
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Model Asesmen dan Evaluasi Hasil Belajar Sains (Study of Assessment Models and Evaluation of Science Learning Outcomes) |
8410102247 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Wasis
|
Wasis
|
Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA secara berkelanjutan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mendeskripsikan konsep-konsep asesmen dan evaluasi komprehensif dalam pembelajaran dan penelitian
|
PO - 2 |
Mengidentifikasi dan merencanakan asesmen yang sesuai pembelajaran
|
PO - 3 |
Membuat, menerapkan, dan menganalisis hasil evaluasi.
|
PO - 4 |
Kajian empiris instrumen, model asesmen, dan hasil evaluasi pembelajaran sains
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji dan memberikan pemahaman secara mendalam dan komprehensif konsep asesmen dan evaluasi serta penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian. Kajian meliputi kosep asesmen, model-model asesmen, merencanakan asesmen, analisis instrumen asesmen, interpretasi hasil asesmen dan pemanfaatannya. Selain itu kajian meliputi evaluasi pendidikan, pendekatan-pendekatan alternatif untuk evaluasi pendidikan, tujuan pendidikan dan evaluasi pendidikan, merencanakan pengumpulan data, menganalisis data evaluasi, serta melaporkan hasil evaluasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Anderson, L. W. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing. New York: Longman
- Grondlund, N. E. (2003). Aseesment of student achievement. New York: Pearson Education, Inc.
- Glencoe. T. (tt). Performance assessment in the science classroom. New York: McGraw-Hill.
- Johnson. D. W. dan Johnson, R. T. (2002). Meaningfull assessment in the science slassroom. New York: Allyn and Bacon.
- Ossterhof, A. (2003). Developing and using classroom assessment. Boston: Allyn and Bacon.
- Popham, W. J. (1993). Educational evaluation. Boston: Allyn and Bacon.
- Knight, Peter T. and Mantz Yorke. (2003). Assessment, learning, and employability. Society for Research into Higher Education and Open University Press.
- Kauffman, James C. (2008). Essentials of Creativity Assessment. New Jersey: John wiley&sons.inc.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd. Prof. Dr. Wasis, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep asesmen, assessment of learning, assessment for learning, assessment as learning |
- Menjelaskan pengertian asesmen hasil belajar
- Membedakan asesmen, evaluasi, dan pengukuran
- Menjelaskan prinsip-prinsip asesmen hasil belajar
- Membandingkan konsep assessment for, as, dan of learning
- Menganalisis peran, fungsi, dan tujuan asesmen hasil belajar
|
Kriteria:
Penilaian Konsep, Tugas dan Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dosen, PPT, dan, diskusi (2 x 50 menit) |
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa (2 x 50 menit) |
Materi: Pengertian, perbedaan asesmen, evaluasi, dan pengukuran, konsep assessment for, as, dan of learning, prinsip, peran, fungsi, dan tujuaan asesmen Pustaka: |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami konsep dan karakteristik hasil belajar |
- Menjelaskan pengertian hasil belajar kognitif, proses, sikap, dan psikomotorik
- Mengidentifikasi karakteristik setiap macam hasil belajar
- Memberi contoh setiap macam hasil belajar
|
Kriteria:
Penilaian Konsep, Tugas dan Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dosen, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan (2 x 50 menit) |
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa (2 x 50 menit) |
Materi: Pengertian hasil belajar kognitif, karakteristiknya dan contoh Pengertian hasil belajar proses, karakteristik, dan contohnya Pengertian hasil belajar sikap, karakteristik dan contohnya Pengertian hasil belajar psikomotorik, karakteristik, dan contohnya Pustaka: Anderson, L. W. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing. New York: Longman |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami konsep dan karakteristik instrumen untuk mengukur hasil belajar |
- Mengidentifikasi bermacam-macam instrumen untuk mengukut hasil belajar afektif dan kognitif
- Membedakan karakteristik tes dan nontes
- Mengidentifikasi karakteristik instrumen untuk mengukur hasil belajar kognitif
- Mengidentifikasi karakteristik instrumen untuk mengukur hasil belajar sikap
|
Kriteria:
Penilaian Konsep, Tugas dan Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dosen, PPT, Interpetasi hasil asesmen dan diskusi (2 x 50 menit) |
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa (2 x 50 menit) |
Materi: Macam-macam instrumen untuk mengukur hasil belajar (tes dan nontes) serta karakteristiknya, perbedaan tes dan nontes, kakrakteristik instrumen untuk mengukur hasil belajar (kognitif, proses, sikap, dan psikomotorik) Pustaka: Grondlund, N. E. (2003). Aseesment of student achievement. New York: Pearson Education, Inc. |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentifikasi konsep dan karakteristik instrumen untuk mengukur hasil belajar |
Mengidentifikasi bermacam-macam instrumen untuk mengukut hasil belajar |
Kriteria:
Penilaian Konsep, Tugas dan Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dosen, PPT, Interpetasi hasil asesmen, dan diskusi (2 x 50 menit) |
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa (2 x 50 menit) |
Materi: Anderson, L. W. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing. New York: Longman Pustaka: |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mengidentifikasi konsep dan karakteristik instrumen untuk mengukur hasil belajar |
Mengidentifikasi karakteristik instrumen untuk mengukur keterampilan dan literasi |
Kriteria:
Penilaian Konsep, Tugas dan Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dosen, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan (2 x 50 menit) |
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa (2 x 50 menit) |
Materi: Grondlund, N. E. (2003). Aseesment of student achievement. New York: Pearson Education, Inc. Pustaka: |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis hasil asesmen dan evaluasi pembelajaran sains |
- Mengidentifikasi isu asesmen dan evaluasi pembelajaran sains
- Mendiskusikan hasil kajian empiris hasil asesmen dan evaluasi pembelajaran sains
|
Kriteria:
Penilaian Konsep, Tugas dan Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen dan evaluasi, diskusi, review (2 x 50 menit) |
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa (2 x 50 menit) |
Materi: Glencoe. T. (tt). Performance assessment in the science classroom. New York: McGraw-Hill. Pustaka: Materi: Johnson. D. W. dan Johnson, R. T. (2002). Meaningfull assessment in the science slassroom. New York: Allyn and Bacon. Pustaka: Materi: Ossterhof, A. (2003). Developing and using classroom assessment. Boston: Allyn and Bacon. Pustaka: |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis hasil asesmen dan evaluasi pembelajaran sains |
- Mengidentifikasi isu asesmen dan evaluasi pembelajaran sains
- Mendiskusikan hasil kajian empiris hasil asesmen dan evaluasi pembelajaran sains
|
Kriteria:
Penilaian Konsep, Tugas dan Produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen dan evaluasi, diskusi, review (2 x 50 menit) |
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa (2 x 50 menit) |
Materi: Glencoe. T. (tt). Performance assessment in the science classroom. New York: McGraw-Hill. Pustaka: Materi: Johnson. D. W. dan Johnson, R. T. (2002). Meaningfull assessment in the science slassroom. New York: Allyn and Bacon. Pustaka: Materi: Ossterhof, A. (2003). Developing and using classroom assessment. Boston: Allyn and Bacon. Pustaka: |
20% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7 |
Indikator dari TM-1 sampai dengan TM-7 |
Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS (2 x 50 menit) |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS (2 x 50 menit) |
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Merumuskan hasil kajian konseptual hasil belajar sains yang menjadi variabel respons tesis |
- Mengidentifikasi berbagai teori atau referensi yang relevan
- Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan definisi operasional variabel
|
Kriteria:
Penilaian Konsep, Tugas dan Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan (2 x 50 menit) |
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa (2 x 50 menit) |
Materi: Ossterhof, A. (2003). Developing and using classroom assessment. Boston: Allyn and Bacon. Pustaka: |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Merumuskan hasil kajian konseptual hasil belajar sains yang menjadi variabel respons tesis |
- Mengidentifikasi berbagai teori atau referensi yang relevan
- Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan definisi operasional variabel
- Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan indikator esensial variabel
|
Kriteria:
Penilaian Konsep, Tugas dan Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan (2 x 50 menit) |
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa (2 x 50 menit) |
Materi: Ossterhof, A. (2003). Developing and using classroom assessment. Boston: Allyn and Bacon. Pustaka: |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Merumuskan hasil kajian konseptual hasil belajar sains yang menjadi variabel respons tesis |
- Mengidentifikasi berbagai teori atau referensi yang relevan
- Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan definisi operasional variabel
- Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan indikator esensial variabel
- Merancang instrumen asesmen, rubrik penilaian, dan kriteria evaluasi hasil belajar
|
Kriteria:
Penilaian Konsep, Tugas dan Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan (2 x 50 menit) |
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa (2 x 50 menit) |
Materi: Ossterhof, A. (2003). Developing and using classroom assessment. Boston: Allyn and Bacon. Pustaka: |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mengembangkan instrumen, menerapkan model asesmen, dan menganalisis hasil evaluasi |
- Mengidentifikasi berbagai teori atau referensi yang relevan
- Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan definisi operasional variabel
- Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan indikator esensial variabel
- Merancang instrumen asesmen, rubrik penilaian, dan kriteria evaluasi hasil belajar
- Mengembangkan dan mempresentasikan hasil pengembangan instrumen dan model asesmen sesuai variabel tesis
|
Kriteria:
Penilaian Konsep, Tugas dan Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan (2 x 50 menit) |
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa (2 x 50 menit) |
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mengembangkan instrumen, menerapkan model asesmen, dan menganalisis hasil evaluasi |
- Mengidentifikasi berbagai teori atau referensi yang relevan
- Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan definisi operasional variabel
- Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan indikator esensial variabel
- Merancang instrumen asesmen, rubrik penilaian, dan kriteria evaluasi hasil belajar
- Mengembangkan dan mempresentasikan hasil pengembangan instrumen dan model asesmen sesuai variabel tesis
|
Kriteria:
Penilaian Konsep, Tugas dan Produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan (2 x 50 menit) |
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa (2 x 50 menit) |
|
20% |
14
Minggu ke 14 |
Mengembangkan instrumen, menerapkan model asesmen, dan menganalisis hasil evaluasi |
- Mengidentifikasi berbagai teori atau referensi yang relevan
- Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan definisi operasional variabel
- Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan indikator esensial variabel
- Merancang instrumen asesmen, rubrik penilaian, dan kriteria evaluasi hasil belajar
- Mengembangkan dan mempresentasikan hasil pengembangan instrumen dan model asesmen sesuai variabel tesis
|
Kriteria:
Penilaian Konsep, Tugas dan Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan (2 x 50 menit) |
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa (2 x 50 menit) |
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mengembangkan instrumen, menerapkan model asesmen, dan menganalisis hasil evaluasi |
- Mengidentifikasi berbagai teori atau referensi yang relevan
- Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan definisi operasional variabel
- Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan indikator esensial variabel
- Merancang instrumen asesmen, rubrik penilaian, dan kriteria evaluasi hasil belajar
- Mengembangkan dan mempresentasikan hasil pengembangan instrumen dan model asesmen sesuai variabel tesis
|
Kriteria:
Penilaian Konsep, Tugas dan Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan (2 x 50 menit) |
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa (2 x 50 menit) |
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Mengembangkan instrumen, menerapkan model asesmen, dan menganalisis hasil evaluasi |
- Mengidentifikasi berbagai teori atau referensi yang relevan
- Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan definisi operasional variabel
- Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan indikator esensial variabel
- Merancang instrumen asesmen, rubrik penilaian, dan kriteria evaluasi hasil belajar
- Mengembangkan dan mempresentasikan hasil pengembangan instrumen dan model asesmen sesuai variabel tesis
|
Kriteria:
Penilaian Konsep, Tugas dan Produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan (2 x 50 menit) |
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa (2 x 50 menit) |
|
20% |