
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Research Instrument Development |
8810302037 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional |
T=1 |
P=1 |
ECTS=4.48 |
3 |
23 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ahmad Munir, Ph.D
|
Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D.
|
AHMAD MUNIR, S.PD., M.ED.,PH.D |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-7 |
Mampu berkontribusi dalam merencanakan sebuah peta jalan riset dalam bidang belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan pengembangan dalam bidangnya melalui pendekatan inter – atau multidisipliner |
PLO-11 |
Menguasai metodologi penelitian yang relevan untuk pembelajaran bahasa |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan prinsip-prinsip metodologi penelitian dalam merancang instrumen penelitian untuk pembelajaran bahasa Inggris (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis komponen-komponen instrumen penelitian yang valid dan reliabel untuk konteks pembelajaran bahasa (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi kualitas instrumen penelitian yang sudah ada berdasarkan kriteria metodologis dan etika penelitian (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan instrumen penelitian orisinal yang sesuai dengan peta jalan riset dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan pendekatan interdisipliner dalam pengembangan instrumen penelitian untuk isu-isu kompleks pembelajaran bahasa (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis kesesuaian berbagai jenis instrumen (kuantitatif, kualitatif, mixed-methods) untuk tujuan penelitian tertentu (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi efektivitas instrumen penelitian melalui uji coba dan analisis data pendahuluan (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan solusi inovatif untuk tantangan dalam pengembangan instrumen penelitian bahasa yang adaptif dan inklusif (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan prinsip kolaboratif dalam mengembangkan dan merevisi instrumen penelitian (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis pola dan struktur data yang dihasilkan dari instrumen penelitian untuk perbaikan berkelanjutan (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-7 | PLO-11 | PO-1 | | | ✔ | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | ✔ | | PO-6 | | | ✔ | PO-7 | | | ✔ | PO-8 | ✔ | | | PO-9 | ✔ | | | PO-10 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | ✔ | PO-9 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menggunaan teori metodologi penelitian bidang pendidikan bahasa Inggris atau linguistik terapan dan hasil penelitian terdahulu yang relevan untuk mengembangkan instrumen penelitian bidang pendidikan bahasa Inggris atau linguistik terapan yang sudah ditulis di matakuliah research proposal sebelumnya. Mata kuliah ini mencakup pembahasan bentuk-bentuk instrumen penelitian kuantitatif, kualitatif dan campuran, prosedur pengembangannya dan validasinya. Mata kuliah ini dilaksanakan melalui pembelajaran berbasis project dengan produk akhir berupa instrumen penelitian untuk prosposal thesis mahasiswa yang sudah tervalidasi. Asesmen keberhasilan mahasiswa dalam mata kuliah ini didasarkan pada kualitas instrumen yang sudah dihasilkan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Gass, S. M., & Mackey, A. 2007. Data elicitation for second and foreign language research. Routledge.
- Green, J.L., Camilli, G., & Elmore, P. B. (Eds.). 2006. Handbook of complementary methods in education research . Lawrence Erlbaum Associates
- Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C., and Walker, D. A. 2019. Introduction to Research in. Education (10 th ed.). Cengage Learning, Inc.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
AHMAD MUNIR, S.PD., M.ED.,PH.D SYAFI'UL ANAM Syafi'ul Anam, Ph.D. Syafi'ul Anam, Ph.D. Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D. Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi, memilih, dan menerapkan prinsip metodologi penelitian yang tepat dalam merancang instrumen penelitian untuk pembelajaran bahasa Inggris, serta menjelaskan relevansinya dengan CPL program studi. |
- Kemampuan mengidentifikasi prinsip metodologi penelitian yang relevan
- Kemampuan menerapkan prinsip tersebut dalam merancang draft instrumen penelitian bahasa Inggris
- Kemampuan menjelaskan korelasi antara rancangan instrumen dengan CPL program studi
|
Kriteria:
Kebenaran penjelasan tentang prinsip metodologi penelitian yang tepat dalam merancang instrumen penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan demonstrasi contoh instrumen penelitian.
|
|
Materi: all Pustaka: Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C., and Walker, D. A. 2019. Introduction to Research in. Education (10 th ed.). Cengage Learning, Inc. Materi: all Pustaka: Gass, S. M., & Mackey, A. 2007. Data elicitation for second and foreign language research. Routledge. Materi: all Pustaka: Green, J.L., Camilli, G., & Elmore, P. B. (Eds.). 2006. Handbook of complementary methods in education research . Lawrence Erlbaum Associates |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat merancang instrumen penelitian pembelajaran bahasa Inggris dengan menerapkan prinsip metodologi yang tepat, termasuk menentukan jenis instrumen, menyusun item, dan mempertimbangkan validitas serta reliabilitas. |
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi prinsip metodologi penelitian yang relevan untuk instrumen penelitian bahasa Inggris
- Mahasiswa mampu merancang draft instrumen penelitian (e.g., kuesioner, tes, observasi) yang sesuai dengan tujuan penelitian
- Mahasiswa mampu menjelaskan alasan pemilihan dan penerapan prinsip metodologi dalam rancangan instrumen mereka
|
Kriteria:
Kesesuaian rancangan isntrumen dengan pertanyaan penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan praktik merancang instrumen dengan bimbingan dosen..
|
|
Materi: Prinsip-prinsip metodologi penelitian (validitas, reliabilitas, objektivitas), Jenis-jenis instrumen penelitian dalam pembelajaran bahasa Inggris (tes, kuesioner, wawancara, observasi), Teknik penyusunan item instrumen yang sesuai dengan variabel penelitian, Contoh aplikasi instrumen dalam konteks penelitian bahasa Inggris Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi, membandingkan, dan mengevaluasi elemen-elemen kunci dalam instrumen penelitian bahasa yang memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas, serta menerapkannya dalam konteks nyata. |
- Mampu mengidentifikasi komponen validitas (misalnya validitas isi, konstruk, kriteria) dalam instrumen penelitian bahasa
- Mampu mengidentifikasi komponen reliabilitas (misalnya konsistensi internal, stabilitas) dalam instrumen penelitian bahasa
- Mampu membandingkan kelebihan dan kekurangan berbagai jenis instrumen penelitian bahasa berdasarkan validitas dan reliabilitas
- Mampu mengevaluasi contoh instrumen penelitian bahasa dengan kriteria validitas dan reliabilitas
|
Kriteria:
Kebenaran evaluasi instrumen Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan analisis dokumen instrumen penelitian bahasa.
|
|
Materi: Konsep validitas dan reliabilitas dalam instrumen penelitian, Jenis-jenis validitas (content, construct, criterion) dan aplikasinya dalam penelitian bahasa, Jenis-jenis reliabilitas (internal consistency, test-retest, inter-rater) dan relevansinya untuk instrumen bahasa, Analisis komponen instrumen penelitian bahasa (kuisioner, tes, observasi) yang valid dan reliabel, Studi kasus instrumen penelitian dalam konteks pembelajaran bahasa Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: all Pustaka: Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C., and Walker, D. A. 2019. Introduction to Research in. Education (10 th ed.). Cengage Learning, Inc. Materi: all Pustaka: Gass, S. M., & Mackey, A. 2007. Data elicitation for second and foreign language research. Routledge. Materi: all Pustaka: Green, J.L., Camilli, G., & Elmore, P. B. (Eds.). 2006. Handbook of complementary methods in education research . Lawrence Erlbaum Associates |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menyusun komponen instrumen penelitian yang memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas dalam konteks pembelajaran bahasa. |
- Mampu mengidentifikasi komponen validitas (content, construct, criterion) dalam instrumen penelitian pembelajaran bahasa
- Mampu mengevaluasi tingkat reliabilitas instrumen menggunakan metode yang sesuai (e.g., Cronbach's alpha, test-retest)
- Mampu menganalisis kesesuaian komponen instrumen dengan tujuan penelitian dalam konteks pembelajaran bahasa
- Mampu merekomendasikan perbaikan untuk meningkatkan validitas dan reliabilitas instrumen yang diberikan
|
Kriteria:
Jebenaran identifikasi, evaluasi dan sususan instrumen Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan analisis dokumen instrumen penelitian.
|
|
Materi: Konsep validitas dan reliabilitas dalam instrumen penelitian, Jenis-jenis validitas (content, construct, criterion) dan penerapannya dalam instrumen pembelajaran bahasa, Metode pengukuran reliabilitas (internal consistency, stability, equivalence), Analisis komponen instrumen: item, skala, format respons, dan petunjuk pengisian, Studi kasus instrumen penelitian dalam konteks pembelajaran bahasa (kuisioner, tes, observasi) Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa dapat menganalisis dan menilai instrumen penelitian berdasarkan standar metodologis dan etika, serta memberikan rekomendasi perbaikan jika diperlukan. |
- Kemampuan mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan instrumen penelitian
- Kemampuan menerapkan kriteria validitas dan reliabilitas dalam evaluasi
- Kemampuan menilai kepatuhan instrumen terhadap prinsip etika penelitian
- Kemampuan memberikan umpan balik konstruktif dan saran perbaikan
|
Kriteria:
Kebenaran analisis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan demonstrasi evaluasi instrumen dengan contoh nyata..
|
Evaluasi kritis instrumen penelitian dari jurnal terpilih dan tulis laporan rekomendasi perbaikan
|
Materi: Prinsip-prinsip evaluasi instrumen penelitian, Kriteria metodologis: validitas, reliabilitas, objektivitas, Aspek etika dalam pengembangan instrumen, Studi kasus instrumen penelitian dari jurnal terpercaya, Teknik memberikan umpan balik dan rekomendasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat menganalisis, menilai, dan memberikan rekomendasi perbaikan terhadap instrumen penelitian berdasarkan validitas, reliabilitas, objektivitas, serta prinsip-prinsip etika penelitian seperti informed consent, kerahasiaan, dan minimisasi risiko. |
- Kemampuan mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan instrumen berdasarkan kriteria metodologis
- Kemampuan mengevaluasi kepatuhan instrumen terhadap prinsip etika penelitian
- Kemampuan memberikan rekomendasi perbaikan yang spesifik dan konstruktif
|
Kriteria:
Kebenaran analisis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi evaluasi instrumen dengan panduan dosen..
|
|
Materi: Kriteria metodologis instrumen penelitian (validitas, reliabilitas, objektivitas), Prinsip etika penelitian (informed consent, kerahasiaan, minimisasi risiko, keadilan), Teknik evaluasi dan rekomendasi perbaikan instrumen Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat menciptakan instrumen penelitian yang inovatif, terstruktur, dan relevan dengan kebutuhan riset di bidang pembelajaran bahasa Inggris, serta mampu mengintegrasikan prinsip-prinsip pengembangan instrumen yang baik. |
- Kemampuan merancang instrumen yang orisinal dan sesuai dengan tujuan penelitian
- Kesesuaian instrumen dengan peta jalan riset dalam pembelajaran bahasa Inggris
- Validitas dan reliabilitas instrumen yang diusulkan
- Kreativitas dalam pengembangan item dan format instrumen
|
Kriteria:
Kesesuaian instrumen dengan pertanyaan penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan umpan balik sejawat.
|
Mendesain draft instrumen penelitian orisinal berdasarkan peta jalan riset yang ditentukan, Mengunggah draft untuk peer review dan umpan balik melalui forum diskusi LMS
|
Materi: Prinsip pengembangan instrumen penelitian orisinal, Integrasi peta jalan riset dalam desain instrumen, Teknik validasi dan uji reliabilitas instrumen, Studi kasus instrumen penelitian dalam pembelajaran bahasa Inggris Pustaka: Handbook Perkuliahan |
20% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi kesesuaian instrumen penelitian untuk tujuan tertentu, serta mensintesis rekomendasi berdasarkan analisis. |
- Mengidentifikasi karakteristik instrumen kuantitatif, kualitatif, dan mixed-methods
- Menganalisis kesesuaian instrumen dengan tujuan penelitian spesifik
- Mengevaluasi kelebihan dan kelemahan setiap jenis instrumen dalam konteks penelitian bahasa
- Mensintesis rekomendasi instrumen yang tepat untuk studi kasus tertentu
|
Kriteria:
Kebenaran hasil evaluasi kesesuaian instrumen penelitian untuk tujuan tertentu, serta mensintesis rekomendasi berdasarkan analisis. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kombinasi ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan analisis kritis dengan pendekatan student-centered learning..
|
|
Materi: Karakteristik instrumen kuantitatif (e.g., kuesioner terstruktur, tes), Karakteristik instrumen kualitatif (e.g., wawancara, observasi partisipan), Karakteristik instrumen mixed-methods (e.g., integrasi kuantitatif-kualitatif), Kriteria kesesuaian instrumen dengan tujuan penelitian, Studi kasus penelitian dalam Pendidikan Bahasa Inggris Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi instrumen penelitian yang inovatif dan relevan dengan konteks pembelajaran bahasa Inggris, serta mengintegrasikannya ke dalam peta jalan riset yang telah ditetapkan. |
- Kemampuan merancang instrumen penelitian yang orisinal dan sesuai dengan tujuan riset
- Kesesuaian instrumen dengan peta jalan riset dalam pembelajaran bahasa Inggris
- Kualitas validasi dan reliabilitas instrumen yang dikembangkan
- Kreativitas dan inovasi dalam desain instrumen
|
Kriteria:
Keseuaian rancangan isntrumen penelitian dengan pertanyaan penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan umpan balik peer review.
|
|
Materi: Prinsip desain instrumen penelitian orisinal, Teknik validasi dan uji reliabilitas instrumen, Integrasi instrumen dengan peta jalan riset pembelajaran bahasa Inggris, Studi kasus instrumen penelitian inovatif dalam bidang terkait Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat mengembangkan instrumen penelitian yang komprehensif dan valid melalui integrasi konsep dan metode dari berbagai disiplin ilmu untuk memecahkan masalah pembelajaran bahasa yang kompleks. |
- Kemampuan mengidentifikasi elemen interdisipliner yang relevan untuk isu pembelajaran bahasa
- Kemampuan merancang instrumen penelitian yang menggabungkan pendekatan dari berbagai disiplin
- Kemampuan mengevaluasi validitas dan reliabilitas instrumen dalam konteks interdisipliner
|
Kriteria:
Keberadaan unsur multidisipliner di dalam instrumen penelitian yang dikembangkan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan workshop pengembangan instrumen dengan pendekatan kolaboratif interdisipliner..
|
Pengembangan Draft Instrumen Penelitian Interdisipliner, Mahasiswa mengembangkan draft instrumen penelitian (kuisioner, rubrik observasi, atau protokol wawancara) untuk satu isu kompleks pembelajaran bahasa dengan mengintegrasikan minimal dua perspektif disiplin ilmu yang berbeda, disertai justifikasi teoritis dan rencana validasi.
|
Materi: Konsep pendekatan interdisipliner dalam penelitian, Integrasi perspektif linguistik, psikologis, sosiologis, dan teknologis dalam instrumen penelitian bahasa, Teknik validasi instrumen berbasis pendekatan multi-disiplin, Studi kasus isu kompleks pembelajaran bahasa (misalnya: multilingualisme, gangguan belajar bahasa, integrasi teknologi) Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat menganalisis dan membandingkan karakteristik, kelebihan, serta kekurangan setiap jenis instrumen penelitian dalam konteks tujuan penelitian yang spesifik, serta menentukan instrumen yang paling tepat berdasarkan analisis mendalam. |
- Mampu mengidentifikasi karakteristik utama instrumen kuantitatif, kualitatif, dan mixed-methods
- Mampu menganalisis kesesuaian instrumen dengan tujuan penelitian berdasarkan jenis data, populasi, dan metodologi
- Mampu membandingkan kelebihan dan kekurangan setiap jenis instrumen untuk konteks penelitian tertentu
- Mampu memberikan rekomendasi instrumen yang tepat disertai alasan analitis yang kuat
|
Kriteria:
Keseuaian solusi dengan permasalahan instrumen yang dikembangkan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi analitis, dan tanya jawab interaktif.
|
Analisis Studi Kasus Online, Mahasiswa diberikan studi kasus penelitian dengan tujuan tertentu dan diminta untuk menganalisis kesesuaian instrumen kuantitatif, kualitatif, atau mixed-methods, kemudian mengunggah dokumen analisis ke LMS.
|
Materi: Review karakteristik instrumen kuantitatif (e.g., kuesioner terstruktur, skala pengukuran), Review karakteristik instrumen kualitatif (e.g., wawancara mendalam, observasi partisipatif), Review karakteristik instrumen mixed-methods (e.g., integrasi kuantitatif-kualitatif), Analisis studi kasus penelitian dengan berbagai tujuan (e.g., eksplorasi, deskripsi, eksplanasi), Panduan kriteria pemilihan instrumen berdasarkan tujuan, populasi, dan sumber daya penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat menganalisis hasil uji coba instrumen, mengevaluasi tingkat validitas dan reliabilitas, serta menyusun rekomendasi perbaikan berdasarkan temuan analisis data pendahuluan. |
- Kemampuan menganalisis data hasil uji coba instrumen
- Kemampuan mengevaluasi validitas dan reliabilitas instrumen berdasarkan analisis data
- Kemampuan memberikan rekomendasi perbaikan instrumen berdasarkan hasil evaluasi
|
Kriteria:
Kebenaran hasil ujicoba instrumen Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi hasil analisis, dan tanya jawab interaktif.
|
|
Materi: Teknik analisis data uji coba instrumen (statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas), Interpretasi hasil analisis untuk evaluasi efektivitas instrumen, Penyusunan rekomendasi perbaikan instrumen berdasarkan temuan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi instrumen penelitian bahasa yang adaptif dan inklusif, serta mempresentasikan solusi inovatif untuk tantangan yang dihadapi dalam proses pengembangan. |
- Kemampuan mengidentifikasi tantangan dalam pengembangan instrumen penelitian bahasa yang adaptif dan inklusif
- Kreativitas dalam merancang solusi inovatif untuk mengatasi tantangan tersebut
- Keterampilan dalam mengimplementasikan prinsip desain universal dan aksesibilitas dalam instrumen
- Kemampuan mengevaluasi dan merevisi instrumen berdasarkan umpan balik dan kriteria inklusivitas
|
Kriteria:
Kebenaran isi dan kualitas penyampaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan studi kasus dengan fokus pada pemecahan masalah dan pengembangan solusi kreatif..
|
|
Materi: Prinsip desain universal dan aksesibilitas dalam instrumen penelitian, Tantangan dalam pengembangan instrumen bahasa yang adaptif dan inklusif, Teknik dan strategi untuk mengatasi tantangan inklusivitas, Evaluasi dan revisi instrumen berdasarkan kriteria adaptif dan inklusif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat berkolaborasi secara efektif dalam tim untuk mengembangkan, mengevaluasi, dan merevisi instrumen penelitian berdasarkan masukan konstruktif. |
- Kemampuan berpartisipasi aktif dalam diskusi kolaboratif
- Kemampuan memberikan dan menerima umpan balik yang konstruktif
- Kemampuan merevisi instrumen berdasarkan masukan kolaboratif
- Kualitas hasil revisi instrumen yang mencerminkan prinsip kolaboratif
|
Kriteria:
Keaktifan dalam berkolaborasi dalam tim untuk mengembangkan, mengevaluasi, dan merevisi instrumen penelitian berdasarkan masukan konstruktif. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelompok, peer review, simulasi kolaborasi, dan presentasi hasil revisi.
|
|
Materi: Prinsip-prinsip kolaborasi dalam pengembangan instrumen, Teknik pemberian dan penerimaan umpan balik konstruktif, Strategi revisi instrumen berdasarkan masukan kolaboratif, Studi kasus instrumen yang dikembangkan secara kolaboratif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat menganalisis data hasil instrumen penelitian, menginterpretasikan pola, struktur, dan anomali data, serta merumuskan rekomendasi perbaikan instrumen berdasarkan temuan analisis. |
- Kemampuan mengidentifikasi pola dan tren dalam data hasil instrumen penelitian
- Kemampuan menganalisis konsistensi dan reliabilitas data berdasarkan struktur yang teramati
- Kemampuan mengevaluasi kelemahan instrumen berdasarkan analisis data dan memberikan rekomendasi perbaikan
|
Kriteria:
Kealtifan dalam kolaborasi dalam tim untuk merumuskan rekomendasi perbaikan instrumen Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Studi kasus, diskusi kelompok, demonstrasi analisis data, dan presentasi hasil analisis.
|
|
Materi: Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif dari instrumen penelitian, Identifikasi pola, tren, dan anomali dalam dataset, Interpretasi hasil analisis untuk evaluasi instrumen, Strategi perbaikan berkelanjutan berdasarkan temuan data Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa dapat menciptakan prototipe atau proposal instrumen penelitian bahasa yang memenuhi prinsip adaptivitas dan inklusivitas, serta mempresentasikan justifikasi inovasi berdasarkan teori dan kebutuhan praktis. |
- Kemampuan mengidentifikasi tantangan spesifik dalam pengembangan instrumen penelitian bahasa yang adaptif dan inklusif
- Kualitas solusi inovatif yang diusulkan, termasuk relevansi, kreativitas, dan keberlanjutan
- Kesesuaian solusi dengan prinsip adaptivitas (misalnya, fleksibilitas konteks) dan inklusivitas (misalnya, aksesibilitas bagi beragam peserta)
- Kemampuan mempresentasikan dan mempertahankan solusi dengan argumen teoritis dan empiris
|
Kriteria:
Kelengkapan instrumen yang dikembangkan sesuai pertanyaan penelitian dan hasil ujicoba sebelumnya Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan scaffolding berbasis proyek dengan umpan balik peer-review dan dosen.
|
|
Materi: Prinsip adaptivitas dan inklusivitas dalam instrumen penelitian bahasa, Tantangan umum dalam pengembangan instrumen (misalnya, bias budaya, variasi linguistik, aksesibilitas), Teknik inovasi dan desain thinking untuk solusi instrumentasi, Contoh instrumen inovatif dalam penelitian bahasa Pustaka: Handbook Perkuliahan |
30% |