Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Penelitian Mutakhir dan Penulisan Ilmiah tentang AUD

8610702035

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

10 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Menerapkan konsep dan teori PAUD serta ragam metode penelitian terkini tentang anak usia dini, mengembangkan lembaga PAUD dan model-model pembelajaran anak usia dini dengan berbagai sumber belajar multi moda, sesuai prinsip tangguh dengan menyesuaikan berbagai situasi, tantangan dalam pengembangan diri untuk meningkatkan layanan PAUD; (Keterampilan Umum) (profile 1, 2 dan 3);

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep dan teori terkini dalam penelitian PAUD untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah praktis di lapangan (C3)

PO - 2

Menganalisis berbagai metode penelitian terkini dalam PAUD untuk memahami kelebihan dan keterbatasan masing-masing metode dalam konteks yang berbeda (C4)

PO - 3

Mengevaluasi hasil penelitian dalam PAUD berdasarkan kriteria ilmiah dan praktis untuk meningkatkan kualitas intervensi pendidikan (C5)

PO - 4

Menciptakan proposal penelitian yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai teori dan metode penelitian terkini dalam PAUD (C6)

PO - 5

Menerapkan keterampilan penulisan ilmiah untuk menyusun laporan penelitian yang sistematis dan memenuhi standar publikasi ilmiah (C3)

PO - 6

Menganalisis data penelitian menggunakan metode statistik dan interpretasi yang tepat untuk memperoleh kesimpulan yang valid (C4)

PO - 7

Mengevaluasi efektivitas model pembelajaran yang diterapkan dalam PAUD berdasarkan hasil penelitian dan teori yang relevan (C5)

PO - 8

Menciptakan karya tulis ilmiah yang mengintegrasikan penelitian terkini dan aplikasi praktis untuk memajukan praktik pendidikan PAUD (C6)

PO - 9

Menerapkan prinsip-prinsip etika penelitian dalam merancang dan melaksanakan studi tentang PAUD (C3)

PO - 10

Menganalisis implikasi dari temuan penelitian terhadap pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan anak usia dini (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3
PO-4
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8
PO-9 
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Penelitian Mutakhir Dan Penelisan Ilmiah Tentang Aud pada jenjang S2 program studi Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang metode analisis penelitian terkini dalam bidang pendidikan anak usia dini, khususnya terkait dengan audiologi. Mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik analisis data yang relevan serta memahami proses penulisan ilmiah yang baik dan benar. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman terhadap penelitian-penelitian terkini dalam bidang audiologi anak usia dini, penerapan metode analisis data yang sesuai, serta kemampuan menulis karya ilmiah yang berkualitas dan dapat dipublikasikan.

Pustaka

Utama :

  1. Rahayu, S., & Kurniawan, D. (2022). Teknik-teknik penulisan artikel di jurnal ilmiah nasional. Karimah Tauhid, Universitas Djuanda.

Pendukung :

  1. Ahmad, R., & Sari, D. (2021). Pemetaan penelitian pendidikan anak usia dini: Analisis dan mapping publikasi hasil penelitian pada Jurnal Golden Age.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd.

Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dan teori terkini dalam penelitian PAUD untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah praktis di lapangan.

  1. Penggunaan konsep dan teori terkini dalam penelitian PAUD
  2. Kemampuan mengidentifikasi masalah praktis di lapangan
  3. Kemampuan menyelesaikan masalah praktis dengan pendekatan yang tepat
Kriteria:

Mampu menjelaskan pengertian definisi pentingnya penelitian mutakhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan penugasan lapangan.
2 X 50
Diskusi daring tentang penerapan konsep dalam penelitian PAUD, Penugasan membuat studi kasus mengenai masalah praktis di lapangan
2 X 50
Materi: Konsep dan teori terkini dalam penelitian PAUD, Metode identifikasi masalah praktis di lapangan, Strategi penyelesaian masalah praktis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dan teori terkini dalam penelitian PAUD untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah praktis di lapangan.

  1. Penerapan konsep dan teori terkini dalam penelitian PAUD
  2. Kemampuan mengidentifikasi masalah praktis di lapangan
  3. Kemampuan menyelesaikan masalah praktis di lapangan
Kriteria:

Mampu menganalisis tren dalam bidang studi tertentu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Studi Kasus, Simulasi.
2 X 50
Diskusi Online
2 X 50
Materi: Teori Terkini dalam Penelitian PAUD, Metode Penelitian PAUD, Penerapan Konsep dalam Penelitian PAUD
Pustaka: Handbook Perkuliahan
2%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dengan kritis berbagai metode penelitian terkini dalam PAUD, memahami kelebihan dan keterbatasan masing-masing metode, serta mampu mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam konteks yang berbeda.

  1. Kemampuan menganalisis metode penelitian terkini dalam PAUD
  2. Kemampuan memahami kelebihan dan keterbatasan metode penelitian
  3. Kemampuan mengaplikasikan pengetahuan dalam konteks yang berbeda
Kriteria:

Mampu memahami definisi metode kuantitatif, kualitatif, mixed method


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
2 X 50
Diskusi Online, Presentasi Online
2 X 50
Materi: Pengenalan Metode Penelitian Terkini dalam PAUD, Analisis Kelebihan dan Keterbatasan Metode Penelitian, Studi Kasus dalam Penerapan Metode Penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
2%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi hasil penelitian dalam PAUD dengan menggunakan kriteria ilmiah dan praktis untuk meningkatkan kualitas intervensi pendidikan.

  1. Kemampuan menganalisis hasil penelitian PAUD
  2. Kemampuan menilai kriteria ilmiah dalam penelitian PAUD
  3. Kemampuan menilai kriteria praktis dalam penelitian PAUD
Kriteria:

Kemampuan membaca dan menelaah jurnal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, studi kasus, dan presentasi.
2 X 50
Diskusi daring tentang evaluasi hasil penelitian PAUD
2 X 50
Materi: Kriteria ilmiah dalam penelitian PAUD, Kriteria praktis dalam penelitian PAUD, Teknik evaluasi hasil penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
2%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi hasil penelitian dalam PAUD dengan menggunakan kriteria ilmiah dan praktis untuk meningkatkan kualitas intervensi pendidikan.

  1. Kemampuan menganalisis hasil penelitian PAUD
  2. Kemampuan menilai kualitas intervensi pendidikan
  3. Kemampuan menyusun struktur dan komponen proposal
Kriteria:

Perancangan struktur dan komponen proposal


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, Studi Kasus, Analisis Kritis.
2 X 50
Diskusi daring tentang evaluasi hasil penelitian PAUD, Penugasan menilai kualitas intervensi pendidikan dalam PAUD
2 X 50
Materi: Kriteria Ilmiah dalam Penelitian PAUD, Kriteria Praktis dalam Penelitian PAUD, Evaluasi Hasil Penelitian PAUD
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan proposal penelitian yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai teori dan metode penelitian terkini dalam PAUD.

  1. Kemampuan mengintegrasikan teori dan metode penelitian terkini dalam proposal penelitian PAUD
  2. Kreativitas dalam merancang proposal penelitian inovatif
Kriteria:

Penulisan Abstrak dan Latar Belakang


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis proyek.
2 X 50
Diskusi daring tentang ide proposal penelitian inovatif dalam PAUD, Penyusunan draft proposal penelitian secara daring
2 X 50
Materi: Teori dan metode penelitian terkini dalam PAUD, Langkah-langkah menciptakan proposal penelitian inovatif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
2%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan proposal penelitian yang inovatif dengan kemampuan kognitif tingkat mencipta (C6) dalam Taksonomi Bloom.

  1. Kemampuan mengintegrasikan teori dan metode penelitian terkini dalam PAUD
  2. Kreativitas dalam merancang proposal penelitian
  3. Kemampuan menjelaskan relevansi dan kebaruan proposal penelitian
Kriteria:

Mampu menyusun kerangka teori dan referensi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Berbasis Proyek.
2 X 50
Diskusi daring tentang ide proposal penelitian inovatif dalam PAUD, Penyusunan draft proposal penelitian secara daring
2 X 50
Materi: Teori dan metode penelitian terkini dalam PAUD, Langkah-langkah menciptakan proposal penelitian inovatif, Contoh proposal penelitian dalam PAUD
Pustaka: Handbook Perkuliahan
2%

8

Minggu ke 8

Evaluasi materi 1-7

  1. proposal penelitian inovatif
  2. integrasi teori penelitian terkini
  3. integrasi metode penelitian terkini
Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
2 X 50
Tes
2 X 50
Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan laporan penelitian yang sistematis dan memenuhi standar publikasi ilmiah.

  1. Kemampuan menyusun laporan penelitian
  2. Ketepatan dalam mengikuti standar publikasi ilmiah
  3. Kemampuan menyajikan data secara sistematis
Kriteria:

Mampu menyajikan data dan analisis hasil


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis proyek.
2 X 50
Penugasan penulisan laporan penelitian dengan format standar publikasi ilmiah
2 X 50
Materi: Struktur laporan penelitian, Penulisan ilmiah yang baik dan benar, Standar publikasi ilmiah
Pustaka: Handbook Perkuliahan
2%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data penelitian dengan menggunakan metode statistik yang tepat untuk menghasilkan kesimpulan yang valid.

  1. Kemampuan menganalisis data penelitian
  2. Kemampuan menggunakan metode statistik dengan tepat
  3. Kemampuan membuat kesimpulan yang valid
Kriteria:

Mampu menyusun pembahasan dan kesimpulan

Pembelajaran berbasis masalah.
2 X 50
Diskusi daring tentang penerapan metode statistik dalam analisis data penelitian
2 X 50
Materi: Pengenalan metode statistik, Teknik analisis data penelitian, Interpretasi hasil analisis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas model pembelajaran dalam PAUD berdasarkan penelitian dan teori yang relevan.

  1. Pemahaman konsep model pembelajaran dalam PAUD
  2. Kemampuan menganalisis hasil penelitian terkait model pembelajaran PAUD
  3. Kemampuan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan model pembelajaran PAUD
Kriteria:

Etika publikasi software anti-plagiarisme

Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang studi kasus model pembelajaran PAUD, Penyusunan portofolio evaluasi model pembelajaran
Materi: Teori model pembelajaran dalam PAUD, Studi kasus efektivitas model pembelajaran PAUD, Metode evaluasi model pembelajaran PAUD
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan karya tulis ilmiah yang mengintegrasikan penelitian terkini dan aplikasi praktis untuk memajukan praktik pendidikan PAUD.

  1. Kemampuan mengintegrasikan penelitian terkini
  2. Kemampuan menerapkan penelitian dalam praktik pendidikan PAUD
  3. Kualitas karya tulis ilmiah
Kriteria:

Mampu memahami prosedur dan tips peer-review


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang integrasi penelitian terkini dalam praktik pendidikan PAUD
Materi: Penelitian terkini dalam pendidikan PAUD, Aplikasi praktis dalam pendidikan PAUD, Teknik penulisan karya tulis ilmiah
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan karya tulis ilmiah yang mengintegrasikan penelitian terkini dan aplikasi praktis untuk memajukan praktik pendidikan PAUD.

  1. Integrasi penelitian terkini dalam karya tulis ilmiah
  2. Penerapan aplikasi praktis dalam karya tulis ilmiah
  3. Relevansi karya tulis ilmiah dengan praktik pendidikan PAUD
Kriteria:

Mampu menyusun strategi dalam memilih jurnal, indeksasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang integrasi penelitian terkini dalam praktik pendidikan PAUD
Materi: Penelitian terkini dalam pendidikan PAUD, Aplikasi praktis untuk pendidikan PAUD, Teknik penulisan karya tulis ilmiah
Pustaka: Handbook Perkuliahan
2%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip etika penelitian dalam merancang dan melaksanakan studi tentang PAUD.

  1. Kemampuan menerapkan prinsip etika penelitian
  2. Kemampuan merancang studi tentang PAUD dengan memperhatikan aspek etika
Kriteria:

Penyusunan format dan struktur artikel seminar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, studi kasus, role play.
Diskusi daring tentang dilema etika penelitian PAUD
Materi: Pengertian prinsip etika penelitian, Penerapan prinsip etika dalam studi PAUD, Contoh kasus terkait etika penelitian PAUD
Pustaka: Handbook Perkuliahan
25%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis temuan penelitian dan mengaitkannya dengan pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan anak usia dini.

  1. Kemampuan menganalisis temuan penelitian
  2. Kemampuan mengidentifikasi implikasi terhadap kebijakan pendidikan
  3. Kemampuan menghubungkan temuan penelitian dengan praktik pendidikan
Kriteria:

Mampu mempresentasikan hasil penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang temuan penelitian yang relevan dengan kebijakan pendidikan, Penyusunan portofolio analisis implikasi temuan penelitian
Materi: Metode analisis temuan penelitian, Pengembangan kebijakan pendidikan, Praktik pendidikan anak usia dini
Pustaka: Handbook Perkuliahan
25%

16

Minggu ke 16

Evaluasi menyeluruh kemampuan mahasiswa

Evaluasi menyeluruh kemampuan mahasiswa

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
2 X 50
Tes
2 X 50
Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 14%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 37.5%
3. Penilaian Portofolio 12.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 6%
5. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.