Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian Model Asesmen dan Evaluasi Hasil Belajar Sains (Study of Assessment Models and Evaluation of Science Learning Outcomes)

8410102247

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Wasis




Wasis




Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA secara berkelanjutan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mendeskripsikan konsep-konsep asesmen dan evaluasi komprehensif dalam pembelajaran dan penelitian

PO - 2

Mengidentifikasi dan merencanakan asesmen yang sesuai pembelajaran

PO - 3

Membuat, menerapkan, dan menganalisis hasil evaluasi.

PO - 4

Kajian empiris instrumen, model asesmen, dan hasil evaluasi pembelajaran sains

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-9
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji dan memberikan pemahaman secara mendalam dan komprehensif konsep asesmen dan evaluasi serta penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian. Kajian meliputi kosep asesmen, model-model asesmen, merencanakan asesmen, analisis instrumen asesmen, interpretasi hasil asesmen dan pemanfaatannya. Selain itu kajian meliputi evaluasi pendidikan, pendekatan-pendekatan alternatif untuk evaluasi pendidikan, tujuan pendidikan dan evaluasi pendidikan, merencanakan pengumpulan data, menganalisis data evaluasi, serta melaporkan hasil evaluasi.

Pustaka

Utama :

  1. Anderson, L. W. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing. New York: Longman
  2. Grondlund, N. E. (2003). Aseesment of student achievement. New York: Pearson Education, Inc.
  3. Glencoe. T. (tt). Performance assessment in the science classroom. New York: McGraw-Hill.
  4. Johnson. D. W. dan Johnson, R. T. (2002). Meaningfull assessment in the science slassroom. New York: Allyn and Bacon.
  5. Ossterhof, A. (2003). Developing and using classroom assessment. Boston: Allyn and Bacon.
  6. Popham, W. J. (1993). Educational evaluation. Boston: Allyn and Bacon.
  7. Knight, Peter T. and Mantz Yorke. (2003). Assessment, learning, and employability. Society for Research into Higher Education and Open University Press.
  8. Kauffman, James C. (2008). Essentials of Creativity Assessment. New Jersey: John wiley&sons.inc.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.

Prof. Dr. Wasis, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep asesmen, assessment of learning, assessment for learning, assessment as learning

  1. Menjelaskan pengertian asesmen hasil belajar
  2. Membedakan asesmen, evaluasi, dan pengukuran
  3. Menjelaskan prinsip-prinsip asesmen hasil belajar
  4. Membandingkan konsep assessment for, as, dan of learning
  5. Menganalisis peran, fungsi, dan tujuan asesmen hasil belajar
Kriteria:

Penilaian Konsep, Tugas dan Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dosen, PPT, dan, diskusi
(2 x 50 menit)
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa
(2 x 50 menit)
Materi: Pengertian, perbedaan asesmen, evaluasi, dan pengukuran, konsep assessment for, as, dan of learning, prinsip, peran, fungsi, dan tujuaan asesmen
Pustaka:
0%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep dan karakteristik hasil belajar

  1. Menjelaskan pengertian hasil belajar kognitif, proses, sikap, dan psikomotorik
  2. Mengidentifikasi karakteristik setiap macam hasil belajar
  3. Memberi contoh setiap macam hasil belajar
Kriteria:

Penilaian Konsep, Tugas dan Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dosen, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan
(2 x 50 menit)
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa
(2 x 50 menit)
Materi: Pengertian hasil belajar kognitif, karakteristiknya dan contoh Pengertian hasil belajar proses, karakteristik, dan contohnya Pengertian hasil belajar sikap, karakteristik dan contohnya Pengertian hasil belajar psikomotorik, karakteristik, dan contohnya
Pustaka: Anderson, L. W. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing. New York: Longman
0%

3

Minggu ke 3

Memahami konsep dan karakteristik instrumen untuk mengukur hasil belajar

  1. Mengidentifikasi bermacam-macam instrumen untuk mengukut hasil belajar afektif dan kognitif
  2. Membedakan karakteristik tes dan nontes
  3. Mengidentifikasi karakteristik instrumen untuk mengukur hasil belajar kognitif
  4. Mengidentifikasi karakteristik instrumen untuk mengukur hasil belajar sikap
Kriteria:

Penilaian Konsep, Tugas dan Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dosen, PPT, Interpetasi hasil asesmen dan diskusi
(2 x 50 menit)
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa
(2 x 50 menit)
Materi: Macam-macam instrumen untuk mengukur hasil belajar (tes dan nontes) serta karakteristiknya, perbedaan tes dan nontes, kakrakteristik instrumen untuk mengukur hasil belajar (kognitif, proses, sikap, dan psikomotorik)
Pustaka: Grondlund, N. E. (2003). Aseesment of student achievement. New York: Pearson Education, Inc.
10%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi konsep dan karakteristik instrumen untuk mengukur hasil belajar

Mengidentifikasi bermacam-macam instrumen untuk mengukut hasil belajar

Kriteria:

Penilaian Konsep, Tugas dan Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dosen, PPT, Interpetasi hasil asesmen, dan diskusi
(2 x 50 menit)
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa
(2 x 50 menit)
Materi: Anderson, L. W. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing. New York: Longman
Pustaka:
0%

5

Minggu ke 5

Mengidentifikasi konsep dan karakteristik instrumen untuk mengukur hasil belajar

Mengidentifikasi karakteristik instrumen untuk mengukur keterampilan dan literasi

Kriteria:

Penilaian Konsep, Tugas dan Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dosen, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan
(2 x 50 menit)
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa
(2 x 50 menit)
Materi: Grondlund, N. E. (2003). Aseesment of student achievement. New York: Pearson Education, Inc.
Pustaka:
10%

6

Minggu ke 6

Menganalisis hasil asesmen dan evaluasi pembelajaran sains

  1. Mengidentifikasi isu asesmen dan evaluasi pembelajaran sains
  2. Mendiskusikan hasil kajian empiris hasil asesmen dan evaluasi pembelajaran sains
Kriteria:

Penilaian Konsep, Tugas dan Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen dan evaluasi, diskusi, review
(2 x 50 menit)
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa
(2 x 50 menit)
Materi: Glencoe. T. (tt). Performance assessment in the science classroom. New York: McGraw-Hill.
Pustaka:

Materi: Johnson. D. W. dan Johnson, R. T. (2002). Meaningfull assessment in the science slassroom. New York: Allyn and Bacon.
Pustaka:

Materi: Ossterhof, A. (2003). Developing and using classroom assessment. Boston: Allyn and Bacon.
Pustaka:
0%

7

Minggu ke 7

Menganalisis hasil asesmen dan evaluasi pembelajaran sains

  1. Mengidentifikasi isu asesmen dan evaluasi pembelajaran sains
  2. Mendiskusikan hasil kajian empiris hasil asesmen dan evaluasi pembelajaran sains
Kriteria:

Penilaian Konsep, Tugas dan Produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen dan evaluasi, diskusi, review
(2 x 50 menit)
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa
(2 x 50 menit)
Materi: Glencoe. T. (tt). Performance assessment in the science classroom. New York: McGraw-Hill.
Pustaka:

Materi: Johnson. D. W. dan Johnson, R. T. (2002). Meaningfull assessment in the science slassroom. New York: Allyn and Bacon.
Pustaka:

Materi: Ossterhof, A. (2003). Developing and using classroom assessment. Boston: Allyn and Bacon.
Pustaka:
20%

8

Minggu ke 8

Kemampuan akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7

Indikator dari TM-1 sampai dengan TM-7


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS
(2 x 50 menit)
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS
(2 x 50 menit)
10%

9

Minggu ke 9

Merumuskan hasil kajian konseptual hasil belajar sains yang menjadi variabel respons tesis

  1. Mengidentifikasi berbagai teori atau referensi yang relevan
  2. Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan definisi operasional variabel
Kriteria:

Penilaian Konsep, Tugas dan Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan
(2 x 50 menit)
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa
(2 x 50 menit)
Materi: Ossterhof, A. (2003). Developing and using classroom assessment. Boston: Allyn and Bacon.
Pustaka:
0%

10

Minggu ke 10

Merumuskan hasil kajian konseptual hasil belajar sains yang menjadi variabel respons tesis

  1. Mengidentifikasi berbagai teori atau referensi yang relevan
  2. Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan definisi operasional variabel
  3. Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan indikator esensial variabel
Kriteria:

Penilaian Konsep, Tugas dan Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan
(2 x 50 menit)
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa
(2 x 50 menit)
Materi: Ossterhof, A. (2003). Developing and using classroom assessment. Boston: Allyn and Bacon.
Pustaka:
0%

11

Minggu ke 11

Merumuskan hasil kajian konseptual hasil belajar sains yang menjadi variabel respons tesis

  1. Mengidentifikasi berbagai teori atau referensi yang relevan
  2. Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan definisi operasional variabel
  3. Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan indikator esensial variabel
  4. Merancang instrumen asesmen, rubrik penilaian, dan kriteria evaluasi hasil belajar
Kriteria:

Penilaian Konsep, Tugas dan Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan
(2 x 50 menit)
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa
(2 x 50 menit)
Materi: Ossterhof, A. (2003). Developing and using classroom assessment. Boston: Allyn and Bacon.
Pustaka:
0%

12

Minggu ke 12

Mengembangkan instrumen, menerapkan model asesmen, dan menganalisis hasil evaluasi

  1. Mengidentifikasi berbagai teori atau referensi yang relevan
  2. Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan definisi operasional variabel
  3. Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan indikator esensial variabel
  4. Merancang instrumen asesmen, rubrik penilaian, dan kriteria evaluasi hasil belajar
  5. Mengembangkan dan mempresentasikan hasil pengembangan instrumen dan model asesmen sesuai variabel tesis
Kriteria:

Penilaian Konsep, Tugas dan Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan
(2 x 50 menit)
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa
(2 x 50 menit)
5%

13

Minggu ke 13

Mengembangkan instrumen, menerapkan model asesmen, dan menganalisis hasil evaluasi

  1. Mengidentifikasi berbagai teori atau referensi yang relevan
  2. Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan definisi operasional variabel
  3. Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan indikator esensial variabel
  4. Merancang instrumen asesmen, rubrik penilaian, dan kriteria evaluasi hasil belajar
  5. Mengembangkan dan mempresentasikan hasil pengembangan instrumen dan model asesmen sesuai variabel tesis
Kriteria:

Penilaian Konsep, Tugas dan Produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan
(2 x 50 menit)
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa
(2 x 50 menit)
20%

14

Minggu ke 14

Mengembangkan instrumen, menerapkan model asesmen, dan menganalisis hasil evaluasi

  1. Mengidentifikasi berbagai teori atau referensi yang relevan
  2. Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan definisi operasional variabel
  3. Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan indikator esensial variabel
  4. Merancang instrumen asesmen, rubrik penilaian, dan kriteria evaluasi hasil belajar
  5. Mengembangkan dan mempresentasikan hasil pengembangan instrumen dan model asesmen sesuai variabel tesis
Kriteria:

Penilaian Konsep, Tugas dan Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan
(2 x 50 menit)
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa
(2 x 50 menit)
5%

15

Minggu ke 15

Mengembangkan instrumen, menerapkan model asesmen, dan menganalisis hasil evaluasi

  1. Mengidentifikasi berbagai teori atau referensi yang relevan
  2. Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan definisi operasional variabel
  3. Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan indikator esensial variabel
  4. Merancang instrumen asesmen, rubrik penilaian, dan kriteria evaluasi hasil belajar
  5. Mengembangkan dan mempresentasikan hasil pengembangan instrumen dan model asesmen sesuai variabel tesis
Kriteria:

Penilaian Konsep, Tugas dan Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan
(2 x 50 menit)
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa
(2 x 50 menit)
0%

16

Minggu ke 16

Mengembangkan instrumen, menerapkan model asesmen, dan menganalisis hasil evaluasi

  1. Mengidentifikasi berbagai teori atau referensi yang relevan
  2. Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan definisi operasional variabel
  3. Melakukan kajian secara komprehensif dan merumuskan indikator esensial variabel
  4. Merancang instrumen asesmen, rubrik penilaian, dan kriteria evaluasi hasil belajar
  5. Mengembangkan dan mempresentasikan hasil pengembangan instrumen dan model asesmen sesuai variabel tesis
Kriteria:

Penilaian Konsep, Tugas dan Produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi mahasiswa, PPT, Interpetasi hasil asesmen, diskusi, review ulang dan latihan
(2 x 50 menit)
Koordinasi perkuliahan menggunakan WAG
Synchronous melalui Zoom/ gmeet
Materi, informasi dan tugas dapat di akses melalui vinesa
(2 x 50 menit)
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 14.17%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 54.17%
3. Praktik / Unjuk Kerja 21.67%
4. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.