
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Instrumen Penelitian |
8610302067 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
13 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr.Fajar Arianto, M.Pd
|
Prof. Dr. Rusijono, M.Pd
|
Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif yang meliputi disain, pengembangan (penciptaan), pengelolaan, pemanfaatan dan evaluasi dalam sistem pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui perencanaan, proses, evaluasi dan desiminasi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah. |
PLO-8 |
Mampu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta melalui kajian sesuai bidang keahliannya untuk menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri |
PLO-10 |
Mampu melakukan pendalaman dan perluasan program pendidikan, pembelajaran dan pelatihan untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset dengan multidisipliner |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar pengembangan instrumen penelitian dalam merancang alat ukur yang valid dan reliabel untuk penelitian pendidikan
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat menganalisis berbagai model dan pendekatan dalam pengembangan instrumen penelitian untuk memilih yang paling efektif sesuai dengan konteks penelitian
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang telah ada untuk meningkatkan kualitas instrumen yang akan dikembangkan
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat menciptakan instrumen penelitian baru yang inovatif yang memenuhi standar ilmiah dan etis
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat menerapkan teknik statistik dalam pengujian instrumen penelitian untuk memastikan validitas dan reliabilitas
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memodifikasi instrumen penelitian berdasarkan feedback dari pengguna dan hasil pengujian
|
PO - 7 |
Mahasiswa dapat menganalisis pengaruh desain instrumen terhadap hasil penelitian dan mengidentifikasi potensi bias
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | ✔ | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | ✔ | PO-4 | ✔ | | ✔ | | PO-5 | ✔ | | ✔ | | PO-6 | | ✔ | | ✔ | PO-7 | | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pengembangan Instrumen Penelitian pada jenjang S2 program studi Teknologi Pendidikan bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang proses pengembangan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Mahasiswa akan mempelajari teori-teori dasar pengembangan instrumen, teknik pengukuran, serta langkah-langkah validasi dan reliabilitas instrumen penelitian. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pembahasan tentang jenis-jenis instrumen penelitian, tahapan pengembangan instrumen, teknik analisis data instrumen, serta penerapan instrumen penelitian dalam konteks teknologi pendidikan. Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan instrumen penelitian yang sesuai dengan kebutuhan penelitian dalam bidang teknologi pendidikan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
- John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc
- Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Rusijono, M.Pd. Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. Dr. Fajar Arianto, S.Pd., M.Pd. Dr. Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Memahami konsep dasar instrumen penelitian
- Mengidentifikasi jenis-jenis instrumen penelitian
|
- mampu menentukan konsep dasar instrumen penelitian
- mampu menentukan jenis instrumen dalam penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menentukan konsep dasar instrumen penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mengkaji konsep dasar dan jenis-jenis instrumen peneitian 100 |
|
Materi: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Memahami konsep dasar instrumen penelitian
- Mengidentifikasi jenis-jenis instrumen penelitian
|
- mampu menentukan konsep dasar instrumen penelitian
- mampu menentukan jenis instrumen dalam penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menentukan konsep dasar instrumen penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mengkaji konsep dasar dan jenis-jenis instrumen peneitian 100 |
|
Materi: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kebutuhan spesifik penelitian dengan baik untuk dapat menentukan jenis instrumen yang efektif |
- Kemampuan menganalisis kebutuhan spesifik penelitian
- Kemampuan menentukan jenis instrumen yang efektif
|
Kriteria:
- Ketepatan dalam analisis instrumen dalam penelitian
- ketepatan menentukan jenis instrumen penelitian
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
|
Diskusi daring tentang studi kasus analisis kebutuhan penelitian
|
Materi: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kebutuhan spesifik penelitian dengan baik untuk dapat menentukan jenis instrumen yang efektif |
- Kemampuan menganalisis kebutuhan spesifik penelitian
- Kemampuan menentukan jenis instrumen yang efektif
|
Kriteria:
- Ketepatan dalam analisis instrumen dalam penelitian
- ketepatan menentukan jenis instrumen penelitian
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
|
Diskusi daring tentang studi kasus analisis kebutuhan penelitian
|
Materi: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan tiap jenis instrumen untuk kebutuhan penelitian |
- Kemampuan menentukan kelebihan tiap jenis instrumen penelitian
- Kemampuan menentukan kekurangan tiap jenis instrumen penelitian
|
Kriteria:
- ketapatan menentukan kelebihan dari tiap jenis instrumen penelitian
- ketapatan menentukan kekurangan dari tiap jenis instrumen penelitian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
mahasiswa mengkaji kelemhan dan kelebihan tiap jenis instrumen penelitian dengan tepat 100 |
Diskusi daring tentang contoh analisis kebutuhan penelitian yang efektif
|
Materi: John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc Pustaka: |
10% |
6
Minggu ke 6 |
- mengasilkan rancangan instrumen penelitian berdasarkan pada kajian teori
- menentukan variabel instrumen penelitian dengan tepat
|
- Kemampuan mengidentifikasi kelemahan instrumen penelitian
- Kemampuan mengusulkan perbaikan atau modifikasi instrumen penelitian
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
mahasiwa mengkaji teori untuk menemukan variabel dan indikator instrumen penelitian yang sesuai dengan variabel penelitian 100 |
|
Materi: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Pustaka: |
20% |
7
Minggu ke 7 |
- mengasilkan rancangan instrumen penelitian berdasarkan pada kajian teori
- menentukan variabel instrumen penelitian dengan tepat
|
- Kemampuan mengidentifikasi kelemahan instrumen penelitian
- Kemampuan mengusulkan perbaikan atau modifikasi instrumen penelitian
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
mahasiwa mengkaji teori untuk menemukan variabel dan indikator instrumen penelitian yang sesuai dengan variabel penelitian 100 |
|
Materi: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Pustaka: |
0% |
8
Minggu ke 8 |
formatif |
|
|
Formatif
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
- Mampu menentukan uji validasi yang sesuai dengan jenis intrumen penelitian
- mampu menentukan validasi dan reliabilitas intrumen penelitian
|
- mampu menentukan uji validitas yang tepat
- mampu menentukan kevalidan instrumen penelitian'
- mampu menentukan reliabilitas instrumen penelitian
|
Kriteria:
- ketepatan uji validitas yang sesuai dengan instrumen penelitian
- ketepatan menentukan validitas tiap butir instrumen penelitian
- ketepatan dalam menentukan reliabilitas instrumen
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa meakukan praktik validasi instrumen penelitian dan menentukan reliabilitas 100 |
|
Materi: Variabel penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon |
10% |
10
Minggu ke 10 |
- Mampu menentukan uji validasi yang sesuai dengan jenis intrumen penelitian
- mampu menentukan validasi dan reliabilitas intrumen penelitian
|
- mampu menentukan uji validitas yang tepat
- mampu menentukan kevalidan instrumen penelitian'
- mampu menentukan reliabilitas instrumen penelitian
|
Kriteria:
- ketepatan uji validitas yang sesuai dengan instrumen penelitian
- ketepatan menentukan validitas tiap butir instrumen penelitian
- ketepatan dalam menentukan reliabilitas instrumen
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa meakukan praktik validasi instrumen penelitian dan menentukan reliabilitas 100 |
|
Materi: Variabel penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon |
10% |
11
Minggu ke 11 |
- Mampu menentukan uji validasi yang sesuai dengan jenis intrumen penelitian
- mampu menentukan validasi dan reliabilitas intrumen penelitian
|
- mampu menentukan uji validitas yang tepat
- mampu menentukan kevalidan instrumen penelitian'
- mampu menentukan reliabilitas instrumen penelitian
|
Kriteria:
- ketepatan uji validitas yang sesuai dengan instrumen penelitian
- ketepatan menentukan validitas tiap butir instrumen penelitian
- ketepatan dalam menentukan reliabilitas instrumen
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa meakukan praktik validasi instrumen penelitian dan menentukan reliabilitas 100 |
|
Materi: Variabel penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon |
10% |
12
Minggu ke 12 |
- mampu mengevaluasi instrumen penelitian yang dikembangkan atau hasil peneitian sebelumnya
- mampu mengembangkan instrumen penelitian yang telah ada
|
- mampu mengevaluasi instrumen penelitian yang didasarkan pada variabel
- mampu mengembangkan intrumen penelitian didasarkan pada teori
|
Kriteria:
- ketepatan evaluasi penelitian yang sesuai dengan teori
- ketepatan dalam pengembangan intrumen penelitian yang sesuai dengan subjek penelitian
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa meakukan kajian dan mengembangkan instrumen penelitian yang idasrkan pada hasil penelitian dan teori 100 |
|
Materi: pengembangan instrumen Pustaka: John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc |
10% |
13
Minggu ke 13 |
- mampu mengevaluasi instrumen penelitian yang dikembangkan atau hasil peneitian sebelumnya
- mampu mengembangkan instrumen penelitian yang telah ada
|
- mampu mengevaluasi instrumen penelitian yang didasarkan pada variabel
- mampu mengembangkan intrumen penelitian didasarkan pada teori
|
Kriteria:
- ketepatan evaluasi penelitian yang sesuai dengan teori
- ketepatan dalam pengembangan intrumen penelitian yang sesuai dengan subjek penelitian
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa meakukan kajian dan mengembangkan instrumen penelitian yang idasrkan pada hasil penelitian dan teori 100 |
|
Materi: pengembangan instrumen Pustaka: John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc |
0% |
14
Minggu ke 14 |
mahasiswa menghasilkan instrumen penelitian yang valid dan reliabel yang sesuai dengan variabel penelitian |
- mampu mengembangkan intrumen penelitian
- mampu menguji instrumen penelitian yang dikembangkan
|
Kriteria:
- kesesuaian pengembangan intrumen yang dikembangkan
- menghasilkan instrumen penelitian
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mengkaji teori dan menghasilkan variabel yang digunakan untuk menyusun instrumen penelitian dan melakukan pengujian validitas dan reliabilitas intrumen 100 |
|
Materi: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Pustaka: |
10% |
15
Minggu ke 15 |
mahasiswa menghasilkan instrumen penelitian yang valid dan reliabel yang sesuai dengan variabel penelitian |
- mampu mengembangkan intrumen penelitian
- mampu menguji instrumen penelitian yang dikembangkan
|
Kriteria:
- kesesuaian pengembangan intrumen yang dikembangkan
- menghasilkan instrumen penelitian
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mengkaji teori dan menghasilkan variabel yang digunakan untuk menyusun instrumen penelitian dan melakukan pengujian validitas dan reliabilitas intrumen 100 |
|
Materi: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Pustaka: |
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
Sumatif
|
|
|
0% |