Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Seni

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis data dan pengembangan instrumen

8801002017

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

2

27 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si




Prof. Dr. Djuli Djatiprambudi, M.Si




Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu membangun kerangka teoretik secara komprehensif melalui penguasaan metodologi penelitian pendidikan seni atau karya seni terapan yang berbasis modal budaya Nusantara

PLO-8

Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar pengukuran, evaluasi, validitas, dan reliabilitas dalam konteks penelitian dan pengembangan instrumen Menjelaskan perbedaan antara pengukuran, evaluasi, dan penilaian Menguraikan jenis-jenis validitas (konten, konstruk, kriteria) dan reliabilitas (internal, eksternal)

PO - 2

Mahasiswa mampu merancang instrumen penelitian yang sesuai dengan tujuan dan karakteristik variabel yang diteliti Menyusun kisi-kisi instrumen berdasarkan indikator Menentukan bentuk item (tes/non-tes) yang sesuai dengan karakteristik variabel

PO - 3

Mahasiswa mampu melakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan teknik statistik dasar dan perangkat lunak analisis data Menggunakan uji validitas isi dan validitas empiris (korelasi item-total, CFA) Melakukan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha atau metode lain yang relevan

PO - 4

Mahasiswa mampu mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data kuantitatif dan kualitatif menggunakan pendekatan dan teknik yang sesuai Menginput data menggunakan perangkat lunak (SPSS, Excel, NVivo, dll.) Melakukan analisis deskriptif dan inferensial sesuai dengan desain penelitian

PO - 5

Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis data serta menyusun laporan hasil pengembangan instrumen secara sistematis dan ilmiah Menyajikan hasil dalam bentuk grafik/tabel Menyusun simpulan dan saran berbasis data yang telah dianalisis

PO - 6

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional, kritis, teliti, dan etis dalam proses analisis data dan pengembangan instrumen penelitian Menerapkan prinsip kejujuran akademik dan objektivitas Menunjukkan tanggung jawab terhadap kualitas dan keakuratan instrumen

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa S3 Pendidikan Seni dengan kemampuan analitis dan keterampilan praktis dalam mengembangkan serta mengaplikasikan instrumen penelitian yang relevan dalam kajian pendidikan seni. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip dasar dan lanjutan dalam merancang, menguji validitas dan reliabilitas, serta menganalisis data kuantitatif maupun kualitatif menggunakan berbagai pendekatan statistik dan non-statistik yang sesuai untuk konteks seni. Melalui pendekatan Project-Based Learning (PJBL), mahasiswa secara aktif terlibat dalam proyek penelitian yang mengintegrasikan proses pengembangan instrumen dan analisis data secara menyeluruh. Proyek tersebut mencakup identifikasi permasalahan dalam pendidikan seni, penyusunan desain instrumen, pengumpulan data lapangan, hingga proses analisis data dan penyusunan laporan hasil penelitian yang siap untuk dipublikasikan di jurnal bereputasi.Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa doktoral untuk menganalisis data secara inovatif dan adaptif serta mengembangkan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Fokus utamanya adalah penerapan metode analisis data canggih dan desain instrumen yang sesuai dengan perkembangan terbaru dalam penelitian. Selain itu, mahasiswa juga akan melakukan pemetaan data dan pengembangan instrumen penelitian yang relevan untuk disertasi mereka. Mata kuliah ini menekankan pada solusi berbasis data yang mendukung kewirausahaan dan pengambilan keputusan strategis, dengan tujuan menghasilkan penelitian yang berdampak dan aplikatif.

Pustaka

Utama :

  1. Bedhayan Gagrag Sumirat Puspito dance: The innovation in conveying Islamic da’wah through arts Q1 as Journal Research Journal in Advanced Humanities Author Order : 4 of 4 Creator : Restian A. 2024
  2. Adaptation of the wiruncana murca play in the wayang topeng jatiduwur (Jatiduwur mask puppet) jombang performance Q3 as Journal Harmonia: Journal of Arts Research and Education Author Order : 1 of 4 Creator : Yanuartuti S. 2020
  3. Revitalization of Jatidhuwur Jombang Mask Dance as An Effort To Reintroduce Local Cultural Values no-Q as Journal Harmonia: Journal of Arts Research and Education Author Order : 1 of 2 Creator : Yanuartuti S. 2019
  4. PENGEMBANGAN EBOOK SENI PERTUNJUKAN PANJI BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI ALTERNATIF PELESTARIAN BUDAYA DI ERA 5.0 Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOMPETITIF (LPPM) ) Personils : Syaiful Qadar Basri; Indar Sabri; 2024
  5. ANALISIS PERBANDINGAN PEMBELAJARAN SENI TEATER, MUSIK DAN TARI DIKAMPUS INDONESIA DAN CHULALONGKORN UNIVERSITY, THAILAND Leader : Welly Suryandoko KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Setyo Yanuartuti; Agus Suwahyono; Vivi Ervina Dewi; 2024
  6. KOMPARASI HISTORIS KURIKULUM PENDIDIKAN SENI DI INDONESIA DAN MALAYSIA PASCA KOLONIAL Leader : Anik Juwariyah KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Trisakti; Haris Supratno; Djuli Djatiprambudi; Setyo Yanuartuti; 2024
  7. IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024
  8. Exploring Activity Theory in the Context of Online Studio–Based Visual Communication Design Q2 as Journal International Journal of Design Education Author Order : 0 of 0 Creator : Saraswati R.A.D. 2025
  9. Art Discourse in Modern Fine Arts in Surabaya: An Analytical Historical Research Q1 as Journal Harmonia: Journal of Arts Research and Education Author Order : 1 of 2 Creator : Djatiprambudi D. 2023
  10. PENGUATAN KOMPETENSI DOSEN DALAM PEMBUATAN PROPOSAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KOLABORASI NASIONAL ANTAR PERGURUAN TINGGI. (KOLABORASI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DENGAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT KALIMANTAN SELATAN) Leader : Indar Sabri KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PKM FBS ) Personils : Setyo Yanuartuti; Syaiful Qadar Basri; 2024
  11. PELATIHAN TARI TRADISI DAN KREASI SEBAGAI PENGUATAN NILAI BUDAYA TRADISI TERHADAP SISWA SEKOLAH INDONESIA KUALALUMPUR MALAYSIA. Leader : Bambang Sugito KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PKM FBS ) Personils : Jajuk Dwi Sasanadjati; Setyo Yanuartuti; 2024
  12. MENULIS ITU MUDAH: PELATIHAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH BAGI GURU PENDIDIKAN SENI BUDAYA DI KABUPATEN MOJOKERTO Leader : Setyo Yanuartuti PKM PENUGASAN PASCA 2022 ( PKM PENUGASAN PASCA 2022 ) Personils : Indar Sabri; I Nengah Mariasa; Setya Yuwana Sudikan; Djuli Djatiprambudi; 2022

Pendukung :

  1. Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara
  2. Emzir. 2023. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Bandung: raja Grafindo Persada
  3. Creswell, John W. 2023. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung:Pustaka Pelajar

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn.

Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan pengertian dan perbedaan antara pengukuran, evaluasi, dan penilaian.

Kejelasan pemahaman konsep dasar

Kriteria:

Ketepatan jawaban, argumentasi logis, penggunaan istilah ilmiah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi literatur

Materi: Menjelaskan pengertian dan perbedaan antara pengukuran, evaluasi, dan penilaian.
Pustaka: ANALISIS PERBANDINGAN PEMBELAJARAN SENI TEATER, MUSIK DAN TARI DIKAMPUS INDONESIA DAN CHULALONGKORN UNIVERSITY, THAILAND Leader : Welly Suryandoko KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Setyo Yanuartuti; Agus Suwahyono; Vivi Ervina Dewi; 2024

Materi: Menjelaskan pengertian dan perbedaan antara pengukuran, evaluasi, dan penilaian.
Pustaka: IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024
5%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi jenis-jenis validitas dan reliabilitas instrumen.

Kejelasan pemahaman konsep dasar

Kriteria:

Ketepatan jawaban, argumentasi logis, penggunaan istilah ilmiah


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi literatur

Materi: Mengidentifikasi jenis-jenis validitas dan reliabilitas instrumen.
Pustaka: ANALISIS PERBANDINGAN PEMBELAJARAN SENI TEATER, MUSIK DAN TARI DIKAMPUS INDONESIA DAN CHULALONGKORN UNIVERSITY, THAILAND Leader : Welly Suryandoko KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Setyo Yanuartuti; Agus Suwahyono; Vivi Ervina Dewi; 2024
5%

3

Minggu ke 3

Menjelaskan pentingnya validitas dan reliabilitas dalam pengembangan instrumen.

Kejelasan pemahaman konsep dasar

Kriteria:

Ketepatan jawaban, argumentasi logis, penggunaan istilah ilmiah


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi literatur

Materi: Menjelaskan pentingnya validitas dan reliabilitas dalam pengembangan instrumen.
Pustaka: KOMPARASI HISTORIS KURIKULUM PENDIDIKAN SENI DI INDONESIA DAN MALAYSIA PASCA KOLONIAL Leader : Anik Juwariyah KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Trisakti; Haris Supratno; Djuli Djatiprambudi; Setyo Yanuartuti; 2024
5%

4

Minggu ke 4

Menyusun kisi-kisi instrumen berdasarkan variabel penelitian.

Kesesuaian dan kelengkapan rancangan instrumen

Kriteria:

Sistematis, logis, relevan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik, studi kasus, bimbingan terstruktur

Materi: Penyusunan kisi-kisi, jenis item instrumen, teknik penulisan butir soal
Pustaka: Creswell, John W. 2023. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung:Pustaka Pelajar
5%

5

Minggu ke 5

Menentukan bentuk item (tes dan non-tes) yang relevan.

Kesesuaian dan kelengkapan rancangan instrumen

Kriteria:

Sistematis, logis, relevan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik, studi kasus, bimbingan terstruktur

Materi: Penyusunan kisi-kisi, jenis item instrumen, teknik penulisan butir soal
Pustaka: Creswell, John W. 2023. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung:Pustaka Pelajar

Materi: Menentukan bentuk item (tes dan non-tes) yang relevan.
Pustaka: KOMPARASI HISTORIS KURIKULUM PENDIDIKAN SENI DI INDONESIA DAN MALAYSIA PASCA KOLONIAL Leader : Anik Juwariyah KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Trisakti; Haris Supratno; Djuli Djatiprambudi; Setyo Yanuartuti; 2024
5%

6

Minggu ke 6

Menyesuaikan bahasa instrumen dengan subjek penelitian.

Kesesuaian dan kelengkapan rancangan instrumen

Kriteria:

Sistematis, logis, relevan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik, studi kasus, bimbingan terstruktur

Materi: Penyusunan kisi-kisi, jenis item instrumen, teknik penulisan butir soal
Pustaka: Creswell, John W. 2023. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung:Pustaka Pelajar

Materi: Menyesuaikan bahasa instrumen dengan subjek penelitian.
Pustaka: MENULIS ITU MUDAH: PELATIHAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH BAGI GURU PENDIDIKAN SENI BUDAYA DI KABUPATEN MOJOKERTO Leader : Setyo Yanuartuti PKM PENUGASAN PASCA 2022 ( PKM PENUGASAN PASCA 2022 ) Personils : Indar Sabri; I Nengah Mariasa; Setya Yuwana Sudikan; Djuli Djatiprambudi; 2022
5%

7

Minggu ke 7

Menyesuaikan bahasa instrumen dengan subjek penelitian.

Kesesuaian dan kelengkapan rancangan instrumen

Kriteria:

Akurasi analisis, penggunaan perangkat lunak, interpretasi hasil


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Praktikum, demonstrasi, diskusi

Materi: Uji validitas dan reliabilitas, teknik statistik dasar
Pustaka: Yuwana, Setya, dkk. 2023 Penelitian Pengembangan Penciptaan Karya Seni di Prodi S2 Pendidikan Seni Budaya FBS Unesa. Laporan Penelitian. Unesa.

Materi: Menyesuaikan bahasa instrumen dengan subjek penelitian.
Pustaka: PENGUATAN KOMPETENSI DOSEN DALAM PEMBUATAN PROPOSAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KOLABORASI NASIONAL ANTAR PERGURUAN TINGGI. (KOLABORASI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DENGAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT KALIMANTAN SELATAN) Leader : Indar Sabri KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PKM FBS ) Personils : Setyo Yanuartuti; Syaiful Qadar Basri; 2024
5%

8

Minggu ke 8

Melakukan uji validitas empiris (misalnya korelasi item-total).

Kesesuaian dan kelengkapan rancangan instrumen

Kriteria:

Akurasi analisis, penggunaan perangkat lunak, interpretasi hasil


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Praktikum, demonstrasi, diskusi

Materi: Uji validitas dan reliabilitas, teknik statistik dasar
Pustaka: Yuwana, Setya, dkk. 2023 Penelitian Pengembangan Penciptaan Karya Seni di Prodi S2 Pendidikan Seni Budaya FBS Unesa. Laporan Penelitian. Unesa.

Materi: Melakukan uji validitas empiris (misalnya korelasi item-total).
Pustaka: Exploring Activity Theory in the Context of Online Studio–Based Visual Communication Design Q2 as Journal International Journal of Design Education Author Order : 0 of 0 Creator : Saraswati R.A.D. 2025
15%

9

Minggu ke 9

Melakukan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha.

Kesesuaian dan kelengkapan rancangan instrumen

Kriteria:

Akurasi analisis, penggunaan perangkat lunak, interpretasi hasil


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Praktikum, demonstrasi, diskusi

Materi: Uji validitas dan reliabilitas, teknik statistik dasar
Pustaka: Yuwana, Setya, dkk. 2023 Penelitian Pengembangan Penciptaan Karya Seni di Prodi S2 Pendidikan Seni Budaya FBS Unesa. Laporan Penelitian. Unesa.

Materi: Melakukan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha.
Pustaka: Art Discourse in Modern Fine Arts in Surabaya: An Analytical Historical Research Q1 as Journal Harmonia: Journal of Arts Research and Education Author Order : 1 of 2 Creator : Djatiprambudi D. 2023
5%

10

Minggu ke 10

  1. Melakukan input data kuantitatif dan kualitatif dengan benar.
  2. Melakukan analisis statistik deskriptif dan inferensial.
  3. Menyajikan data dalam bentuk visual (tabel, grafik, diagram).

Ketepatan pengolahan dan analisis data

Kriteria:

Kesesuaian metode analisis, kerapian penyajian, ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Praktik, studi kasus, diskusi terbimbing

Materi: Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif
Pustaka: Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara
5%

11

Minggu ke 11

Melakukan analisis statistik deskriptif dan inferensial.

Ketepatan pengolahan dan analisis data

Kriteria:

Kesesuaian metode analisis, kerapian penyajian, ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Praktik, studi kasus, diskusi terbimbing

Materi: Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif
Pustaka: Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara
5%

12

Minggu ke 12

Menyajikan data dalam bentuk visual (tabel, grafik, diagram).

Ketepatan pengolahan dan analisis data

Kriteria:

Kesesuaian metode analisis, kerapian penyajian, ketepatan interpretasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Praktik, studi kasus, diskusi terbimbing

Materi: Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif
Pustaka: Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara
5%

13

Minggu ke 13

  1. Menginterpretasi hasil analisis statistik secara tepat.
  2. Menyusun laporan hasil analisis dengan format ilmiah.

Struktur laporan dan interpretasi

Kriteria:

Kejelasan, konsistensi, logika penyusunan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Penugasan terstruktur, presentasi, peer review

Materi: Format laporan ilmiah, teknik penyusunan hasil dan diskusi
Pustaka: Creswell, John W. 2023. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung:Pustaka Pelajar
5%

14

Minggu ke 14

  1. Menyusun laporan hasil analisis dengan format ilmiah.
  2. Menyampaikan hasil analisis secara lisan dan tulisan dengan runtut.

Struktur laporan dan interpretasi

Kriteria:

Kejelasan, konsistensi, logika penyusunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan terstruktur, presentasi, peer review

Materi: Format laporan ilmiah, teknik penyusunan hasil dan diskusi
Pustaka: Creswell, John W. 2023. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung:Pustaka Pelajar
5%

15

Minggu ke 15

  1. Menerapkan prinsip kejujuran akademik dalam setiap proses kerja.
  2. Menunjukkan sikap teliti dan bertanggung jawab dalam menganalisis data.
  3. Bersikap terbuka terhadap masukan dan melakukan evaluasi diri.

Perilaku akademik dalam tugas dan interaksi

Kriteria:

Disiplin, tanggung jawab, etika kerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Observasi, refleksi, diskusi etika

Materi: Etika akademik, sikap ilmiah, profesionalisme dalam riset
Pustaka: Creswell, John W. 2023. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung:Pustaka Pelajar
5%

16

Minggu ke 16

  1. Menunjukkan sikap teliti dan bertanggung jawab dalam menganalisis data.
  2. Bersikap terbuka terhadap masukan dan melakukan evaluasi diri.

Perilaku akademik dalam tugas dan interaksi

Kriteria:

Disiplin, tanggung jawab, etika kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Observasi, refleksi, diskusi etika

Materi: Etika akademik, sikap ilmiah, profesionalisme dalam riset
Pustaka: Creswell, John W. 2023. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung:Pustaka Pelajar
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 15.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 18.75%
3. Penilaian Portofolio 30.92%
4. Penilaian Praktikum 13.42%
5. Praktik / Unjuk Kerja 9.67%
6. Tes 11.75%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.