
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Seni
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis data dan pengembangan instrumen |
8801002017 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
2 |
27 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si
|
Prof. Dr. Djuli Djatiprambudi, M.Si
|
Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu membangun kerangka teoretik secara komprehensif melalui penguasaan metodologi penelitian pendidikan seni atau karya seni terapan yang berbasis modal budaya Nusantara |
PLO-8 |
Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar pengukuran, evaluasi, validitas, dan reliabilitas dalam konteks penelitian dan pengembangan instrumen Menjelaskan perbedaan antara pengukuran, evaluasi, dan penilaian Menguraikan jenis-jenis validitas (konten, konstruk, kriteria) dan reliabilitas (internal, eksternal)
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu merancang instrumen penelitian yang sesuai dengan tujuan dan karakteristik variabel yang diteliti Menyusun kisi-kisi instrumen berdasarkan indikator Menentukan bentuk item (tes/non-tes) yang sesuai dengan karakteristik variabel
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu melakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan teknik statistik dasar dan perangkat lunak analisis data Menggunakan uji validitas isi dan validitas empiris (korelasi item-total, CFA) Melakukan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha atau metode lain yang relevan
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data kuantitatif dan kualitatif menggunakan pendekatan dan teknik yang sesuai Menginput data menggunakan perangkat lunak (SPSS, Excel, NVivo, dll.) Melakukan analisis deskriptif dan inferensial sesuai dengan desain penelitian
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis data serta menyusun laporan hasil pengembangan instrumen secara sistematis dan ilmiah Menyajikan hasil dalam bentuk grafik/tabel Menyusun simpulan dan saran berbasis data yang telah dianalisis
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional, kritis, teliti, dan etis dalam proses analisis data dan pengembangan instrumen penelitian Menerapkan prinsip kejujuran akademik dan objektivitas Menunjukkan tanggung jawab terhadap kualitas dan keakuratan instrumen
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa S3 Pendidikan Seni dengan kemampuan analitis dan keterampilan praktis dalam mengembangkan serta mengaplikasikan instrumen penelitian yang relevan dalam kajian pendidikan seni. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip dasar dan lanjutan dalam merancang, menguji validitas dan reliabilitas, serta menganalisis data kuantitatif maupun kualitatif menggunakan berbagai pendekatan statistik dan non-statistik yang sesuai untuk konteks seni.
Melalui pendekatan Project-Based Learning (PJBL), mahasiswa secara aktif terlibat dalam proyek penelitian yang mengintegrasikan proses pengembangan instrumen dan analisis data secara menyeluruh. Proyek tersebut mencakup identifikasi permasalahan dalam pendidikan seni, penyusunan desain instrumen, pengumpulan data lapangan, hingga proses analisis data dan penyusunan laporan hasil penelitian yang siap untuk dipublikasikan di jurnal bereputasi.Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa doktoral untuk menganalisis data secara inovatif dan adaptif serta mengembangkan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Fokus utamanya adalah penerapan metode analisis data canggih dan desain instrumen yang sesuai dengan perkembangan terbaru dalam penelitian. Selain itu, mahasiswa juga akan melakukan pemetaan data dan pengembangan instrumen penelitian yang relevan untuk disertasi mereka. Mata kuliah ini menekankan pada solusi berbasis data yang mendukung kewirausahaan dan pengambilan keputusan strategis, dengan tujuan menghasilkan penelitian yang berdampak dan aplikatif. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bedhayan Gagrag Sumirat Puspito dance: The innovation in conveying Islamic da’wah through arts Q1 as Journal Research Journal in Advanced Humanities Author Order : 4 of 4 Creator : Restian A. 2024
- Adaptation of the wiruncana murca play in the wayang topeng jatiduwur (Jatiduwur mask puppet) jombang performance Q3 as Journal Harmonia: Journal of Arts Research and Education Author Order : 1 of 4 Creator : Yanuartuti S. 2020
- Revitalization of Jatidhuwur Jombang Mask Dance as An Effort To Reintroduce Local Cultural Values no-Q as Journal Harmonia: Journal of Arts Research and Education Author Order : 1 of 2 Creator : Yanuartuti S. 2019
- PENGEMBANGAN EBOOK SENI PERTUNJUKAN PANJI BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI ALTERNATIF PELESTARIAN BUDAYA DI ERA 5.0 Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOMPETITIF (LPPM) ) Personils : Syaiful Qadar Basri; Indar Sabri; 2024
- ANALISIS PERBANDINGAN PEMBELAJARAN SENI TEATER, MUSIK DAN TARI DIKAMPUS INDONESIA DAN CHULALONGKORN UNIVERSITY, THAILAND Leader : Welly Suryandoko KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Setyo Yanuartuti; Agus Suwahyono; Vivi Ervina Dewi; 2024
- KOMPARASI HISTORIS KURIKULUM PENDIDIKAN SENI DI INDONESIA DAN MALAYSIA PASCA KOLONIAL Leader : Anik Juwariyah KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Trisakti; Haris Supratno; Djuli Djatiprambudi; Setyo Yanuartuti; 2024
- IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024
- Exploring Activity Theory in the Context of Online Studio–Based Visual Communication Design Q2 as Journal International Journal of Design Education Author Order : 0 of 0 Creator : Saraswati R.A.D. 2025
- Art Discourse in Modern Fine Arts in Surabaya: An Analytical Historical Research Q1 as Journal Harmonia: Journal of Arts Research and Education Author Order : 1 of 2 Creator : Djatiprambudi D. 2023
- PENGUATAN KOMPETENSI DOSEN DALAM PEMBUATAN PROPOSAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KOLABORASI NASIONAL ANTAR PERGURUAN TINGGI. (KOLABORASI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DENGAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT KALIMANTAN SELATAN) Leader : Indar Sabri KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PKM FBS ) Personils : Setyo Yanuartuti; Syaiful Qadar Basri; 2024
- PELATIHAN TARI TRADISI DAN KREASI SEBAGAI PENGUATAN NILAI BUDAYA TRADISI TERHADAP SISWA SEKOLAH INDONESIA KUALALUMPUR MALAYSIA. Leader : Bambang Sugito KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PKM FBS ) Personils : Jajuk Dwi Sasanadjati; Setyo Yanuartuti; 2024
- MENULIS ITU MUDAH: PELATIHAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH BAGI GURU PENDIDIKAN SENI BUDAYA DI KABUPATEN MOJOKERTO Leader : Setyo Yanuartuti PKM PENUGASAN PASCA 2022 ( PKM PENUGASAN PASCA 2022 ) Personils : Indar Sabri; I Nengah Mariasa; Setya Yuwana Sudikan; Djuli Djatiprambudi; 2022
|
Pendukung : |
|
- Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara
- Emzir. 2023. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Bandung: raja Grafindo Persada
- Creswell, John W. 2023. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung:Pustaka Pelajar
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn. Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan pengertian dan perbedaan antara pengukuran, evaluasi, dan penilaian. |
Kejelasan pemahaman konsep dasar |
Kriteria:
Ketepatan jawaban, argumentasi logis, penggunaan istilah ilmiah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi literatur
|
|
Materi: Menjelaskan pengertian dan perbedaan antara pengukuran, evaluasi, dan penilaian. Pustaka: ANALISIS PERBANDINGAN PEMBELAJARAN SENI TEATER, MUSIK DAN TARI DIKAMPUS INDONESIA DAN CHULALONGKORN UNIVERSITY, THAILAND Leader : Welly Suryandoko KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Setyo Yanuartuti; Agus Suwahyono; Vivi Ervina Dewi; 2024 Materi: Menjelaskan pengertian dan perbedaan antara pengukuran, evaluasi, dan penilaian. Pustaka: IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024 |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentifikasi jenis-jenis validitas dan reliabilitas instrumen. |
Kejelasan pemahaman konsep dasar |
Kriteria:
Ketepatan jawaban, argumentasi logis, penggunaan istilah ilmiah Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi literatur
|
|
Materi: Mengidentifikasi jenis-jenis validitas dan reliabilitas instrumen. Pustaka: ANALISIS PERBANDINGAN PEMBELAJARAN SENI TEATER, MUSIK DAN TARI DIKAMPUS INDONESIA DAN CHULALONGKORN UNIVERSITY, THAILAND Leader : Welly Suryandoko KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Setyo Yanuartuti; Agus Suwahyono; Vivi Ervina Dewi; 2024 |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan pentingnya validitas dan reliabilitas dalam pengembangan instrumen. |
Kejelasan pemahaman konsep dasar |
Kriteria:
Ketepatan jawaban, argumentasi logis, penggunaan istilah ilmiah Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi literatur
|
|
Materi: Menjelaskan pentingnya validitas dan reliabilitas dalam pengembangan instrumen. Pustaka: KOMPARASI HISTORIS KURIKULUM PENDIDIKAN SENI DI INDONESIA DAN MALAYSIA PASCA KOLONIAL Leader : Anik Juwariyah KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Trisakti; Haris Supratno; Djuli Djatiprambudi; Setyo Yanuartuti; 2024 |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menyusun kisi-kisi instrumen berdasarkan variabel penelitian. |
Kesesuaian dan kelengkapan rancangan instrumen |
Kriteria:
Sistematis, logis, relevan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik, studi kasus, bimbingan terstruktur
|
|
Materi: Penyusunan kisi-kisi, jenis item instrumen, teknik penulisan butir soal Pustaka: Creswell, John W. 2023. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung:Pustaka Pelajar |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menentukan bentuk item (tes dan non-tes) yang relevan. |
Kesesuaian dan kelengkapan rancangan instrumen |
Kriteria:
Sistematis, logis, relevan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik, studi kasus, bimbingan terstruktur
|
|
Materi: Penyusunan kisi-kisi, jenis item instrumen, teknik penulisan butir soal Pustaka: Creswell, John W. 2023. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung:Pustaka Pelajar Materi: Menentukan bentuk item (tes dan non-tes) yang relevan. Pustaka: KOMPARASI HISTORIS KURIKULUM PENDIDIKAN SENI DI INDONESIA DAN MALAYSIA PASCA KOLONIAL Leader : Anik Juwariyah KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Trisakti; Haris Supratno; Djuli Djatiprambudi; Setyo Yanuartuti; 2024 |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menyesuaikan bahasa instrumen dengan subjek penelitian. |
Kesesuaian dan kelengkapan rancangan instrumen |
Kriteria:
Sistematis, logis, relevan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik, studi kasus, bimbingan terstruktur
|
|
Materi: Penyusunan kisi-kisi, jenis item instrumen, teknik penulisan butir soal Pustaka: Creswell, John W. 2023. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung:Pustaka Pelajar Materi: Menyesuaikan bahasa instrumen dengan subjek penelitian. Pustaka: MENULIS ITU MUDAH: PELATIHAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH BAGI GURU PENDIDIKAN SENI BUDAYA DI KABUPATEN MOJOKERTO Leader : Setyo Yanuartuti PKM PENUGASAN PASCA 2022 ( PKM PENUGASAN PASCA 2022 ) Personils : Indar Sabri; I Nengah Mariasa; Setya Yuwana Sudikan; Djuli Djatiprambudi; 2022 |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menyesuaikan bahasa instrumen dengan subjek penelitian. |
Kesesuaian dan kelengkapan rancangan instrumen |
Kriteria:
Akurasi analisis, penggunaan perangkat lunak, interpretasi hasil Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Praktikum, demonstrasi, diskusi
|
|
Materi: Uji validitas dan reliabilitas, teknik statistik dasar Pustaka: Yuwana, Setya, dkk. 2023 Penelitian Pengembangan Penciptaan Karya Seni di Prodi S2 Pendidikan Seni Budaya FBS Unesa. Laporan Penelitian. Unesa. Materi: Menyesuaikan bahasa instrumen dengan subjek penelitian. Pustaka: PENGUATAN KOMPETENSI DOSEN DALAM PEMBUATAN PROPOSAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KOLABORASI NASIONAL ANTAR PERGURUAN TINGGI. (KOLABORASI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DENGAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT KALIMANTAN SELATAN) Leader : Indar Sabri KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PKM FBS ) Personils : Setyo Yanuartuti; Syaiful Qadar Basri; 2024 |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Melakukan uji validitas empiris (misalnya korelasi item-total). |
Kesesuaian dan kelengkapan rancangan instrumen |
Kriteria:
Akurasi analisis, penggunaan perangkat lunak, interpretasi hasil Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Praktikum, demonstrasi, diskusi
|
|
Materi: Uji validitas dan reliabilitas, teknik statistik dasar Pustaka: Yuwana, Setya, dkk. 2023 Penelitian Pengembangan Penciptaan Karya Seni di Prodi S2 Pendidikan Seni Budaya FBS Unesa. Laporan Penelitian. Unesa. Materi: Melakukan uji validitas empiris (misalnya korelasi item-total). Pustaka: Exploring Activity Theory in the Context of Online Studio–Based Visual Communication Design Q2 as Journal International Journal of Design Education Author Order : 0 of 0 Creator : Saraswati R.A.D. 2025 |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Melakukan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. |
Kesesuaian dan kelengkapan rancangan instrumen |
Kriteria:
Akurasi analisis, penggunaan perangkat lunak, interpretasi hasil Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Praktikum, demonstrasi, diskusi
|
|
Materi: Uji validitas dan reliabilitas, teknik statistik dasar Pustaka: Yuwana, Setya, dkk. 2023 Penelitian Pengembangan Penciptaan Karya Seni di Prodi S2 Pendidikan Seni Budaya FBS Unesa. Laporan Penelitian. Unesa. Materi: Melakukan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Pustaka: Art Discourse in Modern Fine Arts in Surabaya: An Analytical Historical Research Q1 as Journal Harmonia: Journal of Arts Research and Education Author Order : 1 of 2 Creator : Djatiprambudi D. 2023 |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Melakukan input data kuantitatif dan kualitatif dengan benar.
- Melakukan analisis statistik deskriptif dan inferensial.
- Menyajikan data dalam bentuk visual (tabel, grafik, diagram).
|
Ketepatan pengolahan dan analisis data |
Kriteria:
Kesesuaian metode analisis, kerapian penyajian, ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Praktik, studi kasus, diskusi terbimbing
|
|
Materi: Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif Pustaka: Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Melakukan analisis statistik deskriptif dan inferensial. |
Ketepatan pengolahan dan analisis data |
Kriteria:
Kesesuaian metode analisis, kerapian penyajian, ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Praktik, studi kasus, diskusi terbimbing
|
|
Materi: Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif Pustaka: Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menyajikan data dalam bentuk visual (tabel, grafik, diagram). |
Ketepatan pengolahan dan analisis data |
Kriteria:
Kesesuaian metode analisis, kerapian penyajian, ketepatan interpretasi Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Praktik, studi kasus, diskusi terbimbing
|
|
Materi: Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif Pustaka: Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Menginterpretasi hasil analisis statistik secara tepat.
- Menyusun laporan hasil analisis dengan format ilmiah.
|
Struktur laporan dan interpretasi |
Kriteria:
Kejelasan, konsistensi, logika penyusunan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Penugasan terstruktur, presentasi, peer review
|
|
Materi: Format laporan ilmiah, teknik penyusunan hasil dan diskusi Pustaka: Creswell, John W. 2023. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung:Pustaka Pelajar |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Menyusun laporan hasil analisis dengan format ilmiah.
- Menyampaikan hasil analisis secara lisan dan tulisan dengan runtut.
|
Struktur laporan dan interpretasi |
Kriteria:
Kejelasan, konsistensi, logika penyusunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan terstruktur, presentasi, peer review
|
|
Materi: Format laporan ilmiah, teknik penyusunan hasil dan diskusi Pustaka: Creswell, John W. 2023. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung:Pustaka Pelajar |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Menerapkan prinsip kejujuran akademik dalam setiap proses kerja.
- Menunjukkan sikap teliti dan bertanggung jawab dalam menganalisis data.
- Bersikap terbuka terhadap masukan dan melakukan evaluasi diri.
|
Perilaku akademik dalam tugas dan interaksi |
Kriteria:
Disiplin, tanggung jawab, etika kerja Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Observasi, refleksi, diskusi etika
|
|
Materi: Etika akademik, sikap ilmiah, profesionalisme dalam riset Pustaka: Creswell, John W. 2023. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung:Pustaka Pelajar |
5% |
16
Minggu ke 16 |
- Menunjukkan sikap teliti dan bertanggung jawab dalam menganalisis data.
- Bersikap terbuka terhadap masukan dan melakukan evaluasi diri.
|
Perilaku akademik dalam tugas dan interaksi |
Kriteria:
Disiplin, tanggung jawab, etika kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Observasi, refleksi, diskusi etika
|
|
Materi: Etika akademik, sikap ilmiah, profesionalisme dalam riset Pustaka: Creswell, John W. 2023. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung:Pustaka Pelajar |
15% |