Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Dasar Seni Peran Realis

8820902598

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

27 April 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Syaiful Qadar Basri, S.Pd., M.Hum.




Syaiful Qadar Basri, S.Pd., M.Hum. Dr.Arif Hidajad, S.Sn., M.Pd. Dr. Autar Abdillah, SSn. MSi Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

Mampu berkreasi, berinovasi, mengkaji dan menyajikan seni pertunjukan budaya Jawa Timur dan wilayah Indonesia Timur

PLO-10

Mampu mengembangkan dan menciptakan karya bidang seni dan pendidikan seni berbasis teknologi, seni drama, tari dan musik Jawa Timur dan wilayah Indonesia Timur dan bidang seni budaya

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami teori pelatihan keaktoran dalam drama realis konvensional

PO - 2

Mampu menguasai teknik pelatihan keaktoran drama realis (Konvensional)

PO - 3

Mampu menguasai praktik berperan dalam drama realis (Konvensional)

PO - 4

Mampu mempraktekan kerjasama dalam peran pentas melalui pengalaman pentas realis konvensional

PO - 5

Mampu mempraktekan kesatuan pertunjukan dengan unsur pendukung lainnya.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8PLO-10
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4
PO-5

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Dasar Seni Peran Realis bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa pada teknik dasar akting realis, yang menekankan kejujuran dalam peran, pengembangan karakter yang mendalam, serta penciptaan situasi dramatik yang natural. Mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar seni peran yang berpijak pada observasi kehidupan sehari-hari dan penerapan teori keaktoran. Mata kuliah ini juga akan mengeksplorasi pendekatan-pendekatan realisme dalam akting melalui metode Project-Based Learning (PBL), yang akan memandu mahasiswa dari teori ke praktik dengan tugas akhir berupa pementasan realis. Mata kuliah ini menggunakan Project-Based Learning (PBL), yang melibatkan mahasiswa secara aktif dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proyek pementasan realis. Setiap mahasiswa berperan sebagai aktor yang bertanggung jawab dalam penciptaan karakter, interaksi antar-aktor, serta pemecahan masalah yang muncul selama latihan dan produksi. Proses pembelajaran difokuskan pada eksplorasi secara mandiri dengan bimbingan dari dosen pengampu. Melalui pembelajaran berbasis proyek, mahasiswa bekerja dalam kelompok untuk merancang dan menampilkan pementasan pendek sebagai proyek akhir. Proses ini melibatkan perencanaan produksi, manajemen tim, serta eksplorasi dalam membangun karakter yang menuntut adaptasi dan kepekaan emosional. Dengan menerapkan elemen kewirausahaan, mahasiswa juga diajak untuk memahami cara memanfaatkan keterampilan seni peran dalam peluang usaha di bidang teater, film, dan media. Evaluasi berdasarkan keterlibatan dalam proyek, kemampuan penguasaan teknik dasar seni peran, serta sikap reflektif sebagai pembelajar sepanjang hayat yang siap terus berkembang. Mata kuliah ini memberikan pengalaman langsung dan menanamkan sikap profesionalisme dalam seni peran, sekaligus mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia industri kreatif dengan semangat kewirausahaan.

Pustaka

Utama :

  1. Analysis of the Effectiveness of Learning Models Among Rasa for Life and Inner Acting of Activating Material Author : W Suryandoko Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 8 (3), 142-154, 2023
  2. Studi Ecocriticism dalam Film Doraemon & Nobita and the Green Giant Legend Karya Ayumu Watanabe>>>>Syaiful qadar Basri, Publikasi di Jurnal SINTA-3 SOSIOHUMANIORA ustjogja DOI: https://doi.org/10.30738/sosio.v5i1.2862
  3. Development of A Project Based Online Learning Model to Improve The Skills and Abilities of Actors for Students Author : W Suryandoko Pedagogik: Jurnal Pendidikan 10 (1), 101-116, 2023
  4. Aesthetic Experience In Theatre In Non- Formal Education: A Review Of Creativity Theory>>> W Suryandoko Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), Volume 6 Nomor 7 Juli 2023 Hal 2723-2737
  5. Pembuatan Naskah Cerita Teater Pada Kelompok Kesenian Bantengan Turangga Jaya Desa Wiyu Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto>>>Gayatri : Jurnal Pengabdian Seni dan Budaya Vol. 1, No. 1, Maret 2023 Hal. 16-22
  6. Creation of Make-Up Tutorial Video (Body Painting) Based on 3D Warok Boy Character to Introduce Traditional Culture Author : SQ Basri, S Yanuartuti, JD Sasanadjati, SA Akbar Proceeding of International Joint Conference on UNESA 2 (2), 2025
  7. Pelatihan Manajemen Pementasan pada Siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur untuk Meningkatkan Kemampuan Penciptaan Pagelaran Pementasan Seni Pertunjukan Author : I Sabri, T Trisakti, EW Rahayu, S Karoso, SQ Basri ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora 3 (4 …, 2024
  8. Madurese Local Wisdom Values in the Performing Arts of Masks and Loddrok Author : SA Akbar, MA Ramdlani, SQ Basri GETER: Jurnal Seni Drama, Tari dan Musik 7 (2), 32-41, 2024
  9. Quality of Student Acting Through Acting Textbook Development Author : W Suryandoko, A Abdillah, A Hidajad, I Sabri International Joint Conference on Arts and Humanities 2023 (IJCAH 2023), 694-707, 2023
  10. TEATER MONOLOG TRADISIONAL: BENTUK PERTUNJUKAN, NILAI, DAN KEHIDUPAN JALANAN Author : W Suryandoko GETER: Jurnal Seni Drama, Tari dan Musik 6 (1), 51-63, 2023
  11. IMPROVISASI TEATER: MATERI KESIAPAN AKTOR Author : S Indar Sabri1 , Autar abdillah2 , arif hidajad3 Geter 4 (no 2), 1-14, 2021
  12. Drama in the Midst of a Pandemic Author : A Hidajad, A Abdillah, B Sugito, J Dwisasanadjati, W Suryandoko International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 1117-1126, 2020
  13. Monolog Musikal Perspektif Nonrealis Pendekatan Interdisipliner Author : W Suryandoko Prosiding Seni Pertunjukan 3 1 (1), 225-233, 2019

Pendukung :

  1. Archibald, C. (2022). The Actor’s Mindset: Acting as a Craft, Discipline and Business. New York: Applause Theatre & Cinema Books.
  2. Silverberg, L. (2021). The Realistic Art of Acting. Los Angeles: Smith and Kraus Publishers.
  3. Blissett, J., & Freeman, H. (2020). The Actor’s Toolkit: Creating a Character in the Rehearsal Room. London: Bloomsbury Methuen Drama.
  4. Caine, M. (2020). Acting in Film: A Guide to the Art and Business of Performing (Updated Edition). New York: Applause Theatre & Cinema Books.
  5. Emunah, R. (2019). Acting for Real: Drama Therapy Process, Technique, and Performance. New York: Routledge.
  6. Brook, Peter, 2002. Shifting Point (Percikan Pemikiran Tentang Teater, Film, Dan Opera).Yogyakarta: MPSI Dan Arti.
  7. Corson, Richard and Glavan James, Stage Make up, Ninth edition. Print in the United States Of America. 2001.
  8. Haryono, Edi (ED), 2000. Rendra Dan teater Modern Indonesia:Kajian Memahami Rendra Melalui Kritikus Seni. Yogyakarta: Kepel Press.
  9. Kurniawan, Arief, Dadang, Asep. 2010. Menggelar Pertunjukan Seni Teater. Multi Kreasi Satudelapan. Jakarta.
  10. Noer, Arifin C, 2005. Teater Tanpa Masa Silam. Jakarta: Dewan kesenian Jakarta. 11. Paningkiran, Halim, 2013.
  11. Pugmire, Neil, 2006. 50 Ide Drama Untuk Memeriahkan Berbagai Acara. Yogyakarta: Andi.
  12. Rendra, 2007. Seni Drama Untuk Remaja. Jakarta: Burung Merak Press
  13. Riantriarno, N, 2003. Menyentuh Teater: Tanya Jawab Seputar Teater Kita. Jakarta: PT HMSampoerna Tbk 72
  14. Eka D.Sitorus., 2002, The Art of Acting, Seni Peranuntuk Teater, Film dan TV , Jakarta: PT. Gramedia Pustakan Utama
  15. Hodge., Alison (edt), 2010, Actor Training (second edition), London and New York: Routledge
  16. Richard Boleslavsky., 1960, Enam Pelajaran Pertama Bagi Tjalon Aktor (terjemahandari Acting: The First Six Lesson . Hak Cipta 1933, pada Theatre Arts,Inc, dan hak cipta 1949 pada Norma Boleslavsky, diterbitkan oleh Theatre ArtsBooks, New York), di-Indonesiakan oleh Drs. Asrul Sani, Jakarta: Usaha PenerbitDjaja Sakti
  17. Stickland, TheTechnique of Acting , USA: McGraw-Hill
  18. Asmara, Adhy DR. 2015. Apresiasi Drama. Yogyakarta.: Nur Cahaya.

Dosen Pengampu

Dr. Arif Hidajad, S.Sn., M.Pd.

Dr. Indar Sabri, S.Sn., M.Pd.

Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Syaiful Qadar Basri, S.Pd., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan seni peran realis dan ruang sebagai ekspresi

Menjelaskan tahapan seni peran dalam hal ini adalah Seni Peran realis Menguasai pengetahuan mengenai ruang sebagai sarana ekspresi Menguasai pemahaman laku yang meruang dalam Seni Peran realis

Kriteria:

Pemahaman Konsep Seni Peran Realis Analisis Fungsi Ruang sebagai Ekspresi Contoh Aplikasi (Analogi/Kasus) Struktur Jawaban dan Bahasa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Tes uraian
4 X 50

Materi: Menjelaskan seni peran realis dan ruang sebagai ekspresi
Pustaka: Analysis of the Effectiveness of Learning Models Among Rasa for Life and Inner Acting of Activating Material Author : W Suryandoko Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 8 (3), 142-154, 2023

Materi: Menjelaskan seni peran realis dan ruang sebagai ekspresi
Pustaka: Archibald, C. (2022). The Actor’s Mindset: Acting as a Craft, Discipline and Business. New York: Applause Theatre & Cinema Books.
2%

2

Minggu ke 2

Mensimulasikan motivasi dan imajinasi seni peran realis

Menguasai tahapan motivasi Menguasai tahapan imajinasi

Kriteria:

Imajinasi Situasi (kreativitas adegan) Motivasi Aktor (emosi internal) Ekspresi dan Gesture Penggunaan Properti / Ruang Kejelasan Konflik dan Tujuan Adegan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek, unjuk kerja, latihan
4 X 50

Materi: Mensimulasikan motivasi dan imajinasi seni peran realis
Pustaka: Silverberg, L. (2021). The Realistic Art of Acting. Los Angeles: Smith and Kraus Publishers.
3%

3

Minggu ke 3

Menguasai pengetahuan Aktor dan Naskah Lakon: azas, style, analisis struktur, pengarang, sutradara seni peran realis

Menguasai penjelasan tentang aktor Menguasi naskah lakon dengan kaidah azas, style, analisis, struktur, pengarang dan sutradara seni peran realis

Kriteria:
  1. Pemahaman azas dan style seni peran Analisis struktur naskah Relasi aktor-naskah (interpretasi)
  2. Partisipasi dalam diskusi Ketajaman analisis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
4 X 50

Materi: Menguasai penjelasan tentang aktor Menguasi naskah lakon dengan kaidah azas, style, analisis, struktur, pengarang dan sutradara seni peran realis
Pustaka: Richard Boleslavsky., 1960, Enam Pelajaran Pertama Bagi Tjalon Aktor (terjemahandari Acting: The First Six Lesson . Hak Cipta 1933, pada Theatre Arts,Inc, dan hak cipta 1949 pada Norma Boleslavsky, diterbitkan oleh Theatre ArtsBooks, New York), di-Indonesiakan oleh Drs. Asrul Sani, Jakarta: Usaha PenerbitDjaja Sakti

Materi: Menguasai pengetahuan Aktor dan Naskah Lakon: azas, style, analisis struktur, pengarang, sutradara seni peran realis
Pustaka: Drama in the Midst of a Pandemic Author : A Hidajad, A Abdillah, B Sugito, J Dwisasanadjati, W Suryandoko International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 1117-1126, 2020
5%

4

Minggu ke 4

Memprektekan kepekaan dan stimulasi

Menguasai kepekaan Menguasai stimulasi yang dimunculkan dari beberapa sumber

Kriteria:

Respons Emosional Respons Fisik / Tubuh Kohesi Emosi-Fisik Spontanitas dan Keaslian Pemanfaatan Ruang dan Fokus Energi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktek, unjuk kerja, latihan
4 X 50

Materi: Menguasai kepekaan Menguasai stimulasi yang dimunculkan dari beberapa sumber
Pustaka: Stickland, TheTechnique of Acting , USA: McGraw-Hill

Materi: Memprektekan kepekaan dan stimulasi
Pustaka: Aesthetic Experience In Theatre In Non- Formal Education: A Review Of Creativity Theory>>>Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), Volume 6 Nomor 7 Juli 2023 Hal 2723-2737

Materi: Memprektekan kepekaan dan stimulasi
Pustaka: Development of A Project Based Online Learning Model to Improve The Skills and Abilities of Actors for Students Author : W Suryandoko Pedagogik: Jurnal Pendidikan 10 (1), 101-116, 2023
5%

5

Minggu ke 5

Mengkonsep Bentuk: kesadaran pada bentuk, mencari bentuk peran, menguasai sarana pentas

Menguasai bentuk kesadaran diri Menguasai bentuk beran dalam proses pencarian Menguasai sarana pentas, properti, hand properti dan setting

Kriteria:

Konsep Karakter dan Penokohan Sinkronisasi Tubuh–Vokal–Karakter Penggunaan Properti Pemanfaatan Sarana Pentas / Ruang Produk Konsep Tertulis (1 Halaman)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek
4 X 50

Materi: Menguasai bentuk kesadaran diri Menguasai bentuk beran dalam proses pencarian Menguasai sarana pentas, properti, hand properti dan setting
Pustaka: Richard Boleslavsky., 1960, Enam Pelajaran Pertama Bagi Tjalon Aktor (terjemahandari Acting: The First Six Lesson . Hak Cipta 1933, pada Theatre Arts,Inc, dan hak cipta 1949 pada Norma Boleslavsky, diterbitkan oleh Theatre ArtsBooks, New York), di-Indonesiakan oleh Drs. Asrul Sani, Jakarta: Usaha PenerbitDjaja Sakti

Materi: Mengkonsep Bentuk: kesadaran pada bentuk, mencari bentuk peran, menguasai sarana pentas
Pustaka: Pelatihan Manajemen Pementasan pada Siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur untuk Meningkatkan Kemampuan Penciptaan Pagelaran Pementasan Seni Pertunjukan Author : I Sabri, T Trisakti, EW Rahayu, S Karoso, SQ Basri ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora 3 (4 …, 2024
5%

6

Minggu ke 6

Mempraktekan latihan Pemusatan perhatian dan pengenduran urat

Menguasai pemusatan perhatian (konsentrasi) Menguasai proses pengenduran urat

Kriteria:

Fokus Pandangan & Pikiran Relaksasi Tubuh & Pernapasan Transisi Energi Tubuh Konsistensi Gerakan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktek
4 X 50

Materi: Menguasai pemusatan perhatian (konsentrasi) Menguasai proses pengenduran urat
Pustaka: Richard Boleslavsky., 1960, Enam Pelajaran Pertama Bagi Tjalon Aktor (terjemahandari Acting: The First Six Lesson . Hak Cipta 1933, pada Theatre Arts,Inc, dan hak cipta 1949 pada Norma Boleslavsky, diterbitkan oleh Theatre ArtsBooks, New York), di-Indonesiakan oleh Drs. Asrul Sani, Jakarta: Usaha PenerbitDjaja Sakti

Materi: Mempraktekan latihan Pemusatan perhatian dan pengenduran urat
Pustaka: Quality of Student Acting Through Acting Textbook Development Author : W Suryandoko, A Abdillah, A Hidajad, I Sabri International Joint Conference on Arts and Humanities 2023 (IJCAH 2023), 694-707, 2023
5%

7

Minggu ke 7

Membaca watak, motivasi plot, dan perlengkapan peran

Menguasai proses membaca watak Menguasai simulasi watak sebagai motivasi plot Menguasai bobot peran Menguasai perlengkapan peran

Kriteria:

Analisis Watak & Motivasi Pemahaman Bobot Peran Identifikasi Perlengkapan Peran Presentasi & Demonstrasi Lisan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Tes
Ceramah, diskusi,praktikum
4 X 50

Materi: Menguasai proses membaca watak Menguasai simulasi watak sebagai motivasi plot Menguasai bobot peran Menguasai perlengkapan peran
Pustaka: Asmara, Adhy DR. 2015. Apresiasi Drama. Yogyakarta.: Nur Cahaya.

Materi: membaca I: Watak sebagai motivasi plot, bobot peran, perlengkapan peran
Pustaka: Eka D.Sitorus., 2002, The Art of Acting, Seni Peranuntuk Teater, Film dan TV , Jakarta: PT. Gramedia Pustakan Utama

Materi: Menguasai proses membaca watak Menguasai simulasi watak sebagai motivasi plot Menguasai bobot peran Menguasai perlengkapan peran
Pustaka: Quality of Student Acting Through Acting Textbook Development Author : W Suryandoko, A Abdillah, A Hidajad, I Sabri International Joint Conference on Arts and Humanities 2023 (IJCAH 2023), 694-707, 2023
5%

8

Minggu ke 8

Menerjemahkan analisa naskah ke dalam pementasan

Mahasiswa mampu mengaplikasikan analisa peranya melalui analisa naskahMamhasiswa mapu mengenali penokohan dan keterbacaan naskah

Kriteria:

Konsistensi Analisis–Tindakan Pengembangan Konflik Komposisi Visual & Blocking


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Unjuk kerja
1 X 1

Materi: Mahasiswa mampu mengaplikasikan analisa peranya melalui analisa naskahMamhasiswa mapu mengenali penokohan dan keterbacaan naskah
Pustaka: Eka D.Sitorus., 2002, The Art of Acting, Seni Peranuntuk Teater, Film dan TV , Jakarta: PT. Gramedia Pustakan Utama

Materi: Mahasiswa mampu mengaplikasikan analisa peranya melalui analisa naskah
Pustaka: Hodge., Alison (edt), 2010, Actor Training (second edition), London and New York: Routledge

Materi: Mamhasiswa mapu mengenali penokohan dan keterbacaan naskah
Pustaka: Stickland, TheTechnique of Acting , USA: McGraw-Hill

Materi: Mahasiswa mampu menterjemahkan analisa naskah ke dalam keterbacaan naskah diatas pentas
Pustaka: Drama in the Midst of a Pandemic Author : A Hidajad, A Abdillah, B Sugito, J Dwisasanadjati, W Suryandoko International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 1117-1126, 2020
10%

9

Minggu ke 9

Memaknai bahasa lakon dalam membaca naskah

Mengidentifikasi membaca dengan pemaknaan lakon Menguasai membaca II, memaknai bahasa lakon

Kriteria:
  1. Pemahaman makna verbal dalam naskah
  2. Intonasi dan Tekanan Pemahaman Makna Tersembunyi

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktek
4 X 50

Materi: Mengidentifikasi membaca dengan pemaknaan lakon Menguasai membaca II, memaknai bahasa lakon
Pustaka: Brook, Peter, 2002. Shifting Point (Percikan Pemikiran Tentang Teater, Film, Dan Opera).Yogyakarta: MPSI Dan Arti.

Materi: Mempraktekan membaca II: Memaknai bahasa lakon
Pustaka: Pembuatan Naskah Cerita Teater Pada Kelompok Kesenian Bantengan Turangga Jaya Desa Wiyu Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto>>>Gayatri : Jurnal Pengabdian Seni dan Budaya Vol. 1, No. 1, Maret 2023 Hal. 16-22
5%

10

Minggu ke 10

Membangun relasi peran dengan lawan main dan tensi dramatik

Mahasiswa mampu membangun relasi dan kerjasama permainan dalam lakon. Serta mampu membangun dramatic tensi dalam penokhanya naskahnya

Kriteria:

Koneksi antar aktor dan alur dramatik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Ceramaha dan praktikum
4 X 50

Materi: Mahasiswa mampu membangun relasi dan kerjasama permainan dalam lakon. Serta mampu membangun dramatic tensi dalam penokhanya naskahnya
Pustaka: Riantriarno, N, 2003. Menyentuh Teater: Tanya Jawab Seputar Teater Kita. Jakarta: PT HMSampoerna Tbk 72

Materi: Mempraktekan adaptasi Membaca III: Membangun relasi lakon lakon dengan lawan main
Pustaka: Quality of Student Acting Through Acting Textbook Development Author : W Suryandoko, A Abdillah, A Hidajad, I Sabri International Joint Conference on Arts and Humanities 2023 (IJCAH 2023), 694-707, 2023
5%

11

Minggu ke 11

Mempraktikkan kekuatan motif dan garis dalam akting

Menguasai kekuatan motif Menguasai kekuatan garis

Kriteria:
  1. Motivasi dan garis gerak dalam permainan
  2. Kejelasan Motif Garis Gerak Tubuh

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktek
4 X 50

Materi: Menguasai kekuatan motif Menguasai kekuatan garis
Pustaka: Stickland, TheTechnique of Acting , USA: McGraw-Hill

Materi: Mempraktekan latihan kekuatan motif dan garis
Pustaka: Creation of Make-Up Tutorial Video (Body Painting) Based on 3D Warok Boy Character to Introduce Traditional Culture Author : SQ Basri, S Yanuartuti, JD Sasanadjati, SA Akbar Proceeding of International Joint Conference on UNESA 2 (2), 2025
5%

12

Minggu ke 12

Mempraktikkan tubuh, vokal, dan suara alami

Mahasiswa mampu mempraktekan penokohannya dengan alamiah dan ketepatan mengungkapkan muatan emosi peranMahasiswa mampu menguasai irama permainan melalui bisnis akting dan dialog yang diucapkanya secara natural

Kriteria:
  1. Vokal dan tubuh sebagai ekspresi karakter
  2. Kualitas Suara & Vokal Refleksi Latihan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan diskusi
4 X 50

Materi: Mahasiswa mampu mempraktekan penokohannya dengan alamiah
Pustaka: Brook, Peter, 2002. Shifting Point (Percikan Pemikiran Tentang Teater, Film, Dan Opera).Yogyakarta: MPSI Dan Arti.

Materi: ketepatan mengungkapkan muatan emosi peranMahasiswa mampu menguasai irama permainan melalui bisnis akting dan dialog yang diucapkanya secara natural
Pustaka: Richard Boleslavsky., 1960, Enam Pelajaran Pertama Bagi Tjalon Aktor (terjemahandari Acting: The First Six Lesson . Hak Cipta 1933, pada Theatre Arts,Inc, dan hak cipta 1949 pada Norma Boleslavsky, diterbitkan oleh Theatre ArtsBooks, New York), di-Indonesiakan oleh Drs. Asrul Sani, Jakarta: Usaha PenerbitDjaja Sakti

Materi: Mempraktekan Aktor dan Tubuh: Pengembangan naskah lakon pada tubuh, bentuk vokal, suara alami
Pustaka: IMPROVISASI TEATER: MATERI KESIAPAN AKTOR Author : S Indar Sabri1 , Autar abdillah2 , arif hidajad3 Geter 4 (no 2), 1-14, 2021
5%

13

Minggu ke 13

Mempraktikkan penjiwaan, ingatan emosi, dan kesadaran bahasa

Mahasiswa menguasai menjiwai karakter yang dimainkanMahasiswa menguasai ingatan emosi dalam dinamika permainanMahasiswa mampu mengungkapkan karakter melalui pengucapan verbal

Kriteria:
  1. Keutuhan penghayatan dan ansambel akting
  2. Penghayatan Karakter Penggunaan Ingatan Emosi Kesadaran Bahasa Ansambel dengan Lawan Main

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Diskusi dan simulasi
4 X 50

Materi: Mahasiswa menguasai menjiwai karakter yang dimainkanMahasiswa menguasai ingatan emosi dalam dinamika permainanMahasiswa mampu mengungkapkan karakter melalui pengucapan verbal
Pustaka: Film 99 Cahaya Di Langit Eropa Yang Merepresentasikan Film As Social Practice Bagi Wanita Muslimah>>>Publikasi di Jurnal SINTA-3 SOSIOHUMANIORA ustjogja DOI: https://doi.org/......

Materi: Mempraktekan penjiwaan peran, ingatan emosi, kesadaran bahasa
Pustaka: Quality of Student Acting Through Acting Textbook Development Author : W Suryandoko, A Abdillah, A Hidajad, I Sabri International Joint Conference on Arts and Humanities 2023 (IJCAH 2023), 694-707, 2023
5%

14

Minggu ke 14

Mempraktekan latihan ingatan emosi dan hubungan batin

Menguasai ingatan emosi Menguasai emosi dan hubungan batin diri dengan tokoh dalam naskah monolog

Kriteria:
  1. Kedalaman relasi batin aktor-tokoh
  2. Relasi Emosional Aktor–Tokoh Transformasi Emosi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Praktikum
4 X 50

Materi: Menguasai ingatan emosi Menguasai emosi dan hubungan batin diri dengan tokoh dalam naskah drama realis
Pustaka: Pugmire, Neil, 2006. 50 Ide Drama Untuk Memeriahkan Berbagai Acara. Yogyakarta: Andi.

Materi: Mempraktekan latihan ingatan emosi dan hubungan batin
Pustaka: Monolog Musikal Perspektif Nonrealis Pendekatan Interdisipliner Author : W Suryandoko Prosiding Seni Pertunjukan 3 1 (1), 225-233, 2019
5%

15

Minggu ke 15

Mempraktekan teknik Muncul, Teknik memberi isi, teknik pengembangan

Menguasai praktek jenis teknik muncul Menguasai proses teknik memberi isi Mengauasai teknik pengembangan dari hasil teknik mencul dan memberi isi

Kriteria:
  1. Improvisasi dan pengembangan karakter
  2. Teknik Muncul Pemberian Isi Teknik Pengembangan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek
4 X 50

Materi: Menguasai praktek jenis teknik muncul Menguasai proses teknik memberi isi Mengauasai teknik pengembangan dari hasil teknik mencul dan memberi isi
Pustaka: Aesthetic Experience In Theatre In Non- Formal Education: A Review Of Creativity Theory>>>Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), Volume 6 Nomor 7 Juli 2023 Hal 2723-2737

Materi: Mempraktekan teknik Muncul, Teknik memberi isi, teknik pengembangan
Pustaka: IMPROVISASI TEATER: MATERI KESIAPAN AKTOR Author : S Indar Sabri1 , Autar abdillah2 , arif hidajad3 Geter 4 (no 2), 1-14, 2021
5%

16

Minggu ke 16

Mempraktikkan pertunjukan utuh naskah realis dengan kostum, rias, dan properti (UAS)

Mampu menentukan karakter tokoh dalam naskah seni peran realisyang telah dipilih

Kriteria:
  1. Pertunjukan utuh, akting, estetika, dan teknis
  2. Akting dan Penghayatan Kolaborasi Ansambel Estetika Pentas Portofolio Individu

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pementasan,Langsung/unjuk kerja
4 X 50

Materi: Mampu menentukan karakter tokoh dalam naskah seni peran realisyang telah dipilih
Pustaka: Rendra, 2007. Seni Drama Untuk Remaja. Jakarta: Burung Merak Press

Materi: Mempraktekan pertunjukan dengan naskah drama realis seni peran realis, kostum, property dan rias
Pustaka: Haryono, Edi (ED), 2000. Rendra Dan teater Modern Indonesia:Kajian Memahami Rendra Melalui Kritikus Seni. Yogyakarta: Kepel Press.

Materi: Mempraktekan latihan dengan naskah drama realis seni peran realis, kostum, property dan rias (Ujian Akhir Semester)
Pustaka: Aesthetic Experience In Theatre In Non- Formal Education: A Review Of Creativity Theory>>> W Suryandoko Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), Volume 6 Nomor 7 Juli 2023 Hal 2723-2737
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 4.84%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 17.51%
3. Penilaian Portofolio 15.67%
4. Penilaian Praktikum 17.34%
5. Praktik / Unjuk Kerja 39.01%
6. Tes 5.67%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.