Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penciptaan Seni

8810903851

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si




Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si




Prof. Dr. Anik Juwariyah, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

1 (KU-1) Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

PLO-12

PLO-3 (P-3) Mampu menganalisis teori pendidikan seni, teori seni dan budaya Nusantara khususnya Jawa Timur.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami metodologi penciptaan seni, teori dan konsep dasar penciptaan seni

PO - 2

Mampu memahami pendekatan estetika dalam penciptaan seni

PO - 3

Mampu proses kreatif dalam seni

PO - 4

Mampu memahami metode penciptaan seni berdasarkan jenis karya

PO - 5

Mampu memahami pengaruh teknologi dalam penciptaan seni

PO - 6

Mampu memahami eksplorasi, eksperimen, refleksi diri dalam proses penciptaan seni

PO - 7

Mampu menyusun rancangan penciptaan seni

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-7PLO-12
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Metodologi Penciptaan Seni pada jenjang S2 program studi Pendidikan Seni Budaya bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai berbagai metode dan pendekatan dalam proses penciptaan karya seni. Mata kuliah ini mencakup pembahasan tentang teori-teori seni, proses kreatif, teknik penciptaan, serta analisis terhadap karya seni. Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan dalam merencanakan penciptaan karya seni yang berkualitas dan memiliki nilai estetika yang tinggi berbasis pendidikan masa kini untuk menghadapi tantangan dunia seni yang semakin dinamis dan berbasis teknologi

Pustaka

Utama :

  1. Panter, Barry, 1995. Creativity & Madness: Psychological Studies of Art and Artists. United States: Aimed Press
  2. Robert J. Stanberg ed., 1999. Handbook of Creativity, Cambridge: Cambridge University Press
  3. Susan Liggett · Rae Earnshaw · Jill Townsley, 2022. Creativity in Art, Design and Technology. Switzerland: Springer
  4. Hendriyana, Husen. 2021. Metodologi Penelitian Penciptaan Karya; Practice-Led Research And Practice-Based Research Seni Rupa, Kriya, Dan Desain. Sleman: Andi ofset
  5. Ardini, Ni Wayan, dkk. 2022. Ragam Metode Penciptaan Seni. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA.

Pendukung :

  1. Robert J. Stanberg ed., Handbook of Creativity, Cambridge: Cambridge University Press, 1999.
  2. Dicki, George. 1971. Aesthetics: An Introduction. Indianapolis: Pegasus.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn.

Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Definisi metodologi penciptaan seni
  2. Teori penciptaan seni
  3. Konsep dasar penciptaan seni
Kriteria:
  1. Kejelasan deskripsi
  2. Kebenaran teori dan konsep
  3. Keruntutan penyampaian

Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran langsung dan diskusi
2 X 50

Materi: Definisi metodologi penciptaan seni
Pustaka: Panter, Barry, 1995. Creativity & Madness: Psychological Studies of Art and Artists. United States: Aimed Press

Materi: Teori dan konsep dasar penciptaan seni
Pustaka: Susan Liggett · Rae Earnshaw · Jill Townsley, 2022. Creativity in Art, Design and Technology. Switzerland: Springer
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan pendekatan estetika dalam proses penciptaan seni secara kreatif dan inovatif.

  1. Pemahaman konsep estetika
  2. Penerapan estetika dalam karya seni
  3. Kreativitas dalam pendekatan estetika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Case Study
3 x 50
Diskusi daring tentang penerapan estetika dalam karya seni
Materi: Konsep Estetika, Penerapan Estetika dalam Seni Rupa, Estetika dalam Seni Pertunjukan
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Filosofis keindahan
Pustaka: Dicki, George. 1971. Aesthetics: An Introduction. Indianapolis: Pegasus.
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengaplikasikan proses kreatif dalam rancangan penciptaan karya seni yang orisinal dan bermakna.

  1. Proses kreatif yang terstruktur
  2. Kemampuan menghasilkan ide kreatif
  3. Kualitas dan orisinalitas karya seni
Kriteria:
  1. Kejelasan konsep proses kreatif
  2. Orisinatilas ide kreatif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
3 x 50

Materi: Tahapan proses kreatif dalam seni, Teknik menghasilkan ide kreatif, Strategi implementasi karya seni
Pustaka: Robert J. Stanberg ed., 1999. Handbook of Creativity, Cambridge: Cambridge University Press
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metode penciptaan seni sesuai dengan jenis karya yang akan dibuat.

  1. Teknik penciptaan seni yang sesuai dengan jenis karya
  2. Pemahaman konsep dasar dalam menciptakan karya seni
  3. Kreativitas dalam mengaplikasikan metode penciptaan seni
Kriteria:
  1. Keunikan ide gagasan karya seni
  2. Kejelasan tujuan penciptaan karya seni
  3. Referensi konseptual yang mendasari gagasan dan paradigma yang dipilihnya

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung.
3x50
Pengembangan konsep karya seni berdasarkan jenis karya yang dipilih. Mahasiswa diminta untuk membuat proposal konsep karya seni beserta sketsa atau deskripsi yang mendetail.
Materi: Tahapan proses kreatif dalam seni, Teknik menghasilkan ide kreatif, Strategi implementasi karya seni
Pustaka: Robert J. Stanberg ed., 1999. Handbook of Creativity, Cambridge: Cambridge University Press
5%

5

Minggu ke 5

  1. Mahasiswa Mampu menganalisis pengaruh teknologi dalam penciptaan seni
  2. Mahasiswa dapat menentukan media teknologi yang akan digunakan dalam penciptaan seni
  1. Jenis media teknologi
  2. Karakteristik media yang dipilih
  3. Penerapan media dalam penciptaan seni
Kriteria:

Ketepatan analisis pengaruh media teknologi dalam penciptaan seni


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek
3 x 50

Materi: Jenis dan ragam teknologi dalam penciptaaan seni
Pustaka: Ardini, Ni Wayan, dkk. 2022. Ragam Metode Penciptaan Seni. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA.

Materi: Karakteristik media teknologi penciptaan seni
Pustaka: Susan Liggett · Rae Earnshaw · Jill Townsley, 2022. Creativity in Art, Design and Technology. Switzerland: Springer
3%

6

Minggu ke 6

  1. Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep eksplorasi dalam konteks penciptaan seni.
  2. mampu mengaplikasikannya dalam rancangan karya seni yang akan diciptakan
  1. Eksplorasi ide-ide baru dalam karya seni
  2. Mampu melakukan eksperimen dengan berbagai teknik seni
  3. Mampu merefleksikan diri terhadap karya seni yang telah dibuat
Kriteria:

Kedalam dalam eksplorasi ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi, Studi Kasus, Praktik langsung.
3 x 50

Materi: mampu mengaplikasikannya metodologi penciptaan karya seni dalam rancangan karya seni yang akan diciptakan
Pustaka: Hendriyana, Husen. 2021. Metodologi Penelitian Penciptaan Karya; Practice-Led Research And Practice-Based Research Seni Rupa, Kriya, Dan Desain. Sleman: Andi ofset
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu merancang ekspreriman, dan reflekasimdiridalam proses penciptaan

Eksperimen penciptaan karya seni

Kriteria:
  1. ketepatan penerapan pendekatan penciptaan seni
  2. Kejelasan rancangan desain penciptaan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek
3 x 50

Materi: Eksperimen dan refleksi diri dalam penciptaan seni
Pustaka: Hendriyana, Husen. 2021. Metodologi Penelitian Penciptaan Karya; Practice-Led Research And Practice-Based Research Seni Rupa, Kriya, Dan Desain. Sleman: Andi ofset
3%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu merancang eksperiman, dan reflekasi diri dalam proses penciptaan seni untuk pendidikan

Eksperimen penciptaan karya seni

Kriteria:
  1. ketepatan penerapan pendekatan penciptaan seni
  2. Kejelasan rancangan desain penciptaan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek
3 x 50

Materi: Eksperimen dan refleksi diri dalam penciptaan seni
Pustaka: Hendriyana, Husen. 2021. Metodologi Penelitian Penciptaan Karya; Practice-Led Research And Practice-Based Research Seni Rupa, Kriya, Dan Desain. Sleman: Andi ofset
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan penciptaan seni yang orisinal dan berkualitas tinggi.

  1. Kemampuan merancang konsep kreatif
  2. Kemampuan mengaplikasikan prinsip desain dalam rancangan
  3. Kemampuan menyusun rancangan dengan pemikiran mendalam
Kriteria:

Kejelasan dasar penciptaan karya seni


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis proyek.
3 x 50
Diskusi daring tentang konsep rancangan seni yang dibuat, Penugasan membuat rancangan seni berdasarkan konsep yang telah dipelajari
Materi: Prinsip-prinsip desain, Teknik merancang kreatif, Makna dalam seni
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan penciptaan seni yang orisinal dan berkualitas tinggi.

  1. Kemampuan merancang konsep kreatif
  2. Kemampuan mengaplikasikan prinsip desain dalam rancangan
  3. Kemampuan menyusun rancangan dengan pemikiran mendalam
Kriteria:

Kejelasan Fokus karya seni


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis proyek.
3 x 50
Diskusi daring tentang konsep rancangan seni yang dibuat, Penugasan membuat rancangan seni berdasarkan konsep yang telah dipelajari
Materi: Prinsip-prinsip desain, Teknik merancang kreatif, Makna dalam seni
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan penciptaan seni yang orisinal dan berkualitas tinggi.

  1. Kemampuan merancang konsep kreatif
  2. Kemampuan mengaplikasikan prinsip desain dalam rancangan
  3. Kemampuan menyusun rancangan dengan pemikiran mendalam
Kriteria:

Kejelasan Penentuan paradigma yang digunakan dalam rancangan penciptaan karya seni


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis proyek.
3 x 50
Diskusi daring tentang konsep rancangan seni yang dibuat, Penugasan membuat rancangan seni berdasarkan konsep yang telah dipelajari
Materi: Prinsip-prinsip desain, Teknik merancang kreatif, Makna dalam seni
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pendekatan dan metode penciptaan karya seni
Pustaka: Ardini, Ni Wayan, dkk. 2022. Ragam Metode Penciptaan Seni. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan penciptaan seni yang orisinal dan berkualitas tinggi.

  1. Kemampuan merancang konsep kreatif
  2. Kemampuan mengaplikasikan prinsip desain dalam rancangan
  3. Kemampuan menyusun rancangan dengan pemikiran mendalam
Kriteria:

Kejelasan Penentuan paradigma yang digunakan dalam rancangan penciptaan karya seni


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis proyek.
3 x 50
Diskusi daring tentang konsep rancangan seni yang dibuat, Penugasan membuat rancangan seni berdasarkan konsep yang telah dipelajari
Materi: Prinsip-prinsip desain, Teknik merancang kreatif, Makna dalam seni
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pendekatan dan metode penciptaan karya seni
Pustaka: Ardini, Ni Wayan, dkk. 2022. Ragam Metode Penciptaan Seni. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
3%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan penciptaan seni yang orisinal dan berkualitas tinggi.

  1. Kemampuan merancang konsep kreatif
  2. Kemampuan mengaplikasikan prinsip desain dalam rancangan
  3. Kemampuan menyusun rancangan dengan pemikiran mendalam
Kriteria:

Kejelasan konsep rancangan penciptaan karya seni


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis proyek, dan presentasi
3 x 50
Diskusi daring tentang konsep rancangan seni yang dibuat, Penugasan membuat rancangan seni berdasarkan konsep yang telah dipelajari
Materi: Prinsip-prinsip desain, Teknik merancang kreatif, Makna dalam seni
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pendekatan dan metode penciptaan karya seni
Pustaka: Ardini, Ni Wayan, dkk. 2022. Ragam Metode Penciptaan Seni. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan penciptaan seni yang orisinal dan berkualitas tinggi.

  1. Kemampuan merancang konsep kreatif
  2. Kemampuan mengaplikasikan prinsip desain dalam rancangan
  3. Kemampuan menyusun rancangan dengan pemikiran mendalam
Kriteria:

Kejelasan konsep rancangan penciptaan karya seni


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis proyek, dan presentasi
3 x 50
Diskusi daring tentang konsep rancangan seni yang dibuat, Penugasan membuat rancangan seni berdasarkan konsep yang telah dipelajari
Materi: Prinsip-prinsip desain, Teknik merancang kreatif, Makna dalam seni
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pendekatan dan metode penciptaan karya seni
Pustaka: Ardini, Ni Wayan, dkk. 2022. Ragam Metode Penciptaan Seni. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan penciptaan seni yang orisinal dan berkualitas tinggi.

  1. Kemampuan merancang konsep kreatif
  2. Kemampuan mengaplikasikan prinsip desain dalam rancangan
  3. Kemampuan menyusun rancangan dengan pemikiran mendalam
Kriteria:
  1. Kejelasan desain rancangan penciptaan karya seni
  2. Kejelasan rancangan proses penciptaan karya seni

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis proyek, dan presentasi
3 x 50
Diskusi daring tentang konsep rancangan seni yang dibuat, Penugasan membuat rancangan seni berdasarkan konsep yang telah dipelajari
Materi: Prinsip-prinsip desain, Teknik merancang kreatif, Makna dalam seni
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pendekatan dan metode penciptaan karya seni
Pustaka: Ardini, Ni Wayan, dkk. 2022. Ragam Metode Penciptaan Seni. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
3%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rancangan penciptaan seni yang orisinal dan berkualitas tinggi.

  1. Kemampuan merancang konsep kreatif
  2. Kemampuan mengaplikasikan prinsip desain dalam rancangan
  3. Kemampuan menyusun rancangan dengan pemikiran mendalam
Kriteria:
  1. Kejelasan desain rancangan penciptaan karya seni
  2. Kejelasan rancangan proses penciptaan karya seni

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis proyek, dan presentasi
3 x 50
Diskusi daring tentang konsep rancangan seni yang dibuat, Penugasan membuat rancangan seni berdasarkan konsep yang telah dipelajari
Materi: Prinsip-prinsip desain, Teknik merancang kreatif, Makna dalam seni
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pendekatan dan metode penciptaan karya seni
Pustaka: Ardini, Ni Wayan, dkk. 2022. Ragam Metode Penciptaan Seni. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20.01%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50.01%
3. Penilaian Portofolio 27.01%
4. Tes 2%
99.03%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.