Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Language and Literature Education Seminar 2

8800104147

T=4

P=0

ECTS=10.08

2

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

mampu menguasai kebijakan dan pengelolaan pembelajaran bahasa dan sastra

PLO-8

Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memanfaatkan ipteks untuk menyusun konten bab I proposal disertasi

PO - 2

Menguasai konsep teoretis aspek-aspek dan konten bab III proposal disertasi

PO - 3

Mengambil keputusan strategis dalam konteks penyelesaian bab III proposal disertasi

PO - 4

Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas yang terkait dengan penyelesaian bab III proposal disertasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-6PLO-8
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Penggunaan teori dan hasil penelitian yang relevan dengan topik penelitian disertasi untuk penyusunan metode penelitian disertasi secara fundamental, komprehensif, integratif, dan konstruktif. Topik mata kuliah ini meliputi pengajian unsur-unsur wajib dan opsional metode penelitian dan kontennya, perbedaan gaya ungkap proposal dan laporan penelitian, dan praktik penyusunan bab III proposal disertasi melalui belajar mandiri, presentasi, diskusi, atau pun publikasi dengan produk akhir berupa bab III yang dapat disertai makalah atau artikel

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.
  2. Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). Qualitative research: A guide to design and implementation (4th ed.). Jossey-Bass.

Pendukung :

  1. Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications.
  2. Creswell, John W., & Poth, Cheryl N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
  3. Richards, Lyn, & Morse, Janice M. (2013). README FIRST for a User's Guide to Qualitative Methods (3rd ed.). SAGE Publications.

Dosen Pengampu

Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D.

Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.

Dr. Widyastuti, S.S., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mengidentifikasi permasalahan dalam penulisan disertasi

Mampu menuliskan dan mengidentifikasi masalah penulisan disertasi untuk kepentingan penyelesaian tugas akhir

Kriteria:

Mampu menuliskan dan mengidentifikasi masalah penulisan disertasi untuk kepentingan penyelesaian tugas akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2 x 50

Materi: How to write a better proposal
Pustaka: Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications.

Materi: Research Publication
Pustaka: Creswell, John W., & Poth, Cheryl N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
3%

2

Minggu ke 2

Mampu mengidentifikasi permasalahan dalam penulisan disertasi yang dituangkan dalam beberapa pertanyaan penelitian dan thesis statement

Mahasiswa mampu menyusun rumusan masalah penelitian yang teoritis, filosofis, dan pedagogis

Kriteria:

Mampu menuangkan gagasan dalam pertanyaan penelitian yang baik dan berkualitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50

Materi: How to start a good research
Pustaka: Creswell, John W., & Poth, Cheryl N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
5%

3

Minggu ke 3

Menyusun bab I disertasi yang berbobot dan berkualitas dengan mempertimbangkan rangkaian teoretis, filosofis, dan pedagogis penelitian

Mampu menyelesakan Bab I proposal disertasi dengan baik dan benar sesuai panduan

Kriteria:

Mampu menyusun tiap bagian dari Bab I disertasi dengan baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2 x 50

Materi: How to do draw out a good research question
Pustaka: Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications.
4%

4

Minggu ke 4

Mampu menyusun bab II proposal disertasi

Mahasiswa mampu menyusun bab II proposal disertasi dengan baik dan benar sesuai buku pedoman

Kriteria:

Mampu menyusun Bab II proposal disertasi dengan memperhatikan aspek teoritis, filosofis dan pedagogis proposal disertasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50

Materi: How to write theoretical framework
Pustaka: Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications.
3%

5

Minggu ke 5

Menyusun Bab II proposal disertasi dengan baik dan benar sesuai dengan buku pedoman dan sesuai dengan standart kualitas disertasi

Mampu menyusun kerangka teoritis proposal disertasi yang berkualitas dan sesuai dengan kerangka teoretis yang dapat dilaksanakan dengan baik dan mudah dilaksanakan

Kriteria:

Mampu menyusun kerangka teoretis Bab II disertasi yang baik dan benar sesuai buku panduan disertasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50

Materi: How to cite and recite a reference for a better theoretical framework
Pustaka: Richards, Lyn, & Morse, Janice M. (2013). README FIRST for a User's Guide to Qualitative Methods (3rd ed.). SAGE Publications.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menfinalisasi kerangka teoritis bab II disertasi sesuai dengan standart penulisn disertasi yang memperhatikan aspek teoritis, filosofis dan pedagogis

Mampu menghasilkan kerangka teoritis disertasi yang baik dan sesuai dengan kerangka teoritis, filosofis dan pedagogis dalam menyusun disertasi

Kriteria:

Menghasilkan bab II yang baik dan sesuai pedoman penulisan disertasi dengan kriteria yang baik dan benar serta dapat dilaksanakan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50

Materi: How to select a theoretical framework for a good research
Pustaka: Richards, Lyn, & Morse, Janice M. (2013). README FIRST for a User's Guide to Qualitative Methods (3rd ed.). SAGE Publications.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menyusun bab III proposal disertasi yang baik dan benar sesuai dengan panduan penulisan disertasi

Mampu menghasilkan Bab III proposal disertasi yang baik dan benar dan dapat dilaksanakan

Kriteria:

Bab III yang dapat dilaksanakan dan dapat direplikasi di kemudian hari langkah kerjanya


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50

Materi: How to determine a research method for a good research
Pustaka: Creswell, John W., & Poth, Cheryl N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
4%

8

Minggu ke 8

Mampu menghasilkan metode penelitian yang dapat dilaksanakan dan mudah diterapkan sesuai dengan langkah kerja teoritis

Mampu menuangkan gagasan dalam menyusun metode penelitian yang dapat dilaksanakan dan mudah diterapkan

Kriteria:

Mampu menuangkan gagasan dalam menyusun metode penelitian yang dapat dilaksanakan dan mudah diterapkan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline dan presentasi
2 x 50

Materi: Steps in determining a research method
Pustaka: Creswell, John W., & Poth, Cheryl N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
4%

9

Minggu ke 9

Menentukan hipotesis dan asumsi penelitian yang baik dan benar

Mampu menuangkan gagasan dalam menentukan hipotesis dan asumsi penelitian

Kriteria:

Hipotesis dan asumsi penelitian yang mudah dipahami dan dapat dilaksanakan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50

Materi: Hypothesis and Asumptions in a good research
Pustaka: Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications.
3%

10

Minggu ke 10

Mampu menentukan subyek dan obyek penelitian

Mampu menentukan subyek dan obyek penelitian dengan tepat, baik dan benar

Kriteria:

Menentukan subyek dan obyek penelitian yang tepat dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50

Materi: Subject and Object of the research
Pustaka: Creswell, John W., & Poth, Cheryl N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
3%

11

Minggu ke 11

Mampu menentukan langkah kerja penelitian secara operasional berbasis teori dan hipotesis dan asumsi penelitian

Mampu menyusun langkah kerja penelitian yang baik dan benar sesuai teori yang telah disusun di Bab II

Kriteria:

Menghasilkan langkah kerja yang terstruktur dengan baik sesuai teori dan state of the art penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Offline
2 x 50

Materi: Steps in determining a research methodology
Pustaka: Richards, Lyn, & Morse, Janice M. (2013). README FIRST for a User's Guide to Qualitative Methods (3rd ed.). SAGE Publications.
4%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menyusun proposal disertasi secara komprehensif, baik, dan mudah dilakukan

Menghasilkan proposal dari mulai bab I, II dan III yang terstruktur dengan baik

Kriteria:

Menghasilkan proposal dari mulai bab I, II dan III yang terstruktur dengan baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Offline
2 x 50

Materi: How to determine good method in writing a reseaerch proposal
Pustaka: Richards, Lyn, & Morse, Janice M. (2013). README FIRST for a User's Guide to Qualitative Methods (3rd ed.). SAGE Publications.
5%

13

Minggu ke 13

Melaporkan hasil penulisan proposal disertasi dan mampu mempertanggungjawabkannya dengan baik

Mampu mempresentasikan proposal penelitian dengan baik dan mempertahankan argumen secara teoritis, filosofis, dan pedagogis

Kriteria:

Mampu menuangkan gagasan dalam proposal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50

Materi: How to prepare a research proposal
Pustaka: Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications.
5%

14

Minggu ke 14

Melaporkan hasil penulisan proposal disertasi dan mampu mempertanggungjawabkannya dengan baik

Mampu mempresentasikan proposal penelitian dengan baik dan mempertahankan argumen secara teoritis, filosofis, dan pedagogis

Kriteria:

Mampu menuangkan gagasan dalam proposal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50

Materi: How to prepare a research proposal
Pustaka: Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications.
5%

15

Minggu ke 15

Melaporkan hasil penulisan proposal disertasi dan mampu mempertanggungjawabkannya dengan baik

Mampu mempresentasikan proposal penelitian dengan baik dan mempertahankan argumen secara teoritis, filosofis, dan pedagogis

Kriteria:

Mampu menuangkan gagasan dalam proposal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50

Materi: How to prepare a research proposal
Pustaka: Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications.
5%

16

Minggu ke 16

Melaporkan hasil penulisan proposal disertasi dan mampu mempertanggungjawabkannya dengan baik

Mampu mempresentasikan proposal penelitian dengan baik dan mempertahankan argumen secara teoritis, filosofis, dan pedagogis

Kriteria:

Mampu menuangkan gagasan dalam proposal dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 x 50

Materi: How to prepare a research proposal
Pustaka: Silverman, David. (2020). Doing Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications.
37%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 32.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 57%
3. Penilaian Portofolio 5.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 3.67%
5. Tes 1.33%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.