
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Internship |
6310604021 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional |
T=4 |
P=0 |
ECTS=8.96 |
3 |
7 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si,
|
Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si
|
Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis secara kritis praktik-praktik administrasi publik di institusi pemerintahan, lembaga non-pemerintah, atau organisasi sektor publik
|
PO - 2 |
Mengaplikasikan teori dan konsep administrasi publik dalam konteks kerja nyata
|
PO - 3 |
Mengembangkan keterampilan manajerial dan administratif dalam lingkungan kerja sektor publik secara profesional, etis, dan bertanggung jawab
|
PO - 4 |
Berkomunikasi secara efektif dan kolaboratif dengan berbagai pemangku kepentingan dalam institusi tempat magang, baik secara lisan maupun tertulis.
|
PO - 5 |
Menyusun laporan yang sistematis dan analitis, mencerminkan integrasi antara teori akademik dan pengalaman praktis di lapangan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-4 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam lingkungan kerja yang relevan dengan bidang administrasi publik. Mahasiswa melaksanakan praktek di instansi pemerintah, lembaga non-profit, atau sektor terkait lainnya untuk menerapkan teori dan konsep yang telah dipelajari dalam konteks nyata. Fokus pada pengembangan keterampilan profesional, pemahaman proses administrasi publik, dan penguatan kemampuan analisis kebijakan di lapangan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley
- Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning
- Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press.
- O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge.
- Bryson, J. M., Quick, K. S., Slotterback, C. S., & Crosby, B. C. (2020). Designing public participation processes. Public Administration Review, 80(1), 65–72
- PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI
- PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA
- Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa
|
Pendukung : |
|
- Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379
- Kemp, R., & Rotmans, J. (2019). The management of the co-evolution of technical, environmental and social systems. International Journal of Sustainable Development & World Ecology, 26(1), 5–16.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si. Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd. Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Analisis kritis praktik-praktik administrasi publik di institusi pemerintahan, lembaga non-pemerintah, atau organisasi sektor publik tempat magang |
Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik |
Kriteria:
- Ketepatan analisis praktek administrasi publik
- Kejelasan analisis praktek administrasi publik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal internship dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mengidentifikasi organisasi sektor publik
d. Konsultasi
e. Analisis
f. Menyusun proposal 11.3 jam |
Mahasiswa melalui daring secara sinkronus menyusun proposal internship dengan :
a. Mempelajari
b. Membaca referensi
c. Mengidentifikasi organisasi sektor publik
d. Konsultasi
e. Analisis
f. Menyusun proposal 11.3 jam |
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning Materi: Administration and Governance Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press. Materi: KKNI Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI Materi: PP KKNI Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Materi: Internships and Public Administration Education Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Identifikasi permasalahan administrasi publik di institusi pemerintahan, lembaga non-pemerintah, atau organisasi sektor publik |
Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik |
Kriteria:
- Ketepatan analisis praktek administrasi publik
- Kejelasan analisis praktek administrasi publik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal internship dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mengidentifikasi organisasi sektor publik
d. Konsultasi
e. Analisis
f. Menyusun proposal 11.3 jam |
Mahasiswa melalui daring secara sinkronus menyusun proposal internship dengan :
a. Mempelajari
b. Membaca referensi
c. Mengidentifikasi organisasi sektor publik
d. Konsultasi
e. Analisis
f. Menyusun proposal 11.3 jam |
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning Materi: Administration and Governance Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press. Materi: KKNI Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI Materi: PP KKNI Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Materi: Internships and Public Administration Education Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menyusun desain magang berdasarkan permasalahan administrasi publik di institusi pemerintahan, lembaga non-pemerintah, atau organisasi sektor publik tempat magang |
Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik |
Kriteria:
- Ketepatan analisis praktek administrasi publik
- Kejelasan analisis praktek administrasi publik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal internship dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mengidentifikasi organisasi sektor publik
d. Konsultasi
e. Analisis
f. Menyusun proposal 11.3 jam |
Mahasiswa melalui daring secara sinkronus menyusun proposal internship dengan :
a. Mempelajari
b. Membaca referensi
c. Mengidentifikasi organisasi sektor publik
d. Konsultasi
e. Analisis
f. Menyusun proposal 11.3 jam |
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning Materi: Administration and Governance Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press. Materi: KKNI Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI Materi: PP KKNI Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Materi: Internships and Public Administration Education Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menyusun desain magang berdasarkan permasalahan administrasi publik di institusi pemerintahan, lembaga non-pemerintah, atau organisasi sektor publik tempat magang |
Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik |
Kriteria:
- Ketepatan analisis praktek administrasi publik
- Kejelasan analisis praktek administrasi publik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal internship dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mengidentifikasi organisasi sektor publik
d. Konsultasi
e. Analisis
f. Menyusun proposal 11.3 jam |
Mahasiswa melalui daring secara sinkronus menyusun proposal internship dengan :
a. Mempelajari
b. Membaca referensi
c. Mengidentifikasi organisasi sektor publik
d. Konsultasi
e. Analisis
f. Menyusun proposal 11.33 jam |
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning Materi: Administration and Governance Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press. Materi: KKNI Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI Materi: PP KKNI Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Materi: Internships and Public Administration Education Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mengaplikasikan teori dan konsep administrasi publik dalam konteks kerja nyata. |
Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik |
Kriteria:
- Kecepatan melaksanakan tugas
- Ketepatan melaksanakan tugas
- Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa secara luring praktek internship
|
|
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning Materi: Administration and Governance Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press. Materi: KKNI Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI Materi: PP KKNI Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Materi: Internships and Public Administration Education Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Mata kuliah wajib institusional Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa |
30% |
6
Minggu ke 6 |
Mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan administrasi publik berdasarkan observasi langsung di lapangan serta memberikan alternatif solusi berbasis kebijakan |
Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik |
Kriteria:
- Kecepatan melaksanakan tugas
- Ketepatan melaksanakan tugas
- Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa secara luring praktek internship 11.3 jam |
|
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning Materi: Administration and Governance Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press. Materi: KKNI Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI Materi: PP KKNI Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Materi: Internships and Public Administration Education Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Mata kuliah wajib institusional Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengembangkan keterampilan manajerial dan administratif dalam lingkungan kerja sektor publik secara profesional, etis, dan bertanggung jawab |
Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik |
Kriteria:
- Kecepatan melaksanakan tugas
- Ketepatan melaksanakan tugas
- Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa secara luring praktek internship 11.3 jam |
|
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning Materi: Administration and Governance Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press. Materi: KKNI Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI Materi: PP KKNI Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Materi: Internships and Public Administration Education Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge. Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mengembangkan keterampilan manajerial dan administratif dalam lingkungan kerja sektor publik secara profesional, etis, dan bertanggung jawab |
Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik |
Kriteria:
- Kecepatan melaksanakan tugas
- Ketepatan melaksanakan tugas
- Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa secara luring praktek internship 11.3 jam |
|
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning Materi: Administration and Governance Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press. Materi: KKNI Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI Materi: PP KKNI Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Materi: Internships and Public Administration Education Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge. Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mengembangkan keterampilan manajerial dan administratif dalam lingkungan kerja sektor publik secara profesional, etis, dan bertanggung jawab |
Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik |
Kriteria:
- Kecepatan melaksanakan tugas
- Ketepatan melaksanakan tugas
- Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa secara luring praktek internship 11.3 jam |
|
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning Materi: Administration and Governance Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press. Materi: KKNI Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI Materi: PP KKNI Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Materi: Internships and Public Administration Education Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge. Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mengembangkan keterampilan manajerial dan administratif dalam lingkungan kerja sektor publik secara profesional, etis, dan bertanggung jawab |
Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik |
Kriteria:
- Kecepatan melaksanakan tugas
- Ketepatan melaksanakan tugas
- Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa secara luring praktek internship 11.3 jam |
|
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning Materi: Administration and Governance Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press. Materi: KKNI Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI Materi: PP KKNI Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Materi: Internships and Public Administration Education Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge. Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mengembangkan keterampilan manajerial dan administratif dalam lingkungan kerja sektor publik secara profesional, etis, dan bertanggung jawab |
Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik |
Kriteria:
- Kecepatan melaksanakan tugas
- Ketepatan melaksanakan tugas
- Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa secara luring praktek internship 11.3 jam |
|
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning Materi: Administration and Governance Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press. Materi: KKNI Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI Materi: PP KKNI Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Materi: Internships and Public Administration Education Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge. Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mengembangkan keterampilan manajerial dan administratif dalam lingkungan kerja sektor publik secara profesional, etis, dan bertanggung jawab |
Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik |
Kriteria:
- Kecepatan melaksanakan tugas
- Ketepatan melaksanakan tugas
- Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa secara luring praktek internship 11.3 jam |
|
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning Materi: Administration and Governance Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press. Materi: KKNI Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI Materi: PP KKNI Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Materi: Internships and Public Administration Education Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge. Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Berkomunikasi secara efektif dan kolaboratif dengan berbagai pemangku kepentingan dalam institusi tempat internship, baik secara lisan maupun tertulis |
Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik |
Kriteria:
- Kecepatan melaksanakan tugas
- Ketepatan melaksanakan tugas
- Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa secara luring praktek internship 11.3 jam |
|
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning Materi: Administration and Governance Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press. Materi: KKNI Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI Materi: PP KKNI Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Materi: Internships and Public Administration Education Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge. Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Berkomunikasi secara efektif dan kolaboratif dengan berbagai pemangku kepentingan dalam institusi tempat internship, baik secara lisan maupun tertulis |
Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik |
Kriteria:
- Kecepatan melaksanakan tugas
- Ketepatan melaksanakan tugas
- Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa secara luring praktek internship 11.3 jam |
|
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning Materi: Administration and Governance Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press. Materi: KKNI Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI Materi: PP KKNI Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Materi: Internships and Public Administration Education Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge. Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun laporan magang yang sistematis dan analitis, mencerminkan integrasi antara teori akademik dan pengalaman praktis di lapangan |
Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik |
Kriteria:
- Kecepatan melaksanakan tugas
- Ketepatan melaksanakan tugas
- Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa secara luring menyusun laporan internship dengan :
g. Konsultasi
h. Menyusun draft laporan
i. Analisis Hasil
j. Melengkapi dokumen pendukung
k. Menyiapkan paparan
l. Presentasi
m. Revisi Laporan
n. Unggah Laporan 11.3 jam |
|
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning Materi: Administration and Governance Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press. Materi: KKNI Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI Materi: PP KKNI Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Materi: Internships and Public Administration Education Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge. Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Pemaparan laporan intership |
Hasil analisis yang tepat, jelas dan relevan dengan praktik administrasi publik dengan institusi pemerintahan. lembaga non pemerintahan atau organisasi sektor publik |
Kriteria:
- Kecepatan melaksanakan tugas
- Ketepatan melaksanakan tugas
- Relevansi inovasi dalam melaksakanan tugas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa melalui daring menyusun laporan internship dengan :
a. Konsultasi
b. Menyusun draft laporan
c. Analisis Hasil
d. Melengkapi dokumen pendukung
e. Menyiapkan paparan
f. Presentasi
g. Revisi Laporan
h. Unggah Laporan 11.3 jam |
|
Materi: Key Dimensions of Organizing and Management Pustaka: Rainey, H. G. (2021). Understanding and Managing Public Organizations (6th ed.). Wiley Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Blanc, T. A. (2020). Public Administration: An Action Orientation (7th ed.). Cengage Learning Materi: Administration and Governance Pustaka: Kettl, D. F. (2019). The Transformation of Governance: Public Administration for the Twenty-First Century. Johns Hopkins University Press. Materi: KKNI Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN TINGGI Materi: PP KKNI Pustaka: PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Materi: Internships and Public Administration Education Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Internships and public administration education: Bridging theory and practice Pustaka: Marini, F., & Steccolini, I. (2021). Internships and public administration education: Bridging theory and practice. International Journal of Public Sector Management, 34(4), 365–379 Materi: Revisiting the “Global” in the Challenges of Global Governance Pustaka: O’Leary, R., & Vij, N. (2020). The Ethics of Public Administration: The Challenges of Global Governance. Routledge. Materi: Mata Kuliah Wajib Institusional Pustaka: Suplemen Pedoman Kurikulum Unesa |
3% |