaksanakan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 x 50 |
|
Materi: Hypothesis and Asumptions in a good research Pustaka: Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menentukan subyek dan obyek penelitian |
Mampu menentukan subyek dan obyek penelitian dengan tepat, baik dan benar |
Kriteria:
Menentukan subyek dan obyek penelitian yang tepat dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 x 50 |
|
Materi: Subject and Object of the research Pustaka: Creswell, John W., & Poth, Cheryl N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menentukan langkah kerja penelitian secara operasional berbasis teori dan hipotesis dan asumsi penelitian |
Mampu menyusun langkah kerja penelitian yang baik dan benar sesuai teori yang telah disusun di Bab II |
Kriteria:
Menghasilkan langkah kerja yang terstruktur dengan baik sesuai teori dan state of the art penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Offline 2 x 50 |
|
Materi: Steps in determining a research methodology Pustaka: Richards, Lyn, & Morse, Janice M. (2013). README FIRST for a User's Guide to Qualitative Methods (3rd ed.). SAGE Publications. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menyusun proposal disertasi secara komprehensif, baik, dan mudah dilakukan |
Menghasilkan proposal dari mulai bab I, II dan III yang terstruktur dengan baik |
Kriteria:
Menghasilkan proposal dari mulai bab I, II dan III yang terstruktur dengan baik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Offline 2 x 50 |
|
Materi: How to determine good method in writing a reseaerch proposal Pustaka: Richards, Lyn, & Morse, Janice M. (2013). README FIRST for a User's Guide to Qualitative Methods (3rd ed.). SAGE Publications. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Melaporkan hasil penulisan proposal disertasi dan mampu mempertanggungjawabkannya dengan baik |
Mampu mempresentasikan proposal penelitian dengan baik dan mempertahankan argumen secara teoritis, filosofis, dan pedagogis |
Kriteria:
Mampu menuangkan gagasan dalam proposal dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 x 50 |
|
Materi: How to prepare a research proposal Pustaka: Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Melaporkan hasil penulisan proposal disertasi dan mampu mempertanggungjawabkannya dengan baik |
Mampu mempresentasikan proposal penelitian dengan baik dan mempertahankan argumen secara teoritis, filosofis, dan pedagogis |
Kriteria:
Mampu menuangkan gagasan dalam proposal dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
|
Materi: How to prepare a research proposal Pustaka: Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Melaporkan hasil penulisan proposal disertasi dan mampu mempertanggungjawabkannya dengan baik |
Mampu mempresentasikan proposal penelitian dengan baik dan mempertahankan argumen secara teoritis, filosofis, dan pedagogis |
Kriteria:
Mampu menuangkan gagasan dalam proposal dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 x 50 |
|
Materi: How to prepare a research proposal Pustaka: Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Melaporkan hasil penulisan proposal disertasi dan mampu mempertanggungjawabkannya dengan baik |
Mampu mempresentasikan proposal penelitian dengan baik dan mempertahankan argumen secara teoritis, filosofis, dan pedagogis |
Kriteria:
Mampu menuangkan gagasan dalam proposal dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 x 50 |
|
Materi: How to prepare a research proposal Pustaka: Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications. |
37% |