
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Psikologi Kepribadian Pendidik |
7310104026 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=8.96 |
1 |
23 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi.
|
Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi.
|
Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-7 |
Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data |
PLO-9 |
Mampu menuangkan pemikiran-pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah yang layak dipublikasikan, mampu mempresentasikan ilmu psikologi dalam forum akademik maupun masyarakat umum dan mampu mengomunikasikan dan menyebarIuaskan hasil riset pada forum akademik nasional atau internasional serta [urnal ilmiah nasional yang terakreditasi atau jurnal internasional. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu secara kolaboratif menjelaskan dan mengkritisi teori-teori kepribadian dalam psikologi serta implikasinya terhadap peran dan fungsi pendidik
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan dinamika kepribadian pendidik secara ilmiah
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menerapkan teori kepribadian dalam merancang strategi pengembangan pribadi pendidik secara reflektif, kolaboratif, dan adaptif
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menyusun karya ilmiah yang membahas aspek kepribadian pendidik secara konseptual dan aplikatif sesuai kaidah akademik.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan karya ilmiah yang membahas aspek kepribadian pendidik secara komunikatif dan akademik
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu secara inovatif mengembangkan pemahaman terhadap teori-teori kepribadian dalam konteks profesi pendidik
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | ✔ | | PO-6 | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | ✔ | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas teori-teori kepribadian klasik dan kontemporer serta penerapannya dalam konteks pendidikan. Mahasiswa akan menganalisis, mengevaluasi, dan merancang intervensi berbasis teori kepribadian untuk pengembangan kepribadian pendidik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Feist, Jess & Feist, Gregory J. (2008), Theories of Personality. New York: McGraw-Hill Higher Education.
- Cervone, Daniel & Pervin, Lawrence A. (2018). Personality: Theory and Research, 14th Edition. New York: John Wiley & Sons.
- Fontana, David (1988). Psychology for Teachers. London: Red Globe Press.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan konsep dasar kepribadian & urgensinya bagi pendidik |
Keaktifan diskusi, pemahaman materi |
Kriteria:
Partisipatif dan argumentatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelas, kontrak belajar, pengantar proyek akhir.
|
|
|
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentifikasi teori-teori kepribadian klasik. |
Refleksi teori |
Kriteria:
- Mampu memahami konten pembelajaran
- Mampu mengkritisi masing-masing teori
- Mampu menjelaskan implikasinya terhadap peran dan fungsi pendidik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif dan diskusi
|
|
Materi: Teori Psikoanalisis (Freud), Individual (Adler), Analitik (Jung) Pustaka: Feist, Jess & Feist, Gregory J. (2008), Theories of Personality. New York: McGraw-Hill Higher Education. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis teori trait dan Big Five |
Refleksi teori |
Kriteria:
- Mampu memahami konten pembelajaran
- Mampu mengkritisi masing-masing teori
- Mampu menjelaskan implikasinya terhadap peran dan fungsi pendidik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif dan diskusi
|
|
Materi: Teori Trait: Allport, Cattell; Big Five: OCEAN Pustaka: Cervone, Daniel & Pervin, Lawrence A. (2018). Personality: Theory and Research, 14th Edition. New York: John Wiley & Sons. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mengevaluasi teori humanistik dan aplikasinya bagi pendidik. |
Refleksi teori |
Kriteria:
- Mampu memahami konten pembelajaran
- Mampu mengkritisi masing-masing teori
- Mampu menjelaskan implikasinya terhadap peran dan fungsi pendidik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif dan diskusi
|
|
Materi: Teori Humanistik: Maslow, Rogers; aktualisasi diri, self-concept Pustaka: Feist, Jess & Feist, Gregory J. (2008), Theories of Personality. New York: McGraw-Hill Higher Education. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis teori sosial-kognitif dan behavioristik |
Refleksi teori |
Kriteria:
- Mampu memahami konten pembelajaran
- Mampu mengkritisi masing-masing teori
- Mampu menjelaskan implikasinya terhadap peran dan fungsi pendidik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif dan diskusi
|
|
Materi: Teori Bandura, Rotter, Skinner Pustaka: Cervone, Daniel & Pervin, Lawrence A. (2018). Personality: Theory and Research, 14th Edition. New York: John Wiley & Sons. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mengidentifikasi perosalan kognitif, afektif, dan sosial dalam pengembangan kepribadian pendidik |
Menunjukkan pemahaman dan solusi dalam persoalan kognitif, afektif, dan sosial dalam pengembangan kepribadian pendidik. |
Kriteria:
- Mampu mengidentifikasi persoalan kognitif, afektif, dan sosial dalam pengembangan kepribadian pendidik.
- Mampu mengurai dinamika persoalan kognitif, afektif, dan sosial dalam pengembangan kepribadian pendidik.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Focus Group Discussion
|
|
Materi: Persoalan kognitif, afektif, dan sosial dalam pengembangan kepribadian pendidik. Pustaka: Fontana, David (1988). Psychology for Teachers. London: Red Globe Press. |
6% |
7
Minggu ke 7 |
Merumuskan isu aktual kepribadian pendidik |
Menunjukkan pemahaman dan solusi dalam persoalan kognitif, afektif, dan sosial dalam pengembangan kepribadian pendidik. |
Kriteria:
- Mampu mengidentifikasi dan memilih satu di antara isu-isu aktual dalam kepribadian pendidik
- Mampu merumuskan persoalan terkait isu yang akan diangkat dalam proyek tugas akhir
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Workshop proposal proyek
|
|
|
10% |
8
Minggu ke 8 |
Proposal proyek (analisis teori & isu kepribadian pendidik) |
Proposal lengkap (latar belakang, teori, masalah) |
Kriteria:
- Struktur proposal yang sistematis
- Kejelasan isu dan pertanyaan serta isu yang diangkat
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi proposal dan peer feedback
|
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis kasus nyata kepribadian pendidik |
Proposal lengkap (latar belakang, teori, masalah) |
Kriteria:
- Mampu memberikan logika analisis yang ilmiah
- Kesesuaian teori yang digunakan dalam menjelaskan dinamika kepribadian dari kasus yang diangkat
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Simulasi kasus dan diskusi
|
|
|
7% |
10
Minggu ke 10 |
Merancang strategi pengembangan kepribadian pendidik |
Proposal lengkap (latar belakang, teori, masalah) |
Kriteria:
- Mampu menyampaikan gagasan strategi pemecahan masalah kepribadian pendidik
- Mampu mengaitkan teori-teori kepribadian dalam perumusan strategi pemecahan masalah pendidik
- Relevansi penjelasan yang kontekstual
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi dan draf karya ilmiah
|
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mengembangkan refleksi profesional |
Menyusun refleksi yang berbobot dan konstruktif |
Kriteria:
- Kedalaman analisis
- Relevansi antara dasar-dasar teoritis dan pengembangan profesional
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Refleksi diri dan kelompok
|
|
|
4% |
12
Minggu ke 12 |
Menunjukkan kolaborasi dalam tim proyek |
Menyusun refleksi yang berbobot dan konstruktif |
Kriteria:
- Mampu menunjukkan partisipasi aktif
- Mampu memberikan dan merespons umpan balik secara efektif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Evaluasi tim dan mentoring
|
|
|
4% |
13
Minggu ke 13 |
Menyusun draf karya ilmiah awal |
Menyusun refleksi yang berbobot dan konstruktif |
Kriteria:
- Struktur tulisan
- Logika argumen
- Kualitas referensi
- Kualitas data
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Klinik penulisan dan konsultasi
|
|
Materi: - Pustaka: Cervone, Daniel & Pervin, Lawrence A. (2018). Personality: Theory and Research, 14th Edition. New York: John Wiley & Sons. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Menyempurnakan karya ilmiah |
Menyusun refleksi yang berbobot dan konstruktif |
Kriteria:
- Revisi sesuai feedback
- Penyempurnaan logika
- Kejelasan alur tulisan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Revisi dan penyempurnaan
|
|
|
10% |
15
Minggu ke 15 |
Presentasi karya ilmiah proyek |
Menyusun refleksi yang berbobot dan konstruktif |
Kriteria:
- Kejelasan alur penyampaian
- Tata bahasa penyampaian
- Visualisasi informasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi final proyek
|
|
|
10% |
16
Minggu ke 16 |
Refleksi pembelajaran & review proyek |
Menyusun refleksi yang berbobot dan konstruktif |
Kriteria:
- Penyelesaian proses penyerahan
- Evaluasi konstruktif
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Proses submisi ke jurnal, diskusi, dan evaluasi
|
|
|
4% |