Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Olahraga dan SDGS

8920102351

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

22 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Roy Januardi Irawan, M.Kes.




Dr. Roy Januardi Irawan, M.Kes.




Dr. Heri Wahyudi, S.Or., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-7

Mampu memahami, menganalisis dan mengevaluasi serta menerapkan teori keilmuan khususnya kebugaran fisik, kesehatan mental, dan sosial di bidang ilmu keolahragaan. (PLO-7)

PLO-8

Mampu mengembangkan dan mengoptimalisasi potensi kearifan lokal di bidang ilmu keolahragaan untuk menciptakan dunia usaha dan industri keolahragaan secara mandiri dan atau bersama-sama. (PLO-8)

PLO-13

Mampu melakukan penelitian ilmiah yang dapat digunakan dalam memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang ilmu keolahragaan untuk mengembangkan dan mengoptimalisasi pembinaan aktifitas fisik dan permainan olahraga tradisional serta olahraga prestasi dalam rangkaian upaya meningkatkan kesehatan dan kebugaran bagi masyarakat, komunitas olahraga dan olahragawan.(PLO-3)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep kebugaran fisik dalam merancang program latihan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal (C3)

PO - 2

Menganalisis dampak aktivitas fisik terhadap kesehatan mental dan sosial dalam konteks Sustainable Development Goals (SDGs) (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas program kebugaran fisik yang telah diterapkan di berbagai komunitas olahraga (C5)

PO - 4

Menciptakan strategi pengembangan potensi kearifan lokal dalam industri keolahragaan yang berkelanjutan (C6)

PO - 5

Menerapkan metode penelitian ilmiah untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dalam pembinaan aktivitas fisik dan olahraga tradisional (C3)

PO - 6

Menganalisis pengaruh olahraga tradisional terhadap peningkatan kesehatan dan kebugaran masyarakat (C4)

PO - 7

Mengevaluasi dampak implementasi olahraga prestasi terhadap pembangunan karakter dan kesejahteraan atlet (C5)

PO - 8

Menciptakan program inovatif yang mengintegrasikan nilai-nilai agama, kebangsaan, dan budaya nasional dalam kegiatan keolahragaan (C6)

PO - 9

Menerapkan etika akademik dalam melakukan penelitian dan pengembangan di bidang ilmu keolahragaan (C3)

PO - 10

Menganalisis peran keolahragaan dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-7PLO-8PLO-13
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   
PO-8   
PO-9   
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Olahraga Dan Sdgs pada jenjang S1 program studi Ilmu Keolahragaan bertujuan untuk mengintegrasikan konsep dan prinsip Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) ke dalam konteks olahraga. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana olahraga dapat menjadi sarana untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, serta memahami dampak olahraga terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi. Ruang lingkup mata kuliah ini mencakup analisis kebijakan olahraga berkelanjutan, implementasi program-program olahraga yang mendukung SDGs, serta peningkatan kesadaran akan pentingnya olahraga dalam mencapai tujuan pembangunan global.

Pustaka

Utama :

  1. Zerunyan, F. V., Duzert, Y. (2024). Advancing and Negotiating Sustainable Development Goals (SDGs): A Practical Toolkit. United Kingdom: Taylor & Francis.
  2. Monkelbaan, J. (2018). Governance for the Sustainable Development Goals: Exploring an Integrative Framework of Theories, Tools, and Competencies. Germany: Springer Nature Singapore.
  3. TEKNOLOGI INFORMASI & SDGs. (2023). (n.p.): PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
  4. Sport Tourism, Events and Sustainable Development Goals: An Emerging Foundation. (2024). United Kingdom: Taylor & Francis.
  5. Lindsey, I., Chapman, T. (2017). Enhancing the Contribution of Sport to the Sustainable Development Goals. United Kingdom: Commonwealth Secretariat.

Pendukung :

  1. https://sdgs.bappenas.go.id/website/wp-content/uploads/2021/04/Buku-Saku-Target-Metadata.pdf

Dosen Pengampu

Dr. Roy Januardi Irawan, S.Or., M.Kes.

Nanda Rimawati, S.K.M., M.K.M.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu merancang program latihan kebugaran fisik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal.

  1. kebutuhan masyarakat lokal terpenuhi
  2. program latihan sesuai dengan konsep kebugaran fisik
Kriteria:

Nilai diberikan kepada mahasiswa yang mampu memberikan respons terhadap pertanyaan yang dilontarkan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
2 x 50
Diskusi daring tentang analisis kebutuhan masyarakat lokal dan merancang program latihan yang sesuai
Materi: Konsep kebugaran fisik, Analisis kebutuhan masyarakat lokal, Merancang program latihan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep kebugaran fisik dalam merancang program latihan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal.

  1. Keseimbangan program latihan dengan kebutuhan masyarakat lokal
  2. Kreativitas dalam merancang program latihan
  3. Kemampuan menjelaskan konsep kebugaran fisik
Kriteria:

Nilai diberikan kepada mahasiswa yang mampu memberikan respons terhadap pertanyaan yang dilontarkan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
2 x 50
Diskusi daring tentang konsep kebugaran fisik dan penerapannya dalam program latihan untuk masyarakat lokal
2 x 50
Materi: Konsep Kebugaran Fisik, Analisis Kebutuhan Masyarakat Lokal, Merancang Program Latihan yang Efektif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak aktivitas fisik terhadap kesehatan mental dan sosial dalam konteks SDGs.

  1. Analisis dampak aktivitas fisik terhadap kesehatan mental
  2. Analisis dampak aktivitas fisik terhadap kesehatan sosial
  3. Keterkaitan aktivitas fisik dengan pencapaian SDGs
Kriteria:

Nilai diberikan kepada mahasiswa yang mampu memberikan respons terhadap pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi kelompok dan presentasi.
2 x 50
Diskusi daring tentang dampak aktivitas fisik terhadap kesehatan mental dan sosial dalam konteks SDGs
2 x 50
Materi: Teori kesehatan mental dan sosial, Konsep aktivitas fisik, Tujuan SDGs terkait kesehatan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak aktivitas fisik terhadap kesehatan mental dan sosial dalam konteks SDGs.

  1. dampak positif aktivitas fisik terhadap kesehatan mental
  2. dampak positif aktivitas fisik terhadap kesehatan sosial
  3. keterkaitan aktivitas fisik dengan pencapaian SDGs
Kriteria:

Nilai diberikan kepada mahasiswa yang mampu memberikan respons terhadap pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Kolaboratif.
2 x 50
Diskusi daring tentang dampak aktivitas fisik terhadap kesehatan mental dan sosial dalam konteks SDGs
2 X 50
Materi: Definisi aktivitas fisik, Hubungan aktivitas fisik dengan kesehatan mental, Hubungan aktivitas fisik dengan kesehatan sosial, Kontribusi aktivitas fisik terhadap pencapaian SDGs
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi program kebugaran fisik yang telah diterapkan di berbagai komunitas olahraga dengan menggunakan kriteria yang relevan.

  1. Efektivitas program kebugaran fisik
  2. Penerapan kriteria evaluasi yang tepat
  3. Analisis hasil evaluasi
Kriteria:
  1. Nilai diberikan kepada mahasiswa yang mampu memberikan respons terhadap pertanyaan yang dilontarkan
  2. Nilai diberikan kepada mahasiswa yang mampu memberikan respons terhadap pertanyaan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
2 X 50
Diskusi daring tentang evaluasi program kebugaran fisik di komunitas olahraga
2 X 50
Materi: Konsep evaluasi program kebugaran fisik, Kriteria evaluasi program kebugaran fisik, Studi kasus program kebugaran fisik di komunitas olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan strategi pengembangan potensi kearifan lokal dalam industri keolahragaan yang berkelanjutan.

  1. Penggunaan kearifan lokal dalam strategi pengembangan
  2. Kesesuaian strategi dengan prinsip keberlanjutan
  3. Kreativitas dalam menciptakan strategi
Kriteria:

Nilai diberikan kepada mahasiswa yang mampu memberikan respons terhadap pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
2 X 50
Diskusi daring tentang penerapan kearifan lokal dalam industri keolahragaan
2 X 50
Materi: Pengertian kearifan lokal, Prinsip-prinsip keberlanjutan dalam olahraga, Strategi pengembangan potensi kearifan lokal
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan metode penelitian ilmiah secara tepat untuk mengatasi masalah yang timbul dalam pembinaan aktivitas fisik dan olahraga tradisional.

  1. Pemahaman metode penelitian ilmiah
  2. Kemampuan mengidentifikasi masalah
  3. Kemampuan menyelesaikan masalah
Kriteria:

Nilai diberikan kepada mahasiswa yang mampu memberikan respons terhadap pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran aktif, diskusi kelompok, studi kasus.
2 X 50
Diskusi daring tentang penerapan metode penelitian ilmiah dalam pembinaan aktivitas fisik dan olahraga tradisional
2 x 50
Materi: Pengenalan metode penelitian ilmiah, Langkah-langkah mengidentifikasi masalah, Strategi menyelesaikan masalah dalam pembinaan aktivitas fisik dan olahraga tradisional
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

8

Minggu ke 8

  1. Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dampak implementasi olahraga prestasi terhadap pembangunan karakter dan kesejahteraan atlet.
  2. Ujian Tengah Semester (UTS)
  1. dampak implementasi olahraga prestasi
  2. pembangunan karakter atlet
  3. kesejahteraan atlet
Kriteria:

Nilai diberikan kepada mahasiswa yang mampu memberikan respons terhadap pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
. UTS
2 x 50
Diskusi daring
2 x 50
Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis secara mendalam pengaruh olahraga tradisional terhadap peningkatan kesehatan dan kebugaran masyarakat.

  1. pengaruh olahraga tradisional terhadap kesehatan masyarakat
  2. pengaruh olahraga tradisional terhadap kebugaran masyarakat
Kriteria:

Nilai diberikan kepada mahasiswa yang mampu memberikan respons terhadap pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Tes
Diskusi kelompok dan presentasi.
2 x 50
Diskusi daring tentang implementasi olahraga tradisional di masyarakat
2 x 50
Materi: Sejarah olahraga tradisional, Manfaat olahraga tradisional bagi kesehatan dan kebugaran, Studi kasus pengaruh olahraga tradisional di masyarakat
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi dampak implementasi olahraga prestasi terhadap pembangunan karakter dan kesejahteraan atlet.

  1. Pemahaman konsep olahraga prestasi
  2. Analisis dampak olahraga prestasi terhadap karakter atlet
  3. Evaluasi kesejahteraan atlet dalam konteks olahraga prestasi
Kriteria:

Nilai diberikan kepada mahasiswa yang mampu memberikan respons terhadap pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi, dan analisis literatur.
2 x 50
Diskusi daring tentang implementasi olahraga prestasi dan dampaknya terhadap karakter dan kesejahteraan atlet
2 x 50
Materi: Teori olahraga prestasi, Pembangunan karakter atlet, Kesejahteraan atlet, Studi kasus implementasi olahraga prestasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan program keolahragaan yang inovatif dengan mengintegrasikan nilai-nilai agama, kebangsaan, dan budaya nasional.

  1. Kemampuan menciptakan program inovatif
  2. Integrasi nilai agama, kebangsaan, dan budaya nasional
  3. Kreativitas dalam pengembangan program
Kriteria:

Nilai diberikan kepada mahasiswa yang mampu memberikan respons terhadap pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran Berbasis Proyek.
2 x 50
Diskusi Online tentang Ide Program Keolahragaan Inovatif
2 x 50
Materi: Pentingnya Integrasi Nilai-Nilai dalam Program Keolahragaan, Teknik Integrasi Nilai Agama, Kebangsaan, dan Budaya Nasional, Studi Kasus Program Keolahragaan Berbasis Nilai
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan etika akademik dengan benar dalam melakukan penelitian dan pengembangan di bidang ilmu keolahragaan.

  1. Etika akademik dipahami dengan baik
  2. Penerapan etika akademik dalam penelitian terlihat jelas
  3. Dampak positif dari penerapan etika akademik dijelaskan
Kriteria:

Nilai diberikan kepada mahasiswa yang mampu memberikan respons terhadap pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan studi kasus.
2 x 50
Diskusi daring tentang dilema etika dalam penelitian keolahragaan
2 x 50
Materi: Pentingnya Etika Akademik dalam Penelitian, Prinsip-prinsip Etika Akademik, Dampak Positif dari Penerapan Etika Akademik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hubungan antara keolahragaan dan pencapaian SDGs serta mengidentifikasi kontribusi olahraga dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

  1. kontribusi olahraga terhadap SDGs diidentifikasi dengan jelas
  2. analisis mendalam tentang peran keolahragaan dalam mendukung pencapaian SDGs

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis diskusi dan analisis kasus.
2 x 50
Diskusi daring tentang studi kasus keberhasilan olahraga dalam mendukung SDGs
2 x 50
Materi: Konsep keberlanjutan dalam olahraga, Studi kasus keberhasilan olahraga dalam mendukung SDGs, Framework analisis peran olahraga dalam SDGs
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis peran keolahragaan dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) serta memahami pentingnya kolaborasi antara olahraga dan pembangunan berkelanjutan.

  1. analisis peran keolahragaan dalam mendukung SDGs
  2. pemahaman kolaborasi olahraga dan pembangunan berkelanjutan
Kriteria:

Nilai diberikan kepada mahasiswa yang mampu memberikan respons terhadap pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok dan presentasi.
2 x 50
Diskusi daring tentang implementasi olahraga dalam mendukung SDGs
2 x 50
Materi: Konsep SDGs, Peran olahraga dalam pembangunan berkelanjutan, Studi kasus keberhasilan olahraga dalam mendukung SDGs
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hubungan antara keolahragaan dan pencapaian SDGs serta dapat merumuskan strategi untuk memanfaatkan olahraga sebagai sarana pembangunan berkelanjutan.

  1. Analisis hubungan keolahragaan dan SDGs
  2. Strategi pemanfaatan olahraga untuk pembangunan berkelanjutan
Kriteria:

Nilai diberikan kepada mahasiswa yang mampu memberikan respons terhadap pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran kolaboratif, diskusi kelompok, studi kasus.
2 x 50
Diskusi daring tentang implementasi program olahraga untuk mencapai SDGs
2 x 50
Materi: Konsep SDGs, Peran olahraga dalam pembangunan berkelanjutan, Studi kasus keberhasilan program keolahragaan untuk SDGs
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep kebugaran fisik dalam merancang program latihan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal.

  1. Mampu menjelaskan konsep kebugaran fisik
  2. Mampu merancang program latihan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal
Kriteria:

Nilai diberikan kepada mahasiswa yang mampu memberikan respons terhadap pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran berbasis proyek.
2 x 50

2 x 50
Materi: Konsep kebugaran fisik, Analisis kebutuhan masyarakat lokal, Merancang program latihan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 17.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 21.66%
3. Penilaian Portofolio 34.16%
4. Praktik / Unjuk Kerja 2.5%
5. Tes 24.16%
99.98%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.