
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Penelitian Tugas Akhir-1 |
8400105079 |
|
T=8 |
P=0 |
ECTS=20.16 |
3 |
27 Oktober 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
SUYATNO |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan metode penelitian interdisiplin dalam pengembangan teori pendidikan sains untuk mengatasi isu-isu aktual (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis dan mengintegrasikan berbagai teori dari disiplin ilmu lain untuk memperkaya pemahaman dan aplikasi dalam pendidikan sains (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas metode riset transdisiplin dalam menghasilkan solusi inovatif untuk permasalahan pendidikan sains (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan kerangka teoritis baru yang menggabungkan pendekatan multidisiplin dalam pendidikan sains (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teknik analisis data untuk memecahkan permasalahan kompleks dalam pendidikan sains (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis dampak implementasi teori pendidikan sains terhadap praktik pendidikan di lapangan (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi keterkaitan antara hasil riset pendidikan sains dengan kebutuhan dan tantangan masyarakat kontemporer (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan model pendidikan sains yang inovatif dan adaptif terhadap perubahan sosial dan teknologi (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan prinsip etika dalam penelitian ilmiah untuk memastikan integritas dan akuntabilitas hasil riset (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dan sintesis hasil penelitian untuk menghasilkan publikasi yang diakui di tingkat nasional dan internasional (C4)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | | PO-1 | | PO-2 | | PO-3 | | PO-4 | | PO-5 | | PO-6 | | PO-7 | | PO-8 | | PO-9 | | PO-10 |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
|
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
BUDI JATMIKO WASIS EKO HARIYONO NADI SUPRAPTO BINAR KURNIA PRAHANI Dr. Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd. Dr. Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd. Prof. Nadi Suprapto, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Prof. Nadi Suprapto, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd. Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd. Prof. Dr. Wasis, M.Si. Prof. Dr. Wasis, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metode penelitian interdisiplin dalam mengembangkan teori pendidikan sains untuk mengatasi isu-isu aktual. |
- Kemampuan mengidentifikasi isu-isu aktual yang relevan
- Kemampuan mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu dalam penelitian
- Kemampuan menyusun teori pendidikan sains yang inovatif
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Kolaboratif.
|
Diskusi daring tentang penerapan metode penelitian interdisiplin dalam kasus nyata, Penyusunan makalah kolaboratif tentang pengembangan teori pendidikan sains
|
Materi: Pengertian Metode Penelitian Interdisiplin, Langkah-langkah Mengembangkan Teori Pendidikan Sains, Studi Kasus Penelitian Interdisiplin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metode penelitian interdisiplin dalam mengembangkan teori pendidikan sains untuk mengatasi isu-isu aktual. |
- Integrasi disiplin ilmu
- Inovasi solusi pendidikan
- Penerapan metode penelitian
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi.
|
Diskusi daring tentang penerapan metode penelitian interdisiplin dalam kasus nyata pendidikan sains
|
Materi: Pengertian Metode Penelitian Interdisiplin, Langkah-langkah Penelitian Interdisiplin, Studi Kasus Penelitian Interdisiplin dalam Pendidikan Sains Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metode penelitian interdisiplin dalam mengembangkan teori pendidikan sains untuk mengatasi isu-isu aktual. |
- Integrasi disiplin ilmu
- Inovasi solusi pendidikan
- Penerapan metode penelitian
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi.
|
Diskusi daring tentang penerapan metode penelitian interdisiplin dalam kasus nyata pendidikan sains
|
Materi: Pengertian Metode Penelitian Interdisiplin, Langkah-langkah Penelitian Interdisiplin, Studi Kasus Penelitian Interdisiplin dalam Pendidikan Sains Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan teori-teori dari berbagai disiplin ilmu lain ke dalam konteks pendidikan sains untuk meningkatkan pemahaman dan aplikasi dalam pembelajaran. |
- Integrasi teori dari minimal 3 disiplin ilmu lain
- Penerapan teori dalam studi kasus pendidikan sains
- Kemampuan menjelaskan relevansi teori dengan konteks pendidikan sains
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi teori dalam pendidikan sains
|
Materi: Teori psikologi dalam pendidikan sains, Teori sosiologi dalam pendidikan sains, Teori antropologi dalam pendidikan sains Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi dan mengaplikasikan metode riset transdisiplin untuk mengatasi permasalahan pendidikan sains secara inovatif. |
- Kemampuan menganalisis keefektifan metode riset transdisiplin
- Kemampuan menghasilkan solusi inovatif
- Kemampuan menyusun rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
|
Diskusi Online, Penyusunan Portofolio
|
Materi: Pengenalan Metode Riset Transdisiplin, Studi Kasus Riset Transdisiplin dalam Pendidikan Sains, Evaluasi Hasil Riset dan Inovasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi dan mengaplikasikan metode riset transdisiplin untuk mengatasi permasalahan pendidikan sains secara inovatif. |
- Kemampuan menganalisis keefektifan metode riset transdisiplin
- Kemampuan menghasilkan solusi inovatif
- Kemampuan menyusun rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
|
Diskusi Online, Penyusunan Portofolio
|
Materi: Pengenalan Metode Riset Transdisiplin, Studi Kasus Riset Transdisiplin dalam Pendidikan Sains, Evaluasi Hasil Riset dan Inovasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teknik analisis data secara tepat untuk memecahkan permasalahan kompleks dalam konteks pendidikan sains. |
- Kemampuan menerapkan teknik analisis data
- Kemampuan memecahkan permasalahan kompleks
- Kemampuan berpikir kritis
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan teknik analisis data dalam kasus nyata
|
Materi: Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Analisis Data, Interpretasi Hasil Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teknik analisis data secara tepat untuk memecahkan permasalahan kompleks dalam konteks pendidikan sains. |
- Kemampuan menerapkan teknik analisis data
- Kemampuan memecahkan permasalahan kompleks
- Kemampuan berpikir kritis
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan teknik analisis data dalam kasus nyata
|
Materi: Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Analisis Data, Interpretasi Hasil Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak implementasi teori pendidikan sains terhadap praktik pendidikan di lapangan dengan kemampuan kognitif Menganalisis (C4) dalam Taksonomi Bloom. |
- dampak implementasi teori pendidikan sains
- analisis praktik pendidikan di lapangan
- kemampuan menganalisis (C4)
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
|
Diskusi daring tentang implementasi teori pendidikan sains dalam praktik pendidikan lapangan
|
Materi: Teori pendidikan sains, Implementasi teori dalam praktik lapangan, Analisis dampak implementasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi relevansi hasil riset pendidikan sains dengan kebutuhan masyarakat kontemporer serta mampu mengevaluasi dampaknya. |
- Relevansi hasil riset dengan kebutuhan masyarakat
- Kemampuan evaluasi dampak riset
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang keterkaitan riset dengan kebutuhan masyarakat
|
Materi: Konsep hasil riset pendidikan sains, Kebutuhan masyarakat kontemporer, Tantangan yang dihadapi masyarakat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model pendidikan sains yang inovatif dan adaptif sesuai dengan tuntutan perubahan sosial dan teknologi. |
- kreativitas dalam merancang model pendidikan
- responsif terhadap perubahan sosial dan teknologi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Diskusi daring tentang implementasi model pendidikan inovatif, Penugasan proyek pembuatan model pendidikan adaptif
|
Materi: Teori Pembelajaran Inovatif, Strategi Adaptif dalam Pendidikan Sains, Teknologi dalam Pembelajaran Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan prinsip etika dalam penelitian ilmiah untuk memastikan integritas dan akuntabilitas hasil riset |
- Pemahaman prinsip etika dalam penelitian ilmiah
- Kemampuan menerapkan prinsip etika dalam penelitian ilmiah
- Konsistensi dalam menjaga integritas dan akuntabilitas hasil riset
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, studi kasus, role play.
|
Diskusi Etika Penelitian Ilmiah
|
Materi: Prinsip Etika dalam Penelitian Ilmiah, Integritas dan Akuntabilitas dalam Riset, Studi Kasus Etika Penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan prinsip etika dalam penelitian ilmiah untuk memastikan integritas dan akuntabilitas hasil riset. |
- Pemahaman prinsip etika dalam penelitian ilmiah
- Kemampuan menerapkan prinsip etika dalam penelitian ilmiah
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, studi kasus, role play.
|
Diskusi daring tentang dilema etika dalam penelitian ilmiah
|
Materi: Pengertian etika dalam penelitian ilmiah, Prinsip-prinsip etika dalam penelitian ilmiah, Studi kasus tentang pelanggaran etika dalam penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan publikasi yang diakui di tingkat nasional dan internasional melalui analisis dan sintesis hasil penelitian. |
- Analisis hasil penelitian
- Sintesis hasil penelitian
- Kualitas publikasi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Penugasan penulisan artikel ilmiah
|
Materi: Teknik analisis hasil penelitian, Teknik sintesis hasil penelitian, Kriteria publikasi yang diakui Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan publikasi yang diakui di tingkat nasional dan internasional melalui analisis dan sintesis hasil penelitian. |
- Analisis hasil penelitian
- Sintesis hasil penelitian
- Kualitas publikasi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Penugasan penulisan artikel ilmiah
|
Materi: Teknik analisis hasil penelitian, Strategi sintesis hasil penelitian, Kriteria publikasi yang diakui Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan publikasi yang diakui di tingkat nasional dan internasional melalui analisis dan sintesis hasil penelitian. |
- Analisis hasil penelitian
- Sintesis hasil penelitian
- Kualitas publikasi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Penugasan penulisan artikel ilmiah
|
Materi: Teknik analisis hasil penelitian, Strategi sintesis hasil penelitian, Kriteria publikasi yang diakui Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |