Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Research Instrument Development

8810302037

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=1

P=1

ECTS=4.48

3

23 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ahmad Munir, Ph.D




Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D.




AHMAD MUNIR, S.PD., M.ED.,PH.D

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-7

Mampu berkontribusi dalam merencanakan sebuah peta jalan riset dalam bidang belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan pengembangan dalam bidangnya melalui pendekatan inter – atau multidisipliner

PLO-11

Menguasai metodologi penelitian yang relevan untuk pembelajaran bahasa

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan prinsip-prinsip metodologi penelitian dalam merancang instrumen penelitian untuk pembelajaran bahasa Inggris (C3)

PO - 2

Menganalisis komponen-komponen instrumen penelitian yang valid dan reliabel untuk konteks pembelajaran bahasa (C4)

PO - 3

Mengevaluasi kualitas instrumen penelitian yang sudah ada berdasarkan kriteria metodologis dan etika penelitian (C5)

PO - 4

Menciptakan instrumen penelitian orisinal yang sesuai dengan peta jalan riset dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris (C6)

PO - 5

Menerapkan pendekatan interdisipliner dalam pengembangan instrumen penelitian untuk isu-isu kompleks pembelajaran bahasa (C3)

PO - 6

Menganalisis kesesuaian berbagai jenis instrumen (kuantitatif, kualitatif, mixed-methods) untuk tujuan penelitian tertentu (C4)

PO - 7

Mengevaluasi efektivitas instrumen penelitian melalui uji coba dan analisis data pendahuluan (C5)

PO - 8

Menciptakan solusi inovatif untuk tantangan dalam pengembangan instrumen penelitian bahasa yang adaptif dan inklusif (C6)

PO - 9

Menerapkan prinsip kolaboratif dalam mengembangkan dan merevisi instrumen penelitian (C3)

PO - 10

Menganalisis pola dan struktur data yang dihasilkan dari instrumen penelitian untuk perbaikan berkelanjutan (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-7PLO-11
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  
PO-9  
PO-10  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menggunaan teori metodologi penelitian bidang pendidikan bahasa Inggris atau linguistik terapan dan hasil penelitian terdahulu yang relevan untuk mengembangkan instrumen penelitian bidang pendidikan bahasa Inggris atau linguistik terapan yang sudah ditulis di matakuliah research proposal sebelumnya. Mata kuliah ini mencakup pembahasan bentuk-bentuk instrumen penelitian kuantitatif, kualitatif dan campuran, prosedur pengembangannya dan validasinya. Mata kuliah ini dilaksanakan melalui pembelajaran berbasis project dengan produk akhir berupa instrumen penelitian untuk prosposal thesis mahasiswa yang sudah tervalidasi. Asesmen keberhasilan mahasiswa dalam mata kuliah ini didasarkan pada kualitas instrumen yang sudah dihasilkan.

Pustaka

Utama :

  1. Gass, S. M., & Mackey, A. 2007. Data elicitation for second and foreign language research. Routledge.
  2. Green, J.L., Camilli, G., & Elmore, P. B. (Eds.). 2006. Handbook of complementary methods in education research . Lawrence Erlbaum Associates
  3. Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C., and Walker, D. A. 2019. Introduction to Research in. Education (10 th ed.). Cengage Learning, Inc.

Pendukung :

Dosen Pengampu

AHMAD MUNIR, S.PD., M.ED.,PH.D

SYAFI'UL ANAM

Syafi'ul Anam, Ph.D.

Syafi'ul Anam, Ph.D.

Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D.

Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, memilih, dan menerapkan prinsip metodologi penelitian yang tepat dalam merancang instrumen penelitian untuk pembelajaran bahasa Inggris, serta menjelaskan relevansinya dengan CPL program studi.

  1. Kemampuan mengidentifikasi prinsip metodologi penelitian yang relevan
  2. Kemampuan menerapkan prinsip tersebut dalam merancang draft instrumen penelitian bahasa Inggris
  3. Kemampuan menjelaskan korelasi antara rancangan instrumen dengan CPL program studi
Kriteria:

Kebenaran penjelasan tentang prinsip metodologi penelitian yang tepat dalam merancang instrumen penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan demonstrasi contoh instrumen penelitian.

Materi: all
Pustaka: Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C., and Walker, D. A. 2019. Introduction to Research in. Education (10 th ed.). Cengage Learning, Inc.

Materi: all
Pustaka: Gass, S. M., & Mackey, A. 2007. Data elicitation for second and foreign language research. Routledge.

Materi: all
Pustaka: Green, J.L., Camilli, G., & Elmore, P. B. (Eds.). 2006. Handbook of complementary methods in education research . Lawrence Erlbaum Associates
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat merancang instrumen penelitian pembelajaran bahasa Inggris dengan menerapkan prinsip metodologi yang tepat, termasuk menentukan jenis instrumen, menyusun item, dan mempertimbangkan validitas serta reliabilitas.

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi prinsip metodologi penelitian yang relevan untuk instrumen penelitian bahasa Inggris
  2. Mahasiswa mampu merancang draft instrumen penelitian (e.g., kuesioner, tes, observasi) yang sesuai dengan tujuan penelitian
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan alasan pemilihan dan penerapan prinsip metodologi dalam rancangan instrumen mereka
Kriteria:

Kesesuaian rancangan isntrumen dengan pertanyaan penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan praktik merancang instrumen dengan bimbingan dosen..

Materi: Prinsip-prinsip metodologi penelitian (validitas, reliabilitas, objektivitas), Jenis-jenis instrumen penelitian dalam pembelajaran bahasa Inggris (tes, kuesioner, wawancara, observasi), Teknik penyusunan item instrumen yang sesuai dengan variabel penelitian, Contoh aplikasi instrumen dalam konteks penelitian bahasa Inggris
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, membandingkan, dan mengevaluasi elemen-elemen kunci dalam instrumen penelitian bahasa yang memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas, serta menerapkannya dalam konteks nyata.

  1. Mampu mengidentifikasi komponen validitas (misalnya validitas isi, konstruk, kriteria) dalam instrumen penelitian bahasa
  2. Mampu mengidentifikasi komponen reliabilitas (misalnya konsistensi internal, stabilitas) dalam instrumen penelitian bahasa
  3. Mampu membandingkan kelebihan dan kekurangan berbagai jenis instrumen penelitian bahasa berdasarkan validitas dan reliabilitas
  4. Mampu mengevaluasi contoh instrumen penelitian bahasa dengan kriteria validitas dan reliabilitas
Kriteria:

Kebenaran evaluasi instrumen


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan analisis dokumen instrumen penelitian bahasa.

Materi: Konsep validitas dan reliabilitas dalam instrumen penelitian, Jenis-jenis validitas (content, construct, criterion) dan aplikasinya dalam penelitian bahasa, Jenis-jenis reliabilitas (internal consistency, test-retest, inter-rater) dan relevansinya untuk instrumen bahasa, Analisis komponen instrumen penelitian bahasa (kuisioner, tes, observasi) yang valid dan reliabel, Studi kasus instrumen penelitian dalam konteks pembelajaran bahasa
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: all
Pustaka: Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C., and Walker, D. A. 2019. Introduction to Research in. Education (10 th ed.). Cengage Learning, Inc.

Materi: all
Pustaka: Gass, S. M., & Mackey, A. 2007. Data elicitation for second and foreign language research. Routledge.

Materi: all
Pustaka: Green, J.L., Camilli, G., & Elmore, P. B. (Eds.). 2006. Handbook of complementary methods in education research . Lawrence Erlbaum Associates
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menyusun komponen instrumen penelitian yang memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas dalam konteks pembelajaran bahasa.

  1. Mampu mengidentifikasi komponen validitas (content, construct, criterion) dalam instrumen penelitian pembelajaran bahasa
  2. Mampu mengevaluasi tingkat reliabilitas instrumen menggunakan metode yang sesuai (e.g., Cronbach's alpha, test-retest)
  3. Mampu menganalisis kesesuaian komponen instrumen dengan tujuan penelitian dalam konteks pembelajaran bahasa
  4. Mampu merekomendasikan perbaikan untuk meningkatkan validitas dan reliabilitas instrumen yang diberikan
Kriteria:

Jebenaran identifikasi, evaluasi dan sususan instrumen


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan analisis dokumen instrumen penelitian.

Materi: Konsep validitas dan reliabilitas dalam instrumen penelitian, Jenis-jenis validitas (content, construct, criterion) dan penerapannya dalam instrumen pembelajaran bahasa, Metode pengukuran reliabilitas (internal consistency, stability, equivalence), Analisis komponen instrumen: item, skala, format respons, dan petunjuk pengisian, Studi kasus instrumen penelitian dalam konteks pembelajaran bahasa (kuisioner, tes, observasi)
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

5

Minggu ke 5

Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa dapat menganalisis dan menilai instrumen penelitian berdasarkan standar metodologis dan etika, serta memberikan rekomendasi perbaikan jika diperlukan.

  1. Kemampuan mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan instrumen penelitian
  2. Kemampuan menerapkan kriteria validitas dan reliabilitas dalam evaluasi
  3. Kemampuan menilai kepatuhan instrumen terhadap prinsip etika penelitian
  4. Kemampuan memberikan umpan balik konstruktif dan saran perbaikan
Kriteria:

Kebenaran analisis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan demonstrasi evaluasi instrumen dengan contoh nyata..
Evaluasi kritis instrumen penelitian dari jurnal terpilih dan tulis laporan rekomendasi perbaikan
Materi: Prinsip-prinsip evaluasi instrumen penelitian, Kriteria metodologis: validitas, reliabilitas, objektivitas, Aspek etika dalam pengembangan instrumen, Studi kasus instrumen penelitian dari jurnal terpercaya, Teknik memberikan umpan balik dan rekomendasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat menganalisis, menilai, dan memberikan rekomendasi perbaikan terhadap instrumen penelitian berdasarkan validitas, reliabilitas, objektivitas, serta prinsip-prinsip etika penelitian seperti informed consent, kerahasiaan, dan minimisasi risiko.

  1. Kemampuan mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan instrumen berdasarkan kriteria metodologis
  2. Kemampuan mengevaluasi kepatuhan instrumen terhadap prinsip etika penelitian
  3. Kemampuan memberikan rekomendasi perbaikan yang spesifik dan konstruktif
Kriteria:

Kebenaran analisis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi evaluasi instrumen dengan panduan dosen..

Materi: Kriteria metodologis instrumen penelitian (validitas, reliabilitas, objektivitas), Prinsip etika penelitian (informed consent, kerahasiaan, minimisasi risiko, keadilan), Teknik evaluasi dan rekomendasi perbaikan instrumen
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat menciptakan instrumen penelitian yang inovatif, terstruktur, dan relevan dengan kebutuhan riset di bidang pembelajaran bahasa Inggris, serta mampu mengintegrasikan prinsip-prinsip pengembangan instrumen yang baik.

  1. Kemampuan merancang instrumen yang orisinal dan sesuai dengan tujuan penelitian
  2. Kesesuaian instrumen dengan peta jalan riset dalam pembelajaran bahasa Inggris
  3. Validitas dan reliabilitas instrumen yang diusulkan
  4. Kreativitas dalam pengembangan item dan format instrumen
Kriteria:

Kesesuaian instrumen dengan pertanyaan penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan umpan balik sejawat.
Mendesain draft instrumen penelitian orisinal berdasarkan peta jalan riset yang ditentukan, Mengunggah draft untuk peer review dan umpan balik melalui forum diskusi LMS
Materi: Prinsip pengembangan instrumen penelitian orisinal, Integrasi peta jalan riset dalam desain instrumen, Teknik validasi dan uji reliabilitas instrumen, Studi kasus instrumen penelitian dalam pembelajaran bahasa Inggris
Pustaka: Handbook Perkuliahan
20%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi kesesuaian instrumen penelitian untuk tujuan tertentu, serta mensintesis rekomendasi berdasarkan analisis.

  1. Mengidentifikasi karakteristik instrumen kuantitatif, kualitatif, dan mixed-methods
  2. Menganalisis kesesuaian instrumen dengan tujuan penelitian spesifik
  3. Mengevaluasi kelebihan dan kelemahan setiap jenis instrumen dalam konteks penelitian bahasa
  4. Mensintesis rekomendasi instrumen yang tepat untuk studi kasus tertentu
Kriteria:

Kebenaran hasil evaluasi kesesuaian instrumen penelitian untuk tujuan tertentu, serta mensintesis rekomendasi berdasarkan analisis.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kombinasi ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan analisis kritis dengan pendekatan student-centered learning..

Materi: Karakteristik instrumen kuantitatif (e.g., kuesioner terstruktur, tes), Karakteristik instrumen kualitatif (e.g., wawancara, observasi partisipan), Karakteristik instrumen mixed-methods (e.g., integrasi kuantitatif-kualitatif), Kriteria kesesuaian instrumen dengan tujuan penelitian, Studi kasus penelitian dalam Pendidikan Bahasa Inggris
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi instrumen penelitian yang inovatif dan relevan dengan konteks pembelajaran bahasa Inggris, serta mengintegrasikannya ke dalam peta jalan riset yang telah ditetapkan.

  1. Kemampuan merancang instrumen penelitian yang orisinal dan sesuai dengan tujuan riset
  2. Kesesuaian instrumen dengan peta jalan riset dalam pembelajaran bahasa Inggris
  3. Kualitas validasi dan reliabilitas instrumen yang dikembangkan
  4. Kreativitas dan inovasi dalam desain instrumen
Kriteria:

Keseuaian rancangan isntrumen penelitian dengan pertanyaan penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan umpan balik peer review.

Materi: Prinsip desain instrumen penelitian orisinal, Teknik validasi dan uji reliabilitas instrumen, Integrasi instrumen dengan peta jalan riset pembelajaran bahasa Inggris, Studi kasus instrumen penelitian inovatif dalam bidang terkait
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat mengembangkan instrumen penelitian yang komprehensif dan valid melalui integrasi konsep dan metode dari berbagai disiplin ilmu untuk memecahkan masalah pembelajaran bahasa yang kompleks.

  1. Kemampuan mengidentifikasi elemen interdisipliner yang relevan untuk isu pembelajaran bahasa
  2. Kemampuan merancang instrumen penelitian yang menggabungkan pendekatan dari berbagai disiplin
  3. Kemampuan mengevaluasi validitas dan reliabilitas instrumen dalam konteks interdisipliner
Kriteria:

Keberadaan unsur multidisipliner di dalam instrumen penelitian yang dikembangkan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan workshop pengembangan instrumen dengan pendekatan kolaboratif interdisipliner..
Pengembangan Draft Instrumen Penelitian Interdisipliner, Mahasiswa mengembangkan draft instrumen penelitian (kuisioner, rubrik observasi, atau protokol wawancara) untuk satu isu kompleks pembelajaran bahasa dengan mengintegrasikan minimal dua perspektif disiplin ilmu yang berbeda, disertai justifikasi teoritis dan rencana validasi.
Materi: Konsep pendekatan interdisipliner dalam penelitian, Integrasi perspektif linguistik, psikologis, sosiologis, dan teknologis dalam instrumen penelitian bahasa, Teknik validasi instrumen berbasis pendekatan multi-disiplin, Studi kasus isu kompleks pembelajaran bahasa (misalnya: multilingualisme, gangguan belajar bahasa, integrasi teknologi)
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat menganalisis dan membandingkan karakteristik, kelebihan, serta kekurangan setiap jenis instrumen penelitian dalam konteks tujuan penelitian yang spesifik, serta menentukan instrumen yang paling tepat berdasarkan analisis mendalam.

  1. Mampu mengidentifikasi karakteristik utama instrumen kuantitatif, kualitatif, dan mixed-methods
  2. Mampu menganalisis kesesuaian instrumen dengan tujuan penelitian berdasarkan jenis data, populasi, dan metodologi
  3. Mampu membandingkan kelebihan dan kekurangan setiap jenis instrumen untuk konteks penelitian tertentu
  4. Mampu memberikan rekomendasi instrumen yang tepat disertai alasan analitis yang kuat
Kriteria:

Keseuaian solusi dengan permasalahan instrumen yang dikembangkan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi analitis, dan tanya jawab interaktif.
Analisis Studi Kasus Online, Mahasiswa diberikan studi kasus penelitian dengan tujuan tertentu dan diminta untuk menganalisis kesesuaian instrumen kuantitatif, kualitatif, atau mixed-methods, kemudian mengunggah dokumen analisis ke LMS.
Materi: Review karakteristik instrumen kuantitatif (e.g., kuesioner terstruktur, skala pengukuran), Review karakteristik instrumen kualitatif (e.g., wawancara mendalam, observasi partisipatif), Review karakteristik instrumen mixed-methods (e.g., integrasi kuantitatif-kualitatif), Analisis studi kasus penelitian dengan berbagai tujuan (e.g., eksplorasi, deskripsi, eksplanasi), Panduan kriteria pemilihan instrumen berdasarkan tujuan, populasi, dan sumber daya penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat menganalisis hasil uji coba instrumen, mengevaluasi tingkat validitas dan reliabilitas, serta menyusun rekomendasi perbaikan berdasarkan temuan analisis data pendahuluan.

  1. Kemampuan menganalisis data hasil uji coba instrumen
  2. Kemampuan mengevaluasi validitas dan reliabilitas instrumen berdasarkan analisis data
  3. Kemampuan memberikan rekomendasi perbaikan instrumen berdasarkan hasil evaluasi
Kriteria:

Kebenaran hasil ujicoba instrumen


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi hasil analisis, dan tanya jawab interaktif.

Materi: Teknik analisis data uji coba instrumen (statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas), Interpretasi hasil analisis untuk evaluasi efektivitas instrumen, Penyusunan rekomendasi perbaikan instrumen berdasarkan temuan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi instrumen penelitian bahasa yang adaptif dan inklusif, serta mempresentasikan solusi inovatif untuk tantangan yang dihadapi dalam proses pengembangan.

  1. Kemampuan mengidentifikasi tantangan dalam pengembangan instrumen penelitian bahasa yang adaptif dan inklusif
  2. Kreativitas dalam merancang solusi inovatif untuk mengatasi tantangan tersebut
  3. Keterampilan dalam mengimplementasikan prinsip desain universal dan aksesibilitas dalam instrumen
  4. Kemampuan mengevaluasi dan merevisi instrumen berdasarkan umpan balik dan kriteria inklusivitas
Kriteria:

Kebenaran isi dan kualitas penyampaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan studi kasus dengan fokus pada pemecahan masalah dan pengembangan solusi kreatif..

Materi: Prinsip desain universal dan aksesibilitas dalam instrumen penelitian, Tantangan dalam pengembangan instrumen bahasa yang adaptif dan inklusif, Teknik dan strategi untuk mengatasi tantangan inklusivitas, Evaluasi dan revisi instrumen berdasarkan kriteria adaptif dan inklusif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat berkolaborasi secara efektif dalam tim untuk mengembangkan, mengevaluasi, dan merevisi instrumen penelitian berdasarkan masukan konstruktif.

  1. Kemampuan berpartisipasi aktif dalam diskusi kolaboratif
  2. Kemampuan memberikan dan menerima umpan balik yang konstruktif
  3. Kemampuan merevisi instrumen berdasarkan masukan kolaboratif
  4. Kualitas hasil revisi instrumen yang mencerminkan prinsip kolaboratif
Kriteria:

Keaktifan dalam berkolaborasi dalam tim untuk mengembangkan, mengevaluasi, dan merevisi instrumen penelitian berdasarkan masukan konstruktif.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok, peer review, simulasi kolaborasi, dan presentasi hasil revisi.

Materi: Prinsip-prinsip kolaborasi dalam pengembangan instrumen, Teknik pemberian dan penerimaan umpan balik konstruktif, Strategi revisi instrumen berdasarkan masukan kolaboratif, Studi kasus instrumen yang dikembangkan secara kolaboratif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat menganalisis data hasil instrumen penelitian, menginterpretasikan pola, struktur, dan anomali data, serta merumuskan rekomendasi perbaikan instrumen berdasarkan temuan analisis.

  1. Kemampuan mengidentifikasi pola dan tren dalam data hasil instrumen penelitian
  2. Kemampuan menganalisis konsistensi dan reliabilitas data berdasarkan struktur yang teramati
  3. Kemampuan mengevaluasi kelemahan instrumen berdasarkan analisis data dan memberikan rekomendasi perbaikan
Kriteria:

Kealtifan dalam kolaborasi dalam tim untuk merumuskan rekomendasi perbaikan instrumen


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Studi kasus, diskusi kelompok, demonstrasi analisis data, dan presentasi hasil analisis.

Materi: Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif dari instrumen penelitian, Identifikasi pola, tren, dan anomali dalam dataset, Interpretasi hasil analisis untuk evaluasi instrumen, Strategi perbaikan berkelanjutan berdasarkan temuan data
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa dapat menciptakan prototipe atau proposal instrumen penelitian bahasa yang memenuhi prinsip adaptivitas dan inklusivitas, serta mempresentasikan justifikasi inovasi berdasarkan teori dan kebutuhan praktis.

  1. Kemampuan mengidentifikasi tantangan spesifik dalam pengembangan instrumen penelitian bahasa yang adaptif dan inklusif
  2. Kualitas solusi inovatif yang diusulkan, termasuk relevansi, kreativitas, dan keberlanjutan
  3. Kesesuaian solusi dengan prinsip adaptivitas (misalnya, fleksibilitas konteks) dan inklusivitas (misalnya, aksesibilitas bagi beragam peserta)
  4. Kemampuan mempresentasikan dan mempertahankan solusi dengan argumen teoritis dan empiris
Kriteria:

Kelengkapan instrumen yang dikembangkan sesuai pertanyaan penelitian dan hasil ujicoba sebelumnya


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan scaffolding berbasis proyek dengan umpan balik peer-review dan dosen.

Materi: Prinsip adaptivitas dan inklusivitas dalam instrumen penelitian bahasa, Tantangan umum dalam pengembangan instrumen (misalnya, bias budaya, variasi linguistik, aksesibilitas), Teknik inovasi dan desain thinking untuk solusi instrumentasi, Contoh instrumen inovatif dalam penelitian bahasa
Pustaka: Handbook Perkuliahan
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 11.67%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 80.67%
3. Penilaian Praktikum 3.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 1.67%
5. Tes 2.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.