Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Praktek Fisika

2120101161

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=1

ECTS=1.59

2

6 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Handini Novita Sari, S.Pd., M.T.




Handini Novita Sari, S.Pd., M.T.




Ir. Priyo Heru Adiwibowo, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Kerja secara mandiri dan kelompok

PLO-6

Eksperimen dan analisis data

PLO-14

Pengetahuan sains dan teknik

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengoperasikan alat ukur dasar fisika dengan benar.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis hasil pengukuran secara kuantitatif.

PO - 3

Mahasiswa mampu menganalisis hasil pengukuran secara kuantitatif.

PO - 4

Mampu menyusun laporan praktikum secara sistematis dan bekerja sama secara efektif dalam kelompok

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6PLO-14
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan penguatan kompetensi dasar fisika melalui eksperimen di laboratorium. Mahasiswa akan melakukan pengukuran dan analisis terhadap fenomena mekanika, termodinamika, optik, dan listrik dasar. Aktivitas praktikum dilakukan secara individu atau kelompok, dengan penekanan pada ketepatan pengukuran, keselamatan kerja, dan penyusunan laporan ilmiah.

Pustaka

Utama :

  1. Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2014). Fundamentals of Physics (10th ed). Wiley.
  2. Giambattista, A., Richardson, B. M., & Richardson, R. C. (2016). College Physics. McGraw-Hill.

Pendukung :

  1. Panduan Praktikum Fisika Dasar, Laboratorium UNESA.
  2. Tipler, P. A., & Mosca, G. (2008). Physics for Scientists and Engineers. Freeman.

Dosen Pengampu

Bellina Yunitasari, S.Si., M.Si.

Ahmad Saepuddin, S.T., M.Sc.

Handini Novita Sari, S.Pd., M.T.

ARIS PURWANTO

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami prinsip kerja dan fungsi alat ukur panjang, massa, serta waktu, serta dapat menggunakannya dengan tepat dan aman dalam eksperimen fisika

Mampu mengenali alat ukur dan prosedur

Kriteria:

Tes awal dan resume individu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi

Materi: Pengenalan Praktikum & Alat Ukur
Pustaka: Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2014). Fundamentals of Physics (10th ed). Wiley.

Materi: Pengenalan Praktikum & Alat Ukur
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami prinsip kerja dan fungsi alat ukur panjang, massa, serta waktu, serta dapat menggunakannya dengan tepat dan aman dalam eksperimen fisika

Hasil pengukuran dan grafik ayunan

Kriteria:

Laporan hasil pengamatan dan analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktikum langsung

Materi: Bandul Matematis
Pustaka: Panduan Praktikum Fisika Dasar, Laboratorium UNESA.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis hasil eksperimen dengan membandingkan data terhadap teori, melakukan evaluasi kesalahan, serta menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan.

Ketelitian perhitungan momen inersia

Kriteria:

Laporan praktikum lengkap dan akurat


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktikum, laporan

Materi: Bandul Fisis
Pustaka: Panduan Praktikum Fisika Dasar, Laboratorium UNESA.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis hasil eksperimen dengan membandingkan data terhadap teori, melakukan evaluasi kesalahan, serta menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan.

Ketelitian perhitungan momen inersia

Kriteria:

Analisis regresi linear dan penentuan konstanta


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktikum, laporan

Materi: Tetapan Pegas
Pustaka: Panduan Praktikum Fisika Dasar, Laboratorium UNESA.

Materi: Tetapan Pegas
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengolah data eksperimen secara kuantitatif, termasuk menghitung nilai rata-rata, simpangan baku, membuat grafik, dan menentukan besaran fisika berdasarkan pengukuran.

Estimasi kecepatan dan jangkauan proyektil

Kriteria:

Perhitungan eksperimental dan grafik hasil


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktikum, Laporan

Materi: Gerak Peluru
Pustaka: Panduan Praktikum Fisika Dasar, Laboratorium UNESA.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menganalisis hasil eksperimen dengan membandingkan data terhadap teori, melakukan evaluasi kesalahan, serta menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan.

Validitas data percepatan gerak

Kriteria:

Uji kesesuaian teori dengan data eksperimen


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktikum, laporan

Materi: Fletchers Trolley
Pustaka: Panduan Praktikum Fisika Dasar, Laboratorium UNESA.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menyusun laporan praktikum dengan sistematika ilmiah yang benar, serta mampu bekerja sama secara efektif dalam kelompok untuk menyelesaikan kegiatan praktikum.

Partisipasi dan pemahaman materi

Kriteria:

Diskusi aktif dan resume tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Resume

Materi: Diskusi dan Review Materi
Pustaka: Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2014). Fundamentals of Physics (10th ed). Wiley.
10%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menganalisis hasil eksperimen dengan membandingkan data terhadap teori, melakukan evaluasi kesalahan, serta menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan.

Pengaruh suhu terhadap viskositas

Kriteria:

Eksperimen dan laporan perbandingan nilai


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktikum, laporan

Materi: Viscositas Zat Cair
Pustaka: Panduan Praktikum Fisika Dasar, Laboratorium UNESA.
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menganalisis hasil eksperimen dengan membandingkan data terhadap teori, melakukan evaluasi kesalahan, serta menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan.

Data koefisien gesekan statis/dinamis

Kriteria:

Laporan lengkap dan dokumentasi visual


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktikum, laporan, dokumentasi

Materi: Koefisien Gesekan
Pustaka: Panduan Praktikum Fisika Dasar, Laboratorium UNESA.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menganalisis hasil eksperimen dengan membandingkan data terhadap teori, melakukan evaluasi kesalahan, serta menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan.

Analisa momen inersia dari benda berputar

Kriteria:

Laporan dan validasi eksperimen


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktikum, perhitungan

Materi: Momen Inersia
Pustaka: Panduan Praktikum Fisika Dasar, Laboratorium UNESA.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menyusun laporan praktikum dengan sistematika ilmiah yang benar, serta mampu bekerja sama secara efektif dalam kelompok untuk menyelesaikan kegiatan praktikum.

Kelengkapan laporan

Kriteria:

Draft laporan akhir yang terstruktur


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penyusunan laporan akhir

Materi: Penyusunan Laporan Akhir
Pustaka: Panduan Praktikum Fisika Dasar, Laboratorium UNESA.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menyusun laporan praktikum dengan sistematika ilmiah yang benar, serta mampu bekerja sama secara efektif dalam kelompok untuk menyelesaikan kegiatan praktikum.

Perbaikan sesuai umpan balik

Kriteria:

Revisi laporan yang sesuai instruksi dosen


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bimbingan individual

Materi: Konsultasi Laporan
Pustaka: Panduan Praktikum Fisika Dasar, Laboratorium UNESA.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menyusun laporan praktikum dengan sistematika ilmiah yang benar, serta mampu bekerja sama secara efektif dalam kelompok untuk menyelesaikan kegiatan praktikum.

Kemampuan menyampaikan dan menjawab

Kriteria:

Presentasi kelompok dan tanya jawab aktif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Tanya Jawab

Materi: Presentasi Hasil Praktikum
Pustaka: Panduan Praktikum Fisika Dasar, Laboratorium UNESA.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menyusun laporan praktikum dengan sistematika ilmiah yang benar, serta mampu bekerja sama secara efektif dalam kelompok untuk menyelesaikan kegiatan praktikum.

Pemahaman konsep praktikum

Kriteria:

Tes tertulis dengan soal analisis dan teori


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Tes tertulis, analisis kasus

Materi: Evaluasi dan Tes Tertulis
Pustaka: Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2014). Fundamentals of Physics (10th ed). Wiley.
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menyusun laporan praktikum dengan sistematika ilmiah yang benar, serta mampu bekerja sama secara efektif dalam kelompok untuk menyelesaikan kegiatan praktikum.

Ketepatan dan kelengkapan akhir laporan

Kriteria:

Laporan akhir siap kumpul


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penyuntingan mandiri

Materi: Penyuntingan Laporan
Pustaka: Panduan Praktikum Fisika Dasar, Laboratorium UNESA.
10%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menyusun laporan praktikum dengan sistematika ilmiah yang benar, serta mampu bekerja sama secara efektif dalam kelompok untuk menyelesaikan kegiatan praktikum.

Evaluasi diri dan kontribusi kelompok

Kriteria:

Diskusi dan form umpan balik tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelas

Materi: Refleksi dan Umpan Balik
Pustaka: Panduan Praktikum Fisika Dasar, Laboratorium UNESA.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60%
2. Praktik / Unjuk Kerja 35%
3. Tes 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.