
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Penciptaan Seni |
8810903851 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si
|
Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si
|
Prof. Dr. Anik Juwariyah, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
1 (KU-1) Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji. |
PLO-12 |
PLO-3 (P-3) Mampu menganalisis teori pendidikan seni, teori seni dan budaya Nusantara khususnya Jawa Timur. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memahami metodologi penciptaan seni, teori dan konsep dasar penciptaan seni
|
PO - 2 |
Mampu memahami pendekatan estetika dalam penciptaan seni
|
PO - 3 |
Mampu proses kreatif dalam seni
|
PO - 4 |
Mampu memahami metode penciptaan seni berdasarkan jenis karya
|
PO - 5 |
Mampu memahami pengaruh teknologi dalam penciptaan seni
|
PO - 6 |
Mampu memahami eksplorasi, eksperimen, refleksi diri dalam proses penciptaan seni
|
PO - 7 |
Mampu menyusun rancangan penciptaan seni
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-7 | PLO-12 | PO-1 | | ✔ | | ✔ | PO-2 | | ✔ | | ✔ | PO-3 | | ✔ | | ✔ | PO-4 | | ✔ | | ✔ | PO-5 | | ✔ | | ✔ | PO-6 | ✔ | | ✔ | | PO-7 | ✔ | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Metodologi Penciptaan Seni pada jenjang S2 program studi Pendidikan Seni Budaya bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai berbagai metode dan pendekatan dalam proses penciptaan karya seni. Mata kuliah ini mencakup pembahasan tentang teori-teori seni, proses kreatif, teknik penciptaan, serta analisis terhadap karya seni. Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan dalam merencanakan penciptaan karya seni yang berkualitas dan memiliki nilai estetika yang tinggi berbasis pendidikan masa kini untuk menghadapi tantangan dunia seni yang semakin dinamis dan berbasis teknologi |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Panter, Barry, 1995. Creativity & Madness: Psychological Studies of Art and Artists. United States: Aimed Press
- Robert J. Stanberg ed., 1999. Handbook of Creativity, Cambridge: Cambridge University Press
- Susan Liggett · Rae Earnshaw · Jill Townsley, 2022. Creativity in Art, Design and Technology. Switzerland: Springer
- Hendriyana, Husen. 2021. Metodologi Penelitian Penciptaan Karya; Practice-Led Research And Practice-Based Research Seni Rupa, Kriya, Dan Desain. Sleman: Andi ofset
- Ardini, Ni Wayan, dkk. 2022. Ragam Metode Penciptaan Seni. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
|
Pendukung : |
|
- Robert J. Stanberg ed., Handbook of Creativity, Cambridge: Cambridge University Press, 1999.
- Dicki, George. 1971. Aesthetics: An Introduction. Indianapolis: Pegasus.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn. Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
- Definisi metodologi penciptaan seni
- Teori penciptaan seni
- Konsep dasar penciptaan seni
|
Kriteria:
- Kejelasan deskripsi
- Kebenaran teori dan konsep
- Keruntutan penyampaian
Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran langsung dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Definisi metodologi penciptaan seni Pustaka: Panter, Barry, 1995. Creativity & Madness: Psychological Studies of Art and Artists. United States: Aimed Press Materi: Teori dan konsep dasar penciptaan seni Pustaka: Susan Liggett · Rae Earnshaw · Jill Townsley, 2022. Creativity in Art, Design and Technology. Switzerland: Springer |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan pendekatan estetika dalam proses penciptaan seni secara kreatif dan inovatif. |
- Pemahaman konsep estetika
- Penerapan estetika dalam karya seni
- Kreativitas dalam pendekatan estetika
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Case Study 3 x 50 |
Diskusi daring tentang penerapan estetika dalam karya seni
|
Materi: Konsep Estetika, Penerapan Estetika dalam Seni Rupa, Estetika dalam Seni Pertunjukan Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Filosofis keindahan Pustaka: Dicki, George. 1971. Aesthetics: An Introduction. Indianapolis: Pegasus. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengaplikasikan proses kreatif dalam rancangan penciptaan karya seni yang orisinal dan bermakna. |
- Proses kreatif yang terstruktur
- Kemampuan menghasilkan ide kreatif
- Kualitas dan orisinalitas karya seni
|
Kriteria:
- Kejelasan konsep proses kreatif
- Orisinatilas ide kreatif
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek. 3 x 50 |
|
Materi: Tahapan proses kreatif dalam seni, Teknik menghasilkan ide kreatif, Strategi implementasi karya seni Pustaka: Robert J. Stanberg ed., 1999. Handbook of Creativity, Cambridge: Cambridge University Press |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metode penciptaan seni sesuai dengan jenis karya yang akan dibuat. |
- Teknik penciptaan seni yang sesuai dengan jenis karya
- Pemahaman konsep dasar dalam menciptakan karya seni
- Kreativitas dalam mengaplikasikan metode penciptaan seni
|
Kriteria:
- Keunikan ide gagasan karya seni
- Kejelasan tujuan penciptaan karya seni
- Referensi konseptual yang mendasari gagasan dan paradigma yang dipilihnya
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung. 3x50 |
Pengembangan konsep karya seni berdasarkan jenis karya yang dipilih. Mahasiswa diminta untuk membuat proposal konsep karya seni beserta sketsa atau deskripsi yang mendetail.
|
Materi: Tahapan proses kreatif dalam seni, Teknik menghasilkan ide kreatif, Strategi implementasi karya seni Pustaka: Robert J. Stanberg ed., 1999. Handbook of Creativity, Cambridge: Cambridge University Press |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Mahasiswa Mampu menganalisis pengaruh teknologi dalam penciptaan seni
- Mahasiswa dapat menentukan media teknologi yang akan digunakan dalam penciptaan seni
|
- Jenis media teknologi
- Karakteristik media yang dipilih
- Penerapan media dalam penciptaan seni
|
Kriteria:
Ketepatan analisis pengaruh media teknologi dalam penciptaan seni Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek 3 x 50 |
|
Materi: Jenis dan ragam teknologi dalam penciptaaan seni Pustaka: Ardini, Ni Wayan, dkk. 2022. Ragam Metode Penciptaan Seni. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA. Materi: Karakteristik media teknologi penciptaan seni Pustaka: Susan Liggett · Rae Earnshaw · Jill Townsley, 2022. Creativity in Art, Design and Technology. Switzerland: Springer |
3% |
6
Minggu ke 6 |
- Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep eksplorasi dalam konteks penciptaan seni.
- mampu mengaplikasikannya dalam rancangan karya seni yang akan diciptakan
|
- Eksplorasi ide-ide baru dalam karya seni
- Mampu melakukan eksperimen dengan berbagai teknik seni
- Mampu merefleksikan diri terhadap karya seni yang telah dibuat
|
Kriteria:
Kedalam dalam eksplorasi ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi, Studi Kasus, Praktik langsung. 3 x 50 |
|
Materi: mampu mengaplikasikannya metodologi penciptaan karya seni dalam rancangan karya seni yang akan diciptakan Pustaka: Hendriyana, Husen. 2021. Metodologi Penelitian Penciptaan Karya; Practice-Led Research And Practice-Based Research Seni Rupa, Kriya, Dan Desain. Sleman: Andi ofset |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu merancang ekspreriman, dan reflekasimdiridalam proses penciptaan |
Eksperimen penciptaan karya seni |
Kriteria:
- ketepatan penerapan pendekatan penciptaan seni
- Kejelasan rancangan desain penciptaan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek 3 x 50 |
|
Materi: Eksperimen dan refleksi diri dalam penciptaan seni Pustaka: Hendriyana, Husen. 2021. Metodologi Penelitian Penciptaan Karya; Practice-Led Research And Practice-Based Research Seni Rupa, Kriya, Dan Desain. Sleman: Andi ofset |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu merancang eksperiman, dan reflekasi diri dalam proses penciptaan seni untuk pendidikan |
Eksperimen penciptaan karya seni |
Kriteria:
- ketepatan penerapan pendekatan penciptaan seni
- Kejelasan rancangan desain penciptaan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek 3 x 50 |
|
Materi: Eksperimen dan refleksi diri dalam penciptaan seni Pustaka: Hendriyana, Husen. 2021. Metodologi Penelitian Penciptaan Karya; Practice-Led Research And Practice-Based Research Seni Rupa, Kriya, Dan Desain. Sleman: Andi ofset |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan penciptaan seni yang orisinal dan berkualitas tinggi. |
- Kemampuan merancang konsep kreatif
- Kemampuan mengaplikasikan prinsip desain dalam rancangan
- Kemampuan menyusun rancangan dengan pemikiran mendalam
|
Kriteria:
Kejelasan dasar penciptaan karya seni Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek. 3 x 50 |
Diskusi daring tentang konsep rancangan seni yang dibuat, Penugasan membuat rancangan seni berdasarkan konsep yang telah dipelajari
|
Materi: Prinsip-prinsip desain, Teknik merancang kreatif, Makna dalam seni Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan penciptaan seni yang orisinal dan berkualitas tinggi. |
- Kemampuan merancang konsep kreatif
- Kemampuan mengaplikasikan prinsip desain dalam rancangan
- Kemampuan menyusun rancangan dengan pemikiran mendalam
|
Kriteria:
Kejelasan Fokus karya seni Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek. 3 x 50 |
Diskusi daring tentang konsep rancangan seni yang dibuat, Penugasan membuat rancangan seni berdasarkan konsep yang telah dipelajari
|
Materi: Prinsip-prinsip desain, Teknik merancang kreatif, Makna dalam seni Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan penciptaan seni yang orisinal dan berkualitas tinggi. |
- Kemampuan merancang konsep kreatif
- Kemampuan mengaplikasikan prinsip desain dalam rancangan
- Kemampuan menyusun rancangan dengan pemikiran mendalam
|
Kriteria:
Kejelasan Penentuan paradigma yang digunakan dalam rancangan penciptaan karya seni Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek. 3 x 50 |
Diskusi daring tentang konsep rancangan seni yang dibuat, Penugasan membuat rancangan seni berdasarkan konsep yang telah dipelajari
|
Materi: Prinsip-prinsip desain, Teknik merancang kreatif, Makna dalam seni Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Pendekatan dan metode penciptaan karya seni Pustaka: Ardini, Ni Wayan, dkk. 2022. Ragam Metode Penciptaan Seni. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan penciptaan seni yang orisinal dan berkualitas tinggi. |
- Kemampuan merancang konsep kreatif
- Kemampuan mengaplikasikan prinsip desain dalam rancangan
- Kemampuan menyusun rancangan dengan pemikiran mendalam
|
Kriteria:
Kejelasan Penentuan paradigma yang digunakan dalam rancangan penciptaan karya seni Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek. 3 x 50 |
Diskusi daring tentang konsep rancangan seni yang dibuat, Penugasan membuat rancangan seni berdasarkan konsep yang telah dipelajari
|
Materi: Prinsip-prinsip desain, Teknik merancang kreatif, Makna dalam seni Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Pendekatan dan metode penciptaan karya seni Pustaka: Ardini, Ni Wayan, dkk. 2022. Ragam Metode Penciptaan Seni. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan penciptaan seni yang orisinal dan berkualitas tinggi. |
- Kemampuan merancang konsep kreatif
- Kemampuan mengaplikasikan prinsip desain dalam rancangan
- Kemampuan menyusun rancangan dengan pemikiran mendalam
|
Kriteria:
Kejelasan konsep rancangan penciptaan karya seni Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek, dan presentasi 3 x 50 |
Diskusi daring tentang konsep rancangan seni yang dibuat, Penugasan membuat rancangan seni berdasarkan konsep yang telah dipelajari
|
Materi: Prinsip-prinsip desain, Teknik merancang kreatif, Makna dalam seni Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Pendekatan dan metode penciptaan karya seni Pustaka: Ardini, Ni Wayan, dkk. 2022. Ragam Metode Penciptaan Seni. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan penciptaan seni yang orisinal dan berkualitas tinggi. |
- Kemampuan merancang konsep kreatif
- Kemampuan mengaplikasikan prinsip desain dalam rancangan
- Kemampuan menyusun rancangan dengan pemikiran mendalam
|
Kriteria:
Kejelasan konsep rancangan penciptaan karya seni Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek, dan presentasi 3 x 50 |
Diskusi daring tentang konsep rancangan seni yang dibuat, Penugasan membuat rancangan seni berdasarkan konsep yang telah dipelajari
|
Materi: Prinsip-prinsip desain, Teknik merancang kreatif, Makna dalam seni Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Pendekatan dan metode penciptaan karya seni Pustaka: Ardini, Ni Wayan, dkk. 2022. Ragam Metode Penciptaan Seni. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan penciptaan seni yang orisinal dan berkualitas tinggi. |
- Kemampuan merancang konsep kreatif
- Kemampuan mengaplikasikan prinsip desain dalam rancangan
- Kemampuan menyusun rancangan dengan pemikiran mendalam
|
Kriteria:
- Kejelasan desain rancangan penciptaan karya seni
- Kejelasan rancangan proses penciptaan karya seni
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek, dan presentasi 3 x 50 |
Diskusi daring tentang konsep rancangan seni yang dibuat, Penugasan membuat rancangan seni berdasarkan konsep yang telah dipelajari
|
Materi: Prinsip-prinsip desain, Teknik merancang kreatif, Makna dalam seni Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Pendekatan dan metode penciptaan karya seni Pustaka: Ardini, Ni Wayan, dkk. 2022. Ragam Metode Penciptaan Seni. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA. |
3% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan penciptaan seni yang orisinal dan berkualitas tinggi. |
- Kemampuan merancang konsep kreatif
- Kemampuan mengaplikasikan prinsip desain dalam rancangan
- Kemampuan menyusun rancangan dengan pemikiran mendalam
|
Kriteria:
- Kejelasan desain rancangan penciptaan karya seni
- Kejelasan rancangan proses penciptaan karya seni
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek, dan presentasi 3 x 50 |
Diskusi daring tentang konsep rancangan seni yang dibuat, Penugasan membuat rancangan seni berdasarkan konsep yang telah dipelajari
|
Materi: Prinsip-prinsip desain, Teknik merancang kreatif, Makna dalam seni Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Pendekatan dan metode penciptaan karya seni Pustaka: Ardini, Ni Wayan, dkk. 2022. Ragam Metode Penciptaan Seni. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA. |
30% |