
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Penelitian Mutakhir dan Penulisan Ilmiah tentang AUD |
8610702035 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
10 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Menerapkan konsep dan teori PAUD serta ragam metode penelitian terkini tentang anak usia dini, mengembangkan lembaga PAUD dan model-model pembelajaran anak usia dini dengan berbagai sumber belajar multi moda, sesuai prinsip tangguh dengan menyesuaikan berbagai situasi, tantangan dalam pengembangan diri untuk meningkatkan layanan PAUD; (Keterampilan Umum) (profile 1, 2 dan 3); |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep dan teori terkini dalam penelitian PAUD untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah praktis di lapangan (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis berbagai metode penelitian terkini dalam PAUD untuk memahami kelebihan dan keterbatasan masing-masing metode dalam konteks yang berbeda (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi hasil penelitian dalam PAUD berdasarkan kriteria ilmiah dan praktis untuk meningkatkan kualitas intervensi pendidikan (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan proposal penelitian yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai teori dan metode penelitian terkini dalam PAUD (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan keterampilan penulisan ilmiah untuk menyusun laporan penelitian yang sistematis dan memenuhi standar publikasi ilmiah (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis data penelitian menggunakan metode statistik dan interpretasi yang tepat untuk memperoleh kesimpulan yang valid (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi efektivitas model pembelajaran yang diterapkan dalam PAUD berdasarkan hasil penelitian dan teori yang relevan (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan karya tulis ilmiah yang mengintegrasikan penelitian terkini dan aplikasi praktis untuk memajukan praktik pendidikan PAUD (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan prinsip-prinsip etika penelitian dalam merancang dan melaksanakan studi tentang PAUD (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis implikasi dari temuan penelitian terhadap pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan anak usia dini (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PO-1 | | ✔ | PO-2 | | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | | PO-6 | ✔ | | PO-7 | | ✔ | PO-8 | ✔ | ✔ | PO-9 | | ✔ | PO-10 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Analisis Penelitian Mutakhir Dan Penelisan Ilmiah Tentang Aud pada jenjang S2 program studi Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang metode analisis penelitian terkini dalam bidang pendidikan anak usia dini, khususnya terkait dengan audiologi. Mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik analisis data yang relevan serta memahami proses penulisan ilmiah yang baik dan benar. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman terhadap penelitian-penelitian terkini dalam bidang audiologi anak usia dini, penerapan metode analisis data yang sesuai, serta kemampuan menulis karya ilmiah yang berkualitas dan dapat dipublikasikan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Rahayu, S., & Kurniawan, D. (2022). Teknik-teknik penulisan artikel di jurnal ilmiah nasional. Karimah Tauhid, Universitas Djuanda.
|
Pendukung : |
|
- Ahmad, R., & Sari, D. (2021). Pemetaan penelitian pendidikan anak usia dini: Analisis dan mapping publikasi hasil penelitian pada Jurnal Golden Age.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd. Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dan teori terkini dalam penelitian PAUD untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah praktis di lapangan. |
- Penggunaan konsep dan teori terkini dalam penelitian PAUD
- Kemampuan mengidentifikasi masalah praktis di lapangan
- Kemampuan menyelesaikan masalah praktis dengan pendekatan yang tepat
|
Kriteria:
Mampu menjelaskan pengertian definisi pentingnya penelitian mutakhir Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan penugasan lapangan. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang penerapan konsep dalam penelitian PAUD, Penugasan membuat studi kasus mengenai masalah praktis di lapangan 2 X 50 |
Materi: Konsep dan teori terkini dalam penelitian PAUD, Metode identifikasi masalah praktis di lapangan, Strategi penyelesaian masalah praktis Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dan teori terkini dalam penelitian PAUD untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah praktis di lapangan. |
- Penerapan konsep dan teori terkini dalam penelitian PAUD
- Kemampuan mengidentifikasi masalah praktis di lapangan
- Kemampuan menyelesaikan masalah praktis di lapangan
|
Kriteria:
Mampu menganalisis tren dalam bidang studi tertentu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Studi Kasus, Simulasi. 2 X 50 |
Diskusi Online 2 X 50 |
Materi: Teori Terkini dalam Penelitian PAUD, Metode Penelitian PAUD, Penerapan Konsep dalam Penelitian PAUD Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dengan kritis berbagai metode penelitian terkini dalam PAUD, memahami kelebihan dan keterbatasan masing-masing metode, serta mampu mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam konteks yang berbeda. |
- Kemampuan menganalisis metode penelitian terkini dalam PAUD
- Kemampuan memahami kelebihan dan keterbatasan metode penelitian
- Kemampuan mengaplikasikan pengetahuan dalam konteks yang berbeda
|
Kriteria:
Mampu memahami definisi metode kuantitatif, kualitatif, mixed method Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi. 2 X 50 |
Diskusi Online, Presentasi Online 2 X 50 |
Materi: Pengenalan Metode Penelitian Terkini dalam PAUD, Analisis Kelebihan dan Keterbatasan Metode Penelitian, Studi Kasus dalam Penerapan Metode Penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi hasil penelitian dalam PAUD dengan menggunakan kriteria ilmiah dan praktis untuk meningkatkan kualitas intervensi pendidikan. |
- Kemampuan menganalisis hasil penelitian PAUD
- Kemampuan menilai kriteria ilmiah dalam penelitian PAUD
- Kemampuan menilai kriteria praktis dalam penelitian PAUD
|
Kriteria:
Kemampuan membaca dan menelaah jurnal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, studi kasus, dan presentasi. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang evaluasi hasil penelitian PAUD 2 X 50 |
Materi: Kriteria ilmiah dalam penelitian PAUD, Kriteria praktis dalam penelitian PAUD, Teknik evaluasi hasil penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi hasil penelitian dalam PAUD dengan menggunakan kriteria ilmiah dan praktis untuk meningkatkan kualitas intervensi pendidikan. |
- Kemampuan menganalisis hasil penelitian PAUD
- Kemampuan menilai kualitas intervensi pendidikan
- Kemampuan menyusun struktur dan komponen proposal
|
Kriteria:
Perancangan struktur dan komponen proposal Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, Studi Kasus, Analisis Kritis. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang evaluasi hasil penelitian PAUD, Penugasan menilai kualitas intervensi pendidikan dalam PAUD 2 X 50 |
Materi: Kriteria Ilmiah dalam Penelitian PAUD, Kriteria Praktis dalam Penelitian PAUD, Evaluasi Hasil Penelitian PAUD Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan proposal penelitian yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai teori dan metode penelitian terkini dalam PAUD. |
- Kemampuan mengintegrasikan teori dan metode penelitian terkini dalam proposal penelitian PAUD
- Kreativitas dalam merancang proposal penelitian inovatif
|
Kriteria:
Penulisan Abstrak dan Latar Belakang Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis proyek. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang ide proposal penelitian inovatif dalam PAUD, Penyusunan draft proposal penelitian secara daring 2 X 50 |
Materi: Teori dan metode penelitian terkini dalam PAUD, Langkah-langkah menciptakan proposal penelitian inovatif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan proposal penelitian yang inovatif dengan kemampuan kognitif tingkat mencipta (C6) dalam Taksonomi Bloom. |
- Kemampuan mengintegrasikan teori dan metode penelitian terkini dalam PAUD
- Kreativitas dalam merancang proposal penelitian
- Kemampuan menjelaskan relevansi dan kebaruan proposal penelitian
|
Kriteria:
Mampu menyusun kerangka teori dan referensi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Berbasis Proyek. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang ide proposal penelitian inovatif dalam PAUD, Penyusunan draft proposal penelitian secara daring 2 X 50 |
Materi: Teori dan metode penelitian terkini dalam PAUD, Langkah-langkah menciptakan proposal penelitian inovatif, Contoh proposal penelitian dalam PAUD Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
8
Minggu ke 8 |
Evaluasi materi 1-7 |
- proposal penelitian inovatif
- integrasi teori penelitian terkini
- integrasi metode penelitian terkini
|
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 2 X 50 |
Tes 2 X 50 |
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan laporan penelitian yang sistematis dan memenuhi standar publikasi ilmiah. |
- Kemampuan menyusun laporan penelitian
- Ketepatan dalam mengikuti standar publikasi ilmiah
- Kemampuan menyajikan data secara sistematis
|
Kriteria:
Mampu menyajikan data dan analisis hasil Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis proyek. 2 X 50 |
Penugasan penulisan laporan penelitian dengan format standar publikasi ilmiah 2 X 50 |
Materi: Struktur laporan penelitian, Penulisan ilmiah yang baik dan benar, Standar publikasi ilmiah Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data penelitian dengan menggunakan metode statistik yang tepat untuk menghasilkan kesimpulan yang valid. |
- Kemampuan menganalisis data penelitian
- Kemampuan menggunakan metode statistik dengan tepat
- Kemampuan membuat kesimpulan yang valid
|
Kriteria:
Mampu menyusun pembahasan dan kesimpulan |
Pembelajaran berbasis masalah. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang penerapan metode statistik dalam analisis data penelitian 2 X 50 |
Materi: Pengenalan metode statistik, Teknik analisis data penelitian, Interpretasi hasil analisis Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas model pembelajaran dalam PAUD berdasarkan penelitian dan teori yang relevan. |
- Pemahaman konsep model pembelajaran dalam PAUD
- Kemampuan menganalisis hasil penelitian terkait model pembelajaran PAUD
- Kemampuan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan model pembelajaran PAUD
|
Kriteria:
Etika publikasi software anti-plagiarisme |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang studi kasus model pembelajaran PAUD, Penyusunan portofolio evaluasi model pembelajaran
|
Materi: Teori model pembelajaran dalam PAUD, Studi kasus efektivitas model pembelajaran PAUD, Metode evaluasi model pembelajaran PAUD Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan karya tulis ilmiah yang mengintegrasikan penelitian terkini dan aplikasi praktis untuk memajukan praktik pendidikan PAUD. |
- Kemampuan mengintegrasikan penelitian terkini
- Kemampuan menerapkan penelitian dalam praktik pendidikan PAUD
- Kualitas karya tulis ilmiah
|
Kriteria:
Mampu memahami prosedur dan tips peer-review Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Diskusi daring tentang integrasi penelitian terkini dalam praktik pendidikan PAUD
|
Materi: Penelitian terkini dalam pendidikan PAUD, Aplikasi praktis dalam pendidikan PAUD, Teknik penulisan karya tulis ilmiah Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan karya tulis ilmiah yang mengintegrasikan penelitian terkini dan aplikasi praktis untuk memajukan praktik pendidikan PAUD. |
- Integrasi penelitian terkini dalam karya tulis ilmiah
- Penerapan aplikasi praktis dalam karya tulis ilmiah
- Relevansi karya tulis ilmiah dengan praktik pendidikan PAUD
|
Kriteria:
Mampu menyusun strategi dalam memilih jurnal, indeksasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Diskusi daring tentang integrasi penelitian terkini dalam praktik pendidikan PAUD
|
Materi: Penelitian terkini dalam pendidikan PAUD, Aplikasi praktis untuk pendidikan PAUD, Teknik penulisan karya tulis ilmiah Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip etika penelitian dalam merancang dan melaksanakan studi tentang PAUD. |
- Kemampuan menerapkan prinsip etika penelitian
- Kemampuan merancang studi tentang PAUD dengan memperhatikan aspek etika
|
Kriteria:
Penyusunan format dan struktur artikel seminar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, studi kasus, role play.
|
Diskusi daring tentang dilema etika penelitian PAUD
|
Materi: Pengertian prinsip etika penelitian, Penerapan prinsip etika dalam studi PAUD, Contoh kasus terkait etika penelitian PAUD Pustaka: Handbook Perkuliahan |
25% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis temuan penelitian dan mengaitkannya dengan pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan anak usia dini. |
- Kemampuan menganalisis temuan penelitian
- Kemampuan mengidentifikasi implikasi terhadap kebijakan pendidikan
- Kemampuan menghubungkan temuan penelitian dengan praktik pendidikan
|
Kriteria:
Mampu mempresentasikan hasil penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang temuan penelitian yang relevan dengan kebijakan pendidikan, Penyusunan portofolio analisis implikasi temuan penelitian
|
Materi: Metode analisis temuan penelitian, Pengembangan kebijakan pendidikan, Praktik pendidikan anak usia dini Pustaka: Handbook Perkuliahan |
25% |
16
Minggu ke 16 |
Evaluasi menyeluruh kemampuan mahasiswa |
Evaluasi menyeluruh kemampuan mahasiswa |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 2 X 50 |
Tes 2 X 50 |
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |