Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Instrumen Penelitian

8610302067

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

13 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr.Fajar Arianto, M.Pd




Prof. Dr. Rusijono, M.Pd




Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif yang meliputi disain, pengembangan (penciptaan), pengelolaan, pemanfaatan dan evaluasi dalam sistem pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui perencanaan, proses, evaluasi dan desiminasi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

PLO-8

Mampu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta melalui kajian sesuai bidang keahliannya untuk menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri

PLO-10

Mampu melakukan pendalaman dan perluasan program pendidikan, pembelajaran dan pelatihan untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset dengan multidisipliner

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar pengembangan instrumen penelitian dalam merancang alat ukur yang valid dan reliabel untuk penelitian pendidikan

PO - 2

Mahasiswa dapat menganalisis berbagai model dan pendekatan dalam pengembangan instrumen penelitian untuk memilih yang paling efektif sesuai dengan konteks penelitian

PO - 3

Mahasiswa dapat mengevaluasi kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang telah ada untuk meningkatkan kualitas instrumen yang akan dikembangkan

PO - 4

Mahasiswa dapat menciptakan instrumen penelitian baru yang inovatif yang memenuhi standar ilmiah dan etis

PO - 5

Mahasiswa dapat menerapkan teknik statistik dalam pengujian instrumen penelitian untuk memastikan validitas dan reliabilitas

PO - 6

Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memodifikasi instrumen penelitian berdasarkan feedback dari pengguna dan hasil pengujian

PO - 7

Mahasiswa dapat menganalisis pengaruh desain instrumen terhadap hasil penelitian dan mengidentifikasi potensi bias

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7PLO-8PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pengembangan Instrumen Penelitian pada jenjang S2 program studi Teknologi Pendidikan bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang proses pengembangan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Mahasiswa akan mempelajari teori-teori dasar pengembangan instrumen, teknik pengukuran, serta langkah-langkah validasi dan reliabilitas instrumen penelitian. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pembahasan tentang jenis-jenis instrumen penelitian, tahapan pengembangan instrumen, teknik analisis data instrumen, serta penerapan instrumen penelitian dalam konteks teknologi pendidikan. Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan instrumen penelitian yang sesuai dengan kebutuhan penelitian dalam bidang teknologi pendidikan.

Pustaka

Utama :

  1. Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
  2. John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc
  3. Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Rusijono, M.Pd.

Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.

Dr. Fajar Arianto, S.Pd., M.Pd.

Dr. Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Memahami konsep dasar instrumen penelitian
  2. Mengidentifikasi jenis-jenis instrumen penelitian
  1. mampu menentukan konsep dasar instrumen penelitian
  2. mampu menentukan jenis instrumen dalam penelitian
Kriteria:

Ketepatan dalam menentukan konsep dasar instrumen penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa mengkaji konsep dasar dan jenis-jenis instrumen peneitian
100

Materi: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

  1. Memahami konsep dasar instrumen penelitian
  2. Mengidentifikasi jenis-jenis instrumen penelitian
  1. mampu menentukan konsep dasar instrumen penelitian
  2. mampu menentukan jenis instrumen dalam penelitian
Kriteria:

Ketepatan dalam menentukan konsep dasar instrumen penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa mengkaji konsep dasar dan jenis-jenis instrumen peneitian
100

Materi: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kebutuhan spesifik penelitian dengan baik untuk dapat menentukan jenis instrumen yang efektif

  1. Kemampuan menganalisis kebutuhan spesifik penelitian
  2. Kemampuan menentukan jenis instrumen yang efektif
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam analisis instrumen dalam penelitian
  2. ketepatan menentukan jenis instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
Diskusi daring tentang studi kasus analisis kebutuhan penelitian
Materi: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kebutuhan spesifik penelitian dengan baik untuk dapat menentukan jenis instrumen yang efektif

  1. Kemampuan menganalisis kebutuhan spesifik penelitian
  2. Kemampuan menentukan jenis instrumen yang efektif
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam analisis instrumen dalam penelitian
  2. ketepatan menentukan jenis instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
Diskusi daring tentang studi kasus analisis kebutuhan penelitian
Materi: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan tiap jenis instrumen untuk kebutuhan penelitian

  1. Kemampuan menentukan kelebihan tiap jenis instrumen penelitian
  2. Kemampuan menentukan kekurangan tiap jenis instrumen penelitian
Kriteria:
  1. ketapatan menentukan kelebihan dari tiap jenis instrumen penelitian
  2. ketapatan menentukan kekurangan dari tiap jenis instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
mahasiswa mengkaji kelemhan dan kelebihan tiap jenis instrumen penelitian dengan tepat
100
Diskusi daring tentang contoh analisis kebutuhan penelitian yang efektif
Materi: John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc
Pustaka:
10%

6

Minggu ke 6

  1. mengasilkan rancangan instrumen penelitian berdasarkan pada kajian teori
  2. menentukan variabel instrumen penelitian dengan tepat
  1. Kemampuan mengidentifikasi kelemahan instrumen penelitian
  2. Kemampuan mengusulkan perbaikan atau modifikasi instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
mahasiwa mengkaji teori untuk menemukan variabel dan indikator instrumen penelitian yang sesuai dengan variabel penelitian
100

Materi: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
Pustaka:
20%

7

Minggu ke 7

  1. mengasilkan rancangan instrumen penelitian berdasarkan pada kajian teori
  2. menentukan variabel instrumen penelitian dengan tepat
  1. Kemampuan mengidentifikasi kelemahan instrumen penelitian
  2. Kemampuan mengusulkan perbaikan atau modifikasi instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
mahasiwa mengkaji teori untuk menemukan variabel dan indikator instrumen penelitian yang sesuai dengan variabel penelitian
100

Materi: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
Pustaka:
0%

8

Minggu ke 8

formatif

Formatif

0%

9

Minggu ke 9

  1. Mampu menentukan uji validasi yang sesuai dengan jenis intrumen penelitian
  2. mampu menentukan validasi dan reliabilitas intrumen penelitian
  1. mampu menentukan uji validitas yang tepat
  2. mampu menentukan kevalidan instrumen penelitian'
  3. mampu menentukan reliabilitas instrumen penelitian
Kriteria:
  1. ketepatan uji validitas yang sesuai dengan instrumen penelitian
  2. ketepatan menentukan validitas tiap butir instrumen penelitian
  3. ketepatan dalam menentukan reliabilitas instrumen

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa meakukan praktik validasi instrumen penelitian dan menentukan reliabilitas
100

Materi: Variabel penelitian
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
10%

10

Minggu ke 10

  1. Mampu menentukan uji validasi yang sesuai dengan jenis intrumen penelitian
  2. mampu menentukan validasi dan reliabilitas intrumen penelitian
  1. mampu menentukan uji validitas yang tepat
  2. mampu menentukan kevalidan instrumen penelitian'
  3. mampu menentukan reliabilitas instrumen penelitian
Kriteria:
  1. ketepatan uji validitas yang sesuai dengan instrumen penelitian
  2. ketepatan menentukan validitas tiap butir instrumen penelitian
  3. ketepatan dalam menentukan reliabilitas instrumen

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa meakukan praktik validasi instrumen penelitian dan menentukan reliabilitas
100

Materi: Variabel penelitian
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
10%

11

Minggu ke 11

  1. Mampu menentukan uji validasi yang sesuai dengan jenis intrumen penelitian
  2. mampu menentukan validasi dan reliabilitas intrumen penelitian
  1. mampu menentukan uji validitas yang tepat
  2. mampu menentukan kevalidan instrumen penelitian'
  3. mampu menentukan reliabilitas instrumen penelitian
Kriteria:
  1. ketepatan uji validitas yang sesuai dengan instrumen penelitian
  2. ketepatan menentukan validitas tiap butir instrumen penelitian
  3. ketepatan dalam menentukan reliabilitas instrumen

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa meakukan praktik validasi instrumen penelitian dan menentukan reliabilitas
100

Materi: Variabel penelitian
Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
10%

12

Minggu ke 12

  1. mampu mengevaluasi instrumen penelitian yang dikembangkan atau hasil peneitian sebelumnya
  2. mampu mengembangkan instrumen penelitian yang telah ada
  1. mampu mengevaluasi instrumen penelitian yang didasarkan pada variabel
  2. mampu mengembangkan intrumen penelitian didasarkan pada teori
Kriteria:
  1. ketepatan evaluasi penelitian yang sesuai dengan teori
  2. ketepatan dalam pengembangan intrumen penelitian yang sesuai dengan subjek penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa meakukan kajian dan mengembangkan instrumen penelitian yang idasrkan pada hasil penelitian dan teori
100

Materi: pengembangan instrumen
Pustaka: John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc
10%

13

Minggu ke 13

  1. mampu mengevaluasi instrumen penelitian yang dikembangkan atau hasil peneitian sebelumnya
  2. mampu mengembangkan instrumen penelitian yang telah ada
  1. mampu mengevaluasi instrumen penelitian yang didasarkan pada variabel
  2. mampu mengembangkan intrumen penelitian didasarkan pada teori
Kriteria:
  1. ketepatan evaluasi penelitian yang sesuai dengan teori
  2. ketepatan dalam pengembangan intrumen penelitian yang sesuai dengan subjek penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa meakukan kajian dan mengembangkan instrumen penelitian yang idasrkan pada hasil penelitian dan teori
100

Materi: pengembangan instrumen
Pustaka: John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc
0%

14

Minggu ke 14

mahasiswa menghasilkan instrumen penelitian yang valid dan reliabel yang sesuai dengan variabel penelitian

  1. mampu mengembangkan intrumen penelitian
  2. mampu menguji instrumen penelitian yang dikembangkan
Kriteria:
  1. kesesuaian pengembangan intrumen yang dikembangkan
  2. menghasilkan instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa mengkaji teori dan menghasilkan variabel yang digunakan untuk menyusun instrumen penelitian dan melakukan pengujian validitas dan reliabilitas intrumen
100

Materi: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
Pustaka:
10%

15

Minggu ke 15

mahasiswa menghasilkan instrumen penelitian yang valid dan reliabel yang sesuai dengan variabel penelitian

  1. mampu mengembangkan intrumen penelitian
  2. mampu menguji instrumen penelitian yang dikembangkan
Kriteria:
  1. kesesuaian pengembangan intrumen yang dikembangkan
  2. menghasilkan instrumen penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa mengkaji teori dan menghasilkan variabel yang digunakan untuk menyusun instrumen penelitian dan melakukan pengujian validitas dan reliabilitas intrumen
100

Materi: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
Pustaka:
0%

16

Minggu ke 16

Sumatif

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 65%
3. Penilaian Portofolio 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.