Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Seni

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis data dan pengembangan instrumen

8801002017

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

2

15 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si




Prof. Dr. Djuli Djatiprambudi, M.Si




Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Mampu membangun kerangka teoretik secara komprehensif melalui penguasaan metodologi penelitian pendidikan seni atau karya seni terapan yang berbasis modal budaya Nusantara

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami prinsip-prinsip dan metode analisis data serta pengembangan instrumen yang mutakhir.

PO - 2

Melakukan pengelolaan data penelitian dan pengembangan instrumen secara mandiri dan kolaboratif.

PO - 3

Merancang, menguji, dan memvalidasi instrumen pengukuran sesuai dengan standar ilmiah yang berlaku.

PO - 4

Menerapkan teknik analisis data kuantitatif, kualitatif, dan campuran menggunakan perangkat lunak statistik dan analisis terbaru

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5
PO-1 
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi Mata Kuliah: Analisis Data dan Pengembangan Instrumen (S3) Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan keterampilan menganalisis data dan mengembangkan instrumen penelitian yang valid dan reliabel, berorientasi pada pembelajaran sepanjang hayat dan kewirausahaan. Menggunakan pendekatan Project-Based Learning (PJBL), mahasiswa akan mengerjakan proyek yang mencakup analisis data kuantitatif, kualitatif, serta pengembangan dan validasi instrumen. Mata kuliah ini menekankan inovasi, kolaborasi, dan penerapan solusi berbasis data dalam konteks akademik maupun profesional

Pustaka

Utama :

  1. Timmermans, Stefan & Iddo Tavory, 2022, Data Analysis in Qualitative Research: Theorizing with Abductive Analysis, University of Chicago Press; First Edition
  2. Creswell, John W. 2013. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: memilih di antara lima Pandekatan (Terj). Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
  3. Emzir, 2012. Analisis data : metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajagtrafindo Persada

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn.

Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisis prinsip-prinsip analsisi data

Case Studi

Materi: Prinsip-prinsip dan metode Analisis data
Pustaka: Timmermans, Stefan & Iddo Tavory, 2022, Data Analysis in Qualitative Research: Theorizing with Abductive Analysis, University of Chicago Press; First Edition
0%

2

Minggu ke 2

Mendiskusikan metode analisis data

analisis metode analisis data

Kriteria:

kejelasan analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Studi

Materi: Prinsip-prinsip dan metode Analisis data
Pustaka: Timmermans, Stefan & Iddo Tavory, 2022, Data Analysis in Qualitative Research: Theorizing with Abductive Analysis, University of Chicago Press; First Edition
2%

3

Minggu ke 3

Mendiskusikan pengembangan instrumen yang mutakhir

Mengembangkan intrumen penelitian

Kriteria:

kelengkapan dan kesesuaian instrumen


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Case Studi

Materi: Prinsip-prinsip dan metode Analisis data
Pustaka: Timmermans, Stefan & Iddo Tavory, 2022, Data Analysis in Qualitative Research: Theorizing with Abductive Analysis, University of Chicago Press; First Edition

Materi: Pengembangan instrumen
Pustaka: Creswell, John W. 2013. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: memilih di antara lima Pandekatan (Terj). Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
3%

4

Minggu ke 4

mengembangkan Instrumen peneltiian yang mutakhir

mewujudkan instrumen penelitian

Kriteria:

kelengkapan instrumen dan kesesuaian dengan rencana penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
3 x 50

Materi: pengembangan instrumen
Pustaka: Timmermans, Stefan & Iddo Tavory, 2022, Data Analysis in Qualitative Research: Theorizing with Abductive Analysis, University of Chicago Press; First Edition
5%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 2%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 5%
3. Penilaian Portofolio 3%
10%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.