
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Statistika Olahraga |
8520203709 |
|
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
0 |
22 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi. |
PLO-10 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
PLO-12 |
Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis dan mengevaluasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-8 | PLO-10 | PLO-12 | PO-1 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai dasar-dasar statistika dan penerapannya dalam bidang pendidikan dan kepelatihan olahraga. Materi meliputi pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data statistik dengan penerapan pada situasi nyata dalam olahraga. Mahasiswa juga dilatih untuk menggunakan software statistik guna mendukung analisis data. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Wahyudi, I. (2020). Statistika Dasar untuk Olahraga
- Sudjana, N. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan
- Triola, M. (2018). Essentials of Statistics
- Panduan penggunaan Microsoft Excel dan SPSS
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. I Made Sri Undy Mahardika, M.Pd. Prof. Dr. Imam Syafii, M.Kes. Mohammad Faruk, S.Pd., M.Kes. Billy Emir Rizkanto, S.Or., M.Or |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Konsep Dasar Statistika |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
ceramah dna praktek 180 menit |
ceramah dna praktek 180 menit |
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
25% |
2
Minggu ke 2 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Pengumpulan dan Penyajian Data |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Pengumpulan dan Penyajian Data |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
ceramah dna praktek 180 menit |
ceramah dna praktek 180 menit |
Materi: Pengumpulan dan Penyajian Data Pustaka: Wahyudi, I. (2020). Statistika Dasar untuk Olahraga |
5% |
3
Minggu ke 3 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Statistika Deskriptif |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Statistika Deskriptif |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
ceramah dan praktek 180 menit |
ceramah dan praktek 180 menit |
Materi: Statistika Deskriptif Pustaka: Wahyudi, I. (2020). Statistika Dasar untuk Olahraga |
5% |
4
Minggu ke 4 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Statistika Deskriptif |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Statistika Deskriptif |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
ceramah dna praktek 180 menit |
ceramah dan praktek 180 menit |
Materi: Statistika Deskriptif Pustaka: Wahyudi, I. (2020). Statistika Dasar untuk Olahraga |
5% |
5
Minggu ke 5 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Probabilitas dan Distribusi Data |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Probabilitas dan Distribusi Data |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah dna praktek 180 menit |
ceramah dna praktek 180 menit |
Materi: Probabilitas dan Distribusi Data Pustaka: Wahyudi, I. (2020). Statistika Dasar untuk Olahraga |
5% |
6
Minggu ke 6 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Statistika Inferensial: Uji Hipotesis |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah dna praktek 180 menit |
ceramah dna praktek 180 menit |
Materi: Statistika Inferensial: Uji Hipotesis Pustaka: Wahyudi, I. (2020). Statistika Dasar untuk Olahraga |
5% |
7
Minggu ke 7 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Korelasi dan Regresi Sederhana |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah dna praktek 180 menit |
ceramah dna praktek 180 menit |
Materi: Korelasi dan Regresi Sederhana Pustaka: Triola, M. (2018). Essentials of Statistics |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Kriteria:
Ujian Tengah Semester (UTS) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
UTS 180 menit |
UTS 180 menit |
Materi: materi pertemuan 1-7 Pustaka: Wahyudi, I. (2020). Statistika Dasar untuk Olahraga |
5% |
9
Minggu ke 9 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Aplikasi Statistika dalam Olahraga |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek 180 menit |
ceramah dna praktek 180 menit |
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Aplikasi Statistika dalam Olahraga |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek 180 menit |
ceramah dna praktek 180 menit |
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Penggunaan Software Statistik |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek 180 menit |
ceramah dna praktek 180 menit |
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Penggunaan Software Statistik |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek 180 menit |
ceramah dna praktek 180 menit |
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Evaluasi Program Latihan dengan Statistika |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek 180 menit |
ceramah dna praktek 180 menit |
Materi: Evaluasi Program Latihan dengan Statistika Pustaka: Triola, M. (2018). Essentials of Statistics |
5% |
14
Minggu ke 14 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Proyek Analisis Data Olahraga |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek 180 menit |
ceramah dna praktek 180 menit |
Materi: Proyek Analisis Data Olahraga Pustaka: Triola, M. (2018). Essentials of Statistics |
5% |
15
Minggu ke 15 |
mahasiswa mampu menjelaskan materi Presentasi Hasil Proyek |
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dna praktek 180 menit |
ceramah dna praktek 180 menit |
Materi: Presentasi Hasil Proyek Pustaka: Triola, M. (2018). Essentials of Statistics |
5% |
16
Minggu ke 16 |
- mahasiswa mampu menjelaskan materi
- UAS
|
mahasiswa mampu menjelaskan materi |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
UAS 180 menit |
UAS 180 menit |
Materi: UAS Pustaka: Wahyudi, I. (2020). Statistika Dasar untuk Olahraga Materi: UAS Pustaka: Sudjana, N. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan Materi: UAS Pustaka: Triola, M. (2018). Essentials of Statistics |
5% |