Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Internship

6310604021

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=4

P=0

ECTS=8.96

3

7 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si,




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis secara kritis praktik-praktik administrasi publik di institusi pemerintahan, lembaga non-pemerintah, atau organisasi sektor publik

PO - 2

Mengaplikasikan teori dan konsep administrasi publik dalam konteks kerja nyata

PO - 3

Mengembangkan keterampilan manajerial dan administratif dalam lingkungan kerja sektor publik secara profesional, etis, dan bertanggung jawab

PO - 4

Berkomunikasi secara efektif dan kolaboratif dengan berbagai pemangku kepentingan dalam institusi tempat magang, baik secara lisan maupun tertulis.

PO - 5

Menyusun laporan yang sistematis dan analitis, mencerminkan integrasi antara teori akademik dan pengalaman praktis di lapangan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-4
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam lingkungan kerja yang relevan dengan bidang administrasi publik. Mahasiswa melaksanakan praktek di instansi pemerintah, lembaga non-profit, atau sektor terkait lainnya untuk menerapkan teori dan konsep yang telah dipelajari dalam konteks nyata. Fokus pada pengembangan keterampilan profesional, pemahaman proses administrasi publik, dan penguatan kemampuan analisis kebijakan di lapangan.

Pustaka

Utama :

  1. Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley
  2. Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning
  3. Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.
  4. O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge.
  5. Bryson, J. M., Quick, K. S., Slotterback, C. S., & Crosby, B. C. (2020). Designing public participation processes. Public Administration Review, 80(1), 65–72
  6. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI
  7. PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA
  8. Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa

Pendukung :

  1. Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379
  2. Kemp, R., & Rotmans, J. (2019). The management of the co-evolution of technical, environmental and social systems. International Journal of Sustainable Development & World Ecology, 26(1), 5–16.

Dosen Pengampu

Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.

Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Analisis kritis praktik-praktik administrasi publik di institusi pemerintahan, lembaga non-pemerintah, atau organisasi sektor publik tempat magang

Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik

Kriteria:
  1. Ketepatan analisis praktek administrasi publik
  2. Kejelasan analisis praktek administrasi publik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mahasiswa secara luring menyusun proposal internship dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mengidentifikasi organisasi sektor publik
d. Konsultasi
e. Analisis
f. Menyusun proposal
11.3 jam
Mahasiswa melalui daring secara sinkronus menyusun proposal internship dengan :
a. Mempelajari
b. Membaca referensi
c. Mengidentifikasi organisasi sektor publik
d. Konsultasi
e. Analisis
f. Menyusun proposal
11.3 jam
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management
Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning

Materi: Administration and Governance
Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.

Materi: KKNI
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI

Materi: PP KKNI
Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

Materi: Internships and Public Administration Education
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379
4%

2

Minggu ke 2

Identifikasi permasalahan administrasi publik di institusi pemerintahan, lembaga non-pemerintah, atau organisasi sektor publik

Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik

Kriteria:
  1. Ketepatan analisis praktek administrasi publik
  2. Kejelasan analisis praktek administrasi publik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mahasiswa secara luring menyusun proposal internship dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mengidentifikasi organisasi sektor publik
d. Konsultasi
e. Analisis
f. Menyusun proposal
11.3 jam
Mahasiswa melalui daring secara sinkronus menyusun proposal internship dengan :
a. Mempelajari
b. Membaca referensi
c. Mengidentifikasi organisasi sektor publik
d. Konsultasi
e. Analisis
f. Menyusun proposal
11.3 jam
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management
Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning

Materi: Administration and Governance
Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.

Materi: KKNI
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI

Materi: PP KKNI
Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

Materi: Internships and Public Administration Education
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379
3%

3

Minggu ke 3

Menyusun desain magang berdasarkan permasalahan administrasi publik di institusi pemerintahan, lembaga non-pemerintah, atau organisasi sektor publik tempat magang

Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik

Kriteria:
  1. Ketepatan analisis praktek administrasi publik
  2. Kejelasan analisis praktek administrasi publik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mahasiswa secara luring menyusun proposal internship dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mengidentifikasi organisasi sektor publik
d. Konsultasi
e. Analisis
f. Menyusun proposal
11.3 jam
Mahasiswa melalui daring secara sinkronus menyusun proposal internship dengan :
a. Mempelajari
b. Membaca referensi
c. Mengidentifikasi organisasi sektor publik
d. Konsultasi
e. Analisis
f. Menyusun proposal
11.3 jam
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management
Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning

Materi: Administration and Governance
Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.

Materi: KKNI
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI

Materi: PP KKNI
Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

Materi: Internships and Public Administration Education
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379
5%

4

Minggu ke 4

Menyusun desain magang berdasarkan permasalahan administrasi publik di institusi pemerintahan, lembaga non-pemerintah, atau organisasi sektor publik tempat magang

Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik

Kriteria:
  1. Ketepatan analisis praktek administrasi publik
  2. Kejelasan analisis praktek administrasi publik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mahasiswa secara luring menyusun proposal internship dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mengidentifikasi organisasi sektor publik
d. Konsultasi
e. Analisis
f. Menyusun proposal
11.3 jam
Mahasiswa melalui daring secara sinkronus menyusun proposal internship dengan :
a. Mempelajari
b. Membaca referensi
c. Mengidentifikasi organisasi sektor publik
d. Konsultasi
e. Analisis
f. Menyusun proposal
11.33 jam
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management
Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning

Materi: Administration and Governance
Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.

Materi: KKNI
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI

Materi: PP KKNI
Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

Materi: Internships and Public Administration Education
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379
5%

5

Minggu ke 5

Mengaplikasikan teori dan konsep administrasi publik dalam konteks kerja nyata.

Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik

Kriteria:
  1. Kecepatan melaksanakan tugas
  2. Ketepatan melaksanakan tugas
  3. Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa secara luring praktek internship

Materi: Key Dimensions of Organizing and Management
Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning

Materi: Administration and Governance
Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.

Materi: KKNI
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI

Materi: PP KKNI
Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

Materi: Internships and Public Administration Education
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Mata kuliah wajib institusional
Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa
30%

6

Minggu ke 6

Mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan administrasi publik berdasarkan observasi langsung di lapangan serta memberikan alternatif solusi berbasis kebijakan

Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik

Kriteria:
  1. Kecepatan melaksanakan tugas
  2. Ketepatan melaksanakan tugas
  3. Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa secara luring praktek internship
11.3 jam

Materi: Key Dimensions of Organizing and Management
Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning

Materi: Administration and Governance
Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.

Materi: KKNI
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI

Materi: PP KKNI
Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

Materi: Internships and Public Administration Education
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Mata kuliah wajib institusional
Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa
5%

7

Minggu ke 7

Mengembangkan keterampilan manajerial dan administratif dalam lingkungan kerja sektor publik secara profesional, etis, dan bertanggung jawab

Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik

Kriteria:
  1. Kecepatan melaksanakan tugas
  2. Ketepatan melaksanakan tugas
  3. Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa secara luring praktek internship
11.3 jam

Materi: Key Dimensions of Organizing and Management
Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning

Materi: Administration and Governance
Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.

Materi: KKNI
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI

Materi: PP KKNI
Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

Materi: Internships and Public Administration Education
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance
Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge.

Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional
Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa
5%

8

Minggu ke 8

Mengembangkan keterampilan manajerial dan administratif dalam lingkungan kerja sektor publik secara profesional, etis, dan bertanggung jawab

Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik

Kriteria:
  1. Kecepatan melaksanakan tugas
  2. Ketepatan melaksanakan tugas
  3. Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa secara luring praktek internship
11.3 jam

Materi: Key Dimensions of Organizing and Management
Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning

Materi: Administration and Governance
Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.

Materi: KKNI
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI

Materi: PP KKNI
Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

Materi: Internships and Public Administration Education
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance
Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge.

Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional
Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa
5%

9

Minggu ke 9

Mengembangkan keterampilan manajerial dan administratif dalam lingkungan kerja sektor publik secara profesional, etis, dan bertanggung jawab

Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik

Kriteria:
  1. Kecepatan melaksanakan tugas
  2. Ketepatan melaksanakan tugas
  3. Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa secara luring praktek internship
11.3 jam

Materi: Key Dimensions of Organizing and Management
Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning

Materi: Administration and Governance
Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.

Materi: KKNI
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI

Materi: PP KKNI
Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

Materi: Internships and Public Administration Education
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance
Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge.

Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional
Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa
5%

10

Minggu ke 10

Mengembangkan keterampilan manajerial dan administratif dalam lingkungan kerja sektor publik secara profesional, etis, dan bertanggung jawab

Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik

Kriteria:
  1. Kecepatan melaksanakan tugas
  2. Ketepatan melaksanakan tugas
  3. Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa secara luring praktek internship
11.3 jam

Materi: Key Dimensions of Organizing and Management
Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning

Materi: Administration and Governance
Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.

Materi: KKNI
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI

Materi: PP KKNI
Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

Materi: Internships and Public Administration Education
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance
Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge.

Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional
Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa
5%

11

Minggu ke 11

Mengembangkan keterampilan manajerial dan administratif dalam lingkungan kerja sektor publik secara profesional, etis, dan bertanggung jawab

Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik

Kriteria:
  1. Kecepatan melaksanakan tugas
  2. Ketepatan melaksanakan tugas
  3. Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa secara luring praktek internship
11.3 jam

Materi: Key Dimensions of Organizing and Management
Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning

Materi: Administration and Governance
Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.

Materi: KKNI
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI

Materi: PP KKNI
Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

Materi: Internships and Public Administration Education
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance
Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge.

Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional
Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa
5%

12

Minggu ke 12

Mengembangkan keterampilan manajerial dan administratif dalam lingkungan kerja sektor publik secara profesional, etis, dan bertanggung jawab

Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik

Kriteria:
  1. Kecepatan melaksanakan tugas
  2. Ketepatan melaksanakan tugas
  3. Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa secara luring praktek internship
11.3 jam

Materi: Key Dimensions of Organizing and Management
Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning

Materi: Administration and Governance
Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.

Materi: KKNI
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI

Materi: PP KKNI
Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

Materi: Internships and Public Administration Education
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance
Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge.

Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional
Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa
5%

13

Minggu ke 13

Berkomunikasi secara efektif dan kolaboratif dengan berbagai pemangku kepentingan dalam institusi tempat internship, baik secara lisan maupun tertulis

Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik

Kriteria:
  1. Kecepatan melaksanakan tugas
  2. Ketepatan melaksanakan tugas
  3. Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa secara luring praktek internship
11.3 jam

Materi: Key Dimensions of Organizing and Management
Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning

Materi: Administration and Governance
Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.

Materi: KKNI
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI

Materi: PP KKNI
Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

Materi: Internships and Public Administration Education
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance
Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge.

Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional
Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa
5%

14

Minggu ke 14

Berkomunikasi secara efektif dan kolaboratif dengan berbagai pemangku kepentingan dalam institusi tempat internship, baik secara lisan maupun tertulis

Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik

Kriteria:
  1. Kecepatan melaksanakan tugas
  2. Ketepatan melaksanakan tugas
  3. Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mahasiswa secara luring praktek internship
11.3 jam

Materi: Key Dimensions of Organizing and Management
Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning

Materi: Administration and Governance
Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.

Materi: KKNI
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI

Materi: PP KKNI
Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

Materi: Internships and Public Administration Education
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance
Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge.

Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional
Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa
5%

15

Minggu ke 15

Menyusun laporan magang yang sistematis dan analitis, mencerminkan integrasi antara teori akademik dan pengalaman praktis di lapangan

Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik

Kriteria:
  1. Kecepatan melaksanakan tugas
  2. Ketepatan melaksanakan tugas
  3. Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mahasiswa secara luring menyusun laporan internship dengan :
g. Konsultasi
h. Menyusun draft laporan
i. Analisis Hasil
j. Melengkapi dokumen pendukung
k. Menyiapkan paparan
l. Presentasi
m. Revisi Laporan
n. Unggah Laporan
11.3 jam

Materi: Key Dimensions of Organizing and Management
Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning

Materi: Administration and Governance
Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.

Materi: KKNI
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI

Materi: PP KKNI
Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

Materi: Internships and Public Administration Education
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance
Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge.

Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional
Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa
5%

16

Minggu ke 16

Pemaparan laporan intership

Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik

Kriteria:
  1. Kecepatan melaksanakan tugas
  2. Ketepatan melaksanakan tugas
  3. Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mahasiswa melalui daring menyusun laporan internship dengan :
a. Konsultasi
b. Menyusun draft laporan
c. Analisis Hasil
d. Melengkapi dokumen pendukung
e. Menyiapkan paparan
f. Presentasi
g. Revisi Laporan
h. Unggah Laporan
11.3 jam

Materi: Key Dimensions of Organizing and Management
Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning

Materi: Administration and Governance
Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.

Materi: KKNI
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI

Materi: PP KKNI
Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

Materi: Internships and Public Administration Education
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice
Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379

Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance
Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge.

Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional
Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa
3%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 25%
2. Praktik / Unjuk Kerja 75%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.