
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Tipografi |
8821003211 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
5 |
20 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Khoirul Amin, S.Pd., M.Pd. dan Aqim Amral Hukmi, S.Pd., M.Pd.
|
Khoirul Amin, S.Pd., M.Pd.
|
FERA RATYANINGRUM |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Mampu merancang, mengaplikasikan dan mengembangkan keterampilan bidang seni rupa untuk menciptakan karya, media dan sumber belajar yang inovatif untuk kebutuhan pembelajaran dan berwirausaha. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menjelaskan proses dan teknik membuat huruf baik dengan manual dan digital.
|
PO - 2 |
Memiliki kreativitas, kepekaan dan ketrampilan dalam mengolah/mengembangkan bentuk dan penyusunan huruf dalam pengaplikasiannya pada pembelajaran seni rupa
|
Matrik PLO-PO |
| |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah berisi tentang pemahaman huruf sebagai elemen utama tipografi sebagai komponen utama dalam pembuatan karya seni rupa dan desain grafis yang komunikatif dan estetis serta penguasaan berbagai tipe dan karakteristik huruf untuk diterapkan dalam susunan dan keperluan tertentu, dengan strategi pemahaman teori dan kegiatan berkarya/praktek dengan menerapkan tipografi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Kusrianto, Adi,. 2004. Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis. Yogyakarta: Andi
- Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia
- Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
- Kusrianto, A. (2010). Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Rustan, S. (2010). Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Brookhart, S. M. (2013). How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. ASCD
- Ambrose, G., & Harris, P. (2011). The Fundamentals of Typography. Switzerland: AVA Publishing.
- Craig, J. (2010). Designing with Type: The Essential Guide to Typography. New York: Watson-Guptill.
- Carter, R., Day, B., & Meggs, P. B. (2014). Typographic Design: Form and Communication (6th ed.). New Jersey: John Wiley & Sons.
- Bringhurst, R. (2012). The Elements of Typographic Style (4th ed.). Seattle: Hartley & Marks.
|
Pendukung : |
|
- Spiekermann, E. (2002). Stop Stealing Sheep & Find Out How Type Works (2nd ed.). California: Adobe Press.
- Lupton, E. (2014). Thinking with Type: A Critical Guide for Designers, Writers, Editors, & Students (2nd ed.). New York: Princeton Architectural Press.
- Garfield, S. (2011). Just My Type: A Book About Fonts. New York: Gotham Books.
|
Dosen Pengampu
|
Khoirul Amin, S.Pd., M.Pd. Aqim Amral Hukmi, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan terkait huruf sebagai elemen utama dalam tipografi |
- Mengidentifikasi bentuk huruf dengan mengenali anatomi dasar (ascender, descender, counter, stem, dll.) secara tepat.
- Membedakan jenis huruf (serif, sans serif, script, slab serif, decorative) serta menjelaskan ciri khas masing-masing.
- Menjelaskan fungsi huruf dalam tipografi, baik sebagai elemen komunikatif (membawa pesan) maupun estetis (membangun suasana visual).
- Menganalisis peran huruf dalam sebuah desain tipografi dengan menilai keterbacaan, kesesuaian, dan konsistensinya.
|
Kriteria:
- Sangat Baik: Mahasiswa mampu menjelaskan jenis, fungsi, dan ciri huruf dengan sangat tepat.
- Baik: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep huruf dengan cukup tepat meski ada kekurangan kecil.
- Cukup: Mahasiswa hanya mampu memberikan penjelasan umum tentang huruf, dengan beberapa kesalahan konsep.
- Kurang: Mahasiswa tidak mampu menjelaskan konsep huruf dengan benar.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, dikusi dan pemberian contoh 3 x 50 menit |
|
Materi: Pengantar tipografi Pustaka: Kusrianto, Adi,. 2004. Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis. Yogyakarta: Andi Materi: Pengantar tipografi Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Materi: Pengantar tipografi Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan dasar-dasar tipografi |
- Menjelaskan pengertian tipografi dengan bahasa sendiri secara tepat dan runtut.
- Menyebutkan dan mengidentifikasi jenis-jenis huruf (serif, sans serif, script, slab serif, decorative) beserta ciri khasnya.
- Menguraikan fungsi tipografi dalam komunikasi visual, baik sebagai elemen estetis maupun fungsional.
- Menjelaskan prinsip dasar penggunaan tipografi seperti keterbacaan, konsistensi, kesesuaian jenis huruf, dan pembatasan jumlah font.
- Memberikan contoh penerapan tipografi dalam media desain (poster, majalah, logo, atau media digital) dengan penjelasan alasan pemilihan huruf.
|
Kriteria:
- Sangat baik: Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar tipografi secara lengkap.
- Baik: Mahasiswa dapat menjelaskan dasar-dasar tipografi dengan cukup tepat, meskipun ada beberapa bagian yang kurang mendalam.
- Cukup: Mahasiswa hanya memahami dasar-dasar tipografi secara umum dengan beberapa kesalahan konsep, analisis dangkal, contoh minim atau kurang sesuai, serta penjelasan kurang runtut dan membingungkan.
- Kurang: Mahasiswa tidak mampu menjelaskan dasar-dasar tipografi dengan benar, tidak memberikan contoh maupun analisis, serta penyampaiannya tidak runtut, sulit dipahami, dan tidak mencerminkan pemahaman.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi dan pemberian contoh, dan praktek 3 x 50 menit |
|
Materi: Pengantar tipografi Pustaka: Kusrianto, Adi,. 2004. Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis. Yogyakarta: Andi Materi: Pengantar tipografi Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Materi: Pengantar tipografi Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami anatomi dan sistem pengukuran huruf serta menerapkannya |
- Menjelaskan bagian-bagian anatomi huruf (misalnya baseline, x-height, ascender, descender, stem, counter, serif) dengan baik.
- Menguraikan sistem pengukuran huruf (point size, leading, kerning, tracking)
- Menganalisis dan mempratekkan hubungan antara anatomi huruf (San Serif) dan sistem pengukuran dalam menjaga proporsi, konsistensi, dan keterbacaan tipografi.
|
Kriteria:
- Sangat Baik: Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan bagian anatomi huruf dan sistem pengukuran (point size, leading, kerning, tracking).
- Baik: Mahasiswa dapat menjelaskan dan mempraktekkan sebagian besar anatomi huruf dengan baik
- Cukup: Mahasiswa hanya mampu menjelaskandan mempraktekkan anatomi huruf, tetapi kurang baik.
- Kurang: Mahasiswa tidak mampu menjelaskan anatomi huruf dan tidak dapat menerapkannya.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktek 3 x 50 menit |
|
Materi: mengklasifikasikan huruf berdasarkan anatominya Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Materi: mengklasifikasikan huruf berdasarkan anatominya Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Materi: mengklasifikasikan huruf berdasarkan anatominya Pustaka: Kusrianto, Adi,. 2004. Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis. Yogyakarta: Andi |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami keluarga huruf dan dapat menerapkan atau mengaplikasikan |
- Mampu menjelaskan tentang set character, menganalisa proporsi, bobot huruf, dan kemiringan huruf
- Mampu menerapkan atau mengaplikasikan huruf (Serif) sesuai dengan proporsi, bobot huruf, dan kemiringan huruf
|
Kriteria:
- Sangat baik: Pengaplikasiannya sesuai dengan ketentuan soal, Kerapian, dan Proporsi layout
- Baik: Pengaplikasiannya cukup baik dengan ketentuan soal, Kerapian, dan Proporsi layout
- Cukup: Pengaplikasiannya cukup sesuai dengan ketentuan soal, Kerapian, dan Proporsi layout
- Kurang: Pengaplikasiannya tidak sesuai dengan ketentuan soal, Kerapian, dan Proporsi layout
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktek 3 x 50 menit |
|
Materi: Karakter, proporsi, bobot huruf, dan kemiringan huruf Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Materi: Karakter, proporsi, bobot huruf, dan kemiringan huruf Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Materi: Karakter, proporsi, bobot huruf, dan kemiringan huruf Pustaka: Kusrianto, Adi,. 2004. Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis. Yogyakarta: Andi |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami serta menerapkan atau mengaplikasikan teori Gestalt |
Mampu menguasai teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf serta dapat menerapkannya atau mengaplikasikannya |
Kriteria:
- Sangat baik: Menguasai teori Gestalt dant menerapkannya atau mengaplikasikannya dengan sangat baik
- baik: Menguasai teori Gestalt dant menerapkannya atau mengaplikasikannya dengan baik
- cukup:Menguasai teori Gestalt dant menerapkannya atau mengaplikasikannya dengan cukup baik
- Kurang:Menguasai teori Gestalt dant menerapkannya atau mengaplikasikannya dengan kurang baik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktek 3 x 50 menit |
|
Materi: teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Materi: teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami serta menerapkan atau mengaplikasikan teori Gestalt |
Mampu menguasai teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf serta dapat menerapkannya atau mengaplikasikannya |
Kriteria:
- Sangat baik: Menguasai teori Gestalt dant menerapkannya atau mengaplikasikannya dengan sangat baik
- baik: Menguasai teori Gestalt dant menerapkannya atau mengaplikasikannya dengan baik
- cukup:Menguasai teori Gestalt dant menerapkannya atau mengaplikasikannya dengan cukup baik
- Kurang:Menguasai teori Gestalt dant menerapkannya atau mengaplikasikannya dengan kurang baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktek 3 x 50 menit |
|
Materi: teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Materi: teori Gestalt dalam pengorganisasian huruf Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengembangkan tampilan huruf untuk membuat perancangan huruf menjadi gambar |
- Memahami Anatomi huruf dan mengkomposisikannya menjadi sebuah gambar
- Mampu mengembangkan huruf menjadi satu kesatuan utuh secara kreatif
|
Kriteria:
- Sangat Baik: Originalitas, Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tersusun sangat baik
- Baik: Originalitas, Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tersusun dengan baik
- Cukup: Originalitas, Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tersusun cukup baik
- Kurang: Originalitas, Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tersusun kurang baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek 3 x 50 menit |
|
Materi: prinsip pemilihan dan penerapan huruf Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Materi: prinsip pemilihan dan penerapan huruf Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengembangkan tampilan huruf untuk membuat perancangan huruf menjadi gambar |
- Memahami Anatomi huruf dan mengkomposisikannya menjadi sebuah gambar
- Mampu mengembangkan huruf menjadi satu kesatuan utuh secara kreatif
|
Kriteria:
- Sangat Baik: Originalitas, Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tersusun sangat baik
- Baik: Originalitas, Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tersusun dengan baik
- Cukup: Originalitas, Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tersusun cukup baik
- Kurang: Originalitas, Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tersusun kurang baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Praktek 3 x 50 menit |
|
Materi: mengembangkan tampilan huruf untuk membuat perancangan huruf menjadi gambar Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Materi: mengembangkan tampilan huruf untuk membuat perancangan huruf menjadi gambar Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahami perkembangan model dan gaya huruf |
- Mampu menganalisis perkembangan model dan gaya huruf dekoratif.
- Mampu mengaplikasikan huruf dekoratif
|
Kriteria:
- Sangat baik: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout dengan sangat baik
- Baik: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout dengan baik
- Cukup: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout dengan cukup baik
- Kurang: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout dengan kurang baik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktek on the spot 3 x 50 menit |
|
Materi: perkembangan model dan gaya huruf Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Materi: perkembangan model dan gaya huruf Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menguasai prinsip penerapan image dalam huruf serta dapat mengaplikasikan dalam sebuah karya |
- Dapat menjelaskan peranan image
- Dapat menganalisa bentuk dasar image
- Dapat mengaplikasikan image dalam kata
|
Kriteria:
- Sangat baik: Sesuai dengan tema, dapat menjelaskan , menganalisa, serta mengaplikasikan peranan image dalam kata-kata dengan sangat baik
- Baik: Sesuai dengan tema, dapat menjelaskan , menganalisa, serta mengaplikasikan peranan image dalam kata-kata dengan baik
- Cukup: Sesuai dengan tema, dapat menjelaskan , menganalisa, serta mengaplikasikan peranan image dalam kata-kata dengan cukup baik
- Kurang: Sesuai dengan tema, dapat menjelaskan , menganalisa, serta mengaplikasikan peranan image dalam kata-kata
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek 3 x 50 menit |
|
Materi: prinsip penerapan image Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Materi: prinsip penerapan image Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menguasai prinsip penerapan image dalam huruf serta dapat mengaplikasikan dalam sebuah karya |
- Dapat menjelaskan peranan image
- Dapat menganalisa bentuk dasar image
- Dapat mengaplikasikan image dalam kata
|
Kriteria:
- Sangat baik: Sesuai dengan tema, dapat menjelaskan , menganalisa, serta mengaplikasikan peranan image dalam kata-kata dengan sangat baik
- Baik: Sesuai dengan tema, dapat menjelaskan , menganalisa, serta mengaplikasikan peranan image dalam kata-kata dengan baik
- Cukup: Sesuai dengan tema, dapat menjelaskan , menganalisa, serta mengaplikasikan peranan image dalam kata-kata dengan cukup baik
- Kurang: Sesuai dengan tema, dapat menjelaskan , menganalisa, serta mengaplikasikan peranan image dalam kata-kata
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek 3 x 50 menit |
|
Materi: prinsip penerapan image Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Materi: prinsip penerapan image Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menguasai dan mengaplikasikan prinsip dramatisasi dalam huruf |
- Dapat menjelaskan peranan dramatisasi
- Dapat mendiskripsikan prinsip dramatisasi
- Dapat menyusun huruf dengan dramatisasi
|
Kriteria:
- Sangat Baik: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tereksekusi sangat baik
- Baik: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tereksekusi dengan baik
- Cukup: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tereksekusi dengan cukup baik
- Kurang: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tereksekusi kurang baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek 3 x 50 menit |
|
Materi: prinsip dramatisasi Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Materi: prinsip dramatisasi Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menguasai dan mengaplikasikan prinsip dramatisasi dalam huruf |
- Dapat menjelaskan peranan dramatisasi
- Dapat mendiskripsikan prinsip dramatisasi
- Dapat menyusun huruf dengan dramatisasi
|
Kriteria:
- Sangat Baik: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tereksekusi sangat baik
- Baik: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tereksekusi dengan baik
- Cukup: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tereksekusi dengan cukup baik
- Kurang: Kreativitas, Kesesuain dengan ketentuan soal, Kerapian, Proporsi layout tereksekusi kurang baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek 3 x 50 menit |
|
Materi: prinsip dramatisasi Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Materi: prinsip dramatisasi Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menguasai dan mengaplikasikan motif dalam huruf |
- Dapat menjelaskan peranan motif dalam huruf.
- Menganalisa bentuk dasar motif dalam huruf.
- Menerapkan motif dalam huruf.
|
Kriteria:
- Sangat Baik: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout, serta hasil eksekusinya sangat baik
- Baik: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout, serta hasil eksekusinya baik
- Cukup: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout, serta hasil eksekusinya cukup baik
- Kurang: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout, serta hasil eksekusinya kurang baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, Tanya Jawab, Praktek Latihan 3 x 50 menit |
|
Materi: aplikasi motif dalam huruf Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Materi: aplikasi motif dalam huruf Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menguasai aplikasi motif dalam huruf |
- Dapat menjelaskan peranan motif dalam huruf.
- Menganalisa bentuk dasar motif dalam huruf.
- Menerapkan motif dalam huruf.
|
Kriteria:
- Sangat Baik: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout, serta hasil eksekusinya sangat baik
- Baik: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout, serta hasil eksekusinya baik
- Cukup: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout, serta hasil eksekusinya cukup baik
- Kurang:Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout, serta hasil eksekusinya kurang
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
DiskusiTanya JawabPraktek Latihan 3 x 50 menit |
|
Materi: aplikasi motif dalam huruf Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Materi: aplikasi motif dalam huruf Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menguasai aplikasi motif dalam huruf secara langsung (on the spot) |
- Dapat menjelaskan peranan motif dalam huruf.
- Menganalisa bentuk dasar motif dalam huruf.
- Menerapkan motif dalam huruf.
|
Kriteria:
- Sangat baik: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout serta eksekusinya sangat baik
- Baik: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout serta eksekusinya baik
- Cukup: Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout serta eksekusinya cukup baik
- Kurang:Kesesuain typeface dengan gaya huruf, Kerapian, Proporsi layout serta eksekusinya kurang
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Tanya JawabPraktek Latihan 3 x 50 menit |
|
Materi: aplikasi motif dalam huruf Pustaka: Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Materi: aplikasi motif dalam huruf Pustaka: Rustan, Surianto. 2011, Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia |
20% |