Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Statistika Olahraga

8520203709

T=1

P=1

ECTS=3.18

0

22 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

PLO-10

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

PLO-12

Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis dan mengevaluasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-8PLO-10PLO-12
PO-1    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai dasar-dasar statistika dan penerapannya dalam bidang pendidikan dan kepelatihan olahraga. Materi meliputi pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data statistik dengan penerapan pada situasi nyata dalam olahraga. Mahasiswa juga dilatih untuk menggunakan software statistik guna mendukung analisis data.

Pustaka

Utama :

  1. Wahyudi, I. (2020). Statistika Dasar untuk Olahraga
  2. Sudjana, N. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan
  3. Triola, M. (2018). Essentials of Statistics
  4. Panduan penggunaan Microsoft Excel dan SPSS

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. I Made Sri Undy Mahardika, M.Pd.

Prof. Dr. Imam Syafii, M.Kes.

Mohammad Faruk, S.Pd., M.Kes.

Billy Emir Rizkanto, S.Or., M.Or

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

mahasiswa mampu menjelaskan materi Konsep Dasar Statistika

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
ceramah dna praktek
180 menit
ceramah dna praktek
180 menit
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge.
25%

2

Minggu ke 2

mahasiswa mampu menjelaskan materi Pengumpulan dan Penyajian Data

mahasiswa mampu menjelaskan materi Pengumpulan dan Penyajian Data

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
ceramah dna praktek
180 menit
ceramah dna praktek
180 menit
Materi: Pengumpulan dan Penyajian Data
Pustaka: Wahyudi, I. (2020). Statistika Dasar untuk Olahraga
5%

3

Minggu ke 3

mahasiswa mampu menjelaskan materi Statistika Deskriptif

mahasiswa mampu menjelaskan materi Statistika Deskriptif

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
ceramah dan praktek
180 menit
ceramah dan praktek
180 menit
Materi: Statistika Deskriptif
Pustaka: Wahyudi, I. (2020). Statistika Dasar untuk Olahraga
5%

4

Minggu ke 4

mahasiswa mampu menjelaskan materi Statistika Deskriptif

mahasiswa mampu menjelaskan materi Statistika Deskriptif

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
ceramah dna praktek
180 menit
ceramah dan praktek
180 menit
Materi: Statistika Deskriptif
Pustaka: Wahyudi, I. (2020). Statistika Dasar untuk Olahraga
5%

5

Minggu ke 5

mahasiswa mampu menjelaskan materi Probabilitas dan Distribusi Data

mahasiswa mampu menjelaskan materi Probabilitas dan Distribusi Data

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dna praktek
180 menit
ceramah dna praktek
180 menit
Materi: Probabilitas dan Distribusi Data
Pustaka: Wahyudi, I. (2020). Statistika Dasar untuk Olahraga
5%

6

Minggu ke 6

mahasiswa mampu menjelaskan materi Statistika Inferensial: Uji Hipotesis

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dna praktek
180 menit
ceramah dna praktek
180 menit
Materi: Statistika Inferensial: Uji Hipotesis
Pustaka: Wahyudi, I. (2020). Statistika Dasar untuk Olahraga
5%

7

Minggu ke 7

mahasiswa mampu menjelaskan materi Korelasi dan Regresi Sederhana

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dna praktek
180 menit
ceramah dna praktek
180 menit
Materi: Korelasi dan Regresi Sederhana
Pustaka: Triola, M. (2018). Essentials of Statistics
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Ujian Tengah Semester (UTS)

Kriteria:

Ujian Tengah Semester (UTS)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
UTS
180 menit
UTS
180 menit
Materi: materi pertemuan 1-7
Pustaka: Wahyudi, I. (2020). Statistika Dasar untuk Olahraga
5%

9

Minggu ke 9

mahasiswa mampu menjelaskan materi Aplikasi Statistika dalam Olahraga

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
ceramah dna praktek
180 menit
ceramah dna praktek
180 menit
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge.
5%

10

Minggu ke 10

mahasiswa mampu menjelaskan materi Aplikasi Statistika dalam Olahraga

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
ceramah dna praktek
180 menit
ceramah dna praktek
180 menit
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge.
5%

11

Minggu ke 11

mahasiswa mampu menjelaskan materi Penggunaan Software Statistik

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
ceramah dna praktek
180 menit
ceramah dna praktek
180 menit
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge.
5%

12

Minggu ke 12

mahasiswa mampu menjelaskan materi Penggunaan Software Statistik

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
ceramah dna praktek
180 menit
ceramah dna praktek
180 menit
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge.
5%

13

Minggu ke 13

mahasiswa mampu menjelaskan materi Evaluasi Program Latihan dengan Statistika

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
ceramah dna praktek
180 menit
ceramah dna praktek
180 menit
Materi: Evaluasi Program Latihan dengan Statistika
Pustaka: Triola, M. (2018). Essentials of Statistics
5%

14

Minggu ke 14

mahasiswa mampu menjelaskan materi Proyek Analisis Data Olahraga

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
ceramah dna praktek
180 menit
ceramah dna praktek
180 menit
Materi: Proyek Analisis Data Olahraga
Pustaka: Triola, M. (2018). Essentials of Statistics
5%

15

Minggu ke 15

mahasiswa mampu menjelaskan materi Presentasi Hasil Proyek

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
ceramah dna praktek
180 menit
ceramah dna praktek
180 menit
Materi: Presentasi Hasil Proyek
Pustaka: Triola, M. (2018). Essentials of Statistics
5%

16

Minggu ke 16

  1. mahasiswa mampu menjelaskan materi
  2. UAS

mahasiswa mampu menjelaskan materi

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
UAS
180 menit
UAS
180 menit
Materi: UAS
Pustaka: Wahyudi, I. (2020). Statistika Dasar untuk Olahraga

Materi: UAS
Pustaka: Sudjana, N. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan

Materi: UAS
Pustaka: Triola, M. (2018). Essentials of Statistics
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30.83%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 18.33%
3. Penilaian Portofolio 19.14%
4. Penilaian Praktikum 6.64%
5. Praktik / Unjuk Kerja 13.32%
6. Tes 11.65%
99.91%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.