Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Tipografi

8821003211

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

5

20 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Khoirul Amin, S.Pd., M.Pd. dan Aqim Amral Hukmi, S.Pd., M.Pd.




Khoirul Amin, S.Pd., M.Pd.




FERA RATYANINGRUM

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Mampu merancang, mengaplikasikan dan mengembangkan keterampilan bidang seni rupa untuk menciptakan karya, media dan sumber belajar yang inovatif untuk kebutuhan pembelajaran dan berwirausaha.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menjelaskan proses dan teknik membuat huruf baik dengan manual dan digital.

PO - 2

Memiliki kreativitas, kepekaan dan ketrampilan dalam mengolah/mengembangkan bentuk dan penyusunan huruf dalam pengaplikasiannya pada pembelajaran seni rupa

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-9
PO-1 
PO-2 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah berisi tentang pemahaman huruf sebagai elemen utama tipografi sebagai komponen utama dalam pembuatan karya seni rupa dan desain grafis yang komunikatif dan estetis serta penguasaan berbagai tipe dan karakteristik huruf untuk diterapkan dalam susunan dan keperluan tertentu, dengan strategi pemahaman teori dan kegiatan berkarya/praktek dengan menerapkan tipografi.

Pustaka

Utama :

  1. Kusrianto, Adi,. 2004. Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis. Yogyakarta: Andi
  2. Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia
  3. Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
  4. Kusrianto, A. (2010). Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  5. Rustan, S. (2010). Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  6. Brookhart, S. M. (2013). How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. ASCD
  7. Ambrose, G., & Harris, P. (2011). The Fundamentals of Typography. Switzerland: AVA Publishing.
  8. Craig, J. (2010). Designing with Type: The Essential Guide to Typography. New York: Watson-Guptill.
  9. Carter, R., Day, B., & Meggs, P. B. (2014). Typographic Design: Form and Communication (6th ed.). New Jersey: John Wiley & Sons.
  10. Bringhurst, R. (2012). The Elements of Typographic Style (4th ed.). Seattle: Hartley & Marks.

Pendukung :

  1. Spiekermann, E. (2002). Stop Stealing Sheep & Find Out How Type Works (2nd ed.). California: Adobe Press.
  2. Lupton, E. (2014). Thinking with Type: A Critical Guide for Designers, Writers, Editors, & Students (2nd ed.). New York: Princeton Architectural Press.
  3. Garfield, S. (2011). Just My Type: A Book About Fonts. New York: Gotham Books.

Dosen Pengampu

Khoirul Amin, S.Pd., M.Pd.

Aqim Amral Hukmi, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan terkait huruf sebagai elemen utama dalam tipografi

  1. Mengidentifikasi bentuk huruf dengan mengenali anatomi dasar (ascender, descender, counter, stem, dll.) secara tepat.
  2. Membedakan jenis huruf (serif, sans serif, script, slab serif, decorative) serta menjelaskan ciri khas masing-masing.
  3. Menjelaskan fungsi huruf dalam tipografi, baik sebagai elemen komunikatif (membawa pesan) maupun estetis (membangun suasana visual).
  4. Menganalisis peran huruf dalam sebuah desain tipografi dengan menilai keterbacaan, kesesuaian, dan konsistensinya.
Kriteria:
  1. Sangat Baik: Mahasiswa mampu menjelaskan jenis, fungsi, dan ciri huruf dengan sangat tepat.
  2. Baik: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep huruf dengan cukup tepat meski ada kekurangan kecil.
  3. Cukup: Mahasiswa hanya mampu memberikan penjelasan umum tentang huruf, dengan beberapa kesalahan konsep.
  4. Kurang: Mahasiswa tidak mampu menjelaskan konsep huruf dengan benar.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, dikusi dan pemberian contoh
3 x 50 menit

Materi: Pengantar tipografi
Pustaka: Kusrianto, Adi,. 2004. Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis. Yogyakarta: Andi

Materi: Pengantar tipografi
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: Pengantar tipografi
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan dasar-dasar tipografi

  1. Menjelaskan pengertian tipografi dengan bahasa sendiri secara tepat dan runtut.
  2. Menyebutkan dan mengidentifikasi jenis-jenis huruf (serif, sans serif, script, slab serif, decorative) beserta ciri khasnya.
  3. Menguraikan fungsi tipografi dalam komunikasi visual, baik sebagai elemen estetis maupun fungsional.
  4. Menjelaskan prinsip dasar penggunaan tipografi seperti keterbacaan, konsistensi, kesesuaian jenis huruf, dan pembatasan jumlah font.
  5. Memberikan contoh penerapan tipografi dalam media desain (poster, majalah, logo, atau media digital) dengan penjelasan alasan pemilihan huruf.
Kriteria:
  1. Sangat baik: Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar tipografi secara lengkap.
  2. Baik: Mahasiswa dapat menjelaskan dasar-dasar tipografi dengan cukup tepat, meskipun ada beberapa bagian yang kurang mendalam.
  3. Cukup: Mahasiswa hanya memahami dasar-dasar tipografi secara umum dengan beberapa kesalahan konsep, analisis dangkal, contoh minim atau kurang sesuai, serta penjelasan kurang runtut dan membingungkan.
  4. Kurang: Mahasiswa tidak mampu menjelaskan dasar-dasar tipografi dengan benar, tidak memberikan contoh maupun analisis, serta penyampaiannya tidak runtut, sulit dipahami, dan tidak mencerminkan pemahaman.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi dan pemberian contoh, dan praktek
3 x 50 menit

Materi: Pengantar tipografi
Pustaka: Kusrianto, Adi,. 2004. Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis. Yogyakarta: Andi

Materi: Pengantar tipografi
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: Pengantar tipografi
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami anatomi dan sistem pengukuran huruf serta menerapkannya

  1. Menjelaskan bagian-bagian anatomi huruf (misalnya baseline, x-height, ascender, descender, stem, counter, serif) dengan baik.
  2. Menguraikan sistem pengukuran huruf (point size, leading, kerning, tracking)
  3. Menganalisis dan mempratekkan hubungan antara anatomi huruf (San Serif) dan sistem pengukuran dalam menjaga proporsi, konsistensi, dan keterbacaan tipografi.
Kriteria:
  1. Sangat Baik: Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan bagian anatomi huruf dan sistem pengukuran (point size, leading, kerning, tracking).
  2. Baik: Mahasiswa dapat menjelaskan dan mempraktekkan sebagian besar anatomi huruf dengan baik
  3. Cukup: Mahasiswa hanya mampu menjelaskandan mempraktekkan anatomi huruf, tetapi kurang baik.
  4. Kurang: Mahasiswa tidak mampu menjelaskan anatomi huruf dan tidak dapat menerapkannya.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktek
3 x 50 menit

Materi: mengklasifikasikan huruf berdasarkan anatominya
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: mengklasifikasikan huruf berdasarkan anatominya
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia

Materi: mengklasifikasikan huruf berdasarkan anatominya
Pustaka: Kusrianto, Adi,. 2004. Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis. Yogyakarta: Andi
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami keluarga huruf dan dapat menerapkan atau mengaplikasikan

  1. Mampu menjelaskan tentang set character, menganalisa proporsi, bobot huruf, dan kemiringan huruf
  2. Mampu menerapkan atau mengaplikasikan huruf (Serif) sesuai dengan proporsi, bobot huruf, dan kemiringan huruf
Kriteria:
  1. Sangat baik: Pengaplikasiannya sesuai dengan ketentuan soal, Kerapian, dan Proporsi layout
  2. Baik: Pengaplikasiannya cukup baik dengan ketentuan soal, Kerapian, dan Proporsi layout
  3. Cukup: Pengaplikasiannya cukup sesuai dengan ketentuan soal, Kerapian, dan Proporsi layout
  4. Kurang: Pengaplikasiannya tidak sesuai dengan ketentuan soal, Kerapian, dan Proporsi layout

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktek
3 x 50 menit

Materi: Karakter, proporsi, bobot huruf, dan kemiringan huruf
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia

Materi: Karakter, proporsi, bobot huruf, dan kemiringan huruf
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: Karakter, proporsi, bobot huruf, dan kemiringan huruf
Pustaka: Kusrianto, Adi,. 2004. Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis. Yogyakarta: Andi
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami serta menerapkan atau mengaplikasikan teori Gestalt

Mampu menguasai teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf serta dapat menerapkannya atau mengaplikasikannya

Kriteria:
  1. Sangat baik: Menguasai teori Gestalt dant menerapkannya atau mengaplikasikannya dengan sangat baik
  2. baik: Menguasai teori Gestalt dant menerapkannya atau mengaplikasikannya dengan baik
  3. cukup:Menguasai teori Gestalt dant menerapkannya atau mengaplikasikannya dengan cukup baik
  4. Kurang:Menguasai teori Gestalt dant menerapkannya atau mengaplikasikannya dengan kurang baik

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktek
3 x 50 menit

Materi: teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami serta menerapkan atau mengaplikasikan teori Gestalt

Mampu menguasai teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf serta dapat menerapkannya atau mengaplikasikannya

Kriteria:
  1. Sangat baik: Menguasai teori Gestalt dant menerapkannya atau mengaplikasikannya dengan sangat baik
  2. baik: Menguasai teori Gestalt dant menerapkannya atau mengaplikasikannya dengan baik
  3. cukup:Menguasai teori Gestalt dant menerapkannya atau mengaplikasikannya dengan cukup baik
  4. Kurang:Menguasai teori Gestalt dant menerapkannya atau mengaplikasikannya dengan kurang baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktek
3 x 50 menit

Materi: teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengembangkan tampilan huruf untuk membuat perancangan huruf menjadi gambar

  1. Memahami Anatomi huruf dan mengkomposisikannya menjadi sebuah gambar
  2. Mampu mengembangkan huruf menjadi satu kesatuan utuh secara kreatif
Kriteria:
  1. Sangat Baik: Originalitas, Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tersusun sangat baik
  2. Baik: Originalitas, Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tersusun dengan baik
  3. Cukup: Originalitas, Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tersusun cukup baik
  4. Kurang: Originalitas, Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tersusun kurang baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek
3 x 50 menit

Materi: prinsip pemilihan dan penerapan huruf
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: prinsip pemilihan dan penerapan huruf
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengembangkan tampilan huruf untuk membuat perancangan huruf menjadi gambar

  1. Memahami Anatomi huruf dan mengkomposisikannya menjadi sebuah gambar
  2. Mampu mengembangkan huruf menjadi satu kesatuan utuh secara kreatif
Kriteria:
  1. Sangat Baik: Originalitas, Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tersusun sangat baik
  2. Baik: Originalitas, Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tersusun dengan baik
  3. Cukup: Originalitas, Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tersusun cukup baik
  4. Kurang: Originalitas, Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tersusun kurang baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Praktek
3 x 50 menit

Materi: mengembangkan tampilan huruf untuk membuat perancangan huruf menjadi gambar
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: mengembangkan tampilan huruf untuk membuat perancangan huruf menjadi gambar
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami perkembangan model dan gaya huruf

  1. Mampu menganalisis perkembangan model dan gaya huruf dekoratif.
  2. Mampu mengaplikasikan huruf dekoratif
Kriteria:
  1. Sangat baik: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout dengan sangat baik
  2. Baik: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout dengan baik
  3. Cukup: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout dengan cukup baik
  4. Kurang: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout dengan kurang baik

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktek on the spot
3 x 50 menit

Materi: perkembangan model dan gaya huruf
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: perkembangan model dan gaya huruf
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
10%

10

Minggu ke 10

Mampu menguasai prinsip penerapan image dalam huruf serta dapat mengaplikasikan dalam sebuah karya

  1. Dapat menjelaskan peranan image
  2. Dapat menganalisa bentuk dasar image
  3. Dapat mengaplikasikan image dalam kata
Kriteria:
  1. Sangat baik: Sesuai dengan tema, dapat menjelaskan , menganalisa, serta mengaplikasikan peranan image dalam kata-kata dengan sangat baik
  2. Baik: Sesuai dengan tema, dapat menjelaskan , menganalisa, serta mengaplikasikan peranan image dalam kata-kata dengan baik
  3. Cukup: Sesuai dengan tema, dapat menjelaskan , menganalisa, serta mengaplikasikan peranan image dalam kata-kata dengan cukup baik
  4. Kurang: Sesuai dengan tema, dapat menjelaskan , menganalisa, serta mengaplikasikan peranan image dalam kata-kata

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek
3 x 50 menit

Materi: prinsip penerapan image
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: prinsip penerapan image
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menguasai prinsip penerapan image dalam huruf serta dapat mengaplikasikan dalam sebuah karya

  1. Dapat menjelaskan peranan image
  2. Dapat menganalisa bentuk dasar image
  3. Dapat mengaplikasikan image dalam kata
Kriteria:
  1. Sangat baik: Sesuai dengan tema, dapat menjelaskan , menganalisa, serta mengaplikasikan peranan image dalam kata-kata dengan sangat baik
  2. Baik: Sesuai dengan tema, dapat menjelaskan , menganalisa, serta mengaplikasikan peranan image dalam kata-kata dengan baik
  3. Cukup: Sesuai dengan tema, dapat menjelaskan , menganalisa, serta mengaplikasikan peranan image dalam kata-kata dengan cukup baik
  4. Kurang: Sesuai dengan tema, dapat menjelaskan , menganalisa, serta mengaplikasikan peranan image dalam kata-kata

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek
3 x 50 menit

Materi: prinsip penerapan image
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: prinsip penerapan image
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menguasai dan mengaplikasikan prinsip dramatisasi dalam huruf

  1. Dapat menjelaskan peranan dramatisasi
  2. Dapat mendiskripsikan prinsip dramatisasi
  3. Dapat menyusun huruf dengan dramatisasi
Kriteria:
  1. Sangat Baik: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tereksekusi sangat baik
  2. Baik: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tereksekusi dengan baik
  3. Cukup: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tereksekusi dengan cukup baik
  4. Kurang: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tereksekusi kurang baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek
3 x 50 menit

Materi: prinsip dramatisasi
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: prinsip dramatisasi
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menguasai dan mengaplikasikan prinsip dramatisasi dalam huruf

  1. Dapat menjelaskan peranan dramatisasi
  2. Dapat mendiskripsikan prinsip dramatisasi
  3. Dapat menyusun huruf dengan dramatisasi
Kriteria:
  1. Sangat Baik: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tereksekusi sangat baik
  2. Baik: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tereksekusi dengan baik
  3. Cukup: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tereksekusi dengan cukup baik
  4. Kurang: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tereksekusi kurang baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek
3 x 50 menit

Materi: prinsip dramatisasi
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: prinsip dramatisasi
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menguasai dan mengaplikasikan motif dalam huruf

  1. Dapat menjelaskan peranan motif dalam huruf.
  2. Menganalisa bentuk dasar motif dalam huruf.
  3. Menerapkan motif dalam huruf.
Kriteria:
  1. Sangat Baik: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout, serta hasil eksekusinya sangat baik
  2. Baik: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout, serta hasil eksekusinya baik
  3. Cukup: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout, serta hasil eksekusinya cukup baik
  4. Kurang: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout, serta hasil eksekusinya kurang baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, Tanya Jawab, Praktek Latihan
3 x 50 menit

Materi: aplikasi motif dalam huruf
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia

Materi: aplikasi motif dalam huruf
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menguasai aplikasi motif dalam huruf

  1. Dapat menjelaskan peranan motif dalam huruf.
  2. Menganalisa bentuk dasar motif dalam huruf.
  3. Menerapkan motif dalam huruf.
Kriteria:
  1. Sangat Baik: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout, serta hasil eksekusinya sangat baik
  2. Baik: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout, serta hasil eksekusinya baik
  3. Cukup: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout, serta hasil eksekusinya cukup baik
  4. Kurang:Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout, serta hasil eksekusinya kurang

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
DiskusiTanya JawabPraktek Latihan
3 x 50 menit

Materi: aplikasi motif dalam huruf
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia

Materi: aplikasi motif dalam huruf
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia
5%

16

Minggu ke 16

Mampu menguasai aplikasi motif dalam huruf secara langsung (on the spot)

  1. Dapat menjelaskan peranan motif dalam huruf.
  2. Menganalisa bentuk dasar motif dalam huruf.
  3. Menerapkan motif dalam huruf.
Kriteria:
  1. Sangat baik: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout serta eksekusinya sangat baik
  2. Baik: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout serta eksekusinya baik
  3. Cukup: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout serta eksekusinya cukup baik
  4. Kurang:Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout serta eksekusinya kurang

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Tanya JawabPraktek Latihan
3 x 50 menit

Materi: aplikasi motif dalam huruf
Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia

Materi: aplikasi motif dalam huruf
Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 10%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Penilaian Portofolio 2.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 30%
5. Tes 7.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.