Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Psikologi Kepribadian Pendidik

7310104026

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=8.96

1

23 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi.




Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi.




Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-7

Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data

PLO-9

Mampu menuangkan pemikiran-pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah yang layak dipublikasikan, mampu mempresentasikan ilmu psikologi dalam forum akademik maupun masyarakat umum dan mampu mengomunikasikan dan menyebarIuaskan hasil riset pada forum akademik nasional atau internasional serta [urnal ilmiah nasional yang terakreditasi atau jurnal internasional.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu secara kolaboratif menjelaskan dan mengkritisi teori-teori kepribadian dalam psikologi serta implikasinya terhadap peran dan fungsi pendidik

PO - 2

Mahasiswa mampu memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan dinamika kepribadian pendidik secara ilmiah

PO - 3

Mahasiswa mampu menerapkan teori kepribadian dalam merancang strategi pengembangan pribadi pendidik secara reflektif, kolaboratif, dan adaptif

PO - 4

Mahasiswa mampu menyusun karya ilmiah yang membahas aspek kepribadian pendidik secara konseptual dan aplikatif sesuai kaidah akademik.

PO - 5

Mahasiswa mampu mempresentasikan karya ilmiah yang membahas aspek kepribadian pendidik secara komunikatif dan akademik

PO - 6

Mahasiswa mampu secara inovatif mengembangkan pemahaman terhadap teori-teori kepribadian dalam konteks profesi pendidik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-7PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas teori-teori kepribadian klasik dan kontemporer serta penerapannya dalam konteks pendidikan. Mahasiswa akan menganalisis, mengevaluasi, dan merancang intervensi berbasis teori kepribadian untuk pengembangan kepribadian pendidik.

Pustaka

Utama :

  1. Feist, Jess & Feist, Gregory J. (2008), Theories of Personality. New York: McGraw-Hill Higher Education.
  2. Cervone, Daniel & Pervin, Lawrence A. (2018). Personality: Theory and Research, 14th Edition. New York: John Wiley & Sons.
  3. Fontana, David (1988). Psychology for Teachers. London: Red Globe Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan konsep dasar kepribadian & urgensinya bagi pendidik

Keaktifan diskusi, pemahaman materi

Kriteria:

Partisipatif dan argumentatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelas, kontrak belajar, pengantar proyek akhir.

4%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi teori-teori kepribadian klasik.

Refleksi teori

Kriteria:
  1. Mampu memahami konten pembelajaran
  2. Mampu mengkritisi masing-masing teori
  3. Mampu menjelaskan implikasinya terhadap peran dan fungsi pendidik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif dan diskusi

Materi: Teori Psikoanalisis (Freud), Individual (Adler), Analitik (Jung)
Pustaka: Feist, Jess & Feist, Gregory J. (2008), Theories of Personality. New York: McGraw-Hill Higher Education.
4%

3

Minggu ke 3

Menganalisis teori trait dan Big Five

Refleksi teori

Kriteria:
  1. Mampu memahami konten pembelajaran
  2. Mampu mengkritisi masing-masing teori
  3. Mampu menjelaskan implikasinya terhadap peran dan fungsi pendidik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif dan diskusi

Materi: Teori Trait: Allport, Cattell; Big Five: OCEAN
Pustaka: Cervone, Daniel & Pervin, Lawrence A. (2018). Personality: Theory and Research, 14th Edition. New York: John Wiley & Sons.
4%

4

Minggu ke 4

Mengevaluasi teori humanistik dan aplikasinya bagi pendidik.

Refleksi teori

Kriteria:
  1. Mampu memahami konten pembelajaran
  2. Mampu mengkritisi masing-masing teori
  3. Mampu menjelaskan implikasinya terhadap peran dan fungsi pendidik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif dan diskusi

Materi: Teori Humanistik: Maslow, Rogers; aktualisasi diri, self-concept
Pustaka: Feist, Jess & Feist, Gregory J. (2008), Theories of Personality. New York: McGraw-Hill Higher Education.
4%

5

Minggu ke 5

Menganalisis teori sosial-kognitif dan behavioristik

Refleksi teori

Kriteria:
  1. Mampu memahami konten pembelajaran
  2. Mampu mengkritisi masing-masing teori
  3. Mampu menjelaskan implikasinya terhadap peran dan fungsi pendidik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif dan diskusi

Materi: Teori Bandura, Rotter, Skinner
Pustaka: Cervone, Daniel & Pervin, Lawrence A. (2018). Personality: Theory and Research, 14th Edition. New York: John Wiley & Sons.
4%

6

Minggu ke 6

Mengidentifikasi perosalan kognitif, afektif, dan sosial dalam pengembangan kepribadian pendidik

Menunjukkan pemahaman dan solusi dalam persoalan kognitif, afektif, dan sosial dalam pengembangan kepribadian pendidik.

Kriteria:
  1. Mampu mengidentifikasi persoalan kognitif, afektif, dan sosial dalam pengembangan kepribadian pendidik.
  2. Mampu mengurai dinamika persoalan kognitif, afektif, dan sosial dalam pengembangan kepribadian pendidik.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Focus Group Discussion

Materi: Persoalan kognitif, afektif, dan sosial dalam pengembangan kepribadian pendidik.
Pustaka: Fontana, David (1988). Psychology for Teachers. London: Red Globe Press.
6%

7

Minggu ke 7

Merumuskan isu aktual kepribadian pendidik

Menunjukkan pemahaman dan solusi dalam persoalan kognitif, afektif, dan sosial dalam pengembangan kepribadian pendidik.

Kriteria:
  1. Mampu mengidentifikasi dan memilih satu di antara isu-isu aktual dalam kepribadian pendidik
  2. Mampu merumuskan persoalan terkait isu yang akan diangkat dalam proyek tugas akhir

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Workshop proposal proyek

10%

8

Minggu ke 8

Proposal proyek (analisis teori & isu kepribadian pendidik)

Proposal lengkap (latar belakang, teori, masalah)

Kriteria:
  1. Struktur proposal yang sistematis
  2. Kejelasan isu dan pertanyaan serta isu yang diangkat

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi proposal dan peer feedback

10%

9

Minggu ke 9

Menganalisis kasus nyata kepribadian pendidik

Proposal lengkap (latar belakang, teori, masalah)

Kriteria:
  1. Mampu memberikan logika analisis yang ilmiah
  2. Kesesuaian teori yang digunakan dalam menjelaskan dinamika kepribadian dari kasus yang diangkat

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Simulasi kasus dan diskusi

7%

10

Minggu ke 10

Merancang strategi pengembangan kepribadian pendidik

Proposal lengkap (latar belakang, teori, masalah)

Kriteria:
  1. Mampu menyampaikan gagasan strategi pemecahan masalah kepribadian pendidik
  2. Mampu mengaitkan teori-teori kepribadian dalam perumusan strategi pemecahan masalah pendidik
  3. Relevansi penjelasan yang kontekstual

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan draf karya ilmiah

5%

11

Minggu ke 11

Mengembangkan refleksi profesional

Menyusun refleksi yang berbobot dan konstruktif

Kriteria:
  1. Kedalaman analisis
  2. Relevansi antara dasar-dasar teoritis dan pengembangan profesional

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Refleksi diri dan kelompok

4%

12

Minggu ke 12

Menunjukkan kolaborasi dalam tim proyek

Menyusun refleksi yang berbobot dan konstruktif

Kriteria:
  1. Mampu menunjukkan partisipasi aktif
  2. Mampu memberikan dan merespons umpan balik secara efektif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Evaluasi tim dan mentoring

4%

13

Minggu ke 13

Menyusun draf karya ilmiah awal

Menyusun refleksi yang berbobot dan konstruktif

Kriteria:
  1. Struktur tulisan
  2. Logika argumen
  3. Kualitas referensi
  4. Kualitas data

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Klinik penulisan dan konsultasi

Materi: -
Pustaka: Cervone, Daniel & Pervin, Lawrence A. (2018). Personality: Theory and Research, 14th Edition. New York: John Wiley & Sons.
10%

14

Minggu ke 14

Menyempurnakan karya ilmiah

Menyusun refleksi yang berbobot dan konstruktif

Kriteria:
  1. Revisi sesuai feedback
  2. Penyempurnaan logika
  3. Kejelasan alur tulisan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Revisi dan penyempurnaan

10%

15

Minggu ke 15

Presentasi karya ilmiah proyek

Menyusun refleksi yang berbobot dan konstruktif

Kriteria:
  1. Kejelasan alur penyampaian
  2. Tata bahasa penyampaian
  3. Visualisasi informasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi final proyek

10%

16

Minggu ke 16

Refleksi pembelajaran & review proyek

Menyusun refleksi yang berbobot dan konstruktif

Kriteria:
  1. Penyelesaian proses penyerahan
  2. Evaluasi konstruktif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Proses submisi ke jurnal, diskusi, dan evaluasi

4%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 28.66%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 30.82%
3. Penilaian Portofolio 17.99%
4. Praktik / Unjuk Kerja 22.49%
99.96%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.